10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2018)

Sepatu running (sepatu lari) NIKE dikenal sebagai sepatu populer yang diakui di seluruh dunia. Inovasi yang berkelanjutan membuat sepatu Nike tersedia untuk semua pelari. Namun, Anda bisa salah saat memilih sepatu lari Nike karena varian yang tersedia memiliki fungsi yang berbeda.

Agar tidak salah memilih, silakan simak artikel menarik berikut ini. Kami akan mengulas cara memilih sepatu Nike untuk dipakai berlari. Selain itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh sepatu running Nike yang bagus sebagai rujukan Anda. Jadi, baca artikel ini sampai tuntas, yuk!

Daftar isi

Cara memilih sepatu running merek Nike

Sebelum memilih sepatu running merek Nike, kami akan mengulas fitur dari empat seri utama sepatu Nike untuk berlari. Ada empat seri utama sepatu lari merek Nike, yaitu Zoom, Lunar, Free, dan Air Max. Fungsi dan ukuran bagian upper (atas) sepatu merupakan poin paling penting saat memilih sepatu running.

Pilih sepatu berdasarkan bahan yang digunakan untuk bantalan kaki

Sepatu Nike dibagi menjadi empat seri utama, yaitu Zoom, Lunar, Free, dan Air Max. Keempat seri ini dikategorikan sesuai perbedaan dari bahan bantalan yang digunakan di bagian sol sepatu. Anda bisa memilih sepatu running sesuai keinginan tergantung dari apa yang Anda butuhkan.

Untuk pemula, pilih seri Air Max dengan kemampuan menyerap guncangan yang baik

Untuk pemula, pilih seri Air Max dengan kemampuan menyerap guncangan yang baik

Bantalan pada seri Air Max mengandung kapasitas udara paling banyak di antara bantalan sepatu yang dikembangkan oleh Nike. Dengan demikian, seri ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap guncangan kaki sehingga melindungi otot dan sendi saat berlari. Oleh karena itu, sepatu running seri Air Max direkomendasikan untuk pemula yang tidak terbiasa berlari.

Pilih seri Free dengan sensasi tanpa alas kaki untuk tujuan melatih otot kaki

Pilih seri Free dengan sensasi tanpa alas kaki untuk tujuan melatih otot kaki

Sepatu running Nike seri Free direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan sensasi berlari tanpa alas kaki. Bagian sol sepatu ini ringan dan fleksibel. Selain itu, seri ini memiliki desain dengan ujung-ujung jari kaki yang terbuka. Jadi, Anda bisa merasakan sensasi menapak di permukaan bumi dengan jari-jari kaki Anda. Desain sepatu seperti ini merupakan desain sepatu yang paling cocok untuk melatih otot-otot kaki.

Untuk pelari jarak menengah dan jarak jauh, pilih seri Lunar dengan bantalan empuk dan daya tolak yang baik

Untuk pelari jarak menengah dan jarak jauh, pilih seri Lunar dengan bantalan empuk dan daya tolak yang baik

Seri Lunar memiliki bantalan yang disebut Lunaron dengan fungsi kontradiktif berupa bantalan lembut dengan daya tolak yang tinggi. Sepatu ini mampu menerima tumbukan dari kaki dengan bantalan lembut bagi pelari jarak jauh dan menengah. Meskipun demikian, teknologi ini ingin menantang kebiasaan dengan dengan gaya tolak yang tinggi sambil melindungi kaki. Sementara itu, Lunaron juga dipakai sebagai nama sol selain nama sepatu dengan label seri Luna untuk nama produknya.

Pilih seri Zoom yang memberikan kekuatan dengan segera

Pilih seri Zoom yang memberikan kekuatan dengan segera

Seri Zoom direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan kekuatan lari dengan seketika. Bahan serat yang sangat elastis dipilih sebagai bahan sol untuk sepatu seri ini. Oleh sebab itu, seri Zoom memiliki tegangan yang menyerupai fungsi pegas. Akibatnya, Anda akan mendapatkan akselerasi secara instan. Saat ini, ada banyak tipe Zoom dengan berbagai inovasi dan fungsionalitas seperti Air Zoom dan Zoom Vaporfly. Tipe ini juga sudah diakui oleh para pelari terkemuka.

Jangan lupa memperhatikan fungsi dari bagian upper sepatu

Anda bisa mempertimbangkan material dan struktur upper (bagian atas) sepatu setelah Anda menentukan bagian sol sesuai keinginan. Sepatu lari dengan spesifikasi tinggi bisa Anda dapatkan dengan mengombinasikan sol dan upper yang tepat.

Untuk mendapatkan rasa pas dan kestabilan, pilih Flyknit dan Flywire yang ringan seperti kaus kaki

Untuk mendapatkan rasa pas dan kestabilan, pilih Flyknit dan Flywire yang ringan seperti kaus kaki

Jika Anda menginginkan sepatu lari yang ringan, pas di kaki, serta stabil, pilihlah upper Flyknit dan Flywire. Flyknit adalah bahan khusus yang digunakan untuk bagian upper. Bahan yang digunakan merupakan rajutan yang pas di kaki Anda dengan sempurna. Tambahan lagi, bahan ini telah diakui sebagai bahan yang senyaman kaus kaki. Di pihak lain, Flywire merupakan sistem yang mampu meningkatkan kekuatan sepatu. Sistem ini bekerja dengan menempatkan serat nilon yang diperkuat dengan kepadatan tinggi dalam pola jaring di permukaan upper.

Pilih Flymesh dan Flywire bagi Anda yang menginginkan sepatu ringan, stabil, dan ada sirkulasi udara

Pilih Flymesh dan Flywire bagi Anda yang menginginkan sepatu ringan, stabil, dan ada sirkulasi udara

Sepatu dengan bahan ringan yang memiliki sirkulasi udara yang baik (breathable) umumnya tidak memiliki stabilitas saat dipakai. Namun, kombinasi Flymesh dan Flywire mampu memberikan kedua fitur dengan sangat baik.

Teknologi Flymesh memiliki karakteristik bahan upper ringan dengan lapisan bawah yang terbuat dari kain mulus. Sementara itu, di lapisan atasnya, Flymesh terbuat dari bahan jala. Flywire yang melewati di antara lapisan Flymesh akan memastikan stabilitas. Hal ini sekaligus memastikan keringanan serta kemampuan untuk mengeluarkan udara. Akibatnya, rancangan ini bisa menyesuaikan dengan kawat yang selaras dengan gerakan kaki. Tambahan pula, ketiadaan jahitan di kain yang mendasarinya memungkinkan hal ini bisa terjadi.

Pilih Shield yang antiair, direkomendasikan saat berlari dengan kondisi hujan

Pilih Shield yang antiair, direkomendasikan saat berlari dengan kondisi hujan

Pilihlah sepatu dengan kemampuan antiair di bagian upper bagi Anda yang tidak ingin berhenti berlari meskipun sedang hujan. Sentuhan akhir antiair untuk sepatu Nike dirancang dengan sangat hati-hati, terutama agar tidak mengganggu kemampuan mengalirkan udara (breathability). Dengan demikian, kaki Anda tidak akan terasa kepanasan. Seri sepatu Nike yang merupakan produk dengan finishing antiair ini dikategorikan sebagai Nike seri Shield.

Perhatian bagi pemilik kaki lebar karena sepatu running Nike memiliki ukuran ramping!

Perhatian bagi pemilik kaki lebar karena sepatu running Nike memiliki ukuran ramping!

Ukuran ramping merupakan ciri khas sepatu running Nike yang diproduksi untuk Eropa dan Amerika Utara. Jadi, orang Indonesia dengan kaki yang lebar perlu memperhatikan hal ini. Namun, pemilik kaki yang lebar tidak akan terasa sempit jika memakai sepatu dengan bahan Flyknit. Di samping itu, sepatu running dengan label wide (lebar) atau extra wide (ekstralebar) bisa menjadi pilihan. Pada dasarnya, sepatu ini didesain untuk orang dengan kaki yang lebar.

NIKEiD custom shoes: Anda dapat memesan desain sepatu khusus untuk kaki Anda sendiri

NIKEiD custom shoes: Anda dapat memesan desain sepatu khusus untuk kaki Anda sendiri

Sistem kustomisasi Nike yang disebut NIKEiD memungkinkan Anda untuk memesan sepatu orisinal sendiri. Sepatu yang bisa dikustomisasi hanya ada beberapa model. Akan tetapi, Anda dapat mengatur warna dan pola dengan baik seperti warna dasar dan warna cokelat. Nike telah berkomitmen dengan mengampanyekan slogan “Born to Run“. Oleh karena itu, Anda bisa membuat sepatu khusus untuk Anda yang berkomitmen saat memilih sepatu running.

10 Rekomendasi sepatu running terbaik merek Nike

Selanjutnya, Anda dapat memilih sepatu running sesuai kebutuhan Anda sebagai pelari pemula atau pelari kawakan. Sebagian besar seri sepatu Nike di bawah ini dapat dimiliki oleh baik pria maupun wanita. Periksalah serinya terlebih dahulu sebelum membeli. Untuk saat ini, kami tidak merekomendasikan sepatu running yang dapat dikustomisasi khusus. Namun, kami menandai secara umum mana saja produk sepatu yang dapat dikustomisasi apabila Anda tertarik.

10. Nike Zoom Fly SP Fast Unisex Running Shoe

10. Nike Zoom Fly SP Fast Unisex Running Shoe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.638.000

Inovasi terbaru guna memecahkan limit maraton selama dua jam!

Sepatu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Anda saat berlari jarak panjang dengan tempo berat dan lomba balap lari. Nike terus melakukan inovasi guna memecahkan batas lari maraton selama dua jam saja dengan sepatu ini. Anda pun serasa terdorong ke depan saat berlari berkat pelat nilon yang dipenuhi bahan karbon di dalam midsole.

Desain konstruksi responsif dari sepatu bisa mengubah tekanan setiap langkah menjadi energi kembali untuk langkah berikutnya. Rasakanlah sensasi berlari yang stabil, responsif, serta menyerap guncangan tanpa menghilangkan kenyamanan. Kondisi ini bisa terjadi berkat bantalan Lunaron dari sepatu. Selain itu, bagian upper yang meregang akan mengalirkan udara dengan mudah.

9. Nike Air Zoom Structure 21

9. Nike Air Zoom Structure 21

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Teknologi komplet yang menjaga kestabilan saat berlari!

Keberadaan ventilasi akibat penggunaan Flymesh menjadi salah satu keunggulan produk ini. Pilihlah sepatu ini apabila Anda lekas merasa gerah di kaki saat berlari. Versi Flymesh yang satu ini berbahan lebih ringan, namun tetap memberi dukungan kuat terhadap kaki. Akibatnya, Anda bisa berlari dengan stabil. Efek stabil saat berlari ini didukung juga oleh teknologi Dynamic Fit.

Fitur ikat gelang elastis di sekitar lengkungan kaki berfungsi menjaga kaki agar tidak tergelincir saat berlari. Tambahan lagi, sepatu ini memiliki desain melebar dengan outsole datar yang dipadu dua bantalan. Teknologi ini berfungsi juga untuk menjaga kestabilan saat berlari. Oleh karena itu, pilihlah sepatu ini agar Anda bisa berlari secara efektif dengan stabil!

8. Nike Air VaporMax Flyknit 2

8. Nike Air VaporMax Flyknit 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.150.000

Tampil tidak monoton dengan banyak varian warna

Nike Air VaporMax Flyknit 2 memiliki varian warna hingga lima belas jenis. Anda yang ingin tampil stylish secara mix and match dengan pakaian lari bisa memilih produk ini. Produk ini juga merupakan salah satu sepatu running dengan fitur NIKEiD. Dengan demikian, sepatu ini cocok dimiliki Anda apabila ingin mengustomisasi sepatu sesuai selera.

Inovasi teknologi di bagian bantalannya akan memberikan kenyamanan dari ujung kaki ke tumit. Teknologi tersebut melindungi kaki Anda saat berlari dengan membawa nuansa mengapung yang serasa menentang gravitasi. Di samping itu, desain overlay tambahan di tumit memberikan keamanan dengan menjaga kaki tetap stabil. Jadi, kaki Anda tidak mudah bergoyang ke samping saat berlari.

7. Nike Air Zoom Pegasus 35

7. Nike Air Zoom Pegasus 35

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.150.000

Sepatunya pelari pemula hingga pelari kawakan

Kami menyarankan sepatu running ini apabila Anda bingung saat memilih sepatu untuk berlari. Nike Air Zoom Pegasus 35 dibuat nyaman untuk dipakai pemula maupun pelari berpengalaman. Sementara itu, otot Achilles Anda akan nyaman saat berlari berkat mesh yang breathable di bagian atas. Hadirnya bantalan responsif membuat penggunaan energi jadi lebih efisien.

Mesh atas dirancang untuk memberikan peregangan dan dukungan untuk kaki saat dibutuhkan. Karena itu, kaki Anda akan aman saat berlari tanpa membatasi pergerakan. Fitur kabel Flywire yang dikencangkan melalui tali sepatu akan mengunci kaki Anda saat berlari. Selain itu, posisi kerah di bagian belakang sepatu dibuat agar tidak bergesekan dengan otot tendon Achilles.

6. Nike Air Zoom Mariah Flyknit Racer

6. Nike Air Zoom Mariah Flyknit Racer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.099.000

Gampang dipasang dengan gaya bootie!

Sesuai namanya, produk ini dibuat dengan teknologi Flyknit yang akan membungkus kaki Anda. Bahan upper-nya memiliki sifat yang statis sehingga tahan lama. Selain itu, bagian sol luar sepatu yang terbuat dari karet menjadikan sepatu ini tahan lama. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih sepatu ini jika ingin mencari sepatu yang awet.

Bantalan Nike Zoom Air akan membuat Anda bisa berlari dengan ringan serta responsif yang mengikuti pergerakan kaki. Tambahan lagi, produk ini memiliki gaya bootie yang dirancang agar Anda bisa memasukkan dan mengeluarkan sepatu dengan mudah. Pastikan Anda memilih sepatu ini apabila Anda ingin pemakaian yang cepat sehingga dapat berlari dengan segera!

5. Nike Zoom Fly

5. Nike Zoom Fly

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.163.157

Setia menemani Anda mulai latihan hingga perlombaan

Sepatu ini akan memberikan dorongan ke depan akibat dari lempeng nilon yang dimasukkan ke bagian midsole sepatu. Teknologi yang sama sudah diterapkan pada sepatu Nike sehingga paling efisien untuk dipakai maraton. Nike Zoom Fly dirancang untuk pelari saat mulai latihan, lari jarak jauh, hingga untuk perlombaan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membeli sepatu khusus baik untuk latihan maupun untuk perlombaan.

Fitur kabel Flywire yang sangat ringan menjadikan kaki lebih rapat saat tali sepatu dipasangkan. Akibatnya, Anda bisa bergerak dengan aman selama maraton. Kehadiran bantalan Lunaron akan menjaga keseimbangan antara kestabilan, respons, serta keseimbangan dengan menyerap guncangan selama Anda berlari. Selain itu, teknologi Flymesh memastikan kaki Anda tetap sejuk.

4. Nike LunarEpic Flyknit Shield

4. Nike LunarEpic Flyknit Shield

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.971.000

Dilengkapi Shield, kini berlari dengan kondisi hujan atau basah bukanlah masalah!

Nike LunarEpic Flyknit Shield merupakan versi terbaru dari Nike LunarEpic Flyknit yang pas di kaki, fleksibel, dan lembut. Produk ini menawarkan keunggulan yang sama dengan tambahan fitur shield. Artinya, perubahan cuaca tidak akan memengaruhi program lari Anda. Terutama bagi Anda yang tidak ingin berhenti berlari hanya karena sepatu yang tidak nyaman saat terkena air hujan.

Kondisi sepatu ini bisa tetap hangat dan kering berkat konstruksi DWR (durablewater-repellent), benang TPU, serta sistem penolak air. Di samping itu, Anda dapat berlari tanpa membuang energi akibat pola presisi di bagian sol busa. Bagian kerah sepatu juga tidak kalah menarik karena berfungsi mengunci kaki dan memastikan pergerakan alami kaki Anda.

3. Nike Air Zoom Wildhorse 4

3. Nike Air Zoom Wildhorse 4

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.639.000

Kaki tetap nyaman dan terlindungi saat berlari trail

Jika Anda senang berlari melalui medan hiking dan mencari sepatu lari trail yang tepat, produk inilah jawabannya. Pembuatan sepatu ini melalui perpaduan lapisan tekstil dan mesh sehingga menghasilkan upper yang kuat. Hadirnya lempengan khusus di kaki depan melengkapi sepatu ini guna melindungi kaki dari puing dan batu kasar. Oleh karena itu, Anda jadi bisa berlari dengan aman.

Teknologi busa Phylon telah berintegrasi dengan unit Nike Zoom Air yang menambah bantalan. Akibatnya, berlari di medan pegunungan akan terasa nyaman. Desain gabungan Flywire dan tali sepatu juga tidak bisa diremehkan karena menjaga kestabilan saat Anda berlari. Sementara itu, rancangan busa yang mewah berfungsi melindungi pergelangan kaki.

2. Nike Free RN Motion Flyknit 2018

2. Nike Free RN Motion Flyknit 2018

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.100.000

Tanpa sockliner! Bergerak jadi lebih alami saat berlatih singkat!

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang membutuhkan sepatu untuk latihan. Nike Free RN Motion Flyknit 2018 menghilangkan fitur sockliner sehingga Anda merasakan sol dari seri Nike Free. Kaki yang ditempatkan secara langsung ini akan memberikan Anda fleksibilitas. Sesudah itu, sol pada sepatu ini akan berkontraksi sesuai pergerakan kaki sehingga Anda bisa berlari dengan sensasi alami.

Anda dapat mengencangkan sepatu melalui pengikat khusus berkat rancangan produk yang tanpa tali. Dengan demikian, sepatu ini dapat dipilih oleh Anda yang ingin berlatih dengan segera. Tambahan pula, pengikat sepatu yang lebar ini akan membungkus tumit. Desain tersebut akan menghasilkan sepatu yang bisa mendukung struktur kaki dengan baik saat berlari.

1. Nike Epic React Flyknit

1. Nike Epic React Flyknit

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.899.000

Bantalan nyaman! Bisa dipakai untuk jarak jauh hingga pemakaian lebih dari 48,2 kilometer!

Bantalan sepatu ini begitu nyaman untuk Anda yang membutuhkan sepatu untuk jarak jauh dengan pemakaian lama. Bentuk bantalan sepatunya pun tidak banyak berubah kendati telah digunakan hingga 30 mil (48,2 kilometer). Paling tidak, sepatu ini telah diuji oleh juara lari Galen Rupp. Bantalan sepatu yang terasa baru walau telah menempuh jarak yang panjang akan menggoda pelari mana pun.

Saat berlari, Anda akan mendapatkan energi tolak 13% lebih banyak dibandingkan bantalan Lunaron. Semakin banyak energi yang diberikan ke bantalan, akan semakin banyak pula energi yang Anda dapatkan untuk langkah selanjutnya. Perpaduan Flyknit, gaya bootie, serta lidah yang bersatu dengan upper menghasilkan efek serasa memakai sandal di atas kasur. Pakai sepatu ini, yuk!

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi sepuluh sepatu running Nike. Sepatu manakah yang akan Anda pilih? Nike telah memproduksi sepatu dengan inovasi berkelanjutan hingga saat ini. Pastikan Anda membeli sepatu Nike yang original agar Anda bisa merasakan manfaat yang dibutuhkan. Anda akan mendapatkan keamanan, kenyamanan, serta prestise tersendiri saat Anda membeli sepatu Nike original.