• 10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)

Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves, Canson, dan Lyra memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam.

Kali ini, kami akan mengenalkan cara memilih sketchbook yang dapat dijadikan referensi baik oleh pemula maupun profesional. Untuk memudahkan Anda, kami akan menghadirkan komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini. Simak tips pemilihan serta rekomendasi produk terbaiknya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Karina Doniho
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Illustrator, Karina Doniho

Profil pakar: Illustrator, Karina Doniho

Karina adalah seorang watercolorist, illustrator, dan abstract artist berbasis di Yokohama yang dikenal dengan pen-name Karinpyong. Karina telah aktif freelancing sebagai artist sejak SMA.

Karina pernah terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Karina juga salah satu artist dalam project American Beauty milik Alya Michelson. Karina terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sketchbook

Sketchbook merupakan kumpulan kertas dalam bentuk buku yang digunakan untuk menggambar. Pemilihan jenis kertas dan ukuran sangat penting agar sesuai dengan kebutuhan dan teknik menggambar Anda. Berikut ini beberapa tips memilih produk sketchbook yang telah kami rangkum untuk Anda.

Kenali berbagai varian kertas dan kegunaannya

Pemilihan produk berdasarkan bahan dan tujuan penggunaannya sangatlah penting untuk mengoptimalkan karya seni yang Anda kerjakan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan enam tipe kertas sketchbook yang biasanya beredar di pasaran. Ciptakanlah karya seni rupa yang indah dengan memilih kertas sketchbook sesuai alat dan teknik menggambar Anda!
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Sketchbook itu bisa diibaratkan seperti piring. Ketika kalian sudah memiliki produk kesukaan yang nyaman dipakai, kalian akan selalu enjoy saat menggunakannya. Ada bermacam-macam jenis sketchbook. Bahkan, dari jenis tersebut masih bisa dibagi lagi berdasarkan jenis kertas dan lainnya. 


Saat memilih sketchbook, kalian sebaiknya melihat dan memegangnya secara langsung, terutama bagian kertasnya. Dengan begitu, kalian dapat mengetahui dan mengenali mana yang cocok dengan selera kalian.

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai kebutuhan

Drawing paper, kertas serbaguna untuk berbagai kebutuhan
Pada umumnya, jenis kertas sketchbook yang sering ditemui di pasaran adalah drawing paper. Kertas ini merupakan kertas serbaguna yang digunakan untuk berbagai teknik menggambar. 


Drawing paper dapat dipakai oleh berbagai kalangan, mulai dari untuk menjalankan hobi maupun profesi yang berkaitan dengan menggambar. Tak heran, kertas ini biasa ditemui di mana saja, baik untuk latihan menggambar maupun bahan mengajar di sekolah.

Jika Anda baru mencoba teknik menggambar atau membuat sketsa, drawing paper dapat menjadi pilihan karena harganya relatif terjangkau. Tekstur dan ketebalan drawing paper sangat bervariasi tergantung mereknya. Silakan temukan spesifikasi drawing paper yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik

Watercolor paper, hasilkan lukisan cat air berkualitas berkat hidrofiliknya yang baik
Jika Anda adalah pengguna cat air dan bermasalah dengan media kertas yang Anda gunakan, silakan coba watercolor paper. Sesuai namanya, watercolor paper sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggambar dengan cat air

Berhubung kertas tersebut memiliki kemampuan hidrofilik yang tinggi, teknik blurring akan sangat mudah diaplikasikan. Dengan kertas ini, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan teknik cat air untuk menghasilkan lukisan pemandangan yang dramatis. 


Penggambaran warna dedaunan musim gugur, gradasi langit biru, serta kilauan cahaya pagi dapat terlukis dengan apik dengan kertas ini. Silakan temukan sketchbook jenis watercolor paper untuk menunjang aktivitas melukis dengan pewarnaan yang lebih optimal.

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa

Croquis paper, jumlah lembaran yang banyak untuk menggambar sketsa
Ciri khas croquis paper adalah jenis kertasnya tipis dengan jumlah lembaran yang banyak. Dengan karakter tersebut, kertas ini biasanya digunakan untuk menggambar garis atau membuat sketsa yang membutuhkan berlembar-lembar kertas.

Croquis paper tidak cocok digunakan untuk membuat lukisan dengan cat air maupun cat akrilik. Hal tersebut dikarenakan kandungan bahan yang likuid atau terlalu basah sehingga dapat membuat kertas mudah berkerut atau sobek. Selain itu, bekas goresan pena juga akan mudah tembus pada lembaran kertas.

Charcoal paper dan gasenshi, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar

Charcoal paper dan gasenshi, berikan kedalaman shading yang berbeda pada gambar
Charcoal paper, sesuai namanya merupakan kertas yang digunakan untuk melukis menggunakan arang. Kertas ini memiliki ciri khas permukaan yang tidak rata. Arang kurang cocok diaplikasikan pada drawing paper karena permukaan kertasnya yang licin dan tidak bertekstur. 

Sebaliknya, arang dapat bekerja dengan baik pada charcoal paper berkat permukaan dan tekstur kertas yang tidak rata. Penggunaan arang dan charcoal paper akan menciptakan shading serta efek blur sehingga ilustrasi Anda menjadi lebih bernyawa.

Ada pula kertas gasenshi yang cocok untuk teknik menggambar dengan tinta atau pena kuas. Biasanya, teknik tersebut digunakan untuk membuat kaligrafi atau lukisan klasik ala Jepang. Efek blur dan shading yang diciptakan dari teknik gambar tinta akan memberikan impresi yang khas pada gambar atau kaligrafi. Sayangnya, jenis kertas ini masih jarang ditemui di pasaran.

Sesuaikan ukuran sketchbook dengan kebutuhan menggambar Anda

Selain jenis kertasnya, Anda harus memperhatikan ukurannya. Ada beberapa ukuran sketchbook yang umum ditemui, seperti ukuran A3, A4, A5, dan ukuran lainnya. Uraian berikut ini tidak mendeskripsikan ukuran standar sketchbook, melainkan menunjukkan besaran kertas yang dapat Anda pilih. Mari simak pemilihan ukuran kertas berdasarkan fungsi dan kebutuhannya berikut ini!

Ukuran A3, cocok untuk tugas kuliah ataupun sekolah

Ukuran A3, cocok untuk tugas kuliah ataupun sekolah
Bagi Anda yang mengikuti pelajaran seni di sekolah ataupun jurusan arsitek dan seni, Anda tentu sudah familier dengan ukuran A3. Kertas berukuran A3 memiliki ukuran 29,7 cm x 42 cm. Ukuran inilah yang sering dipakai untuk tugas sekolah ataupun kuliah.

Karena ukurannya yang cukup besar, Anda bisa lebih bebas berekspresi tanpa dibatasi oleh kendala space gambar yang kekecilan. Namun, di satu sisi ukuran kertas ini mungkin akan lebih sulit dibawa bepergian. Jika Anda menginginkan space gambar lebih, pilihlah kertas berukuran A2 atau bahkan A0.

Ukuran A4, mudah ditemukan dan gampang untuk di-scan

Ukuran A4, mudah ditemukan dan gampang untuk di-scan

Belakangan ini, banyak orang yang memilih untuk membuat sketsa kasar di kertas, lalu menyelesaikan gambar melalui media digital di komputer. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, ukuran kertas A4 mungkin dapat dijadikan pilihan. Kertas berukuran A4 memiliki ukuran dasar 21 cm x 29,7 cm. Ini merupakan ukuran yang umumnya digunakan di printer, faks, serta scanner.


Jika Anda menggambar di atas kertas berukuran A4, tentunya Anda akan lebih mudah melakukan scan di scanner. Ini karena kebanyakan scanner yang dijual untuk kebutuhan rumahan memiliki ukuran kertas maksimum A4. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan digital art, cobalah memilih ukuran ini.

Ukuran A5 atau lebih kecil, dapat dibawa bepergian

Ukuran A5 atau lebih kecil, dapat dibawa bepergian

Ide dan inspirasi bisa muncul di mana saja dan kapan saja. Jika Anda tidak cepat-cepat menuangkannya di kertas, kemungkinan besar Anda akan segera melupakannya. Karena itu, tentunya Anda ingin menyiapkan sketchbook ringan dengan ukuran yang nyaman dibawa bepergian, bukan?


Bagi Anda yang berpikir untuk membawa sketchbook saat bepergian mencari inspirasi, pilihlah kertas berukuran A5. Kertas dengan ukuran 14,8 cm x 21 cm ini dapat Anda selipkan ke dalam tas dengan mudah saat Anda keluar rumah. Selain itu, ukuran ini juga nyaman untuk Anda yang ingin membuat hasil karya kecil dengan ukuran yang terlihat estetik, lho!


Selain ukuran A5, Anda juga bisa memilih ukuran B5 ataupun ukuran kertas lainnya yang lebih kecil. Tujuannya adalah supaya sketchbook mini tersebut bisa Anda masukkan ke dalam saku saat bepergian. Untungnya, saat ini sudah tersedia berbagai sketchbook berukuran minimalis yang dapat Anda beli lewat EC sites.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Sketchbook memiliki banyak variasi jika dilihat dari ukuran, tebal, tekstur kertas, dan desainnya. Untuk itu, kalian bisa menentukan pilihan berdasarkan kebutuhan kalian masing-masing. Karena memang fungsinya jelas berbeda, memiliki beberapa jenis sketchbook itu sah-sah saja, ya. 


Saya sendiri punya sketchbook yang ukurannya segenggaman tangan. Sketchbook seperti ini berguna untuk mengabadikan ide-ide yang muncul dadakan. Selain itu, ukurannya yang kecil memungkinkan saya untuk memasukkannya ke saku jaket. 


Tidak lupa, saya juga memiliki sketchbook utama untuk digunakan bersama dengan cat air. Terakhir, saya melatih tangan atau sekadar doodle dengan menggunakan sketchbook croquis.

Pilih berdasarkan proses pembuatan kertasnya

Selain varian kertas serta ukurannya, sebaiknya Anda juga memperhatikan proses pembuatan kertasnya. Ini karena berbeda prosesnya, berbeda juga tekstur dan sifat kertasnya. Secara umum, proses pembuatan kertas dibagi menjadi cold pressed dan hot pressed. Silakan baca keterangan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cold pressed, tekstur kasar yang mampu menyerap air dengan baik

Cold pressed, tekstur kasar yang mampu menyerap air dengan baik
Kertas yang diproses dengan teknik cold pressed dikeringkan dan di-press dalam keadaan suhu dingin. Hasilnya, kertas cold pressed memiliki tekstur yang lebih kasar. Tipe kertas ini cocok untuk Anda yang mencari kertas dengan kemampuan penyerapan air yang baik untuk cat air. Selain itu, Anda yang ingin bereksperimen dengan charcoal juga bisa mencoba tipe kertas ini.

Hot pressed, tekstur mulus yang menonjolkan detail karya

Hot pressed, tekstur mulus yang menonjolkan detail karya
Secara tradisional, kertas ini diproses dengan cara di-press dengan gulungan besi dalam suhu panas. Hasil dari proses ini merupakan kertas dengan permukaan yang lebih mulus. Karena cirinya tersebut, kertas ini cocok untuk sketching ataupun teknik melukis dengan cat air yang membutuhkan banyak detail. Anda yang suka menggambar menggunakan pensil warna juga cocok menggunakan kertas ini.

Perhatikan ukuran berat kertas

Perhatikan ukuran berat kertas

Di dunia seni, berat kertas sangat penting diperhatikan untuk menghasilkan karya yang bagus. Ini karena salah memilih berat kertas yang tepat bisa saja merusak suatu karya. Ukuran berat kertas sendiri diukur dengan satuan gram per square meter (gsm) atau gramatur. Berikut beberapa keterangan lebih lanjut mengenai berat kertas:


  • 70–80 gsm: Ini merupakan ukuran berat kertas yang sering ditemui sehari-hari. Kertas ini sering dipakai untuk cetak dokumen, skripsi, dan lainnya.
  • 180–260 gsm: Kertas dengan berat ini biasanya lebih tebal dari kertas biasa. Karena itu, kertas ini cocok untuk digunakan saat menggambar sketch dan lainnya.
  • 300 gsm ke atas: Kertas dengan berat ini cocok untuk cat air dan sering digunakan sebagai alas lukis media lainnya. 

Sebagai panduan dasar, makin berat kertasnya, makin kuat ketahanan kertas itu dengan gesekan dan air. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih berat kertas yang tepat untuk karya Anda, ya.

10 Rekomendasi sketchbook terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sketchbook terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.

10
Jenis kertasDrawing paper
Jumlah kertas30 lembar
Pilihan ukuranA3
Jenis pembuatanHot press
Berat kertas220 gsm
9

ReevesDrawing and Sketching Pad A5

Mulai dari Rp 38.000,00

Jenis kertasDrawing paper
Jumlah kertas50 lembar
Pilihan ukuranA3, A4, A5
Jenis pembuatanTidak disebutkan
Berat kertas150 gsm
8

Winsor & NewtonClassic Watercolour Pad

Mulai dari Rp 204.000,00

Jenis kertasWatercolor paper
Jumlah kertas12 lembar
Pilihan ukuranA3, A4. A5
Proses pembuatanCold press
Berat kertas300 gsm
7
Jenis kertasDrawing paper
Jumlah kertas25 lembar
Pilihan ukuranA4, A5
Jenis pembuatanTidak disebutkan
Berat kertas150 gsm
6
Jenis kertasWatercolor paper
Jumlah kertas20 halaman
Pilihan ukuran240 mm x 300 mm, 300 mm x 400 mm, dan 400 mm x 500 mm
Jenis pembuatanCold press
Berat kertas300 gsm
5
Jenis kertasCharcoal/pastel paper
Jumlah kertas30 lembar
Pilihan ukuran240 mm x 320 mm
Jenis pembuatanCold pressed
Berat kertas160 gsm
4
Jenis kertasDrawing paper
Jumlah kertas12 lembar
Pilihan ukuranA3, A4
Jenis pembuatanTidak disebutkan
Berat kertas250 gsm
3
Jenis kertasDrawing paper, satin finish
Jumlah kertas50 lembar
Pilihan ukuranA3, A4
Jenis pembuatanTidak disebutkan
Berat kertas180 gsm
2
Jenis kertasDrawing paper
Jumlah kertas30 lembar
Pilihan ukuranA5
Jenis pembuatanTidak disebutkan
Berat kertasTidak disebutkan
1

DeliBuku Gambar Hard Cover

7697・73601・7696・73357

Mulai dari Rp 260.000,00

Jenis kertasCroquis paper
Jumlah kertas80 lembar
Pilihan ukuranA4, B5, 16K, 8K
Jenis pembuatanTidak disebutkan
Berat kertasTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sketchbook terbaik

Gambar produk
1
Deli Buku Gambar Hard Cover 1

Deli

2
LYRA Sketch Book A5 30 Sheets 1

LYRA

3
CANSON® XL® Bristol 1

CANSON®

4
CANSON® Illustration Pad 1

CANSON®

5
CANSON® Mi-Teintes® 1

CANSON®

6
Hahnemühle Expression Watercolour 1

Hahnemühle

7
Mont Marte Sketch Pad 1

Mont Marte

8
Winsor & Newton Classic Watercolour Pad 1

Winsor & Newton

9
Reeves Drawing and Sketching Pad A5 1

Reeves

10
CANSON® The Wall A3 1

CANSON®

Nama produk

Buku Gambar Hard Cover

Sketch Book A5 30 Sheets

XL® Bristol

Illustration Pad

Mi-Teintes®

Expression Watercolour

Sketch Pad

Classic Watercolour Pad

Drawing and Sketching Pad A5

The Wall A3

Keunggulan

Muat di kantong! Praktis dan mudah untuk dibawa ke mana saja

Tersedia isi ulangnya sehingga tidak perlu membeli sketchbook baru!

Berlatih kaligrafi dengan kertas berlaminasi satin finish

Kertas putih sempurna untuk kemudahan pemindaian dalam format digital

Cocok untuk arang dan oil pastel, ciptakan shading dramatis dengan kertas bertekstur

Bereksplorasi dengan watercolor paper premium berbahan 100% katun

Cocok untuk pensil dan pastel

Lebih puas menyapukan cat air tanpa takut kertas akan melengkung

Kertas serbaguna untuk pensil, pena, krayon, sampai cat air!

Bebas berkreasi berkat ukurannya yang besar

Harga mulai dariRp 260.000,00Rp 28.600,00Rp 81.500,00Rp 60.000,00Rp 217.300,00Rp 408.000,00Rp 30.000,00Rp 204.000,00Rp 38.000,00Rp 623.260,00
Jenis kertasCroquis paperDrawing paperDrawing paper, satin finishDrawing paperCharcoal/pastel paperWatercolor paperDrawing paperWatercolor paperDrawing paperDrawing paper
Jumlah kertas80 lembar30 lembar50 lembar12 lembar30 lembar20 halaman25 lembar12 lembar50 lembar30 lembar
Pilihan ukuranA4, B5, 16K, 8KA5A3, A4A3, A4240 mm x 320 mm240 mm x 300 mm, 300 mm x 400 mm, dan 400 mm x 500 mmA4, A5A3, A4. A5A3, A4, A5A3
Jenis pembuatanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanCold pressedCold pressTidak disebutkanCold pressTidak disebutkanHot press
Berat kertasTidak disebutkanTidak disebutkan180 gsm250 gsm160 gsm300 gsm150 gsm300 gsm150 gsm220 gsm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat gambar lainnya di sini

Selain sketchbook, tentu dibutuhkan alat gambar lainnya untuk menunjang Anda berkarya. Peralatan gambar seperti penghapus, pensil warna, krayon, cat air, dan lainnya menjadi hal esensial dalam proses kreatif. Mari simak ulasan pada tautan di bawah ini untuk menemukan peralatan gambar yang sesuai dengan preferensi Anda!

Kesimpulan

Ada berbagai jenis sketchbook yang dapat Anda pilih sesuai tujuan dan keperluan Anda. Teknik dan media gambar yang berbeda tentu membutuhkan tipe kertas yang berbeda pula. Ukuran kertas sketchbook pun sangat berpengaruh sesuai kebutuhan gambar yang Anda inginkan.

Semoga tips memilih sketchbook di atas dapat membantu Anda menemukan produk yang Anda idamkan. Gunakanlah poin-poin di atas untuk mencari sketchbook terbaik sesuai preferensi Anda. Selamat menentukan pilihan dan berkarya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kertas print dan fotokopi merupakan item yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan bekerja sehari-hari. Sebagian orang mungkin memilih kertas dari harga yang termurah saja. Namun, jika dilihat lebih jauh, jenis kertas, ketebalan, serta gramatur kertas yang dijual di pasaran begitu beragam. Apakah Anda bingung menentukan kertas yang sesuai?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips memilih kertas print dan fotokopi yang tepat untuk Anda. Rekomendasi produk-produk kertas terbaik juga kami ulas. Ada kertas print dan fotokopi yang bagus dari merek PaperOne, SiDU, Bola Dunia, dan sebagainya. Jangan lewatkan artikelnya, ya!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2022)
    Bagaimanakah buku catatan yang bagus menurut Anda? Tentunya, buku catatan yang nyaman dipakai harian, baik untuk sekolah, kuliah, maupun bekerja. Sejumlah merek buku catatan keren, seperti Deli, Joyko, dan Bantex telah menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif sampul yang menarik.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan sepuluh produk buku catatan yang bagus untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis, ya!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kwitansi adalah suatu alat bukti pembayaran uang yang penting dalam transaksi jual beli. Anda dapat membuat kwitansi sendiri menggunakan template yang bisa di-download lewat internet. Namun, akan lebih praktis jika Anda memakai kwitansi yang dijual di pasaran.Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih kwitansi untuk keperluan bisnis Anda. Kami juga akan mengenalkan sepuluh kwitansi yang bagus pilihan kami. Kwitansi dari merek Bamboo, Gelatik Kembar, Paperline dan sebagainya akan kami hadirkan di sini. Baca sampai selesai, yuk!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat buku kesayangan, salah satunya dengan menyampul. Para bibliophile atau penggemar buku pasti merasa senang bila koleksinya bisa rapi dan awet. Namun, produk di pasaran memiliki ragam bahan, ukuran, dan desain. Tak hanya buku catatan, buku cerita rakyat yang besar atau novel yang kecil pun bisa disampul.Kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan sampul buku yang bagus. Ada sampul buku merek BIO, Five Star, dan lainnya. Anda bisa memilih sampul buku cokelat atau sampul buku plastik. Yuk, temukan sampul buku terbaik untuk Anda!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Kuliah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Kuliah (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini kebanyakan orang menyimpan catatan atau mengatur jadwal menggunakan smartphone. Namun, masih ada juga yang memakai buku agenda biasa. Alasannya, buku agenda lebih rapi dan lebih mudah dilihat berkat ukurannya yang lebih besar daripada smartphone. Nah, apakah Anda salah satunya?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih buku agenda yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan buku agenda dari beberapa merek, seperti Bukuqu, Paperie Lab, dan Peekmybook. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa menemukan buku agenda yang cocok. Selamat membaca!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Buku untuk Bullet Journal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku untuk Bullet Journal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada perbedaan antara sibuk dan produktif. Saat merasa sibuk, Anda sebetulnya belum tentu melakukan sesuatu yang produktif. Pastinya, Anda tidak ingin merasa sibuk tanpa melakukan hal produktif, bukan? Nah, metode bullet journal berguna untuk memastikan Anda menjalani aktivitas yang selaras dengan kepercayaan dan kebutuhan Anda. Artikel serta video mengenai bullet journaling telah banyak beredar. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa buku tulis yang cocok digunakan sebagai bullet journal Anda. Mulai dari merek Moleskine, Rhodia, sampai Maruman, semua akan kami bahas satu per satu. Mari simak artikelnya berikut ini. 
    Kertas & buku catatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori