1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Gym & fitness
  6. >
  7. 10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Push Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)

Push up merupakan olahraga yang kerap dilakukan oleh masyarakat. Untuk mempermudah gerakan push up, Anda dapat menggunakan push up bar. Penggunaan push up bar dapat membantu memberikan hasil yang lebih maksimal serta mengurangi risiko cedera pada pergelangan tangan.


Banyaknya push up bar yang dijual di pasaran mungkin membingungkan Anda dalam memilih. Karena itu, kami akan membahas tips memilih push up bar terbaik. Rekomendasi push up bar dari merek yang bagus juga kami berikan, seperti Xiaomi, Kettler, dan adidas. Artikel ini sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Personal trainer
Tedi Hermawan

Tedi adalah lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tedi menempuh karier sebagai personal trainer di Gold's Gym sejak 2018. Sejak SMP, Tedi aktif sebagai atlet cabang olahraga futsal, pencak silat, dan kriket. Berbagai prestasi ia dapatkan mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Tedi telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih beberapa cabang olahraga. Beberapa sertifikasi tersebut yaitu sebagai pelatih olahraga dari BNSP, pelatih fisik renang, dan pelatih massage level 1 nasional. Ia juga memiliki sertifikasi cabang olahraga bela diri, seperti pelatih pencak silat dan pelatih muay thai.

Profil Tedi Hermawan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Mengenal manfaat push up bagi tubuh

Mengenal manfaat push up bagi tubuh

Push up adalah salah satu gerakan olahraga ketahanan isometrik yang dapat memicu kontraksi otot tubuh. Gerakan push up menggunakan berat badan sendiri sebagai beban untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas. Push up dapat melatih otot-otot bagian belakang lengan atas, khususnya otot-otot pektoral di dada dan triceps.

Gerakan push up harus dilakukan dengan benar agar tidak menyebabkan cedera tubuh. Selain itu, sebaiknya push up dilakukan secara rutin demi mendapatkan manfaat yang maksimal. Manfaat push up bagi tubuh adalah sebagai berikut:


  • Menguatkan otot tubuh: Bertambahnya usia dapat mengurangi kekuatan otot. Untuk menjaga kekuatan otot, Anda bisa melakukan push up secara rutin. Gerakan push up membantu menguatkan otot, terutama otot bagian dada, bahu, serta triceps.

  • Membentuk tubuh bagian atas: Tubuh ideal dapat dibentuk dengan gerakan push up. Gerakan push up membantu membentuk bagian lengan atas, dada, dan bahu. Jika dilakukan dengan rutin dan benar, Anda akan mendapatkan tubuh ideal yang sehat.

  • Meningkatkan keseimbangan tubuh: Gerakan push up bermanfaat untuk melatih kekuatan core atau otot inti. Core tubuh yang kuat dapat menjaga keseimbangan tubuh. Jika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, risiko cedera akibat terjatuh dapat berkurang.

  • Meningkatkan kesehatan jantung: Push up juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Jantung yang sehat menjadikan aliran darah di dalam tubuh lancar. Dengan demikian, risiko penyakit kardiovaskular akan berkurang.

  • Memperbanyak testosteron dalam tubuh: Testosteron adalah salah satu hormon yang penting bagi tubuh. Testosteron dapat meningkatkan performa fisik, gairah seks, massa otot, hingga pertumbuhan rambut pria. Anda dapat memperbanyak testosteron dengan melakukan push up.

Sebagai tambahan informasi, memperbanyak testosteron dalam tubuh tidak hanya dengan push up, tetapi juga dengan olahraga rutin. Selain itu, produksi testosteron didukung oleh konsumsi makanan dengan gizi yang baik. Menghindari stres, istirahat secara cukup, dan memiliki berat badan ideal ikut memengaruhi produksi hormon testosteron di dalam tubuh.

Cara memilih push up bar

Push up bar merupakan produk yang dapat menstimulasi dan membantu gerakan push up agar mendapatkan hasil lebih maksimal. Pastikan Anda memilih push up bar yang sesuai dengan kebutuhan. Cek tiga poin berikut untuk membantu Anda dalam memilih push up bar.

① Periksa bentuk grip dan keberadaan bantalan

Periksa bentuk grip dan keberadaan bantalan

Poin penting dalam memilih push up bar adalah mengecek bagian grip atau pegangan. Anda bisa memilih grip pada push up bar berdasarkan bentuknya. Selain itu, pastikan juga ada atau tidaknya bantalan pada grip. Bantalan tersebut dapat menentukan kenyamanan dalam menggenggam.


  • Grip: Pastikan Anda memilih push up bar yang memiliki grip yang nyaman digenggam. Untuk itu, sesuaikan ukuran grip push up bar dengan genggaman Anda. Pastikan grip tersebut dapat Anda genggam secara maksimal agar tidak menyulitkan Anda saat melakukan gerakan push up. Di pasaran umumnya grip push up bar berbentuk seperti pipa atau pipih.

  • Bantalan: Bantalan pada grip dapat mendukung kenyamanan Anda saat melakukan gerakan push up. Bantalan pada push up bar juga bisa mencegah kapalan di telapak tangan. Produk yang dijual di pasaran biasanya menggunakan bantalan dari bahan busa atau karet. Jika produk pilihan Anda menggunakan bantalan dari karet, pilihlah yang bergerigi supaya genggaman Anda lebih kuat.

② Pilih push up bar yang antiselip untuk keamanan Anda

Pilih push up bar yang antiselip untuk keamanan Anda
Push up bar ada yang mudah tergelincir ketika digunakan. Jika push up bar tergelincir, gerakan push up menjadi tidak stabil. Otot pun tidak akan terlatih dengan baik. Bahkan, push up bar yang tergelincir dapat meningkatkan risiko cedera lengan dan bahu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda sebaiknya memilih push up bar yang dilengkapi material antiselip di bagian bawahnya. Dengan begitu, Anda bisa tenang saat berlatih meski menggunakannya di lantai keramik yang licin. Namun, Anda perlu memeriksa apakah material antiselip yang digunakan tersebut berisiko merusak lantai atau tidak.

Apabila push up bar Anda tidak memiliki antiselip, Anda disarankan menambahkan kain atau handuk di lantai. Kain dan handuk bisa membantu mencegah push up bar tergelincir saat digunakan.

③ Pertimbangkan adanya fitur tambahan

Pertimbangan lain dalam memilih push up bar adalah mengecek fitur tambahannya. Fitur tambahan pada push up bar dapat menambah fungsinya saat Anda melakukan gerakan push up. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu menambahkan banyak peralatan olahraga lainnya. Tidak mengherankan jika harga push up bar dengan fitur tambahan cenderung lebih mahal daripada push up bar biasanya.

Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan yang kerap ditemukan pada push up bar yang ada di pasaran:


  • Rotasi: Beberapa push up bar dilengkapi dengan fitur rotasi. Fitur ini berfungsi meningkatkan stimulus pada otot. Fitur rotasi pada umumnya terletak di bagian bawah bar.

  • Fungsi tambahan lainnya: Ada juga push up bar yang memiliki fungsi tambahan. Artinya, alat tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk push up. Di pasaran terdapat beberapa produk push up bar yang bisa digunakan juga untuk sit up atau hand stand

10 Rekomendasi push up bar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk push up bar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tedi Hermawan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SPEEDS

Push Up Stand Bar

SPEEDS Push Up Stand Bar 1枚目

Desain kuat dengan harga ramah di kantong

2

AONEZ

Push Up Stand Bar

AONEZ Push Up Stand Bar 1枚目

Ringan dan bisa dibongkar pasang, mudah dibawa ke mana pun

3

SFIDN FITS

2in1 Premium Push Up Stand Bar & Sit Up Stand

SFIDN FITS 2in1 Premium Push Up Stand Bar & Sit Up Stand 1枚目

Lakukan push up dan sit up dengan satu alat

4

Brownwood Calisthenic

Wooden Paralletes

Brownwood Calisthenic Wooden Paralletes 1枚目

Berbasis calisthenics, push up bar kayu yang cocok untuk berbagai jenis olahraga

5

Kettler

Superior Push up Bars

Kettler Superior Push up Bars 1枚目

Bobot ringan, tak membebani saat digunakan

6

Xiaomi

YUNMAI Portable Push-up Bracket Board

Xiaomi YUNMAI Portable Push-up Bracket Board 1枚目

Push up bar multifungsi untuk membentuk empat bagian tubuh

7

Bodimax

Power Core

Bodimax Power Core 1枚目

Memiliki delapan fungsi dan empat level intensitas berat

8

Decathlon

Corength Push-Up Bar Grip

Decathlon Corength Push-Up Bar Grip 1枚目

Desain ramah lingkungan dan tidak memakan tempat

9

adidas

Push Up Bars

adidas Push Up Bars 1枚目

Dari produsen ternama, hadir dengan desain stabil dan kokoh

10

Perfect Fitness

PUSHUP ELITE

Perfect Fitness PUSHUP ELITE 1枚目

Genggaman ergonomis, berat tubuh ditopang secara merata

Perincian produk
Close
No.1

SPEEDSPush Up Stand Bar069-1

Mulai dari Rp35.000,00

Desain kuat dengan harga ramah di kantong

Anda masih bimbang ketika ingin membeli alat olahraga karena harganya yang fantastis? Produk push up bar ini bisa menjadi pilihan. Dengan harga yang ramah di kantong, Anda bisa tetap berolahraga secara maksimal.


Anda tidak perlu khawatir terkait kualitasnya. Meskipun harganya terjangkau, produk ini kuat karena terbuat dari bahan besi. Namun, usahakan agar catnya tidak terkelupas agar produk ini tidak mudah berkarat.

No.2

AONEZPush Up Stand Bar

Mulai dari Rp74.000,00

Ringan dan bisa dibongkar pasang, mudah dibawa ke mana pun

Jika olahraga sudah menjadi hobi Anda, produk ini rasanya cocok untuk Anda pilih. Push Up Stand Bar dari AONEZ ini terbuat dari bahan plastik ABS yang ringan dibawa. Selain itu, produk ini dapat dibongkar pasang sehingga mudah disimpan. Anda bisa memanfaatkannya untuk berolahraga di mana dan kapan saja.

No.3

SFIDN FITS2in1 Premium Push Up Stand Bar & Sit Up Stand

Mulai dari Rp188.000,00

Lakukan push up dan sit up dengan satu alat

Anda yang menginginkan tubuh atletis bisa melakukan push up dan sit up. Push up berfokus pada pembentukan otot dada, sedangkan sit up berfokus pada pembentukan otot perut. Untuk mendukung dua gerakan tersebut, gunakan alat yang satu ini.

 

Selain otot dada dan perut, alat ini juga bisa digunakan untuk membentuk otot deltoid hingga otot punggung. Namun, sebaiknya Anda menggunakan produk ini pada lantai berbahan keramik karena produk ini memiliki karet pengisap.

No.4

Brownwood CalisthenicWooden Paralletes

Mulai dari Rp150.000,00

Berbasis calisthenics, push up bar kayu yang cocok untuk berbagai jenis olahraga

Push up bar kayu yang satu ini dirancang untuk melakukan berbagai olahraga calisthenics. Calisthenics adalah olahraga yang memanfaatkan beban tubuh untuk memaksimalkan kekuatan otot. Selain dapat digunakan untuk push up, produk ini bisa juga digunakan untuk plank, dips, L-sits, hingga hand stand. Anda dapat memakainya di dalam atau di luar ruangan.


Namun, Anda harus memperhatikan penggunaan dan penyimpanannya. Pastikan produk tidak terkena air atau sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan pengikisan. Jika sudah terkikis, Anda bisa memperbaikinya dengan mengampelasnya. Selain itu, gunakanlah sarung tangan karet saat push up dengan produk ini karena bahan kayu cenderung licin.

No.5

KettlerSuperior Push up Bars942-000

Mulai dari Rp139.000,00

Bobot ringan, tak membebani saat digunakan

Kettler memang dikenal sebagai produsen berbagai produk olahraga berkualitas. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Superior Push Up Bar. Produk ini dibuat dari bahan besi sehingga kokoh. Meski demikian, produk ini tetap ringan ketika digunakan. Bagi Anda yang masih pemula, pilihlah produk ini untuk membantu gerakan push up.

No.6

XiaomiYUNMAI Portable Push-up Bracket Board

Mulai dari Rp215.000,00

Push up bar multifungsi untuk membentuk empat bagian tubuh

Meski dikenal sebagai penghasil produk elektronik, ternyata Xiaomi menghadirkan juga produk olahraga. Xiaomi YUNMAI berbentuk papan yang digunakan untuk melakukan gerakan push up. Jika Anda sudah terbiasa melakukan push up, produk ini cocok untuk Anda. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai variasi push up sehingga otot-otot yang dilatih lebih maksimal.


Pada papan produk ini terdapat empat warna yang mempunyai fungsi berbeda. Warna biru dapat membantu membentuk otot dada, sedangkan warna merah membentuk otot bahu. Selain itu, warna kuning membentuk otot punggung dan warna hijau membentuk otot triceps. Terdapat sembilan cara untuk membentuk otot-otot tubuh menggunakan push up bar ini.

No.7

Memiliki delapan fungsi dan empat level intensitas berat

Bagi Anda yang tidak sekadar mencari alat bantu push up, produk ini rasanya sangat cocok. Power Core dari Bodimax ini dirancang tidak sekadar untuk melakukan gerakan push up. Akan tetapi, produk ini memiliki delapan fungsi lain, seperti sit up, tendangan gunting, hingga aerobic cycling.


Produk ini juga dilengkapi dengan empat level intensitas berat yang bisa disesuaikan. Anda dapat memilih level yang sesuai dengan kekuatan Anda. Pilihlah produk ini untuk membantu Anda mengolah tubuh bagian paha, punggung, lengan, dada, dan perut. Para pemula juga cocok menggunakan produk ini karena pegasnya akan membantu meringankan bobot Anda.

No.8

DecathlonCorength Push-Up Bar Grip8556754

Mulai dari Rp98.000,00

Desain ramah lingkungan dan tidak memakan tempat

Anda peduli dengan kelestarian lingkungan? Kami rekomendasikan push up bar dari Decathlon ini. Produk ini terbuat dari 42% bahan plastik daur ulang sehingga ramah lingkungan. Desain produknya pun tidak terlalu besar sehingga tidak memakan tempat. Anda bisa menyimpannya dengan cara menumpuknya. Grip produk ini juga pas dalam genggaman Anda sehingga nyaman digunakan.
No.9

Dari produsen ternama, hadir dengan desain stabil dan kokoh

Dengan nama yang sudah mendunia, adidas menghadirkan produk push up bar yang berkualitas. Push up bar adidas didesain stabil dan kokoh sehingga dapat mendukung gerakan yang Anda lakukan. Bagian bawah push up bar ini juga dilengkapi antiselip sehingga tidak mudah tergelincir. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan produk ini sebagai alat olahraga pilihan Anda.

Sebagai informasi, Anda sebaiknya menggunakan matras saat berolahraga dengan alat ini. Dengan begitu, busa di bagian alasnya akan lebih awet. Pasalnya, busa tersebut akan cepat sobek jika terkena gesekan.

No.10

Genggaman ergonomis, berat tubuh ditopang secara merata

Push up bar dari Perfect Fitness ini didesain dengan genggaman yang ergonomis. Dengan begitu, berat tubuh akan ditopang secara merata. Jadi, Anda bisa melakukan push up dengan lebih aman karena risiko cedera berkurang.


Selain itu, adanya fitur rotasi memungkinkan tangan Anda bergerak dengan lebih leluasa. Namun, karena bagian pegangannya terbuat dari karet, Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan saat memakainya. Tujuannya agar genggaman Anda lebih kuat.

Cara push up dengan push up bar yang benar

Cara push up dengan push up bar yang benar
Push up tidak sekadar untuk membentuk otot dada. Akan tetapi, push up dapat memperbaiki posisi punggung. Bahkan, push up dapat juga membantu membentuk otot perut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan push up yang benar.

 

Anda bisa menggunakan push up bar agar telapak tangan tidak sakit. Namun, push up bar lebih cocok digunakan oleh Anda yang sudah memahami basic push up.


Ikuti cara push up dengan push up bar yang benar berikut ini.


  • Genggam grip push up bar menghadap ke arah dalam.
  • Sejajarkan posisi push up bar ketika diletakkan di lantai.
  • Untuk pemula, gunakan lutut sebagai tumpuan. Pastikan posisi pantat sejajar dengan paha. Namun, untuk yang sudah terbiasa, gunakan ujung jari kaki yang ditekuk ke dalam sebagai tumpuan. Pastikan posisi tubuh lurus.
  • Posisi awal tubuh bisa dimulai dari atas dengan kemiringan sekitar 45 derajat.
  • Turunkan tubuh, tetapi jangan sampai menempel ke lantai sambil mengembuskan napas.
  • Naikkan tubuh secara perlahan sambil menarik napas.
  • Lakukan hingga 4 set gerakan. 1 set gerakan terdiri dari 10 hingga 15 kali gerakan. 1 kali gerakan terdiri dari gerak naik dan turun.

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Bagi pemula, gunakanlah permukaan yang lebih tinggi untuk melakukan push up. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan boks untuk menopang tangan. Jika masih terasa berat, Anda dapat menggunakan dinding. Cara tersebut juga cocok untuk orang yang memiliki berat badan sangat berlebih.


Apabila Anda masih push up dengan menggunakan lutut, sebaiknya lakukan di lantai agar lebih aman. Gunakan matras atau knee pad agar lutut Anda tidak sakit.

Baca juga rekomendasi alat olahraga lainnya di sini

Selain push up, Anda juga bisa melakukan gerakan lain untuk menyehatkan badan. Gunakan alat pendukung yang sesuai dengan jenis gerakan yang ingin Anda lakukan. Periksa berbagai alat olahraga lainnya dengan mengeklik tautan berikut.

Kesimpulan

Penggunaan push up bar saat melakukan push up dapat meningkatkan efektivitas pembentukan otot. Selain itu, penggunaan push up bar juga dapat mencegah terjadinya cedera. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih push up bar yang bagus.


Ikuti cara memilih push up bar yang telah kami jelaskan di atas. Produk yang kami rekomendasikan juga dapat menjadi pilihan Anda. Dapatkan tubuh ideal yang sehat dan kuat dengan memanfaatkan push up bar untuk berolahraga!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer