• 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)

Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.

Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2020
  • 17.314 Views
Daftar isi

Cara memilih laptop di bawah 5 juta

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Di antaranya adalah processor, RAM, ukuran layar, ruang penyimpanan, dan baterai.

Pilihlah berdasarkan ukuran layar

Pilihlah berdasarkan ukuran layar
Laptop seharga di bawah lima juta rupiah biasanya memiliki ukuran layar 11-15 inci. Namun, jika Anda adalah seseorang yang memiliki segudang kegiatan di luar rumah, ada baiknya Anda memilih laptop dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, bagi Anda yang hanya bekerja di dalam ruangan, pilihlah laptop yang sesuai dengan luas meja kerja Anda.
Sebagai contoh, laptop dengan ukuran 11 inci memiliki ukuran yang kecil dan beratnya hanya sekitar 1 kg. Laptop 11 inci mudah dibawa sehingga dapat digunakan sebagai mobile notebook. Di sisi lain, resolusinya lebih rendah sehingga sulit untuk menampilkan gambar dengan kualitas tinggi. Ditambah lagi, dengan area kerja yang sempit, laptop akan mempersulit efisiensi kerja.
Sebaliknya, produk dengan layar 15 inci mempunyai area kerja yang lebih lebar dengan kualitas resolusi tinggi yang Full HD. Akan sangat memuaskan apabila Anda bisa melihat gambar secara jernih dan melakukan kegiatan seperti menggunakan personal computer (PC). Namun, beratnya yang mencapai 2-3 kilogram membuat laptop sulit untuk dibawa ke mana saja. Karena ukuran layar menjadi faktor penting dalam menentukan ukuran laptop, pilihlah produk berdasarkan kebutuhan Anda.

Pilih laptop berdasarkan fitur dan kapasitas penyimpanannya

Sebelum memutuskan untuk memilih laptop dengan jenis kapasitas penyimpanan tambahan, hal yang harus diperhatikan adalah besarnya ruang penyimpanan internal. Terdapat tiga jenis penyimpanan yang ada pada laptop, yaitu eMMC, SSD, dan HDD. Masing-masing memiliki besaran kapasitas dan karakteristik yang berbeda. Temukan jenis fitur penyimpanan yang cocok untuk Anda.

eMMC, volume penyimpanan sedikit dengan harga yang murah

eMMC, volume penyimpanan sedikit dengan harga yang murah
eMMC adalah tipe penyimpanan berkecepatan tinggi, tetapi hanya memiliki kapasitas 32 GB yang tentunya termasuk kapasitas penyimpanan yang kecil. Karena kapasitasnya yang kecil, Anda harus lebih berhati-hati ketika mengelola penyimpanan file. Apabila tidak, kapasitas penyimpanannya akan digunakan untuk pembaruan Windows sehingga Anda akan kekurangan ruang untuk menyimpan file Anda. Untuk penyimpanan berkecepatan tinggi, terdapat dua pilihan yaitu eMMC dengan kapasitas 32 GB dan SSD dengan kapasitas 128 GB. Jika Anda ingin memilih harga yang lebih murah, pilihlah eMMC. Namun, kami rekomendasikan bagi Anda yang tidak banyak menyimpan file di dalam laptop untuk menyimpan file di dalam penyimpanan eksternal atau cloud.

SSD bekerja dengan tenang dan berkapasitas sedang

SSD bekerja dengan tenang dan berkapasitas sedang
SSD merupakan tipe penyimpanan kilat yang memiliki kemampuan transfer data paling cepat di antara ketiga tipe penyimpanan. Kelebihannya dari SSD adalah tidak menimbulkan suara berisik seperti HDD. SSD memiliki memori sampai sebesar 128 GB sehingga dapat Anda gunakan untuk menyimpan file musik, foto, maupun film.

HDD dapat menyimpan banyak data

HDD dapat menyimpan banyak data
HDD (Hard Disk) adalah memori yang memiliki kapasitas penyimpanan paling besar di antara ketiganya. Kekurangan dari HDD terletak pada proses pemindahan data yang lebih lambat daripada kecepatan rata-rata SSD dan eMMC. Hal ini dikarenakan HDD mengandalkan gaya magnetis dalam penyimpanannya. Terdapat laptop seharga di bawah lima juta yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 500 GB. Penyimpanan dengan HDD sangat disarankan bagi Anda yang memiliki banyak file dengan kapasitas yang sangat besar.

Perhatikan kapasitas RAM

Perhatikan kapasitas RAM
Random Access Memory (RAM) merupakan hardware yang digunakan sebagai penyimpanan sementara (memori) oleh CPU. Kapasitas RAM mempengaruhi kecepatan proses data yang dijalankan. Kebanyakan laptop di bawah lima juta memiliki RAM sebesar 4 GB atau 2 GB. Kapasitas RAM 4 GB cocok digunakan untuk penggunaan browsing, menjalankan software Office, dan menyetel baik video maupun musik. Namun, tidak disarankan untuk bermain game atau editing video dan musik.
Kapasitas RAM 2 GB dapat Anda temukan pada laptop dengan harga yang lebih murah. Laptop dengan kapasitas RAM yang lebih rendah belum tentu memiliki performa yang buruk. Dengan Model CPU yang sesuai dengan spesifikasi RAM 2 GB dan penyimpanan yang menggunakan SSD atau eMMC, pemrosesan data menjadi ringan meskipun kapasitas RAM hanya 2 GB. Untuk penggunaan ringan seperti browsing dan pekerjaan personal lainnya tentunya kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup. Jika Anda mencari laptop dengan harga yang lebih murah, Anda dapat mempertimbangkan laptop dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB.

Pilih baterai yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian

Pilih baterai yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian
Jika Anda sering menggunakan laptop saat bepergian, Anda harus lebih memperhatikan kapasitas baterai dari laptop yang akan Anda beli. Beberapa laptop sudah dilengkapi dengan baterai yang tahan 5 jam sampai 10 jam tanpa recharge. Selama baterai yang digunakan cocok dengan laptop dan digunakan dengan sewajarnya, laptop dapat bertahan dalam waktu kurang lebih 5 jam. Pilihlah baterai yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Perhatikan model keyboard yang terpasang

Untuk kenyamanan mengetik menggunakan keyboard, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti keypitch, keystroke, dan keberadaan keypad numerik.

Keypitch menentukan kenyamanan mengetik

Keypitch menentukan kenyamanan mengetik
Keypitch merupakan jarak antar tombol pada keyboard. Standar keypitch pada keyboard adalah 18-20 mm agar lebih nyaman dan leluasa pada saat mengetik. Ukuran laptop yang lebih kecil tentu akan mempengaruhi keypitch pada keyboard menjadi lebih rapat. Sebelum Anda membeli laptop ukuran kecil, jangan lupa untuk memperhatikan keypitch pada laptop.

Keystroke menentukan beban pada lengan Anda

Keystroke menentukan beban pada lengan Anda
Keystroke merupakan kedalaman tombol pada keyboard. Keystroke yang dangkal cenderung mengurangi beban pada lengan dan pundak Anda, tetapi keystroke yang dalam dapat mengurangi peluang kesalahan saat mengetik.
Kebanyakan keyboard yang digunakan pada komputer notebook cenderung datar dan dangkal, berkisar antara 1-2 mm. Akan lebih baik jika Anda tetap teliti dengan mencoba merasakan tekanan keyboard dan mengecek tabel spesifikasi, serta review dari pengguna lain.

Periksa keberadaan keypad numerik

Periksa keberadaan keypad numerik
Jika Anda sering menggunakan keyboard untuk memasukkan angka, maka Anda harus lebih mempertimbangkan keberadaan keypad numerik. Keypad numerik yang terpasang pada keyboard laptop hanya dapat ditemukan pada laptop dengan ukuran besar. Namun, jangan khawatir bagi Anda pengguna laptop berukuran kecil, terdapat keypad numerik eksternal yang dapat dihubungkan dengan kabel USB secara terpisah.

Periksalah terminal koneksi

Periksalah terminal koneksi
Dua terminal koneksi USB dan HDMI menjadi standar untuk laptop seharga di bawah lima jutaan. VGA, LAN port, dan slot kartu SD kemungkinan sudah terpasang pada laptop karena pada dasarnya terminal tersebut terhubung dengan perlengkapan periferal. Periksalah terminal koneksi sebelum mempertimbangkan jenis peralatan yang ingin dihubungkan.
Terdapat kemungkinan besar Anda menggunakan banyak terminal USB untuk menyambungkan sebuah alat, seperti flash disk, smartphone, atau yang lainnya. Ada baiknya jika terdapat dua atau lebih terminal USB pada laptop agar lebih memudahkan Anda. Terminal HDMI dan VGA juga merupakan terminal yang penting jika Anda ingin menyambungkan laptop ke sebuah monitor atau proyektor. Jika Anda ingin menambahkan penyimpanan di kartu SD, periksa juga ketersediaan slot untuk kartu SD.

Perhatikan ketersediaan Microsoft Office

Perhatikan ketersediaan Microsoft Office
Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan lain sebagainya, akan lebih mudah jika Anda membeli laptop yang sudah terpasang aplikasi tersebut di dalamnya. Namun, harganya tentu menjadi lebih mahal. Jika Anda lebih mementingkan harga yang murah, sebaiknya Anda memanfaatkan software gratis yang disediakan oleh developer lainnya. Di Indonesia sendiri untuk laptop seharga di bawah lima juta, jarang terdapat laptop yang sudah tersedia dengan Microsoft Office di dalamnya. Ketersediaan Microsoft Office tergantung pada masing-masing penjual bukan dari produsen.

10 Rekomendasi laptop terbaik di bawah 5 juta

Berikutnya, kami rekomendasikan sepuluh pilihan laptop di bawah lima juta yang telah kami urutkan!
10
9
8

DellInspiron 14 3000 Series with Optional Touch Screen – 3442

Rp 4.500.000,00

7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk laptop terbaik di bawah 5 juta

Gambar produk
1
Lenovo Ideapad 320 (14, AMD) 1

Lenovo

2
Dell Inspiron 14″ 3462 Celeron N3350 1

Dell

3
Acer Switch One 10 – SW1-011 1

Acer

4
Lenovo Yoga 310 Laptop (11) 1

Lenovo

5
ASUS Laptop X441BA 1

ASUS

6
ASUS E203NAH VivoBook E12 1

ASUS

7
HP Notebook – 14-BW015AU 1

HP

8
Dell Inspiron 14 3000 Series with Optional Touch Screen – 3442 1

Dell

9
ASUS Laptop E402WA 1

ASUS

10
Axioo MyBook 10 1

Axioo

Nama produk

Ideapad 320 (14, AMD)

Inspiron 14″ 3462 Celeron N3350

Switch One 10 – SW1-011

Yoga 310 Laptop (11)

Laptop X441BA

E203NAH VivoBook E12

Notebook – 14-BW015AU

Inspiron 14 3000 Series with Optional Touch Screen – 3442

Laptop E402WA

MyBook 10

KeunggulanMultitasking menjadi lebih ...Dapat ditambahkan RAM hingg...Teknologi 2 in 1, layar lap...Layar sentuhnya dapat dilip...Lebih cepat dengan RAM 4 GB...Laptop dengan desain elegan...Harga terjangkau dengan ten...Layar sentuh tahan panas ya...Teknologi IceCool-nya menja...Ringan! Lebih mudah dibawa ...
HargaRp 4.099.000,00Rp 3.740.000,00Rp 3.185.000,00Rp 4.550.000,00Rp 4.199.000,00Rp 3.125.000,00Rp 4.200.000,00Rp 4.500.000,00Rp 3.370.500,00Rp 2.499.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan laptop pilihan Anda? Terdapat banyak sekali pilihan laptop seharga di bawah lima juta dengan berbagai variasi, ukuran, dan performa. Namun, pilihlah laptop yang nyaman untuk Anda dan perhatikan apa saja kebutuhan Anda saat menggunakan laptop. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan laptop yang menjadi favorit Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    19.298 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    9.028 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    12.315 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    12.827 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak hanya digunakan untuk kamera digital atau video camera saja, SD Card juga bisa digunakan untuk ponsel karena dapat menyimpan musik atau data multimedia. Ada berbagai macam merek terkenal, seperti Toshiba, SanDisk, Transcend, dan sebagainya yang menawarkan berbagai macam pilihan SD Card. Mungkin Anda akan merasa bingung untuk menentukan mana yang paling pas untuk Anda.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih SD Card, serta memperkenalkan sepuluh SD Card terbaik untuk Anda. Mulai dari yang seimbang antara kapasitas dan harganya, sampai model high-grade berkecepatan tinggi. Selamat memilih!
    Komputer & kamera
    10.806 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, microSD merupakan barang yang tak bisa dipisahkan dari smartphone, audio player hingga kamera digital. Sayangnya, cukup banyak dari kita yang kesulitan memilih microSD dengan banyaknya ragam produk serta spesifikasi yang ditawarkan. Alih-alih memilih produk yang pas, mayoritas dari kita yang tak mengerti istilah dari microSD malah bingung dan akhirnya membeli produk yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan.Jadi, kali ini kami akan memaparkan pengetahuan dasar terkait microSD, serta bagaimana cara memilih produk yang pas untuk Anda. Beberapa microSD jempolan telah kami himpun dalam bagian rekomendasi, dengan harapan makin memudahkan Anda mencari media penyimpanan data yang cocok sesuai kebutuhan. Rekomendasi yang kami berikan ini dijabarkan dengan membandingkan reading – writing speed serta support sistem masing-masing.
    Komputer & kamera
    7.419 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori