• 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)

Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. 


Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Jarwadi MJ
Rizki Fran
  • Pembaharuan terakhir: 12 Januari 2021
  • 35.648 Views
Daftar isi

Cara memilih earphone untuk olahraga

Pada bagian ini kami akan menjelaskan tentang enam poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih earphone untuk olahraga. 

Wireless earphone, ideal dan nyaman digunakan untuk berlari

Wireless earphone, ideal dan nyaman digunakan untuk berlari

Berlari menggunakan earphone berkabel bukanlah pilihan yang bijak. Jika menggunakan earphone kabel, wajah dan tubuh Anda akan berisiko terlilit kabel saat sedang berlari. Earphone juga dapat juga tertarik oleh kabel sehingga jatuh dari telinga dan dapat mengganggu Anda saat bergerak. 


Pilihan terbaik adalah menggunakan wireless earphone yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Dengan memakai wireless earphone, Anda dapat berlari dengan nyaman dan bebas tanpa gangguan. Alternatif lainnya adalah menggunakan klip untuk menyematkan kabel pada pakaian.

Pilih bentuk yang cocok agar earphone tidak mudah terlepas dan terjatuh

Sangat penting untuk memilih ukuran earphone yang pas agar tidak mudah terlepas saat berlari. Pahami karakteristik dari masing-masing bentuk dan pilihlah earphone yang pas untuk telinga Anda.

Tipe canal yang menyumbat lubang telinga, memiliki banyak penyangga dan mudah dipasang

Tipe canal yang menyumbat lubang telinga, memiliki banyak penyangga dan mudah dipasang

Earphone tipe canal direkomendasikan untuk Anda yang kerap menjatuhkan earphone dari telinga. Tipe ini juga cocok untuk Anda yang selalu khawatir earphone akan mudah terjatuh. 


Terdapat dua tipe utama dari earphone, yaitu tipe inner ear dan tipe canal.  Tipe inner ear diletakkan di depan lubang telinga dan disangga oleh tulang rawan. Sedangkan untuk tipe canal disumbatkan ke dalam lubang telinga. Pada tipe canal ada banyak bagian yang bersentuhan langsung dengan telinga sehingga terpasang erat. Jika Ada mencari earphone yang pas di telinga, tipe canal adalah pilihan yang bagus.

Lebih aman dengan ear wing dan ear hook

Lebih aman dengan ear wing dan ear hook

Earphone dengan ear hook atau ear wing direkomendasikan untuk Anda yang mudah menjatuhkan earphone dari telinga. Bisa juga untuk Anda yang mengkhawatirkan hal tersebut terjadi. Jika menggunakan ear wing atau ear hook, earphone akan lebih stabil dan pas. 


Ear wing memiliki tonjolan untuk dikaitkan di tulang rawan atas sedangkan ear hook disangkutkan di belakang telinga seperti kacamata. Apapun bentuk telinga Anda, earphone dapat digunakan dengan pas di telinga, khususnya ear hook. Jadi, jika Anda mementingkan kenyamanan dapat memilih salah satu dari keduanya.

Terdapat tiga tipe yang mudah untuk mendeteksi bahaya di sekitar saat berlari

Saat berlari di luar dan memakai earphone, sangat penting untuk dapat mendengar suara-suara yang ada di sekitar. Hal ini semata-mata demi keamanan Anda. Berikut tipe-tipe earphone yang dapat mendeteksi keadaan berbahaya di sekitar Anda.

Tipe inner ear: mudah untuk mendengarkan suara-suara di sekitar, tetapi kurang nyaman digunakan

Tipe inner ear: mudah untuk mendengarkan suara-suara di sekitar, tetapi kurang nyaman digunakan

Earphone tipe inner ear sering dibandingkan dengan earphone tipe canal. Karena strukturnya tidak menyumbat lubang telinga, Anda bisa mendengarkan suara yang ada di sekitar dibandingkan saat memakai earphone canal. Salah satu daya tarik dari earphone tipe inner ear adalah bobotnya yang ringan. Tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang kurang nyaman dengan tekanan dari tipe canal.


Di sisi lain, tipe inner ear hanya ditopang oleh tulang rawan yang terletak di depan lubang telinga. Oleh karena itu, jika bentuk telinga Anda kurang cocok dengan tipe ini, earphone akan mudah terjatuh. Anda juga dapat merasa kurang nyaman saat menggunakannya. Beberapa earphone tipe ini dapat dipasangi ear hook atau ear wing tambahan yang dijual terpisah. Jika Anda sering mengalami earpone mudah jatuh dari telinga, pastikan untuk mencobanya dulu sebelum membeli.

Tipe bone conduction/open ear: lebih aman karena tidak menghalangi lubang telinga, tetapi kualitas suara kurang memuaskan

Tipe bone conduction/open ear: lebih aman karena tidak menghalangi lubang telinga, tetapi kualitas suara kurang memuaskan

Tipe bone conduction dan tipe open ear juga direkomendasikan sebagai produk yang mudah untuk mendengar suara-suara dari sekitar. Keduanya memiliki struktur yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik tanpa menutupi telinga. Jadi, Anda masih bisa mendengar suara-suara lain yang ada di sekitar.


Umumnya, earphone ini berbentuk seperti ikat kepala yang mengapit pelipis dan terdapat juga yang digantung di telinga. Bentuk tersebut sangat stabil ketika digunakan. Oleh karena itu, earphone tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang khawatir earphone akan terjatuh. Earphone ini juga cocok untuk Anda yang sering berlari di area pemukiman warga atau jalan utama. Dengan begitu Anda bisa memperhatikan suara kendaraan yang lalu lalang.


Di sisi lain, earphone jenis ini memiliki kelemahan, yaitu kualitas suaranya tidak sebagus dan sejernih earphone biasa. Jadi, untuk Anda yang mementingkan kualitas suara, earphone tipe ini kurang cocok untuk Anda

Earphone dengan fungsi penangkap suara eksternal, produknya terbatas dan harganya mahal

Earphone dengan fungsi penangkap suara eksternal, produknya terbatas dan harganya mahal

Mungkin Anda cenderung untuk memilih tipe canal karena pas di telinga dan memiliki kualitas suara yang bagus. Jika demikian, pilihlah produk yang mampu menangkap suara eksternal alias suara yang ada di luar earphone.


Fungsi tersebut mampu menangkap suara di sekitar menggunakan mikrofon yang terdapat pada earphone. Suara yang ditangkap oleh mikrofon tersebut kemudian diteruskan ke telinga bersamaan dengan musik yang dimainkan. Meskipun menggunakan tipe canal yang menyumbat telinga, Anda dapat mendengarkan suara dari luar dengan baik. Jika Anda mementingkan kualitas suara dan earphone yang pas di telinga, tipe ini merupakan pilihan yang baik.


Akan tetapi, fitur yang dapat menangkap suara dari luar merupakan fitur terbaru. Earphone yang dilengkapi dengan fungsi tersebut biasanya memiliki harga yang mahal. Sebagai tambahan, performa fitur tersebut tergantung dari masing-masing produk. Jadi, tidak dapat dikatakan bahwa semua produk dengan fungsi tersebut memiliki kualitas yang sama rata.

Cegah kerusakan dari keringat dan hujan! Pilih fungsi tahan air dengan IPX5 atau lebih

Cegah kerusakan dari keringat dan hujan! Pilih fungsi tahan air dengan IPX5 atau lebih

Jika Anda memperhatikan ketahanan air dari earphone, pilihlah earphone dengan IPX. Sebagai panduan, pilih earphone dengan IPX5.


IPX mengindikasikan tingkat ketahanan earphone dari air. Rentang angka IPX mulai dari satu hingga sembilan. Makin besar angkanya, makin bagus ketahanan airnya. Terkadang, terdapat produk yang tertulis sebagai IP○○. Jika melihat produk dengan spesifikasi tersebut, angka pertama menunjukkan ketahanan terhadap debu dan angka kedua untuk ketahanan air.


Jika Anda sering berolahraga di luar ruangan dan berkeringat di sekitar telinga, IPX4 sudah cukup untuk menahan keringat. Namun, untuk menjaga earphone dari hujan yang tiba-tiba turun, IPX5 merupakan pilihan yang aman.

Untuk penggunaan sehari-hari, pilih baterai yang tahan 4-5 jam pemutaran terus-menerus

Untuk penggunaan sehari-hari, pilih baterai yang tahan 4-5 jam pemutaran terus-menerus

Wireless earphone tidak dapat memutar musik tanpa baterai. Untuk mengetahui daya tahan baterai, lihatlah keterangan berapa jam earphone tersebut dapat memutar musik terus-menerus.


Saat memilih earphone, kami sarankan untuk memilih baterai yang mampu memutar musik 4-5 jam terus-menerus. Jika hanya digunakan untuk berlari, Anda dapat memilih yang daya tahan baterainya lebih sedikit. Namun, untuk penggunaan harian, seperti saat pulang pergi kantor, pilih earphone dengan daya tahan baterai 4-5 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai di perjalanan.

Jika mementingkan kualitas suara, perhatikan codec yang tercantum

Jika mementingkan kualitas suara, perhatikan codec yang tercantum

Untuk Anda yang mementingkan kualitas suara, periksa juga codec yang tertulis pada deskripsi produk. Codec merupakan format transfer dari data audio. Kualitas format yang terendah adalah SBC, kemudian kualitas format meningkat pada codec AAC dan aptX.


Meski begitu, ada banyak hal yang memengaruhi kualitas suara sebuah earphone, seperti material, bentuk, dan cara penggunaannya. Jadi, Anda tida bisa menilai kualitas suara dengan hanya melihat sekilas saja. Codec hanya merupakan salah satu elemen yang memengaruhinya. 


Sebagai tambahan, codec tidak akan berfungsi jika penerima (earphone) dan pemancar (smartphone) tidak mendukung codec yang sama. Untuk itu, jika Anda menggunakan iPhone, pilihlah earphone yang mendukung codec AAC. Sedangkan untuk Android, pilih earphone dengan codec aptX.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi earphone terbaik untuk olahraga

Pada bagian berikut, telah kami menghimpun beberapa produk earphone terbaik untuk olahraga. Anda dapat membandingkan fitur, harga, dan hal-hal khusus yang dimiliki masing-masing produk. Silahkan disimak.
10
Bentuk earphoneTipe canal
CodecTidak disebutkan
Daya tahan baterai8 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIPX5
9

SoundPEATSQ35 HD Bluetooth Headphones

Mulai dari Rp 437.000,00

Bentuk earphoneTipe canal
CodecSBC dan aptx HD
Daya tahan baterai14 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIPX8
8
Bentuk earphoneTipe canal
CodecTidak disebutkan
Daya tahan baterai6 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIPX5
7
Bentuk earphoneTipe canal
CodecSBC
Daya tahan baterai12 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIPX7
6

JETEHandsfree Bluetooth Jete-08 Open Ear

Mulai dari Rp 639.200,00

Bentuk earphoneTipe open ear
CodecTidak disebutkan
Daya tahan baterai6 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIPX4
5
Bentuk earphoneTipe inner ear
CodecTidak disebutkan
Daya tahan baterai5 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airx
4
Bentuk earphoneTipe canal
CodecSBC
Daya tahan baterai3,5-4 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIPX4
3

JBL by HARMANJBL REFLECT FLOW

Mulai dari Rp 1.999.000,00

Bentuk earphoneTipe canal
CodecTidak disebutkan
Daya tahan baterai10 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luar
Fungsi tahan airIPX7
2
Bentuk earphoneTipe bone conduction
CodecSBC
Daya tahan baterai8 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fungsi tahan airIP67
1
Bentuk earphoneTipe canal
CodecSBC dan AAC
Daya tahan baterai4,5 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luar
Fungsi tahan airIPX4

Tabel perbandingan produk earphone terbaik untuk olahraga

Gambar produk
1
Apple AirPods Pro 1

Apple

2
AfterShokz Aeropex 1

AfterShokz

3
JBL by HARMAN JBL REFLECT FLOW 1

JBL by HARMAN

4
SoundPEATS TrueFree+ 1

SoundPEATS

5
Apple AirPods 1

Apple

6
JETE Handsfree Bluetooth Jete-08 Open Ear 1

JETE

7
Soundcore by Anker Spirit X 1

Soundcore by Anker

8
audio-technica ATH-SPORT50BT 1

audio-technica

9
SoundPEATS Q35 HD Bluetooth Headphones 1

SoundPEATS

10
ÉGGEL ÉGGEL LIBERTY II 1

ÉGGEL

Nama produk

AirPods Pro

Aeropex

JBL REFLECT FLOW

TrueFree+

AirPods

Handsfree Bluetooth Jete-08 Open Ear

Spirit X

ATH-SPORT50BT

Q35 HD Bluetooth Headphones

ÉGGEL LIBERTY II

Keunggulan

Ringan dan pas di telinga! Earphone canggih dengan mode active noise cancelling

Volume suaranya lebih kencang dan suara basnya lebih dalam dengan PremiumPitch 2.0+™

Perpaduan sempurna antara baterai yang tahan lama dengan fitur pengisian cepat

Harganya terjangkau dan rendah latensi

Sensor canggihnya memungkinkan AirPods langsung memutar lagu saat digunakan

Terbuat dari bahan yang fleksibel, aman dilipat hingga 360°

Mudah dibawa ke mana saja dengan pouch yang dilengkapi dengan carabiner

Terdapat empat pilihan warna menarik, cocok bagi kawula muda

Desain unik tanpa lubang menjadikan earphone ini memiliki rating tahan air yang tinggi

Produk lokal dengan harga terjangkau dan spesifikasi yang mumpuni!

Harga mulai dariRp 3.110.000,00Rp 2.359.000,00Rp 1.999.000,00Rp 360.000,00Rp 2.149.000,00Rp 639.200,00Rp 480.000,00Rp 399.000,00Rp 437.000,00Rp 195.000,00
Bentuk earphoneTipe canalTipe bone conductionTipe canalTipe canalTipe inner earTipe open earTipe canalTipe canalTipe canalTipe canal
CodecSBC dan AACSBCTidak disebutkanSBCTidak disebutkanTidak disebutkanSBCTidak disebutkanSBC dan aptx HDTidak disebutkan
Daya tahan baterai4,5 jam8 jam10 jam3,5-4 jam5 jam6 jam12 jam6 jam14 jam8 jam
Ear hook/ear wingxxxxx
Mode untuk menangkap suara dari luarxxxxxxxx
Fungsi tahan airIPX4IP67IPX7IPX4xIPX4IPX7IPX5IPX8IPX5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi earphone lainnya di sini!

Saat ini, produk earphone semakin banyak jenisnya. Ada earphone Hi-Res, earphone yang dilengkapi Bluetooth, earphone khusus untuk gaming, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk mengetahui detail masing-masing produk, silakan baca rekomendasi artikel kami di bawah ini!

Baca juga rekomendasi produk running watch dan smartband lainnya di sini!

Saat berolahraga, penting untuk mengetahui informasi, seperti detak jantung dan jumlah kalori yang terbakar. Untuk mengetahui informasi-informasi tersebut, Anda bisa menggunakan running watch atau smartband. Penasaran bagaimana cara memilih dan apa saja rekomendasi produk dari kami? Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Berolahraga sambil mendengarkan musik tentunya dapat menambah semangat. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenakan earphone yang cocok digunakan untuk berolahraga. Di atas, kami telah memberikan sepuluh rekomendasi earphone terbaik yang bisa Anda pilih.

Sebelum membeli earphone untuk berolahraga, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti tipenya, tingkat ketahanan air, hingga codec. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Selamat mencari earphone terbaik dan semangat berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    63.824 Views
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga lompat tali atau skipping kini mulai digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibanding jenis olahraga lainnya. Karena itu, memilih tali skipping adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena alat ini dapat memengaruhi pola latihan Anda. Berbagai merek olahraga, seperti Kettler, LP Support, dan Xiaomi mengeluarkan variasi tali skipping yang beragam. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tali skipping yang bagus, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Sebelum itu, mari simak cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini!
    Olahraga lainnya
    26.559 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai kegiatan olahraga maupun kegiatan rekreasional, tenis meja atau pingpong selalu banyak peminat. Saat bermain pingpong, tentu Anda harus menyiapkan raket dan bola. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua bola pingpong itu sama?Sebenarnya, bola pingpong mempunyai berbagai macam ukuran dan fungsi. Selain membagikan tips cara memilih bola pingpong yang baik, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan bola pingpong dari merek terkenal seperti Nittaku, DHS, dan Butterfly. Bagia Anda yang hobi main tenis meja atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasan ini!
    Olahraga lainnya
    29.273 Views
  • 10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Knee supporter adalah alat yang sangat membantu jika Anda memiliki masalah atau ketidaknyamanan di bagian lutut. Jenisnya ada berbagai macam, ada yang untuk kebutuhan medis, olahraga, hingga untuk para manula. Ada berbagai macam merek knee supporter yang bagus, misalnya LP, Mueller, dan Aolikes. Namun, Anda harus mencari yang sesuai kebutuhan Anda agar efektivitasnya lebih baik.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih knee supporter untuk sakit lutut dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Mari dapatkan knee supporter yang cocok sehingga kondisi lutut Anda lebih baik dan bisa beraktivitas dengan normal lagi!
    Olahraga lainnya
    31.322 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Olahraga lainnya
    45.571 Views
  • 10 Rekomendasi Pull Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pull Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pull up adalah olahraga untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas. Untuk melakukan pull up, Anda membutuhkan pull up bar. Alat ini biasanya ditempel di dinding atau pintu. Namun, ada juga tipe stand yang bisa dipakai outdoor serta tipe portable yang mudah dipasang dan dilepas.Untuk membantu Anda memilih pull up bar yang bagus untuk home gym di rumah, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Ada juga review pull up bar Kettler, Speeds, dan merk lainnya dengan harga bervariasi di bagian rekomendasi produk. Brand terbaik manakah yang sebaiknya dipilih? Simak pembahasannya!
    Olahraga lainnya
    1.256 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori