• 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)

Akhir-akhir ini wireless earphone menjadi barang yang populer untuk digunakan saat berolahraga. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan ketika berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga.


Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan earphone dengan bentuk telinga agar tidak mudah jatuh. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih earphone yang bagus untuk olahraga. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek populer, seperti Apple, Éggel, dan SoundPEATS. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaiknya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Wireless earphone, ideal dan nyaman digunakan untuk berlari

Wireless earphone, ideal dan nyaman digunakan untuk berlari

Berlari menggunakan earphone berkabel bukanlah pilihan yang bijak. Jika memakai earphone kabel, wajah dan tubuh Anda berisiko terlilit kabel saat sedang berlari. Earphone juga dapat juga tertarik oleh kabel sehingga jatuh dari telinga dan mengganggu Anda saat bergerak.


Pilihan terbaik adalah menggunakan wireless earphone yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Dengan memakai wireless earphone, Anda dapat berlari dengan nyaman dan bebas tanpa gangguan. Alternatif lainnya adalah menggunakan klip untuk menyematkan kabel pada pakaian.

Cara memilih earphone untuk olahraga

Pada bagian ini kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih earphone untuk olahraga.

Periksa bentuk dan fitur earpiece

Sangat penting untuk memilih bentuk dan fitur earpiece pada earphone agar tidak mudah terlepas saat berlari. Pahami karakteristik tiap-tiap fiturnya agar earphone pas untuk telinga Anda.

Tipe canal yang menyumbat lubang telinga: Memiliki banyak penyangga dan mudah dipasang

Tipe canal yang menyumbat lubang telinga: Memiliki banyak penyangga dan mudah dipasang

Earphone tipe canal direkomendasikan untuk Anda yang kerap menjatuhkan earphone dari telinga. Tipe ini juga cocok untuk Anda yang selalu khawatir earphone akan mudah terjatuh. Terdapat dua tipe utama dari earphone ini, yaitu inner ear dan canal.


Tipe inner ear diletakkan di depan lubang telinga dan disangga oleh tulang rawan. Sementara itu, tipe canal disumbatkan ke dalam lubang telinga. Pada tipe canal, ada banyak bagian yang bersentuhan langsung dengan telinga sehingga terpasang erat. Jika Ada mencari earphone yang pas di telinga, tipe canal adalah pilihan yang bagus.

Tambahan ear wing dan ear hook: Membuat earphone tidak mudah jatuh

Earphone dengan ear wing memiliki tonjolan untuk dikaitkan di tulang rawan atas. Sementara itu, ear hook disangkutkan di belakang telinga seperti kacamata. Dengan begitu, earphone Anda tidak akan mudah lepasApa pun bentuk telinga Anda, earphone dapat digunakan dengan pas di telinga, khususnya ear hook. Jadi, jika Anda mementingkan kenyamanan, Anda dapat memilih salah satu dari keduanya.

Kenali tiap bentuk earphone

Saat berlari di luar dan memakai earphone, Anda perlu memastikan telinga Anda terasa nyaman. Dengan begitu, olahraga yang Anda lakukan menjadi lebih maksimal. Nah, berikut ini ada beberapa bentuk earphone yang bagus untuk olahraga.

TWS, bobot ringan dan mudah dibawa olahraga

True Wireless Stereo (TWS) merupakan earphone yang tidak memiliki kabel untuk menghubungkan antar earphone. Kelebihan tipe ini adalah bobotnya yang ringan sehingga ideal digunakan untuk olahraga. TWS direkomendasikan bagi Anda yang kurang nyaman dengan tekanan pemakaian earphone.


Di sisi lain, TWS hanya ditopang oleh tulang rawan yang terletak di depan lubang telinga. Karena itu, jika bentuk telinga Anda kurang cocok dengan tipe ini, earphone akan mudah terjatuh. Beberapa earphone bentuk ini dapat dipasangi ear hook atau ear wing tambahan yang dijual terpisah.

Tipe neckband, untuk kenyamanan ekstra ketika digunakan berlari

Tipe neckband memiliki bentuk yang melingkar dan dikenakan di leher Anda. Tipe ini memiliki kabel pendek yang menghubungkan sisi kanan dan kiri earphone. Dengan desain tersebut, Anda akan lebih nyaman menggunakan earphone saat olahraga. Ketika tidak digunakan, Anda hanya perlu melepas housing earphone dan membiarkan earphone tetap menggantung di leher.


Di sisi lain, earphone tipe ini biasanya mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar. Karena itu, earphone membutuhkan ruang ekstra untuk baterai. Baterai tersebut disematkan di bagian earphone yang menempel di bagian leher. Tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang mencari kenyamanan dan waktu penggunaan yang lebih lama.

Tipe bone conduction/open ear, lebih aman karena tidak menghalangi lubang telinga

Tipe bone conduction dan tipe open ear berbentuk seperti ikat kepala yang mengapit pelipis. Selain itu, tipe ini juga ada yang digantung di telinga. Bentuk tersebut sangat stabil ketika digunakan untuk olahraga.


Karena itu, earphone tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang khawatir earphone akan terjatuh. Earphone ini juga cocok untuk Anda yang sering berlari di area pemukiman warga atau jalan utama. Dengan begitu, Anda bisa memperhatikan suara kendaraan yang lalu-lalang.


Namun, earphone ini memiliki kelemahan berupa kualitas suara yang tidak sebagus dan sejernih earphone biasa. Jadi, untuk Anda yang mementingkan kualitas suara, earphone tipe ini kurang cocok untuk Anda.

Cek fitur tambahan yang mendukung aktivitas olahraga

Selain memperhatikan fitur earpiece dan bentuk earphone, sebaiknya Anda juga mengecek fitur tambahan. Earphone dengan fitur penangkap suara eksternal dan fitur tahan air tentu akan sangat berguna bagi Anda.

Fitur penangkap suara eksternal: Untuk menangkap suara dari luar

Fitur penangkap suara eksternal: Untuk menangkap suara dari luar

Mungkin Anda cenderung untuk memilih tipe canal karena pas di telinga dan memiliki kualitas suara yang bagus. Jika demikian, pilihlah produk yang mampu menangkap suara eksternal alias suara yang ada di luar earphone. Fitur tersebut mampu menangkap suara di sekitar menggunakan mikrofon yang terdapat pada earphone.


Suara yang ditangkap oleh mikrofon tersebut kemudian diteruskan ke telinga bersamaan dengan musik yang dimainkan. Meskipun menggunakan tipe canal yang menyumbat telinga, Anda dapat mendengarkan suara dari luar dengan baik. Jika Anda mementingkan kualitas suara dan earphone yang pas di telinga, tipe ini merupakan pilihan yang baik.


Akan tetapi, fitur yang dapat menangkap suara dari luar merupakan fitur terbaru. Earphone yang dilengkapi dengan fitur ini biasanya memiliki harga yang mahal. Sebagai tambahan, performa fitur tersebut tergantung dari tiap-tiap produk. Jadi, tidak dapat dikatakan bahwa semua produk dengan fitur tersebut memiliki kualitas yang sama rata.

Fitur tahan air dengan IPX5 atau lebih: Cegah kerusakan dari keringat dan hujan

Fitur tahan air dengan IPX5 atau lebih: Cegah kerusakan dari keringat dan hujan

Jika Anda memperhatikan ketahanan air dari earphone, pilihlah earphone dengan IPX. Sebagai panduan, pilih earphone dengan IPX5IPX mengindikasikan tingkat ketahanan earphone dari air. Rentang angka IPX mulai dari satu hingga sembilan. Makin besar angkanya, makin bagus ketahanan airnya.


Terkadang, terdapat produk yang tertulis sebagai IP○○. Jika melihat produk dengan spesifikasi tersebut, angka pertama menunjukkan ketahanan terhadap debu dan angka kedua untuk ketahanan air.


Jika Anda sering berolahraga di luar ruangan dan berkeringat di sekitar telinga, IPX4 sudah cukup untuk menahan keringat. Namun, untuk menjaga earphone dari hujan yang tiba-tiba turun, IPX5 merupakan pilihan yang aman.

Pilih baterai yang tahan 4–5 jam pemutaran terus-menerus untuk penggunaan sehari-hari

Wireless earphone tidak dapat memutar musik tanpa baterai. Untuk mengetahui daya tahan baterai, lihatlah keterangan berapa jam earphone tersebut dapat memutar musik terus-menerus. Saat memilih earphone, kami sarankan untuk memilih baterai yang mampu memutar musik 4–5 jam terus-menerus.


Jika hanya digunakan untuk berlari, Anda dapat memilih yang daya tahan baterainya lebih sedikit. Namun, untuk penggunaan harian, seperti saat pulang pergi kantor, pilih earphone dengan daya tahan baterai 4–5 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai di perjalanan.

Lihat codec yang tercantum jika mementingkan kualitas suara

Lihat codec yang tercantum jika mementingkan kualitas suara

Untuk Anda yang mementingkan kualitas suara, periksa juga codec yang tertulis pada deskripsi produk. Codec merupakan format transfer dari data audio. Kualitas format yang terendah adalah SBC, kemudian meningkat pada codec AAC dan aptX.


Meski begitu, ada banyak hal yang memengaruhi kualitas suara sebuah earphone, seperti bahan, bentuk, dan cara penggunaannya. Jadi, Anda tidak bisa menilai kualitas suara dengan hanya melihat sekilas saja. Codec hanya merupakan salah satu elemen yang memengaruhinya.


Sebagai tambahan, codec tidak akan berfungsi jika penerima (earphone) dan pemancar (smartphone) tidak mendukung codec yang sama. Untuk itu, jika Anda menggunakan iPhone, pilihlah earphone yang mendukung codec AAC. Sementara itu, untuk Android, pilih earphone dengan codec aptX.

10 Rekomendasi earphone terbaik untuk olahraga

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk earphone terbaik untuk olahraga yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 16 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Apple AirPods Pro masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Éggel Liberty 3 muncul sebagai produk terlaris kedua.

Gambar produk
1
Apple AirPods Pro 1

Apple

2
Éggel Liberty 3 1

Éggel

3
SoundPEATS Air3 Wireless Earbuds 1

SoundPEATS

4
Usams US-JC001 Wireless Sports Headphones 1

Usams

5
Lenovo Thinkplus HE05 Pro Sport Bluetooth Earphone Wireless 1

Lenovo

6
Harman International Industries JBL Reflect Flow 1

Harman International Industries

7
Aukey EP-T32 Wireless Charging Earbuds Elevation Over-Ear IPX8 with CVC 8.0 Black 1

Aukey

8
Jete Handsfree Bluetooth Jete Openear 2 1

Jete

9
Harman International Industries JBL Endurance Dive 1

Harman International Industries

10
Shokz Openrun Pro 1

Shokz

Nama produk

AirPods Pro

Liberty 3

Air3 Wireless Earbuds

US-JC001 Wireless Sports Headphones

Thinkplus HE05 Pro Sport Bluetooth Earphone Wireless

JBL Reflect Flow

EP-T32 Wireless Charging Earbuds Elevation Over-Ear IPX8 with CVC 8.0 Black

Handsfree Bluetooth Jete Openear 2

JBL Endurance Dive

Openrun Pro

Keunggulan

Ringan dan pas di telinga! Earphone canggih dengan mode Active Noise Cancelling

Produk lokal yang harganya terjangkau dengan spesifikasi memukau

Nikmati mendengarkan audio tanpa delay

Terbuat dari bahan yang fleksibel, aman dilipat hingga 360°

Dual driver! Hasilkan suara yang seimbang

Perpaduan sempurna antara baterai yang tahan lama dengan fitur pengisian cepat

Hadirkan kualitas suara menakjubkan berkat Hi-Fi audio

Tidak hanya sekadar tahan air, terendam pun tidak masalah

Bisa memainkan musik langsung dari earphone, tidak perlu bawa smartphone!

Volume suaranya kencang dengan bass yang lebih dalam

Harga mulai dariRp 4.199.000,00Rp 250.000,00Rp 1.599.000,00Rp 265.000,00Rp 399.000,00Rp 2.999.000,00Rp 1.249.000,00Rp 899.000,00Rp 1.649.000,00Rp 2.999.000,00
Bentuk earphoneTWSNeckbandTWSBone conductionNeckbandTWSTWSBone conductionNeckbandBone conduction
CodecSBC, AACSBCSBC, aptX, aptX-AdaptiveAACSBCSBC, AACSBC, AAC, aptXSBC dan AACSBCSBC
Daya tahan baterai4,5 jam8 jam5 jam5 jam8 jam10 jam7 jam5 jam8 jam10 jam
Ear hook/ear wingxxxx
Mode untuk menangkap suara dari luarxxxxxxxx
Fitur tahan airIPX4IPX5IPX5IPX5IPX5IP67IPX8IPX8IPX7IP55
Tautan produk
10
Bentuk earphoneBone conduction
CodecSBC
Daya tahan baterai10 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIP55
9

Harman International IndustriesJBL Endurance Dive

Mulai dari Rp 1.649.000,00

Bentuk earphoneNeckband
CodecSBC
Daya tahan baterai8 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX7
8

JeteHandsfree Bluetooth Jete Openear 2

Mulai dari Rp 899.000,00

Bentuk earphoneBone conduction
CodecSBC dan AAC
Daya tahan baterai5 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX8
7

AukeyEP-T32 Wireless Charging Earbuds Elevation Over-Ear IPX8 with CVC 8.0 Black

USAN1019916

Mulai dari Rp 1.249.000,00

Bentuk earphoneTWS
CodecSBC, AAC, aptX
Daya tahan baterai7 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX8
6

Harman International IndustriesJBL Reflect Flow

Mulai dari Rp 2.999.000,00

Bentuk earphoneTWS
CodecSBC, AAC
Daya tahan baterai10 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luar
Fitur tahan airIP67
5

LenovoThinkplus HE05 Pro Sport Bluetooth Earphone Wireless

Mulai dari Rp 399.000,00

Bentuk earphoneNeckband
CodecSBC
Daya tahan baterai8 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX5
4

UsamsUS-JC001 Wireless Sports Headphones

Mulai dari Rp 265.000,00

Bentuk earphoneBone conduction
CodecAAC
Daya tahan baterai5 jam
Ear hook/ear wing
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX5
3

SoundPEATSAir3 Wireless Earbuds

Mulai dari Rp 1.599.000,00

Bentuk earphoneTWS
CodecSBC, aptX, aptX-Adaptive
Daya tahan baterai5 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX5
2
Bentuk earphoneNeckband
CodecSBC
Daya tahan baterai8 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luarx
Fitur tahan airIPX5
1
Bentuk earphoneTWS
CodecSBC, AAC
Daya tahan baterai4,5 jam
Ear hook/ear wingx
Mode untuk menangkap suara dari luar
Fitur tahan airIPX4

Baca juga rekomendasi perlengkapan olahraga lainnya di sini

Selain earphone, mungkin Anda juga membutuhkan perlengkapan olahraga lainnya. Berikut ini sudah kami siapkan artikel mengenai sepatu lari, tas lari, dan smartphone holder untuk sepeda. Silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Berolahraga sambil mendengarkan musik tentunya dapat menambah semangat. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenakan earphone yang cocok digunakan untuk berolahraga. Di atas, kami telah memberikan sepuluh rekomendasi earphone terbaik yang bisa Anda pilih.

Sebelum membeli earphone untuk berolahraga, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti tipenya, tingkat ketahanan air, dan codec. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Selamat berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor. Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  •  10 Rekomendasi Armband Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Armband Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika berolahraga, tentunya Anda ingin tetap fokus tanpa perlu ribet menggenggam ponsel. Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkan armband untuk menunjang performa saat berolahraga. Selain dapat difungsikan untuk menyimpan ponsel dan benda esensial lainnya, armband juga dapat memaksimalkan penampilan Anda. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda untuk memilih armband yang bagus. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari sejumlah merek, seperti armband Nike, adidas, dan Decathlon. Selamat membaca dan menemukan armband terbaik versi Anda!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori