10 Rekomendasi Flashdisk Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Flashdisk Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda berencana membeli flash disk atau USB flash drive, ada baiknya untuk mempertimbangkan versi mini yang ukurannya hanya sekitar 2-3 cm. Dengan kecepatan dan fitur lain yang serupa dengan USB biasa, Anda tidak akan merasa terganggu meskipun jika USB mini dibiarkan menempel pada PC atau laptop.

Selain itu, saat ini kapasitas USB mini pun semakin beragam, termasuk yang bisa menyimpan data hingga 256 GB layaknya hard disk eksternal! Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih flash disk ukuran mini yang tepat, serta merekomendasikan produk terbaik untuk Anda jadikan pertimbangan. Mari temukan flash disk mini yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih flash disk ukuran mini

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih flash disk berukuran mini. Mari simak penjelasannya!

Pilih berdasarkan versi dan kecepatan transfernya

Pertama, mari kita bahas mengenai versi USB dan kecepatan transfernya masing-masing. Ada baiknya Anda memiliki referensi untuk melakukan perbandingan sebelum membeli flash disk mini.

Cek versi USB dan kecepatan transfernya

Cek versi USB dan kecepatan transfernya

Versi USB semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kecepatan transfernya. Dimulai dengan USB 1.0 yang dirilis tahun 1996, hingga USB 2.0, dan versi 3.0 yang saat ini paling banyak tersedia. Selain itu, USB 3.1 pun sudah muncul di pasaran.

Rata-rata kecepatan transfer maksimum dari USB 2.0 adalah 480 MB/s, sementara USB 3.0 mampu mentrasfer data dengan kecepatan maksimal 5 GB/s. Dibandingkan kedua versi sebelumnya ini, USB 3.1 memiliki kecepatan transfer yang sangat cepat, yaitu 10 GB/s! Namun, untuk memungkinkan koneksi yang lebih cepat lagi, terminal yang digunakan juga harus kompatibel. Bisa dikatakan bahwa USB yang memiliki fitur yang tinggi saja tidak akan bekerja maksimal jika terminal yang digunakan tidak sesuai. Jadi, pastikan untuk mengecek juga spesifikasi terminal yang tersedia, misalnya pada komputer Anda.

Cek kompatibiltas antara versi USB yang berbeda serta koneksi terminalnya

Cek kompatibiltas antara versi USB yang berbeda serta koneksi terminalnya

USB versi 1.1 hingga 3.1 sebenarnya kompatibel satu sama lain. Meskipun fungsi dan performa yang dihasilkan akan mengikut versi yang lebih rendah, flash disk yang digunakan tetap bisa beroperasi secara normal meski dicolokkan pada port dengan versi berbeda. Jika Anda coba melihat ke bagian dalam terminal pada komputer, USB 2.0 biasanya berwarna hitam atau putih, dan USB 3.0 berwarna biru.

Anda bisa saja menggunakan memori USB 2.0 pada terminal USB 3.0. Akan tetapi, kecepatan transfer yang dihasilkan adalah berdasarkan kecepatan memori USB 2.0. Sebaliknya, jika memori USB 3.0 dimasukkan ke terminal USB 2.0, bisa dikatakan bahwa hanya kecepatan standar USB 2.0 yang akan keluar.

Periksa juga kecepatan transfer sebenarnya

Periksa juga kecepatan transfer sebenarnya

Kecepatan transfer sebenarnya dari sebuah USB pada dasarnya berbeda dengan yang tertulis dalam keterangan produk. Angka yang tertulis pada kemasan atau situs web resmi suatu produk adalah nilai secara teoretis atau kecepatan maksimum yang dapat dihasilkan. Jadi, tidak sedikit flash disk yang kecepatan transfer sebenarnya tidak sama persis dengan yang tertulis pada keterangan produk.

Jika ingin mengetahui kecepatan transfer sebenarnya dari sebuah produk secara akurat, Anda bisa mencari dan membaca ulasan mengenai produk tersebut. Di antaranya terkadang ada yang mencantumkan secara detail mengenai data terkait uji tolok ukur produk-produk tertentu.

Pilih kapasitas 30% lebih banyak dari yang dibutuhkan

Pilih kapasitas 30% lebih banyak dari yang dibutuhkan

Kapasitas memori USB yang Anda butuhkan bisa berbeda bergantung pada format data yang akan disimpan. Praktisnya, jika Anda akan menggunakan flash disk untuk menyimpan data dalam format teks, USB dengan kapasitas 4 GB bisa dikatakan sudah cukup, termasuk untuk menyimpan foto atau video dalam jumlah tertentu. Sedangkan jika pemakaian utamanya adalah untuk menyimpan atau mengedit foto, pilihlah USB dengan kapasitas sekitar 8 hingga 16 GB. Beda lagi jika Anda akan menggunakan flash disk untuk menyimpan atau mengedit video, pilihlah produk dengan kapasitas sekitar 16 hingga 32 GB agar bisa lebih leluasa.

Akan tetapi, tidak disarankan untuk menggunakan kapasitas USB hingga benar-benar penuh. Hal ini bisa mengakibatkan performanya turun. Untuk berjaga-jaga, jika jumlah data yang akan disimpan adalah sekitar 15 GB, sebaiknya pilihlah USB dengan kapasitas 32 GB.

Perhatikan juga jenis konektornya

Perhatikan juga jenis konektornya

USB flash drive umumnya hanya bisa digunakan pada port yang sesuai, di komputer atau perangkat elektronik lainnya. Saat ini, USB tipe A masih tergolong banyak dipakai. Akan tetapi, akhir-akhir ini semakin banyak port yang tersedia dalam bentuk microUSB yang sudah digunakan secara luas untuk Android, dan port Lightning yang digunakan untuk sistem iOS.

Selain itu, tipe USB-C yang terbaru pun secara bertahap semakin menyebar. Jadi, alangkah baiknya jika Anda memilih flash disk yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Seandainya Anda memilih salah satu jenis konektor sekalipun, Anda tetap dapat menggunakannya dengan menyiapkan kabel konversi secara terpisah. Hal ini mungkin akan memakan waktu dan upaya, tetapi produk yang Anda beli tidak akan terbuang percuma.

Periksa portabilitas dan daya tahannya

Periksa portabilitas dan daya tahannya

Di antara beragam flash disk mini yang tersedia, ada yang dilengkapi lubang untuk strap di bodinya atau ada juga yang didesain tanpa lubang yang menonjol semacam itu agar bisa dibiarkan terus terpasang pada port perangkat Anda ketika digunakan. Pilihlah tipe yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda dalam memudahkan membawanya.

Selain itu, ada risiko flash disk akan terbentur atau basah terkena air ketika dibawa-bawa. Jadi, perhatikan juga apakah produk yang akan Anda pilih kuat terhadap guncangan atau tahan air, atau sudah dilengkapi tutup pelindung atau tidak.

Pastikan juga fitur security-nya

Pastikan juga fitur security-nya

Dikarenakan flash disk ukuran mini mudah untuk dibawa-bawa, besar kemungkinan benda tersebut mudah hilang atau jatuh. Dengan demikian, dibutuhkan fitur security agar data yang ada di dalamnya tidak hilang atau bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Fungsi keamanan ini dapat berupa adanya fitur kata sandi saat membuka USB, enkripsi data, antivirus, atau tersedianya metode autentikasi sidik jari.

Jika USB mini milik Anda tidak dilengkapi dengan fungsi seperti itu, perlu dipertimbangkan untuk melakukan instalasi perangkat lunak secara terpisah lewat komputer. Saat ini ada banyak perangkat lunak yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Jadi, sesuaikanlah langkah keamanan ini dengan jenis file, tingkat kerahasiaan data, dan sebagainya.

10 Rekomendasi flash disk terbaik ukuran mini

Setelah pembahasan mengenai cara memilih flash disk mini, sekarang mari kita simak produk-produk terbaik yang direkomendasikan. Temukanlah produk yang paling tepat dari segi harga dan performa sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. KM Chronos USB Flash Drive 2.0

10. KM Chronos USB Flash Drive 2.0

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Praktis dan warna-warni, cocok untuk Anda yang ceria!

Flash disk mini keluaran KM ini terbuat dari material logam solid yang tahan terhadap guncangan sehingga cukup awet digunakan. Meskipun kapasitas yang ditawarkan tidak terlalu besar, yaitu 4 dan 8 GB, produsen USB mini ini menjamin full capacity sesuai yang tertera pada kemasan. Sudah mencukupi untuk menyimpan data teks dalam bentuk Word, PDF, atau sejumlah gambar.

Produk ini memiliki desain yang simpel dengan berbagai pilihan warna yang menarik untuk Anda yang ceria. Selain itu, lubang tali yang berfungsi sebagai gantungan juga bisa memperkecil risiko hilang. Jika Anda lupa membiarkan flash disk menempel pada komputer sekalipun, benda ini masih bisa beroperasi sampai suhu 60°C.

9. DM PD010 OTG Flash Drive

9. DM PD010 OTG Flash Drive

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.900

USB double plug yang kompatibel dengan PC dan smartphone Anda!

DM PD010 ini masuk dalam kategori USB on-the-go (OTG) yang memiliki double plug sehingga memungkinkan Anda mentransfer data pada PC maupun smartphone yang dilengkapi fungsi OTG. Desainnya sendiri minimalis, kokoh dan kuat terlihat dari bahan aluminium yang melapisi produk ini. Selain itu, warna biru mengilap di bagian luarnya juga menambah kesan elegan.

Cara menggunakan produk ini juga sangat mudah. Anda bisa memutarnya hingga 360° sesuai dengan kebutuhan ketika akan dimasukkan ke dalam port perangkat elektronik yang diinginkan. Dengan bobot 10 gram dan panjang hanya 30 mm dalam posisi ditutup, flash disk mini ini sama sekali tidak memakan tempat atau menambah beban ketika dibawa-bawa.

8. Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

8. Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 230.000

Dilengkapi perangkat lunak ber-password untuk mengamankan data penting Anda

Flash disk dari Toshiba ini memiliki konektor ganda, yaitu mikro USB 2.0 dan USB 3.0 yang bisa digunakan pada PC serta ponsel pintar yang kompatibel dengan standar USB on-the-go. Jika Anda ingin menggunakannya pada smartphone, cukup putar tutup pelindung lalu tekan bagian tutupnya untuk mengeluarkan konektor mikro USB.

Produk ini didesain stylist dan compact dengan kaitan kecil yang bisa Anda gantungi key chain agar tidak mudah hilang atau mempercantik tampilannya. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan sisi security-nya karena flash disk ini dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat diberikan kata sandi agar data-data penting tetap aman terjaga.

7. Sandisk Cruzer Fit USB Flash Drive

7. Sandisk Cruzer Fit USB Flash Drive

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 69.900

Flash disk super kecil yang bisa dibiarkan menempel pada PC Anda

USB flash drive dari Sandisk yang satu ini dirancang dengan ukuran sangat kecil sehingga tidak akan mengganggu meskipun dibiarkan menempel pada port di PC maupun perangkat elektronik lainnya. Anda bahkan bisa menyambungkannya dengan audio system di mobil atau set TV yang menyediakan port USB untuk memutar film atau musik favorit di mana saja.

Selain itu, produk yang kompatibel dengan USB 2.0 ini juga dilengkapi sistem keamanan dengan perangkat lunak SecureAccess eksklusif dari SanDisk untuk melindungi data Anda. Anda juga tidak perlu khawatir soal kemampuannya menyimpan data karena produk ini tersedia dalam pilihan kapasitas mulai dari 16 hingga 64 GB. Benar-benar seperti hard disk eksternal yang super kecil!

6. Toshiba USB Flash Drive TransMemory U202

6. Toshiba USB Flash Drive TransMemory U202

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 36.000

Konsumsi daya lebih rendah dengan kecepatan transfer data yang stabil

Toshiba TransMemory memiliki terminal yang kompatibel dengan Hi-Speed USB 2.0 dan memanfaatkan teknologi orisinil dari Toshiba yang memungkinkan Anda mentransfer data dari dan ke flash disk dengan cepat dan stabil. Selain itu, produk ini juga mampu mengontrol konsumsi daya yang dipakai ketika flash disk dipasangkan pada perangkat elektronik Anda.

Bagi Anda yang mementingkan keamanan data, flash drive mini ini dilengkapi software yang memungkinkan Anda memberikan kata sandi secara keseluruhan atau pada data tertentu yang diinginkan. Produk yang memiliki desain sederhana dengan kesan sleek ini juga tersedia dalam dua varian warna, yaitu putih dan biru dengan kapasitas mulai dari 16 hingga 128 GB!

5. Kingston DataTraveler 100 G3

5. Kingston DataTraveler 100 G3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 105.000

Desain unik dengan tutup yang bisa digeser

Kingston DataTraveler 100 G3 ini memiliki spesifikasi USB 3.0, tetapi juga kompatibel pada port USB 2.0 atau bahkan 3.1. Dengan tersedianya pilihan kapasitas hingga 256 GB, DT100G3 memungkinkan Anda menyimpan dan membawa data-data yang Anda butuhkan dalam berbagai format, baik itu teks, foto, video, MP3, dan sebagainya.

Warna hitamnya memberikan kesan stylish tersendiri dengan desain unik di mana tutupnya cukup ditekan atau ditarik ketika akan digunakan atau disimpan. Anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan tutup USB! Flash disk ini juga bisa digunakan pada hampir semua operating system, termasuk Linux. Cocok untuk pemakaian sehari-hari di tempat kerja, sekolah, atau bahkan di rumah.

4. Orico U2-16GB Aluminium Mini OTG U-disk

4. Orico U2-16GB Aluminium Mini OTG U-disk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 173.000

Bahan rangka dari aluminium dengan desain dan warna yang elegan

USB dari Orico ini memiliki dual interface, yaitu microUSB dan USB tipe A sehingga bisa digunakan pada PC, tablet, smartphone, bahkan perangkat audio system yang kompatibel. Flash disk ini juga dilengkapi sistem transmisi canggih untuk transfer data yang lebih cepat dan stabil, sangat cocok untuk Anda yang sibuk dan mementingkan ritme kerja.

Keberadaan COB (chip on board) packaging technology di dalamnya meningkatkan ketahanan produk terhadap guncangan, debu, air, bahkan sinar-X dan magnetisme, yang menjamin masa pemakaian lebih panjang. Ukurannya sekitar 3 cm sehingga mudah dibawa-bawa dengan rangka berwarna silver yang terbuat dari bahan aluminium untuk kesan elegan.

3. Apacer AH175 USB 2.0 Dual Flash Drive

3. Apacer AH175 USB 2.0 Dual Flash Drive

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Enteng dan praktis untuk berbagi data dari smartphone maupun PC

Apacer AH175 dirancang untuk memungkinkan Anda berbagi file antar perangkat elektronik dengan lebih mudah dan cepat, dibanding jika menggunakan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth. Hal ini didukung dengan keberadaan dual plug yang kompatibel dengan USB 2.0 dan microUSB sehingga Anda bisa memasangkannya pada smartphone, PC, atau lainnya.

Desainnya sendiri dibuat unik dengan bentuk menyerupai topi yang memberikan aksen tersendiri. Dengan berat hanya 8 gram dan adanya lubang pengait pada tutupnya agar tidak mudah hilang, produk yang menggunakan bahan metalik ini sangat cocok untuk memenuhi berbagai kebutuhan transfer data bagi Anda yang sibuk dan sering mobile.

2. PNY Mini M1 Attache

2. PNY Mini M1 Attache

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 117.000

Tampilan mengilap dengan ukuran compact yang lebih praktis

Bodi flash disk yang satu ini terbuat dari campuran logam berkualitas yang menjadikannya tahan lama dan kuat terhadap debu dan bahkan tahan air. Produk ini didesain compact dengan tampilan mengilap yang elegan dengan lubang pengait di ujungnya agar mudah dibawa-bawa tanpa perlu mengkhawatirkan bagian tutup flash disk.

Dengan pilihan kapasitas yang tersedia hingga 32 GB, flash disk ini sangat memadai untuk menyimpan atau mentransfer gambar, video, maupun data dalam ukuran sbesar. Meskipun ukurannya sangat mini, produk ini memiliki kecepatan membaca data hingga 32 MB/s dan write speed hingga 10 MB/s, menjadikannya cukup unggul dan banyak diminati.

1. PQI I-Mini II U838V

1. PQI I-Mini II U838V

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 114.000

Desain klasik dengan teknologi eksklusif

USB flash drive dari PQI ini memanfaatkan teknologi COB 3.0 yang telah dipatenkan untuk menciptakan produk yang bisa dikatakan adalah flash disk terkecil yang beredar di pasaran saat ini! Produk ini dirancang agar kompatibel dengan USB 3.0 yang berkecepatan tinggi untuk memfasilitasi kebutuhan transfer data Anda dengan maksimal.

Struktur hexagonal pada flash disk ini memudahkan untuk memasang dan mencabutnya dari port perangkat elektronik Anda, dan juga sangat cocok dengan gadget yang tipis, seperti Macbook Air. Desainnya sendiri terbilang elegan dengan pilihan warna glamor, seperti emas dan perak dengan permukaan matte sandblasted yang menambah nilai dari sisi keindahan.

Cara pemakaian flash disk yang benar

Jika Anda telah membeli USB flash drive, sebaiknya pahamilah cara pemakaian yang benar agar produk tersebut terhindar dari kerusakan atau masalah lainnya. Marilah simak-simak poin-poin utama yang perlu diperhatikan terkait pemakaian flash disk sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Instal ulang driver-nya jika flash disk tidak terdeteksi

Instal ulang driver-nya jika flash disk tidak terdeteksi

Flash disk mini semestinya bisa terdeteksi cukup dengan mencolokkannya ke komputer atau smartphone Anda. Akan tetapi, bisa terjadi kasus di mana USB tidak bisa dikenali. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena instalasi driver yang salah. Jika USB tetap tidak terdeteksi setelah beberapa kali dicabut dan dicolokkan ulang, coba uninstall driver dari panel kontrol perangkat Anda.

Jika setelahnya Anda mencoba kembali memasang USB pada perangkat seperti komputer, driver-nya akan terinstal ulang. Tunggu beberapa saat sampai USB bisa terdeteksi. Jika komputer masih belum mengenali USB yang dimasukkan, kemungkinan ada masalah dengan USB itu sendiri atau terminal pada komputer. Lakukan pengecekan dengan mencoba USB atau komputer Anda dengan perangkat lain.

Jika lupa kata sandi, apakah harus diformat ulang?

Jika lupa kata sandi, apakah harus diformat ulang?

Jika USB mini milik Anda memakai kata sandi untuk fungsi keamanan dan Anda lupa kata sandinya, satu-satunya cara agar flash disk tersebut bisa digunakan kembali adalah dengan memformatnya dan Anda akan kehilangan data di dalamnya.

Sebelumnya sudah dibahas bahwa fungsi security ditujukan agar data di dalamnya terhindar dari risiko bocor ke pihak lain. Namun, Anda tidak boleh terlalu bergantung dengan keberadaan fitur semacam ini. Alangkah baiknya jika Anda menyimpan catatan kata sandi yang digunakan untuk berjaga-jaga jika Anda lupa.

Siapkan cadangan karena flash disk juga memiliki batas masa pemakaian

Siapkan cadangan karena flash disk juga memiliki batas masa pemakaian

Masa pemakaian untuk menyimpan data pada USB flash drive maupun jumlah pengisian data ke dalam flash disk juga memiliki batasan. Jika periode pemakaiannya lebih rendah, masa pemakaiannya pun akan semakin panjang. Akan tetapi, adanya risiko terkena virus atau munculnya masalah teknis bisa mengakibatkan flash disk Anda rusak dan tidak bisa digunakan sama sekali. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan USB untuk menyimpan data untuk jangka waktu panjang.

USB flash drive bisa dikatakan adalah perangkat yang fungsi utamanya adalah untuk melakukan transfer data. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga keamanan data adalah dengan melakukan menyimpan data penting pada hard disk eksternal atau dengan menyimpan backup data pada sistem cloud.

Amankah membiarkan flash disk beroperasi pada suhu sekitar 50 ℃?

Amankah membiarkan flash disk beroperasi pada suhu sekitar 50 ℃?

Apakah Anda pernah merasa khawatir ketika USB menjadi panas ketika sedang digunakan? Bahan utama USB flash drive adalah semikonduktor yang dapat beroperasi normal pada suhu hingga 70 °C. Meskipun terasa panas, pada dasarnya flash disk bisa tetap beroperasi secara normal selama masih bisa dipegang dengan tangan.

Namun, ada kemungkinan bahwa USB yang menghasilkan panas bisa berdampak pada komputer yang sedang digunakan. Jika Anda merasa khawatir, segera pindahkan data yang diperlukan dan jangan biarkan flash disk beroperasi dalam waktu lama.

Baca juga rekomendasi external storage mini lainnya di sini!

Kali ini kami telah memperkenalkan USB flash drive atau flash disk mini untuk memudahkan transfer maupun penyimpanan data. Selain itu, ada banyak perangkat external storage lainnya yang berukuran mini untuk berbagai keperluan yang kami bahas secara lebih detail pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan cara memilih flash disk mini dan pembahasan produk rekomendasi yang bisa menjadi alternatif, apakah Anda menemukan produk yang menarik dan sesuai dengan yang dibutuhkan? Pilihlah flash disk mini yang tepat dengan mempertimbangkan dari harga, kapasitas, sistem keamanan, maupun desainnya.

Dengan ukurannya yang kecil, flash disk mini akan membantu memudahkan Anda dalam menyimpan atau memindahkan data tanpa perlu merasa terganggu dengan keberadaanya saat dicolokkan pada perangkat yang digunakan!