10 Rekomendasi Walker Alat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Walker Alat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Alat bantu jalan atau biasa disebut dengan walker merupakan alat tambahan bagi orang yang mengalami kesulitan berjalan. Misalnya, seperti untuk proses fisioterapi, latihan berjalan setelah sakit, atau untuk orang yang sudah berusia lanjut. Walker memiliki berbagai macam tipe, yaitu fixed walker, alternating walker, dan walker roda yang mungkin membuat Anda bingung memilih yang sesuai.

Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih walker terbaik. Setelahnya, kami juga akan memberikan rekomendasi produk walker yang dapat Anda beli dengan mudah di online shop. Silakan simak artikel ini dan temukan produk favorit yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih walker alat bantu jalan terbaik

Walker merupakan alat yang memiliki empat kaki seperti kursi yang dipakai untuk menopang tubuh dengan kuat ketika berjalan. Akan tetapi, jika Anda salah menggunakan walker yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh, Anda dapat terjatuh dan menyebabkan cedera yang serius. Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini kami akan membagikan tips cara memilih walker yang sesuai untuk Anda.

Pilih jenis walker sesuai dengan kondisi pemakainya

Walker memiliki berbagai macam jenis dan tipe sehingga memilih walker yang nyaman dan cocok untuk Anda sangatlah penting. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan tiga jenis walker yang biasa dipakai secara umum.

Fixed walker: untuk berjalan sambil mengangkat

Fixed walker: untuk berjalan sambil mengangkat

Fixed walker merupakan tipe walker yang memiliki kaki empat tanpa roda. Mungkin sekilas Anda bingung bagaimana cara menggunakannya. Untuk menggunakan walker ini, pengguna hanya perlu mengangkat sedikit walker dan mendorongnya ke depan secara perlahan. Meskipun sedikit tidak nyaman, walker ini memiliki stabilitas yang sangat baik dan lebih kuat dibandingkan walker tipe lainnya. Karena diperlukan gerakan mengangkat ketika memakai walker ini, bagi Anda yang tak bisa mengangkat lengan mungkin akan sedikit kesulitan. Namun, untuk proses latihan berjalan dalam masa pemulihan, walker ini cocok digunakan karena bentuknya yang kokoh.

Alternating type walker: dapat bergerak secara bergantian

Alternating type walker: dapat bergerak secara bergantian

Tipe yang kedua adalah alternating type walker. Hampir mirip dengan walker tipe sebelumnya, walker ini juga memiliki empat kaki yang dipakai untuk menyangga. Akan tetapi, keunggulan walker ini adalah mampu bergerak secara bergantian dan tetap stabil. Dengan menggunakan walker ini, Anda akan merasa seperti menggerakkan tongkat sebelah kanan, tetapi melangkah dengan kaki kiri, atau sebaliknya. Walker tipe alternating ini cocok untuk pengguna yang tidak bisa sepenuhnya menyeimbangkan tubuh karena memiliki beberapa jenis penyakit tertentu.

Walker roda atau rollator: lebih mudah untuk digerakkan

Walker roda atau rollator: lebih mudah untuk digerakkan

Yang ketiga adalah tipe walker yang dilengkapi dengan roda. Karena terdapat roda, Anda dapat berjalan dengan lebih mudah dan ringan dengan walker ini. Terdapat dua macam walker untuk tipe ini, yaitu walker yang hanya memiliki roda di bagian depan saja dan yang memiliki roda di keempat sisinya. Dengan walker ini, pengguna yang tidak dapat mengangkat lengan juga dapat memakainya hanya dengan menekannya saja. Namun, karena memiliki roda, terdapat risiko tergelincir saat menggunakan rollator sehingga Anda harus lebih berhati-hati.

Untuk walker yang hanya memiliki roda dua di bagian depannya, pengguna perlu sedikit mengangkat bagian belakangnya ketika berjalan. Akan tetapi, walker tipe roda di depan lebih stabil sehingga lebih aman untuk digunakan.

Pilihlah walker yang sesuai dengan tinggi badan

Pilihlah walker yang sesuai dengan tinggi badan

Untuk memilih walker yang mudah digunakan, pilihlah yang tingginya sesuai dengan tinggi pengguna. Apabila walker yang digunakan terlalu pendek atau terlalu tinggi, pengguna memerlukan tenaga ekstra ketika memakainya. Ketinggian optimal untuk walker dapat dihitung rumus: Tinggi badan : (2 + 2-3 cm). Selanjutnya, untuk pengguna yang kesulitan mengangkat lengannya, pertimbangkanlah posisi lengan pada walker ketika memakainya.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah space yang diperlukan ketika pengguna akan pergi ke luar rumah atau melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, dibutuhkan sekitar berapa sentimeter untuk memakai sepatu. Jika dipakai di dalam ruangan, mungkin hal ini tidak perlu diperhatikan. Akan tetapi, jika Anda berpikir untuk menggunakan walker di luar ruangan juga, ada baiknya Anda menghitung dari awal berapa jarak yang diperlukan.

Pilih bobot yang sesuai dengan badan pengguna

Pilih bobot yang sesuai dengan badan pengguna

Pada umumnya bobot walker berkisar antara 2-3 kg. Jadi, pilihlah walker yang ringan agar memudahkan pengguna ketika memakainya. Karena, jika pengguna adalah orang tua yang kemampuan ototnya telah menurun, tentu akan menjadi kesulitan untuk mengangkat walker yang terlalu berat. Untuk pengguna wanita mungkin juga akan sedikit kesusahan jika mengangkat beban 2 kg. Pada saat seperti itu, pertimbangkanlah untuk memakai tipe roda yang ringan dan tidak perlu diangkat.

10 Rekomendasi walker alat bantu jalan terbaik

Setelah membagikan tips cara memilih walker, berikutnya kami akan memberikan rekomendasi produk walker yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Simak artikel berikut, dan temukanlah satu produk yang cocok untuk Anda!

10. GEA Rollator FS 965 LH

10. GEA Rollator FS 965 LH

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 950.000

Lebih aman dengan rolling walker yang dilengkapi dengan rem tangan!

Dipersembahkan untuk Anda yang mencari walker yang ringan, mudah digunakan, dan aman ketika dipakai baik di dalam maupun di luar ruangan. Walker produksi Gea ini memiliki roda di keempat sisinya sehingga memudahkan Anda yang kesulitan menggunakan otot tangan untuk mengangkat benda. Karena bisa dilipat, Anda dapat membawa walker ini dengan lebih praktis ketika pergi keluar kota atau berlibur.

Rem di bagian tangannya dapat dipakai juga sebagai pengaman agar walker ini tidak mudah tergelincir ketika Anda berhenti. Pegangan busa antiselip lembutnya membuat Anda dapat mengendalikan walker ini dengan lebih nyaman. Dilengkapi pula dengan keranjang di bagian bawahnya, Anda dapat memakainya untuk meletakkan barang keperluan Anda, seperti botol minum, sapu tangan, dan lain sebagainya.

9. GEA Walker FS912L

9. GEA Walker FS912L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 335.000

Rollator dengan roda di bagian depan saja, untuk belajar berjalan sekaligus melatih kekuatan otot tangan

Jika produk sebelumnya menggunakan roda di keempat sisinya, lain halnya dengan produk yang satu ini. Walker ini hanya dilengkapi dengan roda di bagian depannya saja. Hal tersebut berguna untuk memudahkan Anda berjalan sekaligus melatih otot tangan ketika sedikit mengangkat bagian belakangnya. Walker ini didesain dengan bobot 2,6 kg sehingga sangat efektif untuk melatih otot tangan dan kaki Anda.

Dengan adanya roda di bagian depannya, walker ini menjadi lebih ringan digunakan dan membuat punggung Anda tidak akan terlalu lelah ketika memakainya. Karena bahannya yang ringan dan tahan lama, walker ini cocok untuk dipakai bagi Anda yang sedang dalam pemulihan sakit, seperti sakit patah tulang, stroke, dan lain sebagainya.

8. OneMed-Medicom Walker Deluxe

8. OneMed-Medicom Walker Deluxe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 255.000

Fleksibel dan praktis! Dapat dipakai berjalan lurus atau ke kanan dan ke kiri

Jika Anda yang menderita penyakit saraf, yang membuat Anda kesulitan untuk membedakan jalan lurus, ke kiri, dan ke kanan, walker yang satu ini merupakan pilihan terbaik. Didesain dengan teknologi sedemikian rupa, walker ini dapat dipakai untuk berjalan lurus maupun ke kiri dan ke kanan. Anda jadi dapat menentukan arah dengan lebih mudah ketika melangkah.

Selain mudah digunakan, walker ini juga lebih praktis karena dapat dilipat dan disimpan. Karena penggunaannya yang praktis, fleksibel, dan ketinggiannya bisa diatur, walker ini bisa dipakai untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Diproduksi dengan empat kaki tanpa roda membuat produk ini lebih stabil dan aman untuk digunakan.

7. Sella Walker KY913L

7. Sella Walker KY913L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 266.300

Latih saraf Anda! Baik untuk Anda yang sedang dalam proses pemulihan sakit

Anda yang sedang menjalani proses pemulihan sakit atau yang memiliki cacat akibat kecelakaan pastilah ingin menggunakan walker yang nyaman dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh karena itu, walker tanpa roda produksi Sella ini merupakan pilihan terbaik. Dua garis pegangan di bagian depannya membuat Anda dapat memindahkan tangan Anda ke bagian atas atau bawah ketika sedang melakukan stretching.

Karena tanpa roda, Anda dipaksa harus menggerakkan otot tangan dan kaki ketika memakai produk ini. Dengan demikian, jika Anda rutin menggunakannya setiap hari, saraf-saraf kaki dan tangan Anda akan dapat pulih dengan lebih cepat. Di sisi lain, walker ini dapat dilipat dengan mudah sehingga Anda dapat membawanya bepergian dengan lebih praktis.

6. Gea Walker Rollator FS914L

6. Gea Walker Rollator FS914L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 425.000

Mudah melakukan berbagai macam aktivitas dengan walker yang dilengkapi seat

Semakin tua umur seseorang, semakin lemah juga kekuatan otot yang dimilikinya. Melakukan pekerjaan yang membutuhkan gerakan jongkok seperti memakai sepatu sangatlah sulit untuk dilakukan orang tua. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba memakai alat bantu jalan tipe rollator yang sekaligus dilengkapi dengan seat ini.

Dengan alat ini, pengguna dapat dengan lebih mudah memakai sepatu sambil duduk di atasnya. Selain memudahkan aktivitas, roda di bagian depan walker ini juga memudahkan pengguna untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Artinya, Anda atau orang tua Anda dapat melakukan kegiatan di rumah sendiri dengan mudah meskipun dalam masa pemulihan kesehatan.

5. OneMed-Medicom Walker Gold

5. OneMed-Medicom Walker Gold

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 315.000

Warna gold yang unik, tidak mudah tertukar dengan milik orang lain

Sering pergi untuk kontrol ke rumah sakit dan menemukan banyak pasien lain menggunakan walker warna senada? Khawatir akan tertukar? Dengan menggunakan walker yang memiliki warna cokelat yang berbeda dari yang lainnya ini, Anda tak perlu khawatir lagi. Lapisan warna gold-nya yang gelap membuat walker ini terlihat seperti terbuat dari kayu yang elegan.

Memiliki ketinggian yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan dapat dilipat merupakan keunggulan dari produk ini. Produk ini diproduksi dengan dua warna yaitu gold dan hitam yang dapat Anda pilih sesuai dengan warna kesukaan. Karena warnanya yang unik, walker ini direkomendasikan untuk Anda yang sering kesulitan membedakan benda-benda dengan warna senada.

4. Sella KY912L Walker Roda

4. Sella KY912L Walker Roda

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 295.000

Berbahan aluminium yang ringan dan kokoh untuk Anda yang butuh memakai walker setiap hari

Menurut pendapat para staf medis, berjalan dengan menggunakan walker jauh lebih stabil dibandingkan memakai tongkat kruk. Semakin sering Anda latihan berjalan dengan stabil, semakin cepat jugalah kondisi Anda akan pulih. Oleh karena itu, kami memperkenalkan walker beroda produk dari Sella yang berkualitas untuk Anda.

Terbuat dari bahan aluminium yang ringan, tetapi kokoh, walker ini pastilah awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk Anda yang membutuhkan walker untuk dipakai setiap hari, produk ini merupakan pilihan tepat. Terdapat karet berwarna biru muda di bagian pegangan tangan dan kaki yang membuat walker ini tampak cantik untuk Anda pakai bepergian, seperti ke taman, ke pantai, dan lain sebagainya.

3. Gea Walker Rollator FS914H

3. Gea Walker Rollator FS914H

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: 750.000

Walker dengan empat roda, super-ringan, mudah dipakai untuk Anda yang bertubuh gemuk sekalipun

Selain baik untuk kesehatan, beberapa penelitian membuktikan bahwa berjalan seribu langkah setiap hari dapat menurunkan berat badan Anda secara bertahap. Namun, bagi Anda yang bertubuh gemuk, berjalan merupakan hal yang sangat melelahkan, bukan? Dengan walker yang mampu menahan beban Anda hingga 100 kg ini, Anda dapat mengatasi masalah tersebut.

Didesain dengan empat roda di bagian bawahnya, walker ini menjadi sangat ringan ketika dipakai. Dudukan kursinya juga dapat Anda manfaatkan untuk duduk ketika kelelahan di tengah jalan. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan walker lainnya, tetapi karena kualitasnya yang bagus, produk ini layak untuk Anda miliki.

2. Avico Walker

2. Avico Walker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 260.000

Baik digunakan untuk fisioterapi guna melatih otot-otot kaki Anda

Bagi Anda yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot kaki akibat stroke, berjalan tentulah merupakan hal yang sangat sulit. Untuk mengatasi hal tersebut, pasien perlu menjalani pengobatan untuk melatih kembali otot tubuhnya atau biasa disebut dengan fisioterapi. Walker yang terbuat dari bahan yang kokoh ini mampu membantu Anda menjalani fisioterapi dengan lebih aman.

Dengan lebar bagian depan hingga 51 cm, Anda dapat menggunakan walker ini dengan lebih leluasa dan tidak merasa sempit. Walker ini memiliki ketinggian minimal 74 cm dan maksimal 95 cm yang dapat diatur sesuai dengan tinggi badan Anda. Selanjutnya, bahan stainless steel antikarat membuat walker ini lebih awet dan tidak mudah rusak.

1. Gea Walker and Seat FS961L

1. Gea Walker and Seat FS961L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 400.000

Lebih aman dengan walker seat tanpa roda. Kokoh dan tidak mudah tergelincir!

Anda atau orang tua Anda merupakan lansia yang menyukai kegiatan jalan-jalan, tetapi khawatir jika mendadak lelah dalam perjalanan? Dengan produk yang satu ini, Anda tak perlu khawatir lagi! Walker produksi Gea ini sekaligus dilengkapi dengan tempat duduk yang kokoh dan nyaman untuk dapat Anda pakai kapan pun ketika merasa kelelahan.

Karena walker seat ini didesain tanpa roda, Anda dapat duduk di atasnya dengan lebih aman tanpa khawatir akan risiko tergelincir. Selain itu, bagian sisi kiri dan kanan produk ini dapat dilipat yang memudahkan Anda untuk menyimpannya. Bagi para lansia yang mencari produk walker yang kuat, nyaman, dan aman, pastikan untuk mencoba produk ini, ya!

Kesimpulan

Kali ini kami telah memperkenalkan cara memilih walker yang baik serta memberikan sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Untuk menggunakan walker yang aman, penting untuk memilih walker tipe apa yang cocok dengan kondisi individu pengguna. Akhir kata, silakan menjadikan artikel ini sebagai referensi ketika Anda ingin membeli walker yang sesuai kebutuhan!