• 10 Krimer Terbaik untuk Kopi - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Krimer Terbaik untuk Kopi - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Krimer Terbaik untuk Kopi - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Krimer Terbaik untuk Kopi - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Krimer Terbaik untuk Kopi - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Krimer Terbaik untuk Kopi - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer merupakan solusi agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.

Ada berbagai pilihan krimer dari merek yang bagus, seperti Nestle, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari banyak produk di pasaran, manakah krimer yang paling enak sebagai pelengkap kopi Anda? Kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produk krimer terbaik di bawah ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.

Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Mengenal krimer dan bedanya dengan susu

Mengenal krimer dan bedanya dengan susu

Krimer ditemukan oleh Holton “Rex” Diamond yang merupakan karyawan dari Rich Products. Holton melakukan eksperimen dari tahun ke tahun hingga akhirnya berhasil menemukan krimer. Eksperimennya kemudian dikembangkan oleh berbagai perusahaan makanan, termasuk Presto Foods dan Carnation. Pada 1952, krimer pun dipasarkan ke masyarakat.


Krimer sering disebut sebagai krimer nabati atau krimer non-susu. Krimer bisa berbentuk cair atau bubuk dan biasanya dipakai untuk menggantikan susu dalam minuman. Bisa dibilang, krimer merupakan bahan pelengkap untuk minuman. Hanya saja, beberapa orang menganggap krimer sama dengan susu. Padahal, keduanya adalah produk yang berbeda. Berikut ini detailnya.


  • Perbedaan utama dari krimer dan susu ada pada bahan bakunya. Jika susu memiliki kandungan susu yang berlimpah, kandungan susu pada krimer tidak terlalu banyak. Bahkan, ada yang tidak mengandung susu sama sekali.

  • Bahan tambahan yang digunakan antara krimer dan susu sangat berbeda. Bahan tambahan yang biasanya digunakan untuk membuat krimer adalah lemak nabati, sari jagung, kalium fosfat, hingga pewarna. Sementara pada susu, bahan tambahannya adalah protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, hingga fosfor.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krimer terbaik untuk kopi

Meskipun sama-sama disebut krimer, sebenarnya ada produk yang terbuat dari susu mentah, minyak nabati, dan sebagainya. Berbeda bahan bakunya, berbeda pula cita rasa yang akan Anda dapat. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pilihlah berdasarkan perubahan rasa pada kopi kesukaan Anda

Pilihlah berdasarkan perubahan rasa pada kopi kesukaan Anda

Agar mendapatkan krimer yang pas dengan selera, sebaiknya perhatikan kemampuannya berpadu dengan kopi. Pertimbangkan pula kopi yang paling sering Anda nikmati. Pasalnya, aroma dan rasa kopi bisa berbeda-beda tergantung pada jenis biji kopi, cara menyimpan, dan proses penggilingan bijinya.


Memasukkan krimer ke dalam kopi dapat melembutkan rasa asam dan mengubah rasanya. Jika Anda menyukai jenis kopi yang kuat seperti espreso, Anda dapat memilih krimer yang lebih berlemak untuk campuran kopinya. Karakter kopi espreso yang kuat dapat mengalahkan rasa krimer jika Anda hanya mencampurnya dengan jenis krimer rendah lemak.


Sebaliknya, jika Anda menyukai rasa kopi yang lebih ringan seperti Americano, kami sarankan untuk tidak mencampurnya dengan krimer berlemak. Dengan begitu, keaslian rasa kopi tersebut akan tetap terjaga.

Tentukan pilihan krimer berdasarkan bentuknya

Berdasarkan perbedaan wujudnya, terdapat dua tipe krimer yang biasa dinikmati. Tiap tipe memiliki keunggulannya masing-masing, baik dari segi rasa maupun kemudahannya saat dicampurkan ke dalam kopi. Yuk, simak selengkapnya!

Krimer tipe bubuk, unggul dalam rasa

Krimer tipe bubuk, unggul dalam rasa

Jenis krimer bubuk umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan yang dipisahkan dari susu yang kemudian dihomogenisasi. Krimer bubuk semacam ini akan memberikan rasa yang lebih kaya dari susu dan membuat kopi terasa lebih lembut. Selain susu, ada juga krimer bubuk yang dibuat dari bahan nabati.


Meski unggul dalam hal rasa, krimer bubuk lemah terhadap kelembapan sehingga tidak mudah larut dalam air dingin. Krimer bubuk membutuhkan air panas agar semua komposisinya bisa tercampur sempurna.

Krimer tipe cair, lebih mudah dicampurkan

Krimer tipe cair, lebih mudah dicampurkan

Krimer tipe ini berbahan minyak nabati yang dicampur pengemulsi atau bahan pengental lainnya untuk menghasilkan tekstur mendekati krim. Sebagian produk juga ada yang menggunakan susu sebagai bahan campuran. Namun, persentase susunya tidaklah tinggi.


Karena itu, kebanyakan produk krimer tipe cair tidak bisa memberikan rasa gurih seperti susu sapi. Tipe cair memang tidak unggul dalam rasa dan daya tahannya lebih rendah daripada tipe bubuk. Namun, jenis krimer cair dapat langsung Anda gunakan karena sudah berbentuk liquid.


Sayangnya, tipe ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Sebagai gantinya, banyak yang menggunakan krimer kental manis atau condensed milk sebagai pelengkap kopi hitam. Namun, tidak semua krimer kental manis ideal sebagai campuran kopi. Untuk mengetahui produk kental manis yang enak digunakan sebagai krimer, simaklah rekomendasi yang akan kami bagikan di akhir artikel.

Perhatikan juga masa kedaluwarsa dan jumlah kalori dalam krimer

Perhatikan juga masa kedaluwarsa dan jumlah kalori dalam krimer

Rata-rata krimer bubuk memiliki masa kedaluwarsa kurang lebih setahun. Sementara itu, krimer cair sebaiknya tidak dikonsumsi lagi setelah 34 bulan. Anda juga dianjurkan agar segera menghabiskan krimer setelah kemasan dibuka agar kualitasnya tidak berkurang.


Selain itu, bila Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, perhatikan juga kandungan kalori krimer Anda. Informasi kalori per sajian pada krimer bisa berbeda-beda tergantung produknya. Namun, umumnya krimer bubuk memiliki kalori jauh lebih kecil dibandingkan krimer kental manis.

10 Rekomendasi krimer terbaik untuk kopi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krimer terbaik untuk kopi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

Gambar produk
1
Nestle  Coffee-Mate Creamer Box 450 gr 1

Nestle

2
Frisian Flag  Omela Krimer Kental Manis  1

Frisian Flag

3
Kapal Api  Krim Kafe 1

Kapal Api

4
Ellenka  FiberCreme 1

Ellenka

5
Nestle  Carnation  1

Nestle

6
Indofood Krimer Kental Manis Cap Enaak 1

Indofood

7
Sari Incofood MaxCreamer Non Dairy Creamer 1

Sari Incofood

8
Multi Citra Rasa MultiBev Creamer Powder 1

Multi Citra Rasa

9
Indocafe Indo Creamer 1

Indocafe

10
F&N Dairies  F&N Dairy Creamer 1

F&N Dairies

Nama produk

Coffee-Mate Creamer Box 450 gr

Omela Krimer Kental Manis

Krim Kafe

FiberCreme

Carnation

Krimer Kental Manis Cap Enaak

MaxCreamer Non Dairy Creamer

MultiBev Creamer Powder

Indo Creamer

F&N Dairy Creamer

Keunggulan

Hadirkan nuansa ala cafe dengan produk ini

Lebih sehat dengan kandungan zat gizi makro, vitamin, dan mineral!

Krimer tanpa kandungan susu, cocok untuk pencinta kopi sejati

Krimer serbaguna yang kaya serat, cocok untuk campuran makanan dan minuman

Kandungan lemaknya bikin kopi pekat terasa makin nikmat!

Krimer yang banyak dipakai sejak lama

Krimer berkalori rendah dengan kandungan nabati pilihan

Kemasan krimer satu kilogram, lebih praktis dan ekonomis

Ciptakan rasa manis yang pas untuk kopi buatan Anda

Yuk, buat racikan kopi spesial dengan krimer bertekstur creamy ini!

Harga mulai dariRp 33.500,00Rp 10.000,00Rp 30.300,00Rp 30.100,00Rp 11.170,00Rp 11.500,00Rp 22.400,00Rp 50.000,00Rp 23.900,00Rp 12.700,00
TipeBubukCondensed milkBubuk BubukCondensed milkCondensed milkBubukBubukBubukCondensed milk
Bahan utamaMinyak nabati terhidrogenasi, sirup glukosa, natrium kaseinatGula, air, minyak nabati, bubuk whey, susu bubuk skim, buttermilk bubukMinyak nabati terhidrogenasiSerat pangan larut oligosaccharide hidrogenasiBubuk whey, susu bubuk skim, vitamin, bubuk kakaoKolin, gula, vitamin A, vitamin B1, vitamin D3Sari jagung, minyak nabati, kaseinat, pemantap dikalium fosfat, pengemulsi monodigliseridaKrimer nabatiSirup glukosa, minyak nabati, kaseinat, pemantap dikalium fosfatLaktosa, minyak nabati, susu bubuk, air, gula
Kalori per sajian10 kkal135 kkal15 kkal16,2 kkal100 kkal140 kkal15 kkalTidak ada keterangan15 kkal70 kkal
Tautan produk
10
TipeCondensed milk
Bahan utamaLaktosa, minyak nabati, susu bubuk, air, gula
Kalori per sajian70 kkal
9
TipeBubuk
Bahan utamaSirup glukosa, minyak nabati, kaseinat, pemantap dikalium fosfat
Kalori per sajian15 kkal
8

Multi Citra RasaMultiBev Creamer Powder

Mulai dari Rp 50.000,00

TipeBubuk
Bahan utamaKrimer nabati
Kalori per sajianTidak ada keterangan
7

Sari IncofoodMaxCreamer Non Dairy Creamer

Mulai dari Rp 22.400,00

TipeBubuk
Bahan utamaSari jagung, minyak nabati, kaseinat, pemantap dikalium fosfat, pengemulsi monodigliserida
Kalori per sajian15 kkal
6

IndofoodKrimer Kental Manis Cap Enaak

Mulai dari Rp 11.500,00

TipeCondensed milk
Bahan utamaKolin, gula, vitamin A, vitamin B1, vitamin D3
Kalori per sajian140 kkal
5
TipeCondensed milk
Bahan utamaBubuk whey, susu bubuk skim, vitamin, bubuk kakao
Kalori per sajian100 kkal
4
TipeBubuk
Bahan utamaSerat pangan larut oligosaccharide hidrogenasi
Kalori per sajian16,2 kkal
3
TipeBubuk
Bahan utamaMinyak nabati terhidrogenasi
Kalori per sajian15 kkal
2

Frisian Flag Omela Krimer Kental Manis

Mulai dari Rp 10.000,00

TipeCondensed milk
Bahan utamaGula, air, minyak nabati, bubuk whey, susu bubuk skim, buttermilk bubuk
Kalori per sajian135 kkal
1

Nestle Coffee-Mate Creamer Box 450 gr

Mulai dari Rp 33.500,00

TipeBubuk
Bahan utamaMinyak nabati terhidrogenasi, sirup glukosa, natrium kaseinat
Kalori per sajian10 kkal

Hal yang perlu diperhatikan tentang krimer

Hal yang perlu diperhatikan tentang krimer
Kopi merupakan minuman yang biasa dinikmati setiap hari. Karena itu, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengonsumsi krimer setiap hari. Namun, tahukah Anda bahwa krimer mengandung bahan tambahan untuk meningkatkan kualitas produk? Berikut ini dua hal yang perlu Anda ketahui. 

  • Bahan aditif

Krimer merupakan minyak nabati yang distabilkan dalam wujud mendekati krim. Sementara itu, aroma susu didapatkan dengan mencampurkan pengemulsi dan penambah aroma.


  • Asam lemak trans

Asam lemak trans terkandung dalam minyak nabati yang digunakan untuk membuat krimer. Meski minyak nabati tetap digunakan sebagai bahan baku, kandungan asam lemak trans tetap harus dibatasi. 


Proporsi asam lemak trans yang diperbolehkan dalam produk krimer tentu saja telah diatur oleh negara atau instansi yang berwenang. Namun, ada baiknya bila Anda juga membatasi konsumsi krimer. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam krimer umumnya tercantum dalam kemasan. Apabila tidak terdapat keterangan tersebut, Anda bisa membuka situs web resmi atau bertanya langsung pada produsen.

Cara menggunakan krimer kopi

Cara menggunakan krimer kopi

Krimer bisa dipasangkan dengan kopi dari berbagai jenis cara pengolahan yang berbeda. Salah satu kopi yang paling sering dijumpai adalah kopi instan. Untuk Anda yang suka kepraktisan, mungkin Anda akan memilih jenis kopi ini. Lalu, bagaimana cara menggunakan krimer kopi dengan takaran yang pas?


  • Jika Anda menggunakan krimer bubuk, seduh 1 sendok teh kopi dengan 2 sendok teh gula dan 3 sendok teh krimer.

  • Jika Anda menggunakan krimer kental manis, seduh kopi instan dengan seperempat gelas air panas. Kemudian, campurkan cairan kopi dengan 120 ml susu segar dan 3 sendok makan krimer kental manis.

Apa pun pilihan krimer Anda, cara di atas akan membuat racikan kopi Anda terasa pas dan nikmat. Yuk, dicoba! Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kopi instan, Anda bisa membacanya di artikel ini. 

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Salah satu minuman berbahan kopi dengan krimer kental manis yang sangat populer adalah vietnamese iced coffee. Berikut ini cara membuatnya.


  1. Jika memungkinkan, gunakan Vietnam dripper atau alat seduh drip yang Anda miliki di rumah. 
  2. Siapkan 20 g bubuk kopi dark roast, lalu seduh dengan 200 ml air mendidih. 
  3. Tambahkan 40 ml krimer kental manis ke dalam kopi dan aduk sampai rata. 
  4. Siapkan gelas ukuran 400 ml dan masukkan es batu secukupnya.
  5. Tuang kopi panas ke dalam gelas berisi es batu dan aduk hingga merata.

Selamat menikmati vietnamese iced coffee Anda.

Baca juga rekomendasi kopi yang enak di sini

Bila Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda juga penikmat kopi. Bila iya, ada baiknya bila Anda baca juga tautan-tautan di bawah ini. Informasi tentang cara memilih kopi dan produk-produk rekomendasi, semua ada di sini. Yuk, langsung saja!

Kesimpulan

Sudah menemukan krimer terbaik versi Anda? Krimer bubuk memiliki rasa lebih nikmat meskipun sulit larut sempurna dalam air dingin. Sebaliknya, krimer cair memang tak segurih krimer bubuk, tetapi lebih mudah dilarutkan.


Selain itu, kental manis atau condensed milk juga dapat dijadikan alternatif krimer yang tidak kalah nikmatnya. Meski nikmat, jangan sampai Anda melalaikan asupan kalori, ya! Ada baiknya juga jika Anda memilih krimer berkadar lemak rendah untuk menjaga kesehatan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek minuman teh yang enak. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, dan Fruit Tea. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh terenak bagi Anda!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang minum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam, Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada. Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, seperti Teh Dandang, SariWangi, Haveltea, Dilmah, hingga Twinings juga kami ulas tuntas. Di artikel ini kami telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. Mari simak artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Di samping itu, Good Day Coffee mengemas produk dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Kapal Api Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Kapal Api Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merek ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi yang senantiasa berkomitmen memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api yang enak, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Kami akan memberikan tips memilih produk kopi Kapal Api untuk Anda. Produk Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • 10 Produk Excelso Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Excelso Coffee Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah familier dengan nama Excelso. Merek kopi yang memiliki banyak gerai kafe di Indonesia ini juga menjual kopi kemasan. Anda bisa membeli kopi kemasan Excelso langsung di gerainya, swalayan, atau secara online.Kopi Excelso memiliki beragam varian yang enak, seperti Kalosi Toraja, Arabica Gold, dan Robusta Gold. Karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi kopi Excelso terbaik versi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilihnya agar sesuai dengan preferensi Anda. Selamat berburu kopi!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori