• 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021)

Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Pada saat seperti itu, breast pad adalah solusinya.

Terdapat dua tipe breast pad yaitu disposable dan washable. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan rekomendasi produknya, mulai dari Pigeon, MOOIMOM, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Caroline Adenan
  • Pembaharuan terakhir: 03 Maret 2021
  • 19.132 Views
Daftar isi

Manfaat breast pad bagi ibu menyusui

Manfaat breast pad bagi ibu menyusui

Banyak orang menganggap bahwa mengurus bayi itu sama dengan menyusui. Namun, kenyataannya, mengurus bayi tidak hanya sampai situ saja. Ibu juga harus mengganti popok, memandikan, dan mencuci pakaian bayi sehingga waktu berjalan terasa sangat cepat. Banyak ibu yang merasa kelelahan karena harus menyusui tengah malam sampai bayinya berumur satu tahun. Bra dan baju ibu pun tanpa disadari sudah dipenuhi sisa-sisa ASI.


Selain mudah dihinggapi jamur dan bakteri, baju yang lembap juga terasa tak nyaman saat digunakan. Baju kotor bernoda ASI yang menumpuk pun akan menambah pekerjaan Anda. Maka dari itu, hadirnya breast pad tentu akan sangat membantu. Selain mengurangi cucian karena pakaian tidak cepat kotor, breast pad dapat sering diganti sehingga lebih higienis. Untuk para ibu yang sibuk, breast pad bisa menjadi sahabat terbaik Anda.

Cara memilih breast pad bahan kain dan sekali pakai

Terdapat tiga hal penting yang harus diperhatikan saat memilih breast pad. Dengan mengetahuinya, Anda akan mudah menemukan breast pad yang cocok dengan kondisi kulit dan gaya hidup Anda. Agar tidak salah pilih, simak terus informasi di bawah ini, ya!

Pilihlah tipe breast pad sesuai dengan kebutuhan Anda

Umumnya, terdapat dua tipe breast pad yang beredar di pasaran yaitu tipe washable dan disposable. Tipe washable terbuat dari bahan kain, sedangkan tipe disposable merupakan breast pad sekali pakai. Kedua tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini akan kami bahas masing-masing karakteristiknya agar Anda dapat memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan dan kekurangan washable breast pad

Keunggulan washable breast pad adalah ramah lingkungan dan lebih hemat karena dapat digunakan berulang kali setelah dicuci. Selain itu, banyak produknya yang berbahan kapas organik sehingga dinilai lebih aman untuk digunakan.

Namun, kekurangan breast pad bertipe ini adalah tidak praktis untuk dibawa bepergian. Anda harus mempersiapkan wadah untuk breast pad yang bersih dan yang telah usai digunakan. Untuk penggunaan di luar rumah, penggunaan breast pad sekali pakai sepertinya tetap menjadi favorit. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih detergen untuk mencucinya. Hal ini karena payudara akan sering bersentuhan langsung dengan bayi.

Kelebihan dan kekurangan disposable breast pad

Breast pad sekali pakai sangat praktis, higienis, dan mudah digunakan. Tipe ini memiliki daya serap yang tinggi. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ASI akan bocor dan meninggalkan noda bercak ASI pada pakaian Anda. 

Selain itu, banyak produknya yang terbuat dari bahan yang lembut di kulit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kulit payudara akan gatal dan tidak nyaman ketika sedang memakainya. Kebanyakan produknya dikemas dalam kemasan terpisah sehingga tetap higienis bahkan saat dibawa bepergian.


Namun, meski lembut di kulit, kebanyakan produk bertipe ini memiliki komponen serat kimia di dalamnya. Oleh karena itu, ada kemungkinan tipe ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit Anda. Tipe ini umumnya menggunakan tape agar pad menempel dengan kuat pada bra. 


Akan tetapi, tape inilah yang terkadang menjadi sumber masalah kulit pada payudara para ibu. Tidak semua breast pad sekali pakai terbuat dari 100% bahan alami. Jadi, untuk Anda yang sensitif dengan bahan kimia, breast pad tipe ini kurang dianjurkan.

Pertimbangkan juga kuantitas ASI dan umur bayi

Pertimbangkan juga kuantitas ASI dan umur bayi
Selain dari tipenya, penting juga untuk memilih breast pad dengan mempertimbangkan kuantitas ASI dan umur bayi Anda. Khususnya pada breast pad sekali pakai, Anda dapat memilih produk berdasarkan kemampuan daya serapnya terhadap ASI. Jika bayi Anda masih berumur 0–4 bulan, pilihlah produk yang berdaya serap tinggi. Hal ini karena Anda masih memproduksi banyak ASI dengan ritme yang belum stabil.

Lalu, saat bayi berumur sembilan bulan, pemberian MPASI akan menjadi tiga kali sehari. Pada masa ini, ASI tidak akan sederas sebelumnya sehingga bahan kain akan lebih ideal untuk digunakan. Kuantitas produksi ASI akan berubah seiring bertambahnya umur bayi Anda. Hal ini juga menjadi faktor penting dalam pemilihan tipe breast pad.

Sesuaikan dengan bentuk dan ukuran bra Anda

Sesuaikan dengan bentuk dan ukuran bra Anda
Pada umumnya, breast pad berbentuk bundar. Bentuknya ini akan pas apabila dipasang pada bra tipe full cup. Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui memakai bra tipe full cup dalam kesehariannya. Ada juga yang memakai 3/4 cup bra atau tank top bra. Jenis bra yang dikenakan biasanya tergantung bentuk dan besar payudara serta tingkat kekencangan tali bra.


Sebisa mungkin breast pad memang dibuat dengan bentuk yang cocok dipasang pada semua jenis bra. Akan tetapi, tetap saja ada breast pad yang tidak bisa pas dengan beberapa produk bra. Mubazir sekali apabila breast pad yang telanjur Anda beli ternyata tidak cocok dengan bra yang Anda pakai. Maka dari itu, jangan lupa untuk memastikan bentuk breast pad, cara pasang, serta kompatibilitasnya dengan bra Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi breast pad terbaik bahan kain dan sekali pakai

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi breast pad terbaik yang telah dipilih khusus untuk Anda. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, Anda pun bisa memilih tipe yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai sampai salah pilih, ya!
10
TipeDisposable
MaterialPolimer
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan12 pcs, 36 pcs, 56 pcs
9
TipeDisposable
MaterialPolimer
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan24 pcs, 56 pcs
8
TipeWashable
MaterialKatun
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan6 pcs
7
TipeDisposable
MaterialTidak disebutkan
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan30 pcs, 60 pcs
6
TipeWashable
MaterialBamboo rayon, katun
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan8 pcs
5
TipeDisposable
MaterialTidak disebutkan
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan38 pcs, 68 pcs
4

LansinohDisposable Nursing Breast Pads with Blue Lock Core

Rp 51.000,00

TipeDisposable
MaterialTidak disebutkan
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan24 pcs, 60 pcs
3
TipeWashable
Material20% hemp, 40% bamboo rayon, 40% cotton
Diameter 12 cm
Isi dalam kemasan4 pcs
2

MothercareComfort Fit Breast Pads with Aloe Vera

052140130-D2328

Rp 169.000,00

TipeDisposable
MaterialTidak disebutkan
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan50 pcs
1
TipeDisposable
MaterialPolimer
Diameter Tidak disebutkan
Isi dalam kemasan12 pcs, 36 pcs, 60 pcs

Tabel perbandingan produk breast pad terbaik bahan kain dan sekali pakai

Gambar produk
1
Pigeon Breast Pads Honeycomb 1

Pigeon

2
Mothercare Comfort Fit Breast Pads with Aloe Vera 1

Mothercare

3
MOOIMOM Washable Nursing Pads 1

MOOIMOM

4
Lansinoh Disposable Nursing Breast Pads with Blue Lock Core 1

Lansinoh

5
Osaki Dacco Mama Pad Premium 1

Osaki

6
Bamboobies  Multi-pack Nursing Pads 1

Bamboobies

7
Medela Disposable Nursing Pads 1

Medela

8
Baby Oz Breastpad 1

Baby Oz

9
Osaki Dacco Mama Pad 1

Osaki

10
BabySafe Breast Pad Premium 1

BabySafe

Nama produk

Breast Pads Honeycomb

Comfort Fit Breast Pads with Aloe Vera

Washable Nursing Pads

Disposable Nursing Breast Pads with Blue Lock Core

Dacco Mama Pad Premium

Multi-pack Nursing Pads

Disposable Nursing Pads

Breastpad

Dacco Mama Pad

Breast Pad Premium

Keunggulan

Lebih nyaman tanpa efek penuh dan terasa menggembung

Mengandung ekstrak Aloe vera yang menenangkan

Terbuat dari serat bambu, alami dan tidak akan membuat puting lecet

Telah teruji secara klinis dan aman untuk kulit sensitif

Produk premium dengan empat perekat yang lebih kuat

Tersedia dua tipe pad untuk siang dan malam, praktis!

Memiliki bentuk melengkung yang dapat menyesuaikan bentuk payudara

Tetap lembut dan tidak kaku meski sering dicuci

Harga paling terjangkau, ideal untuk penggunaan sehari-hari

Cegah rembesan ASI pada baju dengan lapisan bawah yang tahan air

HargaRp 64.500,00Rp 169.000,00Rp 129.000,00Rp 51.000,00Rp 49.500,00Rp 400.000,00Rp 60.000,00Rp 35.000,00Rp 45.000,00Rp 25.000,00
TipeDisposableDisposableWashableDisposableDisposableWashableDisposableWashableDisposableDisposable
MaterialPolimerTidak disebutkan20% hemp, 40% bamboo rayon, 40% cottonTidak disebutkanTidak disebutkanBamboo rayon, katunTidak disebutkanKatunPolimerPolimer
Diameter Tidak disebutkanTidak disebutkan12 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Isi dalam kemasan12 pcs, 36 pcs, 60 pcs50 pcs4 pcs24 pcs, 60 pcs38 pcs, 68 pcs8 pcs30 pcs, 60 pcs6 pcs24 pcs, 56 pcs12 pcs, 36 pcs, 56 pcs
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan ibu menyusui lainnya di sini

Selain breast pad, masih banyak perlengkapan lain yang dapat mempermudah keseharian ibu menyusui. Kami pun telah mengulas mengenai berbagai keperluan selama menyusui tersebut. Selain cara memilihnya, kami juga merekomendasikan produk-produk terbaik yang dapat dijadikan sebagai referensi. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menyimaknya lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana dengan sepuluh produk yang telah kami rekomendasikan di atas? Baik tipe washable maupun tipe disposable memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Anda dapat memilah penggunaannya berdasarkan kondisi ataupun kuantitas produksi ASI Anda. 


Breast pad telah menjadi kebutuhan bagi ibu menyusui masa kini. Kegiatan menyusui dan merawat bayi pun pasti akan lebih mudah dengan kehadiran breast pad. Semoga Anda dapat menemukan breast pad yang paling sesuai dan nyaman untuk Anda gunakan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Tenang saja, kini sudah banyak produk ASI booster yang aman dan dijual di pasaran. Ibu yang baru melahirkan mungkin membutuhkan ASI booster untuk meningkatkan produksi serta kualitas ASI. Ada berbagai bentuk dan rasa produk ASI booster.Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk ASI booster sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Temukan juga berbagai produk terbaik, seperti Asifit, Mom Uung, dan Herbs of Gold, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca, ya mom!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    124.306 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    Saat hamil, kulit lebih sering bermasalah karena perubahan hormon. Kulit juga akan lebih rentan terhadap sinar UV sehingga Anda membutuhkan sunblock atau sunscreen sebagai pelindung. Ada berbagai jenis sunscreen yang dijual di pasaran dan membuat Anda bingung ketika memilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi sunscreen untuk ibu hamil dari brand seperti Shiseido, Innisfree, dan Kiehl’s. Tidak ketinggalan cara memilihnya pun akan kami jelaskan secara rinci supaya Anda tidak salah pilih. Temukan produk yang tepat bersama kami!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    39.139 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat proses menyusui, tidak hanya bayi saja yang membutuhkan nutrisi. Ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya bayi Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui.Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih susu ibu menyusui. Temukan juga beberapa rekomendasi merek susu ibu menyusui, seperti Prenagen, Anmum, atau Lactamil. Yuk, temukan produk susu ibu menyusui pilihan Anda dan berikanlah yang terbaik bagi si buah hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    20.288 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020)
    Selain rentan dehidrasi, ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI untuk bayi tetap memadai. Selain melancarkan ASI, minuman untuk ibu menyusui juga sebaiknya dapat memberikan efek relaksasi. Produsen teh seperti Ahmad Tea atau kopi seperti Nescafe telah menghadirkan minuman yang nikmat untuk ibu menyusui.Apakah Anda masih bimbang dalam memilih produk yang tepat? Agar tidak salah pilih, kami akan memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Namun, sebelum itu, simak dulu tips mengenai cara memilih minuman untuk ibu menyusui berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    14.357 Views
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak tanaman tertentu. Minyak ini biasanya didapatkan dari akar, batang, bunga, atau buah-buahan. Essential oil dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan untuk ibu hamil.Ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia. Untuk itu, ibu hamil disarankan memakai essential oil. Ada banyak merek yang beredar di pasaran, seperti Young Living, Organic Supply Co, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya untuk Anda. Namun, bacalah dahulu manfaat essential oil untuk ibu hamil.
    Perlengkapan & perawatan ibu
    1.197 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memasuki masa kehamilan, bentuk tubuh wanita akan berubah seiring dengan tumbuh kembang janin. Perubahan bentuk tubuh ini akan membuat para ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Nah, agar para ibu hamil bisa tidur dengan nyaman, kami sarankan untuk menggunakan bantal hamil. Banyak merek bantal hamil yang nyaman untuk ibu hamil, seperti Omiland, Mooimom, dan Mothercare yang bisa dijumpai di pasaran. Dari sekian banyak tipe dan merek bantal hamil, manakah bantal hamil yang tepat untuk Anda? Kami akan mengulas secara lengkap dan menyeluruh mengenai bantal hamil. Silakan disimak!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    100 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori