• 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike (Terbaru Tahun 2022)

Nike menjadi salah satu brand yang memproduksi sepatu running yang bagus, baik sepatu untuk pria maupun wanita. Hal ini dibuktikan dengan beragamnya pilihan model sepatu serta teknologi yang dibuat Nike. Ada pula sepatu running model terbaru dengan teknologi yang juga lebih canggih.


Teknologi pada sepatu running Nike ini terletak pada bantalan dan upper-nya. Dari sisi bantalan, ada berbagai teknologi yang disematkan Nike, seperti Air Max, Zoom Air, Free, dan lainnya. Untuk upper-nya, ada teknologi Flyknit, Flymesh, dan Flywire. Jika Anda sedang mencari sepatu running Nike, bacalah dahulu ulasan dari kami!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu running merek Nike

Sebelum memilih sepatu running merek Nike, kami akan mengulas kelebihan seri-seri utama sepatu Nike untuk berlari. Seri sepatu Nike ini dibedakan menjadi dua yaitu berdasarkan jenis bantalan dan upper-nya. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Tentukan berdasar bahan yang digunakan untuk bantalan kaki

Pertama, seri sepatu running Nike ini dikategorikan berdasarkan perbedaan bahan bantalan dan teknologi yang digunakan. Beberapa jenis bantalan tersebut, seperti Air Max, Zoom Air, Free, React, dan Lunar. Anda bisa memilih sepatu running sesuai kebutuhan Anda.

Seri Air Max, serap guncangan untuk melindungi otot dan sendi saat berlari

Air Max menjadi bantalan paling populer yang digunakan pada sepatu running Nike. Bantalan pada seri Air Max memiliki kapasitas udara paling banyak di antara bantalan sepatu Nike lainnya.

Hasilnya, seri ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap guncangan kaki sehingga melindungi otot dan sendi saat berlari. Karena melindungi kaki dengan lebih baik, sepatu running seri Air Max direkomendasikan untuk pemula yang belum terbiasa berlari.

Seri Zoom Air, lebih tipis untuk pijakan lebih stabil dan pergerakan lebih cepat

Nike Zoom Air bisa dikatakan sebagai hasil dari evolusi teknologi Nike Air. Teknologi ini biasanya dipasang pada midsole sepatu dan berfungsi meredam getaran saat kaki menapak tanah. Nike Zoom Air memiliki serat yang menopang Air Unit sehingga dapat merenggang saat ditekan.

Saat kaki menginjak Air Unit, serat tersebut akan menahan tekanan, lalu kembali ke bentuk semula. Bantalan sepatu pun akan menghasilkan energy return dan respons yang kuat dari tanah. Serat itulah yang membuat Zoom Air menjadi lebih responsif daripada Nike Air.


Nike Zoom Air memiliki Air Unit yang lebih tipis sehingga kaki bisa lebih dekat dengan tanah. Hal itu membuat pijakan kaki lebih stabil. Terlebih jika Anda melakukan manuver gerakan cepat atau gerakan ke segala arah. Jika Anda melakukan olahraga yang memerlukan kecepatan, pertimbangkanlah Nike Zoom Air.

Seri Free, sensasi tanpa alas kaki untuk melatih otot kaki

Sepatu running Nike seri Free direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan sensasi berlari tanpa alas kaki. Bagian sol sepatu ini ringan dan fleksibel dengan bagian depan yang melebar sehingga jari-jari lebih leluasa bergerak. Jadi, Anda bisa merasakan sensasi menapak di permukaan tanah dengan kaki Anda. Desain sepatu seperti ini merupakan desain sepatu yang paling cocok untuk melatih otot-otot kaki.

Seri Lunar, bantalan sol empuk untuk melakukan beragam jenis olahraga

Seri Lunar menggunakan sol dengan bantalan berteknologi khusus yang disebut Lunarlon. Ini merupakan jenis bantalan yang lembut, ringan, dan responsif. Dengan bantalan lembutnya, sol ini dapat melindungi kaki dari guncangan. 


Seri ini cocok digunakan oleh pelari sprint, menengah, dan jarak jauh yang ingin mencoba meraih personal best-nya. Sepatu Lunar juga nyaman digunakan untuk melakukan olahraga lain seperti fitness atau squat.

Seri React, busa lebih kenyal dan stabil untuk long run

Seri React merupakan bantalan dengan karakteristik lembut di kaki. Bantalan ini juga sangat stabil dan mempunyai daya cengkeram yang kuat. Saat Anda mengubah arah gerakan kaki, bantalan ini mencegah sepatu tergelincir.


Jika Anda meremas busa Nike React, Anda akan merasakan sensasi kenyal dari busa tersebut. Saat dilepaskan, busa akan kembali ke bentuk aslinya dengan cepat. Dari situlah energi dari React muncul kembali ke kaki Anda. Bantalan React ini mengurangi risiko cedera sehingga melakukan long run pun jadi lebih aman.

Cek juga kemampuan bahan bagian upper sepatu

Selain bantalan, pertimbangkan juga bahan dan struktur upper (bagian atas) sepatu. Sepatu lari dengan spesifikasi tinggi bisa Anda dapatkan dengan mengombinasikan sol dan teknologi upper yang tepat.

Flyknit, membuat kaki lebih responsif ketika berlari

Upper Flyknit didesain agar menggunakan sepatu terasa seperti memakai kaus kaki. Hal ini karena Flyknit menggunakan kain khusus. Susunan benang pada Flyknit ini diletakkan di sekitar struktur penopang kaki.


Flyknit memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga memungkinkan sepatu dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki Anda. Flyknit juga lebih ramah lingkungan karena menghasilkan limbah 60% lebih sedikit dari sepatu running pada umumnya. 

Flymesh, bobot lebih ringan dan lebih breathable

Flymesh merupakan jenis material upper sepatu yang terbuat dari mesh. Perbedaannya dengan mesh biasa, Flymesh memiliki bobot yang lebih ringan, lebih breathable, dan lebih fleksibel. Selain itu, penggunaan Flymesh juga diklaim lebih tahan lama. Meski sama-sama berbobot ringan, sepatu dengan upper Flymesh memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan Flyknit.

Flywire, mampu mencengkeram kaki lebih kuat saat berlari

Bagai kabel pada jembatan gantung yang menjaga bagian utama jembatan kukuh dan stabil, begitulah kinerja Flywire. Flywire merupakan teknologi berupa rangkaian tali tambahan yang bertugas mengunci kaki tetap pada tempatnya. Keuntungannya, Flywire mampu menjaga kaki pada posisi yang ideal di dalam sepatu. Dengan begitu, kaki tetap nyaman dan tidak mudah tergelincir saat berlari.

Shield, membantu mencegah air merembes ke dalam sepatu

Apakah hujan tidak mengurungkan niat Anda untuk terus berlari? Kalau begitu, pilihlah sepatu running Nike yang memiliki teknologi Shield di bagian upper. Teknologi ini akan mencegah air menembus ke dalam sepatu. 


Tenang saja, sirkulasi udara tetap lancar, kok! Dengan demikian, kaki Anda tidak akan terasa lembap. Sepatu Nike yang memiliki finishing antiair ini biasanya diberi tambahan nama Shield pada nama produknya. Sayangnya, produk ini belum dijual di toko online dan hanya bisa dibeli di situs resmi Nike.

Pilih alas kaki sepatu yang sesuai dengan telapak kaki Anda

Ukuran ramping merupakan ciri khas sepatu running Nike yang sebenarnya diproduksi untuk Eropa dan Amerika. Jadi, orang Indonesia dengan kaki yang lebar perlu memperhatikan hal ini. Jika kaki Anda tergolong lebar, pilihlah sepatu berbahan Flyknit agar tidak terasa sempit dikenakan.

Di samping itu, sepatu running dengan label wide (lebar) atau extra wide (ekstralebar) bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki kaki lebar. Bagi Anda yang belum pernah memakai sepatu berlabel ini, silakan mencobanya terlebih dahulu di toko. Anda pun bisa mendapatkan jenis sepatu dengan feel yang pas untuk telapak kaki.

NIKEiD custom shoes: Pesan desain sepatu khusus untuk kaki Anda sendiri

Sistem kustomisasi Nike yang disebut NIKE By You memungkinkan Anda untuk memesan sepatu orisinal sendiri. Sepatu yang bisa dikustomisasi memang hanya ada beberapa model. Akan tetapi, Anda dapat mengatur warna dan pola sesuai keinginan. Jika Anda ingin sepatu running yang personal, cobalah NIKE By You ini! Kustomisasi sepatu running Nike ini hanya bisa Anda dapatkan di situs resmi Nike.

10 Rekomendasi sepatu running terbaik merek Nike

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu running terbaik merek Nike yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Nike  Air Zoom Alphafly NEXT% 1

Nike

2
Nike  Free RN 5.0 1

Nike

3
Nike  Air Max 270 1

Nike

4
Nike  Zoom Rival Fly 2 1

Nike

5
Nike  Epic React Flyknit 2 1

Nike

6
Nike  Free RN Flyknit 3.0 1

Nike

7
Nike  Air VaporMax Flyknit 2 1

Nike

8
Nike  Air Zoom Pegasus 36 1

Nike

9
Nike  Quest 4 1

Nike

10
Nike Lunar Converge Running Shoes 1

Nike

Nama produk

Air Zoom Alphafly NEXT%

Free RN 5.0

Air Max 270

Zoom Rival Fly 2

Epic React Flyknit 2

Free RN Flyknit 3.0

Air VaporMax Flyknit 2

Air Zoom Pegasus 36

Quest 4

Lunar Converge Running Shoes

Keunggulan

Buat kaki lebih nyaman saat melakukan lari maraton

Bobot ringan yang ideal bagi pelari jarak menengah pemula

Desain elegan dan nyaman digunakan sepanjang hari

Kurangi risiko keseleo dengan pijakan kaki yang stabil

Kukuh! Tahan lama dan tahan banting

Makin praktis berkat sepatu jenis slip-on tanpa tali

Rasakan sensasi berlari seperti mengapung di udara!

Ikut event lari di berbagai kota tidak lagi jadi masalah

Bantalan kaki tetap empuk meskipun digunakan lari setiap hari

Sepatu sporty untuk lakukan beragam jenis olahraga

Harga mulai dariRp 4.089.000,00Rp 1.429.000,00Rp 2.279.000,00Rp 1.279.000,00Rp 2.279.000,00Rp 1.979.000,00Rp 2.779.000,00Rp 1.799.000,00Rp 1.099.000,00Rp 1.699.000,00
Tipe bantalanZoom Air FreeAir MaxZoom AirReact FreeAir MaxZoom Air Tidak disebutkanLunar
GenderPriaWanitaPriaWanitaPriaPriaPriaPriaWanitaPria
Teknologi upper Flyknit Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanFlyknit Flyknit Flyknit, Flywire Flymesh, FlywireFlywireTidak disebutkan
Tautan produk
10

NikeLunar Converge Running Shoes

Mulai dari Rp 1.699.000,00

Tipe bantalanLunar
GenderPria
Teknologi upper Tidak disebutkan
9
Tipe bantalanTidak disebutkan
GenderWanita
Teknologi upper Flywire
8
Tipe bantalanZoom Air
GenderPria
Teknologi upper Flymesh, Flywire
7
Tipe bantalanAir Max
GenderPria
Teknologi upper Flyknit, Flywire
6
Tipe bantalanFree
GenderPria
Teknologi upper Flyknit
5
Tipe bantalanReact
GenderPria
Teknologi upper Flyknit
4
Tipe bantalanZoom Air
GenderWanita
Teknologi upper Tidak disebutkan
3
Tipe bantalanAir Max
GenderPria
Teknologi upper Tidak disebutkan
2
Tipe bantalanFree
GenderWanita
Teknologi upper Tidak disebutkan
1

Nike Air Zoom Alphafly NEXT%

Mulai dari Rp 4.089.000,00

Tipe bantalanZoom Air
GenderPria
Teknologi upper Flyknit

Tips menjaga sepatu agar tidak berbau

Tips menjaga sepatu agar tidak berbau
Anda tentu tidak nyaman saat sepatu yang Anda kenakan berbau tidak sedap. Karena itu, rawatlah sepatu agar tetap nyaman dipakai. Ada beberapa cara untuk mencegah sepatu agar tidak berbau.

  • Jemurlah sepatu saat tidak digunakan. Menjemur sepatu dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab bau tidak sedap.
  • Sebelum memakai sepatu, cucilah dahulu kaki Anda dengan sabun antibakteri. Anda juga bisa menggunakan deodoran stik untuk membasmi bakteri pada kaki.
  • Anda bisa membubuhkan bedak bayi pada kaki untuk menjaga kaki tidak berkeringat dan tetap kering. Bedak bayi juga bisa dibubuhkan ke dalam sepatu.
  • Gunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan katun agar menyerap keringat.
  • Cucilah sepatu, khususnya pada sol bagian dalam. Sebelum kembali digunakan, pastikan sepatu benar-benar kering seluruhnya. Namun, jangan keringkan sepatu menggunakan alat pengering.

Jika terawat dengan baik, sepatu tidak hanya nyaman digunakan, tetapi juga lebih tahan lama. Dengan demikian, bujet belanja Anda dapat dipangkas dan dialihkan untuk keperluan lainnya.

Baca juga rekomendasi sepatu merek Nike lainnya di sini

Pada artikel-artikel di bawah ini, kami sudah merangkum jenis sepatu Nike lainnya untuk Anda. Beberapa di antaranya, seperti sepatu bola, sepatu futsal, dan sneakers. Nah, bagi Anda yang gemar mengoleksi sepatu merek Nike wajib mempertimbangkannya. Yuk, kenali lebih jauh mengenai produk-produk tersebut di tautan berikut!

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih dan rekomendasi produk-produk sepatu running Nike. Sepatu manakah yang akan Anda pilih? Nike telah memproduksi beragam sepatu running dengan inovasi berkelanjutan hingga saat ini. 

Pastikan Anda membeli sepatu Nike yang original agar Anda bisa merasakan manfaat yang dibutuhkan. Anda akan mendapatkan keamanan, kenyamanan, serta prestise tersendiri saat membeli sepatu Nike original. Semoga ulasan kami membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gerakan menggunakan sepatu lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sepatu dari brand lokal, seperti sneakers merek Ventela, Compass, atau PATROBAS. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. Pada beberapa kesempatan, launching produk sepatu lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tips memilih sepatu lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Yuk, ikuti terus!
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian sehari-hari karena kenyamanannya di kaki. Dahulu, sneakers mungkin identik dengan harga yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak brand yang menghadirkan sneakers dengan harga terjangkau dan berkualitas.Agar tidak salah pilih, simak artikel ini untuk mengetahui tips memilih sneakers terbaik dengan harga yang terjangkau. Temukan juga berbagai rekomendasi merek sneakers yang bagus untuk pria, seperti NAH Project, Reebok, dan Bata. Ikuti terus pembahasannya dan tentukan sneakers favorit Anda di sini!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sepatu Boots Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Boots Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Soal pemilihan alas kaki, sepatu boots biasanya ada di deretan paling atas dalam daftar pilihan sepatu pria. Selain karena praktis dan nyaman, sepatu boots pria cenderung versatile dan trendi. Banyak sepatu boots pria keren yang bisa dipakai kerja atau nongkrong. Anda tinggal menyesuaikannya dengan OOTD Anda.Kali ini, kami akan berbagi tips memilih sepatu boots pria terbaik. Beragam rekomendasi merek sepatu boots pria yang bagus, seperti Brodo, Timberland, dan Kickers ada di sini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir, ya!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Nike Air Jordan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nike Air Jordan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nike merupakan salah satu merek sepatu yang bagus dan berkualitas. Inovasi terus dilakukan oleh Nike, mulai dari segi teknologi, tampilan, hingga model yang ditawarkan. Sneaker Air Jordan merupakan salah satu bentuk inovasi Nike dalam memproduksi sepatu basket. Namun, kini produksi sepatu Air Jordan tidak hanya terbatas pada sepatu basket saja, lho! Semua sepatu Air Jordan memiliki keunggulan tersendiri. Untuk itu, kami akan menghadirkan informasi berupa beragam cara memilih sepatu Nike Air Jordan. Terdapat pula rekomendasi produk Air Jordan terbaik bagi Anda. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini. 
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sneakers Putih Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sneakers Putih Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria masa kini adalah sneakers putih. Modelnya yang selalu inovatif membuat pesona dari sneakers putih tak pernah surut. Apalagi, sneakers putih juga mudah dipadukan dengan berbagai busana dan membuat gaya jadi modis sekaligus kekinian. Agar tak bingung dengan banyaknya pilihan yang ada, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Mulai dari merek ternama, seperti Converse, Vans, Nike, dan adidas hingga merek sepatu lokal seperti Ventela dan Compass tersedia. Daripada penasaran, langsung dibaca, yuk!
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu alas kaki yang disukai pria adalah sandal kulit. Selain terasa nyaman dan mudah digunakan, sandal kulit juga dapat membuat penampilan terlihat maksimal pada saat santai. Ada banyak sandal kulit branded untuk pria dengan model terbaru di pasaran, tetapi sandal kulit seperti apa yang terbaik untuk Anda?Untuk mengetahui jawabannya, Anda dapat menyimak pembahasan berikut ini sebelum membeli sandal kulit untuk pria. Kami ingin membantu Anda menemukan sandal kulit yang bagus. Karena itu, kami menyiapkan rekomendasi sandal kulit untuk pria dari merk Carvil, Bata, Pakalolo, hingga Cardinal. Silakan disimak!
    Sepatu pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori