• 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. 


Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merek obat kutu kucing dan anjing, seperti Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
  • Pembaharuan terakhir: 27 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Veterinarian, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

Profil pakar: Veterinarian, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Sejak 2017 hingga saat ini, pemilik akun Instagram @titosuprayoga ini bekerja dan mendalami bidang praktisi hewan kesayangan. Pria yang pernah menjadi asisten dosen Patologi Anatomi ini juga menekuni bidang genetik molekuler hewan. 

Apa penyebab kutu pada anjing dan kucing?

Apa penyebab kutu pada anjing dan kucing?

Kutu pada anjing dan kucing tidak muncul begitu saja. Hewan lain di sekitar rumah, seperti tikus, bisa menyebarkan kutu pada anjing atau kucing peliharaan Anda. Selain itu, kandang yang jarang dibersihkan juga akan menjadi sarang kutu yang kemudian hinggap pada bulu hewan peliharaan.


Jika sudah begitu, Anda perlu segera mengatasinya dengan produk pembasmi kutu. Tanpa obat atau sampo, kutu anjing atau kucing dapat hidup hingga berbulan-bulan sambil terus berkembang biak. Tak hanya gatal, kutu yang bertambah banyak dapat menimbulkan infeksi dan mengakibatkan penyakit kulit yang serius.


Kutu yang menyerang anjing dan kucing memang tidak menular pada manusia. Namun, Anda tentu tidak ingin melihat hewan peliharaan Anda menderita akibat kutu, bukan?

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk pembasmi kutu anjing dan kucing

Ada banyak produk pembasmi kutu yang beredar di pasaran. Namun, penggunaan produk yang salah dapat menimbulkan efek samping kepada hewan peliharaan Anda. Karena itu, Anda perlu mengetahui cara memilih produk dengan benar agar hewan peliharaan Anda terlindungi. Berikut adalah poin-poinnya.

Pilih sesuai dengan jenis dan bobot hewan peliharaan

Pilih sesuai dengan jenis dan bobot hewan peliharaan

Pembasmi kutu di pasaran dibagi menjadi beberapa tipe tergantung dari jenis dan bobot hewan peliharaan. Kedua hal ini menentukan seberapa banyak obat yang aman untuk digunakan pada hewan. 


Karena itu, penggunaan obat kutu untuk anjing berukuran besar pada anjing kecil, seperti Chihuahua, mungkin dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang muncul dalam beberapa kasus dapat berakibat fatal. Jadi, pastikan Anda menggunakan pembasmi kutu yang sesuai dengan bobot dan jenis hewan yang Anda miliki.


Anda perlu memperhatikan poin ini dengan baik, khususnya jika Anda memelihara anjing. Sebagai informasi, obat kutu anjing dikategorikan menjadi empat, yaitu untuk anjing sangat kecil, anjing kecil, anjing sedang, dan anjing besar. Mohon perhatikan dengan saksama sebelum membeli agar Anda mendapatkan pembasmi kutu yang sesuai.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kutu atau parasit yang hidup di permukaan tubuh atau bagian tubuh yang mudah dijangkau pada hewan peliharaan disebut dengan ektoparasit. Jenis ektoparasit yang biasa ditemukan pada anjing dan kucing sangat beragam, seperti caplak, kutu, pinjal, dan tungau. Di antara jenis ektoparasit yang ada, spesies dan subspesiesnya berbeda pada tiap hewan. 


Anda perlu tahu jenis ektoparasit yang ada pada hewan peliharaan sebelum memutuskan memilih obat pembasmi ektoparasit. Hal ini karena kandungan masing-masing obat dan tujuan penggunannya berbeda. 


Setelah memilih obat pembasmi parasit, perhatikan juga perhitungan dosisnya. Untuk itu, Anda perlu menimbang berat badan hewan peliharaan agar tahu perhitungan dosis yang tepat. Jangan lupa, baca juga label kemasan dan kontraindikasinya sebelum mengaplikasikannya pada hewan peliharaan. 


Jika Anda tidak menemukan petunjuk dosis pada label kemasan, Anda sebaiknya mengkonsultasikannya dengan dokter hewan. Ada beberapa kandungan obat pembasmi ektoparasit yang dapat menyebabkan beberapa ras hewan keracunan. Agar lebih aman, Anda sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter hewan saat akan memberikan obat pembasmi kutu.

Gunakan obat telan untuk hewan peliharaan dengan kulit sensitif

Gunakan obat telan untuk hewan peliharaan dengan kulit sensitif

Pembasmi kutu ada beberapa tipe, yaitu obat yang ditetes di tengkuk, spray, tablet, dan sebagainya. Obat tetes adalah tipe yang paling sering dipakai karena dapat digunakan untuk peliharaan yang sulit diberi obat telan. Akan tetapi, berhati-hatilah agar hewan Anda tidak menjilati bagian kulit yang ditetesi obat. 


Selain itu, meski paling sering dipakai, tipe tetes tidak dapat digunakan pada hewan yang memiliki kulit sensitif. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan obat tablet atau singkirkan kutu secara manual dengan menggunakan sisir kutu.


Namun, Anda memerlukan resep dari rumah sakit hewan untuk dapat membelinya. Ada pula obat pembasmi kutu yang dijual lewat toko online dan dikirim dari luar negeri. Sayangnya, obat ini belum tentu aman bagi hewan peliharaan Anda. Jadi, lebih baik gunakan obat yang dijual di rumah sakit hewan dan sudah terjamin keamanannya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Ada tiga pilihan metode pemberian obat pembasmi ektoparasit yang dapat Anda pilih. Metode tersebut adalah spot-on (tetes), obat telan, dan suntik. Khusus untuk suntik, hal itu hanya boleh dilakukan oleh dokter hewan. Tiap metode ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Pemilihan metode pemberian obat juga dapat disesuaikan dengan kondisi hewan peliharaan. Misalnya, obat suntik memiliki efek kesembuhan yang lebih optimal. Hal ini disebabkan efek obat suntik lebih baik dibandingan obat spot-on


Namun, jika dilihat dari kenyamanan hewan, metode spot-on lebih dianjurkan. Hal ini karena obat spot-on membuat hewan tidak mudah stres karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan obat suntik. Untuk anjing atau kucing yang memiliki permasalahan kulit seperti alergi terhadap bahan asing, pemberian obat telan adalah metode paling tepat. 


Namun, Anda membutuhkan teknik yang tepat karena masing-masing anjing atau kucing memiliki temperamen yang berbeda-beda. Jangan sampai pemberian obat telan tersebut malah membahayakan si pemilik ataupun dokter hewan. Jika mengalami kesulitan, silakan konsultasikan langsung dengan dokter hewan Anda.

Perhatikan efek samping yang mungkin timbul

Perhatikan efek samping yang mungkin timbul

Seperti halnya obat untuk manusia, obat pembasmi kutu biasanya juga memiliki efek samping. Efek samping yang paling sering terjadi adalah kulit kemerahan, diare, liur yang berlebihan, dan hilangnya nafsu makan. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan produk pembasmi kutu untuk anjing dan kucing.


Di kemasan produk, biasanya sudah tertera penjelasan cara pakai, dosis, dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum digunakan. Hal ini akan memudahkan Anda pada saat memilih produk.


Jadi, pastikan Anda menyimpan obat kutu tersebut dengan baik dan menggunakannya sesuai cara pakai yang dianjurkan. Kemudian, jika timbul efek samping yang mengkhawatirkan, segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Selain efek samping, poin-poin yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat pembasmi kutu adalah:


  1. Ketahui tujuan pemberian obat, apakah untuk terapi atau untuk pencegahan
  2. Cari tahu jenis ektoparasit yang hidup atau menginfeksi hewan peliharaan. Hal ini dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter hewan
  3. Jika sudah tahu jenis ektoparasitnya, pilihlah obat yang tepat
  4. Periksa berat badan hewan peliharaan untuk menentukan dosis yang tepat
  5. Metode aplikasi atau pemberian obat harus sesuai dengan petunjuk pada label atau sesuai saran dokter hewan.

10 Rekomendasi produk pembasmi kutu anjing dan kucing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembasmi kutu anjing dan kucing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.  

10
TargetKucing usia 8 minggu ke atas atau bobot 1,25–2,5 kg
TipeTetes
9
TargetTidak ada keterangan spesifik
TipeSpray
8
TargetAnak anjing usia 6 minggu ke atas dan anak kucing usia 8 minggu ke atas, berbobot maksimal 2,5 kg
TipeTetes
7
TargetAnak anjing dan kucing usia 2 hari ke atas
TipeSpray
6
TargetKucing usia minimal 2 bulan atau bobot minimal 1 kg
TipeTetes
5

Boehringer IngelheimFRONTLINE Plus for Dogs

Mulai dari Rp 93.290,00

TargetAnjing usia 8 minggu ke atas, berbobot 10–20 kg
TipeTetes
4

Boehringer IngelheimNexGard Chewables Tablets for Dogs

Mulai dari Rp 126.000,00

TargetAnjing usia 8 minggu ke atas atau bobot 4–10 kg
TipeTablet
3
TargetTidak ada keterangan spesifik
TipeSpray
2

Olive CareShampoo Anti Fungal & Fleas

Mulai dari Rp 91.000,00

TargetAnak kucing hingga kucing dewasa
TipeSampo
1
TargetAnjing atau kucing usia 8 minggu ke atas・0,5 ml untuk anjing atau kuciing berbobot 0–5 kg dan 1 ml untuk bobot 5,1–10 kg
TipeTetes

Tabel perbandingan produk pembasmi kutu anjing dan kucing

Gambar produk
1
Detick Obat Kutu Tetes 1

2
Olive Care Shampoo Anti Fungal & Fleas 1

Olive Care

3
Bestindo Vetenary  Pidachio 1

Bestindo Vetenary

4
Boehringer Ingelheim NexGard Chewables Tablets for Dogs 1

Boehringer Ingelheim

5
Boehringer Ingelheim FRONTLINE Plus for Dogs 1

Boehringer Ingelheim

6
Virbac  Effipro Spot-On for Cats 1

Virbac

7
Boehringer Ingelheim FRONTLINE SPRAY 1

Boehringer Ingelheim

8
Zoetis Revolution for Puppies and Kitten 1

Zoetis

9
Otsuda Japan Caplax Spray 1

Otsuda Japan

10
Zoetis Revolution Plus for Cats 1

Zoetis

Nama produk

Detick Obat Kutu Tetes

Shampoo Anti Fungal & Fleas

Pidachio

NexGard Chewables Tablets for Dogs

FRONTLINE Plus for Dogs

Effipro Spot-On for Cats

FRONTLINE SPRAY

Revolution for Puppies and Kitten

Caplax Spray

Revolution Plus for Cats

Keunggulan

Antikutu berkualitas dengan harga ekonomis

Kutu hilang dalam 2 sampai 5 kali mandi!

Aman meski terjilat berkat bahan herbalnya

Serasa mengunyah dog food, masalah kutu pun tuntas

Basmi kutu sampai ke telurnya sekaligus!

Tak hanya kutu, scabies pun hilang!

Aman bagi anak kucing dan anak anjing usia 2 hari!

Perlindungan sejak dini dari kutu dan berbagai jenis cacing

Formula dari Jepang yang ampuh hilangkan kutu dan caplak

Efektif atasi parasit internal dan eksternal pada anak kucing

Harga mulai dariRp 19.500,00Rp 91.000,00Rp 19.500,00Rp 126.000,00Rp 93.290,00Rp 86.400,00Rp 130.810,00Rp 112.000,00Rp 20.300,00Rp 140.000,00
TargetAnjing atau kucing usia 8 minggu ke atas・0,5 ml untuk anjing atau kuciing berbobot 0–5 kg dan 1 ml untuk bobot 5,1–10 kgAnak kucing hingga kucing dewasaTidak ada keterangan spesifikAnjing usia 8 minggu ke atas atau bobot 4–10 kgAnjing usia 8 minggu ke atas, berbobot 10–20 kgKucing usia minimal 2 bulan atau bobot minimal 1 kgAnak anjing dan kucing usia 2 hari ke atasAnak anjing usia 6 minggu ke atas dan anak kucing usia 8 minggu ke atas, berbobot maksimal 2,5 kgTidak ada keterangan spesifikKucing usia 8 minggu ke atas atau bobot 1,25–2,5 kg
TipeTetesSampoSprayTabletTetesTetesSprayTetesSprayTetes
Tautan produk

Tips dari dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

Tips dari dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga, M.Sc.
Gunakanlah obat kutu sesudah grooming menggunakan sampo antikutu untuk hasil yang lebih maksimal. Lalu, gunakanlah obat kutu sebulan sekali untuk pencegahan. Namun, ingat, obat kutu yang dapat dibeli bebas hanya dapat diaplikasikan pada hewan sehat.

Nah, untuk hewan yang sudah diberi obat pembasmi kutu spot-on, Anda harus mempertimbangkan kesehariannya. Hal ini perlu dipertimbangkan untuk mengurangi risiko keracunan pada hewan lain di sekitarnya apabila obat tidak sengaja terjilat.

Baca juga rekomendasi perawatan anjing dan kucing lainnya di sini

Agar hewan peliharaan Anda selalu dalam kondisi yang prima, Anda perlu memilih produk perawatan yang tepat sesuai kebutuhannya. Selain produk pembasmi kutu, kami juga mempunyai beberapa rekomendasi produk perawatan anjing dan kucing. Terdapat beberapa produk, seperti sampo kucing, susu terbaik untuk anjing, dan lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kutu pada hewan peliharaan memang sangat mengganggu, bukan hanya bagi hewan, tetapi juga bagi manusia. Namun, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut bila Anda memiliki pembasmi kutu yang tepat.


Nah, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika hendak memilih produk. Jangan biarkan kutu berkembang biak dan akhirnya mengganggu hewan peliharaan. Selamat memilih dan sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk kandang ayam yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda berencana untuk memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, serta akuarium sederhana. Ukuran kandang juga beragam, lho! Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang harus dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang bisa didapatkan secara online. Anda bisa memilih merek, seperti Ferplast, Habitrail, dan lainnya. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster Anda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, ada yang memiliki ukuran besar agar kelinci dapat bersantai dan ada juga jenis tray agar mudah dibersihkan.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kandang kelinci yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan kandang kelinci yang praktis dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, kandangnya tidak hanya nyaman untuk kelinci, tetapi juga untuk pemiliknya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menyukai kelinci, Anda tentu akan merasa terhibur dengan berbagai ekspresi wajah dan tingkah lakunya saat bermain. Namun, banyak sekali jenis mainan kelinci yang dijual di pasaran sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Ada mainan kelinci tipe chewing, digging, chase ball, dan tunnel.Karena itu, kami akan membahas tips memilih mainan kelinci yang bagus dan cocok untuk kelinci Anda. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi mainan kelinci terbaik dari berbagai merek, seperti Alice dan Mybite. Selamat memilih dan nikmatilah waktu bersama dengan kelinci kesayangan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Pig guinea atau biasa disebut dengan marmut di Indonesia merupakan hewan herbivor yang memakan tumbuhan dan buah. Wajahnya yang lucu dan perawatannya yang tidak sulit membuat banyak orang suka memelihara marmut. Selain makanan, kandang juga merupakan perlengkapan penting untuk merawat marmut. Kami akan memberikan rekomendasi produk kandang marmut yang bagus sekaligus membagikan cara memilihnya untuk Anda. Hanya kandang marmut merek terbaik dan berkualitaslah yang akan Anda temukan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Bagi Anda yang tertarik dengan marmut, artikel ini kami hadirkan untuk Anda. 
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori