10 Rekomendasi USB Car Charger Terbaik dengan Fitur Quick Charge (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi USB Car Charger Terbaik dengan Fitur Quick Charge (Terbaru Tahun 2018)

USB car charger (pengisi daya pada mobil) bisa menjaga smartphone dan tablet Anda tidak kehabisan baterai. Beberapa merek populer, seperti Anker, Tronsmart, Aukey, Spigen, atau Zola memiliki keunggulan tersendiri. Hal ini tentu bisa membuat Anda bingung jika ingin membeli USB car charger.

Artikel berikut akan mengulas cara memilih USB car charger dengan fitur quick charge. Kami juga telah menyiapkan sepuluh USB car charger terbaik yang bagus untuk Anda pilih. Semoga Anda mendapatkan referensi produk terbaik setelah menyimak artikel ini. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih USB car charger dengan fitur quick charge

Pada bab ini, kami akan menjelaskan cara memilih USB car charger. Temukanlah USB car charger yang tepat sesuai kebutuhan dengan memperhatikan beberapa poin berikut ini.

Pastikan standar kecepatan pengisian daya

Ada beberapa standar yang perlu diperhatikan untuk produk USB car charger dengan fitur quick charge (pengisian cepat). Fitur pengisian cepat pada produk USB car charger tergantung pada standar tertentu. Pada beberapa kejadian, Anda mungkin menemukan sisi terminal USB car charger yang tidak kompatibel dengan charger mobil. Jadi, Anda perlu memeriksa standar terminal yang digunakan agar sesuai dengan standar charger mobil Anda.

Quick charge 3 adalah standar quick charge tercepat untuk saat ini

Quick charge 3 adalah standar quick charge tercepat untuk saat ini

Quick charge yang dikembangkan oleh Qualcomm di Amerika Serikat adalah standar paling umum untuk charger mobil. Standar terbaru yang telah dirilis adalah quick charge 3.0. Anda akan menemukan label QC 3.0 yang tertera di halaman produk atau di keterangan lainnya. Jika Anda memilih produk dengan label QC 3.0, Anda bisa mengisi daya dengan kondisi tercepat saat ini. Namun, hal tersebut tergantung dari terminal yang Anda gunakan.

Qualcomm telah merilis standar QC 4.0+ pada tahun 2017. Biarpun demikian, hingga tulisan ini dibuat, belum ada charger mobil yang kompatibel dengan QC 4.0+. Oleh karena itu, kebanyakan produk yang kami rekomendasikan merupakan model yang kompatibel dengan QC 3.0. Walaupun demikian, QC 4.0 memiliki kompatibilitas dengan versi pendahulu seperti QC 3.0 dan QC 2.0. Jadi, Anda bisa memilih USB car charger dengan standar yang lebih tinggi. Hal ini tergantung dari waktu dan harga pembelian yang sekiranya menarik.

Perhatikan output apabila terminal charging tidak sesuai dengan QC

Perhatikan output apabila terminal charging tidak sesuai dengan QC

Fungsi quick charge penting untuk diperhatikan. Namun, output dari charger mobil tidak kalah penting, terutama saat Anda melakukan pengisian daya dari terminal yang tidak kompatibel dengan standar quick chargeCharger tidak dapat melakukan pengisian daya dengan baik kecuali memiliki arus 1 ampere atau lebih untuk smartphone. Sementara itu, charger akan bekerja dengan baik jika terminal charger mobil memiliki arus 2 ampere untuk terminal tablet.

Pada dasarnya, jika Anda menggunakan model dengan QC 3.0 Anda akan mendapat kemudahan. Anda tidak perlu repot-repot memperhatikan output ini saat melakukan pengisian daya. Namun, Anda perlu memperhatikan hal ini apabila ingin mengisi daya melalui terminal tablet dengan menggunakan charger mobil.

Pilih jumlah port sesuai dengan terminal dan jumlah orang yang ingin mengisi daya

Pilih jumlah port sesuai dengan terminal dan jumlah orang yang ingin mengisi daya

Anda hanya membutuhkan satu port USB saja jika Anda hanya mengisi daya sebuah smartphone. Perhatikanlah jumlah port jika Anda menggunakan dua smartphone atau ingin mengisi daya perangkat tablet di mobil. Pilih USB car charger dengan jumlah port yang sesuai dengan keperluan Anda.

Anda akan mendapatkan kemudahan dengan adanya port tambahan walaupun satu atau dua port mencukupi untuk penggunaan standar. Port tambahan dibutuhkan terutama jika terdapat beberapa orang yang ingin mengisi daya di mobil secara bersamaan. Namun, beberapa model USB car charger dengan multi port hanya memiliki sebuah port yang kompatibel dengan QC. Sementara itu, port lain untuk model ini tidak kompatibel dengan QC. Jadi, periksalah dengan saksama apakah pengisian cepat memang dibutuhkan untuk setiap port ataukah tidak.

Pilih ukuran yang tidak menghalangi aksesori mobil yang lain

Pilih ukuran yang tidak menghalangi aksesori mobil yang lain

Ukuran car charger tergantung pada lokasi pemantik rokok di mobil Anda. USB car charger berukuran besar bisa menghalangi Anda saat ingin menggunakan aksesori mobil yang lain. Pada kondisi yang ekstrem, USB car charger bisa membahayakan Anda saat mengendarai mobil. Beberapa USB car charger bisa terlalu rapat saat dipasang di mobil sehingga dapat menyulitkan Anda. Oleh karena itu, kami merekomendasikan kepada Anda agar memilih USB car charger dengan ukuran sekecil mungkin. Meskipun begitu, fungsi utama USB car charger haruslah memuaskan.

Pilih car charger yang sesuai dengan tegangan listrik mobil

Pilih car charger yang sesuai dengan tegangan listrik mobil

Saat ini, sebagian besar car charger kompatibel dengan kedua tegangan baik 12 volt maupun 24 volt. Sementara itu, beberapa produk hanya dapat digunakan untuk tegangan 12 volt. Pengisian daya dengan waktu beberapa menit di mobil penumpang biasa bukanlah masalah. Namun, USB car charger harus kompatibel dengan tegangan 24 volt untuk kendaraan besar seperti truk.

Produk luar negeri umumnya dibuat kompatibel dengan tegangan 12 volt. Akan tetapi, banyak produk impor yang tidak kompatibel dengan tegangan 24 volt. Jadi, periksalah dengan saksama sebelum membeli USB car charger.

Pilih yang dilengkapi lampu LED, nyaman dipakai pada malam hari

Pilih yang dilengkapi lampu LED, nyaman dipakai pada malam hari

Pengoperasian aksesori mobil dengan kondisi gelap bisa merepotkan terutama bagi Anda yang terbiasa berkendaraan pada malam hari. USB car charger dengan bentuk dan ukuran yang mirip dengan desain interior bisa menyulitkan Anda. Produk seperti ini akan sulit ditemukan saat akan dipakai. Apabila Anda sulit menemukan car charger dengan cara diraba, pilihlah car charger yang dilengkapi dengan lampu LED. Terutama USB car charger yang memiliki lampu LED sebanyak mungkin di bagian utama dan di bagian port.

10 Rekomendasi USB car charger terbaik dengan fitur quick charge

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk USB car charger terbaik dengan fitur quick charge. Silakan pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Roman R6000

10. Roman R6000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 212.999

Dilengkapi sebuah headset yang memudahkan komunikasi di kendaraan

Roman R6000 hanya memiliki sebuah port quick charge 3.0. Produk ini memiliki output maksimal 2,1 ampere serta mengisi daya lebih cepat 30% dibandingkan dengan car charger biasa. Di samping itu, output produk ini memiliki arus yang kuat, stabil, dan aman tanpa merusak gawai. Siapkanlah produk ini untuk berjaga-jaga apabila powerbank Anda kehabisan baterai saat di perjalanan.

Car charger ini dilengkapi headset yang mudah dikeluarkan dengan cara ditekan serta bisa dipakai hingga ribuan kali. Tambahan lagi, headset ini bisa terhubung dengan smartphone hanya dalam waktu 3 detik. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pengisian daya dan berkomunikasi dengan lebih mudah. Belilah produk ini apabila Anda sering melakukan komunikasi melalui smartphone di kendaraan.

9. Vivan CQ01 Car Charger QC 3,0

9. Vivan CQ01 Car Charger QC 3,0

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 122.000

Kesan elegan dengan desain bermotif kayu

USB car charger ini memiliki motif kayu yang terbuat dari cangkang PC dan plastik ABS. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang memiliki interior mobil bermotif kayu sehingga akan tampak serasi. Produk bermotif kayu ini bisa juga menjadi alternatif pilihan corak. Terutama apabila Anda bosan dengan warna hitam yang mendominasi car charger yang tersedia di pasaran.

Anda bisa melakukan pengisian daya melalui dua buah port USB dengan sebuah port yang mendukung quick charge. Vivan CQ01 Car Charger QC 3,0 memiliki input tegangan sebesar 12 volt hingga 24 volt. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan lempeng PCBA. Jadi, perangkat Anda akan terlindungi dari arus yang berlebihan saat pengisian daya.

8. Spigen Quick Charge 3.0 Car Charger F27QC

8. Spigen Quick Charge 3.0 Car Charger F27QC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 249.000

Lampu LED minimalis, tidak terlalu mencolok saat digunakan!

Produk ini dilengkapi sebuah lampu LED minimalis yang berfungsi untuk membantu penerangan pada malam hari. Oleh karena itu, produk ini bisa digunakan oleh Anda yang menginginkan penerangan yang tidak terlalu mencolok. Selain itu, sirkuit di bagian USB car charger dibuat untuk melindungi produk terhadap pengisian daya dan temperatur yang berlebihan.

Teknologi IP (Intelligent Power) mampu mengidentifikasi perangkat guna mengirimkan arus yang optimal saat digunakan. Hal ini akan menjaga keamanan perangkat Anda selama melakukan pengisian daya. Produk ini juga lebih reliabel karena telah memiliki sertifikat FC, CE, dan RoHS. Sementara itu, fitur quick charge 3.0 bisa mengisi daya pada perangkat Anda dengan cepat.

7. Xiaomi Mi Car Charger (3.6A Fast Charging)

7. Xiaomi Mi Car Charger (3.6A Fast Charging)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 115.000

Bahan kuningan yang elegan dan efektif mengurangi temperatur tinggi

Material utama dari produk ini menggunakan bahan kuningan guna memberikan kesan elegan. Pilihlah produk ini apabila Anda mencari produk elegan. Bahan kuningan juga dipilih karena mampu menghantarkan listrik dan menghilangkan panas dengan baik. Tambahan lagi, material kuningan juga relatif tahan terhadap temperatur tinggi.

Xiaomi Mi Car Charger kompatibel untuk tegangan 12 volt dan 24 volt di mobil Anda. Oleh karena itu, produk ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki mobil dengan tegangan yang bervariasi. Fitur lain yang bernama smart chip mampu mengonversi hingga 95% output. Produk ini bisa dimiliki oleh Anda yang mencari USB car charger dengan efisiensi tinggi.

6. Uneed Dual USB Port & Type C Port – UCCH02

6. Uneed Dual USB Port & Type C Port – UCCH02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 189.000

Dilengkapi teknologi intelligent charging, bisa menyesuaikan daya secara otomatis!

USB car charger ini dilengkapi dengan fitur intelligent charging. Teknologi ini akan menyesuaikan besaran daya yang paling tepat dengan waktu tercepat sesuai perangkat yang Anda gunakan. Milikilah produk ini apabila Anda bingung dengan daya yang sesuai untuk perangkat Anda saat melakukan pengisian daya.

Teknologi IC Protection dari produk ini akan memberi perlindungan untuk berbagai perangkat. Oleh karena itu, produk ini bisa dipakai untuk mengisi daya smartphone, tablet, PSP, powerbank, ataupun MP4 player. Selain itu, bahan plastik PC dan ABS berfungsi sebagai isolator sehingga aman terhadap temperatur tinggi.

5. Aukey CC-T8 Dual Port Car Charger with Quick Charge 3.0

5. Aukey CC-T8 Dual Port Car Charger with Quick Charge 3.0

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 199.000

Salah satu car charger terkecil di dunia, lebih menghemat ruang!

Anda bisa melakukan pengisian daya hingga dua perangkat sekaligus secara simultan dengan menggunakan produk ini. Tambahan lagi, produk ini memiliki ukuran 60,7 mm x 32 mm yang relatif kecil. Berkat ukurannya yang kecil, produk ini disebut sebagai salah satu car charger terkecil di dunia. Jadi, produk ini bisa dipilih oleh Anda yang memiliki desain interior mobil yang terlalu rapat.

Produk ini dibuat pula dengan fitur quick charge 3.0 sehingga Anda dapat melakukan pengisian daya lebih cepat empat kali dibandingkan charger konvensional. Selain itu, fitur quick charge dari produk ini lebih efisien hingga 45% dibandingkan quick charge 2.0. Anda juga akan mendapatkan sebuah kabel micro USB di setiap paket pembelian sehingga tidak perlu repot membeli kabel lagi.

4. Tronsmart CC2TF Quick Charge 3.0 Car Charger

4. Tronsmart CC2TF Quick Charge 3.0 Car Charger

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 135.000

Garansi perlindungan dengan tiga buah sertifikasi keamanan!

Tronsmart CC2TF telah memiliki tiga buah sertifikasi keamanan berupa sertifikat CE, sertifikat FCC, dan sertifikat RoHS. Sertifikasi tersebut melindungi USB car charger ini dari kelebihan arus, kelebihan pengisian daya, dan perlindungan terhadap korsleting. Anda bisa menggunakan produk ini apabila  khawatir dengan keamanan saat memakai car charger.

USB car charger ini sudah dilengkapi quick charger 3.0+ VoltiQ. Fitur tersebut membuat produk ini bisa dipakai untuk Galaxy S8/S8+, LG G6, Nexus 6, atau iPhone 6. Selain itu, produk ini memiliki input 12 volt dan 24 volt yang kompatibel dengan kebanyakan mobil truk. Bagi Anda yang membutuhkan USB car charger di mobil truk bisa memilih produk ini.

3. Zola Dash Q

3. Zola Dash Q

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 109.000

Quick charge 3.0 di kedua port USB! Tidak perlu berebut pengisian cepat lagi!

Apabila Anda mencari car charger dengan fitur quick charge lebih dari satu port, produk inilah solusinya. Zola Dash Q terdiri dari dua port USB yang keduanya sudah mendukung quick charge 3.0. Hal ini membuat Anda tidak perlu berebut pengisian cepat saat ingin mengisi daya pada gawai. Selain itu, produk ini aman digunakan karena dibuat dengan tujuh jenis perlindungan.

Car charger ini dibuat dengan bahan kualitas tinggi, chip premium, serta sirkuit bagus sehingga andal dan aman. Gesper pegas antikarat juga dipasang pada produk ini. Fitur tersebut membuat car charger ini tidak kendur saat dipakai dan juga bisa digunakan hingga lima ribu kali pemakaian. Butuh USB car charger untuk pemakaian jangka panjang? Pakai saja Zola Dash Q!

2. Orico 52W 5 Port (1 QC3.0 Port) with Extension Cord Car Charger (UCP-5P)

2. Orico 52W 5 Port (1 QC3.0 Port) with Extension Cord Car Charger (UCP-5P)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 146.700

Dilengkapi perpanjangan charger, nyaman mengisi daya pada area penumpang

Produk ini dilengkapi quick charge 3.0 yang bisa mengisi daya hingga lima buah perangkat secara simultan. Anda bisa menggunakan sebuah USB car charger dengan dua port yang dipasang di bagian depan mobil. Selain itu, produk ini dilengkapi perpanjangan car charger dengan tiga port USB. Perpanjangan car charger ini terhubung dengan kabel serta dilengkapi dengan klip.

Anda dapat memasang perpanjangan charger di bagian belakang kursi depan mobil. Hal ini tentu akan memudahkan pengisian daya perangkat untuk penumpang yang berada di kursi belakang mobil Anda. Pilihlah produk ini apabila Anda membutuhkan pengisian daya untuk sejumlah penumpang. Jadi, jangan lupakan produk ini saat Anda mudik dengan mobil bersama keluarga ya!

1. Anker PowerDrive+ 4 Ports USB-C

1. Anker PowerDrive+ 4 Ports USB-C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 499.000

Lebih leluasa dengan empat buah port USB plus dengan sebuah port USB tipe C

Anker PowerDrive+ 4 Ports USB-C dilengkapi dengan port USB tipe C. Dengan demikian, Anda yang memakai perangkat yang memiliki USB tipe C bisa memakai produk ini. Fitur quick charge 3.0 telah hadir untuk mengisi daya hingga 80% dalam waktu 35 menit saja. Sementara itu, empat port pada produk ini membuat pengisian daya pada perangkat dapat berjalan dengan leluasa.

Aksesori berupa cincin LED akan mempermudah pengoperasian produk ini pada malam hari. Tambahan lagi, cincin LED ini dirancang agar tidak memberikan cahaya yang dapat mengganggu Anda selama mengendarai mobil. Di samping itu, bahan campuran seng berkualitas dengan desain yang stylish akan mempercantik interior mobil Anda.

Kesimpulan

Kami telah memaparkan dan merekomendasikan sepuluh USB car charger dengan fitur quick charge terbaik. Produk mana yang akan Anda pilih? USB car charger akan memastikan gawai Anda tidak kehabisan baterai. Terutama jika Anda sedang menggunakan aplikasi penunjuk jalan seperti Waze atau Gmap saat di perjalanan. Selain itu, jika memilih USB car charger dengan tepat, Anda bisa memperindah tampilan interior mobil. Pastikan Anda memilih USB car charger yang tepat ya!