10 Rekomendasi Suplemen Astaxanthin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Astaxanthin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Belakangan ini suplemen astaxanthin menjadi suplemen yang banyak dicari karena khasiatnya untuk antipenuaan, mempercantik kulit, membantu penglihatan, dan sebagainya. Astaxanthin sendiri merupakan pigmen warna yang terdapat pada hewan dan tumbuhan. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari suplemen ini?

Bagi Anda yang sedang mencari suplemen ini, ada baiknya menyimak artikel ini sampai akhir untuk memilih produk yang tepat. Kami akan memberikan beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih produk suplemen astaxanthin serta tak lupa memberikan beberapa referensi produk untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu astaxanthin?

Astaxanthin merupakan pigmen merah yang banyak terdapat pada produk laut. Beberapa tahun belakangan astaxanthin semakin populer karena dikatakan bahwa astaxanthin memiliki berbagai manfaat kesehatan. Karena itu, kami akan menjelaskan berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan bila mengonsumsinya secara rutin.

Mengatasi masalah penglihatan dan penuaan

Mengatasi masalah penglihatan dan penuaan

Astaxanthin banyak ditemui pada berbagai hewan laut, seperti kepiting, udang, krill, dan salmon. Astaxanthin memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat memengaruhi mata dan otak secara langsung.

Astaxanthin diakui memiliki efek untuk meningkatkan penglihatan yang kabur serta meningkatkan ketajaman penglihatan. Berdasarkan uji saintifik serta fungsinya tersebut, astaxanthin merupakan salah satu pangan fungsional.

Selain untuk penglihatan, sifat antioksidan astaxanthin juga memiliki efek terhadap kecantikan serta memberikan stamina. Hal ini disebabkan karena astaxanthin memiliki antioksidan yang lebih tinggi daripada beta karoten dan koenzim Q10. Sayangnya, kemungkinan besar Anda belum mendapat cukup asupan astaxanthin dari makanan yang Anda konsumsi sehingga jika Anda menginginkan efek yang lebih kuat, Anda harus mengonsumsi suplemen astaxanthin.

Ekstrak dari alga Haematococcus

Ekstrak dari alga Haematococcus

Astaxanthin diketahui sebagai pigmen yang ditemukan pada salmon, ikan forel (trout), lobster, udang, dan berbagai hasil laut lainnya. Akan tetapi, zat ini hanya terdapat dalam tubuh hewan tersebut sebagai hasil dari makanan yang mereka cerna. Bila ditelisik lebih jauh hingga ke asalnya, astaxanthin berasal sejenis rumput laut, yaitu alga Haematococcus.

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk laut, jangan khawatir karena Anda dapat melihat pada bagian label suplemen tersebut. Kebanyakan suplemen astaxanthin memiliki bahan dasar alga Haematococcus sehingga aman untuk Anda yang memiliki alergi. Untuk lebih amannya, perhatikan label produk pilihan Anda, ya!

Cara memilih suplemen astaxanthin

Dalam memilih suplemen, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti bahan dan jumlah kandungannya. Kedua hal tersebut akan memengaruhi efek yang Anda dapatkan. Berikut ini beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih suplemen astaxanthin.

Pilih produk dengan kandungan astaxanthin 6 mg atau lebih

Pilih produk dengan kandungan astaxanthin 6 mg atau lebih

Sudah banyak riset yang dilakukan tentang astaxanthin. Meskipun efeknya telah dikonfirmasi pada berbagai dosis, 6 mg astaxanthin dari alga Haematococcus merupakan dosis yang paling umum untuk dikonsumsi.

Meskipun kebutuhan tubuh akan astaxanthin tidak pasti, dengan mengonsumsi setidaknya 6 mg per hari Anda akan mendapatkan manfaatnya. Banyak suplemen astaxanthin yang mengandung lebih dari 6 mg astaxanthin, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Periksa bahan antioksidan lainnya

Periksa bahan antioksidan lainnya

Astaxanthin merupakan bahan antioksidan, tetapi Anda juga perlu memeriksa apakah ada kandungan antioksidan lain yang bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, dan antipenuaan dalam suplemen tersebut. Contohnya vitamin E, vitamin yang larut di dalam lemak dan mampu bekerja pada lipid di membran sel. Vitamin E sangat berperan dalam mencegah oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penuaan dan bintik hitam serta oksidasi membran sel.

Vitamin C atau asam askorbat juga terkenal sebagai antioksidan yang baik. Vitamin C juga memiliki kemampuan untuk regenerasi seperti vitamin E dengan mekanisme menekan proses oksidasi berlebih di dalam kulit. Efek sinergis akan didapatkan jika Anda memilih suplemen astaxanthin yang juga mengandung antioksidan lainnya.

Hati-hati dengan informasi bahan yang tidak tepat

Hati-hati dengan informasi bahan yang tidak tepat

Sering kali Anda menemukan tulisan seperti “pigmen alga Haematococcus 200 mg” atau “jumlah kandungan 180 mg”. Sayangnya, ini bukan menunjukkan jumlah astaxanthin murni yang terkandung di dalam produk. Jika Anda membaca komposisi bahan secara detail, barulah Anda akan mengetahui secara tepat kandungan astaxanthin-nya. Pilihlah produk setelah Anda mengecek hal tersebut.

Selain itu, meskipun tertulis bahwa suplemen tersebut mengandung banyak bahan lainnya, akan sangat sulit dipercaya jika jumlah spesifiknya tidak disebutkan. Pilihlah bukan hanya dari bahannya, tetapi juga dari jumlah kandungan yang tertulis.

Kemudian, jangan memilih produk hanya berdasarkan perasaan bahkan berdasarkan omongan dari mulut ke mulut saja. Lebih dari itu, Anda harus memperhatikan jumlah kandungan di dalamnya juga.

10 Rekomendasi suplemen astaxanthin terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan suplemen astaxanthin terbaik untuk Anda. Apa saja? Mari disimak!

10. Doctor’s Best Astaxanthin

10. Doctor's Best, Astaxanthin With AstaPure

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.036.613

Produksi astaxanthin yang ramah lingkungan dan berkelanjutan

Kandungan astaxanthin 6 mg ini cukup Anda konsumsi 1 softgel per hari sehingga isi 90 softgels ini akan pas untuk dikonsumsi selama 3 bulan. Suplemen ini juga cocok untuk Anda yang vegan karena softgels-nya terbuat dari pati dan bebas dari gelatin. Selain itu, suplemen ini bebas dari kedelai dan GMO sehingga cocok untuk Anda yang alergi terhadap bahan tersebut.

Doctor’s Best menggunakan astaxanthin dari AstaPure yang ditumbuhkan di sistem tertutup yang steril dan telah dipatenkan. Karena itu, AstaPure terbebas dari kemungkinan kontaminasi serta zat-zat kimia yang terdapat di alam. Proses produksinya pun termasuk ramah lingkungan dan berkelanjutan karena menggunakan sinar matahari alami.

9. Jarrow Formulas Astaxanthin

9. Jarrow Formulas Astaxanthin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 585.090

Teknik produksi mutakhir dan bebas alergen

Mikroalga untuk Jarrow Formulas Astaxanthin diproduksi dengan fotobioreaktor tubular sehingga menghasilkan pertumbuhan serta tingkat kemurnian yang lebih tinggi. Suplemen ini juga dihasilkan dengan teknologi “hijau”, yaitu menggunakan sinar matahari alami. Teknik produksi ini menjamin suplemen yang Anda konsumsi bebas polutan.

Untuk menjaga astaxanthin dari oksidasi, suplemen ini dilengkapi dengan minyak safflower dan extra virgin olive oil non-GMO (genetically modified organism). Tanpa adanya bahan tambahan lain dari kedelai, gandum, susu, karagenan, atau telur, suplemen ini sangat aman untuk Anda yang alergi terhadap bahan-bahan tersebut.

8. LiveExtension Astaxanthin with Phospholipids

8. LiveExtension Astaxanthin with Phospholipids

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 345.000

Non-GMO dan penyerapan yang lebih maksimal

Astaxanthin merupakan suplemen yang termasuk sulit diserap tubuh karena termasuk dalam suplemen larut lemak. Agar lebih mudah terserap, suplemen ini dilengkapi dengan 80 mg dari empat fosfolipid sehingga penyerapan oleh tubuh lebih sempurna. Formulasi ini sangat cocok untuk para manula karena terkadang terjadi penurunan penyerapan di dalam tubuh.

Ukuran softgels suplemen ini juga sangat mudah untuk ditelan oleh manula sekalipun. Selain itu, suplemen ini sudah tersertifikasi sebagai produk non-GMO sehingga aman bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk GMO. Mengandung 4 mg astaxanthin per softgel, Anda juga bisa mengonsumsinya sebanyak 2 softgel per hari.

7. Nutrex-Hawaii EyeAstin

7. Nutrex-Hawaii EyeAstin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 690.000

Dapatkan mata sehat dambaan Anda dengan konsumsi berbagai antioksidan

Untuk Anda yang sangat memperhatikan kesehatan mata atau sering berhadapan dengan layar elektronik, sebaiknya produk ini tidak Anda lewatkan. Selain astaxanthin, kandungan lutein, zeaxanthin, dan bilberry di dalamnya akan membantu merawat penglihatan Anda, bahkan akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.

Untuk hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen ini sebanyak 2 kapsul dalam sehari. Dengan demikian, satu botol suplemen ini dapat Anda konsumsi selama sebulan penuh. Produk ini juga bebas GMO, gluten, kacang kedelai, ragi, gandum, gluten, dan laktosa sehingga semakin aman untuk Anda konsumsi.

6. Puritan’s Pride Natural Astaxanthin

6. Puritan's Pride Natural Astaxanthin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 387.900

Brand terpercaya yang hadirkan produk berkualitas

Gaya hidup dengan tingkat stres yang cukup tinggi akan membuat Anda mudah terpapar dengan radikal bebas dan berujung dengan penuaan dini. Pastinya Anda tidak mau mengalami penuaan dini, bukan? Dengan kandungan astaxanthin 5 mg, suplemen ini akan membantu melawan radikal bebas sehingga sel-sel Anda terbebas dari penuaan dini.

Puritan’s Pride telah berkecimpung di dalam dunia suplemen kesehatan sejak 1973 sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Hal ini terbukti dengan fasilitas industri yang sudah teraudit oleh UL-STR. Suplemen ini sangat pas untuk Anda yang masih baru ingin mengonsumsi astaxanthin, tetapi bingung menentukan merek yang akan Anda pilih.

5. Now Astaxanthin Extra Strength

5. Now Astaxanthin Extra Strength

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Produk alami tersertifikasi internasional

Produk ini telah tersertifikasi oleh ECOCERT dan NAXA sebagai serbuk mikroalga organik yang aman untuk dikonsumsi dan bukan astaxanthin sintetis. Anda akan mendapatkan warna softgels yang sedikit berbeda karena produk ini tidak menggunakan pewarna buatan. Karena itu, produk ini sangat aman untuk Anda yang ingin menghindari pewarna buatan.

Anda akan mendapatkan 10 mg astaxanthin sebanyak 60 softgels. Ukuran softgels suplemen ini cukup kecil sehingga mudah dikonsumsi oleh orang yang sudah tua atau pun Anda yang kesulitan menelan obat. Untuk Anda yang memiliki alergi terhadap kedelai, perlu diperhatikan bahwa produk ini mengandung minyak kedelai yang dimurnikan sebagai tocopherol. 

4. Trunature Astaxanthin

4. Trunature Astaxanthin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 799.000

Ukurannya yang kecil akan memudahkan untuk ditelan lansia sekalipun

Suplemen ini mengandung 6 mg dengan 100 softgels untuk konsumsi 100 hari karena Anda cukup mengonsumsinya 1 softgel per hari. Kandungannya cukup untuk mengembalikan stamina Anda yang memiliki intensitas aktivitas yang tidak terlalu tinggi. Ukuran softgels-nya pun termasuk kecil sehingga lebih mudah untuk ditelan bahkan oleh lansia.

Trunature menggunakan astaxanthin dari AstaREAL yang fasilitasnya telah tersertifikasi ISO9001 dan HACCP sehingga tak perlu Anda ragukan lagi teknologinya. Produksinya menggunakan photobiorector dengan sistem tertutup yang steril. Tak hanya itu, AstaREAL juga telah tersertifikasi halal dan kosher sehingga sangat ramah untuk umat Muslim.

3. Nutrex-Hawaii BioAstin Hawaiian Astaxanthin

3. Nutrex-Hawaii BioAstin Hawaiian Astaxanthin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 999.000

Isi lebih banyak, harga lebih ekonomis

Suplemen astaxanthin satu ini memiliki kandungan astaxanthin sebanyak 12 mg. Kandungan astaxanthin yang cukup tinggi ini akan membantu menjaga kesehatan mata, otak, sendi, dan jantung. Tak hanya itu, suplemen ini sangat cocok dikonsumsi oleh para atlet karena dapat meningkatkan performa serta mempercepat proses pemulihan.

Bagi Anda yang sedang mencari suplemen astaxanthin dengan harga lebih ekonomis, produk ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Dengan jumlah 120 kapsul, harga produk ini cukup ekonomis untuk budget Anda yang terbatas. Anda juga tidak perlu membelinya setiap bulan karena isinya cukup untuk beberapa bulan ke depan.

2. California Gold Nutrition Astaxanthin

2. California Gold Nutrition Astaxanthin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.020.000

Suplemen ramah vegan dengan proses natural

Mungkin sulit bagi para vegan untuk mencari suplemen yang cocok karena kebanyakan suplemen mengandung gelatin pada bagian softgels. Suplemen dari California Gold ini direkomendasikan bagi Anda yang vegan karena softgels suplemen ini mengandung pati tanpa gelatin. TruAzta sendiri telah tersertifikasi oleh vegetarian society.

California Gold Nutrition bekerja sama dengan Heliae yang menghasilkan TruAzta. Alga yang dihasilkan menggunakan metode alami dengan cahaya matahari dari Arizona yang tentunya bebas bahan kimia berbahaya. Kandungan 12 mg astaxanthin pastinya akan mengembalikan stamina Anda yang aktif beraktivitas setiap harinya.

1. Sports Research High Potency Astaxanthin

1. Sports Research Astaxanthin 12mg with Organic Coconut Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Cold pressed VCO organik akan membuatnya semakin cepat diserap tubuh

Astaxanthin merupakan antioksidan yang larut dalam lemak dan akan lebih baik jika dikonsumsi dengan makanan yang berlemak. Namun, suplemen satu ini dicampur dengan VCO (virgin coconut oil) organik yang diolah dengan proses cold press untuk meningkatkan penyerapan dalam tubuh. Campuran VCO organik ini sangat pas untuk Anda yang sedang menghindari makanan berlemak.

Kandungan astaxanthin 12 mg ini pas untuk Anda yang sedang dalam masa pemulihan penyakit atau pun bagi Anda yang gemar berolahraga karena sanggup memulihkan stamina dengan lebih cepat. Anda yang vegetarian pun dapat mengonsumsi suplemen ini dengan tenang karena softgel suplemen ini terbuat dari pati tapioka dan kosher vegetable glycerin.

Kesimpulan

Ternyata ada begitu banyak manfaat dari astaxanthin, bukan? Memilih suplemen astaxanthin pun tidak terlalu sulit. Anda perlu memperhatikan kandungan di dalamnya serta jumlah astaxanthin. Kandungan lain pada suplemen serta jumlah astaxanthin akan mempengaruhi efek dari suplemen tersebut terhadap tubuh Anda.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Selamat memilih suplemen yang sesuai dengan Anda,  dan stay healthy!