1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Fungsi pemutih pakaian atau bleach adalah untuk menghilangkan warna noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Produk tersebut juga efektif untuk memutihkan warna pakaian, membasmi kuman, jamur, serta menghilangkan bau tak sedap pada pakaian.

Berbagai merek pemutih pakaian, seperti Bayclin, Vanish, dan Soklin Pemutih memiliki keunggulan masing-masing dalam menghilangkan warna noda. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan memberikan tipsnya. Tidak sampai di situ, kami juga akan merekomendasikan produk pemutih pakaian yang ampuh dan bagus untuk Anda. Selamat membaca!
Diperbaharui 05-30-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Bagaimana mekanisme kerja pemutih pakaian?

Bagaimana mekanisme kerja pemutih pakaian?

Sebelum membaca tips memilih pemutih pakaian yang telah kami siapkan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara kerjanya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambaran secara menyeluruh serta dapat mengaplikasikan pemutih pakaian dengan benar. Yuk, langsung saja simak penjelasannya!


  • Oxidative bleaching agent

Kromofor adalah suatu gugus yang membuat molekul tampak berwarna, termasuk noda pada pakaian. Oxidative bleaching agent memutihkan pakaian dengan cara mengoksidasi ikatan kimia pada gugus kromofor tersebut. Selanjutnya, reaksi oksidasi akan memecah ikatan kimia kromofor sehingga molekul berubah menjadi substansi lain yang tidak berwarna. Alhasil, warna noda pada pakaian akan tampak pudar bahkan hilang sama sekali. Klorin, sodium percarbonate, dan hidrogen peroksida adalah beberapa contoh oxidative bleaching agent yang banyak digunakan dalam produk pemutih pakaian.


  • Reductive bleaching agent

Sesuai namanya, reductive bleaching agent adalah pemutih yang bekerja dengan cara mereduksi atau mengurangi ikatan pada gugus kromofor. Ikatan ganda yang direduksi menjadi ikatan tunggal membuat kromofor kehilangan kemampuan untuk menyerap gelombang elektromagnetik dari visible light. Hilangnya kemampuan ini menyebabkan molekul noda jadi tampak tidak berwarna. Contoh-contoh zat kimia yang berfungsi sebagai reductive bleaching agent ialah sodium hydrosulphite dan sodium dithionite.


Setelah mengetahui cara kerja pemutih pakaian, hal yang perlu digarisbawahi adalah pemutih pakaian hanya menghilangkan warna noda saja. Secara fisik nodanya tetap ada. Oleh karena itu, Anda tetap perlu menggunakan detergen pencuci pakaian untuk membersihkan noda yang menempel pada serat kain.

Cara memilih pemutih pakaian

Agar dapat menemukan produk yang tepat, ketahui terlebih dahulu bentuk, bahan aktif dan aroma produk yang Anda inginkan. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak pembahasannya satu per satu!

① Pilih berdasarkan bentuknya

Secara umum, produk pemutih pakaian di pasaran tersedia dalam dua bentuk, liquid dan powder. Tentu saja tiap-tiap bentuk memiliki keunggulan tersendiri. Agar lebih jelas, kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

Liquid bleach: Lebih efektif menghilangkan warna noda sampai ke dalam serat kain

Liquid bleach: Lebih efektif menghilangkan warna noda sampai ke dalam serat kain

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah melihat produk-produk pemutih pakaian berbentuk cair. Produk dengan bentuk cair memang cukup disukai karena cenderung mudah digunakan. Produk-produk seperti ini biasanya memiliki tutup botol yang sekaligus bisa dipakai untuk menakar cairan pemutih. 


Selain itu, beberapa produk dikemas dalam botol yang dilengkapi dengan handle sehingga mudah untuk dibawa atau dipindahkan. Selain kemudahan yang telah disebutkan di atas, liquid bleach juga meninggalkan lebih sedikit residu pada pakaian. Hal ini disebabkan oleh bahan pengisi utamanya yang terdiri atas air sehingga liquid bleach relatif mudah larut. 


Karena mudah larut dalam air, residu zat kimia dari pemutih berbentuk liquid pun kecil kemungkinannya untuk menumpuk pada pakaian. Karakteristik ini juga yang membuat liquid bleach mampu menghilangkan warna noda dalam serat kain dengan lebih efektif.

Powder bleach: Tidak berisiko bocor saat disimpan

Powder bleach: Tidak berisiko bocor saat disimpan

Jika detergen lebih banyak dijumpai dalam bentuk powder, lain halnya dengan pemutih pakaian. Pemutih berbentuk powder justru lebih jarang ditemui dibanding dengan pemutih pakaian bentuk cair. Sebagai informasi, powder bleach biasanya dikemas dalam tabung yang memiliki tutup berulir. Untuk menggunakan pemutih jenis ini, Anda perlu melarutkannya terlebih dahulu dengan air.


Meski penggunaannya tidak sepraktis liquid bleach, powder bleach tetap diminati karena kebanyakan memiliki masa simpan yang lebih lama. Selain itu, pemutih berbentuk powder tidak berisiko bocor ketika disimpan sehingga tidak akan mengenai benda-benda di sekitarnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat meletakkan produk powder bleach di dekat benda berbahan besi, kayu, kulit, dan lainnya.

② Sesuaikan bahan aktifnya dengan jenis noda dan warna pakaian

Berdasarkan bahan aktifnya, pemutih pakaian dikelompokkan menjadi dua grup besar. Kedua grup tersebut adalah nonchlorine bleach dan chlorine bleach. Untuk mengetahui perbedaannya masing-masing, langsung saja simak penjelasan kami di bawah ini.

Nonchlorine bleach, untuk menghilangkan warna noda pada kain berwarna

Nonchlorine bleach, untuk menghilangkan warna noda pada kain berwarna

Bahan aktif yang termasuk dalam kelompok pemutih nonklorin atau nonchlorine bleach tentunya adalah zat-zat yang tidak mengandung klorin. Karena itu, produk pemutih nonklorin umumnya menyertakan keterangan chlorine free atau bebas klorin pada kemasannya. Bahan aktif yang banyak digunakan untuk pembuatan nonchlorine bleach adalah hydrogen peroxidesodium persulphate, sodium percarbonate, dan sodium perborate.


Lalu, apa keistimewaan dari nonchlorine bleach ini? Pemutih pakaian berbahan nonklorin umumnya less toxic, lebih ramah lingkungan dan relatif lebih lembut saat diaplikasikan pada pakaian. Anda dapat menggunakannya pada hampir semua jenis kain tanpa perlu khawatir serat kain menjadi rusak. Selain itu, bahan aktif nonklorin, seperti hydrogen peroxide, tidak menyebabkan kelunturan sehingga aman digunakan pada pakaian berwarna.


Sedikit tips, sebaiknya gunakan air hangat untuk meningkatkan kinerja dari nonchlorine bleach. Tips lainnya, tuangkan pemutih ke dalam air terlebih dahulu sebelum memasukkan pakaian agar bahan aktif larut secara merata.

Chlorine bleach, untuk warna noda yang membandel

Chlorine bleach, untuk warna noda yang membandel

Pemutih dengan bahan aktif mengandung klorin memiliki karakteristik yang cenderung bertolak belakang dengan pemutih berbahan aktif nonklorin. Sebagai contoh, chlorine bleach memiliki daya kerja yang kuat dalam menghilangkan warna noda, bahkan noda yang membandel sekalipun. Ditambah lagi, pemutih jenis ini tidak memerlukan air hangat untuk meningkatkan efektivitasnya.


Selain powerful, chlorine bleach, seperti sodium hypochlorite dan sodium chlorite, dapat mengeliminasi kuman dan bau tak sedap. Sayangnya, pemutih pakaian ini tidak bisa digunakan pada pakaian berwarna karena bisa menyebabkan warna pakaian menjadi luntur. Jadi, pastikan Anda menggunakan pemutih klorin pada pakaian yang berwarna putih seluruhnya, bukan dominan putih saja.


Namun, selalu beri jeda 5–10 menit sebelum menuangkan chlorine bleach ke dalam cucian, ya. Hal ini bertujuan agar enzim yang ada pada detergen tidak rusak akibat klorin. Selain itu, hindari menggunakan pemutih klorin pada kain berjenis wol, kulit, sutra, dan kain bertekstur halus lainnya.

③ Pertimbangkan aromanya

Pertimbangkan aromanya

Meski bukan faktor utama, aroma bisa menjadi pertimbangan tambahan saat Anda hendak memilih produk pemutih. Pasalnya, beberapa produk pemutih pakaian memiliki bau yang kurang menyenangkan, khususnya pemutih berbahan aktif klorin. 


Untuk menutupi bau tersebut, produsen pemutih pakaian menyediakan produk dengan aroma yang segar atau aroma buah-buahan. Anda bisa mempertimbangkan produk beraroma seperti ini jika tidak ingin terganggu dengan bau khas dari produk pemutih pakaian.


Namun, tentu saja ada produk nonfragrance yang baunya cukup netral dan tidak terasa mengganggu ketika diaplikasikan. Apabila Anda lebih menyukai produk tanpa tambahan pewangi sintetis, produk seperti ini juga bisa dijadikan pilihan.

10 Rekomendasi pemutih pakaian terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pemutih pakaian terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SC Johnson

Bayclin Regular – Pemutih Desinfektan

SC Johnson Bayclin Regular – Pemutih Desinfektan 1枚目

Sahabat para ibu! Efektif mengubah baju putih kusam menjadi seperti baru

2

Reckitt Benckiser

Vanish Oxi Action Bubuk

Reckitt Benckiser Vanish Oxi Action Bubuk 1枚目

Alternatif pemutih pakaian yang aman untuk warna dan serat pakaian

3

UCE

Prokleen Chlorine Bleach

UCE Prokleen Chlorine Bleach 1枚目

Kembalikan warna putih pakaian dengan teknologi dan formulasi dari Australia

4

Reckitt Benckiser

Vanish White Liquid

Reckitt Benckiser Vanish White Liquid  1枚目

Berbahan aktif hidrogen peroksida, warna baju pun tidak luntur

5

WINGS

Soklin Pemutih Apple

WINGS Soklin Pemutih Apple 1枚目

Hadir dengan aroma buah apel serta daya bersih yang kuat

6

Godrej

Proclin Pemutih

Godrej Proclin Pemutih 1枚目

Cara mudah hilangkan noda membandel pada pakaian putih Anda

7

WINGS

Soklin Pemutih Lemon

WINGS Soklin Pemutih Lemon 1枚目

Hilangkan bau tak sedap dengan wangi lemon yang segar

8

SC Johnson

Bayclin Fresh - Pemutih Desinfektan

SC Johnson Bayclin Fresh - Pemutih Desinfektan 1枚目

Pakaian bebas bau apek berkat aromanya yang fresh

9

sodasan

Oxygen Bleach

sodasan Oxygen Bleach 1枚目

Tanpa pewangi dan pewarna sintetis, aman untuk kulit

10

Joenoes Ikamulya

Yuri Bleach Morning Fresh

Joenoes Ikamulya Yuri Bleach Morning Fresh 1枚目

Basmi kuman yang menempel dengan kandungan disinfektannya

Perincian produk
Close
No.1

SC JohnsonBayclin Regular – Pemutih Desinfektan

Mulai dari Rp3.900,00

Sahabat para ibu! Efektif mengubah baju putih kusam menjadi seperti baru

Produk dari SC Johnson ini merupakan pemutih khusus pakaian berwarna putih yang sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kandungan natrium hipokloritnya akan mengusir kusam dari pakaian putih dan mengembalikan cemerlangnya hingga kembali seperti baru.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mempertahankan warna putih seragam si buah hati agar tetap cemerlang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pembersih lantai, dapur, atau kamar mandi.
No.2

Reckitt BenckiserVanish Oxi Action Bubuk

Mulai dari Rp53.700,00

Alternatif pemutih pakaian yang aman untuk warna dan serat pakaian

Jika detergen yang Anda gunakan selama ini masih kurang ampuh membersihkan noda membandel, pakai saja Vanish Oxi Action Bubuk. Anda dapat menggunakan Vanish pemutih pakaian untuk mencuci pakaian putih atau berwarna.

Tak hanya itu, pemutih pakaian dengan kemasan berwarna pink ini juga aman untuk warna dan serat pakaian. Pasalnya, produk ini tidak mengandung klorin yang akan merusak serat kain sehingga aman digunakan untuk mencuci sehari-hari.
No.3

UCEProkleen Chlorine Bleach

Mulai dari Rp30.000,00

Kembalikan warna putih pakaian dengan teknologi dan formulasi dari Australia

Produk pemutih berbahan klorin ini ampuh mengatasi noda yang sulit dihilangkan. Tidak hanya itu, Prokleen juga mampu mengembalikan warna pakaian putih Anda yang sudah terlihat kusam.


Menariknya lagi, teknologi dan formulasinya membuat produk ini bebas fosfat dan ramah lingkungan. Anda yang peduli dengan kelestarian alam tentu akan menyukai produk ini. Harga pemutih pakaian ini pun relatif terjangkau, lho!

No.4

Reckitt BenckiserVanish White Liquid

Mulai dari Rp26.300,00

Berbahan aktif hidrogen peroksida, warna baju pun tidak luntur

Tak perlu ragu untuk memilih Vanish White Liquid bila Anda menginginkan pakaian putih Anda terlihat putih maksimal. Pasalnya, Reckitt Benckiser selaku produsen mengeklaim produk ini dapat mengembalikan warna pakaian hingga tiga tingkat lebih putih. 


Bukan hanya itu saja, produk dengan bahan aktif hidrogen peroksida ini tidak membuat luntur warna pakaian Anda. Saat digunakan pun, produk ini tidak terasa panas di tangan. Cocok untuk Anda yang memiliki kulit tangan sensitif, bukan?

No.5

WINGSSoklin Pemutih Apple

Mulai dari Rp11.800,00

Hadir dengan aroma buah apel serta daya bersih yang kuat

Produk ini merupakan alternatif bagi Anda yang kurang suka dengan bau yang kurang menyenangkan dari pemutih pakaian. Hadir dengan keharuman buah apel, pemutih ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda saat mencuci. 


Tak hanya aromanya yang harum, Soklin Pemutih Apple juga mampu menghilangkan warna noda pada pakaian putih Anda. Hal tersebut karena kandungan pemutih pakaian keluaran WINGS ini efektif menghilangkan warna noda membandel.

No.6

Cara mudah hilangkan noda membandel pada pakaian putih Anda

Apakah Anda ingin menghilangkan noda membandel, seperti, saus, lumpur, lipstik, ataupun keringat pada pakaian putih si kecil? Jika ya, produk ini patut Anda coba. Proclin Pemutih dari Godrej mampu menghilangkan noda membandel secara efektif dan tuntas. 


Tak hanya mengusir noda, produk ini juga dapat membunuh 99% kuman dan bakteri yang ada pada pakaian Anda. Alhasil, pakaian Anda pun akan kembali bersih dan bebas dari kuman. Worth to buy, Moms!

No.7

WINGSSoklin Pemutih Lemon

Mulai dari Rp3.700,00

Hilangkan bau tak sedap dengan wangi lemon yang segar

Jika Anda menyukai kesegaran aroma lemon, Anda bisa memilih produk Soklin Pemutih Lemon dari WINGS. Selain membuat pakaian putih menjadi lebih putih, bau khas cairan pemutih pakaian pun lenyap berkat wanginya yang fresh. Bukan hanya itu, kandungan antibakteri dari produk ini dapat mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab bau tak sedap, lho.

No.8

SC JohnsonBayclin Fresh - Pemutih Desinfektan

Mulai dari Rp8.300,00

Pakaian bebas bau apek berkat aromanya yang fresh

Dengan Bayclin Fresh, Anda tidak perlu pusing lagi soal pakaian yang berbau apek. Hal ini karena wangi yang dimiliki oleh Bayclin Fresh akan memberikan kesegaran pada pakaian Anda. Jadi, jika Anda menginginkan pakaian yang bebas dari bau apek, pilih saja produk ini. 


Sementara itu, untuk daya bersihnya, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Produk ini sudah lama dikenal berkat daya bersihnya yang kuat. Noda membandel sekalipun bisa dibersihkan dengan mudah. Coba dan buktikan sendiri!

No.9

Tanpa pewangi dan pewarna sintetis, aman untuk kulit

Jika Anda mencari pemutih yang tidak menimbulkan alergi dan ramah lingkungan, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk ini. Pemutih dengan bahan aktif nonklorin ini, tidak mengandung pewangi dan pewarna sintetis.


Dengan demikian, kulit Anda pun akan terhindar dari iritasi dan alergi. Selain itu, produk dari sodasan ini dapat meningkatkan daya cuci detergen sehingga hasil yang diberikan lebih optimal. Tertarik untuk mencobanya?

No.10

Joenoes IkamulyaYuri Bleach Morning Fresh

Mulai dari Rp12.250,00

Basmi kuman yang menempel dengan kandungan disinfektannya

Anda yang peduli dengan kehigienisan pakaian, wajib memasukkan produk ini dalam daftar belanja. Kandungan disinfektannya akan memastikan pakaian Anda dan keluarga terbebas dari kuman serta jamur.


Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Yuri Bleach Morning Fresh ini untuk membersihkan dinding dan lantai kamar mandi. Multifungsi, bukan? Jadi, selain pakaian, kamar mandi Anda pun akan selalu higienis dan terjaga kebersihannya.

Pertanyaan umum seputar pemutih pakaian

Pertanyaan umum seputar pemutih pakaian

Selain poin-poin yang telah kami jelaskan di atas, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan seputar pemutih pakaian. Kami akan membahasnya secara singkat untuk Anda. Mari disimak!

Apa efek samping dari bahan pemutih pakaian?

Tingkat keamanan dan efek samping yang ditimbulkan oleh produk pemutih bergantung pada bahan aktif dan kepekatannya di dalam produk tersebut. Namun, secara umum, efek samping dari pemutih pakaian adalah sebagai berikut:


  • Jika terkena kulit atau mata, pemutih pakaian dapat menimbulkan iritasi, kekeringan serta sensasi rasa terbakar.
  • Menghirup gas yang dihasilkan oleh reaksi pemutih dengan bahan lain, seperti amonia dan cuka, dapat menyebabkan kerusakan paru-paru
  • Dapat menyebabkan kerusakan kerongkongan dan lambung jika tertelan, bahkan kematian.

Untuk itu, selalu jauhkan pemutih pakaian dari jangkauan anak-anak dan gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian. Jangan sembarang mencampur pemutih pakaian dengan bahan-bahan lain, bahkan dengan pemutih jenis lainnya.

Tips menggunakan pemutih pakaian

Sebelum mulai mencuci pakaian menggunakan pemutih, sudahkah Anda tahu cara menggunakan pemutih pakaian yang benar? Memilih pemutih pakaian yang tepat saja tidak cukup karena penggunaan yang tepat juga diperlukan untuk hasil yang optimal. Selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

Jenis bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan pemutih

Jenis bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan pemutih
Beberapa bahan pakaian, seperti wol, sutra, kulit, dan spandeks, sebaiknya tidak diaplikasikan pemutih pakaian saat dicuci. Namun, Anda mungkin akan menemukan produsen yang mengeklaim bahwa produknya aman untuk digunakan pada berbagai jenis kain. Untuk lebih memastikan, Anda bisa meneteskan pemutih tersebut pada bagian pakaian yang tidak terlalu mencolok. Jika warna pakaian tidak luntur, Anda bisa menggunakannya dengan yakin pada seluruh bagian pakaian.

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga perlu berhati-hati dengan pakaian yang dilengkapi aksesori dari logam. Ada kemungkinan logam akan bereaksi dengan pemutih, kemudian melunturi serat kain. Jadi, agar lebih aman, sebaiknya hindari penggunaan pemutih pada pakaian beraksesori logam, seperti ritsleting atau kancing.

Gunakan temperatur air di atas 35° C untuk hasil maksimal

Gunakan temperatur air di atas 35° C untuk hasil maksimal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagian pemutih pakaian akan bekerja dengan lebih efektif jika dicampur dengan air hangat. Namun, makin tinggi suhu air akan membuat serat kain mudah rusak dan warnanya makin pudar. Untuk itu, sebaiknya gunakan air dengan temperatur antara 35° – 50° C.


Selain itu, perhatikanlah hal ini jika Anda berencana mencuci menggunakan mesin cuci. Rendamlah cucian dengan air hangat dan pemutih di dalam ember terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Terakhir, selalu perhatikan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan karena tidak semua pemutih pakaian perlu dicampur dengan air hangat.

Gunakan sabun cuci piring sebagai campuran pemutih untuk mengatasi noda membandel

Gunakan sabun cuci piring sebagai campuran pemutih untuk mengatasi noda membandel

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan noda membandel adalah menggunakan campuran pemutih pakaian dan sabun cuci piring. Campurkan dengan perbandingan 1:1 dan sikatlah noda membandel pada pakaian Anda. Selanjutnya, rendam pakaian dalam air bersuhu 35°C atau lebih dan diamkan selama 30 menit.


Jika noda pakaian terlalu pekat, cobalah untuk merendamnya lebih lama. Sebagai contoh, apabila Anda ingin memutihkan baju yang sudah kuning, cobalah rendam di malam hari. Selanjutnya, cuci pakaian tersebut bersama pakaian kotor lainnya di pagi hari. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, gunakan air hangat dan cuci sesegera mungkin agar noda cepat hilang.

Baca juga rekomendasi pembersih pakaian lainnya di sini

Selain pemutih pakaian, Anda tentu membutuhkan detergen untuk mengangkat noda yang menempel pada serat pakaian. Kami memiliki beberapa rekomendasi untuk Anda! Silakan disimak dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami mengenai cara memilih pemutih pakaian serta rekomendasi produk-produk yang bisa Anda jadikan referensi. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda sudah mempunyai produk pilihan yang sesuai dengan kebutuhan?

Setiap jenis pemutih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, pilihlah dengan tepat agar hasil cucian tidak mengecewakan. Tak hanya soal memilih pemutih, Anda juga perlu memahami penggunaan pemutih pakaian yang benar. Selamat mencoba!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer