10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda wajib membasmi kutunya. Tidak hanya bagi hewan, kutu adalah parasit yang merepotkan bagi manusia. Apabila didiamkan, kutu dapat berkembang biak semakin banyak. Selain dengan obat kutu yang diproduksi oleh rumah sakit hewan, ada juga obat yang dijual secara massal di pasaran. Manakah yang terbaik?

Sebelum membeli, Anda harus mencari tahu dahulu produk apa yang sesuai dengan hewan peliharaan. Kali ini kami akan merekomendasikan produk pembasmi kutu dari merek ternama, seperti Hartz, Frontline, dan Revolution yang dapat dibeli di online shop. Kami akan menjelaskan pula cara memilih dan membahas kegunaan tiap produk. Mari basmi kutu di tubuh hewan kesayangan Anda secara menyeluruh!

Daftar isi

Cara memilih produk pembasmi kutu anjing dan kucing

Ada banyak produk pembasmi kutu yang beredar di pasaran. Namun, setiap produk mungkin memiliki efek samping apabila tidak cocok dengan kondisi hewan peliharaan Anda. Mari pelajari terlebih dahulu produknya sehingga Anda dapat menemukan produk yang sesuai. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda ketahui.

Pilih produk yang sesuai dengan jenis dan bobot peliharaan Anda

Pilih produk yang sesuai dengan jenis dan bobot peliharaan Anda

Produk pembasmi kutu yang tersedia di pasaran dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari jenis dan bobot anjing atau kucing Anda. Hal ini dikarenakan kita perlu menentukan dosis pemakaian produk tergantung dari fisik atau bobot peliharaan kita. Oleh karena itu, jika Anda memakai produk khusus anjing besar untuk anjing kecil seperti Chihuahua, akan muncul efek samping tertentu terhadap anjing tersebut. Selain itu, ada kemungkinan juga efek yang timbul tersebut akan membahayakan kesehatan hewan peliharaan.

Untuk anjing, jenisnya terbagi menjadi anjing kecil, anjing sedang, dan anjing besar. Mohon diperhatikan sebelum Anda membeli produk pembasmi kutu yang sesuai. Mari gunakan produk yang sesuai dengan bobot dan jenis peliharaan Anda.

Untuk hewan peliharaan yang memiliki kulit sensitif, gunakanlah obat telan

Untuk hewan peliharaan yang memiliki kulit sensitif, gunakanlah obat telan

Ada beberapa tipe untuk pestisida pembasmi kutu, yaitu obat yang ditetes di tengkuk, jenis spray, tablet, dan sebagainya. Namun, jenis yang paling sering dipakai adalah obat tetes. Obat tetes dirasa lebih efisien dan dapat digunakan bagi peliharaan yang sulit minum obat. Akan tetapi, berhati-hatilah agar hewan Anda tidak menjilati bagian kulit yang dibubuhi obat. Meski termasuk produk yang paling sering dipakai, tipe obat tetes tidak dapat digunakan bagi peliharaan yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan obat tablet atau singkirkan kutu secara manual dengan menggunakan sisir kutu.

Selain produk di atas, ada pula jenis tablet untuk kutu anjing seperti NexGard atau pembasmi parasit filaria, tetapi harus dengan resep dari rumah sakit hewan. Ada pula obat pembasmi kutu yang dijual lewat toko online dan dikirim dari luar negeri. Namun, obat ini belum tentu aman, jadi lebih baik gunakan obat yang diproduksi oleh rumah sakit yang sudah terjamin.

Jika mencari obat kutu yang terjamin kualitasnya, pilih produk rekomendasi rumah sakit

Jika mencari obat kutu yang terjamin kualitasnya, pilih produk rekomendasi rumah sakit

Jika Anda melihat ulasan obat pembasmi kutu yang dijual di pasaran, banyak produk yang sebenarnya tidak memiliki manfaat sama sekali. Meski harganya terjangkau, tetapi produk tersebut tidak terlalu efektif. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang dipakai pada produk tersebut sudah melemah, tidak seperti produk yang diproduksi oleh rumah sakit hewan.

Akan tetapi, karena kutu tumbuh sangat cepat, kita harus segera menemukan produk yang sesuai. Bukan hanya bagi peliharaan, bagi manusia pun kutu adalah parasit berbahaya karena dapat mengisap darah. Oleh karena itu, mari gunakan produk yang sudah direkomendasikan oleh dokter hewan atau rumah sakit hewan yang dijamin efektif 100% dalam membasmi kutu.

10 Rekomendasi produk pembasmi kutu anjing dan kucing terbaik

Di bawah ini, kami merekomendasikan sepuluh produk pembasmi kutu terbaik. Untuk kucing yang termasuk hewan peliharaan yang sering keluar rumah, sebaiknya Anda selalu menyediakan obat pembasmi kutu di rumah. Untungnya, obat pembasmi kutu untuk kucing mudah dicari. Tidak perlu mencari produk buatan rumah sakit hewan, obat yang dijual di pasaran pun sudah dinilai efektif.

10. Sisir Kutu Anjing dan Kucing

10. Sisir Kutu Anjing dan Kucing

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 14.000

Mudah membasmi kutu untuk segala jenis anjing dan kucing

Peliharaan kesayangan Anda masih bayi atau belum mencapai bobot yang sesuai untuk mengonsumsi obat? Sisir kutu inilah solusinya. Dengan kerapatan pada gigi sisir, kutu hingga telurnya dapat tercabut dengan sempurna. Tak hanya bebas kutu, bulu yang disisir pun akan terlihat lebih rapi.

Bagi Anda yang memiliki kucing, Anda tahu bahwa kucing sering kali memandikan diri dengan cara menjilat. Hal ini menyebabkan bulunya rontok. Mungkin hal ini biasa saja bagi kebanyakan orang. Namun, jika terus dibiarkan, ada kemungkinan kucing Anda akan tersedak bulunya sendiri. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda rajin menyisir bulu kucing Anda. Kutu hilang, kucing pun aman.

9. Hartz UltraGuard Rid Flea & Tick Shampoo for Cats

9. Hartz UltraGuard Rid Flea & Tick Shampoo for Cats 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 135.000

Kucing kesayangan jadi wangi dan bebas kutu!

Jika Anda berkunjung ke pet shop dan sejenisnya, produk pembasmi kutu yang banyak tersedia adalah yang berjenis sampo. Tertarik dengan sampo pembasmi kutu untuk kucing? Hartz UltraGuard Rid Flea & Tick adalah salah satu produk tepercaya yang dapat membasmi kutu untuk anak kucing Anda yang berumur 12 minggu atau lebih.

Keunggulan lain dari sampo ini adalah dilengkapi dengan aroma wewangian yang memanjakan hidung Anda. Produk ini memiliki aroma padang rumput yang segar. Selain membuat kutu tumbang dan berjatuhan, kucing Anda pun wangi. Anda dapat mengulangi pemakaian sampo ini untuk kucing Anda seminggu sekali apabila dibutuhkan. Selain untuk kucing, Hartz juga menyediakan varian sampo kutu untuk anjing.

8. Detick Obat Kutu Tetes

8. Detick Obat Kutu Tetes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 20.000

Harga ekonomis, mutu berkualitas

Yang satu ini paling mudah ditemukan di toko online dan terlaris karena harganya yang ekonomis. Detick memiliki manfaat baik untuk pengobatan maupun pencegahan kutu pada anjing dan kucing Anda. Obat tetes pembasmi kutu ini juga dapat mengontrol dan mencegah kemerahan pada kulit hewan peliharaan Anda yang digigit kutu.

Produk ini memiliki harga yang terjangkau dan juga mudah ditemukan di toko persediaan hewan peliharaan. Cukup dengan meneteskan Detick ke bagian kulit, anjing atau kucing kesayangan Anda pun akan terbebas dari kutu. Selain itu, pastikan juga bobot anjing atau kucing Anda adalah 1-10 kg agar dapat menggunakan produk ini.

7. Virbac Effipro Spot-On Solution for Cats

7. Virbac Effipro Spot-On Solution for Cats

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 65.000

Tak hanya kutu, scabies pun hilang!

Virbac Effipro dapat bekerja aktif membasmi caplak selama lebih dari 14 hari dan bekerja aktif membasmi pinjal selama 8 minggu. Apabila terdapat beberapa jenis kutu yang belum mati pada 48 jam pengobatan awal, Anda tidak perlu khawatir. Kutu hewan peliharaan kesayangan Anda akan segera mati dalam kurun waktu seminggu.

Produk ini dapat digunakan sebagai bagian dari proses pengobatan dan kontrol terhadap alergi kutu. Selain itu, dapat juga menyembuhkan ear mites (tungau telinga) dan scabies pada hewan peliharaan. Selain untuk kucing, ada pula Virbac Effipro Spot-On Solution for Dogs untuk anjing peliharaan. Anda dapat menggunakan produk ini untuk kucing dan anak anjing yang berumur 8 minggu atau lebih.

6. Boehringer Ingelheim Frontline Spray

6. Boehringer Ingelheim Frontline Spray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 115.000

Aman bagi anak kucing dan anjing berumur 2 hari!

Pembasmi kutu dalam bentuk spray ini dapat melindungi kucing dan anjing Anda yang baru berumur 2 hari! Jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang berbeda, akan berbeda pula hasil yang diberikan. Apabila digunakan setiap 3 minggu sekali, Anda dapat membasmi paralysis tick. Pada pemakaian tiap 4-8 minggu sekali, Anda dapat membasmi kutu dewasa.

Selain itu, spray ini dapat pula mengurangi rasa gatal di badan hewan peliharaan jika digunakan sebulan sekali, asalkan seluruh peliharaan di rumah Anda juga menggunakan produk ini secara rutin. Silakan memilih Frontline Spray for Dogs untuk anjing atau Frontline Spray for Cats untuk kucing Anda di rumah!

5. Boehringer Ingelheim Frontline Plus for Dogs

5. Boehringer Ingelheim Frontline Plus for Dogs

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 330.000

Mampu membasmi hingga ke larva dan telurnya

Frontline Plus for Dogs mampu membunuh kutu di badan anjing dan efektif bekerja nonstop selama 30 hari. Per ampulnya terdiri dari bahan fipronil dan methoprene. Fipronil sangat efektif membunuh kutu dewasa, sedangkan methoprene ampuh membunuh larva dan telur kutu. Dua zat aktif ini bekerja sama membasmi kutu selama sebulan penuh, sekaligus menghancurkan siklus kehidupan kutu.

Perlu diperhatikan bahwa satu ampul digunakan untuk anjing peliharaan yang memiliki bobot 20-40 kg. Cukup teteskan di area tengkuk, lalu pastikan bulu disingkap terlebih dahulu sehingga dapat mengenai kulit. Tidak perlu khawatir obat ini akan luntur jika anjing kesayangan Anda dimandikan karena formulanya bersifat waterproof.

4. Revolution Selamectin for Cats

4. Revolution Selamectin for Cats

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 99.000

Meresap dengan cepat ke kulit dan mengatasi kutu hingga cacing

Revolution adalah produk obat kutu yang khusus digunakan kucing dengan bobot 2,5 kg ke atas. Tidak hanya membunuh kutu dewasa, obat ini juga dapat membasmi larva dan telur kutu. Selain kutu, produk ini dapat juga dipakai untuk mengobati ear mites, hookworm (cacing tambang), heartworm (cacing hati), dan roundworm (cacing gelang) pada kucing Anda.

Produk pembasmi kutu ini memiliki cara kerja yang meresap dengan cepat kulit hewan peliharaan, lalu masuk ke dalam aliran darah. Meski aman digunakan untuk kucing hamil dan menyusui, sebaiknya Anda tidak menggunakan obat ini untuk kucing yang sedang sakit atau sedang dalam masa pemulihan. Untuk hewan peliharaan anjing, Anda dapat memilih produk Revolution Selamectin for Dogs.

3. Revolution Selamectin for Puppies and Kitten

3. Revolution Selamectin for Puppies and Kitten

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 100.000

Bayi kucing dan anjing kesayangan Anda terlindungi. Cegah kutu datang kembali!

Berbeda dari produk sebelumnya, Revolution Selamectin for Puppies and Kitten dapat digunakan untuk anak anjing dan anak kucing dengan maksimal bobot 2,5 kg. Seperti yang Anda ketahui, anak anjing dan kucing sangat rentan terhadap penyakit. Tidak hanya kutu, produk ini juga dapat membasmi cacing dan ear mites atau tungau telinga.

Formulanya dapat bereaksi dengan cepat karena obat ini langsung menyerap ke pembuluh darah hewan peliharaan, lalu dengan segera membunuh bakteri, cacing hati, serta parasit yang mengganggu. Cukup dengan satu ampul untuk satu kali pemakaian, bayi kucing dan bayi anjing peliharaan Anda akan terobati, serta mampu mencegah kutu datang kembali.

2. Bayer Advocate

2. Bayer Advocate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 95.000

Kepercayaan dokter hewan, ketenangan bagi Anda

Bayer Advocate tidak hanya membasmi kutu, tetapi juga mencegah datangnya kutu. Selain kutu, parasit seperti tungau telinga, scabies, demode, cacing jantung, cacing gelang, cacing kait, cacing cambuk, dan angiostronglyus pun ikut dibasmi. Istimewanya lagi, Advocate Bayer tidak hanya membunuh kutu dan parasit di permukaan kulit, tetapi juga parasit yang berada di dalam tubuh peliharaan Anda.

Dengan kombinasi tiga bahan utama, yaitu selamectin, moxidectin, dan imidacloprid, produk ini dipercaya oleh dokter hewan untuk menangani masalah kutu di tubuh hewan peliharaan. Produk ini tahan air sehingga Anda tidak perlu menjauhkan peliharaan Anda dari air setelah diobati. Bayer Advocate memiliki ragam pilihan varian untuk anjing dan kucing berbobot kecil hingga besar sesuai dengan peliharaan kesayangan Anda.

1. Boehringer Ingelheim NexGard (Afoxolaner) Chewables

1. Boehringer Ingelheim NexGard (Afoxolaner) Chewables

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 140.000

Obat kunyah yang aman bagi anjing yang berkulit sensitif

Selain produk pembasmi kutu yang digunakan di permukaan kulit, ada pula produk pembasmi kutu yang dapat dikunyah. Produk ini aman digunakan untuk anjing dan anak anjing yang berumur 8 minggu, serta untuk peliharaan yang memiliki bobot minimal 2 kg. Masalah kutu hewan peliharaan dapat dibasmi hanya dalam sehari!

Anda juga tidak perlu menghindarkan anjing kesayangan Anda dari air setelah pemakaian produk ini. NexGard adalah produk yang dapat ditelan sehingga Anda bisa segera memandikan anjing kesayangan. NexGard menawarkan banyak varian obat minum pembasmi kutu untuk segala jenis anjing. Anda juga dapat menggunakannya bersama dengan obat lain jika anjing Anda sedang mengonsumsi obat.

Poin yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat pembasmi kutu

Poin yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat pembasmi kutu

Kali ini, kami merekomendasikan jenis-jenis produk pembasmi kutu untuk anjing dan kucing. Meski produk dengan hasil efektif hanya diproduksi oleh rumah sakit hewan, kini Anda juga dapat membelinya via online shop, seperti Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Akan tetapi, ada juga kemungkinan timbulnya efek samping sehingga Anda harus tetap berhati-hati. Efek samping yang paling sering terlihat adalah kulit peliharaan yang memerah, diare, liur yang berlebihan, dan hilangnya nafsu makan.

Tentunya, produk-produk pembasmi kutu tersebut sudah banyak yang direkomendasikan oleh rumah sakit hewan. Di bagian kemasan produk, biasanya sudah tertera penjelasan cara pakai atau keterangan seberapa aman obat tersebut dapat digunakan untuk peliharaan. Hal ini akan memudahkan Anda pada saat memilih produk. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Namun, perlu diingat bahwa obat pembasmi kutu biasanya memang akan menimbulkan efek samping, sama halnya seperti dampak obat terhadap manusia. Pastikan Anda menyimpan obat kutu tersebut dengan baik dan menggunakannya sesuai dengan cara pakainya. Jika timbul efek samping yang berkelanjutan, segera hubungi dokter hewan langganan Anda.

Kesimpulan

Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda harus membasmi kutu yang mengganggu. Apabila dibiarkan, kutu akan mengganggu hewan peliharaan karena dampak buruk dan rasa gatal yang disebabkannya. Terlebih lagi, ada pula kutu dari peliharaan dapat berpindah dan berkembang biak di rumah Anda. Oleh karena itu, cepatlah basmi kutu tersebut dan jangan lupa untuk memakai produk yang sesuai dengan peliharaan kesayangan Anda. Selamat memilih!