10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Instrumen musik bass atau gitar bass menghasilkan hentakan nada rendah yang berperan penting dalam band, grup musik, dan sebagainya. Anda akan menemukan berbagai produk bass dengan merek Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi satu sama lain. Hal tersebut bisa saja membuat Anda kebingungan saat hendak membeli bass yang paling tepat.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi bass terbaik. Anda akan menemukan berbagai bass berkualitas yang berbeda fitur dan spesifikasi satu sama lain dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah produk yang bagus untuk Anda dan paling Anda sukai, ya!

Daftar isi

Cara memilih bass

Kebanyakan orang yang baru belajar bermain bass kebingungan ketika hendak memilih dan membeli bass. Bahkan, ada juga yang tetap bingung dalam memilih produk sekalipun sudah mencari informasi mengenai bass tersebut di internet atau melihatnya langsung di toko musik. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih bass terlebih dahulu agar Anda bisa menemukan produk yang paling Anda butuhkan.

Bila memungkinkan, cobalah produk terlebih dahulu

Bila memungkinkan, cobalah produk terlebih dahulu

Dalam memilih alat musik, salah satu hal yang terpenting yang harus Anda lakukan adalah mencobanya terlebih dahulu. Anda bisa saja tertarik dengan suatu produk karena tampilan, review pengguna, diskon di online shop, dan lain sebagainya. Akan tetapi, cara terbaik untuk bisa memilih bass yang tepat adalah mencobanya langsung sebelum membelinya. Bahkan bila Anda sudah mendengarkan rekaman suaranya, suara yang Anda dengar secara langsung bisa saja berbeda tergantung kualitas speaker dari perangkat yang Anda gunakan. Maka, sebelum memutuskan untuk membeli, cobalah memainkan bass pilihan Anda terlebih dahulu.

Meski begitu, banyak juga orang yang tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk pergi ke toko alat musik dan memainkan bass pilihan mereka secara langsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mencari dan menonton rekaman video orang yang memainkan bass tersebut dan mendengarkan dengan saksama suara bass-nya. Anda bisa mendengarkan suara bass ketika dimainkan dengan jari, slap, atau pick. Setelah Anda yakin, Anda bisa memesannya lewat online shop dan segera memainkan atau berlatih menggunakan bass tersebut.

Memang betul, sangat ideal bila membeli bass setelah mencobanya secara langsung terlebih dahulu. Akan tetapi, saat ini membeli langsung melalui online shop juga merupakan cara yang tepat. Bila Anda membelinya melalui online shop, pastikan bahwa Anda sudah melihat dan mendengar video saat bass tersebut sedang dimainkan, ya!

Pilih produk yang sesuai dengan gaya bermain Anda

Pilih produk yang sesuai dengan gaya bermain Anda

Saat memilih bass, pilihlah produk yang sesuai dengan gaya bermain Anda. Terdapat beberapa cara dalam bermain bass. Misalnya, memainkan bass dengan style 2 jari pada senar atau memainkan dengan cara slap untuk menghasilkan suara keras yang lebih menghentak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memainkannya dengan menggunakan pick atau dengan berbagai variasi lainnya. Apabila Anda ingin memainkan bass dengan cara slap, Anda harus memilih bass yang mampu menghasilkan suara sesuai keinginan Anda ketika senarnya Anda slap. Dengan gaya bermain berbeda, suara yang dihasilkan pun bisa saja berbeda, bisa menjadi semakin tegas, bisa juga menjadi semakin menggelegar.

Meski begitu, tidaklah tepat apabila berpikir bahwa bass selamanya hanya akan dimainkan dengan satu gaya bermain musik saja. Karena itu, untuk Anda yang baru belajar memainkan bass, Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit. Toh, banyak orang yang baru berpikir untuk membeli bass sesuai gaya bermain mereka setelah bertahun-tahun memainkan bass. Hal yang terpenting adalah bass tersebut menghasilkan suara yang Anda inginkan, cocok dimainkan dengan gaya bermain Anda, serta terasa nyaman di tangan Anda.

Ketahui karakteristik produk dari masing-masing produsen

Ketahui karakteristik produk dari masing-masing produsen

Masing-masing produsen bass memiliki karakteristik tersendiri yang bisa Anda jadikan sebagai acuan tambahan saat hendak memilih bass. Sebagai contoh, Fender adalah produsen bass ternama dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Harganya memang tergolong cukup mahal, tetapi sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Dengan reputasi dan kualitas mumpuni yang dimiliki, bass Fender sangat sering dijadikan pilihan utama oleh para pemain bass baik pemula maupun veteran.

Selain itu, ada juga produsen bass terkenal lainnya, misalnya Schecter, Ibanez, Epiphone, dan sebagainya. Ada juga produsen bass yang kurang ternama tetapi menawarkan produk bass dengan spefikasi menarik. Produk mereka pun cocok untuk dijadikan pilihan.

Meski begitu, seiring dengan bertambahnya pengalaman Anda, kelebihan dan kekurangan produk keluaran masing-masing produsen akan semakin Anda kenali. Dengan begitu, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mengenali karakteristik seluruh produsen bass dalam waktu singkat. Anda bisa memilih bass keluaran produsen favorit Anda yang sesuai dengan gaya bermain Anda.

10 Rekomendasi bass terbaik

Setelah membaca paparan informasi di atas, sedikit banyak Anda sudah mengetahui cara memilih bass, bukan? Sekarang, kami akan segera memberikan 10 rekomendasi bass terbaik. Selamat membaca dan memilih!

10. Fender Squier Vintage Modified Jazz Bass ’70s

10. Fender Squier Vintage Modified Jazz Bass '70s

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.900.000

Suara sensasional dengan harga terjangkau di kelasnya

Desain dan tampilannya yang vintage akan membawa Anda mengingat kembali era tahun 1970-an. Neck-nya tidak hanya dihiasi dengan ornamen black ala Fender versi lawas untuk menguatkan kesan retro, tetapi juga ramping sehingga bila tangan Anda tergolong kecil, hal itu memudahkan Anda untuk berpindah fret dengan cepat dan akurat.

Dengan badan berbahan kayu maple, suara yang dihasilkan pun terkesan hangat dan cerah ala Fender tahun 70-an. Apalagi, adanya 2 unit pickup Single-Coil Jazz Bass buatan Fender semakin menonjolkan karakter suara tersebut. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi ingin memperoleh bass dengan tone memukau, produk ini jawabannya!

9. Jackson JS Series Concert Bass JS2

9. Jackson JS Series Concert Bass JS2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.899.000

Hadirkan raungan panjang dalam setiap nada

Bila Anda senang menahan senar bass agar nada yang dihasilkan terdengar lebih panjang, produk ini adalah partner yang pas. Adanya 2 pickup High-Output Humbucking orisinal dari Jackson plus bridge HiMass memungkinkan setiap nada yang keluar dari bass ini terdengar layaknya raungan panjang dengan tone padat dan solid.

Adanya 24 fret juga memberi Anda tambahan variasi nada-nada tinggi. Warna black satin pada bagian badan, pickup, headstock, dan tuner juga mendukung tampilan performa Anda agar terlihat semakin keren. Dibuat menggunakan kayu poplar, bobot produk ini tergolong cukup ringan, Anda pun jadi tak cepat lelah saat memainkannya.

8. Yamaha TRBX605FM

8. Yamaha TRBX605FM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.859.000

Jarak antar senar mencapai 18 mm, slap pun makin mudah

Bridge pada bass ini tidak hanya membantu menghasilkan suara yang padat, tetapi juga berfungsi untuk memberi jarak 18 mm antar senar sehingga tidak terasa terlalu berdempetan saat digunakan. Bila Anda mencari bass 5 senar yang sangat nyaman digunakan untuk gaya bermain slap, produk ini adalah solusinya.

Adanya pickup aktif dan pasif, active/passive selecter, serta equalizer tentu membuat Anda bisa semakin bebas berkreasi menentukan tone yang hendak Anda tonjolkan. Bagian badan produk ini dibuat menggunakan perpaduan kayu alder dan maple sehingga suaranya terdengar tajam baik pada nada tinggi maupun rendah.

7. Schecter Johnny Christ Bass

7. Schecter Johnny Christ Bass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.100.000

Tampilan garang plus suara menggelegar ala musik heavy metal

Bila Anda mencari bass dengan tampilan galak plus tone padat dan energik khas musik rock, tentu produk ini wajib dimiliki. Finishing black satin membuat bass ini terkesan misterius sekaligus elegan. Dipadukan dengan bridge, tuner, dan equalizer berwarna emas plus gambar tengkorak, produk ini terlihat sangat garang!

Perpaduan pickup EMG MMCS dan MMG 81 memungkinkan bass ini untuk menghasilkan nada yang sangat menggigit dan penuh distorsi, sesuai dengan ciri khas musik heavy metal. Dipadukan dengan badan berbahan kayu ash, produk ini siap mendampingi Anda menghentak panggung baik dalam nada low maupun high.

6. Epiphone Thunderbird Vintage PRO Bass

6. Epiphone Thunderbird Vintage PRO Bass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.720.000

Tampil funky dengan reversed body style

Dengan badan berbahan kayu mahoni, bass ini akan menghasilkan suara rendah yang terkesan berat dan dalam saat Anda mainkan. Dipadukan dengan 2 unit pickup humbucker spesial buatan Epiphone, suara yang dihasilkan bisa Anda atur menjadi semakin akurat, tajam, dan agresif, cocok untuk slap dan genre musik R&B (rhytm and blues).

Tampilannya pun retro dan merupakan versi cetak ulang sangat akurat dari Thunderbird versi lawas. Apalagi, produk ini dibuat dengan model reversed body style sehingga akan membuat tampilan Anda terlihat semakin funky. Untuk Anda yang senang tampil unik dan eksentrik, tentu produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

5. Sterling Ray34

5. Sterling Ray34

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.698.500

Versatile! Range tone bervariasi untuk berbagai genre musik

Dengan desain badan dan pickguard membulat, ciri khas Sterling dan aura retro produk ini pun semakin menonjol. Anda juga tidak akan kesulitan untuk mengatur jarak senar dengan fretboard karena bridge-nya sangat mudah dikonfigurasi. Selain itu, bobotnya juga tidak berat karena bagian badannya dibuat menggunakan kayu swamp ash.

Perpaduan kayu tersebut dengan pickup H-1 Alnico Humbucker juga membuat produk ini memiliki range tone bervariasi, cocok untuk musik blues, rock, jazz, dan sebagainya. Toh, Anda bisa dengan mudah mengubah tone karena pickup-nya hanya satu. Bila Anda butuh bass untuk memainkan berbagai genre musik, produk ini solusinya.

4. Ibanez Electric Bass SRMS805

4. Ibanez Electric Bass SRMS805

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.770.000

Desain multi scale untuk fingering lebih cepat

Memiliki desain fret, pickup, dan bridge miring membuat bass ini terlihat nyentrik dan tampil beda. Meski begitu, Ibanez mengklaim bahwa fret miring/multi scale tersebut dibuat sesuai dengan kontur tangan Anda saat memegang neck. Tak heran, produk ini sangat cocok bila Anda mencari bass yang mempermudah Anda dalam melakukan fingering.

Seperti seri SR (soundgear) lainnya, produk ini memiliki neck ramping sehingga mempermudah Anda untuk bergeser fret. Adanya 3 equalizer dan bypass switch pun memudahkan Anda untuk mengontrol tone. Selain itu, glossy finishing dan corak unik pada bagian badan membuat bass ini terlihat eksklusif saat Anda gunakan.

3. Fender American Standard Precision Bass

3. Fender American Standard Precision Bass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.150.000

Pickup Fender Custom Shop yang sulap nada menjadi semakin powerful

Perpaduan warna pada badan plus desain pickguard-nya membuat produk ini terlihat klasik saat Anda gunakan. Tidak hanya smooth dan mudah Anda tuning, tuner pada bass yang satu ini juga menguatkan kesan vintage-nya. Meski begitu, bass ini juga tetap tampil modern dengan bridge chrome yang terlihat stylish dan mudah Anda atur.

Menggunakan pickup Fender Custom Shop, setiap nada yang dihasilkan dari bass ini terdengar begitu padat dan bertenaga, baik pada nada tinggi maupun nada rendah. Bila Anda menginginkan bass yang setiap nadanya terdengar begitu powerful baik saat Anda mainkan dengan gaya slap, 2 jari, atau typing, produk ini jawabannya!

2. Ibanez Electric Bass SR1400

2. Ibanez Electric Bass SR1400

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.650.000

Nut dan fret khusus yang meminimalisir friksi dan hasilkan suara clean

Adanya nut model Graph Tech BLACK TUSQ XL memungkinkan senar bass pada produk ini untuk bergetar dengan friksi sangat minim saat Anda mainkan. Dipadukan dengan fret premium yang ujungnya sangat halus, produk ini adalah jawaban tepat bila Anda mencari bass dengan dentuman nada rendah bebas dengung dan terdengar clean.

Apalagi, dengan pickup Nordstrand, setiap nada rendah yang keluar juga akan terdengar semakin agresif dan penuh energi. Nuansa musik pun tentu akan lebih hidup saat Anda memainnya. Adanya 3-band equalizer juga akan mempermudah Anda untuk melakukan pengaturan dan memperoleh jenis suara yang Anda inginkan.

1. Fender American Professional Jazz Bass

1. Fender American Professional Jazz Bass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.900.000

Hadirkan aksen musik jazz dengan nada bright yang menakjubkan

Bila Anda ingin memainkan musik jazz yang asyik menggunakan bass dengan lantunan nada berkarakter, produk ini adalah pilihan terbaik. Fret-nya yang sempit dan memanjang memungkinkan jari Anda bergerak cepat sekaligus akurat pada nada yang diinginkan. Neck-nya pun ramping dan terasa nyaman di tangan Anda.

Menggunakan kayu alder, bass ini mampu menghasilkan suara yang cerah dengan clarity optimal saat Anda mainkan. Dipadukan dengan pickup jenis V-Mod Jazz Bass, Anda akan memperoleh karakter suara mid-high yang warm dan vintage ala Fender. Permainan musik jazz Anda pun semakin asyik dan memesona!

Kesimpulan

Dengan menggunakan bass, Anda bisa menghasilkan hentakan nada-nada rendah keren saat bermain band atau grup musik lainnya. Anda bisa mencari informasi mengenai bass incaran Anda melalui situs resmi, review video dari para penggunanya, atau mencobanya langsung.

Pastikan bahwa bass pilihan Anda sesuai dengan gaya bermain Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih bass keluaran produsen favorit Anda. Pilihlah bass yang paling Anda sukai dan pastinya nyaman digunakan agar permainan musik Anda menjadi semakin optimal dan menyenangkan!