10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

Dengan teknologi nirkabel (wireless), Anda bisa menikmati musik dengan menyambungkan speaker Bluetooth ke smartphone dan tablet. Perusahaan seperti BOSE, Sony, JBL, menjualnya dengan jenis bervariasi, mulai dari produk sederhana dengan harga murah, produk yang mengutamakan suara dengan kualitas tinggi, hingga produk yang anti air.

Setelah menjelaskan tips-tips yang perlu Anda ketahui dalam memilih speaker Bluetooth, kali ini kami juga akan memperkenalkan Anda pada berbagai jenis produk speaker Bluetooth. Tidak hanya spesifikasi fungsi dan harganya, kami juga membagi rekomendasi kami menjadi 3 tema, berdasarkan tujuan pemakaian. Tema pertama adalah “kualitas suara”, untuk Anda yang mengutamakan kualitas suara yang keluar dari speaker. Tema kedua adalah “outdoor“, khusus bagi Anda yang sering travelling dan ingin bersantai sambil mendengarkan musik melalui speaker. Tema ketiga yang tidak kalah penting adalah “pemakaian sehari-hari”, cocok untuk Anda yang selalu ingin mendengarkan musik setiap hari.

Daftar isi

Cara memilih speaker Bluetooth

Speaker Bluetooth dapat mengalirkan musik secara nirkabel dari smartphone atau PC. Produk ini sangat praktis bagi Anda yang ingin mendengarkan musik di luar ruangan, namun bukan dengan memakai earphone.

Pertama, kami akan jelaskan terlebih dahulu cara memilih speaker Bluetooth.

Perhatikan dahulu klasifikasi dasarnya

Tentunya Anda ingin mendengarkan musik dengan kualitas suara yang bagus, bukan? Dulu, secara umum kualitas suara speaker Bluetooth menurun drastis dibandingkan produk yang berkabel. Namun, perkembangan teknologi Bluetooth dan codec-nya kini sudah meningkatkan mutu dan kualitas suara yang dihasilkan. Bahkan, produk dengan kualitas suara yang sangat bagus pun semakin bertambah.

Untuk memilih produk Bluetooth yang bagus kualitas suaranya, silakan pilih dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

Memastikan codec

Codec adalah mekanisme atau perangkat yang mengubah sinyal data audio/video menjadi gelombang eletromagnetik dan juga sebaliknya, untuk dikirim via Bluetooth. Karena ada beberapa standar codec, kita perlu memastikan bahwa speaker penerima sinyal memiliki standar yang sama dengan smartphone yang mengirim sinyal.

Saat ini, ada 4 jenis codec yang terbaik, sesuai dengan urutannya yaitu LDAC, apt-X, AAC, dan SBC. Perlu Anda ketahui bahwa iPhone hanya kompatibel dengan codec AAC dan SBC. Meskipun Anda membeli speaker ber-codec LDAC atau apt-X, walaupun kualitas suaranya bagus, Anda takkan bisa menggunakan speaker tersebut dari iPhone, karena tidak kompatibel. Tipe apt-X merupakan codec yang banyak digunakan oleh produk Android, sedangkan LDAC hanya kompatibel dengan Sony Xperia.

Pastikanlah kompatibilitas antara smartphone/ tablet Anda dengan speaker Bluetooth yang hendak Anda beli.

Memilih tipe audio: mono atau stereo

Mono adalah sistem dimana suara dari segala sisi (sisi kiri maupun kanan) akan dicampur dan dikeluarkan dari 1 speaker. Sedangkan stereo adalah sistem yang menggunakan 2 speaker, yang membedakan suara dari sisi kiri dengan suara dari sisi kanan. Suara dari kiri akan dikeluarkan dari speaker sisi kiri, sedangkan suara dari kanan akan dikeluarkan dari speaker sisi kanan.

Bagi Anda yang ingin mementingkan kualitas suara, kami anjurkan untuk memilih tipe audio stereo.

Memilih berdasarkan besarnya volume suara

Output speaker yang besar bisa mengeluarkan suara yang keras. Output bisa dikatakan cukup, asalkan ada daya sebesar 5W untuk mendengarkan musik. Namun, apabila speaker ingin digunakan di tempat terbuka yang luas, maka Anda memerlukan output yang lebih besar, yang mampu mengeluarkan suara yang lebih keras.

Perlu diperhatikan bahwa output yang besar tidak menjamin kualitas suara akan selalu bagus. Pilihlah produk dengan prinsip bahwa besar kecilnya output juga berpengaruh pada keras tidaknya suara yang dihasilkan.

Passive radiator untuk pencinta suara bass

Passve radiator

Passive radiator merupakan suatu fungsi yang memperkuat nada rendah dengan mengambil getaran di udara yang dihasilkan oleh speaker. Khususnya pada speaker kecil, bagi Anda yang menyukai suara bass, pastikanlah ada tidaknya passive radiator yang terpasang pada speaker yang Anda minati.

Memilih berdasarkan lokasi penggunaan

Fungsi yang diperlukan akan berubah sesuai dengan kondisi penggunaan speaker. Pilihlah produk yang sesuai dengan Anda, berdasarkan lokasi penggunaan speaker.

Fungsi anti air & anti debu untuk keperluan outdoor

Bila Anda menggunakan speaker Anda di tempat terbuka/ outdoor, pilihlah produk dengan fungsi anti debu & anti air, yang dirancang untuk mencegah masuknya pasir, debu, dan air. Standar anti air ditandai dengan IPX, sedangkan standar anti debu ditandai dengan IP. Berikut perincian mengenai standar tersebut.

Standar anti air (waterproof)

IPX1 sampai dengan IPX3 tidak bisa dikatakan sebagai produk yang anti air. Pada dasarnya produk yang anti air adalah produk dengan standar IPX4 ke atas. Berikut adalah standar anti air secara umum.

IPX4 : tahan terhadap cipratan air dari segala arah

IPX5 : tahan terhadap aliran air dari segala arah

IPX6 : tahan terhadap aliran air yang kuat dari segala arah

IPX7 : tahan bila terendam dalam air selama 30 menit

IPX8 : tahan terhadap rendaman air dan tahan bisa ditenggelamkan sekalipun

Standar anti debu (dustfproof)

Standar IP3X dapat mencegah masuknya kotoran hingga yang berdiamater 2.5mm. Ukuran tersebut cukup besar untuk partikel debu. Karena itu, lebih baik bila kita memilih produk dengan standar  IP4X atau yang lebih tinggi, untuk menjamin ketahanan speaker tersebut terhadap debu.

IP4X : perlindungan terhadap benda padat yang berdiameter 1 mm (misalnya kawat)

IP5X : debu tidak akan masuk ke bagian dalam, meskipun masuk sedikit, namun tidak akan mengganggu pengoperasian speaker

IP6X : debu tidak akan masuk ke bagian dalam

Bila sering dipakai, pilihlah fungsi NFC yang memudahkan pairing

Pengoperasian speaker Bluetooth dari smartphone atau perangkat lainnya dikenal dengan istilah pairing. Bila dioperasikan melalui setting tertentu di layar smartphone, akan sedikit memakan waktu, sehingga kurang praktis.

Fungsi yang sama sekali tak diperlukan dalam pengoperasian seperti itu dinamakan NFC, dan terpasang pada smartphone Android (tak berfungsi pada iPhone). Jika speaker Bluetooth yang dipakai juga memiliki fungsi NFC, hanya dengan mendekatkan smartphone pada speaker, maka pairing akan selesai.

Karena pada dasarnya pairing dengan Bluetooth tidaklah sulit, maka fungsi ini hanyalah tambahan yang menambah kepraktisan. Sungguh baik jika speakernya memiliki fungsi NFC. Jika tidak ada pun sebenarnya tidak masalah.

Memilih berdasarkan durasi pemakaian

Speaker Bluetooth memiliki 2 jenis sumber energi, yaitu tipe yang menggunakan charger dan tipe baterai. Di antaranya terdapat produk yang bisa dipakai dengan charger maupun dengan baterai. Durasi ketahanan energi listriknya tidak akan berpengaruh banyak bila speaker dipakai di dalam ruangan, namun akan sangat berpengaruh bila Anda hendak memakainya di luar ruangan (outdoor). Tentunya speaker yang dapat memainkan musik hingga 10 jam pemakaian tanpa harus di-charge atau diganti baterainya akan lebih praktis bagi Anda.

2 Rekomendasi speaker Bluetooth dengan kualitas suara terbaik

Baiklah, mulai dari sini kami akan memperkenalkan speaker Bluetooth populer yang direkomendasikan dalam peringkat, dengan membaginya ke dalam 3 tema, yaitu kualitas suara, outdoor, dan pemakaian sehari-hari.

Bila Anda menemukan speaker Bluetooth yang disukai, silakan nikmati musik kesukaan Anda kapan pun dan dimana pun.

1. Harman Kardon Omni 10

http://www.lazada.co.id/harman-kardon-omni-10-speaker-wireless-bluetooth-hitam-5125198.html?spm=a2o4j.search.0.0.pvdITz&ff=1

Harga : Rp 3.700.000

High Definition (HD) stereo sound system 

Dalam satu gedung, speaker dapat dipasang hingga maksimal 4 buah. Anda bisa memutar musik yang sama pada semua speaker di setiap ruangan yang berbeda, hanya dengan mengatur fungsinya dari smartphone ataupun perangkat lainnya.
Desain bulat seperti bola, namun suara yang dihasilkan cukup besar dengan dentuman bass-nya yang kuat. Dengan speaker ini Anda bisa leluasa menikmati musik berkualitas di ruang mana pun di rumah Anda setiap hari.

 2. Sony SRS-ZR7

Sony kualitas

 

https://www.lazada.co.id/sony-srs-zr7-portable-wireless-bluetooth-stereo-speaker-intl-40757945.html?spm=a2o4j.search.0.0.qEq4tk&ff=1

Harga : Rp 4.999.000

Suara stereo yang mantap dengan kompatibilitas tinggi

Speaker ini memiliki 3 codec yaitu SBC, AAC, LDAC, sehingga Anda tidak perlu khawatir apapun jenis smartphone/ tablet Anda, karena pasti kompatibel dengan speaker ini.

Suara stereo dengan daya output 92W sungguh dapat memuaskan Anda dari segi kualitas suara maupun volumenya. Keunggulan lainnya adalah kemampuan multipairing yang memungkinkannya untuk tersambung dengan 9 perangkat elektronik lainnya, dan mampu menyimpan informasi pairing tersebut. Artinya, speaker ini dapat mengingat smartphone Anda maupun keluarga Anda. Tak perlu pairing ulang lagi, mudah kan?!

4 Rekomendasi speaker Bluetooth outdoor terbaik

Anda akan semakin semangat berkemah atau piknik, jika ada musik yang bisa Anda nikmati. Berikut, kami perkenalkan 4 speaker Bluetooth pilihan yang direkomendasikan untuk Anda yang suka kegiatan outdoor. Silakan jadikan referensi bagi Anda!

 1. Oontz Angle 3 Cambridge SoundWorks

Oontz outdoor

http://www.lazada.co.id/oontz-angle-3-cambridge-soundworks-bluetooth-speaker-black-12706773.html?spm=a2o4j.category-030109000000.0.0.vXIyij&ff=1&sc=Ebot

Harga : Rp 295.000

Daya output besar dengan kualitas prima

Speaker ini adalah merek yang terlaris di Amerika, dan sekarang hadir di Indonesia. Menghasilkan suara yang hi-power (10W) dengan suara bass yang tak kalah keras. Di samping itu, speaker ini memiliki standar anti air IPX5, menjadikannya sebagai pilihan yang cocok untuk Anda yang suka berpesta sambil main air, ataupun dibawa untuk camping bersama keluarga di tepi sungai.

Karena mampu menghasilkan suara keras, Anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan sehari-hari di rumah, bahkan Anda dapat menggunakannya di kamar mandi. Harganya terjangkau namun berkualitas, menjadikannya sebagai rekomendasi utama kami.

2. Bose SoundLink Color 

 Bose outdoor

https://www.lazada.co.id/bose-soundlink-color-bluetooth-speaker-mint-8646952.html?spm=a2o4j.030109000000.0.0.AehCwG&sc=Ebot

Harga : Rp 1.999.000

Compact and fashionable
Ringan dan compact, namun berkualitas, itulah ciri khas merk Bose. Dilengkapi dua passive radiator dan output yang besar, Anda dapat memutar musik dengan volume yang cukup keras sembari menikmati suara bass yang berkualitas. Fitur NFC-nya menjamin kemudahan pairing dengan smartphone Android Anda.
Dengan standar anti air IPX4 dan desainnya sederhana namun elegan, cocok untuk Anda yang tetap ingin bergaya sambil menikmati  outdoor party di halaman atau pun kolam renang. tentu saja, Anda juga dapat membawanya untuk camping dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

 3. Xiaomi MiFa F10 

Xiami outdoor

https://www.lazada.co.id/xiaomi-mifa-f10-outdoor-waterproof-ipx6-bluetooth-portable-speaker-army-green-17565613.html?spm=a2o4j.search.0.0.vc7rCL&ff=1

Harga : Rp 375.000

Portable speaker yang tahan banting!

Ini dia speaker Bluetooth yang cocok untuk para petualang! Anti air (IPX6) anti debu (IP5X), kuat dan kokoh, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan bebas sambil bersepeda, hiking, memanjat tebing, maupun camping. Berdiameter 9 cm, suara stereo dan ketahanannya dalam memainkan musik hingga 8 jam, menjadikan speaker ini sebagai teman setia dalam petualangan Anda.

Cukup dengan menyematkan karabinernya ke baju Anda maupun ke tas, Anda siap pergi sambil menikmati musik favorit Anda. Daya output-nya 3W, sehingga suara yang dihasilkan mungkin kurang keras untuk outdoor party, tapi pastinya cocok sebagai speaker pribadi Anda yang tahan banting.

4. W-KING S7

http://www.lazada.co.id/w-king-s7-outdoor-waterproof-bluetooth-speaker-with-mic-support-nfcintl-11782274.html?spm=a2o4j.search.0.0.RP44y1&ff=1

Harga : Rp 279.000

Cube speaker dengan radio FM 

Tidak hanya memainkan musik favorit Anda, dengan speaker ini Anda juga bisa mendengarkan stasiun radio kesukaan Anda. Dengan standar anti air IPX6, Anda dapat membawa speaker ini saat bermain ke sungai, pantai, maupun saat mandi di kamar mandi. Apalagi baterainya tahan hingga 10 jam tanpa perlu di-charge.
Dilengkapi dengan fitur NFC yang menjadikan pairing menjadi praktis. Adanya subwoofer dan 3W audio drive, menjamin kualitas suara yang dikeluarkannya takkan mengecewakan Anda.

 4 Rekomendasi speaker Bluetooth terbaik untuk pemakaian sehari-hari

Berikutnya, kami perkenalkan 4 Speaker Bluetooth pilihan yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati musik setiap hari dengan leluasa, baik di dalam kamar pribadi maupun di kamar mandi, di dalam rumah maupun di kantor!

1. JBL Micro Wireless Bluetooth Speaker

 

http://www.lazada.co.id/jbl-micro-wireless-bluetooth-speaker-original-23578410.html?spm=a2o4j.category-030109000000.0.0.pl9YFN&ff=1&sc=Ebot

Harga : Rp 265.000

Portable dan menghasilkan suara bass yang unggul

Speaker ini menghasilkan suara bass yang unggul dibandingkan produk speaker portable lainnya, walaupun ukurannya kecil. Dilengkapi dengan lampu LED yang dapat memberitahukan Anda bila baterai hampir habis.
Mudah dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang compact, dan mampu digunakan selama 5 jam. Dengan menggunakan port mikro USB, baterai mudah diisi ulang, hemat dan praktis. Cocok untuk Anda yang senang mendengarkan musik di dalam rumah, apalagi bila Anda sering berpindah dari satu kamar ke kamar lainnya.

2. Anker SoundCore ANCO-LYyx20029

Anker seharihari

http://www.lazada.co.id/anker-soundcore-bluetooth-speaker-with-24-hour-playtime66-footbluetooth-range-amp-built-in-mic-dual-driver-portablewirelessspeaker-with-low-harmonic-distortion-and-superior-sound-black-intl-34313534.html?ff=1

Harga : Rp 1.481.000

Mainkan terus musiknya hingga 24 jam!

Walaupun ukurannya yang compact dan portable, speaker ini mampu memainkan 500 lagu (24 jam pemakaian) tanpa perlu di-charge ulang. Sangat cocok untuk Anda yang gemar mendengarkan musik setiap saat.

Harganya memang agak mahal, namun kualitas suara yang dihasilkan juga tidak kalah dengan daya tahan baterainya. Suaranya stereo, dan mampu menghasilkan suara bass yang bagus dengan spiral bass port-nya, walau tak sebagus produk yang memiliki passive radiator.

3. Gshop Wireless Bluetooth Speaker

Bluetooth lampu

http://www.lazada.co.id/gshop-wireless-bluetooth-speaker-hands-free-panggilan-colorful-sentuh-lampu-malam-cahaya-surport-microsd-music-player-speaker-cerdas-subwoofer-24444093.html?spm=a2o4j.category-030109000000.0.0.RKy5Nk&ff=1&sc=Ebot

Harga : Rp 145.000

Speaker yang menerangi kamar Anda

Speaker yang berfungsi ganda, bisa menerangi kamar Anda di malam hari. Kecerahan cahaya bisa diatur (Low-Intermediate-High) dengan menekan bagian atasnya.
Di bagian bawah ada semacam kaitan sehingga speaker ini juga bisa digantungkan pada dinding. Tersedia dalam lima pilihan warna cahaya, dan dilengkapi dengan radio FM dan mic. Lampu yang multifungsi, bukan?!

 4. Soundbot Speaker

http://www.lazada.co.id/speaker-shower-waterproof-bluetooth-speaker-shower-anti-air-bluetooth-36533872.html?spm=a2o4j.category-030109000000.0.0.p3fTC6&ff=1&sc=Ebot

Harga : Rp 66.000

Speaker yang bisa ditempel di kaca atau di dinding

Karena dirancang tahan air (IPX4), Anda bisa mendengarkan musik di kamar mandi dan juga dapat menjawab panggilan telepon saat mandi. Speaker ini dapat terhubung ke semua perangkat yang memiliki koneksi Bluetooth, dan harganya terjangkau.
Speaker ini juga memiliki suction cup di bawahnya, sehingga Anda dapat menempelkannya di dinding, kaca jendela atau di pintu. Nikmati musik favorit Anda sambil beraktivitas di rumah.

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda, setelah kami perkenalkan peringkat speaker Bluetooth yang direkomendasikan?

Masing-masing produk bervariasi baik dari ukuran, harga, dan juga fungsinya. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kondisi dan suasana yang Anda inginkan saat memakai speaker Bluetooth. Nikmatilah musik di berbagai tempat!