10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pemilihan makanan anjing atau dog food, tentu dapat memengaruhi kesehatan anjing kesayangan Anda. Dog food kering berguna untuk memelihara kesehatan dan kemudahan dalam pemberian makanan. Di sisi lain, dog food basah dapat meningkatkan nafsu makan anjing sehingga dapat digunakan pada anjing yang sudah tua dan kurang bernafsu makan.

Meski dog food basah memiliki harga lebih mahal, banyak pemilik anjing yang tetap menggunakannya karena mengutamakan rasa dan kualitas untuk anjing kesayangannya. Agar tidak salah pilih, berikut kami jelaskan cara memilih dog food basah, dan ada sepuluh rekomendasi produk yang bagus yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan anjing Anda.

Daftar isi

Dukung kesehatan anjing dengan dog food basah

Dukung kesehatan anjing dengan dog food basah

Pembahasan tentang memelihara anjing tentu tidak dapat dilepaskan dari pembahasan mengenai makanan anjing. Dog food terbaik tentu saja harus memiliki rasa yang enak dan bermanfaat bagi kesehatan anjing. Sebagian pemilik anjing mungkin membuat makanan untuk anjing mereka sendiri, tetapi banyak juga yang menggunakan dog food basah siap saji.

Umumnya, dog food basah memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan dog food kering. Meski begitu, dog food basah memiliki nutrisi lebih tinggi daripada dog food kering sehingga dapat digunakan sebagai makanan tambahan ketika anjing sedang sakit atau nafsu makannya berkurang.

Sebagian pemilik anjing mungkin khawatir akan kandungan tambahan di dalam dog food basah yang dapat menyebabkan karang gigi dan kerusakan pada gigi anjing. Padahal, kini sudah banyak juga produk dog food basah yang aman dan baik untuk kesehatan gigi anjing. Karena itu, pilihlah dog food basah yang aman untuk kesehatan dan gigi anjing kesayangan Anda.

Cara memilih dog food basah

Apa saja hal-hal penting yang perlu diperhatikan selagi memilih dog food basah? Mari simak terus penjelasan kami berikutnya.

Pilih yang memiliki kandungan nutrisi sesuai usia anjing

Secara alami, anjing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda berdasarkan usianya. Pilihlah dog food yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya berdasarkan usia anjing Anda.

Pertama, pilih yang bahan utamanya terbuat dari protein hewani

Pertama, pilih yang bahan utamanya terbuat dari protein hewani

Tidak seperti manusia, anjing pada dasarnya adalah hewan pemakan daging. Oleh karena itu, kandungan protein hewani sangat penting bagi mereka. Mungkin Anda berpikir untuk keseimbangan nutrisi, dog food basah yang juga banyak mengandung biji-bijian dan sayuran adalah pilihan tepat. Namun, sebenarnya hal ini tidak tepat.

Organ pencernaan anjing tidak didesain untuk mencerna biji-bijian dan sayur dengan baik. Bahkan, pada kasus terburuk bisa saja pemberian biji-bijian dan sayuran dapat melukai organ pencernaan anjing Anda. Maka dari itu, berapa pun umur anjing Anda, pilihlah dog food basah yang kandungan utamanya adalah daging.

Kedua, pilih yang tinggi kalori dan tinggi protein untuk anak anjing

Kedua, pilih yang tinggi kalori dan tinggi protein untuk anak anjing

Walaupun anjing adalah pemakan daging, kebutuhan nutrisi mereka sedikit berbeda tergantung usianya. Terutama untuk anak anjing, mereka membutuhkan nutrisi untuk membentuk tubuh mereka pada masa pertumbuhan. Selain protein dan lipid, dog food dengan kandungan kalsium juga penting untuk pertumbuhan tulang mereka.

Organ pencernaan anak anjing juga belum terbentuk dengan baik sehingga kandungan serat dan karbohidrat tinggi malah akan membebani kerja organ pencernaan mereka. Pilihlah dog food yang tinggi kalori dan tinggi protein untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Untuk anjing dewasa, Anda dapat memilih dog food yang memiliki kandungan nutrisi seimbang. Apabila anjing Anda kelebihan berat badan, tulang pinggulnyalah yang akan menerima beban tersebut. Karena itu, berikanlah makanan secukupnya saja agar berat anjing Anda tetap proporsional.

Ketiga, kombinasikan juga dengan dog food kering

Ketiga, kombinasikan juga dengan dog food kering

Pada dasarnya, penggunaan dog food kering dan basah disarankan untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang, baik untuk anak anjing maupun anjing dewasa. Organ pencernaan pada anjing dewasa akan melemah seiring pertambahan usia sehingga porsi makannya berkurang. Karena itu, Anda tetap harus memastikan nutrisinya terpenuhi meski dalam porsi makanan lebih sedikit. Cobalah mengombinasikannya dengan dog food basah yang bernutrisi tinggi dan dapat meningkatkan selera makan anjing.

Perhatikan bahan utama untuk anjing yang sakit atau memiliki alergi

Layaknya manusia, anjing pun dapat terkena penyakit dan memiliki alergi. Gunakanlah dog food basah dengan baik untuk membantu meningkatkan kesehatan anjing Anda.

Kesehatan anjing dapat berubah dengan pergantian makanan

Kesehatan anjing dapat berubah dengan pergantian makanan

Sewaktu anjing sedang dalam keadaan kurang sehat, pergi ke dokter hewan dan merawatnya adalah hal yang paling penting. Namun, faktanya pemberian makanan yang baik juga dapat membantu mereka sembuh lebih cepat. Sebagai contoh, anjing dengan masalah pada bagian pencernaan, seperti diare atau muntah, dapat disembuhkan dengan cara mengganti makanan yang dikonsumsinya.

Dog food basah yang membantu kinerja organ pencernaan, ginjal, jantung, dan sebagainya kini dapat Anda temui di pasaran. Jika Anda memilihnya dengan benar, kesehatan anjing Anda juga akan senantiasa terjaga. Seperti halnya manusia, makanan adalah hal mendasar yang mempengaruhi kesehatan. Tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan pada waktu Anda hendak memilih dog food terbaik bagi anjing Anda.

Lakukan pemeriksaan alergi makanan pada anjing Anda

Lakukan pemeriksaan alergi makanan pada anjing Anda

Ada sebagian anjing yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu, seperti alergi pada daging ayam, kedelai, dan makanan olahan susu yang sering kali ditemukan pada dog food basah. Bisa juga alergi tersebut muncul karena anjing Anda sedang mengidap sakit kulit tertentu. Bila anjing Anda alergi terhadap suatu kandungan, tetapi Anda tetap memberikan makanan yang mengandung alergen tersebut pada anjing Anda karena tidak tahu, anjing Anda akan tetap sakit sekalipun Anda sudah membawanya berobat ke dokter hewan.

Oleh sebab itu, kami sarankan Anda melakukan tes alergi untuk anjing Anda di dokter hewan terpercaya. Biayanya mungkin cukup mahal dan bervariasi antar dokter hewan, tetapi dengan demikian Anda jadi tahu makanan yang harus dihindari oleh anjing Anda dan dapat memilih dog food yang tepat.

Pada anjing yang alergi terhadap daging ayam dan menyebabkan timbulkan sakit kulit, Anda bisa menggantinya dengan dog food basah berbahan dasar daging lain untuk menyembuhkan alerginya. Bila Anda masih ragu juga, periksalah dengan saksama informasi alergennya.

Periksa juga kandungan zat aditifnya

Pada makanan anjing yang Anda buat sendiri, pengawet memang tidak dibutuhkan. Namun, kandungan zat aditif ini banyak ditemukan dalam dog food olahan. Selain zat aditif, penggunaan minyak dan daging tidak segar juga sering ditemui. Memang sulit untuk memeriksa kandungan zat aditif di dalam dog food secara spesifik karena kadang komposisinya tidak tertulis dengan jelas. Namun, sebisa mungkin tetaplah periksa kandungan zat aditif yang terkandung di makanan anjing Anda.

Semakin sedikit kandungan zat aditifnya, masa penggunaannya pun semakin singkat

Semakin sedikit kandungan zat aditifnya, masa penggunaannya pun semakin singkat

Dibanding dog food kering, zat aditif lebih banyak digunakan pada dog food basah yang lebih cepat kedaluwarsa. Walaupun dog food basah yang tahan lama banyak diminati, alangkah baiknya jika para pemilik anjing dapat menghindari penggunaan zat aditif ini. Bahkan, ada sebagian pemilik anjing yang tidak memberikan anjingnya dog food basah karena alasan kandungan zat aditif tadi.

Saat ini, banyak terdapat dog food basah yang sudah lebih aman untuk dikonsumsi di pasaran. Penggunaan bahan baku yang berkualitas pun meningkat sehingga lebih aman untuk anjing Anda. Tanpa adanya kandungan zat aditif, masa penyimpanan dog food memang menjadi lebih singkat, tetapi kami sarankan Anda untuk menggunakan dog food jenis ini. Belilah secukupnya untuk menghindari makanan anjing keburu kedaluwarsa.

Sebenarnya, dog food basah produksi luar negeri lebih direkomendasikan

Sebenarnya, dog food basah produksi luar negeri lebih direkomendasikan

Di Indonesia, belum banyak produsen dog food basah yang memproduksi produk berstandar tinggi. Pada umumnya, dog food basah buatan Indonesia masih diproduksi secara rumahan sehingga tidak banyak informasi yang jelas mengenai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Proses pembuatann serta bahan baku yang digunakannya pun belum dapat menjamin kualitas dog food basah yang dihasilkannya.

Oleh karena itu, dog food basah yang ditemui di pasaran saat ini banyak berasal dari produsen luar negeri, seperti Australia, Jerman, Belanda, dan lain sebagainya. Dog food yang berasal dari luar negeri ini umumnya sudah mencantumkan informasi lengkap mengenai kandungan nutrisinya. Sebenarnya, dog food basah rumahan belum tentu memiliki kualitas yang buruk, tetapi dog food produksi luar negeri juga memiliki kualitas yang baik terlebih kandungan nutrisinya sudah tercantum jelas.

10 Rekomendasi dog food basah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh dog food basah terbaik. Pilihlah berdasarkan pertimbangan cara memilihnya, kemudian pilihlah yang terbaik untuk anjing kesayangan Anda.

10. Pedigree Wet Food Beef Flavor

10. Pedigree Wet Food Beef Flavor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 19.550

Memenuhi standar AAFCO Dog Food Nutrient Profiles, kualitasnya tidak diragukan lagi

Pedigree Wet Food Beef adalah salah satu jenis dog food yang dapat dengan mudah Anda temui di pasaran. Dog food basah ini memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan serta memiliki rasa yang lezat sehingga anjing Anda dapat menikmati makanan yang enak dan menyehatkan kapan saja.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam produk ini sudah diformulasikan secara khusus sesuai standar yang telah ditetapkan oleh AAFCO Dog Food Nutrient Profiles. Tentu saja dengan memenuhi standar ini, kualitas Pedigree Wet Food Beef ini sudah tidak diragukan lagi. Sangat pas bila Anda mencari produk yang sudah teruji kualitasnya.

9. Kennels’ Favourite with Wild

9. Kennels' Favourite with Wild

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.999

Nutrisi tinggi dari perpaduan berbagai jenis sumber protein

Pada umumnya, dog food basah memiliki sumber protein yang berasal dari satu atau dua jenis protein hewani saja. Namun, tidak dengan produk keluaran Belanda satu ini. Dog food basah ini memiliki sumber protein yang sangat beragam, yaitu perpaduan dari daging sapi, domba, rusa, kelinci, dan bebek, serta mengandung taurin dan biotin.

Dog food basah ini dirasa cocok untuk anjing yang memerlukan nutrisi yang berasal dari berbagai jenis sumber protein. Perpaduan berbagai jenis protein ini tentu memberikan nutrisi yang beragam untuk anjing Anda. Selain itu, dog food basah ini dilengkapi lagi dengan berbagai vitamin dan mineral plus tidak mengandung pengawet, kedelai, gula, atau pun karamel.

8. BlackHawk Grain Free Beef

8. BlackHawk Grain Free Beef

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Tidak mengandung alergen, makin aman dikonsumsi anjing Anda!

Anjing kesayangan Anda dapat mengonsumsi produk ini sebagai makanan hariannya setiap hari ditambah makanan kering kesukaannya agar semakin bernutrisi. Apabila anjing Anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, produk ini patut Anda coba karena tidak ada kandungan gandum, jagung, kedelai, gluten, pengawet buatan, pewarna, dan perasa.

Dog food basah ini dapat dikonsumsi oleh anjing dari segala usia dan terbuat dari daging sapi Australia pilihan yang dapat menguatkan otot, tulang, serta daya tahan tubuh. Keunggulan lain dari dog food ini adalah adanya kandungan minyak esensial Emu, yaitu minyak alami yang memiliki berbagai fungsi baik untuk kesehatan anjing Anda.

7. Purina Alpo Prime Cuts with Beef in Gravy

7. Purina Alpo Prime Cuts with Beef in Gravy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.500

Potongan yang besar, anjing lebih puas sewaktu memakannya

Terbuat dari daging sapi asli dan dilengkapi dengan bumbu saus yang gurih, tentu produk ini akan menggugah selera makan anjing Anda. Apalagi, isinya berupa potongan-potongan daging sapi yang lembut dalam ukuran yang besar. Sebagai pemakan daging, tentu anjing Anda akan lebih puas ketika memakannya.

Alpo Prime Cuts with Beef in Gravy ini juga mengandung tinggi protein yang dilengkapi dengan 23 jenis vitamin dan mineral sehingga dapat dikonsumsi oleh anjing dari segala usia. Memiliki rasa yang lezat dan nutrisi yang lengkap, dog food basah ini adalah pilihan tepat untuk meningkatkan nafsu makan anjing Anda.

6. Pedigree Puppy Pouch 80 gr (6 pcs)

6. Pedigree Puppy Pouch 80 gr (6 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Dengan kemasan pouch, makanan anak anjing Anda lebih terjamin saat bepergian

Diformulasikan secara khusus, Pedigree Puppy Pouch ini memiliki perpaduan rasa ayam, hati, telur, serta sayur-sayuran yang sangat disukai anak anjing dan memiliki aroma menggugah. Nutrisinya pun komplit dan sangat bemanfaat untuk membantu pertumbuhan, tulang, gigi, dan bulu anak anjing Anda.

Dikemas dalam kemasan pouch, tentu menjadikannya mudah untuk Anda bawa ke mana saja, terutama ketika sedang bepergian dengan anak anjing Anda. Bagi Anda yang sering bepergian dengan anak anjing kesayangan Anda, ada baiknya untuk memiliki persediaan dog food basah ini di rumah dan membawanya kapan pun Anda butuhkan.

5. Hill’s Prescription Diet i/d Canine

5. Hill's Prescription Diet i/d Canine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.500

Mudah dicerna, ramah untuk anjing yang memiliki masalah pencernaan

Salah satu masalah yang sering terjadi pada anjing adalah masalah pencernaan, dengan gejala berupa diare atau muntah. Untuk membantu kesehatan pencernaan anjing Anda, Anda dapat mengganti makanan yang dikonsumsinya dengan Hill’s Prescription Diet i/d Canine yang memiliki formula khusus sehingga mudah dicerna oleh anjing Anda.

Dog food basah ini terbuat dari serat alami, memiliki serat prebiotik, serta asam lemak Omega 3 dan Omega 6. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya sesuai dengan kebutuhan anak anjing serta anjing dewasa. Apabila anjing Anda sering mengalami gangguan pencernaan, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang ramah untuk organ pencernaannya ini.

4. Royal Canin Veterinary Diet Renal

4. Royal Canin Veterinary Diet Renal

Lihat prduk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Rendah fosforus, dapat meringkankan kerja ginjal anjing Anda yang sudah berumur

Jenis penyakit yang banyak diderita oleh anjing berusia tua pada umumnya adalah gagal ginjal kronis, dimana kondisi ginjalnya sudah menurun. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang dapat meringkankan beban kerja ginjal pada anjing yang sudah berumur ini. Produk ini memiliki kandungan fosforus rendah agar penurunan kondisi ginjal dapat diperlambat.

Dog food basah ini juga memiliki kandungan minyak ikan yang tinggi, sebagai sumber EPA/DHA sehingga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya glomerulosclerosis. Apabila Anda memiliki anjing yang sudah berusia dan memiliki gejala gagal ginjal, ada baiknya anjing Anda mulai mengonsumsi dog food basah jenis ini. Tenang saja, anjing Anda akan dengan senang hati memakan produk ini karena aromanya sangat menggugah selera dan disukai para anjing.

3. Royal Canin Starter Mousse Canned Dog Food

3. Royal Canin Starter Mousse Canned Dog Food

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.500

Tekstur yang lembut untuk anjing baru lahir hingga berusia 4 bulan

Anjing yang baru lahir tentu membutuhkan kandungan nutrisi yang berbeda dibandingkan dengan anjing dewasa. Tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang berbeda, tetapi tekstur makanannya pun berbeda, di mana anjing baru lahir membutuhkan makanan yang lebih lembut, seperti dog food basah keluaran Royal Canin ini.

Dengan tekstur yang lembut dan lebih mudah dicerna, produk ini sangatlah cocok untuk anjing Anda yang baru lahir hingga berusia 4 bulan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencampurnya dengan makanan kering sebagai persiapan sebelum anjing Anda terbiasa mengonsumsi makanan kering.

2. Royal Canin Veterinary Diet Recovery

2. Royal Canin Veterinary Diet Recovery

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 35.000

Nutrisi tinggi untuk pemulihan kesehatan anjing

Bila anjing Anda sedang sakit atau dalam masa pemulihan, ada baiknya Anda memilih dog food Royal Canin Recovery satu ini. Hal itu disebabkan produk ini memiliki densitas energi tinggi serta kandungan konsentrasi nutrisi tinggi sehingga akan mudah dicerna oleh anjing Anda yang belum sehat.

Karena ditujukan untuk pemulihan masa sakit, tekstur yang ada pada dog food basah ini membuatnya dapat diberikan dengan mudah melalui feeding tube atau syringe. Dog food basah ini juga mengandung EPA dan DHA yang tinggi, serta antioksidan kompleks untuk mempercepat pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Monge Special Dog Chunks with Veal

1. Monge Special Dog Chunks with Veal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.000

Produk bebas GMO dan pewarna? Ini dia jawabannya!

Dibuat menggunakan daging premium dan dipanggang dalam oven, produk yang cocok dengan segala jenis anjing ini akan membuat anjing Anda ketagihan memakannya. Tidak hanya mengandung mineral, produk ini juga mengandung vitamin A, D, dan E sehingga akan membantu meningkatkan kesehatan anjing Anda secara keseluruhan.

Apalagi, produk ini juga bebas gula, pengawet, pewarna, dan GMO (genetically modified organism) sehingga tidak akan membahayakan kesehatan anjing Anda sekalipun dikonsumsi setiap hari secara rutin. Bila Anda mencari dog food basah yang sangat aman dikonsumsi karena bebas berbagai zat aditif, produk ini adalah pilihannya.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pemilihan makanan anjing merupakan suatu hal yang penting karena dapat memelihara kesehatan anjing. Setiap kondisi anjing membutuhkan jenis dog food berbeda, seperti pada anjing yang sakit, anjing yang tidak bernafsu makan, anak anjing, dan lain sebagainya.

Pilihlah produk sesuai dengan kondisi anjing kesayangan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan di dalamnya, kemudian hindarilah dog food basah yang mengandung pengawet, perasa, atau pewarna buatan.