10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang menggeluti seni rupa atau mau mulai belajar melukis, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Berbagai jenis kertas sketchbook, seperti kent paper, drawing paper, watercolor paper, charcoal paper, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih mana yang bagus berdasarkan kebutuhan Anda untuk sekadar menekuni hobi, belajar, atau bekerja.

Setelah memahami jenis-jenis kertas sketchbook, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sketchbook

Sketchbook merupakan kumpulan kertas dalam bentuk buku yang digunakan untuk menggambar. Pemilihan jenis kertas dan ukurannya sangat penting agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan teknik menggambar Anda. Berikut berbagai ulasannya untuk Anda.

Pilihlah tipe kertas berdasarkan material dan kebutuhan

Pemilihan tipe kertas berdasarkan tujuan penggunaan dan material kertas sangat penting untuk membuat pekerjaan seni Anda semakin optimal. Di bawah ini akan kami jelaskan 6 jenis kertas untuk sketchbook yang biasanya beredar di pasaran. Jika Anda ingin menghasilkan karya seni yang indah, pilihlah jenis kertas sketchbook yang sesuai.

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai tujuan

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai tujuan

Pada umumnya, kertas sketchbook yang Anda temui adalah drawing paper. Kertas ini merupakan kertas serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengajar di sekolah, membuat tugas, atau pekerjaan mendesain.

Untuk Anda yang ingin mencoba berbagai teknik menggambar atau hanya ingin membuat sketsa, drawing paper dapat menjadi pilihan Anda karena relatif murah dan mudah ditemukan. Tergantung produsennya, terdapat berbagai variasi tekstur dan ketebalan kertas yang dapat Anda temui di pasaran. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik

Sesuai dengan namanya, watercolor paper sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggambar dengan cat air. Berhubung kertas tersebut memiliki kemampuan hidrofilik yang tinggi, teknik blurring yang khas akan sangat mudah diaplikasikan. Dengan kertas ini, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan teknik cat air untuk menghasilkan berbagai lukisan pemandangan, seperti tumpukan daun hijau di taman, senja di sore hari, langit biru dengan kilauan sinar mentari, dan sebagainya dengan lebih sempurna.

Anda yang sering menggambar dengan cat air pasti sangat memperhatikan tekstur kertas karena dapat berpengaruh terhadap hasilnya. Jenis kertas untuk cat air ada 3, yaitu hot press dengan permukaan halus, cold press dengan permukaan sedikit bertekstur, dan rough press yang sangat bertekstur. Masing-masing akan memberikan hasil akhir yang berbeda pada lukisan Anda sehingga Anda perlu memahami jenis kertas yang cocok untuk Anda.

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa

Ciri khas croquis paper adalah jumlah lembaran yang banyak dengan kertas tipis. Dengan karakter tersebut, kertas ini sangat cocok untuk digunakan menggambar goresan-goresan seperti tubuh manusia, desain baju, atau untuk gambar yang tumpang tindih.

Namun, kertas ini tidak cocok digunakan untuk membuat lukisan cat air maupun cat akrilik karena cat tersebut mengandung banyak air sehingga dapat membuat kertas menjadi melengkung, berkerut, atau malah sampai berlubang. Selain itu, goresan-goresan pena sketsa juga akan sangat terlihat pada kertas.

Kent paper, untuk teknik menggambar dengan pulpen

Kent paper, untuk teknik menggambar dengan pulpen

Kent paper berkarakteristik cukup kuat dan memiliki permukaan yang tidak terlalu rata. Bolpoin dan drawing pen akan bekerja dengan baik pada kertas ini. Selain itu, kertas ini juga tidak mudah robek ketika Anda menggunakan penghapus. Tinta sulit merembes pada kertas ini sehingga Anda dapat membuat gambar tiga dimensi yang membutuhkan garis tumpang tindih dengan leluasa. Jenis kertas ini dapat digunakan untuk membuat kartu nama karena dapat menghasilkan kontras warna tinta yang baik. Namun, sebaliknya kertas ini tidak cocok untuk teknik cat air karena tidak dapat menyerap terlalu banyak kelembapan.

Jika Anda menyukai menggambar atau membuat ilustrasi dengan pena atau copic marker, Anda dapat menggunakan kent paper yang permukaannya halus. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang solid, Anda dapat mencobanya dengan kent paper yang lebih tebal. Sayangnya, jenis kertas ini masih sulit ditemukan di pasaran.

Charcoal paper / gensen paper, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar

Charcoal paper / gensen paper, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar

Charcoal paper, sesuai namanya merupakan kertas yang digunakan untuk melukis menggunakan arang. Kertas ini memiliki ciri khas permukaan yang tidak rata. Arang kurang cocok pada drawing paper karena permukaan drawing paper lebih licin dan tidak bertekstur. Sementara, pada charcoal paper arang dapat bekerja dengan baik berkat permukaan dan tekstur yang tidak rata pada kertas tersebut. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menggambar bayangan serta membuat efek blur.

Ada pula gensen paper yang cocok untuk tinta hitam, membuat kaligrafi dengan brush pen, atau untuk teknik menggambar ala Jepang. Efek shading sangat melekat dengan teknik menggambar menggunakan tinta sehingga akan memberikan impresi yang khas.

Kesenangan menggambar menggunakan tinta atau arang pada kertas ini adalah Anda bisa dengan bebas menciptakan shading atau bayangan dengan mudah. Kedua kertas ini memang masih sangat jarang ditemui, tetapi tentunya kertas ini sangat cocok disandingkan dengan arang atau tinta untuk memberikan efek berbeda.

Pilihlah berdasarkan tempat penggunaan

Setelah jenis kertasnya, Anda harus memperhatikan ukurannya. Ada 3 ukuran yang umum ditemui, yakni ukuran F, A, dan B. Namun, berhubung banyak produk yang dituliskan dalam ukuran milimeter, ketiganya bukan mendeskripsikan ukuran standard produk sketchbook, melainkan menunjukkan seberapa besar kertas yang akan Anda beli. Kami akan menjelaskan pemilihan ukuran kertas terhadap fungsinya untuk Anda.

Ukuran besar untuk mengekspresikan kreativitas

Ukuran besar untuk mengekspresikan kreativitas

Tidak ada ukuran kertas yang terlalu besar untuk berekspresi dan menciptakan suatu karya seni. Jika Anda berencana membawa sketchbook Anda ke luar ruangan untuk menggambar pemandangan atau justru menaruhnya di studio Anda, pilihlah ukuran yang cukup besar. Untuk pekerjaan yang membutuhkan margin, ukuran yang cukup besar akan membantu Anda sehingga area menggambar Anda tetap cukup. Karenanya, bila Anda tidak bermasalah membawa sketchbook berukuran besar, ukuran ini dapat menjadi pilihan terbaik. Contoh ukuran yang cukup besar adalah A3 atau A2.

Ukuran lebih kecil dari A4 untuk Anda yang aktif

Ukuran lebih kecil dari A4 untuk Anda yang aktif

Untuk Anda yang bekerja sebagai desainer, ide memang datang kapan saja. Akan lebih mudah jika Anda memilih sketchbook berukuran kecil yang dapat ditempatkan pada meja Anda. Ukuran B5 atau F3 memakan tempat yang cukup banyak bahkan di dalam tas sehingga kami menyarankan ukuran yang lebih kecil.

Ukuran kertas amat beragam, mulai dari ukuran A3–A6, ukuran B5–B6, hingga ukuran F yang masih cukup jarang ditemui di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, pilihlah ukuran yang pas dan mudah dibawa sehingga Anda dapat menggambar di mana saja saat ide datang.

10 Rekomendasi sketchbook terbaik

Berikutnya kami berikan 10 rekomendasi sketchbook terbaik untuk Anda berdasarkan tipe kertas dan ukurannya. Silakan pilih produk favorit sesuai kebutuhan Anda.

10. Lyra Sketchbook A5

10. Lyra Sketchbook A5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.950

Habis? Beli saja isi ulangnya tanpa perlu membeli sketchbook baru!

Sketchbook satu ini pastinya sering kali Anda temukan di toko buku. Tekstur kertas yang cukup kasar lebih cocok digunakan untuk pensil, pulpen, drawing pen, dan spidol. Meskipun bertekstur kasar, kertas ini kurang cocok untuk aplikasi media basah seperti cat air karena dapat merubah bentuk kertas menjadi bergelombang.

Untuk melepaskan hasil karya, Anda tidak perlu merobek kertas karena kertasnya dirancang untuk dapat dilepas dari ring dengan mudah. Kemudian, jika sudah habis Anda hanya tinggal membeli kertas isi ulangnya saja sehingga lebih ekonomis. Tentunya sangat pas bila Anda tidak mau repot bergonta-ganti sketchbook, bukan?

9. Reeves Drawing & Sketching Pad A5

9. Reeves Drawing & Sketching Pad A5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Pas dan nyaman untuk digunakan di dalam dan di luar ruangan

Bagi Anda yang baru ingin belajar menggambar sketsa, produk ini merupakan pilihan tepat. Di dalamnya terdapat 50 lembar kertas dengan tekstur lembut dan memiliki ketebalan 150 gsm yang dapat digunakan untuk pensil atau pena. Penggunaan cat air pun masih memungkinkan selama kadar airnya tidak terlalu banyak.

Bagian belakangnya terbuat dari karton yang keras dan dapat difungsikan sebagai tatakan ketika Anda menggunakannya di luar ruangan. Selain itu, ukuran A5 juga tidak terlalu besar dan sangat pas untuk dibawa ke mana saja. Kertasnya pun bebas asam sehingga ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

8. Moleskine Art Collection Sketchbook Pocket

8. Moleskine Art Collection Sketchbook Pocket

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Muat di kantong! Praktis dan mudah untuk Anda bawa ke mana saja

Sekarang Anda tidak perlu bingung ketika ide muncul tiba-tiba karena ada sketchbook croquis paper satu ini. Ukuran 9 x 14 cm membuat buku ini sangat mudah dibawa ke mana saja. Desain sketchbook ini pun terlihat sederhana dan stylish serta dilengkapi dengan tali karet yang membuatnya tertutup erat.

Terdapat pula tali pembatas untuk menandai halaman yang biasanya jarang ditemui pada sketchbook lain. Pada belakangnya juga terdapat kantong untuk menyimpan sedikit catatan atau dokumen penting dalam ukuran kecil. Fitur ini sangat berguna untuk Anda para perancang busana yang sering mempresentasikan ide kepada klien.

7. Winsor & Newton Classic Water Colour Spiral – Cold Press

7. Winsor & Newton Classic Water Colour Spiral - Cold Press

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Lebih puas menyapukan cat air tanpa takut kertas akan melengkung

Sketchbook dari Winsor & Newton ini terbuat dari bubur kayu berkualitas dan menggunakan metode cold press untuk menghasilkan kertas yang agak bertekstur. Kertas ini dirancang untuk dapat menahan air dengan baik sehingga kertas tidak akan melengkung. Kertas jenis ini ideal untuk Anda yang sudah mahir menggunakan cat air.

Meski hanya terdiri dari 12 lembar, kualitas kertasnya tergolong sangat baik karena Anda dapat menyapukan warna di atas warna lainnya tanpa perlu takut akan merusak integritas warna. Tentunya lukisan cat air Anda akan terlihat semakin sempurna menggunakan kertas dari sketchbook ini.

6. Canson Illustration Pad A4

6. Canson Illustration Pad A4

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Kertas putih sempurna untuk kemudahan pemindaian

Bagi Anda yang gemar menggambar ilustrasi seperti kartun atau manga, kami rekomendasikan sketchbook satu ini untuk Anda. Kertas ini dirancang untuk pensil, tinta, wash, felt pen, fountain pen, dan pulpen. Kertas bertekstur halus ini juga tahan goresan, pita perekat, dan pengelupasan akibat penghapus.

Sketchbook ini dikembangkan agar Anda bisa menerapkan teknik menggambar biasa atau desain grafis secara leluasa. Warna kertasnya yang sangat putih juga akan membantu Anda saat memindai gambar ke dalam device serta memberikan kontras warna yang baik. Lalu, dalam 1 pak Anda akan mendapatkan 12 lembar dengan bobot masing-masing 250 gsm.

5. Maruman VifArt Watercolor Paper Sketchbook F4 S14V

5. Maruman VifArt Watercolor Paper Sketchbook F4 S14V

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Ciptakan ilusi gambar dengan kertas bertekstur

Sketchbook asli Jepang ini memiliki jenis kertas rough yang sangat bertekstur. Kertas rough sangat pas untuk aplikasi teknik wet on wet serta memberikan ilusi yang menarik ketika Anda menggambar dedaunan. Bagi Anda yang pemula, mungkin Anda akan kesulitan menggunakan jenis kertas ini sehingga jenis ini lebih cocok untuk Anda yang sudah mahir.

Anda akan mendapatkan kertas berukuran F4 sebanyak 18 lembar dengan bobot 242 gsm per kertasnya. Ukuran yang cukup besar ini sangat pas untuk Anda yang gemar melukis pemandangan menggunakan cat air. Di samping itu, tampilan sketchbook ini terbilang cukup manis karena dilengkapi dengan pita untuk mengencangkannya.

4. Bellofy Watercolor Paper Pad

4. Bellofy Watercolor Paper Pad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 737.000

Isi lebih banyak untuk bebaskan Anda membuat lukisan cat air lebih banyak lagi!

Sketchbook dari Bellofy ini kami rekomendasikan untuk para pencipta lukisan cat air karena di dalamnya terdapat 50 lembar kertas. Tentunya sketchbook ini bisa Anda gunakan untuk waktu cukup lama sebelum Anda harus membeli yang baru. Dengan demikian, Anda bisa bebas berkreasi menciptakan lukisan cat air Anda sesuka hati.

Kertas sketchbook ini terbilang cukup tebal, 190 gsm sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menyapukan warna cat air Anda di atasnya. Kertasnya pun tidak mudah robek dan menguning seiring penggunaan. Selain itu, model flip flop ini membuatnya dapat digunakan dengan baik bahkan oleh orang yang kidal sekalipun.

3. Strathmore 400 Series Toned Sketch Toned Tan 9 x 12″

3. Strathmore 400 Series Toned Sketch Toned Tan 9 x 12″

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 300.000

Buat gambar 3D Anda menjadi lebih nyata!

Untuk Anda yang menggeluti teknik gambar 3D, kertas dengan toned cokelat ini sangat pas. Aplikasi warna putih pada kertas toned akan sangat terlihat sehingga Anda dapat menciptakan efek yang menarik pada lukisan Anda. Sketchbook ini cocok untuk grafit, arang, pensil warna, atau drawing pen sekalipun.

Dalam sketchbook ini Anda akan mendapatkan 50 lembar kertas A4 dengan bobot 118 gsm. Kertas untuk sketchbook ini ramah untuk Anda dan lingkungan karena dapat 100% didaur ulang dan bebas asam. Pastinya Anda akan puas dengan kualitas dari sketchbook yang memiliki isi 50 lembar ini.

2. Canson The Wall

2. Canson The Wall

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Bebas kreasikan kreativitas Anda berkat ukuran besarnya

Sketchbook Canson the Wall sangat cocok untuk Anda yang senang menggambar sketsa menggunakan spidol. Teknologi yang digunakan membuat kertas ini tahan terhadap spidol dengan bahan dasar alkohol serta cat semprot. Tak hanya itu, Anda dapat menggambar pada kedua sisi kertas sehingga tidak ada kertas yang terbuang.

Ukuran kertas A3 ini sangat pas untuk Anda yang sedang merancang bangunan atau sekadar menciptakan grafiti. Meskipun satu lembarnya memiliki bobot 220 gsm, kertas ini tetap fleksibel untuk digunakan. Kertas ini juga sudah tersertifikasi ISO 9706 sehingga aman dipakai dan ramah lingkungan.

1. Canson XL Mix Media

1. Canson XL Mix Media

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Gabungkan berbagai teknik tanpa khawatir akan merusak kertas

Dalam sketchbook ini setiap kertasnya memiliki bobot 300 gsm dengan tekstur medium grain. Tidak hanya satu teknik, Anda dapat menggunakan berbagai teknik gabungan, seperti cat air, gouache, dan akrilik pada sketchbook ini. Gabungan beberapa goresan pensil atau drawing pen juga akan terlihat baik di atas kertas ini.

Ketebalan kertas ini juga sangat sesuai untuk Anda yang menyukai kaligrafi. Tekstur kertasnya akan membuat teknik dan efek pencampuran warna menjadi lebih mudah. Dengan kualitas kertas seperti ini, Anda akan selalu ingin memilih sketchbook ini setelah habis digunakan untuk menghasilkan portofolio yang menarik.

Kesimpulan

Ada berbagai jenis sketchbook yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Teknik menggambar dengan media lukis yang berbeda membutuhkan kertas yang berbeda pula, terutama ketika Anda menggunakan media basah seperti cat air. Ukurannya pun sangat berpengaruh terhadap kebutuhan.

Semoga Anda terbantu dengan artikel kali ini. Temukan sketchbook yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan be creative!