mybest
Mainan kucing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)

Mainan kucing dapat membuat kucing Anda lebih aktif bergerak, bersemangat, dan terhindar dari stres. Ada beragam jenis mainan kucing lucu di pasaran, seperti tikus-tikusan, bola, dan lain sebagainya. Dari beragam pilihan tersebut, manakah yang cocok untuk kucing Anda? 

Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih mainan kucing yang bagus untuk Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan dan mengulas sepuluh produk terbaik. Di antaranya ada mainan kucing bergerak sampai yang berbentuk tikus. Yuk, lanjutkan membacanya untuk menemukan mainan yang dapat menyenangkan kucing kesayangan Anda!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Perbedaan mainan untuk kucing dewasa dan mainan anak kucing

Perbedaan mainan untuk kucing dewasa dan mainan anak kucing

Pastinya Anda mencari mainan kucing yang aman dan sesuai untuk hewan peliharaan kesayangan Anda. Namun, apakah produk yang beredar di pasaran cocok untuk semua kucing? Tidak mudah untuk menemukan mainan yang sesuai dengan usia kucing Anda karena ragam produknya.


Permainan untuk kucing dewasa tentunya berbeda dengan mainan anak kucing atau kitten. Mainan kucing dewasa lebih fokus untuk meningkatkan insting berburu. Sementara itu, mainan anak kucing didesain untuk mengasah kemampuan sensoris dan motorik


Selain fungsinya, mainan untuk kucing dewasa dan mainan anak kucing memiliki risiko keamanan yang berbeda. Kebanyakan mainan kesukaan kucing dewasa berukuran lebih besar dari mainan anak kucing. Selain itu, mainan anak kucing lebih lunak untuk digigit ketimbang mainan untuk kucing dewasa. 


Di artikel ini kami akan membahas mainan untuk kucing dewasaAnda juga mencari mainan untuk anak kucing? Tenang saja, kami telah mengulasnya secara khusus di artikel berikut. Silakan dibaca untuk menambah referensi Anda.

Cara memilih mainan kucing

Produk yang dijual di pasaran sudah beragam. Agar Anda makin mudah menemukan mainan kucing yang bagus, perhatikanlah poin-poin pentingnya berikut dari kami.

1

Tentukan jenis mainan kucing yang sesuai dengan kebutuhan

Mainan kucing terbagi ke dalam beberapa jenis dengan karakteristiknya tersendiri. Mari ketahui karakteristik dari tiap-tiap jenis mainan kucing lebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menentukan produk yang paling cocok untuk hewan peliharaan kesayangan Anda.

Cat teaser atau pancingan, meningkatkan keaktifan kucing

Cat teaser atau pancingan, meningkatkan keaktifan kucing
Mainan kucing jenis cat teaser atau pancingan kami rekomendasikan agar kucing Anda lebih aktif bergerak. Anda bisa mengarahkan mainan ini ke lantai atau bawah meja saat memainkannya. Kucing Anda akan mudah tergiur untuk menangkapnya. Jenis mainan kucing ini akan merangsang pergerakan aktif kucing karena dapat membuatnya berlari, melompat, dan berayun

Namun, mainan ini tidak disarankan untuk kucing yang tenaganya kuat. Jenis mainan kucing ini dapat rusak dengan cepat hanya dalam sekali tangkapan. Karena itu, pilihlah cat teaser dengan tongkat yang kuat. Perlu diingat juga, perhatikanlah kondisi di sekitar agar kucing Anda tidak menabrak benda ketika bermain. Jadi, ajaklah kucing Anda bermain di area yang lega. 

Terowongan dan bola, kucing dapat bermain sendiri tanpa perlu ditemani

Terowongan dan bola, kucing dapat bermain sendiri tanpa perlu ditemani

Jenis ini cocok bagi kucing yang suka main sendirian. Dengan mainan terowongan, kucing Anda bisa menyalurkan naluri eksplorasinya. Ada juga yang dilengkapi bola sehingga kucing Anda dapat memainkannya sambil keluar masuk terowongan. 


Bola biasanya mudah digigit kucing. Agar tidak tertelan oleh kucing Anda, pilihlah bola yang berukuran besar. Hal ini perlu diperhatikan saat Anda tidak bisa menemaninya bermain. Anda juga bisa memilih mainan kucing bola yang dilengkapi sirkuit. Bola pada produknya tidak dapat keluar dari jalur sehingga lebih aman bagi kucing Anda.

Boneka hewan, membantu kucing terhindar dari stres

Boneka hewan, membantu kucing terhindar dari stres

Mainan boneka hewan bisa digigit dan dipeluk oleh kucing untuk meredakan stres. Bahkan, ada mainan boneka yang mengandung catnip yang digemari oleh kucing. Bila Anda hendak membeli mainan boneka, pilihlah yang ukurannya minimal 20 cm. Kucing Anda bisa memeluk produknya dengan penuh sampai kaki belakang. 


Berhubung kucing Anda akan memeluk dan menggigit mainan boneka hewan, sebisa mungkin pilihlah bahan yang aman, seperti katun. Untuk Anda yang mementingkan kebersihan, ada baiknya juga untuk memilih mainan boneka hewan yang mudah dicuci.

Boneka berdecit dan tikus-tikusan, menstimulasi naluri berburu kucing

Boneka berdecit dan tikus-tikusan, menstimulasi naluri berburu kucing

Mainan yang berbunyi dan bergerak dapat mengasah kemampuan berburu kucing. Dengan mainan yang berdecit, kucing Anda akan makin tertarik untuk menangkap dan menggigitnya. Selain yang berdecit, Anda juga dapat memilih tikus-tikusan yang bisa digerakkan. Tidak hanya mengasah kemampuan berburu, mainan kucing bergerak dapat membuat kucing Anda berlarian dengan lincah.


Namun, jangan lupa untuk memperhatikan bagian yang mudah lepas ketika membeli jenis mainan kucing ini. Bagian mata tikus-tikusan dapat lepas dan tertelan oleh kucing Anda jika tidak dipisahkan lebih dahulu. Selain itu, perhatikanlah bahan mainan kucing tikus yang dapat digigit. Bahan elastis seperti silikon dan poliester relatif lebih aman untuk digigit kucing.

Laser atau mainan menyala, praktis dan mudah dimainkan di mana saja

Laser atau mainan menyala, praktis dan mudah dimainkan di mana saja

Keunggulan jenis mainan kucing ini adalah dapat dapat dimainkan di mana saja. Anda juga tidak perlu banyak bergerak ketika bermain laser dengan kucing sehingga tidak melelahkan. Tak seperti yang lain, Anda dapat membuat gerakan sulit dengan laser agar kucing Anda mengikutinya. Mainan ini tentu dapat melatih kegesitan kucing.


Hanya saja, mainan laser tidak memiliki bentuk fisik yang dapat ditangkap kucing. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengombinasikan mainan laser dengan mainan lain. Namun, cek dulu apakah kucing Anda tertarik pada cahaya atau tidak sebelum membeli mainan ini. Cara memeriksanya adalah dengan mengarahkan cahaya lampu melalui cermin ke kucing Anda. 


Selain itu, sebaiknya hindari mainan dengan cahaya laser sungguhan karena bisa berbahaya bagi mata kucing. Ada baiknya Anda memilih mainan laser dengan cahaya lampu light emitting diode (LED) yang relatif lebih aman.

2

Pilih mainan yang aman untuk kucing Anda

Pilih mainan yang aman untuk kucing Anda

Mainan dengan bagian kecil dapat tertelan oleh kucing. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih produk tanpa bagian kecil yang dapat terlepas. Jika mainan kucing yang Anda pilih dapat dibongkar pasang, pastikan produknya dapat terpasang dengan kuat. 


Selain itu, mainan dengan tali dapat melilit kucing. Jadi, awasilah kucing Anda ketika sedang bermain dengan produknya. Setelah selesai bermain, pastikan Anda menyimpan mainan-mainan kucing Anda di tempat yang aman dan tidak bisa dijangkau olehnya. 

3

Sesuaikan mainan kucing berdasarkan usianya

Sesuaikan mainan kucing berdasarkan usianya

Mainan kucing terbaik bisa ditentukan dari usia hewan peliharaan kesayangan Anda. Tidak hanya berbeda dari mainan anak kucing, jenis permainan untuk kucing dewasa berbeda dari kucing yang sudah tua.


Kucing dewasa biasanya mudah bosan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih mainan yang bergerak, berbunyi, bercahaya, atau mencolok warnanya. Produknya akan memicu insting berburu kucing Anda sehingga lebih menarik perhatiannya.


Untuk kucing yang sudah tua dengan kondisi kurang aktif bergerak, berikanlah mainan yang elastis atau tikus-tikusan. Selain itu, hindari juga membiarkan kucing Anda bermain di lantai yang keras. Sediakan ruangan berkarpet atau beralas empuk sebagai tempat bermain kucing Anda agar tidak menyakiti tubuhnya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mainan kucing yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan kucing yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

 Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 1

Rp4.000

Lebih Murah

Mengasah naluri berburu kucing dengan bunyi decitnya

2

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

 Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng 1

Rp5.799

Agak Murah

Mengejar bulu makin seru dengan lonceng yang nyaring

3

Opo Cat

Play Toy with Circuit Ball with Scratch Pad

Opo Cat Play Toy with Circuit Ball with Scratch Pad 1

Rp85.000

Agak Mahal

Memenuhi kebutuhan bermain dan menggaruk

4

Opo Cat

Play Toy Tower

Opo Cat Play Toy Tower 1

Rp54.500

Menengah

Asyik bermain bola tanpa takut hilang berkat sirkuit sirkular

5

Tumbler Treat Ball

 Tumbler Treat Ball 1

Rp169.900

Lebih Mahal

Makin disukai kucing karena bisa memberikan snack

6

CATNIPKISS Mainan Kucing Doll Fish

 CATNIPKISS Mainan Kucing Doll Fish  1

Rp28.000

Menengah

Double fun dengan catnip yang membuat anabul girang

7

Mainan Kucing Tikus Remote Control

 Mainan Kucing Tikus Remote Control 1

Rp38.900

Menengah

Kombinasi dua hal yang suka dikejar kucing

8

Paw Beam Laser Cat Toy

 Paw Beam Laser Cat Toy 1

Rp28.000

Menengah

Arahkan cahayanya sesuka Anda dan saksikan tingkah menggemaskan anabul!

9

petop

LED Magic Ball Mainan Kucing

petop LED Magic Ball Mainan Kucing 1

Rp59.999

Menengah

Dapat bergerak sendiri, ditambah lampu LED yang menarik perhatian pula!

10

Mainan Terowongan Lipat Tunnel 1 Arah

 Mainan Terowongan Lipat Tunnel 1 Arah 1

Rp70.000

Agak Mahal

Portabel dan praktis, mudah disimpan di mana saja

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 1
Sumber: shopee.co.id
Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 2
Sumber: shopee.co.id
Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp4.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp4.000
Lebih Murah

Mengasah naluri berburu kucing dengan bunyi decitnya

Kucing Anda memiliki naluri berburu yang harus diasah agar tidak stres. Bila Anda membutuhkan rekomendasi mainan kucing yang bagus untuk mengasah naluri berburunya, pertimbangkanlah produk ini. Selain bentuknya menyerupai tikus, mainan kucing ini juga dapat mengeluarkan bunyi berdecit yang khas ketika ditekan.

Anda bisa membunyikan mainan kucing tikus ini terlebih dahulu sebelum melemparnya. Dengan begitu, kucing Anda lebih tertarik untuk mengejarnya. Selain itu, produk ini elastis dan mudah digigit kucing. Bila di rumah Anda tidak ada objek yang bisa mengasah naluri berburu kucing, produk ini akan cepat menjadi mainan kesukaan kucing Anda.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

Harga referensi
Rp5.799
Agak Murah

Mengejar bulu makin seru dengan lonceng yang nyaring

Cat teaser ini merupakan salah satu mainan sederhana yang praktis, tetapi mudah menarik perhatian kucing. Mainan ini cocok dipilih jika Anda ingin sering bermain dengan kucing Anda.

Pancingan ini dilengkapi dengan bulu dan lonceng yang berbunyi ketika digerakkan. Mengejar bulu dengan suara nyaring dari lonceng tentunya tidak akan membosankan bagi kucing Anda.

No.3

Opo CatPlay Toy with Circuit Ball with Scratch Pad

Harga referensi
Rp85.000
Agak Mahal

Memenuhi kebutuhan bermain dan menggaruk

Jika kucing Anda mudah jenuh dengan mainan, produk ini bisa jadi solusinya. Mainan kucing three-in-one ini terdiri dari bola di sirkuit, bulu pompom layaknya cat teaser, serta alas cakar. Jadi, kucing Anda bisa menggunakannya dengan tiga cara berbeda. Kelengkapan permainannya membuat produk ini menjadi salah satu mainan kucing terbaik di pasaran.


Dengan memilih produk ini, Anda tidak perlu membelikan banyak mainan untuk kucing Anda. Selain itu, bentuknya ringkas. Kucing Anda juga dapat menggarukkan cakarnya pada scratch board produk ini tanpa harus merusak perabotan di rumah.

No.4

Opo CatPlay Toy Tower

Harga referensi
Rp54.500
Menengah

Asyik bermain bola tanpa takut hilang berkat sirkuit sirkular

Mainan kucing ini berbentuk menara tiga tingkat dengan bola pada setiap tingkatannya. Saat kucing Anda memainkannya, bola pada produk ini akan terus berputar di sirkuitnya karena tidak bisa diambil. Kucing Anda akan merasa gemas dan berusaha mengambilnya terus-menerus.


Berhubung bolanya tidak akan bergulir ke mana-mana, produk ini dapat dimainkan di area sempit. Anda juga tidak perlu khawatir bolanya hilang. Maka dari itu, mainan kucing bola ini pas untuk area bermain yang tidak terlalu luas.

No.5

Tumbler Treat Ball

Harga referensi
Rp169.900
Lebih Mahal

Makin disukai kucing karena bisa memberikan snack

Anda sering melupakan snack time kucing Anda? Atasi saja masalah tersebut dengan produk ini. Mainan ini dilengkapi dengan dispenser makanan kucing, lho. Dengan demikian, kucing Anda bisa mengambil snack sendiri saat memainkan produk ini.


Desainnya yang unik membuat mainan kucing bergerak ini tidak akan jatuh saat dimainkan. Dengan demikian, kucing Anda bisa bermain dengan produk ini sepuasnya. Perlu diketahui, bagian antenanya mungkin bisa dilepas sendiri oleh kucing Anda. Gunakanlah perekat jika Anda ingin membuatnya menempel dengan lebih baik.

No.6

CATNIPKISS Mainan Kucing Doll Fish

Harga referensi
Rp28.000
Menengah

Double fun dengan catnip yang membuat anabul girang

Pencinta kucing pasti sudah tahu tentang catnip. Aromanya yang khusus sangat disukai kucing. Menariknya, mainan boneka ini dilengkapi catnip di dalamnya. Dengan bentuk menyerupai ikan, boneka ini pasti disukai oleh kucing Anda.


Jika Anda ingin melihat kucing kesayangan yang biasanya bermalas-malasan jadi lebih ceria dan bersemangat, pilihlah produk ini. Ukurannya juga tidak terlalu panjang, hanya 20 cm. Dengan demikian, kucing Anda dapat mengigit dan membawanya ke mana-mana sesuka hati. 

No.7

Mainan Kucing Tikus Remote Control

Harga referensi
Rp38.900
Menengah

Kombinasi dua hal yang suka dikejar kucing

Mainan kucing ini akan menjadi pilihan yang lebih aman untuk kucing Anda ketimbang mengejar tikus yang asli. Pasalnya, tikus bisa membawa bakteri yang berbahaya untuk kucing Anda. Jadi, gunakan saja produk ini untuk mengalihkan perhatiannya.


Mainan ini merupakan kombinasi dua hal yang mudah menarik perhatian kucing, yakni tikus dan bergerak. Anda dapat membuatnya terlihat seperti tikus sungguhan dengan menggerakkannya lewat remote control. Sebagai informasi, mainan kucing tikus ini membutuhkan lima buah baterai AAA untuk mulai bisa dioperasikan.

No.8

Paw Beam Laser Cat Toy

Harga referensi
Rp28.000
Menengah

Arahkan cahayanya sesuka Anda dan saksikan tingkah menggemaskan anabul!

Tidak seperti mainan laser lainnya, produk ini diberi desain yang unik. Bentuknya terinspirasi dari telapak kaki kucing sehingga terlihat cute. Belum lagi kombinasi warnanya yang manis. Tidak hanya hewan peliharaan, Anda juga akan jatuh cinta dengan mainan kucing lucu ini.


Produk ini merupakan mainan yang mengeluarkan cahaya laser LED. Anda dapat mengarahkan cahayanya ke lantai dan dinding untuk melihat kucing Anda bergerak menangkapnya. Cahaya produk ini bahkan bisa menarik perhatian kucing-kucing di sekitarnya sekaligus. Oleh karenanya, produk ini akan menjadi solusi hemat jika Anda memelihara lebih dari satu kucing di rumah.

No.9

petopLED Magic Ball Mainan Kucing

Harga referensi
Rp59.999
Menengah

Dapat bergerak sendiri, ditambah lampu LED yang menarik perhatian pula!

Jika Anda jarang punya waktu untuk bermain dengan kucing Anda, pilihlah produk ini. Dengan pergerakan yang otomatis, Anda tidak perlu repot menggerakkannya secara manual. Cukup diisi dengan baterai, mainan kucing bola ini mampu bergerak sendiri. Kucing Anda dapat terus mengejarnya tanpa Anda harus gerakkan. 


Selain itu, mainan ini dilengkapi cahaya LED mirip laser yang dapat menarik perhatian kucing. Hewan peliharaan kesayangan Anda akan tertarik untuk menangkap cahaya yang ada di mainan kucing bergerak ini. Meski sedang tidak bisa bermain bersama, pasti sangat asyik ketika melihat kucing Anda mengejar bola ini. Produk ini bahkan sudah termasuk baterainya, lho.

No.10

Mainan Terowongan Lipat Tunnel 1 Arah

Harga referensi
Rp70.000
Agak Mahal

Portabel dan praktis, mudah disimpan di mana saja

Menjelajah adalah salah satu kegiatan yang disukai kucing. Nah, produk ini dapat membawa aktivitas kegemaran kucing tersebut ke rumah Anda. Mainan kucing ini adalah terowongan yang dapat dilipat. Produk ini tentu mudah untuk dibersihkan dan dirapikan setelah dimainkan. 


Selain itu, produk ini dilengkapi dengan dua bola yang dapat menarik perhatian kucing. Kucing Anda akan tergiur untuk masuk ke dalam terowongan ini sambil memainkan bolanya. Jika kucing Anda sedang senang-senangnya mengeksplorasi, produk ini tentu akan membahagiakannya. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Selain diajak bermain, kucing Anda juga memerlukan grooming. Sisir, gunting kuku, dan sikat gigi kucing pun sebaiknya Anda miliki. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda. Yuk, baca ulasan selengkapnya dari kami di artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Mainan kucing sudah beragam jenisnya. Anda perlu memikirkan berbagai aspek sebelum membeli, seperti karakteristik dan keamanan mainannya. Tidak hanya soal kesenangan hewan peliharaan, Anda juga perlu memperhatikan kesehatannya.


Kami berharap Anda bisa menemukan mainan kucing yang bagus dari tips dan rekomendasi produk di atas. Pastikan Anda memilih mainan yang dibutuhkan kucing Anda, ya. Dengan begitu, interaksi Anda bersama kucing kesayangan akan makin seru!

5 Rekomendasi Mainan Kucing terbaik

No. 1: Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

No. 2: Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

No. 3: Opo CatPlay Toy with Circuit Ball with Scratch Pad

No. 4: Opo CatPlay Toy Tower

No. 5: Tumbler Treat Ball

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.