• 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pemutih pakaian atau bleach umumnya digunakan untuk menghilangkan noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Produk tersebut juga efektif untuk memutihkan warna pakaian, membasmi kuman, jamur, serta menghilangkan bau tak sedap pada pakaian.

Berbagai merek, seperti Bayclin, Vanish, dan So Klin Pemutih memiliki keunggulannya masing-masing dalam menghilangkan noda. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk pemutih pakaian terbaik serta mengulas poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilihnya.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 25.063 Views
Daftar isi

Cara memilih pemutih pakaian

Sebelum Anda memilih pemutih pakaian, sebaiknya ketahuilah jenis noda pada pakaian kemudian sesuaikan dengan jenis pemutih pakaian pilihan Anda. Nah, berikut ini akan kami mengulas jenis-jenis pemutih pakaian secara terperinci. Simak terus, ya!

Pilih pemutih pakaian berdasarkan jenis noda yang ingin dihilangkan

Cara memilih pemutih pakaian sebenarnya mudah. Anda hanya perlu memahami jenis pakaian, pemutih, serta noda yang ingin Anda hilangkan. Kemudian, secara umum terdapat tiga jenis pemutih pakaian berdasarkan agen pemutihnya, yaitu oxidative bleaching agent, reductive bleaching agent, dan chlorine bleaching agent. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Liquid oxidative bleaching agent, mudah digunakan dengan daya pembersih yang ringan

Liquid oxidative bleaching agent, mudah digunakan dengan daya pembersih yang ringan
Untuk penggunaan sehari-hari di rumah, sebaiknya pilihlah jenis oxidative bleaching agent karena lebih mudah digunakan. Salah satu di antaranya adalah wujud liquid yang memiliki daya pembersih ringan dan dapat digunakan untuk berbagai jenis pakaian.
Wujud liquid juga aman untuk pakaian berwarna serta dapat menghilangkan bau pada pakaian. Karena tidak akan mengubah warna, Anda bisa menggunakan wujud ini tanpa takut warna pakaian akan luntur. Agar pemutih bekerja maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan detergen dan merendamnya bersama pakaian Anda.

Powder oxidative bleaching agent, efektif bersihkan noda bahkan yang tak mampu dijangkau deterjen

Powder oxidative bleaching agent, efektif bersihkan noda bahkan yang tak mampu dijangkau deterjen
Pemutih pakaian berwujud ini mampu menghilangkan noda yang tidak dapat dijangkau oleh deterjen, sekaligus menghilangkan bau pakaian yang membandel. Selain itu, wujud ini dapat membuat kaus dan kemeja putih Anda tampak lebih bersih dan cerah.
Bahan utama dari powder oxidative bleaching agent adalah sodium percarbonate yang bersifat alkali (basa), berlawanan dengan wujud liquid yang bersifat asam. Semakin basa pemutih pakaian, maka semakin baik untuk menghilangkan noda. Di sisi lain, wujud bubuk ini akan lebih mudah merusak kain dan menyebabkan kulit teriritasi.
Meski banyak yang menggunakan pemutih pakaian berwujud bubuk untuk pakaian berwarna, daya pembersihnya yang lebih kuat membuatnya tidak dapat digunakan pada semua jenis pakaian. Terutama, bila Anda ingin menghilangkan noda pada serat kain sutra atau wol, pemutih berwujud liquid akan lebih efektif.
Bila Anda mengeringkan pakaian di dalam ruangan, lebih baik gunakanlah powder oxidative bleaching agent bersama deterjen bubuk untuk mencegah bau tak sedap di dalam ruangan. Karena mampu menghilangkan noda dengan baik dan menekan perkembangbiakan bakteri, Anda tak perlu khawatir timbul bau tak sedap meski menjemur pakaian di dalam ruangan.
Pemutih pakaian jenis ini juga efektif menghilangkan bau pada sarung bantal atau handuk. Taburkan saja powder oxidative bleaching agent, kemudian tambahkan sedikit air panas, maka bau tidak sedap akan hilang dalam waktu singkat.

Reductive bleaching agent, ampuh hilangkan noda bekas lumpur maupun karat

Reductive bleaching agent, ampuh hilangkan noda bekas lumpur maupun karat
Jika Anda ingin menghilangkan noda karat atau noda bekas tanah pada pakaian putih Anda hingga menjadi bersih kembali, kami merekomendasikan untuk menggunakan reductive bleaching agent. Pemutih pakaian jenis ini ampuh untuk menghilangkan pigmen warna yang menempel pada kain dan mengembalikan warna putih pakaian Anda.
Ketika pakaian putih Anda mulai berubah warna menjadi kusam, pemutih pakaian jenis ini juga sangat ideal untuk digunakan. Namun, kami tidak menyarankan penggunaannya pada pakaian putih yang memiliki variasi warna lainnya karena bisa saja warna malah turut berubah. Misalnya, kemeja putih dengan garis kerah berwarna merah, akan berubah menjadi warna cokelat jika Anda menggunakan reductive bleaching agents ini.
Kemudian, tidak semua noda bisa dihilangkan karena pemutih pakaian jenis ini hanya berpengaruh pada noda berwarna tertentu saja. Selain itu, karena bersifat alkali, hindarilah pemakaian reductive bleaching agents pada kain wol, sutra, nilon dan lainnya untuk mencegah kerusakan serat kain.
Untuk hasil lebih efektif, gunakanlah pemutih pakaian jenis ini langsung pada sumber noda seperti noda lumpur atau noda pakaian yang menguning. Pertama-tama bersihkan pakaian dengan sabun batang jika ada lumpur atau tanah yang masih menempel, kemudian barulah Anda bisa mengaplikasikan pemutih pada sumber noda.

Chlorine bleaching agent, pemutih pakaian dengan daya pembersih paling kuat

Chlorine bleaching agent, pemutih pakaian dengan daya pembersih paling kuat
Jika Anda ingin memutihkan pakaian putih yang sudah kusam, pilihlah pemutih pakaian jenis chlorine bleaching agent. Sama seperti reductive bleaching agent, kekuatan pembersihnya yang kuat akan membuat pakaian putih Anda terlihat seperti baru.
Namun, pemutih pakaian ini tidak bisa digunakan pada pakaian berwarna Anda karena bisa menyebabkan warna pakaian menjadi luntur. Selain itu, chlorine bleaching agent memiliki sifat basa sehingga Anda perlu menghindari penggunaannya secara berlebihan agar tidak merusak serat kain.
Perlu diperhatikan, chlorine bleaching agent harus digunakan dengan hati-hati karena daya pembersihnya yang begitu kuat. Gunakanlah pada pakaian yang berwarna putih seluruhnya, bukan dominan putih saja. Selain itu, tidak semua bahan pakaian cocok dengan pemutih jenis ini.

10 Rekomendasi pemutih pakaian terbaik

Berikut, kami akan mengulas produk-produk pemutih pakaian terbaik yang kami rekomendasikan untuk menghilangkan noda dan membuat pakaian putih Anda semakin bersih. Simak ulasan lengkapnya dan temukan pemutih pakaian favorit Anda!
JenisLiquid oxidative bleaching agent
Isi500 ml

9. Sevent Generation Chlorine Free Bleach

Rp 145.000,00

JenisLiquid oxidative bleaching agent
Isi1,89 liter

8. Tide Plus Bleach Alternative Liquid Laundry Detergent

Rp 338.000,00

JenisLiquid oxidative bleaching agent
Isi2,72 liter

7. Clorox Bleach Pen Gel

Rp 113.000,00

JenisReductive bleaching agent
Isi56 gr

6. Godrej Proclin White Crystal Bleach

Rp 17.500,00

JenisLiquid oxidative bleaching agent
Isi400 ml

5. Reckitt Benckiser Vanish Oxi Action Stain Remover Powder

Rp 53.500,00

JenisPowder oxidative bleaching agent
Isi400 gr

4. Wings So Klin Pemutih Lemon

Rp 15.000,00

JenisChlorine bleaching agent
Isi1000 ml

3. Nature Clean Oxygen Liquid Bleach

Rp 197.900,00

JenisLiquid oxidative bleaching agent
Isi1000 ml
JenisLiquid oxidative bleaching agent
Isi500 ml
JenisChlorine bleaching agent
Isi1000 ml

Penggunaan pemutih pakaian yang benar

Sebelum mulai mencuci pakaian menggunakan pemutih, sudahkah Anda tahu cara menggunakan pemutih pakaian yang benar? Memilih pemutih pakaian yang tepat saja tidak cukup karena penggunaan yang tepat juga diperlukan untuk hasil yang optimal. Selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

Jenis bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan pemutih

Jenis bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan pemutih
Ada beberapa bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan air, seperti wol, sutra, kasmir, dan lainnya. Jika bahan pakaian Anda terbuat dari serat hewani dengan komposisi sekitar 50%, Anda bisa mencucinya dengan air. Meski begitu, bahan seperti ini perlu mendapatkan perhatian khusus saat dicuci.
Sementara itu, ada juga pakaian yang dilengkapi dengan aksesori seperti ritsleting atau kancing yang terbuat dari logam. Jika Anda menggunakan pemutih jenis oxidative bleaching agent, ada kemungkinan logam akan bereaksi dengan pemutih, kemudian melunturi serat kain. Untuk itu, hindarilah penggunaan pemutih pada pakaian dengan aksesori logam.
Bahan pakaian lain yang dapat menyusut saat dicuci adalah bahan rayon. Meski tidak masalah jika Anda mencucinya sekali hingga dua kali, suatu saat nanti bahan kimia di dalamnya akan luntur dan membuat pakaian Anda menyusut. Kami sarankan untuk mencucinya di laundry atau binatu agar pakaian lebih awet.

Gunakan temperatur air di atas 35° C untuk hasil maksimal

Gunakan temperatur air di atas 35° C untuk hasil maksimal
Pemutih pakaian akan lebih efektif bekerja jika Anda mencampurnya dengan air bertemperatur tinggi. Untuk itu, jika Anda sudah menggunakan pemutih pakaian, tetapi hasilnya kurang memuaskan, cobalah untuk mencucinya dengan air bertemperatur tinggi. Namun, semakin tinggi suhu air, serat kain akan semakin mudah rusak dan warna semakin pudar. Jadi, mari perhatikan suhu air yang tepat dan cucilah pakaian dengan hati-hati.
Penggunaan pemutih jenis oxidative bleaching agent akan lebih efektif jika Anda menggunakan air bersuhu 35° – 70° C. Noda kekuningan pada pakaian putih pun akan hilang dengan mudah. Namun, perhatikanlah hal ini jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci. Rendamlah cucian dengan air panas dan pemutih di dalam ember terlebih dahulu, sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci.
Banyak juga orang yang sudah menerapkan metode ini, tetapi tetap tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Bila memang pemutih bekerja lebih baik dengan air bersuhu tinggi, umumnya produsen akan mencantumkan saran pemakaian tersebut pada kemasan produknya. Jadi, tidak semua pemutih pakaian baik digunakan bersama air panas, ya.

Gunakan sabun cuci piring sebagai campuran pemutih untuk mengatasi noda membandel

Gunakan sabun cuci piring sebagai campuran pemutih untuk mengatasi noda membandel
Salah satu cara efektif untuk menghilagkan noda membandel adalah menggunakan campuran pemutih pakaian dan sabun cuci piring untuk membersihkan pakaian Anda. Campurkan dengan perbandingan 1:1 dan sikatlah noda membandel pada pakaian Anda. Selanjutnya, rendamlah dalam air bersuhu 30°C atau lebih dan diamkan selama 30 menit.
Jika noda pakaian terlalu pekat, cobalah untuk merendamnya lebih lama agar hasilnya lebih maksimal. Meski begitu, pakaian tidak akan kembali menjadi putih bersih bila memang bahan pakaian sudah terlanjur menguning.
Kemudian, apabila Anda ingin menghilangkan noda kekuningan pada kerah pakaian putih Anda, cobalah rendam di malam hari, agar Anda dapat mencucinya bersama pakaian kotor lainnya di pagi hari. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa menggunakan air hangat dan cuci sesegera mungkin agar noda pakaian cepat hilang.

Baca juga rekomendasi sabun cuci piring terbaik yang Ampuh bersihkan minyak di sini!

Alternatif untuk menghilangkan noda yang melekat pada pakaian adalah dengan menggunakan campuran pemutih dan sabun cuci piring. Bila Anda merasa belum cukup hanya dengan pemutih pakaian dan tertarik bereksperimen dengan sabun cuci piring sebagai campuran, Anda bisa melihat rekomendasi sabun cuci piring di sini!

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami mengenai cara memilih pemutih pakaian serta rekomendasi produk-produk yang bisa Anda jadikan referensi. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda sudah memahami jenis-jenis pemutih pakaian sesuai dengan noda yang ingin Anda hilangkan?
Setiap jenis pemutih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga cermatilah dengan baik agar hasil cucian tidak mengecewakan. Tak hanya soal memilih pemutih, Anda juga perlu memahami penggunaan pemutih pakaian yang benar. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    68.594 Views
  • 10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Lantai Bersih Bebas Kuman (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Lantai Bersih Bebas Kuman (Terbaru Tahun 2020)
    Karbol merupakan cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan dan mampu membunuh kuman. Selain untuk mengepel lantai, karbol juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, kandang hewan peliharaan, serta bagian rumah yang mengeluarkan bau tak sedap.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi karbol dan cara memilihnya agar Anda bisa mendapatkan lantai bersih bebas kuman. Tidak itu saja, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik seperti Wipol, Super Sol, S.O.S, hingga Super Mom. Silakan dibaca hingga tuntas!
    Kebutuhan rumah tangga
    34.510 Views
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Humidifier adalah alat yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Humidifier juga efektif menangkal virus dan debu yang menyebabkan alergi. Terdapat beberapa tipe dari desk humidifier, yaitu tipe steam, ultrasonik, hibrida, dan vaporisasi (paper humidifier). Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Untuk membantu Anda menemukan yang cocok, kami akan menjelaskan cara memilih desk humidifier kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk Anda dari merek Taffware, Smart Frog, dan lainnya. Mari ciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman untuk Anda dan keluarga!
    Kebutuhan rumah tangga
    28.756 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    22.998 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lantai rumah yang bersih dan selalu kinclong adalah dambaan banyak orang. Guna mendapatkan lantai yang bersih, maka Anda harus mengepelnya secara rutin. Sayangnya, mengepel menggunakan air saja tidak cukup. Anda harus memakai cairan pembersih lantai supaya kuman dan bakteri pergi.Ada banyak merek pembersih lantai yang dijual di pasaran, seperti Wipol, Super Pell, atau So Klin Lantai. Pembersih mana yang cocok untuk lantai rumah Anda? Jika Anda sedang bingung mencari pembersih lantai, silakan baca artikel ini hingga tuntas. Kami akan menjelaskan mengenai cara memilih pembersih lantai sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik.
    Kebutuhan rumah tangga
    12.248 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Produsen pensil warna, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Maped mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna?Kali ini kami akan membahas hal tersebut untuk Anda. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca.
    Kebutuhan rumah tangga
    17.354 Views
  • 10 Rekomendasi Kalender Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kalender Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kalender meja akan memudahkan Anda mengingat hari dan tanggal yang benar. Anda juga bisa sekaligus memakainya sebagai hiasan atau memo untuk mencatat janji temu dan deadline pekerjaan. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran tentu membuat Anda bingung menentukan pilihan, bukan?Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kalender meja terbaik. Anda akan menemukan beragam kalender meja berkualitas yang berbeda desain, bahan, dan ukuran dalam artikel ini. Mari temukan yang paling Anda suka dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    1.133 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori