10 Rekomendasi Suplemen Omega-3 Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Omega-3 Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Suplemen omega-3 adalah suplemen dengan kandungan omega-3 yang merupakan asam lemak esensial. Omega-3 dapat Anda temukan di dalam minyak ikan dan kacang. Namun, sulit untuk mengasupi tubuh kita dengan makanan yang spesifik setiap harinya. Bagaimana pula hubungan antara omega-3 dengan omega-6?

Ada banyak merek terbaik suplemen omega-3 yang beredar di pasaran, seperti Nordic Naturals, Dr. Tobias, Sports Research, Source Naturals, LifeExtension, dan lainnya. Bookmark artikel ini agar Anda bisa menyimpan segala informasi tentang manfaat suplemen omega-3 dan tips cara memilih suplemen terbaiknya. Yuk, dapatkan jantung, otak, kulit, dan sendi yang sehat dengan mengonsumsi suplemen omega-3!

Daftar isi

Sebelum membeli, ketahui dahulu manfaat hebat dari omega-3!

Sebelum membagi tips cara memilih, mari kita pelajari tentang apa itu omega-3 dan bagaimana khasiat baiknya terhadap tubuh kita.

Apa itu asam lemak omega-3

Apa itu asam lemak omega-3

Omega-3 fatty acid atau asam lemak omega-3 adalah istilah umum untuk DHA, EPA, asam α-linolenat, dan sejenisnya. DHA dan EPA disintesis dari asam α-linolenat. Akan tetapi, asam α-linolenat tidak dapat disintesis dan terproduksi natural dari dalam tubuh kita. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan asupan rutin omega-3 dari makanan tertentu, suplemen, dan lainnya.

Khasiat dan karakteristik omega-3

Khasiat dan karakteristik omega-3

Asam lemak omega-3 yang terkandung dari makanan seperti kacang wijen memiliki banyak sekali manfaat. Omega-3 mampu melancarkan peredaran darah, mencegah inflamasi, pemulihan otot, mengobati radang di pembuluh darah, mengatasi alergi dan depresi, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mengaktifkan neuron dan meningkatkan daya kerja otak, mencegah kulit kendur dan menangkal bintik-bintik hitam yang menjadi masalah kulit berumur. Ada banyak sekali khasiat baiknya.

Seperti yang dapat Anda lihat sendiri dari khasiatnya. Meskipun Anda menginginkan segala khasiat baiknya, tetapi tak banyak orang yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi omega-3 yang cukup setiap harinya. Hal ini disebabkan karena asam lemak omega-3 sensitif terhadap panas dan cahaya, serta mudah teroksidasi. Dengan demikian, omega-3 di dalam makanan yang Anda konsumsi tidak maksimal. Oleh karena itu, hindarilah memanaskan makanan Anda yang mengandung omega-3. Makanan yang disimpan dalam jangka waktu lama pun kurang baik.

Selain itu, untuk mencerna jumlah asam lemak omega-3 yang cukup, Anda perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang melimpah. Makanan yang dimaksud seperti ikan laut bluefiesh dan kacang kenari.

Jika Anda bisa mendapatkan ikan yang segar langsung dari pasar ikan atau tempat sejenisnya, Anda tidak perlu khawatir zat omega-3 di dalamnya hilang. Akan tetapi, jika Anda membeli ikan dari tempat seperti supermarket atau pasar daging, atau makanan tersebut sudah berpengawet dan didiamkan dalam waktu lama, dikhawatirkan makanan tersebut sudah kehilangan asam lemak omega-3-nya.

Keseimbangan dengan asam lemak omega-6 juga penting

Keseimbangan dengan asam lemak omega-6 juga penting

Karena tidak disintesis atau diproduksi alami dari dalam tubuh, asam lemak esensial yang Anda butuhkan selain omega-3 adalah omega-6. Asam lemak omega-6 bekerja dengan cara yang berlawanan dengan omega-3. Jika Anda tidak mengonsumsi salah satunya atau kehilangan keseimbangan asupan antara keduanya, hal ini dapat memengaruhi kondisi fisik Anda.

Rasio omega-3 dan omega-6 adalah 1:4. Namun, omega-6 ternyata sudah banyak terkandung di dalam minyak sayur dan sejenisnya sehingga cenderung berlebihan dan tidak seimbang. Di sisi lain, omega-3 hanya terkandung di dalam makanan tertentu yang umumnya berharga tinggi di pasaran. Oleh sebab itu, orang-orang sering merasa kesulitan untuk memenuhi jumlah asupan omega-3 yang diperlukan per harinya. Agar tidak kehilangan keseimbangan dari kedua asam lemak esensial, Anda disarankan memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi suplemen omega-3.

Cara memilih suplemen omega-3

Tubuh kita membutuhkan banyak asupan asam lemak omega-3 setiap harinya. Namun, apabila Anda sulit mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, Anda dapat melengkapi kebutuhan omega-3 dengan suplemen. Di bawah ini, kami akan membagi tips cara memilih suplemen 0mega-3.

Pilih suplemen yang mengandung DHA, EPA, dan α-Linolenic acid yang cukup

Pilih suplemen yang mengandung DHA, EPA, dan α-Linolenic acid yang cukup

Jumlah omega-3 yang terkandung di dalam sebotol suplemen omega-3 ternyata dapat berbeda tergantung produsennya. Suplemen omega-3 dibutuhkan untuk melengkapi jumlah asupan omega-3 per hari yang tidak bisa Anda dapatkan dari makanan. Jika kandungan asam lemak omega-3 di dalam suplemen Anda sedikit, akan menjadi percuma untuk meminumnya. Ketika memilih suplemen omega-3, pastikan Anda memeriksa komposisinya.

Menurut beberapa organisasi kesehatan seperti WHO, jumlah minimal yang direkomendasikan per hari adalah 250-500 mg EPA dan DHA untuk orang dewasa sehat. Jika jumlah EPA dan DHA dari suplemen Anda sudah melebihi 500 mg, Anda sudah menutupi kekurangan asam lemak omega-3 yang tidak Anda dapatkan dari makanan. Tidak yakin dengan komposisi yang tertera di produk suplemen tersebut? Cobalah diimbangi dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang tinggi omega-3.

Perhatikan bahan bakunya. Apakah omega-3 terbuat dari ikan atau tumbuhan?

Perhatikan bahan bakunya. Apakah omega-3 terbuat dari ikan atau tumbuhan?

Suplemen omega-3 terbuat dari makanan yang kaya akan omega-3. Makanan utama yang kaya omega-3 termasuk di antaranya biji chia, minyak wijen, minyak biji rami, minyak krill (dari kerang), kemudian ikan-ikan laut seperti bluefish, teri, salmon, sarden, ikan kembung, dan lainnya. Apabila Anda tidak menyukai ikan laut atau alergi ikan, dianjurkan untuk memilih suplemen omega-3 yang terbuat dari tumbuhan.

Biasanya, suplemen omega-3 yang berasal dari ikan akan mengandung beberapa ikan seperti ikan kembung. Jika Anda memiliki alergi terhadap ikan kembung atau ikan tertentu, lebih aman untuk memilih suplemen omega-3 yang berasal dari tumbuhan. Tentu saja, ada beberapa suplemen yang mengandung kedua bahan tersebut. Jika Anda alergi terhadap salah satu bahan, berhati-hatilah sebelum membelinya.

Untuk suplemen omega-3 yang berasal dari tumbuhan, ada beberapa yang tidak dilengkapi docosahexaenoic acid (DHA) atau eicosapentaenoic acid (EPA) di dalamnya sehingga mungkin beberapa orang tidak akan merasa terpuaskan. Namun, omega-3 di dalam suplemen tipe vegan tersebut tetap disintesis di dalam tubuh melalui asam α-linolenat jadi jangan khawatir. Tentu saja kami lebih merekomendasikan suplemen omega-3 dari bahan tumbuhan yang sudah dilengkapi dengan DHA dan EPA.

Pilih suplemen yang tidak diproses dengan suhu tinggi atau telah teruji aman metode pembuatannya

Pilih suplemen yang tidak diproses dengan suhu tinggi atau telah teruji aman metode pembuatannya

Asam lemak omega-3 adalah komponen yang sensitif terhadap panas. Mengekstraksi minyak sebagai bahan baku dengan suhu tinggi akan membuatnya lebih mudah diekstraksi dan berbiaya relatif rendah. Oleh karena itu, beberapa produsen memproduksi kandungan omega-3 di dalam suplemennya dengan suhu tinggi. Suplemen omega-3 menggunakan minyak yang diekstraksi dengan suhu tinggi jauh lebih murah, tetapi asam lemak omega-3-nya menjadi rusak.

Tidak hanya itu, asam lemak omega-3 yang dipanaskan dapat berubah menjadi komponen seperti asam lemak trans yang tentunya berpengaruh buruk bagi tubuh. Mari kita pilih produk yang tidak dipanaskan sehingga suplemen yang kita konsumsi hanya akan memberikan khasiat yang baik untuk tubuh.

Cek kemasan produk sebelum Anda membeli. Pilihlah suplemen yang sudah diberi tanda bahwa suplemen tersebut diekstrasi dengan suhu rendah, tidak melalui metode pemanasan, cold pressed, dan lain sebagainya. Memang tidak banyak produsen yang mencantumkan metode produksi mereka pada kemasan. Namun, pastikan agar Anda memeriksa tulisan di kemasannya atau mengecek situs ofisial merek tersebut sebelum membeli.

Selain itu, Anda juga dapat memilih suplemen omega-3 yang sudah mendapat sertifikasi dari International Fish Oil Standards (IFOS) dan badan resmi lainnya seperti Marine Stewardship Council (MSC). Suplemen omega-3 dengan sertifikasi memiliki bahan baku dan metode pemrosesan yang sudah tepercaya dan teruji kemurnian, kesegaran, serta khasiatnya.

Pilih suplemen dengan tambahan bahan antioksidan

Pilih suplemen dengan tambahan bahan antioksidan

Asam lemak Omega-3 tidak hanya rentan terhadap panas, tetapi juga rentan terhadap oksidasi dan cahaya. Ketika memilih suplemen, Anda dapat memilih suplemen yang mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan yang dimaksud termasuk di antaranya sesamin (lignan), astaxanthin, Vitamin D3 (cholecalciferol), evening primrose oilrosemary extractlycopenepolyphenol, Vitamin E, dan sejenisnya.

Ada juga suplemen omega-3 lainnya yang dibuat dalam keadaan bebas oksigen. Oksidasi dapat dicegah apabila botol tersebut didesain rapat, berwarna gelap, dan mampu menghalau masuknya cahaya. Tentu saja, jauhkan botol suplemen Anda dari panas dan terik sinar matahari ketika Anda menyimpannya di rumah.

10 Rekomendasi suplemen omega-3 terbaik

Di bawah ini, kami merekomendasikan sepuluh suplemen omega-3 terbaik. Silakan merujuk pada tips cara memilih kami yang sebelumnya dan temukan suplemen omega-3 yang sesuai dengan kebutuhan Anda

10. Pure Alaska Omega Extra Virgin Wild Alaskan Salmon Oil

10. Pure Alaska Omega Extra Virgin Wild Alaskan Salmon Oil

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 395.000

Kombinasi metode cold pressed dengan ikan salmon Samudera Pasifik: Khasiatnya seperti menyantap ikan secara penuh

Extra Virgin Wild Alaskan Salmon Oil dibuat dengan metode cold pressed dan extra virgin yang sama sekali tidak melibatkan suhu panas selama prosesnya. Dengan demikian, Anda akan mendapat seluruh manfaat gizi dari lemak esensial baiknya seolah-0lah menyantap ikan salmon utuh. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin meningkatkan kesehatan jantung dan ingin mencegah jantung koroner.

Dalam setiap softgel-nya, terdapat 100% minyak salmon yang turut mengandung vitamin E, vitamin D, vitamin A, bahkan Astaxanthin yang diproduksi secara alami dari ikan salmon liar di perairan dingin Samudera Pasifik. Suplemen Pure Alaska Omega adalah solusi untuk Anda yang ingin mencukupi kebutuhan omega-3 harian dengan suplemen sebagai pengganti sepiring ikan salmon.

9. Source Naturals Vegan Omega-3s EPA-DHA

9. Source Naturals Vegan Omega-3s EPA-DHA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 521.210

Alergi ikan atau tak suka rasa amis? Ada vegan omega-3 yang menyehatkan dan ampuh mengobati inflamasi

Produk ini diciptakan untuk Anda yang merupakan vegetarian atau alergi dengan makanan berjenis ikan laut. Meski tidak terbuat dari minyak ikan, Anda tetap mendapatkan keistimewaan dari komponen EPA dan DHA di dalamnya. Source Naturals mengklaim bahwa kadar EPA dan DHA-nya lebih tinggi dibandingkan minyak biji rami atau tumbuhan omega-3 lainnya. Fungsi jantung dan otak yang sehat pasti Anda dapatkan.

Menurut konsumennya, produk ini sangat efektif menyeimbangkan nutrisi omega-3 dan omega-6 di dalam tubuh. Masalah peradangan seperti kulit berjerawat akibat ketidakseimbangan asupan omega-6 dapat teratasi dengan segera. Selain itu, produk ini tidak akan membuat Anda merasakan rasa amis yang biasanya muncul saat mengonsumsi suplemen fish oil kebanyakan.

8. Nordic Naturals Omega Woman

8. Nordic Naturals Omega Woman

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 490.000

Suplemen omega-3 pemenang penghargaan untuk mengoptimalkan kesehatan dan kecantikan wanita

Ini dia suplemen omega-3 yang dibuat khusus untuk kaum wanita. Dengan total kadar omega-3 berjumlah 500 mg yang cukup untuk kebutuhan sehari, Anda juga menerima asupan 76 mg gamma-linolenic acid (GLA) dan 800 mg bahan antioksidan evening primrose oil. Suplemen ini efektif dalam meningkatkan kesehatan dan menjaga keseimbangan hormon khas wanita seperti hormon reproduksi.

Tidak ketinggalan, suplemen ini juga unggul dengan khasiat kecantikannya. GLA efektif menutrisi dan menjadikan kulit Anda lebih sehat bercahaya. Produk ini telah mendapat apresiasi penghargaan sebagai suplemen nutrisi dan kecantikan terbaik. Dengan botol kokoh yang tahan panas dan diberi sentuhan fon berwarna pink, kaum wanita tak perlu ragu lagi membawa sebotol suplemen ini di dalam handbag mereka!

7. Nordic Naturals Algae Omega

7. Nordic Naturals Algae Omega

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 679.000

Kadarnya lebih unggul dibandingkan suplemen omega-3 vegetarian lainnya di pasaran!

Anda vegetarian yang rutin berolahraga dan ingin memenuhi kebutuhan makro lemak harian? Nordic Naturals Algae Omega terbuat dari sutainable microalgae yang merupakan sumber tumbuhan laut dengan kandungan omega-3 terbesar. Suplemen ini memiliki total kadar omega-3 sebesar 715 mg. Dosis tersebut dinilai lebih tinggi dibandingkan kebanyakan suplemen omega-3 khusus vegetarian.

Suplemen yang mendapat sertifikasi dari American Vegetarian Association ini dijamin aman karena berbahan non-GMO, bebas gluten dan hexane. Anda tidak perlu mengkhawatirkan proses pembuatannya sebab seluruh produk dari Nordic Naturals melewati proses molecular distillation bersuhu rendah. Suplemen ini akan meningkatkan fungsi kerja otak, jantung, dan daya tahan tubuh Anda.

6. Life Extension Super Omega-3 EPA/DHA with Sesame Lignans & Olive Extract

6. Life Extension Super Omega-3 EPA/DHA with Sesame Lignans & Olive Extract

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 480.000

Most comprehensive omega-3 supplement you can buy! Bersertifikasi IFOS dan mengandung antioksidan terkuat

Yang satu ini mendapat bintang lima dari IFOS. Artinya, Anda tidak perlu meragukan kualitas bahan baku ikan Alaska pollock, yang juga berasal dari perikanan yang telah bersertifikasi MSC. Pilih produk ini apabila Anda menginginkan fish oil berstandar terbaik. Selain baik bagi kesehatan jantung, Super Omega-3 dilengkapi bahan antioksidan terkuat polyphenol hydroxytyrosol yang efektif menangkal radikal bebas.

Di samping itu, suplemen ini mengandung sesame lignans yang meningkatkan nutrisi omega-3 dalam tubuh dan ekstrak zaitun yang terinspirasi dari makanan diet jantung sehat ala Mediterania. Kombinasi omega-3, minyak zaitun, buah, dan sayuran tinggi antioksidan ini terbukti mencegah serangan jantung dan memperpanjang usia. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen Life Extension Super Omega-3 setiap hari!

5. Sports Research Krill Oil Superba2™ (1000MG)

5. Sports Research Krill Oil Superba2™ (1000MG)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 665.000

Hanya sebutir kecil per hari. Turunkan kolesterol dengan kandungan antioksidan tertinggi phospholipids dan astaxanthin

Penelitian mengungkap bahwa tubuh kita lebih efektif menyerap omega-3 yang berasal dari krill oil daripada fish oil. Suplemen ini terbuat dari sutainable krill Superba2 yang telah mendapat sertifikat bintang lima dari IKOS dan MSC, serta disebut sebagai suplemen omega-3 dari krill oil terbaik. Produk ini mampu melipatgandakan kadar omega-3 dalam tubuh, menyeimbangkan hormon, dan menurunkan kolesterol.

Softgel-nya berukuran lebih kecil dibandingkan suplemen lainnya dan Anda hanya perlu meminum satu butir per hari. Tak perlu lagi minum suplemen lebih dari sekali untuk mencukupi asupan omega-3! Setiap butir mengandung 1000 mg krill oil, 400 mg phospholipids, dan 1 mg antioksidan super astaxanthin. Dengan formula yang cepat diserap, Anda tidak mengalami perut begah seperti ketika mengonsumsi fish oil biasa.

4. Dr. Tobias Triple-Strength Omega 3 Fish Oil

4. Dr. Tobias Triple-Strength Omega 3 Fish Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 785.000

Dimurnikan dengan suhu sangat minimal demi memaksimalkan kesehatan jantung, sendi, dan otak Anda setiap hari

Suplemen ini diproses dengan metode molecular distillation bersuhu rendah untuk mencapai pemurnian tertinggi. Sebanyak 70% dari produk ini terbuat dari minyak ikan dengan rasio EPA dan DHA 1:3 yang terbagi atas 600 mg DHA dan 800 mg EPA. Total yang lebih dari cukup untuk kesehatan jantung, sendi, dan kondisi mental yang optimal. Produk ini juga mendapat sertifikasi dari National Sanitation Foundation (NSF).

Dr. Tobias Triple-Strength Omega 3 Fish Oil menjadi salah satu merek suplemen omega-3 yang mendapat penjualan tertinggi. Hal ini dikarenakan formula triple strength dengan komponen EPA dan DHA-nya yang lebih potent, tetapi memiliki harga yang dinilai cukup terjangkau. Keunggulan lainnya adalah softgel bersaput formula spesial yang menjaga agar produk tidak hancur saat melewati usus besar untuk penyerapan maksimal.

3. Nordic Naturals Ultimate Omega

3. Nordic Naturals Ultimate Omega

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 413.000

Memenangkan lebih dari sepuluh penghargaan suplemen omega-3 terbaik. Rasanya lemon segar, dijamin tidak terasa amis!

Bukan tanpa alasan American Heart Association dan dokter dunia merekomendasikan suplemen omega-3 ini untuk dikonsumsi setiap hari. Produk ini terbuat dari 100% sarden dan teri yang mengandung total omega-3 sebanyak 1280 mg dengan EPA/DHA tertinggi dalam sekali minum. Nordic Naturals juga memiliki Certificates of Analysis yang mengesahkan kemurnian, kesegaran, metode pemrosesan, dan potensi produknya.

Ultimate Omega mendapat lebih dari sepuluh penghargaan terbaik, menjadikannya sebagai suplemen omega-3 nomor wahid di Amerika. Bagi Anda yang rajin berolahraga setiap hari, suplemen ini akan mendukung kesehatan jantung dan mampu mempercepat pemulihan otot dan sendi Anda. Softgel-nya bersaput rasa lemon segar. Dijamin Anda tidak merasakan begah atau mengecap rasa amis minyak ikan saat menelannya.

2. The Vitamin Shoppe Omega-3 Fish Oil 1100 MG

2. The Vitamin Shoppe Omega-3 Fish Oil 1100 MG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 930.000

Potensi EPA + DHA tertinggi dalam satu butir sofgel-nya! Baik untuk kesehatan usia lanjut

Kami merekomendasikannya untuk Anda yang menginginkan salah satu suplemen berkonsentrasi EPA dan DHA tertinggi di pasaran. Mendapatkan rating yang tinggi di situs seperti Labdoor, tercatat bahwa dalam setiap satu butir softgel-nya terkandung 680 mg EPA dan 260 mg DHA. Produk ini telah diuji mengandung dosis EPA dan DHA sebesar 76% dari keseluruhan total komponen minyak ikan.

The Vitamin Shoppe Omega-3 Fish Oil menggunakan metode pemrosesan molecularly distilled dengan kemurnian yang telah teruji aman dari zat-zat berbahaya, seperti merkuri, arsenic, lead, antimony, komponen logam perak, dan lainnya.  Suplemen ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus, daya tahan tubuh, serta menstabilkan tekanan darah dan trigliserida, baik untuk menjaga kesehatan bagi usia 40 tahun ke atas.

1. Nordic Naturals ProOmega-D

1. Nordic Naturals ProOmega-D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 868.148

Ditambah vitamin D3, dapatkan tulang yang kuat dan sistem imun tubuh terbaik!

Masih dari Nordic Naturals. Kali ini, kami merekomendasikan suplemen ProOmega-D yang disebut sebagai versi generasi selanjutnya (atau edisi “pro”) dari Ultimate Omega. Di samping mendapatkan segala kebaikan yang terkandung di dalam Ultimate Omega, ProOmega-D menawarkan dua kali komponen EPA dan DHA yang berarti dua kali kekuatan omega-3. Anda dapat memilih botol dengan isi 60, 120, atau 180 softgel sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Nordic Naturals melengkapi suplemennya dengan 1000 I.U. vitamin D3 alami (cholecalciferol) untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh terbaik. Kehebatan lainnya adalah produk ini terbukti dapat membantu penyembuhan pasien yang menderita traumatic brain injury (TBI). Peningkatan fungsi kognitif dari suplemen omega-3 yang satu ini memang tidak dapat diragukan lagi!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan suplemen omega-3 terbaik yang dapat Anda temukan di pasaran. Asam lemak esensial omega-3 sebenarnya sangat mudah ditemukan di dalam sepiring ikan salmon atau semangkuk biji chia. Akan tetapi, sulit untuk dapat mencerna jumlah yang cukup setiap harinya. Apabila Anda ingin memaksimalkan kesehatan fisik, otak, dan jantung, konsumsilah suplemen omega-3.

Namun, perlu diingat bahwa kita tidak boleh hanya bergantung pada suplemen saja. Kombinasikan dengan pola hidup sehat, olahraga yang cukup, dan juga memakan makanan yang mengandung omega-3 di samping mengonsumsi suplemen. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.