• 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Untuk kebutuhan pemindahan data pada komputer, diperlukan memori eksternal yang praktis. Flashdisk atau USB flash drive merupakan perangkat external storage yang tergolong praktis untuk penyimpanan dan pemindahan data. Di pasaran terdapat berbagai macam jenis flashdisk dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang berbeda.

Kami akan memberi Anda tips memilih flashdisk yang bagus. Berbagai produk flashdisk terbaik dari merek seperti Toshiba, Kingston, Transcend, hingga Western Digital ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan flashdisk terbaik sesuai kebutuhan Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih flashdisk

Sebelum membeli flashdisk yang bagus, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Versi USB, kompabilitas versi dan terminal, bentuk terminal, kecepatan transfer, dan fitur keamanan adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca pemaparan kami berikut ini.

Pilih berdasarkan versi USB-nya

Pilih berdasarkan versi USB-nya

Versi USB makin berkembang seiring dengan meningkatnya kecepatan transfernya. Dimulai dengan USB 1.0 yang dirilis tahun 1996, USB 2.0, dan versi 3.0 yang banyak beredar di pasaran, bentuk USB makin beragam.


USB4 yang merupakan versi USB terbaru pun sudah muncul di pasaran. Berikut ini adalah beberapa versi USB beserta kecepatan maksimum transfer datanya.


  • USB 1.0 kecepatan transfer hingga 12 Mb/s
  • USB 1.1 kecepatan transfer hingga 12 Mb/s
  • USB 2.0 kecepatan transfer hingga 480 Mb/s
  • USB 3.0 kecepatan transfer hingga 5 Gb/s
  • USB 3.1 kecepatan transfer hingga 10 Gb/s
  • USB 3.2 kecepatan transfer hingga 20 Gb/s
  • USB4 kecepatan transfer hingga 40 Gb/s

Untuk memungkinkan kecepatan transfer maksimum, terminal yang digunakan juga harus kompatibel. Intinya, USB yang memiliki fitur tinggi tidak akan bekerja maksimal jika terminal yang digunakan tidak sesuai. Jadi, pastikan untuk mengecek juga spesifikasi terminal yang tersedia.

Periksa juga bentuk terminalnya

Periksa juga bentuk terminalnya

Pada dasarnya, USB hanya dapat digunakan bila bentuknya cocok dengan bentuk terminal pada perangkat yang akan dihubungkan. Beberapa bentuk terminal USB yang beredar di pasaran adalah:


  • USB Tipe A, memiliki bentuk persegi dengan dimensi yang lebar. USB tipe ini kompatibel dengan porta USB 1.0, USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.1.

  • USB Tipe B, memiliki sambungan ke porta berbentuk persegi. USB 1.0, USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.1 kompatibel dengan konektor USB ini.

  • USB Tipe C, berbentuk oval dan simetris. USB tipe kompatibel dengan port USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1, USB 3.2, dan USB4.

  • Micro USB,  berukuran sangat kecil dan memiliki bentuk lebar dan pipih. USB ini biasanya untuk Android. USB tipe ini kompatibel dengan versi USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.1.

  • Lightning, biasanya digunakan khusus untuk sistem iOS atau macOS. USB tipe ini hanya kompatibel dengan perangkat dari Apple.

Jika versi USB Anda berbeda dengan bentuk terminal perangkat, Anda tetap dapat menggunakannya dengan memanfaatkan kabel konversi. Namun, bisa saja kecepatan transfernya akan lebih lambat ketimbang saat mencolokkan versi dan bentuk terminal yang sama.

Perhatikan kompabilitas antara versi USB dan terminalnya

Perhatikan kompabilitas antara versi USB dan terminalnya

Versi USB dan porta USB pada gadget memiliki bentuk yang berbeda-beda. Namun, flashdisk tetap bisa beroperasi normal meski dicolokkan pada porta dengan versi berbeda. Hanya saja, fungsi dan performa yang dihasilkan akan mengikuti versi yang lebih rendah.


Misalnya, Anda tetap bisa menggunakan memori USB 2.0 pada terminal USB 3.0. Namun, kecepatan transfer yang dihasilkan adalah berdasarkan kecepatan memori USB 2.0. Begitu pun sebaliknya, jika memori USB 3.0 dimasukkan ke terminal USB 2.0, kecepatan transfernya adalah kecepatan USB 2.0.


Jika Anda melihat bagian dalam terminalnya, USB 2.0 biasanya berwarna hitam atau putih, sedangkan USB 3.0 berwarna biru. Sedikit informasi, USB versi 1.1 hingga 3.1 sebenarnya kompatibel satu sama lain.

Cari tahu kecepatan transfer yang sebenarnya

Cari tahu kecepatan transfer yang sebenarnya

Kecepatan transfer flashdisk sebenarnya berbeda dengan yang tertulis dalam keterangan produk. Angka yang dicantumkan pada keterangan produk biasanya hanya nilai teoretis atau kecepatan maksimum yang dapat dihasilkan. Rata-rata kecepatan membaca dan kecepatan menyimpan sebuah flashdisk adalah 10 Mb/s. 


Jika ingin mengetahui kecepatan transfer sebenarnya dari sebuah produk, Anda bisa membaca ulasan produk tersebut. Ulasan-ulasan tersebut terkadang mencantumkan data secara detail terkait tolok ukur produk tertentu.

Pastikan kapasitas flashdisk lebih besar dari jumlah data yang akan Anda simpan

Pastikan kapasitas flashdisk lebih besar dari jumlah data yang akan Anda simpan
Kapasitas memori flashdisk yang Anda butuhkan bisa berbeda bergantung pada format data yang akan disimpan. Untuk menyimpan file ukuran kecil seperti dokumen, flashdisk 4 GB sudah cukup. Sementara itu, jika ingin menyimpan file besar seperti film dan musik, sebaiknya memilih flashdisk 16 GB atau lebih.

Kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakan kapasitas flashdisk hingga benar-benar penuh. Hal ini bisa mengakibatkan performa flashdisk menurun atau data tidak tersimpan secara penuh.


Kapasitas flashdisk yang tersedia juga biasanya akan lebih rendah daripada kapasitas yang tertera pada produk. Sebagai contoh, flashdisk ukuran 4 GB tidak memiliki memori yang benar-benar 4 GB, tetapi bisa hanya 3,78 GB.


Hal ini bisa terjadi karena perbedaan perhitungan antara produsen dan komputer. Untuk berjaga-jaga, jika data yang akan disimpan sekitar 20 GB, pilihlah flashdisk 32 GB.

Ketahui juga fitur keamanannya

Ketahui juga fitur keamanannya
Jika flashdisk Anda hilang atau rusak, tentu ada kekhawatiran data-data yang tersimpan di dalamnya bocor atau disalahgunakan orang. Jangan sampai hal ini terjadi, ya.

Untuk mencegah kebocoran data, sebaiknya Anda memilih flashdisk yang dilengkapi fitur keamanan. Fitur keamanan pada flashdisk dapat berupa fitur kata sandi, enkripsi data, antivirus, atau metode autentikasi sidik jari. 


Jika flashdisk Anda tidak dilengkapi dengan fungsi keamanan, pertimbangkanlah untuk menginstal perangkat lunak secara terpisah di komputer. Sesuaikanlah langkah keamanan ini dengan jenis file, tingkat kerahasiaan data, dan sebagainya.

10 Rekomendasi flashdisk terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk flashdisk terbaik. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
Western Digital  Sandisk Flash Drive USB Cruzer Fit 1

Western Digital

2
Acome  Full Metal High Speed Flashdisk Memory 1

Acome

3
JOYSEUS  OTG Rotating Flash Disk USB 2.0  1

JOYSEUS

4
Robot RF Flashdisk USB High Transmission 1

Robot

5
Lexar Flashdisk USB 2.0 JumpDrive V40 1

Lexar

6
KIOXIA TransMemory U202 1

KIOXIA

7
HP V206W USB 2.0 1

HP

8
Kingston DataTraveler 100 G3 USB Flash Drive 1

Kingston

9
V-Gen USB Titans 3.0 1

V-Gen

10
Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive 1

Toshiba

Nama produk

Sandisk Flash Drive USB Cruzer Fit

Full Metal High Speed Flashdisk Memory

OTG Rotating Flash Disk USB 2.0

RF Flashdisk USB High Transmission

Flashdisk USB 2.0 JumpDrive V40

TransMemory U202

V206W USB 2.0

DataTraveler 100 G3 USB Flash Drive

USB Titans 3.0

Mini 360 Duo Flash Drive

Keunggulan

Flashdisk super kecil yang bisa dibiarkan menempel pada PC Anda

Tahan guncangan, debu, dan percikan dengan bahan metal yang kukuh dan stylish

Data Anda aman tersimpan hingga sepuluh tahun!

Fitur Plug and Play-nya membuat flashdisk bisa langsung digunakan untuk tape mobil

Ringan, murah, dan dapat diandalkan dalam mentransfer, menyimpan, dan berbagi file

Desainnya compact dengan tutup pelindung sebagai proteksi tambahan

Desainnya elegan dan dibalut bahan metal yang tahan gores

Flashdisk dengan sliding cap, tidak perlu khawatir tutup hilang

Flashdisk tahan banting yang kuat dan tahan lama

Dilengkapi password protection software untuk mengamankan data penting Anda

Harga mulai dariRp 62.800,00Rp 120.000,00Rp 100.000,00Rp 98.000,00Rp 44.000,00Rp 60.000,00Rp 149.000,00Rp 78.000,00Rp 55.950,00Rp 110.500,00
Versi USBUSB 2.0USB 2.0USB 2.0USB 2.0USB 2.0USB 2.0USB 2.0USB 3.0, USB 3.1 Gen 1USB 3.0USB 2.0, USB 3.0
Bentuk terminalUSB Tipe ATidak disebutkanMicro USB, USB Tipe ATidak disebutkanTidak disebutkanUSB Tipe AUSB Tipe ATidak disebutkanUSB Tipe AMicro USB, USB Tipe A
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB16 GB, 32 GB16 GB, 32 GB, 64 GB4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB16 GB, 32 GB, 64 GB16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB16 GB, 32 GB, 64 GB32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB
Fitur keamananSanDisk SecureAccessTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPassword protection software
Tautan produk
10
Versi USBUSB 2.0, USB 3.0
Bentuk terminalMicro USB, USB Tipe A
Kapasitas8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB
Fitur keamananPassword protection software
9
Versi USBUSB 3.0
Bentuk terminalUSB Tipe A
Kapasitas8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
8

KingstonDataTraveler 100 G3 USB Flash Drive

Mulai dari Rp 78.000,00

Versi USBUSB 3.0, USB 3.1 Gen 1
Bentuk terminalTidak disebutkan
Kapasitas32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
7
Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalUSB Tipe A
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
6
Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalUSB Tipe A
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
5

LexarFlashdisk USB 2.0 JumpDrive V40

Mulai dari Rp 44.000,00

Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalTidak disebutkan
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
4

RobotRF Flashdisk USB High Transmission

Mulai dari Rp 98.000,00

Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalTidak disebutkan
Kapasitas4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
3

JOYSEUS OTG Rotating Flash Disk USB 2.0

Mulai dari Rp 100.000,00

Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalMicro USB, USB Tipe A
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
2

Acome Full Metal High Speed Flashdisk Memory

Mulai dari Rp 120.000,00

Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalTidak disebutkan
Kapasitas16 GB, 32 GB
Fitur keamananTidak disebutkan
1

Western Digital Sandisk Flash Drive USB Cruzer Fit

Mulai dari Rp 62.800,00

Versi USBUSB 2.0
Bentuk terminalUSB Tipe A
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB
Fitur keamananSanDisk SecureAccess

Cara pemakaian flashdisk yang benar

Sebaiknya pahamilah cara pemakaian flashdisk yang benar agar produk tersebut terhindar dari kerusakan atau masalah lainnya. Mari simak poin-poin utama yang perlu diperhatikan terkait pemakaian flashdisk sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Instal ulang driver-nya jika flashdisk tidak terdeteksi

Instal ulang driver-nya jika flashdisk tidak terdeteksi
Flashdisk semestinya bisa terdeteksi secara cepat dan mudah dengan mencolokkannya ke komputer atau smartphone Anda. Namun, bisa saja terjadi kasus flashdisk tidak terdeteksi.

Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena instalasi driver yang salah. Jika flashdisk tetap tidak terdeteksi setelah beberapa kali dicolokkan, coba uninstall driver dari panel kontrol perangkat Anda.


Jika Anda mencoba kembali memasang flashdisk tersebut, driver-nya akan terinstal ulang. Tunggu beberapa saat sampai flashdisk bisa terdeteksi.


Jika komputer masih belum mengenali flashdisk yang dimasukkan, kemungkinan ada masalah dengan flashdisk itu sendiri atau terminal pada komputer. Lakukan pengecekan dengan mencoba flashdisk atau komputer Anda dengan perangkat lain.

Jika lupa kata sandi, apakah harus diformat ulang?

Jika lupa kata sandi, apakah harus diformat ulang?
Masalah yang biasa terjadi saat Anda menggunakan fungsi keamanan pada flashdisk adalah ketika Anda lupa kata sandinya. Jika Anda lupa kata sandi, Anda harus memformat flashdisk dan data yang Anda miliki juga akan ikut terhapus.

Sebelumnya sudah dibahas bahwa fungsi keamanan ditujukan agar data di dalam flashdisk tidak bocor ke pihak lain. Nah, alangkah baiknya jika Anda menyimpan catatan kata sandi yang digunakan untuk berjaga-jaga jika Anda lupa.

Siapkan cadangan karena flashdisk juga memiliki batas masa pemakaian

Siapkan cadangan karena flashdisk juga memiliki batas masa pemakaian

Flashdisk sebenarnya tidak diperuntukkan untuk menyimpan file dalam waktu lama karena perangkat ini memiliki masa pakai yang terbatas. Masa pakai flashdisk berkisar dari 10.000 sampai 100.000 proses baca dan tulis atau sekitar sepuluh tahun.


Namun, umur flashdisk juga bisa lebih pendek apabila pemakaiannya berat dan kurang berhati-hati, seperti sering terjatuh atau terpapar virus. Karena itu, hindari menyimpan data terlalu lama pada flashdisk dan segera backup data-data penting Anda di HDD atau cloud.

Apakah wajar jika flashdisk terasa panas saat digunakan?

Apakah wajar jika flashdisk terasa panas saat digunakan?

Apakah Anda pernah merasa khawatir ketika flashdisk menjadi panas ketika sedang digunakan? Pada dasarnya, flashdisk dapat beroperasi normal hingga suhu 70 °C. Jadi, Anda tidak perlu khawatir selama flashdisk masih dapat dipegang dengan tangan.

Baca juga rekomendasi external storage lainnya di sini

Selain flashdisk, ada banyak perangkat external storage lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data. Untuk itu, silakan baca rekomendasi external storage lain berikut ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah menemukan flashdisk yang bagus. Flashdisk adalah salah satu external storage yang berguna untuk menyimpan dan memindahkan data. Dalam memilih flashdisk yang bagus, Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi dan fitur-fitur unggulannya.


Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara penggunaan flashdisk yang benar. Hal ini penting dilakukan agar data-data yang Anda simpan tidak hilang. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan flashdisk yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai media perekam data, solid state drive (SSD) dianggap mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan HDD. SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Saat ini, ada banyak jenis SSD di pasaran dengan kapasitas dan karakter yang beragam. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih produk SSD yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi SSD terbaik, baik SSD internal maupun eksternal, seperti merek Sandisk, Adata, hingga Samsung. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • 10 Hard Disk Internal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hard Disk Internal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk internal atau internal HDD berguna sebagai alat penyimpanan data. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan banyak file penting dan data dari perangkat lunak di device Anda. Ada berbagai jenis hard disk internal yang bisa Anda temukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan membingungkan.Kami akan merekomendasikan produk hard disk internal yang bagus dari berbagai merek. Ada dari Western Digital, Toshiba, Seagate, dan juga HGST. Kami juga akan mengulas poin penting untuk memilih hard disk internal. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Media penyimpanan data
  • 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    SSD external sering menjadi pilihan media penyimpanan yang praktis. Selain memiliki transfer data yang cepat, SSD juga mudah dibawa ke mana-mana. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan SSD yang ekonomis dengan kapasitas, ukuran, hingga kecepatan transfer yang beragam.Kami akan memperkenalkan cara memilih SSD external yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek SSD eksternal terbaik keluaran Samsung, Sandisk, Kingston, dan lainnya. Semua produk ini bisa digunakan baik di Windows ataupun Mac. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • 10 USB Flash Drive OTG Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 USB Flash Drive OTG Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    USB flash drive atau flashdisk OTG (on-the-go) memiliki kapasitas penyimpanan besar dan berukuran kecil sehingga mudah dibawa. Flashdisk OTG cocok digunakan untuk memindahkan file lagu, video, atau file lainnya dari komputer ke gadget. Anda bisa menemukan beragam merek flashdisk OTG yang bagus, seperti SanDisk, Kingston, atau Samsung.Banyaknya jenis flashdisk OTG dengan berbagai keistimewaannya malah mungkin membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi flashdisk OTG terbaik. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Media penyimpanan data
  • 10 Hard Disk Eksternal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hard Disk Eksternal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk eksternal atau HDD eksternal merupakan perangkat yang dapat membantu Anda menyimpan berbagai data penting. Produk ini berguna untuk Anda yang memiliki banyak data dan device yang sering digunakan. Hard disk eksternal memiliki kapasitas, kompabilitas, dan fitur yang berbeda-beda sehingga mungkin membingungkan Anda dalam memilih.Nah, kami akan berbagi tips memilih hard disk eksternal yang bagus. Produk external HDD terbaik dari merek Toshiba, Transcend, Western Digital, dan Seagate ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Disimak sampai habis, ya.
    Media penyimpanan data
  • 9 HDD Portable Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    9 HDD Portable Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk drive (HDD) portabel adalah perangkat yang praktis dipakai untuk menyimpan data secara mobile. Meskipun solid state drive (SSD) makin bayak digunakan karena unggul dalam kecepatan, HDD masih lebih ekonomis dari sisi harga. WD, ADATA, Seagate, dan Transcend termasuk di antara merek HDD portabel yang populer dengan keunggulannya masing-masing.Agar Anda tidak bingung menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan, kami akan membahas cara memilih HDD portabel. Kami juga telah menyiapkan sembilan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Media penyimpanan data
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori