• 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)

Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.

Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2020
  • 53.797 Views
Daftar isi

Cara memilih krimer terbaik untuk kopi

Meskipun sama-sama disebut krimer, sebenarnya ada produk yang terbuat dari susu mentah, minyak nabati, dan sebagainya. Berbeda bahan bakunya, maka berbeda pula cita rasa yang akan Anda dapat. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pilihlah berdasarkan perubahan rasa pada kopi kesukaan Anda

Pilihlah berdasarkan perubahan rasa pada kopi kesukaan Anda

Agar mendapatkan krimer yang pas dengan selera Anda, sebaiknya perhatikan kemampuannya berpadu dengan kopi serta kelezatan krimer itu sendiri. Pertimbangkan pula kopi yang paling sering Anda nikmati karena aroma dan rasa kopi bisa berbeda-beda tergantung pada jenis biji kopi, cara menyimpan, dan proses penggilingan bijinya. Jadi, dalam memilih krimer, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis kopi kesukaan Anda.


Memasukkan krimer ke dalam kopi dapat melembutkan rasa asam dan mengubah rasanya. Jika Anda menyukai jenis kopi yang kuat seperti espreso, Anda dapat memilih krimer yang lebih berlemak untuk campuran kopinya. Hal ini dikarenakan karakter kopi espreso yang kuat dapat mengalahkan rasa krimer jika Anda hanya mencampurnya dengan jenis krimer rendah lemak.


Sebaliknya, jika Anda mengidamkan rasa kopi yang lebih ringan seperti Americano, kami sarankan untuk tidak mencampurnya dengan krimer berlemak karena hal ini dapat merusak keaslian rasa kopinya.

Pilih berdasarkan tipe wujudnya

Berdasarkan perbedaan wujudnya, terdapat dua tipe krimer yang biasa dinikmati. Masing-masing memiliki keunggulan, baik dari segi rasa maupun kemudahannya saat dicampurkan ke dalam kopi. Yuk, simak selengkapnya!

Krimer tipe bubuk yang unggul dalam rasa

Krimer tipe bubuk yang unggul dalam rasa

Jenis krimer bubuk umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan yang dipisahkan dari susu mentah yang kemudian dihomogenisasi. Krimer bubuk semacam ini akan memberikan rasa yang kaya dari susu mentah dan membuat kopi terasa lebih lembut. Namun, selain terbuat dari susu mentah, ada juga krimer bubuk yang dibuat dari bahan nabati yang bisa dijadikan pilihan.


Meski unggul dalam hal rasa, krimer bubuk lemah terhadap kelembapan sehingga tidak mudah larut dalam air dingin. Krimer bubuk membutuhkan air panas agar semua komposisinya bisa tercampur sempurna.

Krimer tipe cair yang lebih mudah dicampurkan

Krimer tipe cair yang lebih mudah dicampurkan

Krimer tipe ini berbahan minyak nabati yang dicampur pengemulsi atau bahan pengental lainnya untuk menghasilkan tekstur mendekati krim. Sebagian produk juga ada yang menggunakan susu mentah sebagai bahan campuran. Namun, persentase campuran susu mentahnya tidaklah tinggi. Karena itu, kebanyakan produk krimer tipe ini tidak bisa memberikan rasa gurih seperti susu sapi.


Tipe cair memang tidak unggul dalam rasa. Namun, jenis krimer cair dapat langsung Anda gunakan karena sudah berbentuk liquid. Jadi, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik masing-masing produk dan menemukan yang sesuai dengan keinginan.


Di pasaran Indonesia, produk krimer tipe cair sangat jarang ditemukan. Sebagian besar masyarakat lebih banyak menggunakan kental manis atau condensed milk sebagai pelengkap kopi hitam. Namun, tidak semua kental manis ideal sebagai campuran kopi. Simak juga produk kental manis terbaik sebagai krimer akan kami rekomendasikan.

Perhatikan juga masa kedaluwarsa dan jumlah kalori dalam krimer

Perhatikan juga masa kedaluwarsa dan jumlah kalori dalam krimer

Rata-rata krimer bubuk akan kedaluwarsa dalam waktu kurang lebih setahun. Sementara krimer cair sebaiknya tidak dikonsumsi lagi setelah 3-4 bulan. Selain itu, dianjurkan juga agar segera menghabiskan krimer setelah kemasannya dibuka.


Bila Anda sedang membatasi asupan kalori, perhatikan juga konsumsi krimer Anda. Umumnya, krimer mengandung 10-15 kkal dalam setiap sajian. Perhitungan ini merupakan kalori krimer yang dikonsumsi menurut saran penyajian, bukan secara berlebihan. Bila Anda ingin mengganti krimer dengan susu sapi biasa, perlu diketahui bila satu sendok makannya mengandung sekitar 9-10 kkal.

10 Rekomendasi krimer terbaik untuk kopi

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih krimer, selanjutnya kami akan merekomendasikan produk krimer terbaik untuk kopi. Pilihlah yang sesuai dengan selera untuk menemani waktu bersantai Anda.

10
TipeBubuk
Bahan utamaTidak disebutkan
KaloriTidak disebutkan
9
TipeCondensed milk
Bahan utamaSusu skim bubuk
Kalori130 kkal / 39 gram (2 sendok makan)
8
TipeCondensed milk
Bahan utamaSusu bubuk whey, susu bubuk skim
Kalori100 kkal / 29 gram (2 sendok makan)
7
TipeBubuk
Bahan utamaMinyak nabati terhidrogenasi
Kalori15 kkal / 3 gram
6
TipeCondensed milk
Bahan utamaPadatan susu (bubuk whey, susu skim bubuk, laktosa)
Kalori100 kkal / 30 gram (3 sendok makan)
5
TipeBubuk
Bahan utamaMinyak nabati terhidrogenasi
Kalori10 kkal / 2 gram (1 sendok teh)
4
TipeCondensed milk
Bahan utamaSusu sapi segar, minyak nabati, bubuk whey
Kalori140 kkal / 42 gram (4 sendok makan)
3
TipeCondensed milk
Bahan utamaMinyak nabati, bubuk whey, susu bubuk skim
Kalori135 kkal / 40 gram (4 sendok makan)
2
TipeBubuk
Bahan utamaSerat pangan larut oligosakarida (dari tapioka atau singkong)
Kalori15 kkal / 3 gram (1 sendok teh)
1
TipeBubuk
Bahan utamaSirup jagung padat, minyak nabati terhidrogenasi
Kalori20 kkal / 3 gram (1 sendok teh)

Tabel perbandingan produk krimer terbaik untuk kopi

Gambar produk
1
Max Creamer Non Dairy Creamer 1

Max Creamer

2
Ellenka FiberCreme 1

Ellenka

3
Frisian Flag  Omela Krimer Kental Manis 1

Frisian Flag

4
Indofood Kremer by Tiga Sapi 1

Indofood

5
Nestle Coffee-mate Original 1

Nestle

6
Nestle Carnation 1

Nestle

7
Kapal Api Krim Kafe 1

Kapal Api

8
Nestle Cap Nona 1

Nestle

9
Ultrajaya Cap Sapi Krimer Kental Manis 1

Ultrajaya

10
Coffindo Creamer 1

Coffindo

Nama produk

Non Dairy Creamer

FiberCreme

Omela Krimer Kental Manis

Kremer by Tiga Sapi

Coffee-mate Original

Carnation

Krim Kafe

Cap Nona

Cap Sapi Krimer Kental Manis

Creamer

Keunggulan

Dilengkapi kandungan nabati pilihan yang rendah kalori

Kebaikan krimer multifungsi yang kaya serat untuk seluruh anggota keluarga

Lebih sehat dengan kandungan zat gizi makro, tiga vitamin, dan empat mineral!

Rasa manis tak berlebihan agar rasa kopi tetap dominan

Kopi di rumah jadi senikmat buatan kafe

Memperkaya rasa kopi dan minuman lainnya, senikmat martabak manis!

Mencari krimer tanpa kandungan susu? Produk ini tepat menjadi pilihan!

Rasa legendaris untuk secangkir kopi dengan segudang manfaat

Rasa manis tak berlebihan untuk kopi dan camilan Anda

Kemasan satu kilogram yang lebih ekonomis!

HargaRp 25.500,00Rp 22.000,00Rp 8.500,00Rp 8.000,00Rp 63.000,00Rp 9.500,00Rp 26.200,00Rp 12.800,00Rp 8.499,00Rp 93.600,00
TipeBubukBubukCondensed milkCondensed milkBubukCondensed milkBubukCondensed milkCondensed milkBubuk
Bahan utamaSirup jagung padat, minyak nabati terhidrogenasiSerat pangan larut oligosakarida (dari tapioka atau singkong)Minyak nabati, bubuk whey, susu bubuk skimSusu sapi segar, minyak nabati, bubuk wheyMinyak nabati terhidrogenasiPadatan susu (bubuk whey, susu skim bubuk, laktosa)Minyak nabati terhidrogenasiSusu bubuk whey, susu bubuk skimSusu skim bubukTidak disebutkan
Kalori20 kkal / 3 gram (1 sendok teh)15 kkal / 3 gram (1 sendok teh)135 kkal / 40 gram (4 sendok makan)140 kkal / 42 gram (4 sendok makan)10 kkal / 2 gram (1 sendok teh)100 kkal / 30 gram (3 sendok makan)15 kkal / 3 gram100 kkal / 29 gram (2 sendok makan)130 kkal / 39 gram (2 sendok makan)Tidak disebutkan
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan tentang krimer

Hal yang perlu diperhatikan tentang krimer
Kopi merupakan minuman yang biasa dinikmati setiap hari. Karena itu, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengonsumsi krimer setiap hari. Namun, tahukah Anda bahwa krimer juga mengandung bahan tambahan untuk meningkatkan kualitas produk? Berikut dua hal yang perlu Anda ketahui. 

・Bahan aditif

Krimer merupakan minyak nabati yang distabilkan dalam wujud mendekati krim. Sementara aroma susu didapatkan dengan mencampurkan pengemulsi dan penambah aroma.


・Asam lemak trans

Asam lemak trans terkandung dalam minyak nabati yang digunakan untuk membuat krimer. Meski minyak nabati tetap digunakan sebagai bahan baku, kandungan asam lemak trans tetap harus dibatasi. 


Proporsi asam lemak trans yang diperbolehkan dalam produk krimer tentu saja telah diatur oleh negara atau instansi yang berwenang. Namun, ada baiknya bila Anda juga membatasi konsumsi krimer. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam krimer umumnya tercantum dalam kemasan. Apabila tidak terdapat keterangan tersebut, Anda bisa membuka situs web resmi atau bertanya langsung pada produsen.

Cara membuat kopi instan agar lebih nikmat

Krimer bisa dipasangkan dengan kopi dari berbagai jenis cara pengolahan yang berbeda. Salah satu yang paling sering dijumpai adalah kopi instan. Untuk Anda yang suka kepraktisan, mungkin Anda akan memilih jenis kopi ini. Lalu, bagaimana cara membuat kopi instan yang nikmat dengan takaran yang pas? Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membacanya di artikel ini. 

Baca juga rekomendasi kopi di sini!

Bila Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda juga penikmat kopi. Bila iya, ada baiknya bila Anda baca juga tautan-tautan di bawah ini. Informasi tentang cara memilih kopi dan produk-produk rekomendasi, semua ada di sini. Yuk, langsung saja!

Kesimpulan

Sudah menemukan krimer terbaik versi Anda? Krimer bubuk memiliki rasa lebih nikmat meskipun sulit larut sempurna dalam air dingin. Sebaliknya, krimer cair memang tak segurih krimer bubuk, tetapi lebih mudah dilarutkan.


Selain itu, kental manis atau condensed milk juga dapat dijadikan alternatif krimer yang tidak kalah nikmatnya. Meski nikmat, jangan sampai Anda melalaikan asupan kalori, ya! Ada baiknya juga jika Anda memilih krimer berkadar lemak rendah untuk menjaga kesehatan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kini, secangkir kopi enak dapat Anda nikmati di rumah dengan produk biji kopi dan bubuk kopi yang sudah luas beredar di pasaran, mulai dari toko konvensional hingga online shop. Namun, dari banyaknya jenis kopi yang ada, dapatkah Anda dengan yakin memilih kopi yang sebaiknya dibeli?Kali ini, kami akan memperkenalkan produk kopi yang kini tengah populer, seperti Coffee Toffee, JJ Royal Coffee, serta yang lainnya, sekaligus menjelaskan cara memilih kopi. Simak terus artikel ini sampai akhir dan temukan kopi yang paling sesuai dengan selera Anda.
    Teh & kopi
    67.264 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan di luar sana, Anda mungkin bingung memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile serta menjelaskan manfaat yang didapat dari mengonsumsinya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    63.933 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang pecinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein pada tubuh dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, kami akan menjelaskan karakteristik setiap jenis teh dan cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi teh dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    13.761 Views
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bukankah menyenangkan jika Anda dapat menikmati rasa kopi asli dari kopi drip yang praktis saat bekerja atau beristirahat? Namun, banyaknya merek, seperti Kapal Api, Otten Coffee, dan Taman Delta Indonesia yang memiliki kenikmatan berbeda tentunya membuat Anda sulit menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih kopi drip yang berasa lezat. Produk yang kami rekomendasikan menggunakan biji kopi berkualitas. Selain itu, kami juga akan memberikan tips cara membuat kopi drip agar menyeruputnya semakin nikmat. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Teh & kopi
    7.657 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang dijual di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings dan yang lainnya.Namun, bagaimana cara memilih teh celup yang tepat? Kami telah menyiapkan beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan saat memilih teh celup. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya.
    Teh & kopi
    5.669 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    1.333 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori