10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2018)

Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan bagi Anda para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Di saat seperti itu, breast pad adalah solusinya!

Terdapat dua tipe breast pad, yaitu disposable dan washable, tetapi mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan produk breast pad dari Pigeon, Dr. Brown’s, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda yang berharga dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!

Daftar isi

Manfaat breast pad bagi ibu menyusui

Manfaat breast pad bagi ibu menyusui

Banyak orang yang menganggap bahwa mengurus bayi sama dengan proses menyusui. Namun, kenyataannya, mengurus bayi tidak hanya sampai situ saja. Pekerjaan yang terdengar sepele, seperti mengganti popok, memandikan, mencuci peralatan dan pakaian bayi, membuat waktu berjalan terasa sangat cepat. Banyak ibu yang merasa sangat kelelahan karena harus menyusui tengah malam sampai bayinya berumur satu tahun. Hingga tanpa disadari, bra dan baju dipenuhi bercak ASI.

Baju yang lembap, selain mudah dihinggapi jamur dan bakteri, juga terasa tak nyaman saat digunakan. Baju kotor bernoda ASI yang menumpuk pun akan menambah pekerjaan Anda. Maka dari itu, hadirnya breast pad tentu akan sangat membantu Anda. Selain mengurangi cucian karena pakaian tidak akan cepat kotor, breast pad dapat diganti dan digunakan dengan mudah. Untuk para ibu yang sibuk, breast pad bisa menjadi sahabat Anda.

Cara memilih breast pad

Ada 3 hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih breast pad. Dengan begitu, Anda pasti bisa menemukan breast pad yang cocok dengan kondisi kulit dan gaya hidup Anda. Agar tidak salah pilih, simak terus informasi di bawah ini, ya!

Pilihlah tipe breast pad sesuai dengan kebutuhan Anda

Dua tipe breast pad yang umum beredar di pasaran adalah tipe washable yang terbuat dari bahan kain dan tipe disposable atau sekali pakai. Masing-masing tipe memiliki keistimewaan masing-masing. Berikut ini akan kami bahas masing-masing karakteristiknya agar Anda dapat memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Washable breast pad yang ekonomis dan dapat digunakan berulang kali

Washable breast pad yang ekonomis dan dapat digunakan berulang kali

Kelebihan utama dari washable breast pad atau yang umumnya berbahan kain adalah lebih hemat karena dapat digunakan berulang kali. Bagi Anda yang menitikberatkan kualitas bahan, tipe ini dapat menjadi pilihan karena Anda dapat bertanya langsung mengenai hal tersebut pada penjualnya. Lagipula, breast pad berbahan kain sekarang ini lebih inovatif dengan daya serap lebih tinggi dan sirkulasi udara lebih baik dibandingkan pendahulunya. Dilihat dari segi fungsi, sebagian produk tipe ini juga memiliki kemampuan yang tak kalah dengan disposable breast pad.

Kekurangan dari breast pad tipe ini adalah Anda harus mempersiapkan wadah sebagai tempat breast pad bersih dan breast pad yang telah usai digunakan ketika bepergian. Untuk penggunaan di luar rumah, sepertinya penggunaan breast pad sekali pakai tetap menjadi favorit. Selain itu, karena payudara sering disentuh oleh bayi, Anda juga harus memikirkan hal kecil lain, seperti detergen yang Anda gunakan untuk mencucinya. Sebagian orang tak terlalu terganggu dengan kekurangan breast pad tipe ini, tetapi bagaimana dengan Anda?

Disposable breast pad yang praktis dan berdaya serap tinggi

Disposable breast pad yang praktis dan berdaya serap tinggi

Breast pad sekali pakai sangat praktis, higienis, dan mudah digunakan. Dengan daya serap yang tinggi, ASI tidak akan bocor dan noda bercak ASI tak akan menempel di pakaian Anda. Anda pun akan makin nyaman karena sebagian besar produk terbuat dari bahan yang lembut di kulit. Iritasi pada kulit payudara ibu pun dapat diminimalisir. Kebanyakan produk mengemas produknya dalam kemasan individual sehingga tetap higienis walau dibawa bepergian.

Akan tetapi, hampir seluruh produk breast pad sekali pakai memiliki komponen bahan kimia di dalamnya. Karena itulah, walau terbuat dari material yang lembut di kulit sekalipun, bukan mustahil tipe ini akan menimbulkan iritasi. Tipe ini umumnya menggunakan double tape agar pad menempel dengan kencang pada bra. Double tape inilah yang kadang menjadi sumber masalah kulit pada payudara para ibu. Tidak semua breast pad sekali pakai terbuat dari 100% bahan alami. Jadi, untuk Anda yang sensitif dengan bahan kimia, breast pad tipe ini kurang dianjurkan.

Pertimbangkan kuantitas ASI dan umur bayi dalam penggunaan breast pad

Pertimbangkan kuantitas ASI dan umur bayi dalam penggunaan breast pad

Selain mempertimbangkan tipe breast pad demi kenyamanan Anda, besarnya produksi ASI dan umur bayi Anda juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan tipe breast pad. Terutama pada breast pad sekali pakai, ada produk yang dapat menyerap sisa ASI lebih banyak daripada bahan kain. Jika bayi Anda masih berumur 0-4 bulan dan Anda pun masih memproduksi ASI dengan kuantitas besar, direkomendasikan untuk memilih produk yang berdaya serap tinggi.

Lalu, mendekati masa pemberian MPASI (bayi telah berumur 6-8 bulan), lemak dan bau amis ASI akan perlahan berkurang. Di masa itu, ASI tidak akan sederas sebelumnya sehingga bahan kain akan lebih ideal untuk digunakan. Kuantitas produksi ASI akan berubah seiring bertambahnya umur bayi Anda sehingga hal tersebut juga menjadi faktor penting dalam pemilihan tipe breast pad.

Periksa cara pasang, bentuk, dan kompatibilitasnya dengan bra Anda

Periksa cara pasang, bentuk, dan kompabilitasnya dengan bra Anda

Pada umumnya, breast pad berbentuk bundar. Bentuknya akan pas apabila dipasang pada bra tipe full cup. Tetapi, tidak semua ibu menyusui memakai bra tipe full cup dalam kesehariannya. Ada juga yang memakai bra 3/4 cup atau tank top bra, tergantung bentuk dan besar payudara serta tingkat kekencangan tali bra favorit mereka.

Memang, sebisa mungkin breast pad dibuat dengan bentuk yang cocok dipasang di semua jenis bra. Akan tetapi, tetap saja ada bra yang tidak bisa pas dengan beberapa produk. Mubazir sekali apabila ternyata breast pad yang telanjur dibeli ternyata tidak cocok dengan bra yang Anda pakai. Maka dari itu, jangan lupa untuk memastikan cara pasang, bentuk breast pad, serta kompabilitasnya dengan bra Anda.

10 Rekomendasi breast pad terbaik bahan kain dan sekali pakai

Berikut adalah sepuluh rekomendasi breast pad terbaik yang telah kami pilih khusus untuk Anda. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, Anda bisa memilih tipe yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai sampai salah pilih, ya!

10. Osaki Dacco Mama Pad

10. Osaki Dacco Mama Pad

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Harga paling terjangkau, ideal untuk penggunaan sehari-hari

Dacco Mama Pad adalah disposable breast pad dengan harga paling bersahabat dan banyak dipakai oleh para ibu di Indonesia. Pad-nya berbentuk bunga yang cantik. Terdapat tape perekat supaya pad tidak bergeser di dalam bra. Bahannya halus dan seratnya tidak menempel di puting sehingga tidak membuat Anda kesakitan tiap melepas pad.

Produk ini tipis dan nyaman digunakan, terasa tidak memakai breast pad! Dianjurkan untuk sering mengganti breast pad ini setiap beberapa jam sekali, terutama untuk Anda yang produksi ASI-nya sedang deras. Produk ini cocok untuk Anda yang perlu menggunakan breast pad setiap hari karena daya serap yang mumpuni dan harganya yang hemat!

9. Medela Disposable Nursing Pads

9. Medela Disposable Nursing Pads

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 99.000

Berdaya serap tinggi dengan double adhesive tape, pad tidak akan bergeser

Anda yang sedang menikmati kehidupan menjadi seorang ibu, pasti tidak asing dengan merek Medela. Selain breast pump, kantong ASI, krim puting, dan sebagainya, Medela juga mengeluarkan produk breast pad. Breast pad sekali pakai dari merek asal Swiss ini berdaya serap tinggi sehingga payudara tetap nyaman dan kering tanpa perlu takut bocor.

Double adhesive tape menjaga pad tetap pada posisinya tanpa bergeser. Pad dibungkus secara individual supaya higienis. Bentuknya bulat dengan bagian tengah yang agak menekuk ke dalam, lebih nyaman karena mengikuti cup payudara. Untuk Anda yang memiliki payudara besar dan kuantitas produksi ASI sedang banyak, produk ini patut dicoba.

8. Mooimom Washable Nursing Pads

8. Mooimom Washable Nursing Pads

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Terbuat dari serat bambu, alami dan tidak akan membuat puting lecet

Mooimom Washable Nursing Pads terbuat dari bahan rayon super lembut, serat bambu, dan kapas. Tidak heran bila pad berdiameter 12 cm ini sangat lembut, mudah dicuci, bersirkulasi udara baik, serta ramah lingkungan. Daya serapnya juga tinggi! Ingin mencoba breast pad yang dapat meminimalisir lecet pada puting? Coba saja produk ini!

Breast pad ini terdiri dari 3 lapisan. Lapisan pertama adalah super soft organic bamboo sehingga puting Anda tidak akan lecet. Lapisan kedua adalah ultra absorbent hemp yang dapat mengunci ASI agar tidak keluar dari area pad. Lapisan ketiga adalah bahan milk-proof yang bisa mencegah kebocoran. Ekonomis, ramah lingkungan, dan antilecet.

7. Chuchu Ultra Soft Breast Pad

7. Chuchu Ultra Soft Breast Pad

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 162.000

Berkualitas standar Jepang, nyaman digunakan bahkan oleh kulit sensitif!

Breast pad ini mengantongi Japan Domestic Standard Quality dan direkomendasikan untuk Anda yang berkulit sensitif. Bahannya lembut, berpori, dan berkualitas tinggi. Lapisan SAP (super absorbent polymer) dapat menyerap cepat sehingga payudara tetap kering. Memiliki pleat type design yang sangat lembut, pad ini pun mencegah kelecetan puting.

Produk disposable ini tipis, ringan, dan bentuknya didesain mengikuti bentuk payudara sehingga tidak akan terlihat saat digunakan. Terdapat long anti-slip tape untuk mencegah pad bergeser. Stay dry lining-nya mengarahkan susu ke tengah pad agar tidak berceceran supaya selalu terasa nyaman. Dengan kemasan individual, mobilisasi jadi lebih mudah.

6. Medela Washable Bra Pads

6. Medela Washable Bra Pads

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 139.300

Meminimalisir bau asam ASI berkat bahan khusus antibakteri

Medela Washable Bra Pads sangat lembut dengan daya serap tinggi. Produk ini dibuat dengan bahan khusus antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri sekaligus meminimalisir bau asam ASI yang menumpuk. Disarankan untuk menggunakannya maksimal 50 kali untuk hasil terbaik. Cucilah dengan air bersuhu antara 40° sampai 60°C.

Breast pad ini dikhususkan untuk Anda yang memiliki produksi ASI sedang. Disarankan untuk tidak memakai produk ini saat ASI sedang deras. Anda tentu tidak ingin terjadi kebocoran yang tak diharapkan, kan? Apabila Anda sering merasa khawatir dan malu dengan bau ASI yang kerap menyebar, tidak ada salahnya mencoba produk satu ini.

5. LilyPadz Nursing Pads

5. LilyPadz Nursing Pads

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 380.000

Lebih bebas lakukan aktivitas tanpa bra di masa menyusui

Jika kebanyakan washable breast pad terbuat dari kain, tidak dengan produk satu ini. Sesuai dengan namanya, LiliPadz Nursing Pads terbuat dari bahan silikon. Breast pad ini mencegah ASI menetes, bukan menyerap. ASI akan tetap terjaga di dalam payudara ibu. Kulit payudara tetap dapat bernafas karena terbuat dari 100% medical grade silicone.

Untuk Anda yang ingin berkegiatan tanpa perlu cemas dengan rembesan ASI, produk satu ini sangat cocok dicoba. Karena breast pad ini menempel langsung pada payudara dan bukan pada bra, Anda bisa melakukan kegiatan braless dengan bebas, seperti berenang. Jaga kebersihannya dengan mencuci produk menggunakan LilyWash®, sabun khusus yang dijual terpisah.

4. Pigeon Disposable Breast Pads

4. Pigeon Disposable Breast Pads

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 51.000

Berdaya serap tinggi walaupun ekstra tipis!

Breast pad ini dibuat demi kenyamanan Anda dengan bagian pinggir pad yang lembut dan lapisan yang empuk. Produk ini dapat menyerap kelebihan ASI dan menjaga payudara tetap kering dan higienis. Kulit payudara tidak akan lembap dan bakteri tidak akan datang. Bagian ujung yang lembut juga tidak akan membuat payudara Anda gatal.

3D side gather-nya dirancang untuk mengikuti bentuk payudara supaya nyaman dipakai. Memiliki perekat ganda kuat yang telah terbukti dapat mencegah breast pad bergeser. Walau ekstra tipis dan ringan, kemampuan menyerapnya tinggi. Apabila Anda sering bepergian dan takut terjadi bocor, produk dari Pigeon ini bisa menjadi pilihan.

3. Osaki Dacco Mama Pad Premium

3. Osaki Dacco Mama Pad Premium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.900

Produk premium dengan 4 perekat yang lebih kuat

Produk ini adalah breast pad versi premium dari seri Mama Pad yang telah kami rekomendasikan di atas. Side cut shape dan 3D soft gather-nya dapat menyesuaikan dengan bentuk payudara Anda. Dilengkapi dengan super absorbent polymer yang bisa mengubah cairan ASI menjadi gel, menjaga permukaan tetap kering dan tidak lembap.

Dacco Mama Pad Premium memiliki anti-slip design dengan 4 perekat dari ujung ke ujung, dijamin tidak akan bergeser. Menggunakan air through technology yang menjamin sirkulasi udara, bau ASI tidak akan tercium walau pad telah penuh. Jika Anda memiliki keluhan dengan pad yang sering bergeser, mungkin bisa mencoba produk versi premium ini.

2. bamboobies Multi-pack Nursing Pads

2. bamboobies Multi-pack Nursing Pads

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Tersedia 2 tipe pad dalam 1 kemasan untuk siang dan malam, praktis!

bamboobies Washable Nursing Pads terbuat dari bahan alami bamboo rayon verlour dan katun super lembut. Ramah lingkungan, waterproof, dan tetap berdaya serap tinggi, walau tipis! Produk ini menyediakan pad berbentuk hati dan bundar dalam 1 kemasan. Bentuk hati untuk siang, dan bundar untuk malam dengan ukuran lebih besar dan tebal.

Breast pad ini dapat dicuci dengan tangan, tetapi direkomendasikan untuk menggunakan mesin cuci. Semakin sering dicuci, produk yang berasal dari USA ini akan makin bertambah kelembutannya. Selain itu, pad-nya juga tidak akan terlihat dari luar baju. Produk ini bisa digunakan oleh Anda yang memiliki bayi newborn dan ASI sedang deras-derasnya.

1. Pigeon Breast Pads Honeycomb

1. Pigeon Breast Pads Honeycomb

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.000

Tampil lebih percaya diri tanpa kesan penuh dan menggembung

Ini dia disposable breast pad favorit para ibu di Indonesia. Produk andalan dari Pigeon ini mengandung serat honeycoomb yang dapat menyerap dan menahan ASI dengan cepat supaya tidak menyebar. Dilengkapi dengan super absorbent polymer yang berdaya serap tinggi serta waterproof yang dapat mencegah ASI merembes ke baju.

Dengan perekat antiselip dan ultra tipis, Anda bahkan mungkin lupa bahwa sedang tengah memakainya. Walaupun pad sudah penuh, Anda tidak akan merasakan kesan menggembung yang mengganggu kenyamanan. Produk ini akan membantu Anda untuk tetap kering, terjaga, dan percaya diri. Pilihan tepat untuk Anda yang mendambakan keamanan.

Baca juga rekomendasi berbagai aksesori pendukung keseharian ibu menyusui di sini!

Selain breast pad, masih banyak aksesori lain yang dapat mendukung dan mempermudah keseharian ibu menyusui. Selain berguna, produk-produk tersebut pun biasanya memiliki desain yang imut. Kegiatan menyusui dan merawat bayi pun akan lebih menyenangkan. Simak selengkapnya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana dengan sepuluh produk yang telah kami rekomendasikan di atas? Baik tipe washable maupun tipe disposable memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, tak perlu khawatir karena Anda dapat memilah penggunaannya berdasarkan kondisi, kuantitas produksi ASI, dan sebagainya.

Breast pad telah menjadi barang kebutuhan bagi ibu menyusui di masa kini. Kegiatan menyusui dan merawat bayi pun pasti akan lebih mudah dengan kehadiran breast pad. Semoga Anda dapat menemukan breast pad yang paling sesuai dengan kebutuhan dan nyaman untuk Anda gunakan!