10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik yang Dapat Disimpan di Kulkas dan Freezer

10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik yang Dapat Disimpan di Kulkas dan Freezer

Kantong ASI yang dapat disimpan di kulkas dan freezer adalah solusi untuk para ibu yang tidak dapat menyusui bayinya ketika sedang berada di luar rumah. Tidak hanya brand lokal seperti Gabag dan Kato, produk impor seperti Natur dan Dr. Brown’s pun memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia.

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih kantong ASI yang tepat dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemakaiannya. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami seleksi dengan seksama supaya Anda bisa memberikan ASI kepada si kecil kapan saja!

Daftar isi

Apa manfaat dari membekukan ASI?

Apa manfaat dari membekukan ASI?

Ada banyak ibu menyusui yang sering beraktivitas di luar rumah, tetapi tetap ingin memberikan ASI eksklusif bagi buah hatinya. Di saat seperti itu, memerah ASI, lalu menyimpannya di dalam kantong ASI adalah cara yang paling praktis. Ketika produksi ASI sedang melimpah, perah dan masukkan kedalam kantong ASI, lalu simpan di dalam kulkas atau freezer. Dengan begitu, si kecil pun tetap dapat mengonsumsi ASI kapan pun, meski Anda sedang tidak berada bersamanya.

ASI hasil perah akrab disebut dengan ASIP (Air Susu Ibu Perah). Yang menjadi perhatian baru-baru ini, ternyata ASIP yang dibekukan tersebut dapat diberikan sebagai bahan pangan kepada bayi-bayi korban bencana. Meskipun tidak dapat disimpan dalam waktu lama, ASI tetap aman dikonsumsi selama disimpan di dalam kulkas. Walau dibekukan, kandungan nutrisi dan antibodi yang terdapat di dalam ASIP hampir tidak berubah.

Cara memilih kantong ASI yang dapat disimpan di kulkas dan freezer

Ada 4 faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih kantong ASI, yaitu kapasitas, jumlah kantong dalam setiap packaging, fitur kantong, dan tingkat kehigienisannya. Pertimbangan dalam memilihnya pun akan berubah seiring dengan bertambahnya umur bayi. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Sesuaikan kapasitas dengan umur dan kebutuhan minumnya

Sesuaikan kapasitas dengan umur dan kebutuhan minumnya

Setiap produk memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Kantong ASI berkapasitas 50 ml baik digunakan untuk newborn karena bayi yang baru lahir umumnya belum terlalu banyak mengonsumsi ASI. Untuk meminimalisir kontaminasi bakteri, kuantitas ASI yang disimpan sebaiknya setara dengan kuantitas yang biasa diminum oleh bayi.

Semakin bertambah umur bayi, maka semakin banyak pula kebutuhan ASI-nya. Bila memang terasa sudah diperlukan, siapkan kantong ASI dengan kapasitas yang lebih besar. Sekarang ini, bahkan ada produk dengan kapasitas hingga 200 ml. Untuk itu, perhatikanlah dengan seksama kuantitas ASI yang dikonsumsi oleh bayi Anda.

Sesuaikan jumlah kantong dalam setiap packaging sesuai pemakaian

Sesuaikan jumlah kantong dalam setiap packaging sesuai pemakaian

Bagi Anda, ibu menyusui yang bekerja di luar rumah setiap hari atau Anda yang sering menggunakan kantong ASI, belilah produk dengan jumlah kantong yang banyak dalam setiap packaging. Tidak perlu sering berbelanja kantong ASI, Anda pun lebih hemat uang dan waktu.

Apabila Anda telanjur membeli banyak padahal jarang menggunakannya, sisa kantong yang telah kekecilan kemungkinan akan terbuang sebelum sempat dipakai. Ingatlah bahwa kapasitas kantong yang dibutuhkan akan berubah seiring bertambahnya umur bayi. Supaya tidak mubazir, Anda yang jarang menyimpan ASI sebaiknya tidak membeli kantong terlalu banyak sekaligus.

Cek keberadaan fitur yang berguna untuk penyimpanan ASI

Cek keberadaan fitur yang berguna untuk penyimpanan ASI

Setiap merek memiliki fiturnya masing-masing untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan penyimpanan ASI. Karena kantong ASI termasuk barang yang akan sering dipakai, efisiensi dan kemudahan penyimpanan merupakan hal yang penting. Jangan lupa untuk memeriksa secara teliti fitur-fitur yang ada pada produk.

Sebagai contoh, ada beberapa produk yang berbentuk gusset untuk kemudahan penuangan. Ada pula produk yang dilengkapi dengan double zipper atau ritsleting ganda supaya ASI tidak mudah tumpah. Produk fungsional seperti itu akan mengurangi kerepotan para ibu. Sekarang ini, bahkan ada kantong dan pompa ASI yang dapat dihubungkan satu sama lain. Produk yang kompatibel satu sama lain, umumnya dibuat oleh produsen yang sama. Pada intinya, pilihlah produk yang paling efisien dan mudah digunakan.

Kami juga merekomendasikan produk yang mencamtumkan skala ukuran dan garis batas maksimal di kantongnya. Fitur tersebut akan membantu Anda dalam mengetahui kuantitas ASI yang dikonsumsi si kecil.

Perhatikan pula aspek kehigienisan produk

Perhatikan pula aspek kehigienisan produk

Jangan lupa, berikanlah perhatian khusus pada kehigienisan produk karena ASIP yang disimpan tersebut akan diminum oleh bayi Anda. Pilihlah produk yang telah disterilisasi oleh produsen sehingga tidak mudah terkontaminasi bakteri.

Selain itu, pilihlah produk dari material yang aman dan dapat mencegah kontaminasi bakteri saat proses penuangan ASI ke dalam kantong. Imunitas bayi belum setangguh orang dewasa. Karena itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal ini dalam pemilihan produk.

10 Rekomendasi kantong ASI terbaik yang dapat disimpan di kulkas dan freezer

Berikut ini merupakan jajaran rekomendasi produk kantong ASI terbaik yang telah kami pilihkan untuk Anda. Sesuaikan fitur serta kapasitas yang ditawarkan oleh setiap produk sesuai dengan kebutuhan Anda dan bayi Anda.

10. Natur Breast Milk Storage Bags

10. Natur Breast Milk Storage Bags

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 52.800

Kantong ASI paling ekonomis favorit banyak ibu

Jika Anda bertanya kepada para ibu menyusui di Indonesia, mungkin tidak ada yang tidak tahu produk ini. Kantong ASI dari merek Natur ini tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 120 ml dan 240 ml dengan 30 lembar kantong di setiap pack-nya. Produk ini terbuat dari material BPA-free serta memiliki double zipper yang dapat mencegah kebocoran ASIP.

Satu lagi kelebihannya, kantong ASI ini dapat digepengkan asalkan tidak diisi sampai batas maksimal. Jadi, untuk yang ingin menghemat tempat dalam freezer, produk yang berasal dari Thailand ini mungkin cocok untuk Anda. Perlu diingat untuk tidak merendam kantong ini di air yang terlalu panas saat mencairkan ASIP beku di dalamnya.

9. Crown Babycare Breast Milk Storage Bag CR 838

9. Crown Babycare Breast Milk Storage Bag CR 838

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 46.500

Fitur direct pour untuk menyesuaikan aliran penuangan

Selain BPA-free, kantong ASI dari Crown ini telah menjalani proses pre-sterilized dengan x-ray sehingga dijamin higienis. Dengan fitur double zip lock, produk ini kedap udara dan tahan bocor. Selain itu, Anda dapat menampung, membekukan, mencairkan, dan menghangatkan ASI hanya dengan satu kantong tanpa perlu memindah-mindah.

Memiliki fitur unggulan direct pour, Anda cukup menggunting bagian bawah kantong saat akan memindahkan ASIP ke botol. Gunting bagian ‘small’ untuk menuang perlahan, atau ‘large’ jika ingin menuang sekaligus. Berkapasitas 240 ml dengan isi 20 lembar tiap pack, produk ini tepat untuk Anda yang memiliki bayi berkuantitas minum banyak.

8. BKA Kantong ASI

8. BKA Kantong ASI

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 44.990

Teknologi thermal sensor untuk mengetahui suhu ideal ASIP

Kantong ASI dari BKA yang berisi 30 lembar berkapasitas 120 ml ini aman dan ramah lingkungan karena dibuat dengan teknologi AB Ray Electron. Desainnya yang seperti corong akan memudahkan Anda saat memindahkan ASIP ke wadah lain. Dilengkapi dengan safety ziplock yang bisa mengunci semua sisi bagian dengan kuat dan antibocor.

Produk ini memiliki fitur thermal sensor. Jika emoticon warna biru saja yang berubah menjadi putih, maka ASIP dalam kondisi hangat sempurna. Apabila kedua emoticon yang berubah menjadi putih, berarti ASIP masih terlalu panas. Cocok untuk para ibu baru yang masih kesulitan memperkirakan suhu yang tepat saat memberikan ASIP.

7. Philips Avent Kantong Penyimpanan ASI SCF603/25

7. Philips Avent Kantong Penyimpanan ASI SCF603/25

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 76.500

Kantong ASI dari top brand dengan segel antirusak, dijamin higienis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk menyusui dari Avent selalu berkualitas dan terpercaya. Avent menyediakan kantong ASI dengan kapasitas 180 ml berisi 25 lembar setiap pack, tepat untuk Anda yang memiliki kuantitas ASI normal atau sedang. Mulut kantongnya pun cukup lebar untuk digunakan saat mengisi maupun menuang.

Pelindung samping dan material berlapis ganda memastikan ASIP Anda aman tersimpan. Produk ini juga memiliki fitur double zipper dan segel antirusak yang menunjukkan bahwa kantong ASI belum pernah disentuh sebelum digunakan pertama kali. Bagi Anda yang ingin ASIP tidak terbuang sia-sia karena kebocoran, produk Avent ini patut dicoba.

6. Sunmum Baby Breastmilk Storage Bags Kantong ASI

6. Sunmum Baby Breastmilk Storage Bags Kantong ASI

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.000

ASIP semakin aman dan terjaga kualitasnya dengan triple zipper lock design

Kantong ASI ini memiliki triple zipper lock yang membuat Anda semakin merasa aman dalam menyimpan ASIP tanpa takut bocor. Produk yang berhasil menyandang status sebagai kantong ASI terbaik di Asia dan Thailand tahun 2014 ini terbuat dari plastik food contact grade sehingga dapat digunakan untuk menyimpan puree atau makanan bayi.

Empat desain lucu yang berbeda di tiap pack membuat kegiatan menyusui menjadi menyenangkan. Berisi 20 lembar dengan kapasitas 250 ml, produk dari Thailand ini tepat untuk Anda yang produksi ASI-nya sedang cukup banyak. Karena produk ini telah lolos uji kebocoran, ketahanan plastik, dan kontaminasi, Anda tidak perlu was-was saat memakainya.

5. Dr. Brown’s Breastmilk Storage Bags

5. Dr. Brown's Breastmilk Storage Bags

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Skala ukuran paling tepat yang memudahkan Anda memperkirakan konsumsi ASI si kecil

Produsen dari Amerika yang berkonsentrasi pada perlengkapan dan kebutuhan bayi ini merancang seluruh produknya dengan standar medis dan telah diuji secara klinis demi kesehatan penggunanya. Lapisan kantong yang tebal menjamin ASIP tidak akan tumpah walaupun tanpa seal samping sekalipun. Setiap pack berisi 25 lembar kantong berkapasitas 180 ml.

Jalur sobek di bagian atas memudahkan Anda saat hendak menyobek kantong. Gusset pada bagian bawah menjaga kantong agar dapat berdiri stabil saat berisi ASIP. Skala ukuran yang dicantumkan pun dijamin akurat. Merek ini juga menyediakan breastmilk storage tray yang cocok dengan desain kantong ASI sebagai kelengkapan penyimpanannya di kulkas atau freezer.

4. Medela Pump & Save Bags

4. Medela Pump & Save Bags

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Dengan pelengkap adapter connect, memompa ASI bisa langsung ke dalam kantong

Medela Pump & Save memiliki fitur tali pengikat sehingga Anda bisa memompa langsung ASI ke dalam kantong dengan adapter connect yang dijual terpisah. Produk ini dapat digunakan pada berbagai merek pompa ASI yang menggunakan selang. Anda tidak perlu lagi repot-repot memindahkan ASIP dari botol ke kantong setelah memompa.

Kantong ini terbuat dari material yang aman untuk penyimpanan jangka panjang tanpa menghilangkan nutrisi yang terkandung pada ASI. Untuk mencairkan ASIP, rendam di air hangat atau gunakan alat penghangat elektrik. Tiap pack berisi 20 lembar kantong berkapasitas 150 ml. Produk yang tepat bagi Anda yang simpel dan tidak ingin ribet.

3. Gabag Breastmilk Storage Bags

3. Gabag Breastmilk Storage Bags

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 36.000

Produk made in Indonesia dengan harga terjangkau dan dijamin tidak bocor

Gabag merupakan produsen asli Indonesia yang membuat kantong ASI berkualitas tinggi dan menjadi favorit banyak ibu dalam negeri. Ketebalan plastiknya pun tidak kalah dengan produk impor. Selain itu, terdapat seal samping untuk mencegah kebocoran saat jatuh. Harganya yang terjangkau menjadikan produk ini ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Produk ini terbuat dari material non-toxic, BPA-free, dan telah lolos tes SGS International. Jangan lupa, kocok kantong untuk mencampur lemak ASI yang menempel pada plastik sebelum diminumkan pada bayi. Berisi 30 lembar kantong dengan kapasitas 100 ml, produk ini cocok untuk bayi newborn hingga usia 4 bulan yang masih sedikit konsumsi ASI-nya.

2. Lansinoh Breastmilk Storage Bags

2. Lansinoh Breastmilk Storage Bags

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 267.000

Best seller di kancah internasional dengan material paling kuat

Kantong ASI dari Lansinoh yang merupakan best seller di dunia ini menyatakan produknya dibuat dengan bahan paling kuat. Setiap pack berisi 50 lembar kantong berkapasitas 180 ml yang dapat berdiri stabil sehingga memudahkan Anda saat menuang ASIP dari botol. Pastikan bunyi klik saat menutup kantong untuk menjamin produk tertutup sempurna.

Anda dapat memompa ASI langsung ke dalam kantong apabila Anda menggunakan breast pump dari Lansino. Jika Anda menggunakan pompa merek lain, Anda hanya butuh adapter untuk menyambungkannya. Dapat dipipihkan, produk ini pun hemat tempat. Penasaran dengan kemampuan produk international best seller? Silakan dicoba.

1. Tommee Tippee Express and Go Breast Milk Pouch

1. Tommee Tippee Express and Go Breast Milk Pouch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Memompa, menyimpan, menghangatkan, hingga minum ASIP hanya dengan satu kantong!

Produk dengan fungsi paling lengkap ini berisi 20 lembar kantong berkapasitas 180 ml di tiap pack-nya. Produk dari Tommee Tippee ini dapat menyimpan, memompa, dan meminumkan ASIP langsung ke bayi hanya dengan satu produk. Anda tidak perlu lagi merasa mubazir ASI Anda yang berharga akan menetes dan tumpah karena dipindah-pindah.

Produk ini dilengkapi tutup ulir yang dapat dipasang ke pompa ASI maupun dot merek apa saja dengan tambahan adapter. Setelah dihangatkan, Anda dapat menjadikannya botol dan meminumkan ASIP ke si kecil dengan membeli Tommee Tippee Express and Go Breast Milk Pouch Bottle yang dijual terpisah. Sangat cocok untuk Anda yang efisien.

Selain kantong ASI, tersedia juga botol untuk menyimpan ASI

Selain kantong ASI, tersedia juga botol untuk menyimpan ASI

Di dalam artikel ini, kami hanya mengulas penyimpan ASI dalam bentuk kantong. Meski begitu, sebenarnya ada botol yang memang dibuat khusus untuk menyimpan ASI. Dibandingkan dengan kantong ASI, harganya memang cenderung lebih mahal. Namun, botol ASI bisa menjadi pilihan hemat karena dapat digunakan berulang kali. Botol penyimpan ASI kurang cocok untuk Anda yang memompa ASI setiap hari dan butuh banyak stok ASI. Sebaliknya, untuk Anda yang jarang pumping, tipe botol mungkin lebih ekonomis untuk digunakan.

Sama dengan tipe kantong, tipe botol pun dapat disimpan di dalam kulkas atau freezer. Satu lagi kelebihan dari tipe botol, Anda dapat menghubungkannya dengan pompa ASI yang kompatibel. Anda pun tak perlu repot memindahkan ASI dari satu wadah ke wadah yang lain. Perlu diperhatikan, botol ASI akan banyak menyita tempat di dalam kulkas atau freezer sehingga kurang cocok bagi Anda yang cenderung sering menyimpan ASI.

Umumnya, terdapat 2 jenis botol ASI yang beredar di pasaran, yaitu botol kaca dan plastik. Botol plastik memang tidak mudah pecah dan ringan, tetapi kebanyakan ibu di Indonesia lebih memilih untuk menyimpan ASIP di botol kaca. Hal tersebut karena material plastik yang mudah berubah bentuk saat dipanaskan. Kantong atau botol ASI, apapun pilihan Anda, sesuaikanlah dengan kondisi serta kebutuhan Anda.

Cara tepat menggunakan kantong ASI

Cara tepat menggunakan kantong ASI

Banyak kantong ASI di pasaran yang telah higienis dan dapat langsung digunakan. Namun, tetap saja ada hal-hal yang harus Anda perhatikan agar tepat dalam penggunaannya. Pertama-tama, cucilah tangan Anda dengan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh kantong ASI. Jangan pernah menyentuh bagian dalam kantong walaupun Anda sudah mencuci tangan. Lalu, pakailah masker bila Anda sedang sakit supaya virus dan bakteri tidak menempel pada kantong.

Ingatlah selalu untuk tidak menggunakan microwave saat hendak mencairkan ASIP karena dapat merusak kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalamnya. Cairkan ASIP yang beku secara alami atau letakkan di bawah air yang mengalir. Lalu, jangan menyimpan kembali ASIP yang tidak habis diminum. ASIP yang tidak habis diminum lebih baik dibuang dan tidak dibekukan kembali. Kehigienisan adalah hal yang paling mutlak karena ASIP akan dikonsumsi oleh bayi Anda. Anda bisa menyimpan ASIP dengan aman dan steril apabila mematuhi prosedur di atas.

Baca juga rekomendasi pompa ASI di sini!

Kantong ASI penting untuk menyimpan ASI, sementara pompa ASI penting untuk memudahkan Anda dalam memerah ASI. Kedua benda tersebut memang saling melengkapi sehingga akan lebih baik bila Anda mempersiapkan keduanya. Rekomendasi pompa ASI terbaik dapat Anda lihat selengkapnya di sini.

Kesimpulan

Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan fitur, kehigienisan, kapasitas maksimal, dan isi kemasan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan Anda dengan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh kantong ASI dan pakailah masker apabila Anda sedang sakit.

Cairkan ASIP beku secara alami atau letakkan di bawah air yang mengalir, hindari penggunaan microwave karena dapat merusak kandungan nutrisi dan vitamin pada ASI. Kemudian, kantong ASI yang tepat tentu akan membantu Anda dalam mempertahan kualitas ASIP. Semoga artikel ini bermanfaat!