• 10 Suplemen Omega-3 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Omega-3 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Omega-3 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Omega-3 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Omega-3 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Omega-3 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat menemukannya di dalam minyak ikan dan kacang. Namun, asupan yang dibutuhkan tubuh terkadang sulit terpenuhi hanya dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mencukupinya dengan suplemen omega-3


Ada banyak merek suplemen omega-3 yang bagus di pasaran, seperti Nordic Naturals, Dr. Tobias, dan Blackmores. Nah, artikel ini akan mengulas tentang suplemen omega-3 dan cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, berikan asupan untuk jantung, otak, kulit, dan sendi dengan mengonsumsi suplemen omega-3!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.


Saat ini dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Pengetahuan dasar tentang omega-3

Sebelum masuk bagian cara memilih, mari kita pelajari tentang omega-3 dan khasiat baiknya terhadap tubuh kita. Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

Apa itu asam lemak omega-3?

Apa itu asam lemak omega-3?

Omega-3, disebut juga Ω3 atau lemak n-3, adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh. Kandungan ini banyak terdapat dalam makanan laut seperti ikan. Selain ikan, omega-3 juga banyak terdapat pada kacang kedelai, biji-bjijan, minyak zaitun, minyak kanola, dan telur. 


Omega-3 sendiri tediri dari 3 jenis, yakni DHA, EPA, asam α-linolenat (ALA). Mari kita bahas satu per satu. 


  • EPA

EPA merupakan singkatan dari eicosapentaenoic acid. EPA sangat baik dalam mencegah peradangan, menjaga imunitas, dan meringankan gejala depresi. 


  • DHA

DHA merupakan singkatan dari docosahexaenoic acid. Asam lemak ini merupakan asam lemak omega-3 rantai panjang. DHA memiliki peran besar dalam perkembangan dan pertumbuhan otak, fungsi mata, dan sistem saraf yang sempurna. 


  • ALA

ALA, singkatan dari alpha-linolenic acid (α-linolenic acid), merupakan asam lemak omega-3 rantai terpendek. Namun, asam lemak ini secara parsial diubah menjadi asam lemak omega-3 rantai panjang di dalam tubuh. Anda bisa menemukannya pada tumbuhan. ALA berperan menangani permasalahan pada jantung dan pembuluh darah. 

Manfaat omega-3

Manfaat omega-3

Sebagai salah satu zat penting yang baik untuk kesehatan tubuh, omega-3 memiliki segudang manfaat. Asam lemak omega-3 berperan menekan ekspresi gen lipogenik, meningkatkan beta oksidasi asam lemak, dan meningkatkan ekspresi lipoprotein lipase. Omega-3 juga memengaruhi seluruh proses pertambahan lipid tubuh.


Selain itu, asam lemak omega-3 mampu berperan sebagai anti-inflamasi sehingga membantu mencegah serangan kanker, diabetes, dan irritable bowel disease. Manfaat lainnya dari omega-3 adalah:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memelihara fungsi otak, seperti meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Menjaga kesehatan mata
  • Memperkuat tulang dan sendi
  • Membantu memperbaiki mood, termasuk mengurangi risiko ibu hamil terkena baby blues
  • Memperkuat imunitas
  • Mendukung tumbuh kembang janin, termasuk mencegah risiko kelahiran prematur

Dari paparan di atas, bisa diketahui bahwa omega-3 memiliki banyak manfaat dan baik dikonsumsi oleh segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil, ibu menyusui, bahkan lansia, semuanya membutuhkan omega-3. Sedikit catatan, jika dalam bentuk suplemen, konsumsi omega-3 untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter

Karakteristik omega-3

Karakteristik omega-3

Untuk mendapatkan asupan omega-3 yang cukup, Anda harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3, misalnya salmon atau kenari. Omega-3 yang terkandung dalam ikan laut dan minyak wijen memiliki karakteristik yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.


Akan tetapi, omega-3 adalah nutrisi yang sangat sensitif terhadap panas dan cahaya, serta mudah teroksidasi. Karena itu, makanan yang mengandung omega-3 sebaiknya tidak dipanaskan dan tidak disimpan dalam jangka panjang.

Keseimbangan dengan asam lemak omega-6 juga penting

Keseimbangan dengan asam lemak omega-6 juga penting

Selain omega-3, omega-6 merupakan asam lemak esensial lainnya yang dibutuhkan tubuh. Asam lemak ini berasal dari makanan, tidak diproduksi sendiri dari dalam tubuh. Omega-6 adalah asam lemak yang bekerja berlawanan dengan asam lemak omega-3. Jadi, asupan yang tidak seimbang dapat memengaruhi kondisi fisik Anda.


Perbandingan kebutuhan omega-6 dengan omega-3 berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan tubuh dan penyakit yang diderita. Berikut ini adalah rasio perbandingan omega-6 dengan omega-3 yang kerap diterapkan untuk mengatasi beberapa penyakit:

  • Rasio 4:1 dinyatakan mampu menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung hingga 70%
  • Rasio 2–3:1 dapat menurunkan inflamasi pada penderita rheumatoid arthritis
  • Rasio 5:1 bermanfaat untuk penderita asma

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kebutuhan tubuh Anda.


Omega-6 lebih mudah ditemukan pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, seperti minyak nabati dan sejenisnya. Oleh karena itu, asupan omega-6 lebih mudah terpenuhi. Sementara itu, hanya sedikit makanan sehari-hari yang kaya akan omega-3.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen omega-3

Manusia membutuhkan asupan omega-3 yang cukup setiap harinya. Namun, apabila Anda sulit mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, Anda dapat melengkapi kebutuhan omega-3 dengan suplemen. Di bawah ini, kami akan membagikan cara memilih suplemen omega-3 untuk Anda.

Pilih suplemen yang mengandung EPA dan DHA yang cukup

Pilih suplemen yang mengandung EPA dan DHA yang cukup

Jumlah omega-3 yang terkandung dalam sebotol suplemen omega-3 berbeda-beda tergantung pada produsennya. Suplemen omega-3 dibutuhkan untuk melengkapi jumlah asupan omega-3 harian yang tidak bisa dipenuhi dari makanan. 


Jika kandungan asam lemak omega-3 di dalam suplemen Anda terlalu sedikit, tentu rasanya jadi sia-sia. Ketika memilih suplemen omega-3, pastikan Anda memeriksa komposisinya. Jumlah kandungan EPA dan DHA yang direkomendasikan adalah sebagai berikut: 


  • Orang dewasa sehat: Minimal 250–500 miligram kombinasi DHA dan EPA
  • Anak-anak : 50–100 miligram kombinasi DHA dan EPA

Sementara untuk kondisi lainnya, seperti ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan kondisi medis tertentu konsultasikan dengan dokter. Meskipun suplemen omega-3 memang disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian, cobalah untuk memenuhinya dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. 

Periksa bahan bakunya, berasal dari ikan atau tumbuhan

Periksa bahan bakunya, berasal dari ikan atau tumbuhan

Suplemen omega-3 dibuat dari makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti minyak ikan, minyak wijen, dan minyak biji rami. Bagi Anda yang tidak menyukai ikan atau alergi, disarankan untuk memilih suplemen omega-3 yang dibuat dari tumbuhan


Namun, beberapa suplemen yang berasal dari tumbuhan hanya mengandung ALA. Artinya, di dalamnya tidak terdapat DHA atau EPA. Akan tetapi, suplemen vegan ini akan diubah di dalam tubuh menjadi EPA, lalu DHA. Sayangnya, jumlahnya memang sangat sedikit. Alhasil, beberapa orang menganggapnya kurang memuaskan.


Sebagai informasi, ALA terdapat pada flaxseed, kacang kedelai dan minyak kanola. Sementara itu, EPA dan DHA terdapat pada ikan dan minyak ikan.

Utamakan suplemen yang tidak diproses dengan suhu tinggi

Utamakan suplemen yang tidak diproses dengan suhu tinggi

Mengekstraksi minyak sebagai bahan baku dengan suhu tinggi akan membuatnya lebih mudah diekstraksi dan berbiaya relatif rendah. Oleh karena itu, beberapa produsen memilih memproduksi suplemen omega-3 dengan suhu tinggi. Namun, asam lemak omega-3 sensitif terhadap panas. Suplemen omega-3 yang diekstraksi dengan suhu tinggi memang relatif lebih murah, tetapi asam lemak omega-3-nya menjadi rusak.


Selain itu, asam lemak omega-3 yang dipanaskan dapat berubah menjadi asam lemak trans yang tentunya berpengaruh buruk bagi tubuh. Karena itu, pilihlah produk yang tidak dipanaskan sehingga tidak ada efek negatif bagi tubuh.


Cek kemasan produk sebelum Anda membeli. Pilihlah produk yang sudah diberi keterangan bahwa suplemen tersebut diekstraksi dengan suhu rendah, tidak melalui metode pemanasan, dan sebagainya. Pastikan Anda memeriksa hal-hal tersebut sebelum membeli suplemen, ya.

Carilah suplemen dengan tambahan bahan antioksidan

Carilah suplemen dengan tambahan bahan antioksidan

Asam lemak omega-3 tidak hanya rentan terhadap panas, tetapi juga terhadap oksidasi dan cahaya. Karena itu, ada baiknya Anda memilih suplemen yang mengandung antioksidan. Zat antioksidan yang dimaksud antara lain sesamin, likopen, astaxanthin, dan yang lainnya. 


Ada juga suplemen omega-3 lainnya yang dibuat dalam keadaan bebas oksigen. Suplemen seperti ini tidak apa-apa jika disimpan dalam botol pelindung cahaya yang mampu mencegah oksidasi. Namun, tetaplah berhati-hati terhadap panas dan sinar matahari saat menyimpannya di rumah.

PR

California Gold NutritionMinyak Ikan Omega 800 Tingkat Farmasi

Mulai dari Rp 332.106,00

Isi90 Softgel
Kandungan DHA320 mg
Kandungan EPA480 mg
Bahan bakuIkan sarden, teri, dan makerel

Penuhi kebutuhan kesehatan Anda di iHerb, dapatkan servis bebas ongkir untuk belanja minimal USD 80

iHerb adalah e-commerce asal Amerika yang berkomitmen menyediakan produk kesehatan yang segar dan berkualitas premium. Saat ini, iHerb telah melayani pengiriman ke 185 negara, termasuk seluruh wilayah di Indonesia. Anda juga bisa berbelanja praktis dengan 8 cara pembayaran, termasuk melalui Visa, Master Card, dan Dana.

Sampai saat ini, iHerb telah mengumpulkan lebih dari 30.000 produk alami dari 1.200 merek tepercaya. Apabila Anda berbelanja minimal USD 80 (sekitar Rp1.150.000–Rp1.200.000), Anda juga berhak mendapatkan servis bebas ongkir sampai tujuan. iHerb menyediakan berbagai kebutuhan kesehatan mulai dari suplemen hingga produk kecantikan alami. Penuhi kebutuhan kesehatan Anda dalam satu e-commerce dengan pelayanan berkualitas tinggi!

10 Rekomendasi suplemen omega-3 terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen omega-3 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

10
Isi30 softgel, 60 softgel, dan 90 softgel
Kandungan DHA360 mg
Kandungan EPA180 mg
Bahan bakuAlgae
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanNatural tocopherol, beta-carotene
9

Life ExtensionSuper Omega-3 EPA/DHA Fish Oil, Sesame Lignans & Olive Extract

Mulai dari Rp 415.000,00

Isi60 softgel, 120 softgel
Kandungan DHA500 mg
Kandungan EPA700 mg
Bahan bakuAnchovy, sesame lignans, olive extract
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanTocopherol
8

Dr. TobiasTriple Strength Omega 3 Fish Oil

Mulai dari Rp 570.000,00

Isi60 softgel, 90 softgel, dan 180 softgel
Kandungan DHA600 mg
Kandungan EPA800 mg
Bahan bakuWild-caught fish
Proses pembuatanMolecular distillation
Kandungan antioksidanVitamin E
7

Sports ResearchAntarctic Krill Oil with Superba2

Mulai dari Rp 346.500,00

Isi60 softgel dan 120 softgel
Kandungan DHA60 mg
Kandungan EPA136 mg
Bahan bakuKrill
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanAstaxanthin
6

Trident SeafoodsPure Alaska Omega Wild Alaskan Salmon Oil

Mulai dari Rp 410.000,00

Isi180 softgel dan 210 softgel
Kandungan DHA220 mg
Kandungan EPA180 mg
Bahan bakuWild alaskan salmon
Proses pembuatanCold pressed
Kandungan antioksidanVitamin E dan astaxanthin.
5

KK IndonesiaVitayang Omega 3

Mulai dari Rp 120.000,00

Isi30 softgel
Kandungan DHA150 mg
Kandungan EPA200 mg
Bahan bakuIkan laut
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanx
4

Radiant GroupNatures Health Omega 3-6-9

Mulai dari Rp 330.000,00

Isi45 softgel
Kandungan DHA240 mg
Kandungan EPA360 mg
Bahan bakuIkan
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanx
3
Isi30 softgel, 100 softgel, 200 softgel, 500 softgel
Kandungan DHA240 mg
Kandungan EPA360 mg
Bahan bakuAnchovies, sardines, tuna
Proses pembuatanMolecularly distilled
Kandungan antioksidand-alpha tocopherol
2

Nordic Naturals Ultimate Omega

Mulai dari Rp 755.000,00

Isi60 softgel, 90 softgel, 120 softgel, 180 softgel, dan 210 softgel
Kandungan DHA450 mg
Kandungan EPA650 mg
Bahan bakuAnchovy & sardine
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidand-alpha tocopherol
1
Isi30 kapsul, 60 kapsul, 150 kapsul
Kandungan DHA360 mg
Kandungan EPA540 mg
Bahan bakuIkan laut dalam
Proses pembuatanTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanx

Tabel perbandingan produk suplemen omega-3 terbaik

Gambar produk
1
Blackmores Ultimate Omega 1

Blackmores

2
Nordic Naturals  Ultimate Omega 1

Nordic Naturals

3
NOW Foods Omega-3 1

NOW Foods

4
Radiant Group Natures Health Omega 3-6-9 1

Radiant Group

5
KK Indonesia Vitayang Omega 3 1

KK Indonesia

6
Trident Seafoods Pure Alaska Omega Wild Alaskan Salmon Oil 1

Trident Seafoods

7
Sports Research Antarctic Krill Oil with Superba2  1

Sports Research

8
Dr. Tobias Triple Strength Omega 3 Fish Oil 1

Dr. Tobias

9
Life Extension Super Omega-3 EPA/DHA Fish Oil, Sesame Lignans & Olive Extract 1

Life Extension

10
Source Naturals Vegan Omega-3s EPA-DHA 1

Source Naturals

Nama produk

Ultimate Omega

Ultimate Omega

Omega-3

Natures Health Omega 3-6-9

Vitayang Omega 3

Pure Alaska Omega Wild Alaskan Salmon Oil

Antarctic Krill Oil with Superba2

Triple Strength Omega 3 Fish Oil

Super Omega-3 EPA/DHA Fish Oil, Sesame Lignans & Olive Extract

Vegan Omega-3s EPA-DHA

Keunggulan

Dengan ekstrak vanila, jadikan minum suplemen omega-3 lebih menyenangkan

Memenangkan lebih dari sepuluh penghargaan suplemen omega-3 terbaik

Proses produksi dengan standar super ketat untuk kualitas yang mumpuni

Hadirkan manfaat seimbang dari omega-3, omega-6, dan omega-9

Suplemen omega-3 yang bisa dikonsumsi segala usia

Khasiatnya seperti menyantap ikan secara utuh

Dengan bahan baku krill oil untuk penyerapan yang lebih baik

Dimurnikan dengan suhu sangat minimal demi memaksimalkan manfaatnya

Manfaat super dengan kombinasi tiga bahan terbaik

Aman dikonsumsi oleh Anda yang vegan dan vegetarian

Harga mulai dariRp 210.000,00Rp 755.000,00Rp 98.000,00Rp 330.000,00Rp 120.000,00Rp 410.000,00Rp 346.500,00Rp 570.000,00Rp 415.000,00Rp 345.000,00
Isi30 kapsul, 60 kapsul, 150 kapsul60 softgel, 90 softgel, 120 softgel, 180 softgel, dan 210 softgel30 softgel, 100 softgel, 200 softgel, 500 softgel45 softgel30 softgel180 softgel dan 210 softgel60 softgel dan 120 softgel60 softgel, 90 softgel, dan 180 softgel60 softgel, 120 softgel30 softgel, 60 softgel, dan 90 softgel
Kandungan DHA360 mg450 mg240 mg240 mg150 mg220 mg60 mg600 mg500 mg360 mg
Kandungan EPA540 mg650 mg360 mg360 mg200 mg180 mg136 mg800 mg700 mg180 mg
Bahan bakuIkan laut dalamAnchovy & sardineAnchovies, sardines, tunaIkanIkan lautWild alaskan salmonKrillWild-caught fishAnchovy, sesame lignans, olive extractAlgae
Proses pembuatanTidak ada keteranganTidak ada keteranganMolecularly distilledTidak ada keterangan Tidak ada keterangan Cold pressedTidak ada keteranganMolecular distillationTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Kandungan antioksidanxd-alpha tocopherold-alpha tocopherolxxVitamin E dan astaxanthin.AstaxanthinVitamin ETocopherolNatural tocopherol, beta-carotene
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk suplemen lainnya di sini

Selain suplemen omega-3, ada banyak suplemen lainnya yang baik untuk tubuh Anda. Suplemen-suplemen ini akan membantu memenuhi kebutuhan harian Anda. Silakan baca artikel mengenai produk suplemen lainnya di sini. 

Kesimpulan

Omega-3 adalah asam lemak yang baik untuk tubuh, baik dalam hal kesehatan maupun kecantikan. Di samping rajin mengonsumsi makanan yang kaya omega-3, Anda bisa melengkapinya dengan suplemen omega-3.


Namun, Anda juga harus memperhatikan komposisi, bahan utama, dan proses pembuatannya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan suplemen omega-3 yang tepat. Jika Anda masih bingung, silakan merujuk pada rekomendasi produk dari kami. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Karena itu, vitamin ini punya dampak positif terhadap kekuatan otot dan tulang. Vitamin D dibentuk tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya banyak orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan kekurangan vitamin D.Kini sudah banyak dijual produk suplemen vitamin D dari merek terbaik, seperti Blackmores dan NOW Foods. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin D yang bagus serta memberikan rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, disimak!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori