• 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)

Setelah gigi bayi mulai tumbuh, tentu itu pertanda bahwa Anda harus mulai menyiapkan sikat gigi khusus untuk anak. Memulai kegiatan menyikat gigi sejak kecil akan membangun kebiasaan disiplin yang baik saat dia dewasa nantinya. Namun, tentu saja sikat gigi yang digunakan untuk anak-anak berbeda dengan sikat gigi dewasa.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara pemilihan sikat gigi anak dengan berbagai pertimbangan sesuai usia anak. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi, mulai dari keluaran merek terkenal, seperti Pigeon, Oral-B, Cussons, dan lainnya. Simak dengan saksama dan temukanlah sikat gigi yang paling tepat untuk anak Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.737 Views
Daftar isi

Cara memilih sikat gigi anak

Ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan ketika memilih sikat gigi untuk anak-anak, misalnya sisi keamanan saat pemakaian, bentuk handle yang mudah digenggam, ukuran kepala sikat, kelembutan bulu sikat, dan lainnya. Namun, di antara banyaknya poin tersebut, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang tepat berdasarkan usia anak.
Menyikat gigi sebaiknya dimulai sejak awal ketika Anda mulai mengenalkan makanan pendamping ASI pada bayi. Awalnya, Anda bisa membantu menggenggam sikat gigi bersama anak sebagai latihan untuk memasukkan sikat gigi ke dalam mulut. Di masa latihan seperti ini, peran orang tua sangat penting karena harus membantu penyelesaian akhir dalam proses menyikat gigi.
Sekarang, kami akan membahas poin-poin tentang bagaimana memilih sikat gigi untuk anak-anak sesuai umurnya.

Untuk umur 0 – 2 tahun, pilih kepala sikat yang kecil dan permukaan bulu yang rata

Untuk umur 0 – 2 tahun, pilih kepala sikat yang kecil dan permukaan bulu yang rata
Ketika Anda mulai memberikan makanan bayi, itu berarti pengenalan sikat gigi juga dimulai. Meski ada anggapan bahwa membersihkan gigi anak pada usia ini cukup dilakukan dengan menggunakan kasa, ada baiknya mengenalkan sikat gigi lebih awal agar anak-anak bisa terbiasa menggunakannya. Mungkin ada masanya bulu sikat mudah rusak karena digigit oleh bayi Anda. Jadi, pastikan untuk memeriksa secara rutin kondisi sikat gigi yang digunakan.
Pada usia ini, anak-anak masih kesulitan untuk menggosok giginya sendiri sehingga orang tua diharapkan masih mendampingi anak dalam menggosok gigi, dan tentu gosokan dari orang tua lebih besar porsinya. Sedangkan untuk pilihan sikat gigi, pilihlah produk yang berkepala kecil dengan bulu yang rata dan tingkat kelembutan normal.

Untuk umur 3 – 5 tahun, pilih yang pegangannya dilengkapi pelindung

Untuk umur 3 – 5 tahun, pilih yang pegangannya dilengkapi pelindung
Pada usia ini anak-anak sudah mulai terbiasa menggosok gigi setelah makan atau tidur. Namun, karena pada usia ini tingkah lakunya juga menjadi aktif, biasanya anak-anak berlarian dengan sikat gigi dan hal tersebut sangat berbahaya. Untuk itu, penting memilih sikat gigi dengan mempertimbangkan sisi keamanan. Disarankan untuk memilih produk yang pegangannya dilengkapi pelindung atau dirancang dengan sudut tertentu untuk menghindari risiko tenggorokan tersedak dan melindungi benturan dengan gigi depan.
Meskipun masih membutuhkan bantuan orang tua untuk menggosok gigi anak, tetapi Anda harus menambah porsi anak dalam menyikat gigi. Jadi, pilihlah produk yang mudah dipegang agar anak tidak merasa kesulitan atau tidak suka menggunakan sikat gigi. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memilih sikat gigi yang kedua sisinya nyaman digenggam, baik bagian depan maupun belakang. Pada usia ini, biasanya gigi susu anak telah tumbuh besar dan lebar. Jadi, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat selebar sekitar tiga baris bulu dan ukuran panjang bulu yang cukup pendek.

Untuk umur 6 – 12 tahun, pilih yang nyaman digenggam dan sesuai dengan kesukaan anak

Untuk umur 6 – 12 tahun, pilih yang nyaman digenggam dan sesuai dengan kesukaan anak
Setelah melewati rentang usia ini, anak Anda akan mulai menggunakan sikat gigi untuk orang dewasa. Ketika anak sudah memasuki kelas atas SD, Anda tidak akan lagi melakukan finishing atau mengecek hasil sikatnya. Untuk itu, di masa ini pilihlah sikat gigi yang membantunya mahir menyikat gigi secara mandiri.
Rentang usia ini juga adalah masa dimana anak-anak biasanya mulai menunjukkan kegemaran akan warna atau karakter tertentu. Jadi, disarankan untuk memilih sikat gigi yang sesuai dengan kepribadian anak agar dia menyukai kegiatan menyikat gigi.
Memasuki periode usia ini, Anda bisa mulai memilih karakter favorit anak di toko bersama-sama. Anak-anak sendiri akan menikmati menyikat gigi dengan memilih sesuatu yang mereka sukai.
Gigi geraham pertama (first molar) akan tumbuh pada usia 6 tahun, kemudian gigi geraham belakang (second molar) tumbuh pada usia 12 tahun, dan secara bertahap semua menjadi gigi permanen. Jadi, ini adalah masanya mengubah pilihan ukuran sikat gigi ke ukuran yang sedikit lebih besar. Karena ukuran tinggi gigi permanen lebih panjang, pilihlah sikat gigi dengan ukuran yang cukup besar.
Selain itu, pastikan cara memegang handle sikat tidak akan merusak gigi dan menggores gusi anak Anda. Sejak usia ini, latihlah anak Anda untuk memegang sikat gigi dengan cara seperti memegang pensil agar tekanan yang diberikan tidak terlalu kuat. Jadi, pilihlah sikat gigi yang nyaman dipegang seperti memegang pensil.

Untuk sikat gigi finishing, pilih yang mudah digunakan dan mampu membersihkan secara maksimal

Untuk sikat gigi finishing, pilih yang mudah digunakan dan mampu membersihkan secara maksimal
Menyikat gigi anak adalah tanggung jawab orang tua pada awalnya. Meskipun begitu, saat anak-anak tidak mau diam ketika disikat giginya, penting untuk menyikat gigi dengan cepat dan lembut. Jadi, pertimbangkan juga untuk memilih sikat gigi yang dibuat khusus untuk finishing dan didesain untuk membantu menyelesaikan proses menyikat gigi anak dengan baik.
Saat memilih sikat gigi untuk pemolesan akhir, perhatikan apakah produk tersebut bisa dipegang dengan cara pegangan pensil dan mudah digunakan untuk membersihkan permukaan gigi secara maksimal serta menjangkau hingga ke bagian kecil antara gusi dan gigi.

10 Rekomendasi sikat gigi anak terbaik

Setelah membaca cara pemilihan sikat gigi sesuai usia anak, kami akan memberi rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi. Kami telah menyortirnya berdasarkan keterangan umur serta cost & performance dari produk tersebut. Jadi, selamat memilih!

3. Oral-B Stages 4 Stargate Kids toothbrush (8 years+)

Rp 16.500,00

2. Jack N’ Jill Silicone Baby Toothbrush – Stage 2

Rp 90.000,00

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel tentang pemilihan sikat gigi anak kali ini? Ternyata pada setiap pertumbuhan usia, penggunaan sikat giginya berbeda juga, ya!
Pemilihan sikat gigi yang tepat sesuai usia akan mempengaruhi kesehatan dan kebersihan gigi anak di masa depan. Setelah membaca artikel kami, semoga Anda tidak lagi kebingungan dalam membeli sikat bagi anak Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    184.546 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    97.415 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    77.755 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    48.373 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    52.034 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    57.646 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas (Terbaru Tahun 2020)
    Pemberian MPASI (Makanan Pengganti Air Susu Ibu) pada bayi usia 6 bulan, mungkin membuat Anda mulai memperhatikan jenis-jenis produk MPASI yang dijual di pasaran. Yummy Bites, Gerber, Heinz, Nestle, dan banyak lagi merek MPASI lainnya menyediakan berbagai rasa, bentuk, dan jenis yang bisa Anda pilih.Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih makanan pengganti ASI untuk bayi-bayi berusia di atas 6 bulan serta sepuluh rekomendasi produk MPASI terbaik. Produk ini dapat membantu Anda menyiapkan makanan dengan aman dan memberikan yang terbaik untuk bayi Anda. Selamat memilih!
    Ibu & anak
    3.251 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori