• 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves dan Canson pun memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam pula.

Pilihlah produk sketchbook yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menjalankan hobi maupun pekekerjaan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Tanti Amelia
Ditta Amelia S
  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2020
  • 43.160 Views
Daftar isi

Cara memilih sketchbook

Sketchbook merupakan kumpulan kertas dalam bentuk buku yang digunakan untuk menggambar. Pemilihan jenis kertas dan ukuran sangat penting agar sesuai dengan kebutuhan dan teknik menggambar Anda. Berikut ini beberapa tips memilih produk sketchbook yang telah kami rangkum untuk Anda.

Pilihlah tipe kertas berdasarkan bahan dan tujuan penggunaan

Pemilihan produk berdasarkan bahan dan tujuan penggunaannya sangatlah penting untuk mengoptimalkan karya seni yang Anda kerjakan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan enam tipe kertas sketchbook yang biasanya beredar di pasaran. Ciptakanlah karya seni rupa yang indah dengan memilih kertas sketchbook sesuai alat dan teknik menggambar Anda!

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai kebutuhan

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai kebutuhan
Pada umumnya, jenis kertas sketchbook yang sering ditemui di pasaran adalah drawing paper. Kertas ini merupakan kertas serbaguna yang digunakan untuk berbagai teknik menggambar. Drawing paper dapat dipakai oleh berbagai kalangan, mulai dari untuk menjalankan hobi maupun profesi yang berkaitan dengan menggambar. Tak heran, kertas ini biasa ditemui di mana saja, baik untuk latihan menggambar maupun bahan mengajar di sekolah.
Jika Anda baru mencoba teknik menggambar atau membuat sketsa, drawing paper dapat menjadi pilihan karena harganya relatif terjangkau. Tekstur dan ketebalan drawing paper sangat bervariasi tergantung mereknya. Silakan temukan speksifikasi drawing paper yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik
Jika Anda adalah pengguna cat air dan bermasalah dengan media kertas yang Anda gunakan, silakan coba watercolor paper. Sesuai namanya, watercolor paper sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggambar dengan cat air. 

Berhubung kertas tersebut memiliki kemampuan hidrofilik yang tinggi, teknik blurring akan sangat mudah diaplikasikan. Dengan kertas ini, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan teknik cat air untuk menghasilkan lukisan pemandangan yang dramatis. Penggambaran warna dedaunan musim gugur, gradasi langit biru, serta kilauan cahaya pagi dapat terlukis dengan apik dengan kertas ini. Silakan temukan sketchbook jenis watercolor paper untuk menunjang aktivitas melukis dengan pewarnaan yang lebih optimal.

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa
Ciri khas croquis paper adalah jenis kertasnya tipis dengan jumlah lembaran yang banyak. Dengan karakter tersebut, kertas ini biasanya digunakan untuk menggambar garis atau membuat sketsa yang membutuhkan berlembar-lembar kertas.

Croquis paper tidak cocok digunakan untuk membuat lukisan dengan cat air maupun cat akrilik. Hal tersebut dikarenakan kandungan bahan yang likuid atau terlalu basah sehingga dapat membuat kertas mudah berkerut atau sobek. Selain itu, bekas goresan pena juga akan mudah tembus pada lembaran kertas.

Kent paper, untuk teknik menggambar dengan drawing pen

Kent paper, untuk teknik menggambar dengan drawing pen
Kent paper berkarakteristik cukup kuat dan memiliki permukaan yang tidak terlalu rata. Bolpoin atau drawing pen akan bekerja dengan baik pada kertas ini. Selain itu, kertas ini juga tidak mudah robek ketika Anda menggunakan penghapus. Tinta tidak mudah merembes ke dalam permukaan kertas. Dengan demikian, Anda dapat membuat gambar 3D dengan garis tumpang tindih secara leluasa. Jenis kertas ini dapat digunakan untuk membuat kartu nama karena dapat menghasilkan kontras warna tinta yang baik. Sebaliknya, kertas ini tidak cocok untuk teknik cat air karena tidak dapat menyerap cairan terlalu banyak.
Jika Anda suka membuat ilustrasi dengan drawing pen atau copic marker, Anda dapat menggunakan kent paper yang permukaannya halus. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang solid, Anda dapat mencoba kent paper yang lebih tebal. Sayangnya, jenis kertas ini masih sulit ditemukan di pasaran.

Charcoal paper dan gasenshi, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar

Charcoal paper dan gasenshi, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar
Charcoal paper, sesuai namanya merupakan kertas yang digunakan untuk melukis menggunakan arang. Kertas ini memiliki ciri khas permukaan yang tidak rata. Arang kurang cocok diaplikasikan pada drawing paper karena permukaan kertasnya yang licin dan tidak bertekstur. Sebaliknya, arang dapat bekerja dengan baik pada charcoal paper berkat permukaan dan tekstur kertas yang tidak rata. Penggunaan arang dan charcoal paper akan menciptakan shading serta efek blur sehingga ilustrasi Anda menjadi lebih bernyawa.
Ada pula kertas gasenshi yang cocok untuk teknik menggambar dengan tinta atau pena kuas. Biasanya, teknik tersebut digunakan untuk membuat kaligrafi atau lukisan klasik ala Jepang. Efek blur dan shading yang diciptakan dari teknik gambar tinta akan memberikan impresi yang khas pada gambar atau kaligrafi. Sayangnya, jenis kertas ini masih jarang ditemui di pasaran.

Sesuaikan ukuran sketchbook dengan kebutuhan menggambar Anda

Selain jenis kertasnya, Anda harus memperhatikan ukurannya. Ada tiga ukuran sketchbook yang umum ditemui, yakni ukuran F, A, dan B. Namun, banyak juga produk yang ditulis dalam ukuran milimeter. Uraian berikut ini tidak mendeskripsikan ukuran standar sketchbook, melainkan menunjukkan besaran kertas yang dapat Anda pilih. Mari simak pemilihan ukuran kertas berdasarkan fungsi dan kebutuhannya berikut ini!

Ukuran besar untuk mengekspresikan kreativitas tanpa batas

Ukuran besar untuk mengekspresikan kreativitas tanpa batas
Tidak ada istilah terlalu besar untuk berekspresi dan menciptakan suatu karya seni. Sketchbook ukuran besar cocok untuk aktivitas menggambar di lokasi tertentu seperti di studio dan kelas menggambar. Tentu saja, Anda juga dapat membawa sketchbook ke area luar ruangan untuk menggambar pemandangan sekitar. Jika Anda tidak masalah membawa sketchbook berukuran besar, silakan cari sketchbook berukuran A3 atau A2 sebagai pilihan. 

Ukuran lebih kecil dari A4 untuk Anda yang sering bergerak

Ukuran lebih kecil dari A4 untuk Anda yang sering bergerak
Ide dan inspirasi dapat datang kapan saja dan di mana saja. Jika Anda ingin menuangkan ide dan desain yang tiba-tiba muncul di kepala, sketchbook berukuran kecil adalah pilihan pas. Akan sangat praktis jika Anda memiliki sketchbook kecil yang dapat Anda masukkan ke dalam tas. Pilihlah ukuran yang tidak lebih besar dari B5 dan F3 sehingga tidak banyak memakan tempat.

Ada beberapa tipe sketchbook ukuran kecil, mulai dari ukuran A4 atau di bawahnya lagi. Ukuran sketchbook yang dapat Anda pilih adalah ukuran A4 hingga A6, B5 hingga B6, dan F2 hingga F0. Selain itu, ada juga produk sketchbook seukuran kartu pos. Bagi Anda yang sering beraktivitas ke luar ruangan, pilihlah ukuran yang praktis dan gampang dibawa ini. Dengan demikian, Anda dapat langsung corat-coret secara mudah, terlebih saat ide tiba-tiba datang.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sketchbook terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi sketchbook terbaik untuk Anda berdasarkan tipe kertas dan ukurannya. Silakan simak penjabarannya berikut ini!
10
Jenis kertasDrawing paper
Jumlah kertas30 lembar
Pilihan ukuranA5 (148 x 210 mm)
9
Jenis kertasDrawing paper 150 gsm
Jumlah kertas50 lembar
Pilihan ukuranA5 (148 x 210 mm)
8
Jenis kertasCroquis paper, ivory-colored, 165 g/m²
Jumlah kertas80 lembar
Pilihan ukuran90 x 140 mm
7

Winsor & NewtonClassic Watercolour Pad (Spiral) - Cold Press

Rp 204.000,00

Jenis kertasWatercolor paper 300 gsm
Jumlah kertas12 lembar
Pilihan ukuranA4 (210 x 297 mm), 254 x 355,6 mm, dan A3 (297 x 420 mm)
6
Jenis kertasMedium texture paper 250 gsm
Jumlah kertas12 lembar
Pilihan ukuranA4 (210 x 297 mm) dan A3 (297 x 420 mm)
5
Jenis kertasCharcoal/pastel paper 160 gsm
Jumlah kertas30 lembar
Pilihan ukuran240 x 320 mm
4
Jenis kertasWatercolor paper 300 gsm
Jumlah kertas20 halaman
Pilihan ukuran240 x 300 mm, 300 x 400 mm, dan 400 x 500 mm
3

Strathmore400 Series Toned Sketch Toned Tan Wire Bound (8.5")

Rp 344.000,00

Jenis kertasToned tan sketch paper
Jumlah kertas50 lembar
Pilihan ukuran140 x 216 mm
2
Jenis kertasDrawing paper 220 gsm
Jumlah kertas30 lembar
Pilihan ukuranA3 (297 x 420 mm)
1
Jenis kertasDrawing paper satin finish 180 gsm
Jumlah kertas50 lembar
Pilihan ukuranA4 (210 x 297 mm) dan A3 (297 x 420 mm)

Tabel perbandingan produk sketchbook terbaik

Gambar produk
1
CANSON® XL® Bristol 1

CANSON®

2
CANSON® The Wall A3 1

CANSON®

3
Strathmore 400 Series Toned Sketch Toned Tan Wire Bound (8.5") 1

Strathmore

4
Hahnemühle Expression Watercolour 1

Hahnemühle

5
CANSON® Mi-Teintes® 1

CANSON®

6
CANSON® Illustration Pad 1

CANSON®

7
Winsor & Newton Classic Watercolour Pad (Spiral) - Cold Press 1

Winsor & Newton

8
MOLESKINE® Art Collection Sketchbook Pocket 1

MOLESKINE®

9
Reeves Drawing and Sketching Pad A5 1

Reeves

10
LYRA Sketch Book A5 30 Sheets 1

LYRA

Nama produk

XL® Bristol

The Wall A3

400 Series Toned Sketch Toned Tan Wire Bound (8.5")

Expression Watercolour

Mi-Teintes®

Illustration Pad

Classic Watercolour Pad (Spiral) - Cold Press

Art Collection Sketchbook Pocket

Drawing and Sketching Pad A5

Sketch Book A5 30 Sheets

Keunggulan

Berlatih kaligrafi dengan kertas berlaminasi satin finish

Bebas berkreasi berkat ukurannya yang besar

Gambar akan makin bernyawa dengan sketch paper bernuansa hangat

Bereksplorasi dengan watercolor paper premium berbahan 100% katun

Cocok untuk arang dan oil pastel, ciptakan shading dramatis dengan kertas bertekstur

Kertas putih sempurna untuk kemudahan pemindaian dalam format digital

Lebih puas menyapukan cat air tanpa takut kertas akan melengkung

Muat di kantong! Praktis dan mudah untuk dibawa ke mana saja

Kertas serbaguna untuk pensil, pena, krayon, sampai cat air!

Tersedia isi ulangnya sehingga tidak perlu membeli sketchbook baru!

HargaRp 81.500,00Rp 623.260,00Rp 344.000,00Rp 408.000,00Rp 217.300,00Rp 60.000,00Rp 204.000,00Rp 280.000,00Rp 38.000,00Rp 28.600,00
Jenis kertasDrawing paper satin finish 180 gsmDrawing paper 220 gsmToned tan sketch paperWatercolor paper 300 gsmCharcoal/pastel paper 160 gsmMedium texture paper 250 gsmWatercolor paper 300 gsmCroquis paper, ivory-colored, 165 g/m²Drawing paper 150 gsmDrawing paper
Jumlah kertas50 lembar30 lembar50 lembar20 halaman30 lembar12 lembar12 lembar80 lembar50 lembar30 lembar
Pilihan ukuranA4 (210 x 297 mm) dan A3 (297 x 420 mm)A3 (297 x 420 mm)140 x 216 mm240 x 300 mm, 300 x 400 mm, dan 400 x 500 mm240 x 320 mmA4 (210 x 297 mm) dan A3 (297 x 420 mm)A4 (210 x 297 mm), 254 x 355,6 mm, dan A3 (297 x 420 mm)90 x 140 mmA5 (148 x 210 mm)A5 (148 x 210 mm)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat gambar lainnya di sini

Selain sketchbook, tentu dibutuhkan alat gambar lainnya untuk menunjang Anda berkarya. Peralatan gambar seperti penghapus, pensil warna, krayon, cat air, dan lainnya menjadi hal esensial dalam proses kreatif. Mari simak ulasan pada tautan di bawah ini untuk menemukan peralatan gambar yang sesuai dengan preferensi Anda!

Kesimpulan

Ada berbagai jenis sketchbook yang dapat Anda pilih sesuai tujuan dan keperluan Anda. Teknik dan media gambar yang berbeda tentu membutuhkan tipe kertas yang berbeda pula. Ukuran kertas sketchbook pun sangat berpengaruh sesuai kebutuhan gambar yang Anda inginkan.

Semoga tips memilih sketchbook di atas dapat membantu Anda menemukan produk yang Anda idamkan. Gunakanlah poin-poin di atas untuk mencari sketchbook terbaik sesuai preferensi Anda. Selamat menentukan pilihan dan berkarya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    186.678 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jika dilihat, hampir semua produk pensil warna memang terlihat sama. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang tepat. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Buku & alat tulis
    58.681 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    4.081 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Buku & alat tulis
    44.799 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Sejumlah produsen buku catatan ternama, seperti Kenko, Kiky, dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, ukuran garis, dan motif sampul yang beragam.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    37.824 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Tahukah Anda bahwa membacakan buku cerita untuk bayi memiliki banyak manfaat? Beberapa manfaatnya adalah membentuk bonding atau ikatan antara anak dan orang tua serta menstimulasi kerja otak si kecil. Bahkan, membacakan cerita juga bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Bagi Anda yang sedang mencari buku cerita untuk bayi, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih buku cerita untuk bayi. Setelah itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Beberapa produk yang dapat Anda jumpai ialah dari Gramedia, BOOKaBOOK, dan Ladybird. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    146 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori