• 10 Pembidang Sulam Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pembidang Sulam Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pembidang Sulam Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pembidang Sulam Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pembidang Sulam Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pembidang Sulam Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)

Pembidang sulam adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah Anda saat menyulam. Beberapa orang mungkin beranggapan pembidang sulam tidak begitu diperlukan. Namun, tanpa alat ini, kain akan menjadi kusut dan sulit untuk mendapatkan hasil sulaman yang bagus dan rapi.

Pembidang sulam memiliki banyak variasi bentuk, ukuran, dan bahan. Selain berbentuk lingkaran, ada juga pembidang sulam berbentuk persegi dan pembidang yang tidak perlu dipegang dengan tangan. Kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih pembidang sulam plus memberikan rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ria Paramita
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Embroidery artist, Ria Paramita

Profil pakar: Embroidery artist, Ria Paramita
Ria Paramita
Embroidery Artist
Ria Paramita

Ria Paramita adalah seorang lulusan FSRD ITB jurusan Kriya Tekstil. Setelah lulus, beliau mengajar sebagai dosen desain tekstil di STT Tekstil, Bandung. Beliau telah menekuni embroidery selama 10 tahun yang diawali secara autodidak. Pada 2020, beliau mulai mengikuti kelas sertifikasi menyulam di Vogue Gakuen School yang dikelola oleh Japan Handicraft Instructors Association.


Ria membuat desain embroidery kit dan buku bersama publisher Leisure Arts, US. Karyanya telah muncul di beberapa media. Media-media tersebut seperti Boredpanda, Brwnpaperbag, Be Creative with Workbox, acara TV lokal US “The Balancing Act”, dan Tokyo Weekender.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembidang sulam

Pertama-tama, kami akan memberi tahu cara memilih pemidang sulam. Simaklah setiap tipe pemidang sulam yang ada untuk menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketahui karakteristik material pembidang sulam yang akan dipilih

Bahan adalah hal penting yang memengaruhi penggunaan pemidang sulam. Umumnya, pemidang sulam terbuat dari dua jenis bahan. Simak perbedaan kedua bahan tersebut di bawah ini.

Bahan dasar kayu, awet dan terasa makin nyaman seiring penggunaan

Bahan dasar kayu, awet dan terasa makin nyaman seiring penggunaan
Pemidang sulam dari kayu terbuat dari bahan alami sehingga memiliki daya tarik tertentu. Pemidangan jenis kayu ada yang terbuat dari bambu, kayu beech, dan cypress Jepang. Makin sering Anda gunakan, bahan ini akan terasa makin nyaman dipakai. Selain itu, hal terbaik dari pemidang sulam berbahan kayu adalah mudah disesuaikan.

Berbeda dari bahan sintetis, kayu memiliki kelenturan sehingga Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan dan mengencangkannya. Bahan ini pun ringan dan tidak membuat tangan cepat lelah ketika digunakan dalam waktu lama. Namun, pemidang sulam berbahan kayu rentan terhadap kelembapan dan perubahan suhu. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat menyimpan pemidang sulam ini.


Pilih jenis kayu yang berkualitas baik, ringan, dan memiliki permukaan halus tanpa serat yang muncul. Serat yang muncul pada permukaan dapat merusak kain. Pemidangan kayu yang terlalu berat juga dapat mencederai lengan ketika harus memegang dalam waktu yang lama. Jangan lupa untuk memeriksa kelayakan sekrupnya apakah berfungsi dengan baik dan tidak mudah berkarat.

Bahan dasar plastik, ringan dan mudah digunakan

Bahan dasar plastik, ringan dan mudah digunakan

Bahan dasar pemidang sulam selain kayu adalah plastik. Keunggulan dari pemidang sulam berbahan plastik adalah mudah digunakan dan ringan. Bentuknya tidak mudah berubah pada pemakaian normal sehingga dapat Anda gunakan dengan nyaman. Namun, berhubung bahan ini tidak lentur, pemidang sulam bisa saja retak saat Anda terlalu kuat mengencangkan sekrupnya.


Pemidangan plastik memiliki banyak pilihan warna yang menarik. Anda bisa menyesuaikannya dengan proyek sulaman yang sedang dikerjakan. Akan tetapi, permukaan pemidang plastik relatif lebih licin sehingga membuat tegangan kain di pemidangan menjadi lebih cepat longgar. Hal ini dapat menyebabkan permukaan sulaman tidak mulus dan banyak kerutan.


Ketahanan pemidangan plastik lebih rendah daripada pemidangan kayu. Selain itu, pemidang plastik dengan kualitas yang kurang baik akan mudah patah.

Tentukan ukuran pembidang sulam yang sesuai dengan ukuran kreasi sulam

Ukuran pemidang sulam berbeda-beda, tergantung ukuran kreasi sulam yang akan dibuat. Sebelum membeli, ada baiknya Anda sesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran kreasi sulam yang biasa Anda buat.

Pembidang berukuran besar untuk kreasi sulam besar

Pembidang berukuran besar untuk kreasi sulam besar
Menyulam area yang cukup luas atau mengerjakan sulaman berukuran besar tentu memerlukan pemidang sulam berukuran besar juga. Bila Anda menggunakan pemidang ukuran kecil, Anda terpaksa menyulam sambil menggesernya sedikit demi sedikit. Jadi, untuk sulaman besar, gunakan juga pemidang berukuran besar, baik tipe roll maupun persegi.


Memindahkan pemidangan yang terlalu kecil untuk desain besar dapat membuat hasil sulamannya tidak sempurna. Hal ini disebabkan oleh ketegangan kain yang berubah-ubah ketika pemidangan kecil harus berpindah tempat.

Pembidang berukuran 8–12 cm pas untuk membuat kreasi sulam ukuran kecil

Pembidang berukuran 8–12 cm pas untuk membuat kreasi sulam ukuran kecil
Umumnya sulaman berukuran kecil dan sulaman berbentuk nama lebih sering dibuat. Jika Anda menggunakan pemidang berukuran besar untuk tipe sulaman seperti ini, Anda akan mengalami kesulitan. Pasalnya, posisi tangan akan menjadi kurang nyaman saat menyulam.


Maka dari itu, pilihlah pemidang sulam berdiameter 8–12 cm untuk mengerjakan sulaman berukuran kecil. Lagipula, ukuran yang compact menjadikannya mudah dibawa sehingga Anda pun dapat melakukan kegiatan menyulam di mana saja.

Pilih berdasarkan cara pengaturannya

Cara pengaturan pemidang sulam menentukan kemudahannya saat digunakan. Secara garis besar terdapat tiga tipe pemidang sulam. Mari simak poin-poin berikut ini untuk penjelasan selengkapnya.

Tipe langsung pakai, mudah untuk dipasang

Tipe langsung pakai, mudah untuk dipasang
Tipe langsung pakai adalah pemidang yang paling mudah digunakan. Cukup letakkan kain pada bingkai yang berukuran lebih kecil. Kemudian, pasangkan bingkai yang lebih besar ke bingkai kecil dan kain Anda pun siap disulam.

Tipe tanpa sekrup ini ada yang terbuat dari kayu dan plastik. Selain tidak dapat digunakan pada kain tebal, pengaturan ketegangan kain pemidang ini juga sangat terbatas. Akibatnya, kain mudah sekali longgar.


Tipe ini cocok digunakan oleh siapa saja, bahkan untuk pemula karena hanya perlu dipasangkan. Hanya saja, tipe ini tidak dapat digunakan pada kain yang tebal. Alasannya karena kain akan menjadi bergelombang dan tidak dapat diregangkan dengan kuat oleh pemidang seperti ini.

Tipe sekrup, dapat disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain

Tipe sekrup, dapat disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain
Cara pemasangan tipe sekrup hampir sama dengan tipe langsung pakai. Letakkan kain pada bingkai kecil, longgarkan sekrup pada bingkai besar, dan pasangkan. Setelah itu, kencangkan sekrupnya dan kain pun siap Anda sulam. Memang butuh satu tahap tambahan, tetapi Anda dapat mengencangkan pemidang sesuai kebutuhan.


Dengan model sekrup, menyulam kain tebal pun bukan lagi masalah. Sekrupnya juga dapat diganti dengan ukuran yang lebih panjang agar kain tebal dapat terpasang dengan baik.

Tipe gulung, direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa

Tipe gulung, direkomendasikan untuk Anda yang sudah terbiasa
Tipe ini dikhususkan untuk seasoned atau intermediate level stitcher. Proses persiapan sebelum menyulam dengan pemidangan ini cukup panjang. Anda harus meng-adjust kain secara vertikal dengan bantuan roller. Anda juga perlu mengatur ketegangan kain secara horizontal dengan menggunakan pita lebar. Benang yang dililitkan ke kayu bagian samping kiri dan kanan juga dapat digunakan.

Cara penggunaannya adalah dengan menggulungkan kain pada penggulung yang ada pada bagian atas dan bawah pemidang sulam. Atur hingga kain dirasa sudah cukup kencang. Dalam kondisi ini, kain memang belum tertahan sempurna dan hanya tergulung ke gulungannya saja. Untuk itu, Anda bisa menggunakan peniti atau menjahitnya agar kain tertahan dengan kuat.


Penggunaan pemidang sulam ini akan menjadi mudah bila Anda sudah terbiasa. Hanya saja, Anda perlu sedikit teknik sewaktu meregangkan kain. Bila Anda baru mulai menyulam, pemidang sulam tipe langsung pakai atau tipe sekrup lebih direkomendasikan. Pemidangan jenis ini sangat membantu dalam pengerjaan bidang desain yang besar dan embroidery yang dikombinasikan dengan beads atau payet.

Pertimbangkan pembidang sulam hands-free untuk menghasilkan bagian belakang yang rapi

Pertimbangkan pembidang sulam hands-free untuk menghasilkan bagian belakang yang rapi
Ada beberapa teknik sulaman yang membutuhkan kedua tangan sehingga pemidangan hands-free seperti ini akan sangat membantu. Pemidangan hands-free cocok untuk orang yang memiliki cedera lengan dan tidak dapat memegang benda dalam waktu yang lama. Selain itu, pemidang hands-free juga dapat membantu posisi duduk menjadi lebih baik.


Bagi yang terbiasa menyulam, Anda tentu ingin mendapatkan hasil yang rapi. Bukan saja pada bagian depan, tetapi juga pada bagian belakang kain. Oleh karena itu, kami merekomendasikan pemidang sulam hands-free.


Tipe ini memiliki penahan khusus sehingga tidak memerlukan bantuan tangan untuk memegangnya. Selain itu, Anda dapat mengatur pemidang sesuai posisi penglihatan untuk mengurangi pegal pada bahu dan leher.

10 Rekomendasi pembidang sulam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pemidang sulam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ria Paramita.

10

Embroidery Frame Practical Universal Clip

Mulai dari Rp 629.000,00

TipeLangsung pakai
Ukuran30 cm x 25 cm x 20 cm
BahanPlastik
9
TipeSekrup
UkuranDiameter 18 cm
BahanPlastik
8

Pembidang Sulam Kayu Berdiri

Mulai dari Rp 402.000,00

TipeSekrup
UkuranDiameter 15-40 cm, tinggi 31-42 cm
BahanKayu
7
TipeSekrup
Ukuran3 cm x 2,5 cm
BahanKayu
6
TipeLangsung pakai
Ukuran12 cm x 15 cm, 15 cm x 19 cm, 18 cm x 25 cm, 22 cm x 29 cm
BahanPlastik
5
TipeSekrup
UkuranDiameter: 7 cm, 9 cm, 12 cm, 15 cm, 18 cm, 21 cm, 25 cm
BahanPlastik
4
TipeSekrup
Ukuran13 cm x 9 cm, 16 cm x 11 cm, 26 cm x 18 cm, 34 cm x 24 cm, 40 cm x 27 cm
BahanPlastik
3
TipeSekrup
UkuranDiameter 7,5-36 cm
BahanBambu
2

Embroidery Kit Package

Mulai dari Rp 59.000,00

TipeSekrup
UkuranDiameter: 15 cm
BahanKayu
1

Mini Hoop Kayu Jati Belanda

Mulai dari Rp 9.000,00

TipeLangsung pakai
UkuranDiameter dalam: 3 cm x 4 cm, 3,3 cm, 2,83 cm, 3 cm, 2,94 cm
BahanKayu

Tabel perbandingan produk pembidang sulam terbaik

Gambar produk
1
Mini Hoop Kayu Jati Belanda 1

2
Embroidery Kit Package 1

3
Pamidangan Sulam 1

4
Embroidery Hoop Persegi 1

5
Colorful Embroidery Hoop 1

6
Oval Embroidery Hoop 1

7
Mini Wood Embroidery Hoop 1

8
Pembidang Sulam Kayu Berdiri 1

9
Clover Embroidery Hoop 1

Clover

10
Embroidery Frame Practical Universal Clip 1

Nama produk

Mini Hoop Kayu Jati Belanda

Embroidery Kit Package

Pamidangan Sulam

Embroidery Hoop Persegi

Colorful Embroidery Hoop

Oval Embroidery Hoop

Mini Wood Embroidery Hoop

Pembidang Sulam Kayu Berdiri

Embroidery Hoop

Embroidery Frame Practical Universal Clip

Keunggulan

Bentuknya lucu, cocok untuk hiasan dinding kamar anak

Paket lengkap yang hemat untuk pemula

Tersedia dalam ukuran besar, harganya pun terjangkau

Tak perlu khawatir jamuran berkat bahan plastiknya

Ukuran dan warna yang berbeda-beda, menyulam jadi lebih semangat

Dilengkapi gantungan, hasil sulaman Anda bisa langsung dipajang

Hasilkan karya sulaman ukuran kecil dengan presisi

Makin fungsional dengan fitur pengatur ketinggian

Hasil sulaman rapi tanpa ada benang tersangkut

Praktis, mudah dibongkar pasang dan bisa dipasangi kaki

Harga mulai dariRp 9.000,00Rp 59.000,00Rp 14.000,00Rp 20.000,00Rp 11.500,00Rp 35.000,00Rp 8.990,00Rp 402.000,00Rp 313.000,00Rp 629.000,00
TipeLangsung pakaiSekrupSekrupSekrupSekrupLangsung pakaiSekrupSekrupSekrupLangsung pakai
UkuranDiameter dalam: 3 cm x 4 cm, 3,3 cm, 2,83 cm, 3 cm, 2,94 cmDiameter: 15 cmDiameter 7,5-36 cm13 cm x 9 cm, 16 cm x 11 cm, 26 cm x 18 cm, 34 cm x 24 cm, 40 cm x 27 cmDiameter: 7 cm, 9 cm, 12 cm, 15 cm, 18 cm, 21 cm, 25 cm12 cm x 15 cm, 15 cm x 19 cm, 18 cm x 25 cm, 22 cm x 29 cm3 cm x 2,5 cmDiameter 15-40 cm, tinggi 31-42 cmDiameter 18 cm30 cm x 25 cm x 20 cm
BahanKayuKayuBambuPlastikPlastikPlastikKayuKayuPlastikPlastik
Tautan produk

Tips dari embroidery artist kami, Ria Paramita

Tips dari embroidery artist kami, Ria Paramita

Pemidang sulam adalah sebuah alat untuk mempermudah Anda saat menyulam. Tidak semua tipe sulaman membutuhkan alat pemidangan. Namun, permukaan kain akan menjadi kusut dan sulit untuk membuat sulaman menjadi rapi tanpa pemidang.


Salah satu keunggulan menyulam yaitu dapat melatih koordinasi tangan kanan dan kiri. Ketika tangan kanan bermanuver dengan jarum dan benang, tangan kiri membantu mengarahkan letak posisi jarum ketika menyulam. Begitu pun sebaliknya jika orang tersebut kidal.

Tips memasang pembidang sulam untuk pemula

Berikut ini langkah-langkah memasang pemidang sulam.

  • Renggangkan sekrup lalu pisahkan bagian dalam dan luar ring pemidang.
  • Bentangkan kain di atas ring dalam (ring tanpa sekrup) lalu pasangkan ring luar di atas kain.
  • Kencangkan sekrup sambil menarik tepi kain secara vertikal dan horizontal.
  • Saat permukaan kain terasa tegang dan berbunyi seperti drum ketika diketuk jari, berarti kain siap disulam.

Penting untuk selalu menjaga ketegangan kain selama menyulam. Tarik tepi kain secara vertikal dan horizontal, lalu kencangkan sekrup untuk menegangkan kain.

Kain yang cocok untuk menyulam

Pada dasarnya, menyulam bisa dilakukan pada media apa pun. Ada seniman luar yang menyulam di atas kertas, kayu, frying pan, bahkan saringan teh. Khusus untuk pemula, kain terbaik yang bisa dipilih yaitu kain berbahan dasar katun dengan ketebalan sedang, seperti bahan celana.


Ketebalan kain bisa dites dengan merentangkan kain membelakangi cahaya. Jika tampak menerawang, kain tersebut terlalu tipis. Jika cahaya tidak dapat menembus kain, kain tersebut terlalu tebal.


Ketebalan kain termasuk medium jika cahaya masih bisa menembus kain. Selain itu, jika kita menaruh tangan di bagian belakang kain dan bayangannya masih terlihat samar-samar, ketebalan kainnya termasuk medium. Kain ketebalan medium ini ketegangannya relatif stabil jika dipasang pada pemidang. Hal ini sangat membantu pemula ketika mereka belajar mengontrol ketegangan benang ketika menyulam.

Baca juga rekomendasi mesin jahit dan benang rajut di sini

Selain menyulam, mungkin sebagian dari Anda ada juga yang memiliki hobi merajut atau menjahit. Untuk itu, kami sudah merangkum berbagai produk mesin jahit yang bisa mempermudah pekerjaan Anda. Anda juga bisa menemukan benang rajut berkualitas yang sudah kami pilih pada artikel berikut. Segera simak seluruhnya di bawah ini!

Kesimpulan

Beragam jenis pemidang sulam sudah kami rekomendasikan untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan yang pas? Memilih pemidang sulam yang tepat tentu akan membuat kegiatan menyulam Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.


Jika Anda ragu dengan ukuran yang Anda perlukan, cobalah membeli paket pemidang sulam yang memiliki beberapa ukuran. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan pemidang sulam yang paling pas untuk Anda!

Artikel terkait

  • 10 Crayon Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Crayon Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Crayon atau krayon merupakan peralatan menggambar yang menjadi andalan siapa saja karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak, serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Aktivitas merajut dapat menghasilkan berbagai macam barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan juga bisa mendapatkan hasil akhir yang bervariasi dengan jenis benang yang berbeda. Terdapat berbagai jenis benang rajut, mulai dari benang wol, katun, nilon, hingga polyester. Harga setiap jenis benang tersebut juga sangat bervariasi.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi benang rajut terbaik. Anda dapat memilih di antara merek DROPS, Sakura, ataupun ON!TSUGA. Artikel ini telah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Simak hingga selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang dewasa mulai berminat dengan kegiatan mewarnai. Bagi orang dewasa, mewarnai suatu gambar atau pola dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sekaligus melepaskan stres. Coloring book untuk orang dewasa tentu berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak.Kali ini, kami akan memberi Anda informasi seputar buku mewarnai yang bagus untuk orang dewasa. Kami telah menyiapkan tips untuk memilih buku mewarnai yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Buku mewarnai untuk orang dewasa dari penerbit Kawan Pustaka hingga Gramedia Pustaka ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjahit merupakan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu. Salah satu merek mesin jahit ternama yang banyak dicari adalah Singer. Singer adalah perusahaan mesin jahit dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1851. Merek ini telah mengeluarkan beragam mesin jahit yang bagus dengan kualitas terbaik.Agar tidak salah pilih, kami punya tips memilihnya untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk Singer terbaik, mulai dari mesin jahit rumahan hingga mesin jahit industri beserta harganya. Ada seri M1155, M1005, dan lainnya. Jadi, ingin mesin jahit yang bagus? Tentu Singer jawabannya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Joyko Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Joyko Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mewarnai memang kegiatan yang menyenangkan, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa. Untuk menghasilkan gambar yang indah, Anda membutuhkan pensil warna yang bagus dan tepat, misalnya Joyko. Joyko memiliki banyak varian pensil warna berkualitas yang layak untuk dipilih. Produknya tersedia mulai dari isi 12, 24, hingga 48 warna.Karena itu, melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih pensil warna Joyko. Rekomendasi produk Joyko terbaik pun akan kami ulas. Anda akan menemukan pensil warna dengan harga bervariasi dan jumlah isi yang beragam. Yuk, langsung saja disimak sampai habis!
    Kerajinan
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mempunyai hobi melukis? Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel yang bagus dalam artikel kali ini.Anda bisa memilih produk dari merek oil pastel yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel terbaik dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Membuat kerajinan dari clay memang merupakan kegiatan yang asyik dilakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satu jenis clay yang sedang menjadi primadona di kalangan crafter adalah polymer clay. Polymer clay termasuk bahan lunak yang terbuat dari polivinil klorida (PVC). Tak heran jika bahan ini sangat mudah dibentuk.Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan beragam merek polymer clay yang bagus di pasaran. Sculpey, FIMO, dan Cernit merupakan beberapa contohnya. Supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik, kali ini kami akan menjelaskan tips-tips memilih polymer clay. Mari simak dengan saksama!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sesuai dengan namanya, pen cutter adalah cutter yang berbentuk seperti bolpoin. Jadi, dengan alat ini Anda dapat memotong objek bentuk apapun dengan mudah seperti menggunakan pena. Bagi Anda yang suka membuat kerajinan tangan, pen cutter tentu sudah tidak asing lagi. Pen cutter biasa digunakan untuk membuat papercraft, scrapbook, kirigami, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih pen cutter. Kemudian, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk pen cutter yang bagus dari merek terkenal seperti Joyko dan Krisbow. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis, ya. 
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang, hal yang Anda bayangkan tidak hanya bisa digambar di atas kertas. Namun, bisa Anda realisasikan dalam bentuk objek tiga dimensi. Anda hanya membutuhkan satu alat saja, yaitu 3D pen.  Pekerja profesional di bidang desain mungkin sudah familier dengan alat satu ini. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, 3D pen mungkin masih terdengar asing.Jangan khawatir, dalam pembahasan artikel ini, kami akan menjelaskan tentang 3D pen terlebih dahulu. Selanjutnya, kami akan memberikan tips memilih 3D pen terbaik dan rekomendasi produk yang bagus lengkap dengan harganya. Simak terus artikelnya, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut.Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • Artikel populer

  • 10 Crayon Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Crayon Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Crayon atau krayon merupakan peralatan menggambar yang menjadi andalan siapa saja karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak, serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Aktivitas merajut dapat menghasilkan berbagai macam barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan juga bisa mendapatkan hasil akhir yang bervariasi dengan jenis benang yang berbeda. Terdapat berbagai jenis benang rajut, mulai dari benang wol, katun, nilon, hingga polyester. Harga setiap jenis benang tersebut juga sangat bervariasi.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi benang rajut terbaik. Anda dapat memilih di antara merek DROPS, Sakura, ataupun ON!TSUGA. Artikel ini telah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Simak hingga selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin jahit portable banyak dicari karena ukurannya tidak terlalu besar, bobotnya relatif ringan, dan kepraktisan fitur-fiturnya. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasa, kemampuannya dalam membantu Anda menjahit tidak perlu diragukan. Ada beragam pilihan, dari mesin jahit multifungsi, heavy duty, hingga mesin jahit portable mini. Jika sedang mencari-cari mesin jahit portable yang bagus, Anda bisa memeriksa produk merek Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Apa saja keunggulan dan fitur setiap mesin jahit portable tersebut? Simak artikel ini sampai akhir!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Simak sampai akhir, ya!
    Kerajinan
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mempunyai hobi melukis? Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel yang bagus dalam artikel kali ini.Anda bisa memilih produk dari merek oil pastel yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel terbaik dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjahit merupakan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu. Salah satu merek mesin jahit ternama yang banyak dicari adalah Singer. Singer adalah perusahaan mesin jahit dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1851. Merek ini telah mengeluarkan beragam mesin jahit yang bagus dengan kualitas terbaik.Agar tidak salah pilih, kami punya tips memilihnya untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk Singer terbaik, mulai dari mesin jahit rumahan hingga mesin jahit industri beserta harganya. Ada seri M1155, M1005, dan lainnya. Jadi, ingin mesin jahit yang bagus? Tentu Singer jawabannya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang dewasa mulai berminat dengan kegiatan mewarnai. Bagi orang dewasa, mewarnai suatu gambar atau pola dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sekaligus melepaskan stres. Coloring book untuk orang dewasa tentu berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak.Kali ini, kami akan memberi Anda informasi seputar buku mewarnai yang bagus untuk orang dewasa. Kami telah menyiapkan tips untuk memilih buku mewarnai yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Buku mewarnai untuk orang dewasa dari penerbit Kawan Pustaka hingga Gramedia Pustaka ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori