• 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Instrumen gitar bass merupakan alat musik yang menghasilkan nada rendah pada band dan grup musik. Ada berbagai merk bass dengan berbagai tipe seperti Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya. Banyaknya jenis dan karakteristik mungkin akan membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips mendapatkan bass yang bagus untuk Anda. Kami juga mempunyai rekomendasi produk gitar bass terbaik untuk Anda. Selain itu, kami berkolaborasi dengan bassist Dennis Novriandi dalam penulisan artikel ini. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berburu bass yang sesuai untuk Anda?

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dennis Novriandi
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juni 2021
Daftar isi

Berkolaborasi dengan sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Berkolaborasi dengan sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Denis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio.


Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Cara memilih bass

Dengan banyaknya merek dan karakteristik, menemukan bass yang sesuai akan membingungkan bagi siapa pun terutama bagi pemula. Kami akan mengulas satu persatu hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih bass untuk permainan Anda.

Ketahui karakteristik produk dari setiap pabrikan

Setiap pabrikan bass memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini dapat menjadi pertimbangan ketika memilih berdasarkan nama besar produsen. Berikut ini adalah beberapa pabrikan bass yang sudah terkenal baik di dalam maupun di luar negeri.

Ibanez, bahan ringan yang dapat digunakan untuk latihan lama

Salah satu kelebihan dari bass keluaran Ibanez adalah bahan kayu yang ringan dan desain ergonomis. Anda dapat memainkan bass Ibanez dalam waktu lama tanpa merasa kelelahan. Ibanez juga memiliki berbagai tipe bass yang dapat Anda pilih. 


Baik bass elektrik maupun bass akustik dari Ibanez memiliki kualitas yang sudah dikenal oleh banyak orang. Bass Ibanez juga dapat digunakan untuk bermain berbagai jenis musik, dari heavy metal hingga jazz.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Bass Ibanez banyak digunakan musisi-musisi rock atau metal sehingga sudah teruji ketahanan dan suaranya. Artis yang menggunakan merek ini adalah Felipe Andreoli, bassist dari band legendaris Angra. Tipe bass yang digunakan Andreoli adalah Ibanez SR 6 dan BTB 6. Artis tanah air yang menggunakan bass ini adalah Arslan Musyfia, bassist dari band Hellcrust yang menggunakan model SR1200.

Fender, beragam jenis musik dapat dimainkan

Bass dari Fender memiliki berbagai tipe cara bermain yaitu jazz bass dan precision bass. Jazz bass dari Fender memiliki suara yang bening dan kaya sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis musik. Sementara precision bass memiliki power yang sangat sesuai untuk musik keras seperti rock atau heavy metal


Selain kedua jenis bass tersebut, ada juga jenis squier bass. Squier bass merupakan bass yang memiliki kualitas standar Fender, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Tipenya pun beragam, baik jazz bass, precision bass, dan ada juga yang memiliki double pick-up

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Jazz bass dan precision bass dari Fender sudah menjadi standar industri. Bass merek ini bisa digunakan untuk berbagai genre dari pop sampai metal. Musisi yang menggunakan jazz bass Fender di antaranya adalah Geddy Lee (Rush) dan Flea (Red Hot Chilli Peppers). 


Jazz bass juga digunakan oleh John Paul Jones (Led Zeppelin), Jaco Pastorius, dan masih banyak lagi. Sementara itu, musisi yang menggunakan precision bass adalah Pino Palladino, Steve Harris, Willie Weeks, Sting, Paul Simonon, dan George Porter Jr.

Schecter, memiliki desain alami dari urat kayu yang digunakan

Schecter merupakan salah satu pabrikan bass yang memiliki tampilan natural. Urat kayu pada bodi menjadi motif yang sangat ditonjolkan oleh Schecter. Selain itu, bahan-bahan kayu pun dipilih dari kayu terbaik dari berbagai negara termasuk Indonesia. Bukan hanya kayunya, bahkan proses pembuatannya sendiri dibuat di negara-negara rekanan tersebut. 

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Bass Schecter terkenal di kalangan musisi metal. Jika Anda bermain metal, merek ini patut masuk radar Anda. Musisi yang menggunakan merek ini adalah Johnny Christ (Avenged Sevenfold) dan Nikki Sixx (Sixx:A.M. dan Mötley Crüe). Nikki Stringfield (Iron Maidens), Robin Finck (Nine Inch Nails), dan Robert DeLeo (Stone Temple Pilots) juga menggunakan bass Schecter.

Yamaha, mudah ditemukan dan ramah di kantong

Untuk Anda yang sering berburu alat musik, pastinya sudah tidak asing dengan alat musik Yamaha. Alat musik dari Yamaha dapat ditemukan hampir di semua toko musik di Indonesia dan memiliki harga yang cukup terjangkau. 


Apabila Anda pemula, kami sangat merekomendasikan Yamaha sebagai bass pertama Anda. Bass dari Yamaha memiliki banyak tipe dan harga yang beragam. Akan tetapi, apa pun tingkat kemampuan Anda, Yamaha memiliki bass yang sesuai untuk Anda.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Yamaha sudah tidak diragukan lagi. Merek ini hampir ada di semua instrumen musik. Bass merek ini cocok untuk semua genre musik seperti pop, rock, metal, dan lain-lain. Musisi yang menggunakan bass ini adalah Billy Sheehan (Mr. Big), John Patitucci, Robby Takac (Goo Goo Dolls), dan Alex Skolnick (Testament).

Sesuaikan dengan teknik bermain Anda

Sesuaikan dengan teknik bermain Anda

Memainkan bass ada berbagai cara mulai dari dipetik atau dengan cara slap. Untuk pemula, bermain dengan cara dipetik merupakan teknik dasar bermain bass. Akan tetapi, apabila Anda sudah mulai bermain dalam grup band, akan banyak teknik yang harus Anda pelajari.


Apabila Anda merupakan pemula yang baru belajar plucking atau memetik bass, kami sarankan jazz bass untuk Anda. Jazz bass biasanya memiliki jarak antar senar yang lebar sehingga memudahkan Anda untuk memindahkan jari dan memetik. Ada juga beberapa jenis bass yang memiliki jarak antar fret atau nada yang lebar.


Sementara itu, bagi Anda yang sudah mulai mahir dan menyukai musik keras, precision bass dapat menjadi pilihan. Precision bass merupakan bass dengan power yang besar sehingga tetap akan terdengar di antara alat musik dengan distorsi tinggi.


Selain jenis bass dengan fret, ada juga bass tanpa fret. Bass tanpa fret sangat digemari oleh profesional terutama pemain musik swing dan jazz. Bagi Anda yang ingin mencoba jenis bass ini, Anda dapat memilih Ibanez atau Gibson.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Pada dasarnya semua jenis bass bisa digunakan untuk semua teknik bermain seperti fingerstyle, picking, dan slapping. Sesuaikan dengan tone atau sound untuk genre yang Anda suka.

Cermati bahan kayu yang digunakan

Material yang digunakan untuk membuat bass pada umumnya adalah kayu. Setiap kayu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan ini akan menentukan nada akhir yang dikeluarkan. Pada satu buah bass terkadang menggunakan jenis kayu yang berbeda. Kayu yang berbeda ini ada pada bagian bodi, leher, dan fretboard atau fingerboard.


Berbeda jenis kayu, berbeda pula nada yang dihasilkan. Oleh karena itu, terkadang setiap pabrikan memilih kayu yang berbeda setiap bagiannya. Bagi Anda yang menginginkan bass yang mudah ditekan, Anda dapat memilih kayu rosewood pada fretboard. Akan tetapi, apabila Anda menginginkan hasil suara yang bening Anda dapat memilih fretboard dengan kayu ebony.


Sementara untuk bagian bodi, Anda dapat mencari bass yang ringan dengan memilih kayu alder atau basswood. Akan tetapi, apabila Anda lebih fokus pada suara yang hangat Anda dapat memilih mahogany, rosewood, atau koa. Kayu mahogany juga merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan untuk gitar akustik.


Sementara itu, untuk Anda yang menginginkan bass dengan suara yang nyaring, swamp ash, walnut, dan maple dapat menjadi pilihan. Selain nyaring, bass dengan kayu ini menghasilkan nada yang bening sehingga sesuai untuk Anda yang sering melakukan solo.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Bahan kayu menjadi sangat penting untuk bass karena berpengaruh pada sound dan playability kita. Ada jenis kayu yang ringan dan berat. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan kita saat bermain bass dalam jangka waktu yang lama. Karakter setiap kayu juga berpengaruh untuk sound yang akan kita kejar.

Cek jumlah senar yang digunakan

Jumlah senar bass berbeda dengan senar gitar biasa. Apabila ada enam senar pada gitar, bass memiliki empat senar hingga tujuh senar. Tentu yang paling mudah untuk dimainkan adalah bass dengan empat senar. Akan tetapi, apabila Anda pemain solo, dapat memainkan bass dengan tujuh senar merupakan kepuasan tersendiri. 


Jumlah senar sangat bergantung pada teknik bermain dan keahlian Anda. Untuk Anda yang pemula, bass dengan empat senar merupakan basic dari permainan bass. Akan tetapi, lambat laun Anda dapat menggunakan lima senar atau bahkan tujuh senar.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Jumlah senar standar untuk bass adalah empat, lima, dan enam senar. Jumlah senar berpengaruh pada genre musik yang dimainkan dan keleluasaan untuk explore nada. Jika Anda bermain dengan tune drop atau bermain dengan genre metal atau rock, saya sarankan untuk memilih bass dengan lima senar


Jika Anda bermain pop atau rock, bass dengan empat senar sudah cukup. Jika Anda ingin explore teknik fingerstyle atau Anda seorang bassist solois, Anda bisa memilih bass dengan enam senar.


Ada juga bass dengan senar lebih dari enam yaitu Ibanez BTB7 dengan tujuh senar. Ada juga bass dengan delapan senar seperti Schecter Stiletto Studio-8. Akan tetapi, bass ini sebetulnya adalah bass empat senar dengan doubled strings.

Periksa skala bass

Skala bass merupakan ukuran bass dari ujung bodi hingga ujung kepala. Ukuran standar bass adalah 34 inci untuk empat senar dan 35 inci untuk lima senar. Sementara itu, apabila ukuran bass lebih kecil daripada ukuran standar, dapat dikatakan bass memiliki skala pendek. 


Biasanya skala pendek hanya 30 inci atau kurang. Skala pendek sesuai untuk wanita dan Anda yang memiliki tubuh kecil. Ukurannya mirip dengan gitar biasa sehingga juga dapat Anda gunakan sebagai gitar peralihan.


Skala yang terakhir adalah skala ekstra panjang. Skala ini memiliki ukuran 36 inci atau 91 cm. Biasanya, bass dengan skala ini hanya panjang pada bagian leher saja. Sementara itu, bagian bodinya sama seperti bass pada umumnya. 

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Skala penuh mempunyai ukuran 34 inci dan skala pendek dengan ukuran 26,5 inci atau disebut juga dengan baritone guitar. Ada juga bass dengan ukuran 30,5 inci. Skala penuh adalah industry standard untuk bass saat ini


Sementara itu, skala pendek digunakan untuk experience atau untuk orang yang mengejar boomy atau low sound. Selain itu, bass skala pendek digunakan orang yang menginginkan kenyamanan saat bermain karena jarak antar fret-nya tidak terlalu renggang.

Cobalah produk terlebih dahulu

Cobalah produk terlebih dahulu

Ketika memilih alat musik, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu. Anda dapat memastikan panjang, berat, dan kenyamanan saat bermain apabila mencobanya. Akan tetapi, apabila Anda tidak ada waktu untuk mencoba sendiri, Anda dapat melihat review pengguna. Anda juga dapat melihat video testimoni yang ada di media sosial atau situs YouTube. Apabila Anda masih ragu, bertanyalah pada ahlinya.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Meskipun kita bisa membeli bass di marketplace online, sebaiknya Anda mencoba bass-nya terlebih dahulu di toko musik terdekat. Hal ini disebabkan oleh kenyamanan saat bermain bass menjadi point yang sangat penting. Selain mencoba langsung, disarankan juga untuk mencari tahu di forum-forum, group komunitas, official web, dan YouTube tentang product knowledge-nya.

10 Rekomendasi bass terbaik

Setelah membaca ulasan di atas, sedikit banyak Anda sudah mengetahui cara memilih bass, bukan? Sekarang, kami akan segera memberikan sepuluh rekomendasi bass terbaik. Selamat membaca dan memilih!
10

JacksonJS Series Concert Bass JS2

Mulai dari Rp 4.350.000,00

MaterialBodi: poplar・Leher: maple・Fretboard: amarath
SkalaStandar
Jumlah senar4
9
MaterialBodi: maple, alder・Leher: maple, mahogany・Fretboard: rosewood
SkalaStandar
Jumlah senar5
8

Sterling by Music ManStingRay Ray34

Mulai dari Rp 9.530.000,00

MaterialBodi: mahogany, swamp ash・Leher: maple・Fretboard: rosewood, maple
SkalaStandar
Jumlah senar4
7
MaterialBodi: ash・Leher: maple・Fretboard: ebony
SkalaStandar
Jumlah senar4
6

GretschG2220 Electromatic Junior Jet Bass II

Mulai dari Rp 4.900.000,00

MaterialBodi: basswood・Leher: maple・Fretboard: walnut
SkalaPendek
Jumlah senar4
5
MaterialBodi: poplar, okoume・Leher: jatoba, walnut・Fretboard: panga panga
SkalaStandar
Jumlah senar5
4

FenderAmerican Professional Jazz Bass

Mulai dari Rp 24.900.000,00

MaterialBodi: alder・Leher: maple・Fretboard: rosewood
SkalaStandar
Jumlah senar4
3

FenderSquier Vintage Modified Jazz Bass

Mulai dari Rp 4.700.000,00

MaterialBodi: basswood・Leher: maple・Fretboard: rosewood
SkalaStandar
Jumlah senar4
2
MaterialBodi: mahogany, spruce・Leher: mahogany・Fretboard: merbau
SkalaStandar
Jumlah senar4
1
MaterialBodi: swamp ash, basswood・Leher: maple・Fretboard: Brazilian cherry
SkalaStandar
Jumlah senar4

Tabel perbandingan produk bass terbaik

Gambar produk
1
G&L L-2000 1

G&L

2
Cort AB850F 1

Cort

3
Fender Squier Vintage Modified Jazz Bass 1

Fender

4
Fender American Professional Jazz Bass 1

Fender

5
Ibanez SRMS805 1

Ibanez

6
Gretsch G2220 Electromatic Junior Jet Bass II 1

Gretsch

7
Schecter Johnny Christ Bass 1

Schecter

8
Sterling by Music Man StingRay Ray34 1

Sterling by Music Man

9
Yamaha TRBX605FM 1

Yamaha

10
Jackson JS Series Concert Bass JS2 1

Jackson

Nama produk

L-2000

AB850F

Squier Vintage Modified Jazz Bass

American Professional Jazz Bass

SRMS805

G2220 Electromatic Junior Jet Bass II

Johnny Christ Bass

StingRay Ray34

TRBX605FM

JS Series Concert Bass JS2

Keunggulan

Memiliki fungsi tri-tone yang fleksibel saat bermusik

Bass multifungsi untuk akustik maupun elektrik

Harga terjangkau dengan kualitas bersaing

Hadirkan aksen musik jazz dengan nada bright yang menakjubkan

Desain multiscale untuk fingering lebih cepat

Bass skala pendek dengan bobot ringan

Tampilan garang plus suara menggelegar ala musik heavy metal

Versatile! Range tone bervariasi untuk berbagai genre musik

Jarak antar senar mencapai 18 mm, slap pun makin mudah

Hadirkan raungan panjang dalam setiap nada

Harga mulai dariRp 10.118.420,00Rp 3.898.500,00Rp 4.700.000,00Rp 24.900.000,00Rp 12.770.000,00Rp 4.900.000,00Rp 8.120.000,00Rp 9.530.000,00Rp 8.990.000,00Rp 4.350.000,00
MaterialBodi: swamp ash, basswood・Leher: maple・Fretboard: Brazilian cherryBodi: mahogany, spruce・Leher: mahogany・Fretboard: merbauBodi: basswood・Leher: maple・Fretboard: rosewoodBodi: alder・Leher: maple・Fretboard: rosewoodBodi: poplar, okoume・Leher: jatoba, walnut・Fretboard: panga pangaBodi: basswood・Leher: maple・Fretboard: walnutBodi: ash・Leher: maple・Fretboard: ebonyBodi: mahogany, swamp ash・Leher: maple・Fretboard: rosewood, mapleBodi: maple, alder・Leher: maple, mahogany・Fretboard: rosewoodBodi: poplar・Leher: maple・Fretboard: amarath
SkalaStandarStandarStandarStandarStandarPendekStandarStandarStandarStandar
Jumlah senar4444544454
Tautan produk

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Pilih konfigurasi pickup sesuai dengan kebutuhan Anda. Konfigurasi pickup tersebut terdiri dari single coil, humbucker, aktif, dan pasif. Jika Anda memilih aktif, ada keleluasaan pada tone bass karena sudah ada equalizer pada bass Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan battery karena bass aktif membutuhkan daya tambahan.


Lalu, jenis bahan fret, seperti nikel dan stainless steel, juga berpengaruh. Perhatikan juga nut dan hardware pada instrumen bass. Semuanya berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bass di sini

Ketika memilih bass elektrik, Anda membutuhkan beberapa perlengkapan seperti amplifier dan lainnya. Agar permainan bass Anda menjadi lebih baik, Anda harus memilih perlengkapan yang terbaik juga. Berikut ini adalah rekomendasi perlengkapan bass yang kami miliki. 

Kesimpulan

Kami sudah memberikan ulasan tentang cara memilih bass terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Anda dapat memilih berdasarkan jenis kayu, skala, dan juga merek bass yang Anda inginkan.


Memilih bass juga dapat berdasarkan dengan gaya bermain dan jenis musik yang Anda mainkan. Karena ada berbagai jenis bass, Anda juga dapat berganti-ganti sesuai dengan kebutuhan musik. Jadi, selamat berburu bass dan mainkan musik terbaik Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk yang bagus seperti merek Martin, Elixir, dan D'Addario. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gitar akustik yang bagus untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori