10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Akhir-akhir ini skateboard digunakan bukan hanya sekadar untuk bermain trik saja, tetapi juga merupakan sebuah fashion item. Ada berbagai macam produsen skateboard yang dapat Anda temui di pasaran seperti Element, Thrasher, Nomad, Spitfire, dan sebagainya. Anda dapat membeli skateboard yang sudah dirakit atau bisa juga merakitnya sendiri.

Kali ini, kami juga akan merekomendasikan bagian-bagian skateboard yang dapat Anda pilih untuk membuat skateboard pribadi Anda sendiri beserta petunjuk cara memilihnya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam menemukan bagian-bagian skateboard yang bagus dan keren!

Daftar isi

Cara memilih skateboard

Ada 2 jenis skateboard yang bisa Anda pilih, yakni skateboard yang sudah dirakit dan bisa langsung digunakan serta skateboard yang harus dirakit sendiri dengan membeli bagian-bagiannya secara terpisah. Mari simak kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis skateboard tersebut dan pilihlah yang paling cocok untuk Anda!

Pilih skateboard yang sudah dirakit bila Anda pemula

Pilih skateboard yang sudah dirakit bila Anda pemula

Pertama, kami akan merekomendasikan skateboard yang sudah dirakit. Skateboard yang sudah dirakit merupakan skateboard yang seluruh bagiannya sudah terpasang dan bisa langsung Anda gunakan. Salah satu ciri skateboard yang sudah dirakit adalah bagian-bagiannya menggunakan produk dari produsen yang sama.

Skateboard jenis ini direkomendasikan untuk pemula karena Anda tidak perlu repot untuk memilih brand mana yang bagus untuk digunakan di skateboard Anda. Selain itu, skateboard yang sudah dirakit memiliki harga yang lebih murah dibanding skateboard yang belum dirakit. Untuk Anda yang menggunakan skateboard bukan untuk kepentingan profesional, kami sarankan untuk memilih skateboard yang sudah dirakit. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak dapat memilih desain, komponen, dan fiturnya secara spesifik, ya!

Kekurangan dari membeli skateboard jenis ini adalah Anda tidak bisa mengganti bagian yang rusak atau bagian yang kurang Anda sukai. Kemudian, jika ada kerusakan di bagian roda atau bagian lainnya, akan memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Pilih skateboard yang belum dirakit agar Anda makin bebas berkreasi

Pilih skateboard yang belum dirakit agar Anda makin bebas berkreasi

Selanjutnya, kami akan menjelaskan mengenai skateboard yang belum dirakit. Keuntungan dari membeli skateboard yang belum dirakit adalah Anda dapat membuat skateboard sesuai dengan keinginan Anda.

Skateboard terbagi menjadi 3 bagian, yaitu deck atau papan, truck (besi untuk menyangga deck dan menaruh roda), serta roda itu sendiri. Bagi Anda yang sudah bukan pemula lagi, untuk kenyamanan penggunaan dan menyesuaikan skateboard tersebut dengan preferensi Anda, perhatikanlah bagian detailnya ketika merakit, seperti griptape (ampelas yang menempel pada deck) dan bearing (bantalan besi pada roda).

Meskipun Anda bisa mendapatkan skateboard yang Anda suka, skateboard yang belum dirakit memerlukan waktu yang lama dan pengetahuan lebih untuk merakitnya. Kekurangan lainnya dari skateboard jenis ini adalah memerlukan tenaga lebih untuk membuatnya dan biaya yang tidak sedikit.

Skateboard mana yang lebih direkomendasikan?

Setelah membaca perbedaan kedua skateboard di atas, Anda sudah mengerti keuntungan dan kelebihan masing-masing jenis skateboard, bukan?

Lalu, skateboard mana yang lebih direkomendasikan? Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa skateboard dengan rakitan sendiri lebih direkomendasikan dibanding skateboard yang sudah jadi. Berikut akan kami jelaskan alasannya.

Anda dapat berlatih menggunakan skateboard buatan Anda sendiri

Anda dapat berlatih menggunakan skateboard buatan Anda sendiri

Alasan yang paling penting adalah Anda dapat menggunakan skateboard buatan Anda sendiri. Melakukan trik skateboard tidak semudah seperti yang terlihat di film. Dibutuhkan latihan yang panjang untuk menguasainya.

Tidak ada yang mudah dalam menguasai cara bermain skateboard, bahkan jika Anda hanya sekadar mengendarai skateboard tanpa melakukan trik apa pun. Anda harus menempuh masa pembelajaran hingga Anda mencapai level tertentu. Lalu, adakah cara untuk mempersingkat masa pembelajaran tersebut? Jawabannya adalah gunakan skateboard yang cocok dengan Anda!

Sama seperti halnya makanan, ada makanan yang Anda suka dan ada makanan yang tidak Anda suka. Begitu juga dengan skateboard, nilai dari suka atau tidak suka pada skateboard dapat dilihat dari kenyamanan penggunaannya. Sebenarnya, tidak ada standar tertentu untuk menentukan kenyamanan sebuah skateboard sebab hal tersebut dapat dinilai dari perasaan Anda sendiri ketika menggunakannya.

Dengan berlatih menggunakan skateboard yang terasa lebih personal karena Anda rakit sendiri, sesi latihan Anda akan terasa semakin menyenangkan. Hal tersebut tentu akan mempercepat pengembangan kemampuan Anda dalam bermain skateboard.

Anda dapat menangani sendiri kerusakan parsial

Anda dapat menangani sendiri kerusakan parsial

Kerusakan pada skateboard akan sering terjadi ketika bermain skateboard. Meski begitu, bukan berarti seluruh komponennya akan rusak sekaligus dalam waktu bersamaan. Mulai dari papan yang patah, roda yang rusak, atau baut truck yang lepas. Semakin sering Anda bermain skateboard, maka kerusakan seperti ini akan sering Anda alami.

Jika Anda tidak tahu cara merakit skateboard, Anda mungkin akan membeli skateboard baru yang sudah jadi setiap kali ada kerusakan parsial. Hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, feeling memakai skateboard yang baru dengan yang lama pun tidaklah sama, bahkan terkadang Anda tidak bisa melakukan trik yang sudah Anda pelajari dengan skateboard baru tersebut.

Karena itu, cobalah merakit skateboard Anda sendiri sehingga Anda dapat memperbaiki bagian yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, feeling pengendalian skateboard Anda tidak akan berubah sekalipun skateboard tersebut mengalami kerusakan.

Cara memilih bagian-bagian skateboard

Apakah Anda sudah paham mengenai keuntungan dari memilih skateboard yang dirakit sendiri? Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih komponen skateboard, yaitu deck, truck, dan roda.

Memilih deck

Deck skateboard memiliki berbagai macam ukuran dan jenis. Memilih skateboard sesuai dengan tinggi badan Anda dan trik yang ingin Anda pelajari akan memengaruhi kecepatan perkembangan kemampuan Anda dalam bermain skateboard. Di bawah ini kami akan menjelaskan hal-hal terkait ukuran deck skateboard yang perlu untuk Anda perhatikan.

Pilih deck sesuai dengan tinggi badan Anda

Pilih deck sesuai dengan tinggi badan Anda

Panjang deck biasanya ditulis dengan satuan inci dan 1 inci sama dengan 2,54 cm. Perhatikan ukuran deck di bawah ini dan pilihlah yang sesuai dengan tinggi Anda.

  • Tinggi ≤ 160 cm : 29,1 inci (74 cm) atau lebih kecil
  • Tinggi ≤ 170 cm : 30,7 inci (78 cm) atau lebih kecil
  • Tinggi ≤ 180 cm : 32,2 inci (82 cm) atau lebih kecil
  • Tinggi > 180 cm : 32,2 inci (82 cm) atau lebih besar

Pilih deck berdasarkan lebarnya, dan cocokkan dengan trik yang ingin Anda pelajari

Pilih deck berdasarkan lebarnya, dan cocokkan dengan trik yang ingin Anda pelajari

Selanjutnya, memilih deck berdasarkan lebarnya. Lebar deck juga diukur dengan satuan inci. Anda dapat menyesuaikan lebar deck yang Anda pilih dengan trik yang ingin Anda pelajari.

  • Deck ukuran ramping, berkisar 7,5 inci (19 cm) hingga 7,75 inci (19,6 cm) : Deck ramping memiliki bobot yang ringan sehingga cocok digunakan untuk trik flip. Namun, kekurangan dari menggunakan skateboard yang ramping adalah sulit menjaga keseimbangan.
  • Deck ukuran normal, berkisar 7,75 inci (19,6 cm) hingga 7,9 inci (20 cm) : Deck dengan ukuran normal tergolong versatile karena lebih mudah seimbang dan dipergunakan untuk mempelajari trik.
  • Deck ukuran lebar, di atas 8 inci (20,5 cm) : Deck dengan ukuran lebar memiliki bobot yang berat sehingga lebih stabil, tetapi deck dengan ukuran ini lebih sulit digunakan untuk melakukan trik. Akan tetapi, jika Anda percaya dengan kekuatan kaki Anda, melakukan trik flip akan menjadi lebih mudah karena deck ukuran ini lebih mudah menempel di kaki.

Pilih desain deck yang sesuai dengan selera Anda

Pilih desain deck yang sesuai dengan selera Anda

Seberapa fungsional pun deck yang Anda gunakan, desain deck tetap mempengaruhi mood Anda dalam bermain skateboard, bukan? Meskipun skateboard merupakan olahraga yang santai, skateboard tetap memiliki unsur fashion juga di dalamnya. Jadi, jangan lupa untuk memilih desain deck yang keren untuk melengkapi gaya fashion Anda, ya!

Memilih truck

Poin yang paling penting dalam memilih truck adalah ketinggiannya. Truck memiliki 2 jenis, yaitu tinggi dan rendah. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan, karena itu simaklah penjelasan di bawah ini untuk mengetahui tinggi truck yang sesuai dengan Anda.

Truck tinggi untuk Anda yang sudah ahli, truck rendah untuk Anda yang pemula

Truck tinggi untuk Anda yang sudah ahli, truck rendah untuk Anda yang pemula

Berdasarkan ketinggiannya terdapat 2 jenis truck, yaitu tinggi dan rendah. Di bawah ini kami akan menjelaskan karakteristik dari masing-masing truck:

  • Tinggi : Jarak dari tail (bagian belakang deck) ke tanah menjadi lebih tinggi sehingga Anda dapat memanfaatkan ketinggiannya untuk melakukan trik. Namun, karena jarak ke tanah terlalu jauh maka diperlukan kaki yang kuat. Truck jenis ini biasa digunakan untuk yang sudah ahli.
  • Rendah : Jarak dari tail ke tanah lebih rendah dibandingkan dengan truck yang tinggi sehingga Anda akan lebih mudah melakukan trik tanpa memerlukan kaki yang kuat. Truck jenis ini cocok untuk pemula.

Secara penampilan, kedua jenis truck mungkin terlihat sama. Perbedaan tinggi antara truck rendah dan tinggi adalah sekitar 5 mm, tergantung pada tiap produsen. Perbedaannya hanya berbeda 5 mm, tetapi feeling ketika menggunakannya tentu akan terasa sangat berbeda.

Memilih roda

Ketika Anda merasa ada yang berbeda ketika menaiki skateboard dan merasa tidak cocok, hal itu bisa disebabkan karena ukuran rodanya. Karena itu, pemilihan roda sangatlah penting.

Pilih ukuran roda yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih ukuran roda yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Sekarang kami akan menjelaskan ukuran diameter roda skateboard. Biasanya ukuran roda yang digunakan adalah 50 mm–60 mm. Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai karakteristik ukuran roda.

  • Ukuran kecil < 53 mm : Ukuran ini memiliki bobot yang ringan sehingga lebih mudah untuk melakukan trik flip. Roda dengan ukuran kecil tidak cocok digunakan untuk mengebut.
  • Ukuran normal 53 mm–57 mm : Ukuran standar yang stabil.
  • Ukuran besar > 57 mm : Ukuran ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak cocok digunakan untuk trik flip. Roda dengan ukuran seperti ini cocok digunakan untuk mengebut.

Pilih ketebalan yang sesuai

Pilih ketebalan yang sesuai

Ketebalan roda pada skateboard ditandai dengan huruf A.

  • Ukuran tipis < 99 A : Stabil ketika mendarat dan cocok untuk mengebut.
  • Ukuran tebal > 99 A : Mudah untuk melakukan trik seperti flip dan powerslide.

10 Rekomendasi bagian-bagian skateboard terbaik

Anda sudah bisa mengenali bagian-bagian skateboard yang Anda butuhkan, bukan? Selanjutnya kami akan merekomendasikan bagian-bagian skateboard terbaik pilihan kami untuk Anda.

10. Ztuntz Skateboards The Mummy Deck

10. Ztuntz Skateboards The Mummy Deck

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.303.000

Bobotnya ringan, makin mudah melakukan berbagai trik

Jika Anda adalah seorang pemula dalam skateboard dan ingin berlatih melakukan berbagai trik keren, deck dari Ztuntz bisa jadi pilihan deck pertama Anda. Dengan bobot hanya 1.315 gram dan lebar 6 cm saja, produk ini menjadi sangat ringan dan tentunya memudahkan Anda untuk melatih berbagai trik skateboard.

Gambar mumi dengan latar belakang warna hitam membuat deck ini cocok digunakan untuk Anda penggemar film horor. Anda dapat merakitnya bersamaan dengan roda warna hitam agar skateboard Anda terlihat lebih menyeramkan. Tertarik membuat skateboard dengan tema horor? Silakan dicoba!

9. Spitfire Classic Wheels

9. Spitfire Classic Wheels

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Roda dengan desain klasik yang stabil dan pas untuk pemula 

Apakah Anda seorang pemula di dunia skateboard dan masih bingung mencari roda yang cocok untuk Anda? Roda dengan desain klasik dari Spitfire ini adalah jawabannya! Dengan ukuran 53 mm, roda ini lebih stabil digunakan sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan Anda.

Apalagi, dengan ketebalan roda 99 A Anda pun akan semakin mudah berlatih melakukan berbagai manuver sulit menggunakan skateboard Anda. Roda ini juga memiliki alur tapak yang sudah dirancang khusus untuk memberi Anda grip mumpuni di permukaan yang halus. Dengan segala kelebihannya ini, tentu roda ini tidak boleh Anda lewatkan.

8. Etaks Skateboard Silver Truck 

8. Etaks Skateboard Silver Truck 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 960.000

Apa pun gaya skateboard Anda, truck kokoh dan ringan ini pilihannya!

Dirancang secara khusus, truck keluaran Etaks ini menjadi sangat kokoh dan kuat untuk Anda gunakan jangka panjang. Menggunakan bahan hollowtruck ini pun memiliki bobot yang ringan. Bermain dengan rel atau di bowl, truck inilah pilihan yang tepat untuk skateboard Anda!

Produk yang memiliki ukuran lebar axle 5,5 inci ini cocok digunakan dengan deck ukuran 7,8–8,25 inci. Hal tersebut tentu membuatnya cocok Anda gunakan untuk melatih berbagai trik sulit setiap hari. Bila Anda mencari truck yang durable sekaligus ringan untuk digunakan secara rutin, produk inilah pilihannya.

7. Toy Machine Know Pleasure Deck

7. Toy Machine Know Pleasure Deck
Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 700.000

Deck dengan bahan kayu maple yang kuat, nyaman untuk segala medan!

Bila Anda menginginkan deck yang tidak mudah patah atau rusak, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Dibuat menggunakan bahan kayu maple berkualitas, produk ini menjadi sangat kuat, awet, dan tidak mudah patah bahkan saat Anda gunakan di berbagai medan, baik di arena skateboard maupun di berbagai tempat lainnya.

Selain itu, bahan kayu maple tersebut memungkinkan Anda untuk berlatih melakukan berbagai trik melompat seperti flip dan ollie tanpa perlu takut deck ini mendadak patah. Apalagi, dengan ukuran mencapai 8 inci produk ini terasa cukup lebar saat digunakan sehingga menjadi semakin stabil dan memudahkan Anda melakukan berbagai trik.

6. Tensor NEW Black Mag Light Skateboard Trucks

6. Tensor NEW Black Mag Light Skateboard Trucks

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Dirancang dengan geometri khusus untuk kontrol maksimum

Didesain secara khusus, truck ini memiliki sudut kemiringan besar sehingga skateboard Anda akan terasa semakin responsif dan Anda pun bisa dengan mudah berbelok atau berputar tajam. Ditambah dengan adanya interlocking bushing, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda ingin merakit skateboard yang sangat mudah dikontrol.

Dengan ketinggian 5 cm, produk ini sangat mudah digunakan bahkan oleh Anda yang baru belajar menggunakan skateboard. Titik berat produk ini pun didistribusikan secara merata sehingga menjadi tidak mudah rusak sekalipun Anda gunakan secara rutin. Selain itu, bobotnya cukup ringan untuk Anda gunakan mengebut.

5. MPI Fiberglass Skateboard Deck

5. MPI Fiberglass Skateboard Deck

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.355.397

Tampil unik dengan bahan fiberglass

Perpaduan warna biru plus putih dengan motif unik membuat deck ini terlihat sangat fresh sekaligus eye-catching saat Anda bawa dan gunakan. Adanya pola tambahan berupa 4 lubang juga akan membawa Anda mengingat kembali deck skateboard ala tahun 1970-an. Meski begitu, deck ini tetap kompatibel dengan berbagai truck, kok!

Apalagi, bagian atas dan bawahnya dilapisi lagi dengan bahan fiberglass sehingga terlihat mengilau dan sangat eksklusif. Bila Anda ingin menjadi pusat perhatian dengan deck yang tampilannya sangat spesial, produk ini adalah pilihan tepat. Deck ini juga akan tetap terasa firm di kaki karena bagian atasnya dibuat beralur untuk meningkatkan grip.

4. Element Section 52 Mm Wheels

4. Element Section 52 Mm Wheels

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 260.000

Taklukkan trik flip dengan roda yang memiliki desain keren!

Memiliki ukuran 52 mm membuat roda ini cocok digunakan untuk Anda yang saat ini sedang mempelajari trik flip. Ukuran yang kecil ini juga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki berat badan ringan. Namun, perlu Anda perhatikan kalau ukuran roda ini tidak cocok untuk digunakan mengebut, ya!

Roda dari brand Element ini memiliki ketebalan 101 A sehingga semakin pas digunakan untuk pemula belajar trik flip. Produk ini juga bisa Anda gunakan di taman skateboard atau jalanan yang memiliki permukaan halus. Desain roda yang keren membuat produk ini semakin menarik untuk Anda pilih.

3. Thrasher TTG Stage XI

3. Thrasher TTG Stage XI

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 975.000

Makin awet dengan kingpin grade 8

Finishing silver dan logo Trasher membuat produk ini terlihat semakin menyolok dan keren saat Anda pasang di deck. Dipadukan dengan baseplate berwarna black matte, aura sporty-nya pun makin kentara. Hanger dan baseplate-nya dibuat dari bahan aluminium sehingga tidak mudah berkarat dan cukup kuat untuk Anda gunakan di berbagai tempat.

Dengan tinggi mencapai 5,5 cm, produk ini juga akan mempermudah Anda melakukan berbagai trik skateboard. Apalagi, Anda bisa dengan tenang berlatih dan bermain skateboard sesering mungkin karena adanya kingpin grade 8 membuat produk ini menjadi sangat awet. Bila Anda mencari truck yang sangat durable, produk ini pilihannya!

2. Bones ATF Rough Riders Shotgun Wheel

2. Bones ATF Rough Riders Shotgun Wheel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Suka dengan kecepatan? Roda ini jagonya!

Apakah Anda suka bermain dengan kecepatan menggunakan skateboard Anda? Jika iya, roda berukuran 59 mm keluaran Bones ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda gunakan mengebut. Ukuran hub yang lebih kecil dan core yang lebar juga membantu roda dapat berputar lebih cepat dan halus.

Selain itu, roda ini memiliki ketebalan 80 A sehingga bukan hanya cocok digunakan untuk mengebut saja, tetapi juga lebih stabil saat digunakan. Roda ini juga bisa Anda gunakan untuk segala medan. Desain dengan kesan yang colorful menggunakan warna kuning cerah ini membuatnya semakin terlihat menarik.

1. Nomad Skull Green 54 Mm Wheel

1. Nomad Skull Green 54 Mm Wheel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Inilah roda dengan formula anti-flat spot yang Anda butuhkan

Seberapa seringpun Anda menggunakan skateboard, roda ini tetap awet karena menggunakan teknologi anti-flat spot sehingga tidak mudah terkikis dan tahan lama untuk digunakan. Bila Anda hanya menyediakan dana terbatas untuk merakit skateboard, roda ini adalah salah satu komponen terbaik yang wajib dimiliki.

Tidak hanya itu, dengan diameter sebesar 54 mm dan ketebalan mencapai 100 A, roda ini pun cocok Anda gunakan untuk menampilkan berbagai trik yang tergolong sulit dilakukan. Selain itu, roda ini juga dihiasi dengan gambar karya Stayhoom Project yang ternama sehingga membuatnya semakin layak Anda koleksi.

Kesimpulan

Bagaimana artikel tentang cara memilih bagian-bagian skateboard kali ini? Anda dapat menyesuaikan bagian-bagian skateboard yang Anda pilih dengan gaya bermain dan ukuran tubuh Anda. Bagi Anda yang masih pemula, tidak ada salahnya memilih bagian-bagian skateboard yang murah, tetapi tentu saja akan lebih baik jika Anda juga dapat mencocokkannya dengan gaya bermain Anda, ya!