• 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Mainan kucing dapat membuat kucing Anda lebih aktif bergerak, bersemangat, dan terhindar dari stres. Ada beragam jenis mainan kucing lucu di pasaran, seperti tikus-tikusan, bola, dan lain sebagainya. Dari beragam pilihan tersebut, manakah yang cocok untuk kucing Anda? 

Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih mainan kucing yang bagus untuk Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan dan mengulas sepuluh produk terbaik. Di antaranya ada mainan kucing bergerak sampai yang berbentuk tikus. Yuk, lanjutkan membacanya untuk menemukan mainan yang dapat menyenangkan kucing kesayangan Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Wintercat
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Perbedaan mainan untuk kucing dewasa dan mainan anak kucing

Perbedaan mainan untuk kucing dewasa dan mainan anak kucing

Pastinya Anda mencari mainan kucing yang aman dan sesuai untuk hewan peliharaan kesayangan Anda. Namun, apakah produk yang beredar di pasaran cocok untuk semua kucing? Tidak mudah untuk menemukan mainan yang sesuai dengan usia kucing Anda karena ragam produknya.


Permainan untuk kucing dewasa tentunya berbeda dengan mainan anak kucing atau kitten. Mainan kucing dewasa lebih fokus untuk meningkatkan insting berburu. Sementara itu, mainan anak kucing didesain untuk mengasah kemampuan sensoris dan motorik


Selain fungsinya, mainan untuk kucing dewasa dan mainan anak kucing memiliki risiko keamanan yang berbeda. Kebanyakan mainan kesukaan kucing dewasa berukuran lebih besar dari mainan anak kucing. Selain itu, mainan anak kucing lebih lunak untuk digigit ketimbang mainan untuk kucing dewasa. 


Di artikel ini kami akan membahas mainan untuk kucing dewasaAnda juga mencari mainan untuk anak kucing? Tenang saja, kami telah mengulasnya secara khusus di artikel berikut. Silakan dibaca untuk menambah referensi Anda.

Cara memilih mainan kucing

Produk yang dijual di pasaran sudah beragam. Agar Anda makin mudah menemukan mainan kucing yang bagus, perhatikanlah poin-poin pentingnya berikut dari kami.

Tentukan jenis mainan kucing yang sesuai dengan kebutuhan

Mainan kucing terbagi ke dalam beberapa jenis dengan karakteristiknya tersendiri. Mari ketahui karakteristik dari tiap-tiap jenis mainan kucing lebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menentukan produk yang paling cocok untuk hewan peliharaan kesayangan Anda.

Cat teaser atau pancingan, meningkatkan keaktifan kucing

Cat teaser atau pancingan, meningkatkan keaktifan kucing
Mainan kucing jenis cat teaser atau pancingan kami rekomendasikan agar kucing Anda lebih aktif bergerak. Anda bisa mengarahkan mainan ini ke lantai atau bawah meja saat memainkannya. Kucing Anda akan mudah tergiur untuk menangkapnya. Jenis mainan kucing ini akan merangsang pergerakan aktif kucing karena dapat membuatnya berlari, melompat, dan berayun

Namun, mainan ini tidak disarankan untuk kucing yang tenaganya kuat. Jenis mainan kucing ini dapat rusak dengan cepat hanya dalam sekali tangkapan. Karena itu, pilihlah cat teaser dengan tongkat yang kuat. Perlu diingat juga, perhatikanlah kondisi di sekitar agar kucing Anda tidak menabrak benda ketika bermain. Jadi, ajaklah kucing Anda bermain di area yang lega. 

Terowongan dan bola, kucing dapat bermain sendiri tanpa perlu ditemani

Terowongan dan bola, kucing dapat bermain sendiri tanpa perlu ditemani

Jenis ini cocok bagi kucing yang suka main sendirian. Dengan mainan terowongan, kucing Anda bisa menyalurkan naluri eksplorasinya. Ada juga yang dilengkapi bola sehingga kucing Anda dapat memainkannya sambil keluar masuk terowongan. 


Bola biasanya mudah digigit kucing. Agar tidak tertelan oleh kucing Anda, pilihlah bola yang berukuran besar. Hal ini perlu diperhatikan saat Anda tidak bisa menemaninya bermain. Anda juga bisa memilih mainan kucing bola yang dilengkapi sirkuit. Bola pada produknya tidak dapat keluar dari jalur sehingga lebih aman bagi kucing Anda.

Boneka hewan, membantu kucing terhindar dari stres

Boneka hewan, membantu kucing terhindar dari stres

Mainan boneka hewan bisa digigit dan dipeluk oleh kucing untuk meredakan stres. Bahkan, ada mainan boneka yang mengandung catnip yang digemari oleh kucing. Bila Anda hendak membeli mainan boneka, pilihlah yang ukurannya minimal 20 cm. Kucing Anda bisa memeluk produknya dengan penuh sampai kaki belakang. 


Berhubung kucing Anda akan memeluk dan menggigit mainan boneka hewan, sebisa mungkin pilihlah bahan yang aman, seperti katun. Untuk Anda yang mementingkan kebersihan, ada baiknya juga untuk memilih mainan boneka hewan yang mudah dicuci.

Boneka berdecit dan tikus-tikusan, menstimulasi naluri berburu kucing

Boneka berdecit dan tikus-tikusan, menstimulasi naluri berburu kucing

Mainan yang berbunyi dan bergerak dapat mengasah kemampuan berburu kucing. Dengan mainan yang berdecit, kucing Anda akan makin tertarik untuk menangkap dan menggigitnya. Selain yang berdecit, Anda juga dapat memilih tikus-tikusan yang bisa digerakkan. Tidak hanya mengasah kemampuan berburu, mainan kucing bergerak dapat membuat kucing Anda berlarian dengan lincah.


Namun, jangan lupa untuk memperhatikan bagian yang mudah lepas ketika membeli jenis mainan kucing ini. Bagian mata tikus-tikusan dapat lepas dan tertelan oleh kucing Anda jika tidak dipisahkan lebih dahulu. Selain itu, perhatikanlah bahan mainan kucing tikus yang dapat digigit. Bahan elastis seperti silikon dan poliester relatif lebih aman untuk digigit kucing.

Laser atau mainan menyala, praktis dan mudah dimainkan di mana saja

 Laser atau mainan menyala, praktis dan mudah dimainkan di mana saja

Keunggulan jenis mainan kucing ini adalah dapat dapat dimainkan di mana saja. Anda juga tidak perlu banyak bergerak ketika bermain laser dengan kucing sehingga tidak melelahkan. Tak seperti yang lain, Anda dapat membuat gerakan sulit dengan laser agar kucing Anda mengikutinya. Mainan ini tentu dapat melatih kegesitan kucing.


Hanya saja, mainan laser tidak memiliki bentuk fisik yang dapat ditangkap kucing. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengombinasikan mainan laser dengan mainan lain. Namun, cek dulu apakah kucing Anda tertarik pada cahaya atau tidak sebelum membeli mainan ini. Cara memeriksanya adalah dengan mengarahkan cahaya lampu melalui cermin ke kucing Anda. 


Selain itu, sebaiknya hindari mainan dengan cahaya laser sungguhan karena bisa berbahaya bagi mata kucing. Ada baiknya Anda memilih mainan laser dengan cahaya lampu light emitting diode (LED) yang relatif lebih aman.

Pilih mainan yang aman untuk kucing Anda

Pilih mainan yang aman untuk kucing Anda

Mainan dengan bagian kecil dapat tertelan oleh kucing. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih produk tanpa bagian kecil yang dapat terlepas. Jika mainan kucing yang Anda pilih dapat dibongkar pasang, pastikan produknya dapat terpasang dengan kuat. 


Selain itu, mainan dengan tali dapat melilit kucing. Jadi, awasilah kucing Anda ketika sedang bermain dengan produknya. Setelah selesai bermain, pastikan Anda menyimpan mainan-mainan kucing Anda di tempat yang aman dan tidak bisa dijangkau olehnya. 

Sesuaikan mainan kucing berdasarkan usianya

Sesuaikan mainan kucing berdasarkan usianya

Mainan kucing terbaik bisa ditentukan dari usia hewan peliharaan kesayangan Anda. Tidak hanya berbeda dari mainan anak kucing, jenis permainan untuk kucing dewasa berbeda dari kucing yang sudah tua.


Kucing dewasa biasanya mudah bosan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih mainan yang bergerak, berbunyi, bercahaya, atau mencolok warnanya. Produknya akan memicu insting berburu kucing Anda sehingga lebih menarik perhatiannya.


Untuk kucing yang sudah tua dengan kondisi kurang aktif bergerak, berikanlah mainan yang elastis atau tikus-tikusan. Selain itu, hindari juga membiarkan kucing Anda bermain di lantai yang keras. Sediakan ruangan berkarpet atau beralas empuk sebagai tempat bermain kucing Anda agar tidak menyakiti tubuhnya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Mainan Tongkat dengan Tali Bulu Penggoda Kucing

Mulai dari Rp 10.000,00

10 Rekomendasi mainan kucing yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan kucing yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran50 cm x 25 cm
BahanBaja dan nilon
Daya tarikInteraktif
9
UkuranDiameter ± 6 cm
BahanTidak disebutkan
Daya tarikBercahaya, bergerak
8
UkuranPanjang 10 cm
BahanPlastik
Daya tarikCahaya LED
7

Mainan Kucing Tikus Remote Control

Mulai dari Rp 38.900,00

UkuranTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
Daya tarikBergerak
6

CATNIPKISS Mainan Kucing Doll Fish

Mulai dari Rp 28.000,00

UkuranPanjang 20 cm
BahanTidak disebutkan
Daya tarikCatnip
5
UkuranTidak disebutkan
BahanPlastik
Daya tarikInteraktif
4
Ukuran25 cm x 25 cm x 13 cm
BahanPlastik
Daya tarikInteraktif, warna mencolok
3

Opo CatPlay Toy with Circuit Ball with Scratch Pad

Mulai dari Rp 85.000,00

UkuranDiameter 35 cm
BahanPlastik
Daya tarikInteraktif
2

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

Mulai dari Rp 5.799,00

UkuranPanjang 41 cm/65 cm
BahanTidak disebutkan
Daya tarikBerbunyi, warna mencolok
1
UkuranPanjang 13 cm
BahanSilikon
Daya tarikBerbunyi, warna mencolok

Tabel perbandingan produk mainan kucing yang bagus

Gambar produk
1
Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit 1

2
Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng 1

3
Opo Cat Play Toy with Circuit Ball with Scratch Pad 1

Opo Cat

4
Opo Cat Play Toy Tower 1

Opo Cat

5
Tumbler Treat Ball 1

6
CATNIPKISS Mainan Kucing Doll Fish  1

7
Mainan Kucing Tikus Remote Control 1

8
Paw Beam Laser Cat Toy 1

9
petop LED Magic Ball Mainan Kucing 1

petop

10
Mainan Terowongan Lipat Tunnel 1 Arah 1

Nama produk

Mainan Kucing Tikus Bunyi Cit

Stick Mainan Kucing Bulu Lonceng

Play Toy with Circuit Ball with Scratch Pad

Play Toy Tower

Tumbler Treat Ball

CATNIPKISS Mainan Kucing Doll Fish

Mainan Kucing Tikus Remote Control

Paw Beam Laser Cat Toy

LED Magic Ball Mainan Kucing

Mainan Terowongan Lipat Tunnel 1 Arah

Keunggulan

Mengasah naluri berburu kucing dengan bunyi decitnya

Mengejar bulu makin seru dengan lonceng yang nyaring

Memenuhi kebutuhan bermain dan menggaruk

Asyik bermain bola tanpa takut hilang berkat sirkuit sirkular

Makin disukai kucing karena bisa memberikan snack

Double fun dengan catnip yang membuat anabul girang

Kombinasi dua hal yang suka dikejar kucing

Arahkan cahayanya sesuka Anda dan saksikan tingkah menggemaskan anabul!

Dapat bergerak sendiri, ditambah lampu LED yang menarik perhatian pula!

Portabel dan praktis, mudah disimpan di mana saja

Harga mulai dariRp 4.000,00Rp 5.799,00Rp 85.000,00Rp 54.500,00Rp 169.900,00Rp 28.000,00Rp 38.900,00Rp 28.000,00Rp 59.999,00Rp 70.000,00
UkuranPanjang 13 cmPanjang 41 cm/65 cmDiameter 35 cm25 cm x 25 cm x 13 cmTidak disebutkanPanjang 20 cmTidak disebutkanPanjang 10 cmDiameter ± 6 cm50 cm x 25 cm
BahanSilikonTidak disebutkanPlastikPlastikPlastikTidak disebutkanTidak disebutkanPlastikTidak disebutkanBaja dan nilon
Daya tarikBerbunyi, warna mencolokBerbunyi, warna mencolokInteraktifInteraktif, warna mencolokInteraktifCatnipBergerakCahaya LEDBercahaya, bergerakInteraktif
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Selain diajak bermain, kucing Anda juga memerlukan grooming. Sisir, gunting kuku, dan sikat gigi kucing pun sebaiknya Anda miliki. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda. Yuk, baca ulasan selengkapnya dari kami di artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Mainan kucing sudah beragam jenisnya. Anda perlu memikirkan berbagai aspek sebelum membeli, seperti karakteristik dan keamanan mainannya. Tidak hanya soal kesenangan hewan peliharaan, Anda juga perlu memperhatikan kesehatannya.


Kami berharap Anda bisa menemukan mainan kucing yang bagus dari tips dan rekomendasi produk di atas. Pastikan Anda memilih mainan yang dibutuhkan kucing Anda, ya. Dengan begitu, interaksi Anda bersama kucing kesayangan akan makin seru!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merk pasir kucing juga cukup banyak, seperti Cub n Kit, Sumo Cat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini adalah step by step memilih pasir kucing yang bagus. 
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Kulitnya pun sensitif sehingga memilih shampo untuknya membutuhkan perhatian yang khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan anak kucing Anda menjadi taruhannya karena salah memilih shampo, bukan?Menjaga kebersihan kucing kesayangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, penggunaan shampo kitten dari merek tepercaya, seperti Tropiclean, Earthbath, dan lainnya akan sangat membantu. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih shampo anak kucing yang bagus serta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cat hammock atau tempat tidur kucing gantung belakangan ini makin populer di kalangan cat lovers. Dengan ayunan pelan dari cat hammock, kucing Anda bisa beristirahat dengan relaks di atasnya. Akan tetapi, terdapat banyak tipe cat hammock di pasaran dengan beragam jenisnya. Jadi, cat hammock seperti apakah yang tepat untuk kucing Anda?Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan merekomendasikan produk-produk cat hammock yang bagus untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memaparkan cara memilihnya. Pilihlah produk terbaik dari rekomendasi kami dan ciptakanlah tidur yang berkualitas untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori