• 10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ketika sedang travelling atau bekerja, ibu menyusui sering kesulitan dalam menyusui bayinya. Pada saat seperti ini, kantong ASI yang dapat disimpan di kulkas dan freezer dapat menjadi solusinya. Terdapat banyak merek kantong ASI yang bagus di pasaran, seperti Gabag, GEA, dan Mom Uung.

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih kantong ASI dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemakaiannya. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi kantong ASI terbaik yang telah kami pilihkan untuk Anda. Dengan begitu, Anda tetap bisa memberikan ASI kepada si kecil meski sedang di luar rumah.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 19 September 2022
Daftar isi

Apa manfaat dari membekukan ASI?

Apa manfaat dari membekukan ASI?
Ada banyak ibu menyusui (busui) yang sering beraktivitas di luar rumah, tetapi tetap ingin memberikan ASI pada bayinya. Untuk itu, memerah ASI dan menyimpannya di dalam kantong ASI adalah cara yang paling praktis. Ibu dapat menyimpan kantong ASI di dalam kulkas atau freezer. Cara ini membuat si kecil tetap dapat mengonsumsi ASI kapan pun meski ibu sedang tidak berada bersamanya.

ASI hasil perah akrab disebut dengan ASIP (air susu ibu perah). ASIP yang dibekukan juga dapat difungsikan sebagai bahan pangan untuk bayi-bayi korban bencana. Walaupun tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama, ASIP tetap aman dikonsumsi selama disimpan di dalam kulkas. Kandungan nutrisi di dalam ASIP pun hampir tidak berubah saat dibekukan dengan jangka waktu yang tepat.

Cara memilih kantong ASI

Saat memilih kantong ASI, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Beberapa hal tersebut adalah kapasitas, jumlah kantong dalam setiap kemasan, fungsi kantong, dan tingkat kehigienisan kantong ASI. Agar tidak bingung, simak penjelasan berikut ini, ya!

Pilih kapasitas sesuai umur bayi dan kebutuhan minumnya

Pilih kapasitas sesuai umur bayi dan kebutuhan minumnya
Setiap produk kantong ASI memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Anda dapat menyesuaikannya dengan usia bayi Anda. Anda juga perlu memperhatikan kuantitas ASI yang dikonsumsi bayi Anda. Agar lebih jelas, berikut kami jabarkan kapasitas kantong ASI yang sesuai dengan usia dan kebutuhan ASI bayi Anda.

  • 50–150 ml, pas untuk newborn hingga bayi usia 3 bulan
Bayi newborn memiliki kapasitas lambung yang kecil sehingga kebutuhan minum ASI-nya pun masih sedikit. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan ASI bayi bertambah hingga mencapai sekitar 180 ml sekali minum pada usia 3 bulan. Jika bayi Anda berada pada rentang usia ini, pilih kantong ASI berkapasitas 50–150 ml. Ukurannya pas untuk sekali minum sehingga kualitas ASIP tetap terjaga.

  • 200–250 ml, cukup untuk bayi 4 bulan ke atas

Kapasitas ini sangat pas untuk Anda yang memiliki bayi berusia 4 bulan ke atas. Pada usia ini, bayi sudah membutuhkan asupan ASI maksimal 240 ml setiap kali menyusu. Di pasaran saat ini sudah banyak kantong ASI berukuran 200–250 ml. Fungsi tambahannya pun lengkap, mulai dari double zipper hingga thermal sensor indicator. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan ASI bayi Anda dengan tepat.

Sesuaikan jumlah kantong dalam setiap kemasan dengan pemakaiannya

Sesuaikan jumlah kantong dalam setiap kemasan dengan pemakaiannya
Kapasitas kantong ASI yang dibutuhkan akan berubah seiring bertambahnya umur bayi. Bagi Anda yang sering menggunakan kantong ASI, belilah produk dengan jumlah kantong yang banyak dalam setiap kemasannya. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan kantong ASI saat sedang membutuhkannya.

Sebaliknya, jika Anda jarang menggunakan kantong ASI, sebaiknya beli produk dengan jumlah kantong yang sedikit. Apabila Anda langsung membeli banyak, sisa kantong ASI yang telah kekecilan kemungkinan akan terbuang sebelum sempat dipakai.

Cek fungsi lainnya untuk penyimpanan ASI

Setiap merek kantong ASI memiliki fungsinya masing-masing untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan penyimpanan ASI. Karena kantong ASI termasuk barang yang akan sering dipakai, efisiensi dan kemudahan penyimpanan merupakan hal yang penting diperhatikan. Maka dari itu, periksa secara teliti fungsi lain yang ada pada produknya.

Double zipper, menjaga ASIP steril dan tidak mudah tumpah

Double zipper, menjaga ASIP steril dan tidak mudah tumpah

Ada beberapa produk kantong ASI yang berbentuk gusset untuk memudahkan Anda dalam memasukkan ASI. Ada pula produk yang dilengkapi dengan double zipper supaya ASI tidak mudah tumpah. Kantong ASI dengan double zipper juga dapat menjaga ASI dari kontaminasi bakteri. Fungsi ini tentu sangat berguna terutama bagi Anda yang tidak dapat menyimpan kantong ASI di freezer khusus ASI.

Thermal sensor indicator, untuk mengetahui suhu ASIP di dalam kantong

Thermal sensor indicator, untuk mengetahui suhu ASIP di dalam kantong

Sekarang ini, banyak produk kantong ASI yang dilengkapi thermal sensor indicator atau indikator suhu. Beberapa produk menggunakan gambar wajah kecil dan perubahan warna sebagai indikator suhu. Fungsi ini memudahkan Anda untuk mengecek suhu ASIP sudah ideal saat akan dikonsumsi si kecil.


Selain double zipper dan thermal sensor indicator, kami juga merekomendasikan produk yang mencantumkan skala ukuran dan garis indikator. Fungsi tersebut akan membantu Anda dalam mengetahui kuantitas ASI yang dikonsumsi si kecil.

Perhatikan pula aspek kehigienisan produk

Perhatikan pula aspek kehigienisan produk

Selain fungsinya, sebaiknya Anda juga memperhatikan aspek kehigienisan produk sebelum membeli kantong ASI. Berikan perhatian khusus pada kehigienisan produk kantong ASI karena ASIP yang disimpan dalam kantong akan diminum bayi Anda. Pilihlah produk yang telah disterilisasi oleh produsen sehingga tidak mudah terkontaminasi bakteri.


Selain itu, pilihlah produk yang terbuat dari material yang aman. Material yang food grade dan BPA free biasanya aman digunakan untuk menyimpan ASIP Anda. Anda juga dapat memilih produk yang dapat mencegah kontaminasi bakteri saat proses penuangan ASI ke dalam kantong.

10 Rekomendasi kantong ASI terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kantong ASI terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 18 September 2022:
Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Tommee Tippee Express and Go Breast Milk Pouch menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Honey Boo Breast Milk Storage Bag memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Honey Boo Breast Milk Storage Bag 1

Honey Boo

2
Mooimom Breastmilk Storage Bags 1

Mooimom

3
Natural Mom Breastmilk Storage Bag 100ml 1

Natural Mom

4
Gabag Kolibri Classic  1

Gabag

5
MamaBear Breastmilk Storage Bag 1

MamaBear

6
Geababy Storage Bag Safari & Mammal Edition 1

Geababy

7
BKA Kantong ASI 1

BKA

8
Mom Uung Pre-Sterilized Breast Milk Bag 1

Mom Uung

9
Dodo Breastmilk Storage Bag 1

Dodo

10
Little Baby  Breastmilk Bag with Thermal Sensor 1

Little Baby

Nama produk

Breast Milk Storage Bag

Breastmilk Storage Bags

Breastmilk Storage Bag 100ml

Kolibri Classic

Breastmilk Storage Bag

Storage Bag Safari & Mammal Edition

Kantong ASI

Pre-Sterilized Breast Milk Bag

Breastmilk Storage Bag

Breastmilk Bag with Thermal Sensor

Keunggulan

Harga lebih terjangkau untuk busui pemula!

Terbuat dari material multilapis dan tahan suhu panas

Dibuat dari plastik 90 mikron yang kuat dan tahan lama

Produk lokal berkualitas dengan harga yang terjangkau

Desain menarik dilengkapi kolom love notes!

Lebih aman untuk bayi dengan bahan BPA-Free

Antibocor dengan safety ziplock dan leak proof pada kantong

Disterilkan dengan teknologi E-BEAM PRE-STERILIZED yang ramah lingkungan

Mudah kontrol kualitas ASIP dengan plastik full transparan

Desain corong guna menghindari ASIP tumpah saat dituang

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 27.000,00Rp 45.000,00Rp 21.000,00Rp 26.000,00Rp 33.300,00Rp 55.500,00Rp 25.000,00Rp 24.999,00Rp 34.900,00
Kapasitas100 ml, 200 ml120 ml100 ml120 ml200 ml120 ml100 ml, 120 ml, 200 ml100 ml100 ml, 150 ml, dan 250 ml200 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs30 pcs30 pcs30 pcs30 pcs30 pcs10 pcs, 30 pcs30 pcs30 pcs30 pcs
GussetYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Tipe penutupDouble zipperDouble zipperDouble zipperDouble zipperDouble zipperDouble zipperZipper lockDouble zipperDouble zipperDouble zipper
Thermal sensor indicatorAdaTidak ada keteranganAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
SterilisasiTidak ada keteranganYaYaYa (disterilisasi dengan sinar gama)Ya (disterilisasi dengan sinar gama)YaYa (disterilisasi dengan EB-Ray)Ya (E-Beam Microbiological sterilization technology)YaYa (disterilisasi dengan sinar gama)
Skala ukuranAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Tautan produk
10

Little Baby Breastmilk Bag with Thermal Sensor

Mulai dari Rp 34.900,00

Kapasitas200 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa (disterilisasi dengan sinar gama)
Skala ukuranAda
9
Kapasitas100 ml, 150 ml, dan 250 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa
Skala ukuranAda
8

Mom UungPre-Sterilized Breast Milk Bag

Mulai dari Rp 25.000,00

Kapasitas100 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa (E-Beam Microbiological sterilization technology)
Skala ukuranAda
7
Kapasitas100 ml, 120 ml, 200 ml
Jumlah isi dalam kemasan10 pcs, 30 pcs
GussetYa
Tipe penutupZipper lock
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa (disterilisasi dengan EB-Ray)
Skala ukuranAda
6

GeababyStorage Bag Safari & Mammal Edition

Mulai dari Rp 33.300,00

Kapasitas120 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa
Skala ukuranAda
5
Kapasitas200 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa (disterilisasi dengan sinar gama)
Skala ukuranAda
4
Kapasitas120 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa (disterilisasi dengan sinar gama)
Skala ukuranAda
3

Natural MomBreastmilk Storage Bag 100ml

Mulai dari Rp 45.000,00

Kapasitas100 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiYa
Skala ukuranAda
2
Kapasitas120 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorTidak ada keterangan
SterilisasiYa
Skala ukuranAda
1
Kapasitas100 ml, 200 ml
Jumlah isi dalam kemasan30 pcs
GussetYa
Tipe penutupDouble zipper
Thermal sensor indicatorAda
SterilisasiTidak ada keterangan
Skala ukuranAda

Cara tepat menggunakan kantong ASI

Cara tepat menggunakan kantong ASI

Banyak kantong ASI di pasaran yang telah disterilisasi dan dapat langsung digunakan. Namun, tetap saja ada hal-hal yang harus Anda perhatikan agar dapat menggunakannya dengan tepat.


  • Pertama, cucilah tangan Anda dengan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh kantong ASI. Jangan pernah menyentuh bagian dalam kantong walaupun Anda sudah mencuci tangan.

  • Pakailah masker bila Anda sedang sakit. Cara ini bertujuan mencegah virus dan bakteri menempel pada kantong ASI.

  • Kemudian, saat hendak mencairkan ASIP, sebaiknya gunakan metode pencairan alami dan jangan menggunakan microwave. Jika ada ASIP yang tertinggal atau tidak habis diminum, ingatlah untuk tidak menyimpan atau membekukannya kembali.

Kehigienisan adalah hal utama yang harus diperhatikan karena ASIP akan dikonsumsi oleh bayi Anda. Anda bisa menyimpan ASIP dengan aman dan steril apabila melakukan prosedur di atas.

Baca juga rekomendasi keperluan ibu menyusui lainnya di sini

Anda tentu membutuhkan beberapa aksesori pendukung lain untuk kegiatan menyusui selain kantong ASI. Beberapa pendukung keperluan menyusui, seperti pompa ASI, breast pad, dan apron menyusui. Kami telah mengulas artikel mengenai keperluan-keperluan ibu menyusui yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Mari disimak!

Kesimpulan

Sebagai busui, adanya kantong ASI sangat membantu untuk menyimpan ASIP saat Anda sering beraktivitas di luar rumah. Setelah kami merekomendasikan sepuluh produk kantong ASI di atas, apakah Anda sudah menetapkan pilihan?


Pilihlah kantong ASI terbaik dengan mempertimbangkan fungsi, kehigienisan, kapasitas maksimal, dan isi kemasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit bayi tergolong masih sensitif dan membutuhkan pembersih yang ringan. Jadi, segala sesuatu yang menyentuh kulit bayi harus benar-benar diperhatikan kandungannya, salah satunya sabun mandi. Anda tentu ingin mencari sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya. Hal ini terutama jika Anda memiliki bayi yang baru lahir. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi sabun bayi dari berbagai merek, seperti Pigeon, Zwitsal, JOHNSON'S. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Celana Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celana Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pakaian bayi kini sangat beragam dan tidak terbatas modelnya. Jika Anda senang mix and match pakaian, Anda bisa membeli outfit bayi berupa celananya saja. Jadi, Anda bisa memasangkannya dengan berbagai macam atasan.Kami punya rekomendasi celana bayi dengan berbagai model. Anda bisa memilih celana polos dari I Am Cotton atau celana bermotif lucu dari Jobel. Selain itu, Anda akan menemukan celana bayi perempuan dan bayi laki-laki yang berukuran panjang maupun pendek. Bahkan, celana untuk bayi baru lahir pun tersedia. Nah, sebelumnya simak dahulu tips memilih celana bayi di bawah ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori