• 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)

Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan.


Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!

  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2020
  • 77.184 Views
Daftar isi

Cara memilih laptop seharga di bawah 5 juta

Pertama-tama kami akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari tentukan laptop berdasarkan ukuran layar, ruang penyimpanan, dan soket koneksi.

Pilih ukuran layar yang sesuai dengan tujuan Anda menggunakan laptop

Pilih ukuran layar yang sesuai dengan tujuan Anda menggunakan laptop

Ada beragam ukuran layar yang dapat dipilih pada laptop dengan harga di bawah 5 juta. Jika Anda berencana untuk menggunakan laptop di rumah sebagai ganti PC (personal computer), kami sarankan untuk memilih layar berukuran 15,6 inci. Layar tersebut juga cocok untuk Anda yang mencari layar full HD (high definition) yang gambarnya lebih jelas.


Jika penggunaannya tidak hanya di rumah, laptop dengan ukuran layar 13-14 inci adalah pilihan yang baik. Meski ukurannya lebih kecil, laptop masih leluasa untuk bekerja. Sedangkan jika Anda mencari laptop yang ringan dan mudah dibawa-bawa, pilih laptop dengan ukuran layar 10-13 inci. Dengan ukuran layar tersebut, bisa jadi Anda mendapatkan laptop dengan berat di bawah 1kg.


Terkadang, laptop dengan spesifikasi tinggi berukuran 15 inci atau kurang, memiliki harga lebih dari 5 juta. Jika hendak membeli laptop di bawah 5 juta sebagai laptop cadangan, kami sarankan untuk memilih laptop yang ringkas. Meskipun ringkas, laptop tersebut dapat mengerjakan tugas-tugas ringan.

Pilih ruang penyimpanan dengan membandingkan kapasitas dan kecepatan transfernya

Untuk laptop di bawah 5 juta, jenis dan kapasitas ruang penyimpanan data mempunyai dampak yang besar terhadap harga. Periksalah ruang penyimpanan yang cocok dengan tujuan dan standar Anda agar tidak terjadi over budget.

eMMC, disarankan bagi yang memerlukan kapasitas penyimpanan minimal

eMMC, disarankan bagi yang memerlukan kapasitas penyimpanan minimal

Jika Anda tidak terlalu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, kami sarankan untuk memilih laptop dengan eMMC (embedded multi-media controller). Selain harganya yang tidak terlalu mahal, eMMC memiliki booting time yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD (hard disk drive). Laptop dengan eMMC sempurna untuk Anda yang menggunakan ruang penyimpanan eksternal atau cloud sebagai ruang penyimpanan utama.


Berhubung eMMC merupakan salah satu jenis flash memory, Anda harus berhati-hati jika menggunakan laptop eMMC sebagai laptop utama. Karena harganya ekonomis, biasanya ruang penyimpanannya juga sedikit. Hal ini akan membuat Anda sedikit kesulitan untuk mengganti ruang penyimpanan saat datanya penuh. Jadi, sangat penting untuk menambahkan SSD/HDD tambahan jika laptopnya mendukung untuk ruang penyimpanan eksternal.

SSD, memiliki kecepatan transfer dan kapasitas yang seimbang

SSD, memiliki kecepatan transfer dan kapasitas yang seimbang

Pilihlah laptop dengan SSD (solid state drive) jika Anda menginginkan ruang penyimpanan utama dan kecepatan dalam read/write data. Seperti eMMC, SSD merupakan jenis flash memory sehingga ia cenderung tidak berisik. Ia juga memiliki ketahanan yang tinggi karena tidak menggunakan disk.


Untuk laptop seharga di bawah 5 juta, pilihan yang paling umum adalah SSD dengan kapasitas 128-256 GB. SSD 128 GB dapat menampung musik berdurasi 5 menit dengan ukuran 6 MB sebanyak 20.000 data. Untuk foto, ia dapat menyimpan foto berukuran 2 MB sebanyak 60.000 data.


Jika membutuhkan kapasitas lebih, Anda dapat menggunakan ruang penyimpanan eksternal seperti cloud atau HDD. Penjelasan lebih lanjut ada pada poin di bawah ini!

HDD, bagi yang membutuhkan kapasitas besar dibandingkan dengan kecepatan boot/read/write data

HDD, bagi yang membutuhkan kapasitas besar dibandingkan dengan kecepatan boot/read/write data

Laptop dengan HDD merupakan pilihan bagi Anda yang menginginkan ruang penyimpanan besar tanpa perlu menggunakan ruang penyimpanan eksternal. HDD mempunyai kecepatan booting time dan transfer data yang lebih lamban daripada eMMC dan SSD. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai kapasitas penyimpanan.


Untuk laptop seharga di bawah 5 juta, Anda akan mendapatkan pilihan kapasitas HDD dari 500 GB hingga 1 TB. Dengan kapasitas sebesar itu, Anda dapat menyimpan banyak data seperti musik, foto, dan video. Jika Anda mengunggulkan kapasitas, pilihlah laptop dengan HDD.

Pilih laptop dengan Intel seri Core i jika memprioritaskan kinerja prosesor

Pilih laptop dengan Intel seri Core i jika memprioritaskan kinerja prosesor

Jika berencana menggunakan laptop untuk program yang cukup berat, sebaiknya tentukan spesifikasi CPU (central processing unit) lebih dulu. CPU dengan kapasitas prosesor yang baik seperti seri Core i akan memberikan kepuasan tersendiri. Intel seri Core i merupakan prosesor dengan performa tinggi terutama Core i generasi 8 ke atas.


Akan tetapi, laptop seharga di bawah 5 juta yang memiliki specs CPU tinggi dan ruang penyimpanan sekaligus sulit ditemukan. Perlu diingat, jika Anda memilih laptop dengan prosesor yang tinggi, ruang penyimpanan yang Anda dapatkan cukup terbatas.


Namun, jika menggunakan laptop untuk program yang ringan, seperti mengetik atau berselancar, Anda tidak memerlukan CPU spesifikasi tinggi. Anda dapat menggunakan CPU dengan prosesor standar seperti AMD atau Celeron dengan ruang penyimpanan SSD 256 GB.

Pilih waktu stand-by lebih dari 10 jam jika sering bepergian

Pilih waktu stand-by lebih dari 10 jam jika sering bepergian

Jika Anda sering membawa laptop ke mana-mana, perhatikan lama durasi stand-by, kemudian bandingkan dengan ruang penyimpanan dan CPU. Biasanya laptop dengan waktu stand-by 20 jam ke atas tidak tersedia di rentang harga di bawah 5 juta. Akan tetapi, terdapat laptop dengan waktu stand-by 10-15 jam yang bisa menemani Anda seharian dengan rentang harga di bawah 5 juta.


Laptop yang hanya digunakan untuk mengetik atau berbalas e-mail tidak masalah jika daya tahan baterainya kurang dari 10 jam. Namun, pilih laptop dengan waktu stand-by lebih dari 10 jam jika ingin digunakan lebih dari itu. Misalnya untuk membuka beberapa software atau menonton film saat bepergian.

Periksalah terminal koneksi untuk memperluas jangkauan penggunaan

Periksalah terminal koneksi untuk memperluas jangkauan penggunaan

Bagi Anda yang ingin mendapatkan laptop serba guna dengan harga di bawah 5 juta, periksa ketersediaan terminal HDMI (high-definition multimedia interface) dan USB (universal serial bus). Jika terdapat terminal HDMI, Anda dapat menyambungkan layar ke monitor eksternal atau LCD (liquid crystal display). Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan, baik untuk pekerjaan atau keperluan pribadi.


Sebagai tambahan, jika Anda memilih laptop dengan ruang penyimpanan minimal, pilihlah laptop dengan USB 3.0/USB Type-C. Ini karena Anda akan membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi saat memindahkan data ke ruang penyimpanan eksternal. Memeriksa terminal koneksi merupakan hal yang penting jika Anda menginginkan kenyamanan dengan harga terjangkau.

Pastikan ter-install Microsoft Office jika Anda ingin menggunakannya untuk bekerja

Pastikan ter-install Microsoft Office jika Anda ingin menggunakannya untuk bekerja

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi Word, Excel, PowerPoint, dan lain-lain saat bekerja, pilihlah laptop yang sudah ter-install Office. Akan tetapi, laptop seharga di bawah 5 juta yang ada aplikasi Office bawaan biasanya memiliki keterbatasan. Beberapa spesifikasi akan dikorbankan, seperti kapasitas prosesor atau kapasitas ruang penyimpanan. Hal tersebut dilakukan produsen agar harga laptop tetap terjangkau.


Di Indonesia sendiri, kebanyakan laptop seharga di bawah 5 juta belum dilengkapi Office di dalamnya. Beberapa penjual bersedia untuk meng-install Office secara cuma-cuma di laptop Anda. Jadi, tanyakan lebih dulu ke penjual apakah mereka memberikan layanan ini atau tidak.


Jika Anda mengutamakan spesifikasi dari laptop, Anda dapat membeli aplikasi Office secara terpisah atau gunakan King Software. Untuk penggunaan pribadi, alternatifnya Anda dapat menggunakan Google Docs atau Spreadsheet secara gratis.

10 Rekomendasi laptop terbaik seharga di bawah 5 juta

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop pilihan di bawah 5 juta. Cek rekomendasi kami di bawah ini dan temukan laptop pilihan Anda!

10
Ukuran layar14 inci
Berat1,38 kg
Ruang penyimpananSSD 128GB
CPUIntel Celeron N3350 dual-core 1,1GHz TurboBoost 2,4GHz
Waktu stand-by4-6 jam
Port koneksiPort USB 2.0, Port USB 3.0, Port USB 3.0 Type-C, Port mini HDMI, slot microSD
9
Ukuran layar11,6 inci
Berat1,03 kg
Ruang penyimpananeMMC 64GB
CPUIntel Quad Core 1.4Ghz up to 1.92 ghz
Waktu stand-by11 jam
Port koneksiMini HDMI output port, DC-in jack port, Micro SD port up to 128GB, USB 3.0 port, USB 2.0 port, 3.5mm stereo phone jack
8
Ukuran layar14 inci
Berat1,59 kg
Ruang penyimpananHDD 500GB
CPUIntel® Celeron® Processor N4000
Waktu stand-byTidak disebutkan
Port koneksiSD Card Reader, USB 2.0, Wedge-Shaped Lock Slot, Power, HDMI 1.4b, USB 3.1 Gen 1, USB 3.1 Gen 1, Headphone & Microphone Audio Jack
7
Ukuran layar11,6 inci
Berat1,2 kg
Ruang penyimpananHDD 500GB
CPUIntel® Celeron® N4000 Processor
Waktu stand-by>10 jam
Port koneksi1 x COMBO audio jack,2 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x HDMI, 1 x AC adapter plug, 1 x micro SD card
6
Ukuran layar11,6 inci
Berat1,35 kg
Ruang penyimpananHDD 500GB
CPUIntel® Celeron® N4000 (1.1 GHz base frequency, up to 2.6 GHz burst frequency, 4 MB cache, 2 cores)
Waktu stand-by13 jam
Port koneksi1 HDMI 1.4, 1 headphone/microphone combo, 1 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only), 2 USB 2.0, 1 multi-format SD media card reader
5
Ukuran layar14 inci
Berat1,8 kg
Ruang penyimpananHDD 1TB, SSD 256GB
CPUIntel® Celeron® 3867U Processor (2C / 2T, 1.8GHz, 2MB)
Waktu stand-by6 jam
Port koneksi2 x USB 3.0 or USB 3.0 & USB 2.0, HDMI, 4-in-1 card reader, RJ45, Combo audio / mic (SD, SDHC, SDXC, MMC)
4
Ukuran layar14 inci
Berat1,75 kg
Ruang penyimpananHDD 1TB
CPUAMD® APU A9-9425
Waktu stand-byTidak disebutkan
Port koneksi1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port, 1 x USB 3.1 Type C port(s), 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1 x AC adapter plug
3
Ukuran layar14 inci
Berat2 kg
Ruang penyimpananHDD 1TB
CPUAMD A-Series dual-core processor A9-9420 (1 MB L2 cache, 1.8 GHz with Turbo Core Technology up to 2.7 GHz)
Waktu stand-byTidak disebutkan
Port koneksi3x USB 3.0 Ports, HDMI with HDCP support, RJ-45, DVD-RW, SD Card Reader,
2

LenovoIdeaPad S145 (14)

Intel Pentium Gold 5405u

Rp 4.299.000,00

Ukuran layar14 inci
Berat1,6 kg
Ruang penyimpananSSD 256GB
CPUIntel Pentium Gold 5405U
Waktu stand-by6 jam
Port koneksi2x USB-A 3.1 Gen 1, 1x USB-A 2.0, HDMI, SD card reader, Headphone / mic combo
1
Ukuran layar14 inci
Berat1,43 kg
Ruang penyimpananSSD 512
CPUIntel® Celeron® 4205U
Waktu stand-by8 jam
Port koneksi1 USB 3.1 Type-C™ Gen 1 (Data Transfer up to 5 Gb/s), 2 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only), 1 HDMI 1.4b, 1 RJ-45, 1 headphone/microphone combo, 1 multi-format SD media card reader

Tabel perbandingan produk laptop terbaik di bawah 5 juta

Gambar produk
1
HP Notebook - 14s-cf1051tu 1

HP

2
Lenovo IdeaPad S145 (14) 1

Lenovo

3
Acer Aspire 3 (A314-41) 1

Acer

4
ASUS VivoBook X441BA 1

ASUS

5
Lenovo V130(14) 1

Lenovo

6
HP x360 - 11-ab129tu 1

HP

7
ASUS Laptop E203MAH 1

ASUS

8
Dell Inspiron 14 3482 1

Dell

9
Axioo MyBook 11 Lite 1

Axioo

10
Zyrex Laptop Sky 232/S2 1

Zyrex

Nama produk

Notebook - 14s-cf1051tu

IdeaPad S145 (14)

Aspire 3 (A314-41)

VivoBook X441BA

V130(14)

x360 - 11-ab129tu

Laptop E203MAH

Inspiron 14 3482

MyBook 11 Lite

Laptop Sky 232/S2

KeunggulanSpesifikasi tinggi dengan h...Performa kencang dengan pro...Multitasking jadi lebih mud...Suara lebih menggelegar den...Isi daya baterai lebih cepa...Layar sentuhnya memudahkan ...Desain stylish dengan tiga ...Tahan dari suhu ekstrim, co...Ringan dan ringkas, cocok u...Nyaman digunakan, ideal unt...
HargaRp 4.299.000,00Rp 4.299.000,00Rp 4.329.000,00Rp 4.576.000,00Rp 3.375.000,00Rp 3.999.000,00Rp 3.500.000,00Rp 4.299.000,00Rp 2.425.000,00Rp 3.199.000,00
Ukuran layar14 inci14 inci14 inci14 inci14 inci11,6 inci11,6 inci14 inci11,6 inci14 inci
Berat1,43 kg1,6 kg2 kg1,75 kg1,8 kg1,35 kg1,2 kg1,59 kg1,03 kg 1,38 kg
Ruang penyimpananSSD 512SSD 256GBHDD 1TBHDD 1TBHDD 1TB, SSD 256GBHDD 500GBHDD 500GBHDD 500GBeMMC 64GBSSD 128GB
CPUIntel® Celeron® 4205UIntel Pentium Gold 5405UAMD A-Series dual-core processor A9-9420 (1 MB L2 cache, 1.8 GHz with Turbo Core Technology up to 2.7 GHz)AMD® APU A9-9425Intel® Celeron® 3867U Processor (2C / 2T, 1.8GHz, 2MB)Intel® Celeron® N4000 (1.1 GHz base frequency, up to 2.6 GHz burst frequency, 4 MB cache, 2 cores)Intel® Celeron® N4000 ProcessorIntel® Celeron® Processor N4000Intel Quad Core 1.4Ghz up to 1.92 ghzIntel Celeron N3350 dual-core 1,1GHz TurboBoost 2,4GHz
Waktu stand-by8 jam 6 jamTidak disebutkanTidak disebutkan6 jam13 jam>10 jamTidak disebutkan11 jam 4-6 jam
Port koneksi1 USB 3.1 Type-C™ Gen 1 (Data Transfer up to 5 Gb/s), 2 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only), 1 HDMI 1.4b, 1 RJ-45, 1 headphone/microphone combo, 1 multi-format SD media card reader2x USB-A 3.1 Gen 1, 1x USB-A 2.0, HDMI, SD card reader, Headphone / mic combo3x USB 3.0 Ports, HDMI with HDCP support, RJ-45, DVD-RW, SD Card Reader, 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port, 1 x USB 3.1 Type C port(s), 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1 x AC adapter plug2 x USB 3.0 or USB 3.0 & USB 2.0, HDMI, 4-in-1 card reader, RJ45, Combo audio / mic (SD, SDHC, SDXC, MMC)1 HDMI 1.4, 1 headphone/microphone combo, 1 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only), 2 USB 2.0, 1 multi-format SD media card reader1 x COMBO audio jack,2 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x HDMI, 1 x AC adapter plug, 1 x micro SD cardSD Card Reader, USB 2.0, Wedge-Shaped Lock Slot, Power, HDMI 1.4b, USB 3.1 Gen 1, USB 3.1 Gen 1, Headphone & Microphone Audio JackMini HDMI output port, DC-in jack port, Micro SD port up to 128GB, USB 3.0 port, USB 2.0 port, 3.5mm stereo phone jackPort USB 2.0, Port USB 3.0, Port USB 3.0 Type-C, Port mini HDMI, slot microSD
Tautan produk

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Selain laptop dengan harga di bawah 5 juta, kami juga merekomendasikan laptop lainnya berdasarkan merek, rentang harga, kebutuhan, dan lain-lain. Klik tautan di bawah ini dan cari tahu lebih dalam mengenai laptop-laptop lain rekomendasi dari kami.

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan laptop yang sesuai? Terdapat banyak sekali pilihan laptop seharga di bawah 5 juta dengan berbagai variasi, ukuran, dan performa. Namun, pilihlah laptop yang nyaman untuk Anda dan perhatikan apa saja kebutuhan Anda saat menggunakan laptop.


Jadikan juga cara memilih yang sudah kami sarankan sebagai referensi saat memilih laptop. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan laptop yang diperlukan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    98.112 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    61.702 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    71.311 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    53.404 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    42.529 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Komputer & kamera
    9.562 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori