mybest
Bass

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Bass Terbaik [Ditinjau oleh Bassist]
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik  [Ditinjau oleh Bassist] 1
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik  [Ditinjau oleh Bassist] 2
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik  [Ditinjau oleh Bassist] 3
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik  [Ditinjau oleh Bassist] 4
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik  [Ditinjau oleh Bassist] 5

10 Rekomendasi Bass Terbaik [Ditinjau oleh Bassist]

Instrumen gitar bass merupakan alat musik yang menghasilkan nada rendah pada band atau grup musik. Di pasaran, ada berbagai merek bass dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada gitar bass yang cocok untuk genre pop, rock, atau jazz saja, ada pula yang cocok untuk ketiganya.

Kami akan membantu Anda memilih bass yang bagus untuk Anda. Merk bass terbaik seperti Fender, Ibanez, dan Yamaha ada dalam rekomendasi kami. Selain itu, kami berkolaborasi dengan bassist Dennis Novriandi dalam penulisan artikel ini. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berburu bass yang sesuai untuk Anda?
Diperbaharui 04/09/2023
Dennis Novriandi
Pakar
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bass

Dengan banyaknya merek dan karakteristik, menemukan bass yang sesuai akan membingungkan bagi siapa pun, terutama bagi pemula. Kami akan mengulas satu per satu hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli bass yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1

Ketahui karakteristik produk dari setiap pabrikan

Setiap pabrikan bass memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini dapat menjadi pertimbangan ketika memilih berdasarkan nama besar produsen. Berikut ini adalah beberapa pabrikan bass yang sudah terkenal, baik di dalam maupun di luar negeri.

Ibanez, bahan ringan yang dapat digunakan untuk latihan lama

Ibanez, bahan ringan yang dapat digunakan untuk latihan lama
Sumber: ibanez.com

Salah satu kelebihan dari bass keluaran Ibanez adalah bahan kayu yang ringan dan desain ergonomis. Anda dapat memainkan bass Ibanez dalam waktu lama tanpa merasa kelelahan. Ibanez juga memiliki berbagai tipe bass yang dapat Anda pilih. 


Baik elektrik maupun akustik, bass dari Ibanez memiliki kualitas yang sudah dikenal oleh banyak orang. Bass Ibanez juga dapat digunakan untuk bermain berbagai jenis musik, dari heavy metal hingga jazz.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Bass Ibanez banyak digunakan musisi-musisi rock atau metal sehingga sudah teruji ketahanan dan suaranya. Artis yang menggunakan merek ini adalah Felipe Andreoli, bassist dari band legendaris Angra. Tipe bass yang digunakan Andreoli adalah Ibanez SR 6 dan BTB 6. Artis tanah air yang menggunakan bass ini adalah Arslan Musyfia, bassist dari band Hellcrust yang menggunakan model SR1200.

Fender, beragam jenis musik dapat dimainkan

Fender, beragam jenis musik dapat dimainkan
Sumber: fender.com


Bass dari Fender memiliki berbagai tipe cara bermain, yaitu jazz bass dan precision bass. Jazz bass dari Fender memiliki suara yang bening dan kaya sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis musik. Sementara itu, precision bass memiliki power yang sangat sesuai untuk musik keras seperti rock atau heavy metal


Selain kedua jenis bass tersebut, ada juga jenis squier bass. Squier bass merupakan bass yang memiliki kualitas standar Fender, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Tipenya pun beragam, baik jazz bass, precision bass, dan ada juga yang memiliki double pick-up

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Jazz bass dan precision bass dari Fender sudah menjadi standar industri. Bass merek ini bisa digunakan untuk berbagai genre dari pop sampai metal. Musisi yang menggunakan jazz bass Fender di antaranya adalah Geddy Lee (Rush) dan Flea (Red Hot Chilli Peppers). 


Jazz bass juga digunakan oleh John Paul Jones (Led Zeppelin), Jaco Pastorius, dan masih banyak lagi. Sementara itu, musisi yang menggunakan precision bass adalah Pino Palladino, Steve Harris, Willie Weeks, Sting, Paul Simonon, dan George Porter Jr.

Schecter, memiliki desain alami dari urat kayu yang digunakan

Schecter merupakan salah satu pabrikan bass yang memiliki tampilan natural. Urat kayu pada bodi menjadi motif yang sangat ditonjolkan oleh Schecter. Selain itu, bahan-bahan kayu pun dipilih dari kayu terbaik dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Bukan hanya kayunya, bahkan proses pembuatannya sendiri dibuat di negara-negara rekanan tersebut. 

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Bass Schecter terkenal di kalangan musisi metal. Jika Anda bermain metal, merek ini patut masuk radar Anda. Musisi yang menggunakan merek ini adalah Johnny Christ (Avenged Sevenfold) dan Nikki Sixx (Sixx:A.M. dan Mötley Crüe). Nikki Stringfield (Iron Maidens), Robin Finck (Nine Inch Nails), dan Robert DeLeo (Stone Temple Pilots) juga menggunakan bass Schecter.

Yamaha, mudah ditemukan dan ramah di kantong

Untuk Anda yang sering berburu alat musik, pastinya sudah tidak asing dengan alat musik Yamaha. Alat musik dari Yamaha dapat ditemukan hampir di semua toko musik di Indonesia dan memiliki harga yang cukup terjangkau. 


Apabila Anda pemula, kami sangat merekomendasikan Yamaha sebagai bass pertama Anda. Bass dari Yamaha memiliki banyak tipe dan harga yang beragam. Akan tetapi, apa pun tingkat kemampuan Anda, Yamaha memiliki bass yang sesuai untuk Anda.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Yamaha sudah tidak diragukan lagi. Merek ini hampir ada di semua instrumen musik. Bass merek ini cocok untuk semua genre musik seperti pop, rock, metal, dan lain-lain. Musisi yang menggunakan bass ini adalah Billy Sheehan (Mr. Big), John Patitucci, Robby Takac (Goo Goo Dolls), dan Alex Skolnick (Testament).

2

Sesuaikan dengan teknik bermain Anda

Sesuaikan dengan teknik bermain Anda

Memainkan bass ada berbagai cara, mulai dari dipetik atau dengan cara slap. Untuk pemula, bermain dengan cara dipetik merupakan teknik dasar bermain bass. Namun, apabila Anda sudah mulai bermain dalam grup band, akan banyak teknik yang harus Anda pelajari.


Apabila Anda merupakan pemula yang baru belajar plucking atau memetik bass, kami sarankan jazz bass untuk Anda. Jazz bass biasanya memiliki jarak antar senar yang lebar sehingga memudahkan Anda untuk memindahkan jari dan memetik. Ada juga beberapa jenis bass lain yang memiliki jarak antar-fret atau nada yang lebar.


Sementara itu, bagi Anda yang sudah mulai mahir dan menyukai musik keras, precision bass dapat menjadi pilihan. Precision bass merupakan bass dengan power yang besar sehingga tetap akan terdengar di antara alat musik dengan distorsi tinggi.


Selain jenis bass dengan fret, ada juga bass tanpa fret. Bass tanpa fret sangat digemari oleh profesional, terutama pemain musik swing dan jazz. Bagi Anda yang ingin mencoba jenis bass ini, Anda dapat memilih produk dari Ibanez atau Gibson.


Anda sedang belajar bermain bass dan membutuhkan bass yang cocok untuk pemula? Artikel berikut ini akan sangat membantu Anda menemukan gitar bass terbaik untuk pemula. Silakan klik tautan berikut ini!

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Pada dasarnya semua jenis bass bisa digunakan untuk semua teknik bermain seperti fingerstyle, picking, dan slapping. Sesuaikan dengan tone atau sound untuk genre yang Anda suka.

3

Cermati bahan kayu yang digunakan

Material yang digunakan untuk membuat bass pada umumnya adalah kayu. Setiap kayu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan ini akan menentukan nada akhir yang dikeluarkan. Pada satu buah bass terkadang menggunakan jenis kayu yang berbeda. Kayu yang berbeda ini ada pada bagian bodi, leher, dan fretboard atau fingerboard.


Berbeda jenis kayu, berbeda pula nada yang dihasilkan. Oleh karena itu, terkadang setiap pabrikan memilih kayu yang berbeda setiap bagiannya. Bagi Anda yang menginginkan bass yang mudah ditekan, Anda dapat memilih kayu rosewood pada fretboard. Namun, apabila Anda menginginkan hasil suara yang bening Anda dapat memilih fretboard dengan kayu ebony.


Sementara untuk bagian bodi, Anda dapat mencari bass yang ringan dengan memilih kayu alder atau basswood. Namun, apabila Anda lebih fokus pada suara yang hangat, Anda dapat memilih mahogany, rosewood, atau koa. Kayu mahogany juga merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan untuk gitar akustik.


Sementara itu, untuk Anda yang menginginkan bass dengan suara yang nyaring, swamp ash, walnut, dan maple dapat menjadi pilihan. Selain nyaring, bass dengan kayu ini menghasilkan nada yang bening sehingga sesuai untuk Anda yang sering bermain solo.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Bahan kayu menjadi sangat penting untuk bass karena berpengaruh pada sound dan playability kita. Ada jenis kayu yang ringan dan berat. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan kita saat bermain bass dalam jangka waktu yang lama. Karakter setiap kayu juga berpengaruh untuk sound yang akan kita kejar.

4

Cek jumlah senar yang digunakan

Jumlah senar bass berbeda dengan senar gitar biasa. Apabila ada enam senar pada gitar, bass memiliki empat senar hingga tujuh senar. Tentu yang paling mudah untuk dimainkan adalah bass dengan empat senar. Namun, apabila Anda pemain solo, merupakan kepuasan tersendiri jika dapat memainkan bass dengan tujuh senar.


Jumlah senar sangat bergantung pada teknik bermain dan keahlian Anda. Untuk Anda yang pemula, bass dengan empat senar merupakan basic dari permainan bass. Namun, lambat laun Anda dapat menggunakan lima senar atau bahkan tujuh senar.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Jumlah senar standar untuk bass adalah empat, lima, dan enam senar. Jumlah senar berpengaruh pada genre musik yang dimainkan dan keleluasaan untuk explore nada. Jika Anda bermain dengan tune drop atau bermain dengan genre metal atau rock, saya sarankan untuk memilih bass dengan lima senar. 


Jika Anda bermain pop atau rock, bass dengan empat senar sudah cukup. Jika Anda ingin explore teknik fingerstyle atau Anda seorang bassist solois, Anda bisa memilih bass dengan enam senar.


Ada juga bass dengan senar lebih dari enam yaitu Ibanez BTB7 dengan tujuh senar. Ada juga bass dengan delapan senar seperti Schecter Stiletto Studio-8. Akan tetapi, bass ini sebetulnya adalah bass empat senar dengan doubled strings.

5

Periksa skala bass

Skala bass merupakan ukuran bass dari ujung bodi hingga ujung kepala. Ukuran standar bass adalah 34 inci untuk empat senar dan 35 inci untuk lima senar. Sementara itu, apabila ukuran bass lebih kecil daripada ukuran standar, dapat dikatakan bass memiliki skala pendek. 


Biasanya bass skala pendek hanya 30 inci atau kurang. Bass skala pendek sesuai untuk wanita dan Anda yang memiliki tubuh kecil. Ukurannya mirip dengan gitar biasa sehingga juga dapat Anda gunakan sebagai gitar peralihan.


Skala yang terakhir adalah skala ekstra panjang. Skala ini memiliki ukuran 36 inci atau 91 cm. Biasanya, bass dengan skala ini hanya panjang pada bagian leher saja. Sementara itu, bagian bodinya sama seperti bass pada umumnya. 

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Skala penuh mempunyai ukuran 34 inci dan skala pendek dengan ukuran 26,5 inci atau disebut juga dengan baritone guitar. Ada juga bass dengan ukuran 30,5 inci. Skala penuh adalah industry standard untuk bass saat ini. 


Sementara itu, skala pendek digunakan untuk experience atau untuk orang yang mengejar boomy atau low sound. Selain itu, bass skala pendek digunakan orang yang menginginkan kenyamanan saat bermain karena jarak antar fret-nya tidak terlalu renggang.

6

Cobalah produk terlebih dahulu

Cobalah produk terlebih dahulu

Ketika memilih alat musik, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu. Anda dapat memastikan panjang, berat, dan kenyamanan saat bermain apabila mencobanya. Namun, apabila Anda tidak ada waktu untuk mencoba atau ingin membeli secara online, Anda dapat membaca review pengguna. Anda juga dapat menonton video testimoni yang ada di media sosial atau YouTube. Apabila Anda masih ragu, bertanyalah kepada ahlinya.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Meskipun kita bisa membeli bass di marketplace online, sebaiknya Anda mencoba bass-nya terlebih dahulu di toko musik terdekat. Hal ini disebabkan oleh kenyamanan saat bermain bass menjadi point yang sangat penting. Selain mencoba langsung, disarankan juga untuk mencari tahu di forum-forum, group komunitas, official web, dan YouTube tentang product knowledge-nya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Bass Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Bass terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 04 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Skala bass
Scale length
Model lefty
Jumlah senar
Material body
Material neck
Material fretboard
Set
Isi set
Jumlah pickup
Pilihan motif
1

Yamaha

Gitar BassTRBX174

Yamaha Gitar Bass 1

Rp3.477.000

Menengah

Desain vintage style-nya membuat tampilan makin nyentrik

Jazz bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

4

Mahogany

Maple

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos

2

Stinger

SJB580

Stinger SJB580 1

Rp1.300.000

Agak Murah

Konstruksi bolt-on hasilkan kesan smooth ketika dimainkan

Precision bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Mahogany

Maple

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Putih, hitam, merah, sunburst

3

KOWE

Gitar Bass Elektrik Custom

KOWE Gitar Bass Elektrik Custom 1

Rp1.300.000

Agak Murah

Bisa custom nama band atau lainnya sesuka hati Anda di bagian headstock

Jazz bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Ashwood

Maple

Maple

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Sunbrash, hitam

4

Bacchus

WJB5-BP

Bacchus  WJB5-BP 1

Rp6.850.000

Lebih Mahal

Desainnya menarik dengan pola yang unik

Jazz bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

5

Mahogany

Maple/Rosewood 5P

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Pola abstrak

5

Stinger

Bass Elektrik SPB10

Stinger Bass Elektrik  1

Rp1.349.000

Agak Murah

Aktif di atas panggung tidak jadi masalah berkat desain yang presisi

Precision bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Alder

Tidak diketahui

Indian Laurel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Burst, putih, hitam, merah

6

Cort

Action Bass Plus

Cort Action Bass Plus 1

Rp2.552.000

Menengah

Opsi pickup PJ-nya cocok untuk genre rock, jazz, hingga pop

Jazz bass

Standar

864 mm

4

Poplar

Hard Maple

Jatoba

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos, pola kayu

7

Fender

Squier Affinity Series™ Precision Bass® PJ

Fender Squier Affinity Series™ Precision Bass® PJ 1

Rp4.750.000

Agak Mahal

Lebih nyaman digenggam dengan neck berdesain C-shaped

Precision bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

4

Poplar

Maple

Indian Laurel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos

8

Ibanez

Electric Bass MiKro GSRM20B

Ibanez  Electric Bass MiKro  1

Rp2.730.000

Menengah

Ukurannya kecil, praktis untuk dibawa bepergian

Precision bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Okoume body

Maple

Bound Purpleheart

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Walnut flat, weathered black

9

Yamaha

Gitar BassBB234

Yamaha Gitar Bass 1

Rp3.905.000

Agak Mahal

Gitar Yamaha andalan musisi legendaris Indonesia

Precision bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Alder

Maple

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Raspberry red, black, yellow natural satin, vintage white

10

Cort

AB-850F

Cort  AB-850F 1

Rp3.192.000

Menengah

Tidak perlu banyak persiapan dengan gitar bass akustik yang praktis dan simpel

Precision bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Spruce

Mahogany

Merbau

Tidak diketahui

Tidak diketahui

1

Natural glossy, black

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

YamahaGitar BassTRBX174

Gitar Bass 1
Harga referensi
Rp3.477.000
Menengah
Harga referensi
Rp3.477.000
Menengah

Desain vintage style-nya membuat tampilan makin nyentrik

Anda mencari gitar bass yang stylish untuk manggung? Jangan lewatkan produk ini! Gitar bass seri TRBX174 ini merupakan gitar Yamaha dengan model terbaru. Seri ini memiliki perubahan pada permukaan body yang dibuat mengilap sehingga tampilan manggung Anda makin keren. Tidak hanya itu, desain gitar ini makin menarik dengan banyaknya pilihan warna yang ditawarkan. Anda bisa memilih warna hitam, red metallic, blue metallic, dan old violin sunburst.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyMahogany
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

StingerSJB580

Harga referensi
Rp1.300.000
Agak Murah

Konstruksi bolt-on hasilkan kesan smooth ketika dimainkan

Jazz bass adalah jenis bass yang paling direkomendasikan jika Anda masih pemula. Produk dari pabrikan Stinger ini bisa Anda pertimbangkan sebagai jazz bass pilihan Anda. Bodi dan leher bass ini terbuat dari kayu maple yang memiliki tekstur halus dengan guratan yang cantik dan natural.


Dengan konstruksi bolt-on, bass ini akan menghasilkan kesan smooth ketika dimainkan. Double action pada truss rod-nya merupakan standar bass-bass modern saat ini. Karena itu, Anda akan mudah dan nyaman memainkannya.

JenisPrecision bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyMahogany
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPutih, hitam, merah, sunburst
View all
No.3

KOWEGitar Bass Elektrik Custom

Gitar Bass Elektrik Custom 1
Sumber: shopee.co.id
Gitar Bass Elektrik Custom 2
Sumber: shopee.co.id
Gitar Bass Elektrik Custom 3
Sumber: shopee.co.id
Gitar Bass Elektrik Custom 4
Sumber: shopee.co.id
Gitar Bass Elektrik Custom 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.300.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.300.000
Agak Murah

Bisa custom nama band atau lainnya sesuka hati Anda di bagian headstock

Anda mendambakan bass jazz dengan nama unik khas kesukaan? Produk satu ini pas untuk dipilih. Dilengkapi dengan desain steel saddle membuat tampilannya vintage. Selain itu, material ashwood-nya diklaim awet sehingga Anda bebas memainkannya kapan saja sampai puas. Agar makin keren, pastikan memilih warna yang paling sesuai dengan seragam perform Anda, ya. 

JenisJazz bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyAshwood
Material neckMaple
Material fretboardMaple
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifSunbrash, hitam
View all
No.4

Bacchus WJB5-BP

Harga referensi
Rp6.850.000
Lebih Mahal

Desainnya menarik dengan pola yang unik

Produk ini pas bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi bass senar lima yang cocok untuk pemula. Produk ini bahkan memiliki tampilan yang menarik. Sebagian besar bass memiliki desain polos dengan corak yang minim, tetapi tidak demikian halnya dengan Bacchus WJB5-BP.


Pada bagian bodi bass ini, ada pola abstrak yang membuat tampilannya jadi makin gagah. Pilihan warna yang ditawarkan pun beragam, seperti blue burst, red burst, black burst, dan blonde burst. Pilih saja warna yang sesuai dengan karakter Anda.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar5
Material bodyMahogany
Material neckMaple/Rosewood 5P
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPola abstrak
View all
No.5

StingerBass Elektrik SPB10

Bass Elektrik  1
Sumber: shopee.co.id
Bass Elektrik  2
Sumber: shopee.co.id
Bass Elektrik  3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.349.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.349.000
Agak Murah

Aktif di atas panggung tidak jadi masalah berkat desain yang presisi

Memanikan musik metalcore atau hardcore di atas panggung mengajak Anda bergerak aktif mengikuti beat-beat cepat dan menghentak. Karena itu, bass satu ini cocok untuk dipilih. Bentuknya yang cukup ramping memudahkan Anda bergerak tanpa khawatir tersangkut player lain. Bass ini juga memiliki fretboard yang lebih tebal dibanding bass tipe jazz. Dengan begitu, tangan lebih stabil ketika harus memainkan picking dengan tempo cepat dalam beat yang berlari.

JenisPrecision bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyAlder
Material neckTidak diketahui
Material fretboardIndian Laurel
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifBurst, putih, hitam, merah
View all
No.6

CortAction Bass Plus

Harga referensi
Rp2.552.000
Menengah

Opsi pickup PJ-nya cocok untuk genre rock, jazz, hingga pop

Tak perlu mencari bass termahal jika ada yang murah dan berkualitas. Harga produk ini bisa dibilang terjangkau, tetapi memiliki bahan, komponen, dan pengerjaan yang berkualitas. Bass ini sangat cocok digunakan oleh calon pemain bass dengan opsi pickup PJ yang disematkan pada produk.


Pickup bass tipe P sangat ideal untuk genre hard rock dan classic rock. Sementara itu, pickup tipe J sangat cocok untuk genre jazz dan pop. Kombinasi tersebut membuat bass memiliki kekayaan suara yang menjangkau lebih banyak genre musik.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length864 mm
Model lefty
Jumlah senar4
Material bodyPoplar
Material neckHard Maple
Material fretboardJatoba
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos, pola kayu
View all
No.7

FenderSquier Affinity Series™ Precision Bass® PJ

Harga referensi
Rp4.750.000
Agak Mahal

Lebih nyaman digenggam dengan neck berdesain C-shaped

Squier Affinity Series™ Precision Bass® PJ diberi neck dengan desain C-shape yang ramping. Desain C-shaped neck ini dibuat supaya tangan Anda bisa lebih nyaman menggenggam bass. Jadi, Anda tidak akan merasa cepat lelah meskipun memainkan bass ini berjam-jam. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang ingin berlatih main bass dalam waktu yang lama.

JenisPrecision bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyPoplar
Material neckMaple
Material fretboardIndian Laurel
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos
View all
No.8

Ibanez Electric Bass MiKro GSRM20B

Harga referensi
Rp2.730.000
Menengah

Ukurannya kecil, praktis untuk dibawa bepergian

Tour berpindah-pindah kota mungkin membuat Anda kesulitan membawa bass. Terlebih, bass elektrik memiliki bobot dan ukuran yang lebih besar dibandingkan gitar elektrik. Untuk itu, ada baiknya Anda melirik Electric Bass MiKro dari Ibanez ini. 


Ukurannya yang lebih kecil dibandingkan bass pada umumnya membuat bobotnya juga lebih ringan. Selain itu, lebar neck sebesar 38 mm membuat Anda merasakan sensasi bermain bass layaknya bermain gitar, menarik bukan?

JenisPrecision bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyOkoume body
Material neckMaple
Material fretboardBound Purpleheart
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup3
Pilihan motifWalnut flat, weathered black
View all
No.9

YamahaGitar BassBB234

Harga referensi
Rp3.905.000
Agak Mahal

Gitar Yamaha andalan musisi legendaris Indonesia

Gitar bass Yamaha BB234 ini adalah salah satu andalan bassist band EdanE yaitu Iwan Xaverius. Musisi ternama Indonesia ini memilih Yamaha BB234 karena desainnya sederhana, tetapi bisa bikin penampilan panggung yang atraktif. 


Gitar ini merupakan produk Yamaha dengan body berlapiskan bahan solid alder. Bagian neck gitar dibuat lebih tipis dan memiliki mesin tuning yang ringan. Meski modelnya standar, gitar bass ini cocok dimainkan untuk berbagai jenis musik baik itu musik punk, rock, ataupun jazz.

JenisPrecision bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyAlder
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup3
Pilihan motifRaspberry red, black, yellow natural satin, vintage white
View all
No.10

Cort AB-850F

Harga referensi
Rp3.192.000
Menengah

Tidak perlu banyak persiapan dengan gitar bass akustik yang praktis dan simpel

Gitar akustik juga memiliki jenis bass-nya, lho! Gitar ini direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin ribet menyalakan amplifier dan pengaturan lainnya saat hendak belajar.


Tanpa harus dihubungkan dengan amplifier, bass ini sudah bersuara nyaring di dalam ruangan. Meski demikian, kualitas suara yang dihasilkan sangatlah mumpuni. Alhasil, produk ini cocok bagi Anda yang mencari rekomendasi bass akustik untuk tampil live.

JenisPrecision bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodySpruce
Material neckMahogany
Material fretboardMerbau
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup1
Pilihan motifNatural glossy, black
View all

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Pilih konfigurasi pickup sesuai dengan kebutuhan Anda. Konfigurasi pickup tersebut terdiri atas single coil, humbucker, aktif, dan pasif. Jika Anda memilih aktif, ada keleluasaan pada tone bass karena sudah ada equalizer pada bass Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan battery karena bass aktif membutuhkan daya tambahan.


Lalu, jenis bahan fret, seperti nikel dan stainless steel, juga berpengaruh. Perhatikan juga nut dan hardware pada instrumen bass. Semuanya berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

5 Rekomendasi Bass terbaik

No. 1: YamahaGitar BassTRBX174

No. 2: StingerSJB580

No. 3: KOWEGitar Bass Elektrik Custom

No. 4: Bacchus WJB5-BP

No. 5: StingerBass Elektrik SPB10

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Bass Terbaik [Ditinjau oleh Bassist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.