10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rautan pensil otomatis dapat digunakan untuk menajamkan pensil dengan mudah dan cepat. Ada berbagai jenis rautan pensil yang ada di pasaran saat ini dengan keunggulannya masing-masing, seperti tanpa kabel, desain yang imut, dan sebagainya. Tentunya baik pelajar maupun orang dewasa yang menekuni hobi menggambar akan sangat terbantu bila memiliki produk ini.

Dalam memilih rautan otomatis, Anda juga perlu memperhatikan keamanan dalam penggunaannya. Apabila ada anak kecil di rumah, Anda harus lebih memperhatikan faktor keamanan dari rautan otomatis pilihan Anda. Kali ini, kami menjelaskan cara memilih rautan otomatis dan memberi rekomendasi produk terbaik untuk Anda pilih. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih rautan pensil otomatis

Poin-poin apa yang perlu Anda perhatikan ketika sedang memilih rautan pensil otomatis? Faktor fungsi dan keamanan adalah hal terpenting karena rautan otomatis dilengkapi dengan pisau yang dapat berjalan secara otomatis.

Pilih berdasarkan fungsinya

Apa fungsi utama dari rautan pensil otomatis? Setiap produk rautan memiliki beberapa fungsi dasar yang melekat, dan ada pula beberapa fungsi tambahan yang diberikan, contohnya stopper, pemilihan tingkat keruncingan, dan berbagai fungsi lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa fungsi yang ada pada rautan otomatis.

Fungsi stopper, penting untuk keamanan

Fungsi stopper, penting untuk keamanan

Rautan memang berfungsi untuk menajamkan pensil, tetapi yang perlu Anda perhatikan bukan hanya soal kualitas rautannya. Berhubung di dalam alat ini terdapat pisau, periksalah fungsi keselamatan yang disematkan untuk menghindari tangan terluka saat sedang digunakan.

Sewaktu Anda membuka wadah penampung sisa rautan pensil, Anda dapat melihat pisau di bagian dalam rautan. Untuk faktor keselamatan, pilihlah rautan pensil yang dapat berhenti secara otomatis ketika wadah penampung sisa rautan ini dibuka.

Selain itu, mengingat anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki jari berukuran kecil, mereka dapat memasukkan jarinya ke dalam lubang rautan ini. Untuk menghindari hal ini, pilihlah rautan otomatis yang memiliki stopper pensil pada bagian lubang rautan untuk mencegah jari mereka terluka.

Fungsi pemilihan tingkat keruncingan pensil, menambah kenyamanan Anda

Fungsi pemilihan tingkat keruncingan pensil, menambah kenyamanan Anda

Pensil adalah salah satu alat tulis yang dapat Anda sesuaikan tingkat ketebalan dan keruncingannya saat digunakan. Jika Anda hanya memotong bagian ujungnya, tentu kualitas pensil tersebut akan berkurang. Di sisi lain, anak-anak masih kesulitan dalam mengendalikan tekanan pada penggunaan pensil. Oleh karena itu, pensil yang terlalu runcing dapat membahayakan mereka karena dapat patah dengan mudah.

Tergantung jenis pensil dan tujuan penggunaannya, kemampuan rautan otomatis untuk menentukan tingkat ketajaman pensil menjadi hal yang penting untuk pemakaian dalam waktu lama. Di pasaran terdapat banyak jenis rautan pensil otomatis, mulai dari yang tidak memiliki fungsi penyesuaian keruncingan sampai yang memiliki tiga level penyesuaian keruncingan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi pencegahan meraut berlebihan, membuat pensil lebih awet

Fungsi pencegahan meraut berlebihan, membuat pensil lebih awet

Rautan otomatis akan meraut pensil secara otomatis ketika pensil dimasukkan ke dalamnya sehingga penggunaannya pun jadi lebih mudah dibanding menggunakan rautan pensil manual. Namun, hal tersebut justru dapat membuat pensil Anda habis dan terbuang sia-sia akibat rautan pensil tadi tetap meraut terus-menerus.

Hal ini dapat dicegah dengan adanya fungsi pencegahan meraut berlebihan pada rautan otomatis. Mesin rautan akan berhenti setelah meraut pensil secukupnya dan tidak akan meraut pensil secara berlebihan. Selain itu, mengingat anak-anak sering menggunakan rautan otomatis ini sebagai mainan dan bukan benar-benar untuk menajamkan pensil mereka, hal ini tentu akan membuat pensil cepat habis dan menjadi boros. Karena itu, fungsi ini dapat mencegah anak-anak bermain dengan rautan pensil otomatis.

Umumnya, fungsi pencegahan meraut berlebihan ini dimiliki oleh rautan otomatis, tetapi ada juga yang tidak memilikinya. Karena itu, pilihlah baik-baik produk yang hendak Anda beli terutama bila anak Anda juga akan turut menggunakannya.

Fungsi pengeluaran patahan pensil, mudah mengeluarkan pensil yang patah

Fungsi pengeluaran patahan pensil, mudah mengeluarkan pensil yang patah

Rautan pensil otomatis saat ini sudah memiliki desain pisau dan struktur yang dirancang agar tidak mudah membuat pensil patah. Namun, bila terjadi pensil patah ketika sedang diraut, mungkin hal ini akan merepotkan Anda untuk mengeluarkan patahan tersebut. Hal terburuk adalah rautan pensil otomatis Anda dapat menjadi rusak.

Untuk mencegah hal ini terjadi, rautan otomatis saat ini ada yang memiliki fungsi pengeluaran patahan pensil. Pensil yang secara tidak sengaja patah di dalam rautan dapat Anda keluarkan dengan mudah dengan menekan sebuah tombol saja, tentu hal ini sangat aman untuk Anda. Pertimbangkanlah fungsi yang dimiliki rautan otomatis ini, apakah Anda memerlukannya atau tidak. Meski demikian, sayangnya produk seperti ini masih cukup jarang ditemui di pasaran.

Pilih berdasarkan tipe sumber dayanya, baterai atau listrik

Pilih berdasarkan tipe sumber dayanya, baterai atau listrik

Sumber daya rautan pensil otomatis umumnya berasal dari baterai atau listrik.

Keuntungan dari penggunaan baterai pada rautan otomatis adalah alat tersebut dapat digunakan di mana saja. Di lain pihak, Anda perlu mengganti baterainya secara teratur. Sebagian orang juga merasa bahwa tenaga baterai tidak cukup kuat untuk mengoperasikan rautan otomatis dengan baik ketika baterai mulai kehabisan dayanya. Karena itu, kami menyarankan Anda memakai tipe yang dicolokkan ke stopkontak atau melalui sambungan USB saja bila memang tidak berencana untuk memindahkan atau membawanya ke mana-mana.

Rautan pensil otomatis dengan tenaga listrik dapat digunakan secara stabil, tetapi tempat penggunaannya terbatas tergantung ketersediaan stopkontak atau benda yang memiliki port USB. Beberapa rautan otomatis juga ada yang dapat dioperasikan menggunakan baterai atau listrik sekaligus sehingga dapat Anda pilih sesuai dengan lokasi penggunaan Anda.

Pilih desain sederhana yang cocok untuk dewasa dan anak-anak

Pilih desain sederhana yang cocok untuk dewasa dan anak-anak

Beberapa rautan pensil otomatis yang ditujukan untuk anak-anak sering kali didesain dengan gambar atau karakter menggemaskan. Namun, saat anak sudah menjadi lebih besar, mungkin mereka sudah tidak tertarik lagi dengan gambar atau karakter yang ada pada rautan mereka.

Rautan otomatis dapat digunakan terus-menerus dan tidak diganti sesering alat tulis lain, seperti penghapus atau buku catatan. Tergantung penggunaannya, mungkin saja anak Anda bisa menggunakannya sampai ia dewasa. Nah, bila Anda ingin anak Anda menggunakan rautan otomatis untuk jangka waktu lama, sebaiknya Anda memilih produk berdesain sederhana atau memiliki karakter yang disukai oleh setiap jenjang umur, seperti karakter-karakter Disney.

Kemudian, bagian lubang untuk memasukkan pensil akan menjadi kotor seiring dengan penggunaan. Pilihlah produk yang memiliki warna gelap di sekitar lubang pensil agar rautan pensil Anda tidak cepat terlihat kotor.

Pilih berdasarkan ukuran kotak penampung sisa rautan

Pilih berdasarkan ukuran kotak penampung sisa rautan

Pada saat memilih rautan otomatis, biasanya Anda akan fokus pada fungsi serta desain yang dimilikinya. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran kotak sisa rautannya untuk menampung sisa rautan pensil Anda. Apabila ukurannya terlalu kecil, kotak akan cepat penuh sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

Kapasitas kotak rautan pada setiap rautan otomatis ini berbeda-beda. Besaran kapasitas kotak ini ada yang berdasarkan jumlah pensil yang diraut, ada juga yang berdasarkan berapa kali perautan pensil. Karena itu, pastikan terlebih dahulu kapasitasnya sebelum membeli.

Untuk Anda yang sering menggunakan rautan otomatis di meja kerja, sebaiknya pilih produk yang memiliki kotak penampung sisa rautan berkapasitas besar. Sebaliknya, jika Anda sering membawanya untuk digunakan di berbagai macam tempat, pilihlah yang memiliki ukuran kecil.

10 Rekomendasi rautan pensil otomatis terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi rautan pensil otomatis terbaik yang dapat Anda pilih. Perhatikanlah desain, fungsi, dan keamanannya sebelum memilih agar alat ini dapat digunakan untuk waktu yang lama.

10. Electric Pencil Sharpener

10. Electric Pencil Sharpener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 101.000

Semakin praktis dengan adanya dua lubang untuk pensil berdiameter berbeda

Pensil yang beredar di pasaran pada umumnya memiliki beberapa ukuran diameter yang berbeda. Beda ukuran pensil, tentu berbeda pula jenis rautan yang diperlukan. Untuk Anda yang menggunakan lebih dari satu ukuran pensil, milikilah rautan pensil otomatis dengan dua ukuran lubang ini.

Lubang yang pertama dapat digunakan untuk pensil berdiameter 9–12 mm dan lubang kedua untuk pensil berdiameter 6–8 mm. Praktis, hanya perlu memiliki satu buah rautan otomatis untuk berbagai ukuran pensil. Tidak hanya itu, ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk membawanya bepergian di dalam kotak pensil.

9. Sanrio My Melody Slim Electric Pencil Sharpener: Sweet Rosettes

9. Sanrio My Melody Slim Electric Pencil Sharpener: Sweet Rosettes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Desain manis untuk melengkapi meja belajar putri Anda

Rautan otomatis dengan desain yang feminin memang tidak begitu sering ditemukan di pasaran. Salah satunya adalah rautan otomatis keluaran Sanrio ini, dengan gambar karakter My Melody, cocok ditempatkan pada meja belajar putri Anda di rumah. Meja belajar putri Anda akan terlihat lebih menarik dengan adanya rautan otomatis ini.

Selain itu, meja belajar putri Anda pun akan terlihat lebih rapi karena rautan otomatis ini tidak menggunakan kabel untuk menjalankannya, melainkan menggunakan empat buah baterai ukuran AA. Kotak penampung sisa rautan yang dimilikinya pun berwarna transparan untuk memudahkan Anda menentukan kapan harus membuang sisa hasil rautan yang ada.

8. Jielisi Pencil Sharpener 2201

8. Jielisi Pencil Sharpener 2201

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 185.000

Dihidupkan menggunakan baterai bisa, menggunakan colokan USB pun bisa!

Rautan otomatis dengan bentuk pensil ini terlihat unik dan dirasa cocok untuk digunakan oleh anak-anak atau orang dewasa. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan pensil di bagian atasnya, kemudian rautan ini akan berjalan serta berhenti secara otomatis setelah Anda selesai meraut pensil. Mudah, bukan?

Untuk Anda yang sering bepergian dan ingin menggunakan rautan otomatis ini di mana saja, tidak perlu khawatir. Rautan otomatis ini dapat dioperasikan memakai empat buah baterai ukuran AA atau menggunakan daya dari kabel USB. Colokkan kabel ini di laptop atau perangkat lain yang terdapat colokan USB, Anda pun dapat langsung memakai rautan otomatis ini.

7. Electric Pencil Sharpener 831069

7. Electric Pencil Sharpener 831069

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 348.000

Sesuaikan tingkat ketajaman pensil sesuka Anda dengan tiga pilihan ketajaman

Desain yang dimiliki oleh rautan otomatis ini terlihat minimalis dan ramping sehingga tidak akan memakan banyak tempat di meja kerja Anda. Namun, keunggulan utama dari rautan otomatis ini adalah tersedianya fungsi untuk mengatur tingkat ketajaman dari pensil yang akan Anda gunakan. Anda akan mendapatkan pensil dengan tingkat ketajaman yang pas.

Ada tiga ukuran ketajaman pensil yang dapat Anda pilih, yaitu 0,5 mm, 0,85 mm, dan 1,25 mm. Rautan otomatis ini dirasa cocok untuk Anda yang sering menggambar menggunakan pensil dengan tingkat akurasi tinggi. Selain itu, produk ini juga bisa untuk anak-anak yang belum dapat mengendalikan tingkat kekuatan dalam menulis sehingga memerlukan pensil yang tidak begitu tajam.

6. Smiggle Fun Mini Electric Sharpener

6. Smiggle Fun Mini Electric Sharpener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Desain dan ukuran yang imut, mudah dibawa ke mana saja

Memiliki ukuran yang dapat dipegang dalam genggaman Anda, produk ini sangat mudah untuk Anda bawa ke mana saja, bahkan muat dimasukkan ke dalam kotak pensil! Ukuran yang kecil membuat rautan otomatis ini cocok untuk Anda yang membutuhkan rautan pensil ringan dan compact. 

Selain ukurannya yang imut-imut, desain yang dimilikinya pun sangat menggemaskan. Hal ini memang merupakan ciri khas dari produk keluaran Smiggle, yaitu berwarna terang dan mencolok disertai gambar-gambar menarik. Selain dapat digunakan oleh Anda, rautan otomatis ini juga dapat digunakan oleh buah hati Anda sewaktu di sekolah.

5. Automatic Electric Pencil Sharpener Cutter For 6-8mm

5. Automatic Electric Pencil Sharpener Cutter For 6-8mm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 297.000

Daya tahan luar biasa hingga 3000 kali pemakaian!

Pisau yang dimiliki oleh rautan otomatis ini terbuat dari besi dan memiliki bentuk melingkar seperti spiral. Bentuk seperti ini akan membuat hasil rautan pensil menjadi simetris dan efisien. Kemudian, rautan ini akan berhenti secara otomatis saat pensil sudah dirasa cukup tajam dan memiliki kotak penampung sisa rautan berukuran besar.

Anda pun bisa mengoperasikan produk ini dengan mudah karena produk ini dapat dinyalakan melalui sambungan USB atau menggunakan 4 buah baterai ukuran AA. Selain itu, daya tahan pisau ini dapat digunakan hingga 3.000 kali pemakaian. Cocok untuk Anda yang tidak mau sering berganti rautan pensil otomatis.

4. ELM Electric Pencil Sharpener V6

4. ELM Electric Pencil Sharpener V6

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 735.000

Lebih aman dengan adanya fungsi over-heat prevention

Rautan otomatis ini telah memiliki beberapa fungsi yang perlu dimiliki oleh rautan otomatis, seperti fungsi berhenti secara otomatis saat kotak sisa rautan dibuka dan berhenti secara otomatis ketika pensil sudah cukup tajam. Tidak hanya itu, rautan otomatis ini memiliki fungsi pencegahan over-heat untuk menambah keamanan saat produk dipakai dalam frekuensi tinggi.

Desainnya sederhana dan tersedia dalam dua pilihan warna, yakni merah dan biru untuk Anda sesuaikan dengan selera Anda. Dengan berbagai fungsi keamanan plus fungsi pencegahan over-heat yang dimilikinya, membuat rautan otomatis ini cocok untuk dipakai di kantor atau dipakai oleh anak Anda tanpa perlu khawatir lagi akan keamanan saat meraut pensil.

3. Smiggle Auto Light Up Sharpener

3. Smiggle Auto Light Up Sharpener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 210.000

Bisa nyala! Pastinya bisa dijadikan indikator keamanan tambahan, bukan?

Rautan otomatis keluaran Smiggle ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki lampu yang akan menyala ketika sedang meraut. Lampu yang menyala ini tentu menjadi salah satu indikator keamanan yang menandakan rautan sedang bekerja. Tidak hanya itu, rautan otomatis ini juga akan berhenti secara otomatis ketika bagian pisaunya terbuka.

Untuk Anda yang ingin menggunakan rautan otomatis di meja kerja dengan ukuran terbatas, Anda dapat memilih produk ini karena telah dilengkapi dengan alas yang dapat menempel di meja. Dengan adanya fungsi ini, rautan pensil otomatis Anda tidak akan tergeser dengan mudah dan jatuhnya rautan otomatis ini dapat dihindari.

2. Eagle Fully Automatic Pencil Sharpener EG-5148

2. Eagle Fully Automatic Pencil Sharpener EG-5148

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Kapasitas kotak sisa rautan yang besar, tidak perlu terlalu sering dibersihkan

Produk ini memiliki desain yang minimalis dan trendy, dapat Anda gunakan di kantor dan menambah estetika meja kerja Anda. Kualitas pisau yang dimilikinya pun tidak perlu diragukan lagi, terbuat dari bahan stainless steel dan berbentuk spiral, membuat pisaunya tahan lama. Cocok untuk Anda yang menginginkan rautan awet dan tahan lama.

Ukurannya yang ramping membuat rautan otomatis ini tidak memerlukan tempat yang luas untuk meletakkannya. Walaupun ramping, alat ini memiliki kapasitas kotak sisa rautan yang besar, memudahkan Anda agar tidak terlalu sering membersihkannya. Selain itu, kotak sisa rautan ini terbuat dari bahan yang transparan, mudah untuk dilepas dan dibersihkan.

1. ELM Electric Pencil Sharpener V71

1. ELM Electric Pencil Sharpener V71

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 773.000

Praktis menyesuaikan berbagai ukuran pensil hanya dengan satu lubang rautan saja

Memiliki berbagai macam ukuran pensil tidak selalu berarti Anda harus memiliki beberapa rautan otomatis dengan ukuran berbeda-beda pula. Seperti produk yang satu ini, lubang pensilnya dapat disesuaikan untuk pensil ukuran 6,5–12 mm hanya dengan menggeser pengaturnya ke ukuran yang tepat.

Fungsi lainnya adalah tingkat ketajaman pensil dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan alat dapat berhenti secara otomatis ketika kotak sisa rautan dibuka. Aman digunakan, rautan pensil ini dapat digunakan oleh semua anggota keluarga Anda di rumah. Produk ini pun didesain agar Anda dapat dengan mudah mengambil patahan pensil di dalamnya.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda rautan otomatis yang kami rekomendasikan? Sudahkah Anda temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Rautan otomatis dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, oleh karena itu desain merupakan salah satu hal penting untuk Anda pertimbangkan. Perhatikan juga ukuran serta tempat yang tersedia untuk menggunakan rautan otomatis ini sehingga dapat digunakan secara efektif dan tidak ada penyesalan setelah membelinya.