• 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2020)

Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan bagi Anda para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Di saat seperti itu, breast pad adalah solusinya!

Terdapat dua tipe breast pad, yaitu disposable dan washable, tetapi mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan produk breast pad dari Pigeon, Dr. Brown’s, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda yang berharga dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.733 Views
Daftar isi

Manfaat breast pad bagi ibu menyusui

Manfaat breast pad bagi ibu menyusui
Banyak orang yang menganggap bahwa mengurus bayi sama dengan proses menyusui. Namun, kenyataannya, mengurus bayi tidak hanya sampai situ saja. Pekerjaan yang terdengar sepele, seperti mengganti popok, memandikan, mencuci peralatan dan pakaian bayi, membuat waktu berjalan terasa sangat cepat. Banyak ibu yang merasa sangat kelelahan karena harus menyusui tengah malam sampai bayinya berumur satu tahun. Hingga tanpa disadari, bra dan baju dipenuhi bercak ASI.
Baju yang lembap, selain mudah dihinggapi jamur dan bakteri, juga terasa tak nyaman saat digunakan. Baju kotor bernoda ASI yang menumpuk pun akan menambah pekerjaan Anda. Maka dari itu, hadirnya breast pad tentu akan sangat membantu Anda. Selain mengurangi cucian karena pakaian tidak akan cepat kotor, breast pad dapat diganti dan digunakan dengan mudah. Untuk para ibu yang sibuk, breast pad bisa menjadi sahabat Anda.

Cara memilih breast pad

Ada 3 hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih breast pad. Dengan begitu, Anda pasti bisa menemukan breast pad yang cocok dengan kondisi kulit dan gaya hidup Anda. Agar tidak salah pilih, simak terus informasi di bawah ini, ya!

Pilihlah tipe breast pad sesuai dengan kebutuhan Anda

Dua tipe breast pad yang umum beredar di pasaran adalah tipe washable yang terbuat dari bahan kain dan tipe disposable atau sekali pakai. Masing-masing tipe memiliki keistimewaan masing-masing. Berikut ini akan kami bahas masing-masing karakteristiknya agar Anda dapat memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Washable breast pad yang ekonomis dan dapat digunakan berulang kali

Washable breast pad yang ekonomis dan dapat digunakan berulang kali
Kelebihan utama dari washable breast pad atau yang umumnya berbahan kain adalah lebih hemat karena dapat digunakan berulang kali. Bagi Anda yang menitikberatkan kualitas bahan, tipe ini dapat menjadi pilihan karena Anda dapat bertanya langsung mengenai hal tersebut pada penjualnya. Lagipula, breast pad berbahan kain sekarang ini lebih inovatif dengan daya serap lebih tinggi dan sirkulasi udara lebih baik dibandingkan pendahulunya. Dilihat dari segi fungsi, sebagian produk tipe ini juga memiliki kemampuan yang tak kalah dengan disposable breast pad.
Kekurangan dari breast pad tipe ini adalah Anda harus mempersiapkan wadah sebagai tempat breast pad bersih dan breast pad yang telah usai digunakan ketika bepergian. Untuk penggunaan di luar rumah, sepertinya penggunaan breast pad sekali pakai tetap menjadi favorit. Selain itu, karena payudara sering disentuh oleh bayi, Anda juga harus memikirkan hal kecil lain, seperti detergen yang Anda gunakan untuk mencucinya. Sebagian orang tak terlalu terganggu dengan kekurangan breast pad tipe ini, tetapi bagaimana dengan Anda?

Disposable breast pad yang praktis dan berdaya serap tinggi

Disposable breast pad yang praktis dan berdaya serap tinggi
Breast pad sekali pakai sangat praktis, higienis, dan mudah digunakan. Dengan daya serap yang tinggi, ASI tidak akan bocor dan noda bercak ASI tak akan menempel di pakaian Anda. Anda pun akan makin nyaman karena sebagian besar produk terbuat dari bahan yang lembut di kulit. Iritasi pada kulit payudara ibu pun dapat diminimalisir. Kebanyakan produk mengemas produknya dalam kemasan individual sehingga tetap higienis walau dibawa bepergian.
Akan tetapi, hampir seluruh produk breast pad sekali pakai memiliki komponen bahan kimia di dalamnya. Karena itulah, walau terbuat dari material yang lembut di kulit sekalipun, bukan mustahil tipe ini akan menimbulkan iritasi. Tipe ini umumnya menggunakan double tape agar pad menempel dengan kencang pada bra. Double tape inilah yang kadang menjadi sumber masalah kulit pada payudara para ibu. Tidak semua breast pad sekali pakai terbuat dari 100% bahan alami. Jadi, untuk Anda yang sensitif dengan bahan kimia, breast pad tipe ini kurang dianjurkan.

Pertimbangkan kuantitas ASI dan umur bayi dalam penggunaan breast pad

Pertimbangkan kuantitas ASI dan umur bayi dalam penggunaan breast pad
Selain mempertimbangkan tipe breast pad demi kenyamanan Anda, besarnya produksi ASI dan umur bayi Anda juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan tipe breast pad. Terutama pada breast pad sekali pakai, ada produk yang dapat menyerap sisa ASI lebih banyak daripada bahan kain. Jika bayi Anda masih berumur 0-4 bulan dan Anda pun masih memproduksi ASI dengan kuantitas besar, direkomendasikan untuk memilih produk yang berdaya serap tinggi.
Lalu, mendekati masa pemberian MPASI (bayi telah berumur 6-8 bulan), lemak dan bau amis ASI akan perlahan berkurang. Di masa itu, ASI tidak akan sederas sebelumnya sehingga bahan kain akan lebih ideal untuk digunakan. Kuantitas produksi ASI akan berubah seiring bertambahnya umur bayi Anda sehingga hal tersebut juga menjadi faktor penting dalam pemilihan tipe breast pad.

Periksa cara pasang, bentuk, dan kompatibilitasnya dengan bra Anda

Periksa cara pasang, bentuk, dan kompatibilitasnya dengan bra Anda
Pada umumnya, breast pad berbentuk bundar. Bentuknya akan pas apabila dipasang pada bra tipe full cup. Tetapi, tidak semua ibu menyusui memakai bra tipe full cup dalam kesehariannya. Ada juga yang memakai bra 3/4 cup atau tank top bra, tergantung bentuk dan besar payudara serta tingkat kekencangan tali bra favorit mereka.
Memang, sebisa mungkin breast pad dibuat dengan bentuk yang cocok dipasang di semua jenis bra. Akan tetapi, tetap saja ada bra yang tidak bisa pas dengan beberapa produk. Mubazir sekali apabila ternyata breast pad yang telanjur dibeli ternyata tidak cocok dengan bra yang Anda pakai. Maka dari itu, jangan lupa untuk memastikan cara pasang, bentuk breast pad, serta kompabilitasnya dengan bra Anda.

10 Rekomendasi breast pad terbaik bahan kain dan sekali pakai

Berikut adalah sepuluh rekomendasi breast pad terbaik yang telah kami pilih khusus untuk Anda. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, Anda bisa memilih tipe yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai sampai salah pilih, ya!

Baca juga rekomendasi berbagai aksesori pendukung keseharian ibu menyusui di sini!

Selain breast pad, masih banyak aksesori lain yang dapat mendukung dan mempermudah keseharian ibu menyusui. Selain berguna, produk-produk tersebut pun biasanya memiliki desain yang imut. Kegiatan menyusui dan merawat bayi pun akan lebih menyenangkan. Simak selengkapnya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana dengan sepuluh produk yang telah kami rekomendasikan di atas? Baik tipe washable maupun tipe disposable memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, tak perlu khawatir karena Anda dapat memilah penggunaannya berdasarkan kondisi, kuantitas produksi ASI, dan sebagainya.
Breast pad telah menjadi barang kebutuhan bagi ibu menyusui di masa kini. Kegiatan menyusui dan merawat bayi pun pasti akan lebih mudah dengan kehadiran breast pad. Semoga Anda dapat menemukan breast pad yang paling sesuai dengan kebutuhan dan nyaman untuk Anda gunakan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    184.534 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    97.413 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    77.749 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    48.369 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    52.027 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    57.641 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara untuk membantu bayi belajar duduk adalah dengan menggunakan kursi yang bisa menopang seluruh tubuh bayi dengan baik. Namun, banyaknya desain dan bahan kursi bayi mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kursi bayi untuk belajar duduk kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan sepuluh rekomendasi produk-produk terbaik, seperti dari merek Summer Infant, Bumbo, dan sebagainya. Selamat menyimak artikel kami! 
    Ibu & anak
    4.955 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori