• 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Dog Food Basah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pemilihan dog food tentu dapat memengaruhi kesehatan anjing kesayangan Anda. Dog food yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan anjing. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan dog food basah pada anjing yang kurang nafsu makan.


Di pasaran, Anda bisa menjumpai dog food basah dari berbagai merek seperti PEDIGREE®, Black Hawk, dan ROYAL CANIN®. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih dog food basah. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi produk bagus yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan anjing Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 15 Juni 2021
  • 30.243 Views
Daftar isi

Perbedaan antara dog food basah dengan dog food kering

Perbedaan antara dog food basah dengan dog food kering

Ada dua jenis makanan anjing, yakni makanan kering dan makanan basah. Makanan anjing kering memiliki tekstur yang renyah dan bisa disimpan dalam waktu lama. Selain itu, makanan kering memiliki bobot relatif ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. 


Makanan anjing basah biasanya dikemas dalam kaleng atau pouch. Makanan jenis ini ditandai dengan kandungan air dan cita rasa yang tinggi. Dari segi harga, makanan basah lebih mahal dibandingkan makanan kering. Untuk itu, makanan anjing basah biasanya hanya diberikan saat anjing kehilangan nafsu makan atau sebagai topping. 


Kelemahan lain dari makanan basah adalah berat dan sulit dibawa. Hal ini lantaran kandungan airnya yang sangat tinggi. 

Cara memilih dog food basah

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dog food basah? Mari simak penjelasan kami berikutnya.

Pilihlah produk sesuai dengan peruntukannya

Berdasarkan peruntukannya, dog food basah dibagi menjadi tiga jenis. Silakan simak uraiannya berikut ini. 

Sebagai makanan utama, pilihlah makanan bergizi lengkap

Sebagai makanan utama, pilihlah makanan bergizi lengkap

Makanan basah sering kali dikombinasikan dengan makanan kering. Namun, jika Anda ingin memberikannya sebagai makanan utama, Anda dapat memilih produk dengan keterangan "makanan bergizi lengkap".


Makanan bergizi lengkap dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan anjing Anda. Jika menggunakannya sebagai topping, pertimbangkan keseimbangan kalori dengan makanan kering.

Sebagai topping atau camilan, pilih yang bertuliskan makanan pendamping

Sebagai topping atau camilan, pilih yang bertuliskan makanan pendamping

Jika Anda hanya ingin menggunakannya sebagai topping atau camilan, pilih makanan basah yang bertuliskan "makanan pendamping" atau "suplemen nutrisi".


Karena tidak dimaksudkan untuk memenuhi nutrisi, jumlah kalori jenis ini lebih rendah dibandingkan makanan utama. Harganya juga biasanya cenderung lebih murah dibandingkan makanan bergizi lengkap. 

Sebagai makanan diet, pilih produk dengan kandungan khusus

Sebagai makanan diet, pilih produk dengan kandungan khusus

Jika ingin menunjang kondisi fisik dengan mengatur pola makan anjing Anda, pilihlah makanan diet. Banyak makanan diet untuk anjing yang dijual di pasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan concern anjing Anda. 


Makanan diet dapat dibeli di klinik hewan dan diberikan kepada anjing setelah mendapat arahan dari dokter hewan. Makanan diet juga ada yang dijual secara online dan offline di toko biasa tanpa resep dari dokter hewan. Namun, dalam hal ini segala risiko adalah tanggung jawab pemiliknya. Sebaiknya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum membeli. 

Temukan makanan anjing yang sesuai dengan usia anjing Anda

Secara alami, anjing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda berdasarkan usianya. Pilihlah dog food yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan usia anjing Anda.

Anak anjing, carilah makanan berkalori tinggi dengan nutrisi seimbang

Anak anjing, carilah makanan berkalori tinggi dengan nutrisi seimbang

Dog food basah sangat cocok diberikan untuk anak anjing. Untuk anjing berukuran kecil, Anda bisa memberikan makanan ini hingga usianya sekitar sepuluh bulan. Untuk anjing berukuran sedang, Anda bisa memberikan dog food basah hingga usia satu tahun. Sementara, untuk anjing berukuran besar, makanan basah bisa diberikan hingga usia satu setengah tahun.


Dog food basah memiliki kalori yang cukup meski diberikan dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, dog food basah juga memiliki keseimbangan nutrisi yang baik. Di sisi lain, organ pencernaan anak anjing belum berkembang sepenuhnya. Jadi, penting untuk memilih produk yang dibuat dari bahan yang  mudah dicerna dan diserap. Pastikan Anda memilih produk yang memang dikhususkan untuk anak anjing, ya.

Anjing dewasa, pilihlah makanan yang baik untuk kesehatannya

Anjing dewasa, pilihlah makanan yang baik untuk kesehatannya

Beri anjing dewasa makanan basah berlabel "dewasa". Dalam kasus makanan bergizi lengkap, semua bahan umumnya dicampur untuk tujuan menjaga kesehatan. Beberapa produk dengan kalori rendah juga dijual untuk menurunkan berat badan.


Makanan untuk anjing dewasa sangatlah bervariasi. Dalam pemilihannya, Anda bisa mempertimbangkan selera anjing Anda dan cara pemberiannya. Selain itu, banyak produsen yang menjual produk sesuai dengan concern dan kebiasaan anjing Anda. 

Anjing senior, pilihlah makanan rendah kalori dan bergizi

Anjing senior, pilihlah makanan rendah kalori dan bergizi

Pilih dog food "for senior" untuk anjing tua. Pada anjing berukuran kecil dan sedang, Anda bisa memberikan makanan ini saat anjing berumur sekitar sepuluh tahun. Sementara, pada anjing ukuran besar, idealnya diberikan saat anjing berusia tujuh tahun. 


Makanan basah sangat bagus untuk anjing senior yang kesulitan menggigit makanan. Selain itu, banyak produk makanan untuk anjing senior didasarkan pada konsep rendah kalori dan nilai gizi tinggi. Makanan tersebut dapat mencegah obesitas dan ketidakseimbangan gizi akibat kurang olahraga.

Periksalah kandungan bahan bakunya

Memilih makanan yang terbuat dari bahan yang aman untuk anjing adalah hal yang penting. Mari periksa bahan baku dog food basah dengan mengacu pada tiga poin berikut ini.

Alergen, hindari bahan-bahan yang dapat memicu alergi

Alergen, hindari bahan-bahan yang dapat memicu alergi

Pertama, pertimbangkanlah bahan baku yang digunakan, apakah menimbulkan alergi pada anjing Anda atau tidak. Makanan anjing banyak yang terbuat dari ayam, tetapi perlu diketahui bahwa ada banyak anjing yang alergi ayam. Selain itu, sapi dan domba juga bahan yang dapat menimbulkan alergi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa kandungan bahan bakunya dengan cermat.

Zat aditif, periksa ada tidaknya kandungan tersebut

Zat aditif, periksa ada tidaknya kandungan tersebut
Banyak orang menghindari produk yang mengandung zat aditif seperti pengawet, antioksidan, dan pewarna. Namun, kandungan zat aditif pada produk yang dijual di pasaran tentu sudah melalui standar tertentu agar tetap aman dikonsumsi. Tidak ada makanan yang benar-benar berbahaya di antara produk yang dijual di pasaran.  

Makanan basah cenderung mengandung lebih sedikit bahan pengawet dibandingkan makanan kering. Sebaliknya, ada banyak kasus penggunaan pewarna makanan agar daging terlihat lebih merah pada makanan basah. 


Selain itu, zat pewarna mengandung antioksidan seperti polifenol. Jadi, pewarna makanan tidaklah terlalu buruk. Selain itu, jika produsen makanannya dari dalam negeri, Anda bisa langsung menanyakan tentang bahan bakunya. 

Komposisi bahan jelas, tidak ada keterangan yang ambigu

Komposisi bahan jelas, tidak ada keterangan yang ambigu

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana kredibilitas suatu produk, periksalah bagian komposisi bahan. Misalnya, jika produk mengandung bahan tertentu, penyebutannya harus rinci, seperti terbuat dari daging ayam, ayam tanpa tulang, dan sebagainya. 

Carilah makanan anjing yang akan disukai oleh anjing Anda

Setelah mempertimbangkan usia dan bahan bakunya, mari pertimbangkan juga rasa kesukaan anjing Anda. Gunakan dua poin berikut sebagai petunjuk untuk menemukan makanan basah yang menurut anjing Anda enak.

Aroma yang menyengat, anjing menilai segala sesuatu dari baunya

Aroma yang menyengat, anjing menilai segala sesuatu dari baunya

Ketika seekor anjing makan sesuatu, pertama-tama anjing akan menilai dari baunya. Oleh karena itu, memilih produk yang memiliki bau yang kuat seperti bau daging, akan membuat anjing Anda menyukainya.


Ada contoh kasus, seorang pemilik membelikan anjingnya makanan sehat dengan bahan organik. Namun, makanan tersebut memiliki bau yang lemah, dan anjingnya tidak memakannya sama sekali. Jadi, lebih baik mengutamakan baunya daripada kebaikan bahannya. Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan terkait rasa makanannya. 


Makanan dengan aroma tertentu akan membuat anjing Anda makan dengan lahap. Menurut dokter hewan, aroma yang disukai oleh anjing adalah aroma salmon dan pisang. 

Banyak protein, makanan anjing akan terasa lezat

Banyak protein, makanan anjing akan terasa lezat

Jika makanan beraroma kuat, tetapi rasanya tidak enak, anjing Anda akan berhenti makan secara bertahap. Umumnya, rasa makanan ditentukan oleh asam amino. Oleh karena itu, rasa makanan akan makin enak bila terdapat banyak jenis protein yang menjadi dasar asam amino.


Sangat sulit bagi manusia untuk menilai rasa makanan anjing. Namun, makanan yang menggunakan babi, sapi, ayam, dan kedelai lebih baik daripada makanan yang hanya menggunakan daging babi saja. Jika ada kombinasi bahan-bahan tersebut, bisa Anda asumsikan makanan tersebut enak untuk anjing Anda. Silakan gunakan referensi tersebut dalam memilih makanan untuk anjing Anda. 

Temukan kemasan produk yang mudah untuk disajikan

Temukan kemasan produk yang mudah untuk disajikan

Saat memberi makan makanan basah setiap hari, penting juga agar pemiliknya dapat menyajikannya dengan mudah. Ada beberapa bentuk kemasan makanan basah, seperti kaleng, pouch, dan tray. Untuk itu, perhatikan kemudahan membuka, mengeluarkan isinya, dan membuangnya setelah digunakan.


Kaleng adalah wadah yang sangat baik dan dapat disimpan dalam waktu lama. Namun, kemasan tersebut memiliki kekurangan sulit dibuka. Untuk kemasan pouch, kelebihannya mudah dibuka dan tidak memakan banyak tempat saat dibuang. Sementara untuk kemasan tray, Anda dapat dengan mudah membalikkan isi produk pada tempat makannya. Namun, produk dengan kemasan tray memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan produk dengan kemasan lainnya. 

10 Rekomendasi dog food basah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh dog food basah terbaik. Pilihlah berdasarkan pertimbangan cara memilihnya, kemudian pilihlah yang terbaik untuk anjing kesayangan Anda.
10

MarsPEDIGREE® Makanan Anjing Basah Kaleng Rasa Beef

Mulai dari Rp 24.000,00

PeruntukanMakanan utama
Kategori usiaAnjing dewasa
Bahan bakuChicken by product, chicken viscera, beef by product, sheep lung, beef liver, chicken mince, whole wheat, fibre, wheat gluten
Zat aditif
KemasanKaleng
9
PeruntukanMakanan pendamping
Kategori usiaSegala usia
Bahan bakuScottish salmon, brown rice, carrot flakes, dan peas
Zat aditif
KemasanTray
8

Nestlé PurinaAlpo Prime Cuts® Stew Wet Dog Food With Beef & Vegetables in Gravy

Mulai dari Rp 47.200,00

PeruntukanMakanan utama
Kategori usiaAnjing dewasa
Bahan bakuChicken, meat by-products, wheat gluten, beef, soy flour, carrots, potatoes, corn starch-modified, peas
Zat aditif
KemasanKaleng
7
PeruntukanMakanan utama
Kategori usiaAnjing dewasa
Bahan bakuDaging sapi dan hati sapi
Zat aditif
KemasanTray
6

Black HawkGrain Free Wet Dog Food Tray Australian Beef

Mulai dari Rp 16.000,00

PeruntukanMakanan utama dan makanan pendamping
Kategori usiaSegala usia
Bahan bakuBeef dan chicken
Zat aditifx
KemasanTray
5

MarsPEDIGREE® Pouch Simmered Beef Loaf & Vegetables

Mulai dari Rp 46.900,00

PeruntukanMakanan pendamping
Kategori usiaAnak anjing
Bahan bakuChicken by product, beef liver, carrot, pumpkin, wheat flour, fiber
Zat aditif
KemasanPouch
4
PeruntukanMakanan diet
Kategori usiaSegala usia
Bahan bakuMeat and animal derivatives, cereals, derivatives of vegetable origin, milk and milk derivatives
Zat aditif
KemasanKaleng
3

Hill's® Prescription Diet® i/d® Canine

Mulai dari Rp 49.000,00

PeruntukanMakanan diet
Kategori usiaSegala usia
Bahan bakuTurkey, pork liver, rice, modified rice starch, whole grain corn, egg product, chicken, dried beet pulp
Zat aditif
KemasanKaleng
2
PeruntukanMakanan diet
Kategori usiaAnjing dewasa
Bahan bakuMeat and meat-by-products, cereals
Zat aditif
KemasanKaleng
1

MarsROYAL CANIN® Starter Mousse Mother & Babydog

Mulai dari Rp 24.500,00

PeruntukanMakanan diet
Kategori usiaAnjing dewasa dan anak anjing di bawah usia 2 bulan
Bahan bakuMeat and animal derivatives, cereals, derivatives of vegetable origin, milk and milk derivatives
Zat aditif
KemasanKaleng

Tabel perbandingan produk dog food basah terbaik

Gambar produk
1
Mars ROYAL CANIN® Starter Mousse Mother & Babydog 1

Mars

2
Monge Chunks with Veal 1

Monge

3
Hill's®  Prescription Diet® i/d® Canine 1

Hill's®

4
Mars ROYAL CANIN® Recovery Can 1

Mars

5
Mars PEDIGREE® Pouch Simmered Beef Loaf & Vegetables 1

Mars

6
Black Hawk Grain Free Wet Dog Food Tray Australian Beef 1

Black Hawk

7
Mars CESAR® Beef & Liver 1

Mars

8
Nestlé Purina Alpo Prime Cuts® Stew Wet Dog Food With Beef & Vegetables in Gravy 1

Nestlé Purina

9
Kennels’ Favourite Scottish Salmon 1

Kennels’ Favourite

10
Mars PEDIGREE® Makanan Anjing Basah Kaleng Rasa Beef  1

Mars

Nama produk

ROYAL CANIN® Starter Mousse Mother & Babydog

Chunks with Veal

Prescription Diet® i/d® Canine

ROYAL CANIN® Recovery Can

PEDIGREE® Pouch Simmered Beef Loaf & Vegetables

Grain Free Wet Dog Food Tray Australian Beef

CESAR® Beef & Liver

Alpo Prime Cuts® Stew Wet Dog Food With Beef & Vegetables in Gravy

Scottish Salmon

PEDIGREE® Makanan Anjing Basah Kaleng Rasa Beef

Keunggulan

Nutrisi tepat untuk anjing betina yang baru melahirkan dan anaknya

Bebas gula dan bebas pengawet, aman dikonsumsi secara rutin

Mudah dicerna, ramah untuk anjing yang memiliki masalah pencernaan

Makanan sehat untuk anjing yang sedang sakit

Dengan kemasan pouch, makanan anak anjing Anda lebih terjamin saat bepergian

Tidak mengandung biji-bijian, aman dikonsumsi oleh anjing Anda!

Dengan aroma dan cita rasa yang mengugah selera

Potongan yang besar, anjing lebih puas sewaktu memakannya

Dog food basah dengan bau ikan salmon yang disukai anjing

Memenuhi standar AAFCO Dog Food Nutrient Profiles, kualitasnya tidak diragukan lagi

Harga mulai dariRp 24.500,00Rp 25.000,00Rp 49.000,00Rp 43.000,00Rp 46.900,00Rp 16.000,00Rp 18.900,00Rp 47.200,00Rp 50.000,00Rp 24.000,00
PeruntukanMakanan dietMakanan dietMakanan dietMakanan dietMakanan pendampingMakanan utama dan makanan pendampingMakanan utamaMakanan utamaMakanan pendampingMakanan utama
Kategori usiaAnjing dewasa dan anak anjing di bawah usia 2 bulanAnjing dewasaSegala usiaSegala usiaAnak anjingSegala usiaAnjing dewasaAnjing dewasaSegala usiaAnjing dewasa
Bahan bakuMeat and animal derivatives, cereals, derivatives of vegetable origin, milk and milk derivativesMeat and meat-by-products, cerealsTurkey, pork liver, rice, modified rice starch, whole grain corn, egg product, chicken, dried beet pulpMeat and animal derivatives, cereals, derivatives of vegetable origin, milk and milk derivativesChicken by product, beef liver, carrot, pumpkin, wheat flour, fiberBeef dan chickenDaging sapi dan hati sapiChicken, meat by-products, wheat gluten, beef, soy flour, carrots, potatoes, corn starch-modified, peasScottish salmon, brown rice, carrot flakes, dan peasChicken by product, chicken viscera, beef by product, sheep lung, beef liver, chicken mince, whole wheat, fibre, wheat gluten
Zat aditifx
KemasanKalengKalengKalengKalengPouchTrayTrayKalengTrayKaleng
Tautan produk

Dog food basah sebaiknya segera dihabiskan setelah dibuka

Dog food basah sebaiknya segera dihabiskan setelah dibuka

Setelah dibuka, dog food bisa disimpan di kulkas atau diberikan kepada anjing Anda sesegera mungkin. Tanggal kedaluwarsa yang tercetak di kemasan adalah masa simpan dalam kondisi masih tertutup. Biasanya, produk akan cepat berubah setelah dibuka, terutama untuk produk dengan sedikit pengawet. 


Produk dengan ukuran besar membutuhkan lebih banyak waktu untuk dihabiskan. Jadi, akan lebih aman jika Anda menghindari pembelian produk ukuran besar.

Cara meningkatkan nafsu makan anjing

Ada beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan anjing. Silakan simak poin-poinnya berikut ini.

Tambahkan camilan favorit anjing Anda

Tambahkan camilan favorit anjing Anda

Menambahkan camilan favorit anjing Anda sebagai pengganti makanan basah adalah hal yang dianjurkan. Kebanyakan camilan memiliki kalori lebih tinggi daripada makanan basah. Jadi berhati-hatilah untuk tidak memberi camilan terlalu banyak.

Gunakan peralatan makan yang tepat

Gunakan peralatan makan yang tepat

Jika peralatan makan terlalu ringan dan mudah bergerak, atau jika tingginya tidak sesuai, anjing Anda akan kesulitan makan. Selain itu, Anda perlu memilih peralatan makan yang memungkinkan anjing Anda berkonsentrasi pada makanan. Ada berbagai macam peralatan makan yang bisa Anda gunakan, ada yang terbuat dari plastik ataupun stainless steel. Pilihlah yang paling pas dengan anjing Anda.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk anjing di sini

Selain makanan, banyak hal lain yang Anda perlukan saat memelihara anjing. Untuk itu silakan baca rekomendasi produk lainnya untuk anjing di sini. 

Kesimpulan

Pemilihan makanan anjing merupakan suatu hal yang penting karena dapat memelihara kesehatan anjing. Setiap kondisi anjing membutuhkan jenis dog food yang berbeda.

Pilihlah produk sesuai dengan kondisi anjing kesayangan Anda dan jangan lupa untuk memperhatikan kandungan di dalamnya. Hindarilah dog food basah yang mengandung pengawet, perasa, atau pewarna buatan jika Anda khawatir dengan zat aditif. Selamat menemukan makanan kesukaan anjing Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    414.490 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    206.866 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    267.302 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    196.782 Views
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merek seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    47.053 Views
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Snack kucing merupakan makanan ringan untuk kucing yang dikonsumsi disela-sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack ini juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kucing kesayangan Anda. Disamping memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian snack juga sebagai selingan agar kucing tidak bosan dengan makan utamanya.Snack kucing saat ini hadir dengan beragam rasa dan manfaat. Kami akan memberi tips serta ulasan snack kucing terbaik, seperti Friskies, MeO, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, dalam penulisan artikel ini. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan hewan
    88.543 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kura-kura merupakan hewan reptilia yang sering dijadikan peliharaan karena memiliki usia yang panjang. Kura-kura terdiri dari berbagai jenis, misalnya kura-kura Brazil dan Ambon. Namun, Anda dapat membaginya menjadi dua kelompok besar, yakni kura-kura air dan kura-kura darat. Kedua jenis kura-kura itu membutuhkan makanan yang berbeda, lho!Agar Anda tak kebingungan saat mencari makanan kura-kura, kami akan merekomendasikan beberapa makanan kura-kura, seperti Meizu, Mazuri, dan Hokky. Sebelum itu, Anda sebaiknya menyimak poin-poin di bawah ini terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tahu makanan apa saja yang boleh diberikan kepada kura-kura peliharaan Anda!
    Makanan hewan
    5.042 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori