10 Rekomendasi Alat Pengukur Tinggi Badan Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Pengukur Tinggi Badan Anak (Terbaru Tahun 2018)

Pertumbuhan tinggi badan anak umumnya terjadi dengan cepat. Setiap orang tua pasti merasa senang melihat anaknya bertumbuh dengan baik. Namun, orang tua biasanya hanya memiliki kesempatan untuk mengukur tinggi anak ketika sedang konsultasi ke dokter. Bukankah akan lebih menyenangkan jika Anda dapat mengukur tinggi badan anak di rumah?

Terdapat banyak pilihan alat pengukur badan yang dapat Anda beli. Masing-masing memiliki desain dan material yang berbeda. Artikel ini akan membahas cara memilih pengukur tinggi badan agar Anda dapat membeli produk yang sesuai. Tidak lupa, kami juga memberi rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi. Mari kita mulai!

Daftar isi

Cara memilih pengukur tinggi badan anak

Pertama, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli pengukur tinggi badan. Kami menyarankan Anda untuk memilih desain dan material produk yang sesuai dengan interior rumah. Produk yang sesuai dengan tampilan rumah tidak akan mengganggu keindahan interior sehingga tidak perlu selalu dibongkar dan dipasang kembali ketika hendak mengukur. Di samping itu, Anda juga jadi bisa lebih sering mengukur tinggi badan anak.

Perhatikan karakteristik material yang digunakan untuk membuat alat pengukur

Ada berbagai jenis material yang digunakan sebagai bahan dasar pembuat pengukur tinggi badan. Kami akan memperkenalkan karakteristik dan keunggulan dari masing-masing material agar Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tipe stiker dinding: mempercantik rumah dengan desain yang lucu

Tipe stiker dinding: mempercantik rumah dengan desain yang lucu

Akhir-akhir ini, pengukur tinggi badan yang berupa stiker dinding semakin digemari. Meskipun harus ditempel, stiker ini dapat dilepaskan tanpa meninggalkan sisa di dinding. Hal tersebut tentu melegakan.

Terlebih lagi, tipe ini memiliki banyak variasi desain yang menarik. Anda dapat memilih mulai dari desain yang simpel hingga yang penuh warna dan corak. Beberapa di antaranya bahkan dijual dengan harga yang murah. Anda juga dapat dengan mudah melepas dan memindahkan letak stiker ini. Jadi, tidak perlu ragu untuk memilih desain yang menarik.

Tipe kertas atau kain: mudah disimpan

Tipe kertas atau kain: mudah disimpan

Tidak semua orang ingin menempelkan atau meletakkan pengukur tinggi di dinding rumah. Beberapa orang hanya ingin memasangnya ketika hendak mengukur tinggi, kemudian menyimpannya kembali. Apabila Anda termasuk di dalam kelompok tersebut, kami menyarankan pengukur tinggi badan yang terbuat dari kertas atau kain.

Beberapa produk pengukur tinggi yang terbuat dari kertas dan kain dapat digulung sehingga mudah disimpan.

Tipe kayu: memperindah interior rumah

Tipe kayu: memperindah interior rumah

Tipe ini cocok bagi Anda yang sangat memedulikan penampilan interior rumah. Anda akan mendapatkan suasana tenang seperti dari sebatang pohon, serta tekstur indah yang semakin lama semakin terlihat.

Tidak seperti tipe stiker dan kain, pengukur tipe ini umumnya digantung di dinding dengan menggunakan paku, pengait, dan sebagainya. Jadi, jika Anda tidak ingin merusak dinding, tipe ini sebaiknya dihindari.

Tipe plastik: ringan dan desainnya menggemaskan

Tipe plastik: ringan dan desainnya menggemaskan

Pengukur tinggi badan yang terbuat dari plastik memiliki bobot yang ringan. Anda bahkan dapat menempelnya dengan menggunakan double tape. Pemasangan alat pengukur ini tidak akan merusak rumah sehingga juga cocok bagi Anda yang tinggal di rumah sewa.

Selain itu, tipe plastik ini dijual dengan harga yang terjangkau sehingga tidak dibutuhkan banyak biaya untuk mencobanya. Namun, beberapa model dari tipe ini memiliki cara mengukur yang berbeda. Misalnya ukuran maksimal dari pengukur yang dibeli adalah 150 cm, Anda harus menempelkan alat ini di posisi 150 cm dari lantai. Setiap kali hendak mengukur tinggi, Anda dapat menurunkan bagian pengukurnya hingga menyentuh kepala anak. Setelah itu, baru dapat terlihat ukuran tinggi anak. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal tersebut.

Periksa juga rentang ukur dari produk yang Anda pilih

Periksa juga rentang ukur dari produk yang Anda pilih

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah rentang ukur dari alat pengukur tinggi yang hendak Anda beli. Setiap produk memiliki rentang yang berbeda. Tentu sayang sekali jika Anda tidak dapat langsung menggunakan produk yang dibeli karena tinggi anak Anda belum mencapai batas bawah dari alat tersebut.

Desain yang indah memang merupakan hal penting. Anda bisa saja memanfaatkan produk yang dibeli sebagai pendukung interior rumah meskipun belum dapat digunakan untuk mengukur. Akan tetapi, jika Anda memilih produk dengan rentang ukur yang tepat, alat tersebut dapat langsung digunakan untuk mengukur sekaligus untuk mempercantik rumah.

Produk yang juga dapat mengukur tinggi orang dewasa akan lebih menguntungkan

Produk yang juga dapat mengukur tinggi orang dewasa akan lebih menguntungkan

Banyak orang yang ingin membeli alat pengukur hanya untuk mengukur tinggi anak mereka. Sebenarnya, beberapa produk dapat mengukur tinggi hingga maksimum 180 cm, bahkan ada yang hingga 2 meter.

Akan terasa seru jika Anda juga dapat mengukur tinggi badan bersama dengan anak. Di samping itu, alat tersebut akan tetap terpakai meskipun anak Anda bertumbuh melebihi tinggi orang tuanya. Anak laki-laki biasanya akan bertumbuh dengan sangat cepat dan menjadi lebih tinggi dari ibunya.

Beberapa produk dilengkapi dengan fitur yang menarik

Beberapa produk dilengkapi dengan fitur yang menarik

Terdapat alat pengukur tinggi badan yang dilengkapi dengan bingkai foto. Fitur tersebut dapat digunakan untuk menghias dan menandai pertumbuhan tinggi badan anak. Kegiatan mengukur dan mencatat pertumbuhan tinggi anak menjadi terasa lebih menyenangkan.

Dengan pengukur tinggi yang memiliki bingkai foto, ruang keluarga di rumah Anda akan terlihat lebih cantik. Anda dapat bersantai sambil memandang wajah anak yang mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan mereka. Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang gemar mendekorasi rumah dengan foto-foto.

10 Rekomendasi pengukur tinggi badan anak

Selanjutnya, kami akan memberi rekomendasi produk pengukur tinggi badan untuk anak. Pilihlah produk favorit Anda. Namun, jangan lupa untuk tetap berpedoman pada panduan cara memilih yang telah kami tulis di atas.

10. Meteran Tarik Pengukur Tinggi Badan

10. Meteran Tarik Pengukur Tinggi Badan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.900

Senyum di wajah biru ini akan membuat anak Anda ikut tersenyum

Bentuk menyerupai tetesan air, sepasang mata bulat, dan ditambah dengan senyum yang lebar. Ketiga hal tersebut terlihat menonjol di produk ini. Dengan karakteristik demikian, pengukur tinggi ini menjadi terlihat menarik dan lucu terutama bagi anak-anak. Putra dan putri Anda akan senang ketika hendak mengukur tinggi badan mereka.

Material yang digunakan untuk produk ini adalah plastik. Artinya, pengukur tinggi badan ini memiliki bobot yang ringan. Dengan bobot tersebut, produk ini tidak akan mudah lepas setelah ditempelkan ke dinding. Namun, pastikan Anda menempelkan produk ini di ukuran jarak yang tepat agar tidak salah dalam mengukur tinggi anak.

9. Stiker Dinding Pengukur Tinggi Badan – Gajah SK 9111

9. Stiker Dinding Pengukur Tinggi Badan - Gajah SK 9111

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.000

Selain di dinding, Anda juga dapat menempelnya di kaca

Stiker pengukur tinggi badan ini akan membuat suasana rumah Anda semakin ceria dengan gambar gajah dan hewan-hewan mungil lain yang berwarna-warni. Apabila Anda merasa bosan menempelkan produk ini di dinding, Anda dapat menempelkannya di dinding kaca atau tempat lain seperti kulkas. Jadi, Anda memiliki banyak pilihan tempat untuk mengukur tinggi anak, tidak hanya di dinding kamar saja.

Anda bahkan dapat menempelkan stiker dinding ini di kamar mandi karena bahannya yang tahan air. Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak memasang stiker ini di bagian luar rumah karena warnanya dapat memudar jika terpapar sinar matahari secara langsung. Mengenai daya tahan produk, Anda tidak perlu khawatir karena pengukur tinggi ini awet digunakan hingga lima tahun.

8. Boneka Gajah Pengukur Tinggi

8. Boneka Gajah Pengukur Tinggi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Teman bermain yang dapat mengukur tinggi

Boneka lembut berbentuk gajah ini sudah pasti akan disukai oleh anak Anda. Selain menjadi teman bermain anak, terdapat markah pengukur di bagian belalai gajah. Dengan kata lain, Anda dapat memanfaatkan boneka ini sebagai alat pengukur tinggi. Anak-anak pasti tidak akan merasa keberatan untuk diukur tingginya dengan menggunakan produk lucu ini.

Keunggulan lainnya adalah produk ini terbuat dari bahan yang tidak beracun dan tidak menimbulkan alergi sehingga aman bagi anak-anak. Anda tidak perlu merasa khawatir membiarkan anak Anda bermain dengan boneka ini. Ajaklah anak Anda untuk memilih warna favoritnya karena produk ini memiliki berbagai varian warna yang menarik.

7. Pengukur Tinggi Badan Lipat

7. Pengukur Tinggi Badan Lipat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.000

Pilihan tepat bagi Anda yang kerap berpindah tempat tinggal

Selain lucu dan menggemaskan, alat pengukur tinggi badan bentuk boneka mungil ini ringan dan lembut karena terbuat dari bahan flanel. Anda dapat melipat dan menyimpannya di dalam tas atau lemari. Pengukur tinggi ini tidak harus selalu digantung di tembok. Bagi Anda yang tinggal di rumah sewa atau harus cukup sering berpindah tempat tinggal, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bukan itu saja, pengukur tinggi ini juga dilengkapi dengan beberapa tempat transparan kecil yang berfungsi sebagai bingkai foto. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan produk ini sebagai benda berharga untuk menyimpan foto kenangan pertumbuhan anak. Di samping itu, produk ini memiliki berbagai warna dan desain bertema Disney yang dapat Anda pilih sesuai selera.

6. Plan Toys Jungle Height Chart

6. Plan Toys Jungle Height Chart

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 193.000

Tandai pertumbuhan anak dengan menggunakan klip lucu dari produk ini

Akan lebih baik jika Anda tidak sekadar mengukur tinggi anak, tetapi juga disertai dengan mencatat pertambahan tinggi mereka. Untuk mempermudah Anda dalam mengingat tinggi anak ketika terakhir kali diukur, produk ini dilengkapi dengan klip mungil yang lucu. Anda hanya perlu menjepit klip tepat di ukuran tinggi anak.

Dari segi desain, pengukur tinggi ini juga dapat memberikan sentuhan keceriaan pada interior rumah. Gambar hewan-hewan hutan di produk ini akan membuat rumah terlihat lebih dinamis dan tentunya akan disukai oleh anak-anak. Sambil mengukur tinggi anak, Anda dapat memperkenalkan anak dengan nama-nama hewan tersebut. Jadi, wawasan anak juga akan bertambah.

5. Plan Toys Family Growth Chart

5. Plan Toys Family Growth Chart

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 374.000

Dapat digunakan untuk mengukur bayi hingga orang dewasa

Bagi Anda yang memiliki anak bayi, kami menyarankan alat pengukur tinggi yang satu ini. Dengan rentang ukur mulai dari 0 cm hingga 210 cm, produk ini dapat mengukur tinggi anak bayi hingga orang dewasa. Anda dapat mengukur tinggi seluruh anggota keluarga dengan menggunakan produk ini. Sangat efisien!

Produk ini dapat Anda lipat dan simpan di dalam lemari, tetapi juga cocok digantung di rumah. Tambahan lagi, Anda dapat menulis di atas produk ini. Tulislah nama orang yang baru saja diukur, lalu tandai ukuran tingginya. Hal tersebut dapat membantu Anda memantau pertumbuhan anak atau anggota keluarga secara berkala.

4. OneMed Medicom Wireless Height Meter Alat Ukur Tinggi Badan Otomatis

4. OneMed Medicom Wireless Height Meter Alat Ukur Tinggi Badan Otomatis

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Mengukur tinggi anak menjadi mudah berkat pengukur tinggi digital

Bagi Anda yang membutuhkan akurasi dalam berbagai hal, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Pengukur tinggi digital ini akan memberi Anda hasil pengukuran yang lebih presisi. Dengan demikian, Anda dapat memantau pertambahan tinggi anak dengan lebih detail.

Terlebih lagi, produk ini mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu menempelkan bagian alasnya ke dinding yang rata dengan posisi layar menghadap ke bawah. Dalam waktu singkat, tinggi anak Anda akan segera tertulis di layar. Bukan hanya anak-anak, orang tua pun dapat turut diukur dengan menggunakan produk ini karena pengukur tinggi ini memiliki rentang ukur hingga 200 cm.

3. Nordic Kids Growth Chart

3. Nordic Kids Growth Chart

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 83.000

Desain klasik bagi Anda penyuka gaya minimalis

Material yang digunakan untuk membuat produk ini adalah kanvas dan kayu sehingga memunculkan warna natural yang terasa hangat. Selain itu, pengukur tinggi ini juga terlihat simpel tanpa adanya gambar apa pun selain markah pengukur. Dengan desain klasik, simpel, dan elegan tersebut, produk ini akan cocok bagi Anda yang memang menghendaki interior rumah yang minimalis.

Anda dapat menggantungnya di dinding rumah agar dapat mengukur tinggi anak dengan mudah. Rumah Anda akan terlihat semakin keren dengan adanya produk ini. Namun, jika Anda lebih suka untuk menyimpan alat pengukur ini, hal tersebut juga mudah dilakukan. Produk ini dapat digulung sehingga mudah disimpan dan tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpannya.

2. Wooden UV Print Height Chart – Robot

2. Wooden UV Print Height Chart - Robot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 108.000

Dibuat dari kayu jati berkualitas yang akan memberi sentuhan mewah di rumah

Konsep interior yang menonjolkan bahan kayu akan membuat tampilan rumah terlihat lebih mewah. Apabila Anda termasuk orang yang menyukai konsep interior demikian, produk ini akan cocok bagi Anda. Pengukur tinggi ini terbuat dari kayu jati berkualitas yang akan menambah kesan elegan di rumah Anda.

Meskipun terkesan elegan dan dewasa, desain produk ini tetap akan disukai oleh anak-anak. Potongan gambar robot berwarna biru terlihat keren dan menarik bagi Anak. Selain itu, tinta yang digunakan untuk membuat produk ini memiliki warna yang tajam dan tidak mudah pudar sehingga awet digunakan dalam jangka waktu lama. Rumah Anda terlihat keren, anak-anak merasa senang, dan kegiatan mengukur tinggi anak menjadi dapat dilakukan kapan pun dengan mudah.

1. Pengukur Tinggi Badan Stiker dan Bingkai Foto

1. Pengukur Tinggi Badan Stiker dan Bingkai Foto

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 790.000

Pengukur tinggi yang keren dan memorable

Pada saat membeli pengukur tinggi ini, Anda juga akan mendapat beberapa bingkai foto. Oleh sebab itu, produk ini cenderung lebih mahal dibandingkan produk lainnya. Meskipun mahal, produk ini dapat menjadikan rumah Anda sebagai tempat yang penuh kenangan dengan adanya foto perubahan wajah anak beserta dengan catatan pertumbuhan tubuhnya sejak kecil. Tentu hal ini akan terasa sangat berkesan, terlebih ketika anak-anak mulai dewasa.

Alat pengukur tingginya berbentuk sebuah stiker dinding, sedangkan bingkai foto terbuat dari bahan kayu. Anda dapat mengisi bingkai dengan foto anak, kemudian meletakkannya di posisi yang pas dengan tinggi badannya. Dengan demikian, orang-orang yang bertamu ke rumah Anda dapat turut melihat pertumbuhan anak-anak Anda. Ditambah dengan gambar jerapah dan monyet yang lucu, rumah Anda akan terlihat lebih atraktif.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi pengukur tinggi badan dengan beragam desain dan material, mulai dari bahan kayu, plastik, dan stiker. Bahkan terdapat tipe digital. Setiap produk memiliki karakteristiknya masing-masing, dan akan memberi tampilan yang berbeda. Pilihlah produk yang senada dengan konsep interior rumah dan sesuaikan dengan kebutuhan mengukur tinggi badan anak. Semoga Anda dapat menemukan alat pengukur tinggi badan anak yang sesuai. Selamat memilih!