10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2018)

Banyak orang berpendapat bahwa kopi menjadi minuman yang penting untuk dinikmati sebelum memulai kegiatan atau saat waktu senggang. Penambahan krimer pada kopi akan menciptakan rasa yang lebih lembut, terutama apabila ditambahkan ke dalam kopi hitam. Kopi yang dicampurkan dengan krimer dapat menjadi pilihan apabila Anda kurang menyukai rasa kopi yang terlalu kuat.

Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Jika Anda memahami karakteristik dan sifat dari masing-masing kopi, Anda dapat menikmati kopi tersebut dengan krimer yang tepat. Mari kita cari tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk menemukan krimer terbaik untuk kopi yang enak dan lezat.

Daftar isi

Cara memilih krimer terbaik untuk kopi

Seperti yang telah disebutkan di awal, ada berbagai macam jenis krimer. Di pasaran saat ini, Anda dapat menemukan krimer dalam bentuk bubuk dan susu kental manis. Namun, semuanya memiliki bahan baku yang sama yaitu minyak sayur.

Hal yang terpenting dalam memilih krimer adalah menemukan racikan rasa yang sesuai dengan selera Anda. Maka, memilih jenis krimer menjadi kunci utama untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi.

Sebelum merekomendasikan produk krimer terbaik, kami akan merangkum poin-poin penting yang perlu diingat dalam memilih krimer terbaik versi Anda.

Pilihlah jenis krimer yang sesuai dengan selera Anda

Pilihlah jenis krimer yang sesuai dengan selera Anda

Aroma dan rasa dari kopi itu berbeda-beda tergantung jenis biji kopinya, cara menyimpan, dan proses penggilingan bijinya. Dalam memilih krimer, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kopi apa yang Anda suka.

Memasukkan krimer ke dalam kopi dapat melembutkan rasa asam dan mengubah rasanya. Jika Anda menyukai jenis kopi yang kuat seperti espreso, Anda dapat memilih krimer yang lebih berlemak untuk campuran kopinya. Hal ini dikarenakan karakter kopi espreso yang kuat dapat mengalahkan rasa krimer jika Anda hanya mencampurnya dengan jenis krimer rendah lemak.

Sebaliknya, jika Anda mengidamkan rasa kopi yang lebih ringan seperti Americano, kami sarankan untuk tidak mencampurnya dengan krimer berlemak karena hal ini dapat merusak keaslian rasa kopinya.

Ada dua pilihan krimer: jenis bubuk atau jenis cair

Krimer dapat ditemukan dalam jenis bubuk atau cair. Jenis krimer bubuk dibuat menggunakan bahan-bahan yang dihomogenisasi (diseragamkan) dan dipisahkan dari susu mentah untuk menambahkan rasa susu dalam secangkir kopi.

Sementara itu, krimer cair biasanya diberi tambahan emulsi dan kandungan bahan lainnya, seperti lemak dan minyak sayur guna meningkatkan kekentalan. Selanjutnya, semua bahan tersebut diproses membentuk krimer cair yang dapat langsung ditambahkan pada kopi. Perlu diingat bahwa hampir tidak mungkin untuk mendapatkan rasa susu yang pekat dari krimer yang dicampur ke dalam kopi. Hal ini dikarenakan krimer hanya terbuat dari minyak nabati dan lemak.

Di antara banyaknya produk, ada krimer yang mengandung bahan susu mentah, namun dengan takaran susu yang tidak terlalu banyak. Untuk krimer cair, ada yang terbuat dari bahan susu mentah dalam bentuk raw cream, susu, atau condensed milk. Namun, produk krimer cair ini jarang ditemukan di toko online di Indonesia.

Perbedaan karakteristik antara kedua jenis krimer

Perbedaan karakteristik antara kedua jenis krimer

Dalam hal rasa, jenis krimer bubuk memang lebih unggul dibandingkan jenis krimer cair. Namun, kerugiannya adalah krimer bubuk lemah terhadap kelembapan sehingga tidak mudah larut dalam air dingin. Krimer bubuk membutuhkan air panas agar semua komposisinya bisa tercampur sempurna. Sementara itu, jenis krimer cair dapat langsung Anda gunakan karena sudah berbentuk liquid. Penting bagi Anda untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing produk dan menemukan yang sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi, krimer cair jarang Anda temukan di toko online di Indonesia. Yang paling banyak dijual adalah krimer dalam bentuk bubuk dan susu kental manis.

10 Rekomendasi krimer terbaik untuk kopi

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih krimer, selanjutnya kami akan merekomendasikan produk krimer terbaik untuk kopi. Pilihlah yang sesuai dengan selera untuk menemani waktu bersantai Anda.

10. Ultrajaya Cap Sapi Krimer Kental Manis

10. Ultrajaya Cap Sapi Krimer Kental Manis

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 8.499

Nikmati krimer dengan rasa manis tak berlebihan untuk kopi dan juga camilan Anda

Produk yang cocok menjadi pelengkap rasa kopi Anda ini terbuat dari susu segar alami berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan protein karbohidrat dan dikombinasikan dengan gula. Krimer ini diproduksi dengan perangkat mesin dan monitoring sistem komputer otomatis sehingga menghasilkan krimer kental manis dengan tingkat kekentalan yang tepat.

Krimer ini dikemas dalam kaleng steril agar kualitasnya tetap terjaga. Selain dapat menjadi teman yang cocok untuk kopi, krimer ini juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk membuat kue. Produk ini memiliki dua varian rasa yaitu vanila dan cokelat yang dapat menambah rasa nikmat untuk minuman kopi dan kue buatan Anda.

9. Coffindo Creamer

9. Coffindo Creamer

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 144.000

Krimer bubuk dalam kemasan satu kilogram yang ekonomis

Coffindo Creamer terbuat dari bahan pilihan berkualitas. Produk ini dapat memberikan kekayaan rasa yang lembut secara instan dalam kopi panas Anda. Krimer bubuk ini juga dapat digunakan sebagai pelengkap minuman ice coffee blended atau kopi susu kesayangan Anda di rumah yang disajikan dengan es batu agar lebih nikmat.

Dikemas dalam ukuran 1 kg, produk ini tergolong praktis dan ekonomis untuk digunakan setiap harinya karena tidak cepat habis. Tidak hanya itu, krimer ini juga rendah kalori sehingga baik bagi kesehatan. Tambahkan satu hingga dua sendok teh Coffindo Creamer untuk mendapatkan secangkir kopi lezat yang kaya rasa.

8. Nestle Cap Nona

8. Nestle Cap Nona

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 12.800

Rasa legendaris untuk secangkir kopi dengan segudang manfaat!

Produk yang satu ini telah menjadi sahabat para ibu dan keluarga di Indonesia sejak 1897. Walaupun kesannya jadul, tetapi krimer kental manis ini tetap menjadi pilihan hingga saat ini dalam memberikan kelezatan untuk setiap makanan dan minuman. Rasanya yang khas sangat cocok untuk berbagai jenis kue, puding, dan terutama minuman kopi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan rasa kopi susu yang lebih nikmat, Anda dapat menambahkan krimer ini layaknya menambahkan susu kental manis. Selain kopi dingin atau panas terasa lebih enak, Anda pun juga mendapatkan manfaat dari Nestle Cap Nona ini yang diklaim mengandung vitamin, kalsium, dan fosfor yang baik bagi tubuh.

7. Kapal Api Krim Kafe

7. Kapal Api Krim Kafe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 24.500

Mencari krimer tanpa kandungan susu? Produk ini tepat menjadi pilihan!

Ingin minum kopi yang lebih sehat dan rendah lemak? Mungkin Anda perlu menambahkan Krim Kafe dari Kapal Api ini ke dalam kopi Anda. Sebab, krimer bubuk ini diklaim sebagai produk non-diary yang artinya produk ini tidak mengandung susu di dalamnya. Produk ini juga bebas dari lemak trans yang dapat menjadi sumber penyakit.

Walau dibuat tanpa kandungan susu, krimer ini tetap dapat memberikan kelembutan dan kelezatan yang menyatu sempurna dengan kopi atau minuman lainnya. Anda pun dapat menikmati kopi secara lebih sehat tanpa perlu takut dengan tambahan kandungan bahan yang tidak perlu. Jika Anda hampir setiap hari mengonsumsi kopi dengan krimer, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda.

6. Nestle Carnation

6. Nestle Carnation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 9.200

Untuk memperkaya rasa kopi dan minuman lainnya senikmat martabak manis

Krimer kental manis dari Nestle ini sangat populer di kalangan penjual kue. Rasa manis dan gurih yang pas dari krimer inilah yang menjadikannya primadona para penjual martabak manis. Namun, tidak hanya mampu memberikan rasa terbaik untuk setiap gigitan martabak, krimer dari Carnation ini akan memperkaya rasa segelas kopi susu yang Anda buat di rumah.

Dikarenakan memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, produk ini lebih cocok jika dikombinasikan dengan kopi yang pekat seperti espresso atau kopi bercita rasa kuat seperti kopi khas Sumatera. Selain itu, krimer ini juga tidak terlalu kental saat dituang sehingga mudah untuk Anda mengontrol seberapa banyak yang dibutuhkan. Kopi jadi terasa lebih nikmat sebagai menu sarapan penambah energi dengan dicampurkan krimer yang satu ini.

5. Nestle Coffee-mate Original

5. Nestle Coffee-mate Original

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 88.000

Ciptakan kopi susu di rumah senikmat kopi susu di kedai kopi ternama!

Sesuai dengan namanya, krimer yang satu ini benar-benar pasangan terbaik untuk kopi Anda. Krimer ini dapat merubah rasa kopi yang Anda buat menjadi lebih lembut dan lezat. Sudah banyak orang yang setia pada produk ini selama bertahun-tahun karena rasa creamy dan smooth yang mampu dihasilkannya saat dikombinasikan dengan apa pun jenis kopinya.

Saat bepergian, Anda juga dapat membawa krimer ini sebagai bekal karena kemasannya yang praktis dan tidak mudah tumpah. Untuk mendapatkan rasa yang pas, Anda tinggal mengaduk satu hingga dua sendok teh krimer ini ke dalam kopi panas. Dijamin, kopi yang Anda buat tidak kalah nikmat dengan kopi susu di kedai kopi ternama!

4. Indofood Kremer Krimer Kental Manis

4. Indofood Kremer Krimer Kental Manis

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 8.500

Memiliki rasa manis tidak berlebihan untuk rasa kopi yang tetap dominan

Lengkapi kelezatan minuman atau makanan favorit Anda dengan Kremer dari Indofood ini. Segala kebaikan susu dan kelebihan kalsium hadir dalam satu kemasan kaleng untuk memperkaya rasa makanan dan minuman favorit bagi keluarga Anda. Harganya pun sangat bersahabat untuk sekaleng krimer kental manis dengan rasa manis dan gurih yang pas.

Krimer kental manis ini dapat dijadikan sebagai pengental dan campuran kopi atau teh. Selain itu, dapat juga digunakan untuk pelengkap minuman dingin seperti es campur atau es teler. Ada dua varian rasa, yaitu rasa plain dan cokelat. Jika rasa plain umum digunakan untuk melengkapi kopi, Anda dapat menggunakan rasa cokelat sebagai pelengkap roti untuk sarapan di pagi hari.

3. Frisian Flag Omela Krimer Kental Manis

3. Frisian Flag Omela Krimer Kental Manis

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 8.200

Lebih sehat dengan kandungan zat gizi makro, tiga vitamin, dan empat mineral dalam satu produk krimer

Anda ingin menyajikan minuman spesial untuk orang tersayang? Kini menyajikan minuman spesial menjadi lebih mudah dengan adanya krimer yang satu ini. Krimer kental manis ini dapat ditambahkan ke minuman untuk mendapatkan rasa yang lebih manis dan lezat. Jika Anda tidak terlalu menyukai kopi dengan rasa yang pekat, krimer ini dapat menjadi pilihan Anda.

Mengandung zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak serta vitamin A, B1, dan D3, krimer kental manis ini juga akan membantu melengkapi asupan gizi harian Anda. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi kandungan empat macam mineral, seperti kalsium, fosfor, natrium, dan kalium. Sudah enak, kandungannya juga menyehatkan. Tunggu apa lagi?!

2. Ellenka FiberCreme

2. Ellenka FiberCreme

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 17.500

Rasakan kebaikan krimer multifungsi yang kaya serat untuk seluruh anggota keluarga!

Ellenka FiberCreme tidak hanya dapat memberikan rasa manis untuk kopi Anda, tetapi juga kaya serat yang baik bagi sistem pencernaan. Terbuat dari karbohidrat alami yaitu oligosakarida, produk ini mudah diserap oleh usus besar dan juga diklaim bebas kandungan gluten dan laktosa. Jadi, krimer ini aman dikonsumsi oleh Anda dan keluarga, terutama yang menderita penyakit diabetes.

Krimer multifungsi ini juga dapat digunakan sebagai pengganti santan untuk masakan Anda. Produk ini memiliki cita rasa creamy gurih seenak susu dan senikmat santan. Selain itu, krimer ini juga sehat karena diklaim memiliki kadar gula rendah, bebas kolesterol, dan bebas kandungan lemak trans. Tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 100 gram, 168 gram, dan 450 gram, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.

1. Max Creamer Non Dairy Creamer

1. Max Creamer Non Dairy Creamer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 25.500

Dilengkapi kandungan nabati pilihan yang rendah kalori

Apakah Anda sedang mencari krimer yang rendah kalori dengan kualitas terbaik? Max Creamer Non Dairy dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membuat racikan kopi Anda terasa lebih gurih dan lezat. Krimer bubuk ini terbuat dari sari jagung pilihan yang bebas dari zat-zat berbahaya bagi kesehatan. Bagi Anda penikmat kopi yang ringan seperti Americano, krimer ini akan menjadi pasangan tepat karena rasa susunya yang ringan.

Dikarenakan kandungannya terbuat dari bahan nabati yang rendah kalori, Anda tidak perlu khawatir lagi walau Anda selalu mengonsumsi kopi manis setiap hari. Cukup tambahkan satu sendok krimer ini ke dalam minuman Anda maka cita rasa minuman yang Anda teguk tidak akan terlupakan nikmatnya. Krimer ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program diet, tetapi tetap ingin mengonsumsi minuman manis.

Catatan tentang kopi yang segar

Kebanyakan orang mengonsumsi kopi hampir setiap hari. Namun, tahukah Anda kandungan apa saja yang dapat menjaga kesegaran kopi? Berikut akan kami jelaskan kepada Anda.

Perhatikan kandungan aditif dan asam lemak trans

Untuk kopi yang segar, kandungan aditif seperti pengemulsi dan wewangian sering kali ditambahkan untuk menstabilkan kandungan minyak nabati demi meningkatkan rasa krim atau susu. Tentu saja, proporsi yang digunakan harus memenuhi standar negara dan tidak membahayakan kesehatan. Namun, beberapa macam kandungan asam fosfat dapat menyebabkan berkurangnya kandungan zat besi tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan hal ini dan jangan memilih produk yang kandungan asam fosfatnya terlalu banyak.

Asam lemak trans yang dapat dikonsumsi di sini adalah minyak nabati dan lemak nabati segar. Beberapa produk mungkin tidak mencantumkan secara lengkap kandungan komposisi pada kemasannya, tetapi biasanya mereka akan menuliskan hal tersebut pada official website. Anda dapat mengeceknya di sana untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Apa itu asam lemak trans?

Apa itu asam lemak trans?

Asam lemak trans umumnya terkandung dalam minyak sayur, margarin, dan dapat ditemukan dalam kopi segar. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak asam lemak trans akan menyebabkan kolesterol jahat dalam darah meningkat dan meningkatkan risiko kanker, serta penyakit jantung.

Adapun asupan asam lemak trans sesuai standar internasional adalah kurang dari 1% dari total kalori harian. Umumnya, kebanyakan orang mengonsumsi 1.900 kilokalori per hari. Dengan demikian, asupan asam lemak trans yang dianjurkan yaitu sekitar 2 gram per hari.

Kesimpulan

Bagaimana? Setelah membahas mengenai jenis krimer dan cara memilihnya, apakah Anda sudah menemukan pilihan terbaik? Perlu Anda ingat bahwa ada kelemahan dalam jenis krimer bubuk karena memerlukan air panas untuk menyeduhnya. Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan hal tersebut sebelum membelinya. Ada baiknya juga jika Anda memilih krimer berkadar lemak rendah untuk menjaga kesehatan. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!