• 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi Anda yang menggeluti seni rupa atau mau mulai belajar melukis, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Berbagai jenis kertas sketchbook, seperti kent paper, drawing paper, watercolor paper, charcoal paper, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih mana yang bagus berdasarkan kebutuhan Anda untuk sekadar menekuni hobi, belajar, atau bekerja.

Setelah memahami jenis-jenis kertas sketchbook, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 29 April 2020
  • 19.764 Views
Daftar isi

Cara memilih sketchbook

Sketchbook merupakan kumpulan kertas dalam bentuk buku yang digunakan untuk menggambar. Pemilihan jenis kertas dan ukurannya sangat penting agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan teknik menggambar Anda. Berikut berbagai ulasannya untuk Anda.

Pilihlah tipe kertas berdasarkan material dan kebutuhan

Pemilihan tipe kertas berdasarkan tujuan penggunaan dan material kertas sangat penting untuk membuat pekerjaan seni Anda semakin optimal. Di bawah ini akan kami jelaskan 6 jenis kertas untuk sketchbook yang biasanya beredar di pasaran. Jika Anda ingin menghasilkan karya seni yang indah, pilihlah jenis kertas sketchbook yang sesuai.

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai tujuan

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai tujuan
Pada umumnya, kertas sketchbook yang Anda temui adalah drawing paper. Kertas ini merupakan kertas serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengajar di sekolah, membuat tugas, atau pekerjaan mendesain.
Untuk Anda yang ingin mencoba berbagai teknik menggambar atau hanya ingin membuat sketsa, drawing paper dapat menjadi pilihan Anda karena relatif murah dan mudah ditemukan. Tergantung produsennya, terdapat berbagai variasi tekstur dan ketebalan kertas yang dapat Anda temui di pasaran. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik
Sesuai dengan namanya, watercolor paper sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggambar dengan cat air. Berhubung kertas tersebut memiliki kemampuan hidrofilik yang tinggi, teknik blurring yang khas akan sangat mudah diaplikasikan. Dengan kertas ini, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan teknik cat air untuk menghasilkan berbagai lukisan pemandangan, seperti tumpukan daun hijau di taman, senja di sore hari, langit biru dengan kilauan sinar mentari, dan sebagainya dengan lebih sempurna.
Anda yang sering menggambar dengan cat air pasti sangat memperhatikan tekstur kertas karena dapat berpengaruh terhadap hasilnya. Jenis kertas untuk cat air ada 3, yaitu hot press dengan permukaan halus, cold press dengan permukaan sedikit bertekstur, dan rough press yang sangat bertekstur. Masing-masing akan memberikan hasil akhir yang berbeda pada lukisan Anda sehingga Anda perlu memahami jenis kertas yang cocok untuk Anda.

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa
Ciri khas croquis paper adalah jumlah lembaran yang banyak dengan kertas tipis. Dengan karakter tersebut, kertas ini sangat cocok untuk digunakan menggambar goresan-goresan seperti tubuh manusia, desain baju, atau untuk gambar yang tumpang tindih.
Namun, kertas ini tidak cocok digunakan untuk membuat lukisan cat air maupun cat akrilik karena cat tersebut mengandung banyak air sehingga dapat membuat kertas menjadi melengkung, berkerut, atau malah sampai berlubang. Selain itu, goresan-goresan pena sketsa juga akan sangat terlihat pada kertas.

Kent paper, untuk teknik menggambar dengan pulpen

Kent paper, untuk teknik menggambar dengan pulpen
Kent paper berkarakteristik cukup kuat dan memiliki permukaan yang tidak terlalu rata. Bolpoin dan drawing pen akan bekerja dengan baik pada kertas ini. Selain itu, kertas ini juga tidak mudah robek ketika Anda menggunakan penghapus. Tinta sulit merembes pada kertas ini sehingga Anda dapat membuat gambar tiga dimensi yang membutuhkan garis tumpang tindih dengan leluasa. Jenis kertas ini dapat digunakan untuk membuat kartu nama karena dapat menghasilkan kontras warna tinta yang baik. Namun, sebaliknya kertas ini tidak cocok untuk teknik cat air karena tidak dapat menyerap terlalu banyak kelembapan.
Jika Anda menyukai menggambar atau membuat ilustrasi dengan pena atau copic marker, Anda dapat menggunakan kent paper yang permukaannya halus. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang solid, Anda dapat mencobanya dengan kent paper yang lebih tebal. Sayangnya, jenis kertas ini masih sulit ditemukan di pasaran.

Charcoal paper / gensen paper, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar

Charcoal paper / gensen paper, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar
Charcoal paper, sesuai namanya merupakan kertas yang digunakan untuk melukis menggunakan arang. Kertas ini memiliki ciri khas permukaan yang tidak rata. Arang kurang cocok pada drawing paper karena permukaan drawing paper lebih licin dan tidak bertekstur. Sementara, pada charcoal paper arang dapat bekerja dengan baik berkat permukaan dan tekstur yang tidak rata pada kertas tersebut. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menggambar bayangan serta membuat efek blur.
Ada pula gensen paper yang cocok untuk tinta hitam, membuat kaligrafi dengan brush pen, atau untuk teknik menggambar ala Jepang. Efek shading sangat melekat dengan teknik menggambar menggunakan tinta sehingga akan memberikan impresi yang khas.
Kesenangan menggambar menggunakan tinta atau arang pada kertas ini adalah Anda bisa dengan bebas menciptakan shading atau bayangan dengan mudah. Kedua kertas ini memang masih sangat jarang ditemui, tetapi tentunya kertas ini sangat cocok disandingkan dengan arang atau tinta untuk memberikan efek berbeda.

Pilihlah berdasarkan tempat penggunaan

Setelah jenis kertasnya, Anda harus memperhatikan ukurannya. Ada 3 ukuran yang umum ditemui, yakni ukuran F, A, dan B. Namun, berhubung banyak produk yang dituliskan dalam ukuran milimeter, ketiganya bukan mendeskripsikan ukuran standard produk sketchbook, melainkan menunjukkan seberapa besar kertas yang akan Anda beli. Kami akan menjelaskan pemilihan ukuran kertas terhadap fungsinya untuk Anda.

Ukuran besar untuk mengekspresikan kreativitas

Ukuran besar untuk mengekspresikan kreativitas
Tidak ada ukuran kertas yang terlalu besar untuk berekspresi dan menciptakan suatu karya seni. Jika Anda berencana membawa sketchbook Anda ke luar ruangan untuk menggambar pemandangan atau justru menaruhnya di studio Anda, pilihlah ukuran yang cukup besar. Untuk pekerjaan yang membutuhkan margin, ukuran yang cukup besar akan membantu Anda sehingga area menggambar Anda tetap cukup. Karenanya, bila Anda tidak bermasalah membawa sketchbook berukuran besar, ukuran ini dapat menjadi pilihan terbaik. Contoh ukuran yang cukup besar adalah A3 atau A2.

Ukuran lebih kecil dari A4 untuk Anda yang aktif

Ukuran lebih kecil dari A4 untuk Anda yang aktif
Untuk Anda yang bekerja sebagai desainer, ide memang datang kapan saja. Akan lebih mudah jika Anda memilih sketchbook berukuran kecil yang dapat ditempatkan pada meja Anda. Ukuran B5 atau F3 memakan tempat yang cukup banyak bahkan di dalam tas sehingga kami menyarankan ukuran yang lebih kecil.
Ukuran kertas amat beragam, mulai dari ukuran A3–A6, ukuran B5–B6, hingga ukuran F yang masih cukup jarang ditemui di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, pilihlah ukuran yang pas dan mudah dibawa sehingga Anda dapat menggambar di mana saja saat ide datang.

10 Rekomendasi sketchbook terbaik

Berikutnya kami berikan 10 rekomendasi sketchbook terbaik untuk Anda berdasarkan tipe kertas dan ukurannya. Silakan pilih produk favorit sesuai kebutuhan Anda.
10
9
8
7

Winsor & NewtonClassic Water Colour Spiral – Cold Press

Rp 155.000,00

6
5
4

BellofyWatercolor Paper Pad

Rp 962,44

3
2
1

Tabel perbandingan produk sketchbook terbaik

Gambar produk
1
Canson XL Mix Media 1

Canson

2
Canson The Wall 1

Canson

3
Strathmore 400 Series Toned Sketch Toned Tan 9 x 12″ 1

Strathmore

4
Bellofy Watercolor Paper Pad 1

Bellofy

5
Maruman VifArt Watercolor Paper Sketchbook F4 1

Maruman

6
Canson Illustration Pad A4 1

Canson

7
Winsor & Newton Classic Water Colour Spiral – Cold Press 1

Winsor & Newton

8
Moleskine Art Collection Sketchbook Pocket 1

Moleskine

9
Reeves Drawing & Sketching Pad A5 1

Reeves

10
Lyra Sketchbook A5 1

Lyra

Nama produk

XL Mix Media

The Wall

400 Series Toned Sketch Toned Tan 9 x 12″

Watercolor Paper Pad

VifArt Watercolor Paper Sketchbook F4

Illustration Pad A4

Classic Water Colour Spiral – Cold Press

Art Collection Sketchbook Pocket

Drawing & Sketching Pad A5

Sketchbook A5

KeunggulanGabungkan berbagai teknik t...Bebas kreasikan kreativitas...Buat gambar 3D Anda menjadi...Isi lebih banyak untuk beba...Ciptakan ilusi gambar denga...Kertas putih sempurna untuk...Lebih puas menyapukan cat a...Muat di kantong! Praktis da...Pas dan nyaman untuk diguna...Habis? Beli saja isi ulangn...
HargaRp 6.000,00Rp 189.000,00Rp 344.000,00Rp 962,44Rp 380.000,00Rp 45.000,00Rp 155.000,00Rp 240.000,00Rp 38.000,00Rp 21.500,00
Tautan produk

Kesimpulan

Ada berbagai jenis sketchbook yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Teknik menggambar dengan media lukis yang berbeda membutuhkan kertas yang berbeda pula, terutama ketika Anda menggunakan media basah seperti cat air. Ukurannya pun sangat berpengaruh terhadap kebutuhan.
Semoga Anda terbantu dengan artikel kali ini. Temukan sketchbook yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan be creative!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Beberapa produsen buku catatan seperti Kikki dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif cover yang berbeda.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    14.587 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Zaman sekarang, tempat pensil tak hanya sebagai tempat peralatan tulis, tetapi juga produk untuk bergaya. Berbagai jenis produk banyak beredar di pasaran dengan berbagai karakteristik. Misalnya, tempat pensil berbahan kulit, karet, kayu, bahkan yang berdesain unik.Masih galau harus memilih yang mana? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih tempat pensil. Setelah itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk tempat pensil terbaik untuk berbagai macam keperluan Anda. Baik hendak dibawa ke sekolah, kuliah, maupun kantor, pilihlah yang Anda suka.
    Buku & alat tulis
    4.674 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang lahir sebelum era digital pasti sangat akrab dengan kata “dear diary”, bukan? Menulis buku harian merupakan hal yang biasa dilakukan orang-orang karena memberikan efek lega setelah menulis. Selain itu, Anda dapat menyimpan memori Anda, baik yang menyenangkan maupun yang tidak.Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi buku harian terbaik. Anda akan menemukan buku harian berkualitas keluaran Peekmybook, Ponybrown, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!
    Buku & alat tulis
    4.124 Views
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk alat tulis yang wajib dimiliki. Jika dahulu penghapus hanya digunakan untuk pensil, saat ini bermunculan penghapus yang mampu menghapus bolpoin dan tinta. Banyaknya produk yang beragam tentu membuat Anda bingung.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang baik. Produk-produk dari merek seperti Faber Castell dan Staedtler yang terbaik juga akan kami ulas di bawah ini. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Buku & alat tulis
    4.973 Views
  • 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020)
    Anda sedang mencari bolpoin untuk melengkapi buku catatan yang Anda miliki? Ada banyak sekali bolpoin yang bisa dipilih, mulai dari yang menggunakan bermacam tinta seperti minyak dan frixion, serta yang ukuran dan cara penggunaannya berbeda. Salah satu poin penting untuk dipertimbangkan adalah kenyamanan saat menggunakannya. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih bolpoin yang cocok untuk buku catatan Anda. Beberapa merek terkenal, seperti Faber-Castell, Pilot, dan Zebra juga akan kami rekomendasikan, lho! Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis dan dapatkan bolpoin yang paling pas untuk Anda.
    Buku & alat tulis
    3.204 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    13.480 Views
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Rautan pensil otomatis dapat digunakan untuk menajamkan pensil dengan mudah dan cepat. Ada berbagai jenis rautan pensil yang ada di pasaran saat ini dengan keunggulannya masing-masing, seperti tanpa kabel, desain yang imut, dan sebagainya. Tentunya baik pelajar maupun orang dewasa yang menekuni hobi menggambar akan sangat terbantu bila memiliki produk ini.Dalam memilih rautan otomatis, Anda juga perlu memperhatikan keamanan dalam penggunaannya. Apabila ada anak kecil di rumah, Anda harus lebih memperhatikan faktor keamanan dari rautan otomatis pilihan Anda. Kali ini, kami menjelaskan cara memilih rautan otomatis dan memberi rekomendasi produk terbaik untuk Anda pilih. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    1.042 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori