10 Rekomendasi Pembidang Sulam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pembidang Sulam Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pembidang sulam atau disebut juga embroidery hoop adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah Anda pada saat menyulam. Beberapa orang mungkin beranggapan alat ini tidak diperlukan, tetapi tanpa adanya alat ini, ada kemungkinan benang menjadi kusut atau sulit untuk mendapatkan hasil sulaman yang rapi.

Pembidang sulam ada yang berbentuk lingkaran, persegi, oval, dan lain sebagainya. Selain bentuk, desain, dan bahan pembuatnya pun beragam. Karenanya, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih pembidang sulam. Kemudian, kami juga akan memberikan 10 produk pembidang sulam terbaik yang dapat Anda pilih.

Daftar isi

Cara memilih pembidang sulam

Pertama-tama, kami akan memberitahu bagaimana cara memilih pembidang sulam. Simaklah setiap tipe pembidang sulam yang ada untuk menentukan mana yang akan Anda pilih sesuai preferensi Anda.

Pilih berdasarkan bahan pembuat pembidang sulam

Bahan dasar adalah salah satu hal penting yang sangat memengaruhi penggunaan pembidang sulam. Umumnya, pembidang sulam terbuat dari dua jenis bahan dasar berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Apa saja perbedaannya?

Bahan dasar kayu, awet dan terasa semakin familier seiring penggunaannya

Bahan dasar kayu, awet dan terasa semakin familier seiring penggunaannya

Pembidang sulam dari bahan dasar kayu terbuat dari bahan alami sehingga memiliki kualitas yang baik. Semakin sering Anda gunakan, bahan ini terasa semakin familier di tangan sehingga bahan ini sangat cocok untuk Anda yang berencana menggunakan pembidang sulam untuk jangka panjang. Selain itu, bahan kayu juga terasa pas untuk digenggam.

Tidak seperti bahan dasar lainnya, kayu terasa kaku sehingga dapat menahan kain dengan baik. Selain itu, bahan ini ringan sehingga dapat dengan mudah Anda gunakan dan tidak membuat Anda mudah lelah selagi menggunakannya dalam waktu lama. Namun, pembidang sulam berbahan kayu rentan terhadap kelembapan udara dan perubahan suhu. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat menyimpan pembidang sulam ini.

Bahan dasar plastik, ringan dan mudah digunakan

Bahan dasar plastik, ringan dan mudah digunakan

Bahan dasar pembidang sulam selain kayu adalah plastik. Keunggulan dari pembidang sulam berbahan dasar plastik adalah mudah untuk digunakan dan bobotnya ringan. Bentuknya tidak mudah berubah sehingga dapat Anda gunakan dengan baik. Meski begitu, bahan ini tidak cukup lentur sehingga bisa saja retak ketika Anda sedang mengencangkan sekrupnya.

Pilih ukuran yang sesuai dengan ukuran kreasi sulam Anda

Ada berbagai ukuran pembidang sulam untuk setiap ukuran kreasi sulam yang akan dihasilkan. Sebelum membeli pembidang sulam, ada baiknya Anda tentukan terlebih dahulu ukuran kreasi sulam yang akan Anda kerjakan.

Pembidang berukuran besar untuk kreasi sulam besar

Pembidang berukuran besar untuk kreasi sulam besar

Apabila Anda ingin menyulam keseluruhan kain atau hendak mengerjakan sulaman berukuran besar, pilihlah pembidang sulam dengan ukuran yang besar juga agar nyaman Anda gunakan. Bila Anda menggunakan ukuran yang kecil, Anda akan menyulam sambil menggesernya sedikit demi sedikit sehingga terasa merepotkan. Bila Anda hendak menyulam dalam ukuran besar, Anda bisa dengan mudah melakukannya menggunakan pembidang sulam berukuran besar tipe roll atau persegi seperti yang akan kami jelaskan di bawah.

Pembidang sulam berukuran 7-10 cm pas untuk membuat kreasi sulam ukuran kecil

Pembidang sulam berukuran 7-10 cm pas untuk membuat kreasi sulam ukuran kecil

Ada berbagai ukuran sulaman yang dapat Anda kreasikan. Ketika sedang menyulam dengan ukuran kecil, tentu Anda akan kesulitan bila menggunakan pembidang sulam dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada sulaman Anda.

Maka dari itu, pilihlah pembidang sulam dengan ukuran diameter 7-10 cm untuk mengerjakan sulaman berukuran kecil. Ukurannya yang kecil juga membuatnya dapat dibawa dengan mudah sehingga Anda dapat menyulam di mana saja dengan menggunakan pembidang sulam ini.

Pilih berdasarkan cara penggunaannya

Secara umum, berdasarkan cara penggunaannya terdapat 3 tipe pembidang sulam. Mari simak penjelasannya berikut.

Tipe one touch, mudah untuk dipasang

Tipe one touch, mudah untuk dipasang

Terdiri dari 2 bingkai, tipe one touch ini memiliki cara pemasangan yang mudah. Kain diletakkan pada bingkai yang berukuran lebih kecil. Kemudian, pasangkan bingkai yang lebih besar ke bingkai kecil dan kain Anda pun siap disulam.

Jenis ini sangat mudah untuk digunakan, cocok digunakan oleh para pemula. Hanya saja, jenis ini tidak dapat digunakan pada kain yang tebal sebab kain akan menjadi bergelombang dan tidak tertahan dengan sempurna oleh pembidang ini.

Tipe sekrup, dapat disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain

Tipe sekrup, dapat disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain

Tahap pertama pada pemasangan pembidang sulam ini sama seperti pembidang sulam tipe one touch. Kemudian, longgarkan sekrup dan pasangkan bingkai besar ke bingkai yang berkain. Setelah itu, kencangkan sekrupnya hingga Anda rasa cukup dan kain pun siap Anda sulam. Memang telihat lebih rumit, tetapi Anda dapat mengencangkannya sesuai kebutuhan. Kain tebal pun dapat Anda kencangkan hanya dengan mengatur sekrupnya.

Tipe roll, direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa

Tipe roll, direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa

Cara menggunakan pembidang sulam tipe roll adalah dengan menempelkan kain pada gulungan yang ada pada bagian atas dan bawah pembidang sulam, kemudian mengaturnya hingga kain tersebut Anda nilai sudah cukup kencang. Dalam kondisi ini, kainnya belum tertahan sempurna dan hanya tertempel ke gulungannya saja. Untuk mengencangkannya, Anda bisa menggunakan peniti atau menjahitnya.

Penggunaan pembidang sulam ini akan menjadi sangat mudah apabila Anda sudah terbiasa. Hanya saja, Anda perlu keterampilan lebih sewaktu meregangkan kain pada pembidang sulam ini. Bila Anda baru mulai menyulam, pembidang sulam tipe one touch atau tipe sekrup lebih direkomendasikan.

Pembidang sulam hands-free, dapat menghasilkan bagian belakang yang rapi

Pembidang sulam hands-free, dapat menghasilkan bagian belakang yang rapi

Bagi Anda yang sudah terbiasa menyulam, tentu ingin mendapatkan hasil yang rapi, bukan saja di bagian depan, tetapi juga di bagian belakang kainnya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan pembidang sulam hands-free yang memiliki penahan khusus sehingga tidak memerlukan bantuan tangan Anda untuk memegangnya. Selain itu, Anda dapat melakukan pengaturan posisi pembidang sulam sehingga dapat menghindari terjadinya pegal pada leher dan pundak.

10 Rekomendasi pembidang sulam terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi pembidang sulam terbaik yang dapat Anda pilih. Sesuaikanlah dengan tingkat kemahiran Anda dan ukuran dari kreasi sulam yang akan Anda kerjakan.

10. Qsnap Pembidang Sulam

10. Qsnap Pembidang Sulam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Bisa dilepas dan disimpan di mana pun Anda mau

Terbuat dari bahan plastik, pembidang sulam ini terasa ringan, tangan Anda tidak akan cepat lelah meski memakainya dalam waktu cukup lama. Lalu, walau bentuk persegi tidak terlalu familier dibanding bentuk lingkaran, Anda tetap akan nyaman menggunakannya dan bisa dengan mudah membuat sulaman pemandangan karena bentuknya ini.

Anda pun dapat melepas pipa-pipa yang sudah dirakit untuk menjadi pembidang sulam ini ketika tidak digunakan, kemudian dapat Anda simpan dengan menggunakan sedikit tempat saja. Cocok untuk Anda yang senang menyulam dengan ukuran yang besar, tetapi memiliki tempat terbatas untuk menyimpan pembidang sulamnya.

9. Clover Embroidery Turnable Hoop 18 cm

9. Clover Embroidery Turnable Hoop 18 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 419.000

Penjepitnya bikin tubuh Anda tidak cepat pegal saat menyulam

Pembidang sulam hands-free keluaran Clover ini memiliki ukuran diameter 18 cm. Cara menggunakannya adalah Anda pasang terlebih dahulu pembidang sulam ini di sisi meja Anda, lalu Anda pun dapat menggunakan pembidang sulam ini tanpa perlu memegangnya. Sangat praktis dan tentunya pekerjaan menyulam Anda menjadi lebih mudah.

Dipadukan dengan kemampuan berputar hingga 360° agar Anda makin mudah menemukan posisi duduk ternyaman. Produk ini adalah solusi tepat bila Anda ingin menyulam berjam-jam tanpa menimbulkan sakit leher. Selain itu, benang pun tak akan tersangkut di sekrup dengan adanya penutup sekrup.

8. Pembidang Sulam Kayu 17 cm

8. Pembidang Sulam Kayu 17 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.000

Ingin yang harganya sangat terjangkau? Ini dia jawabannya!

Pembidang sulam ini terbuat dari bahan kayu dan memiliki ukuran 17 cm. Ukurannya termasuk sedang sehingga dirasa cocok untuk Anda yang ingin mencoba menyulam untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, produk ini juga terasa firm dan pas saat digenggam tangan Anda.

Dengan adanya sekrup, Anda tidak akan kesulitan untuk mengencangkan kain sulaman yang tipis atau tebal sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan segala kualitas plus harganya yang sangat terjangkau, produk ini sangat layak dipertimbangkan bila Anda memiliki anggaran terbatas.

7. DMC Hand Embroidery Frame

7. DMC Hand Embroidery Frame

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 251.000

Atur ukurannya sesuka Anda sesuai kebutuhan

Pembidang sulam tipe roll ini memiliki ukuran 35 x 26 cm, dapat dipilih oleh Anda yang akan mengerjakan sulaman dalam ukuran besar. Meski begitu, Anda juga bisa mengubah ukuran baik panjang maupun lebarnya menjadi lebih kecil sesuai kebutuhan Anda. Karenanya, produk ini sangat pas bila Anda membutuhkan pembidang sulam yang fleksibel!

Apalagi, dengan adanya lubang di bagian samping Anda pun akan semakin mudah menemukan ukuran yang Anda inginkan. Pembidang sulam ini terbuat dari bahan alami, yaitu kayu yang berkualitas, sehingga Anda perlu menyimpannya di tempat yang tidak lembap apabila sedang tidak digunakan agar lebih tahan lama.

6. Pembidang Sulam Lonjong

6. Pembidang Sulam Lonjong

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.000

Dilengkapi gantungan, hasil sulaman Anda bisa langsung dipajang, lho!

Pembidang sulam berbentuk oval tipe one touch ini mudah digunakan oleh Anda para pemula. Produk ini juga pas untuk Anda yang ingin langsung memajang hasil sulaman Anda. Sebab, produk ini sudah dilengkapi dengan rangka kayu vintage dan gantungan sehingga bisa langsung dipajang bahkan tanpa perlu mengeluarkannya dari pembidang sulam.

Namun, gunakanlah hanya kain yang tipis agar kain dapat tertarik dengan sempurna. Harus Anda ingat juga karena Anda dapat langsung menggunakan pembidang sulam ini sebagai pajangan, Anda akan memerlukan pembidang sulam baru untuk mengerjakan sulaman Anda berikutnya.

5. Pembidang Sulam Plastik Set 5 Pcs

5. Pembidang Sulam Plastik Set 5 Pcs

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Ukuran dan warna yang berbeda-beda, membuat lebih semangat untuk menyulam

Dalam satu kali pembelian, Anda akan mendapatkan lima buah pembidang sulam dengan warna serta ukuran yang berbeda-beda. Anda dapat menyulam berbagai kreasi sulam dengan ukuran yang beragam dengan menggunakan paket pembidang sulam ini. Pilihlah ukuran pembidang sulam yang sesuai, setiap Anda akan mengerjakan kreasi sulam yang baru.

Dengan ukuran dan warna yang berbeda dari setiap pembidang sulam ini, tentunya dapat menambah semangat Anda untuk menyulam dan menghasilkan kerajinan tangan yang menarik. Bila Anda ingin pembidang sulam yang memiliki variasi ukuran serta warna cerah menarik, produk ini pilihannya!

4. Embroidery Hoop 3″

4. Embroidery Hoop 3"

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Ukuran kecil, pas untuk kreasi sulam yang kecil pula

Pembidang sulam dengan ukuran 3 inci atau sekitar 8 cm ini tentu dirasa pas digunakan ketika Anda ingin mengerjakan kreasi sulam dengan ukuran yang kecil secara presisi. Dilengkapi juga dengan sekrup, tentu akan memudahkan Anda untuk menyulam kain yang lebih tebal.

Terbuat dari bahan plastik, pembidang sulam ini tentunya ringan, mudah dibawa ke mana saja, dan mudah untuk digunakan. Warna yang dimilikinya pun sangat menarik, dapat menambah semangat kegiatan menyulam Anda. Bagi Anda yang ingin menyulam dengan ukuran kecil dan dapat mengerjakannya di mana saja, pilihlah pembidang sulam dengan ukuran 8 cm ini.

3. Pembidang Sulam Bambu Set 4 Pcs

3. Pembidang Sulam Bambu Set 4 Pcs

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 81.000

Produk berbahan kayu dengan 4 ukuran, ekonomis!

Dibuat menggunakan bahan kayu bambu pilihan, pembidang sulam ini menjadi elastis sekaligus kuat sehingga cocok Anda gunakan untuk jangka waktu cukup lama. Adanya sekrup juga sangat memudahkan Anda untuk mengencangkan atau mengendurkan kain yang hendak Anda sulam sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apalagi, Anda akan memperoleh empat produk dengan ukuran 17 cm, 20 cm, 23 cm, dan 26 cm sehingga Anda pun semakin mudah menyulam sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Bila Anda mencari pembidang sulam berbahan kayu berkualitas dengan beragam ukuran sehingga menjadi sangat ekonomis, tentu produk in cocok untuk Anda.

2. Clover Embroidery Hoop 12 cm

2. Clover Embroidery Hoop 12 cm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Hasilkan sulaman kecil rapi tanpa ada benang tersangkut

Sekrup pada pembidang sulam memang memiliki kegunaan untuk menyesuaikan ketebalan kain agar dapat tertarik sempurna. Hanya saja, terkadang benang sulam Anda dapat tersangkut di sekrup dan dapat menyulitkan pekerjaan Anda. Bila Anda tak ingin hal tersebut terjadi saat menyulam dalam ukuran kecil, produk ini bisa menjadi jawabannya.

Tidak hanya itu, bagian dalam bingkainya juga sudah dirancang khusus sehingga memiliki daya cengkeram mumpuni dan mampu menjaga kain Anda tidak mudah bergeser. Pembidang sulam dengan ukuran 12 cm ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan berbobot ringan untuk memudahkan Anda menyulam di mana saja.

1. Pembidang Sulam Kayu Berdiri 21 cm

1. Pembidang Sulam Kayu Berdiri 21 cm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Makin fungsional dengan fitur pengatur ketinggian

Menyulam dapat jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus melelahkan bagi beberapa orang karena posisi yang tidak nyaman. Untuk Anda yang menginginkan kenyamanan lebih sewaktu menyulam, pembidang sulam hands-free ini solusinya. Letakkan pembidang sulam di atas meja dan sesuaikan ketinggiannya agar Anda nyaman menggunakannya.

Lelah pada leher dan pundak dapat dihindari. Sebagai tambahan, pekerjaan Anda dapat menjadi lebih rapi pada kedua sisi kain karena pembidang sulam ini dapat Anda balik sewaktu digunakan. Memiliki ukuran diameter 21 cm, pembidang sulam ini cocok untuk mengerjakan kreasi sulam yang tidak terlalu besar.

Kesimpulan

Beragam jenis pembidang sulam sudah kami rekomendasikan untuk Anda. Memilih pembidang sulam yang sesuai dengan sulaman Anda tentu membuat kegiatan menyulam Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Apabila Anda merasa bingung dengan ukuran pembidang sulam, gunakanlah ukuran yang dapat disesuaikan. Jangan lupa mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan selagi memilih pembidang sulam, kemudian temukanlah pembidang sulam yang paling pas untuk Anda!