1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Rautan Pensil Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Rautan pensil otomatis adalah alat untuk menajamkan pensil yang memanfaatkan tenaga baterai atau listrik. Cara kerjanya mudah sehingga bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Anda cukup memasukkan pensil patah atau tumpul ke dalam lubang rautan, lalu biarkan mesin rautan pensil berputar otomatis.

Di pasaran Anda bisa menemukan merek rautan pensil yang bagus, misalnya Joyco dan Westcott. Selain harganya bervariasi, bentuknya pun beragam, bahkan ada yang mirip karakter kartun. Namun, manakah yang terbaik? Nah, kali ini kami akan memberikan tips-tips memilih rautan pensil otomatis sekaligus rekomendasi produknya. Yuk, disimak!

Diperbaharui 10-31-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih rautan pensil otomatis

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih rautan pensil otomatis. Simaklah dengan saksama supaya Anda bisa menemukan rautan elektrik yang tepat!

① Perhatikan fungsi tambahan pada rautan pensil otomatis

Secara umum, fungsi rautan pensil otomatis adalah untuk membantu pengguna supaya bisa meraut pensil dengan mudah dan cepat. Namun, tentu akan lebih bagus lagi bila rautan elektrik pilihan Anda memiliki fungsi tambahan lain. Kami akan menjelaskan lebih banyak mengenai beberapa fungsi tambahan yang sebaiknya ada pada rautan otomatis.

Fungsi stopper, penting untuk keamanan

Fungsi stopper, penting untuk keamanan

Karena kegunaan rautan pensil otomatis untuk meruncingkan pensil, tentunya alat ini dilengkapi dengan pisau peruncing di dalamnya. Jika Anda membuka wadah penampung sisa rautan, pisau rautan bisa langsung terlihat. Demi keamanan, pilihlah produk dengan fungsi stopper yang dapat berhenti secara otomatis ketika wadah penampung sisa rautan dibuka.


Selain itu, ada juga penyerut pensil otomatis yang memiliki stopper di bagian lubang rautan. Hal tersebut sangat penting, terutama bagi Anda yang tinggal bersama anak-anak. 


Karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak-anak bisa saja memasukkan jari-jari kecil mereka ke dalam lubang rautan. Dengan adanya stopper pada lubang rautan, jari si kecil tidak akan terluka bila ia tidak sengaja memasukkannya ke dalam lubang.

Fungsi pengaturan tingkat keruncingan pensil, meningkatkan kenyamanan pengguna

Fungsi pengaturan tingkat keruncingan pensil, meningkatkan kenyamanan pengguna

Tiap-tiap orang menggunakan pensil untuk tujuan yang berbeda. Ada yang menggunakan pensil untuk menggambar, menulis, mengarsir, hingga mewarnai. Karena itu, ketajaman pensil yang dibutuhkan tidaklah sama.


Pensil yang terlalu runcing justru akan sulit digunakan oleh anak-anak yang masih belum terbiasa mengatur tekanan pada tangan mereka. Pensil yang terlalu runcing juga akan sangat rapuh sehingga mudah patah ketika ditekan. Untungnya, dewasa ini ada rautan pensil yang dilengkapi fungsi pengaturan ketajaman pensil yang bisa meraut sesuai kebutuhan.

Fungsi pencegahan meraut berlebih, membuat pensil lebih awet

Fungsi pencegahan meraut berlebih, membuat pensil lebih awet

Rautan elektrik akan meraut pensil patah secara otomatis ketika pensil dimasukkan ke dalamnya. Karena itu, penggunaannya lebih mudah dibandingkan rautan biasa. Namun, kemudahan rautan elektrik dapat membuat pensil Anda habis dan terbuang sia-sia akibat rautan yang berlebihan.


Hal ini dapat dicegah dengan adanya fungsi pencegahan meraut berlebihan pada rautan otomatis. Dengan adanya fungsi pencegahan meraut berlebih, mesin akan berhenti setelah meraut pensil secukupnya. Pemakaian pensil pun lebih hemat, terutama jika sering dipakai oleh anak-anak.


Si kecil mungkin merasa rautan pensil otomatis seperti mainan sehingga sering keterusan meraut pensil meski tidak diperlukan. Keberadaan fungsi ini dapat mencegah anak-anak bermain dengan rautan pensil otomatis.


Sebenarnya, fungsi ini ada pada sebagian besar rautan pensil otomatis. Namun, tidak semua produk memilikinya. Karena itu, pilihlah baik-baik produk yang hendak Anda beli, terutama bila si kecil akan ikut menggunakannya.

Fungsi pengeluaran patahan pensil, mencegah kerusakan rautan pensil otomatis

Fungsi pengeluaran patahan pensil, mencegah kerusakan rautan pensil otomatis
Rautan pensil otomatis sudah didesain sedemikian rupa dengan pisau dan struktur khusus agar tidak mematahkan pensil. Namun, terkadang bisa saja pensil patah saat sedang diraut. Bila sudah begitu, mengeluarkan patahan tersebut bisa menjadi masalah tersendiri untuk Anda. Hal terburuk yang dapat terjadi adalah patahan tersebut merusak rautan pensil otomatis. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada rautan otomatis yang sudah dilengkapi fungsi pengeluaran patahan pensil. Dengan begitu, pensil yang secara tidak sengaja patah di dalam rautan dapat dikeluarkan dengan mudah. Cukup menekan sebuah tombol, patahan bisa langsung dikeluarkan dengan aman.

② Pilih berdasarkan sumber dayanya

Pilih berdasarkan sumber dayanya
Secara umum, ada dua sumber daya rautan pensil otomatis, yakni baterai dan listrik. Namun, belakangan ini ada juga produk yang menggunakan kedua jenis sumber daya tersebut. Kami akan menjelaskan keuntungan penggunaan setiap jenis sumber daya rautan mekanik di bawah ini.

  • Sumber daya baterai

Keuntungan dari serutan pensil elektrik bersumber daya baterai adalah dapat digunakan di mana saja. Namun, Anda perlu mengganti baterainya secara teratur supaya rautan tetap efektif digunakan.


  • Sumber daya listrik

Untuk daya yang lebih stabil, kami menyarankan rautan pensil otomatis berdaya listrik dengan sambungan steker atau USB. Rautan pensil elektrik berdaya listrik tentunya lebih cocok bila Anda memang tidak berencana sering memindahkannya. Meski lebih stabil, produk berdaya listrik memiliki tempat penggunaan yang terbatas. Anda pun harus selalu mencari lokasi yang dekat dengan stopkontak atau port USB.


  • Sumber daya baterai dan listrik

Rautan pensil otomatis dengan sumber daya ganda bisa beroperasi menggunakan baterai ataupun listrik. Keberadaan produk seperti ini menjadi jawaban untuk Anda yang ingin memaksimalkan pemakaian serutan. Namun, biasanya produk ini dijual dengan harga yang lebih tinggi.

③ Cek ukuran kotak penampung sisa rautan

Cek ukuran kotak penampung sisa rautan
Saat memilih rautan pensil otomatis, biasanya orang-orang akan fokus pada fungsi dan desainnya. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan ukuran kotak penampung sisa rautan karena setiap produk memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Anda bisa mempertimbangkan jumlah pensil yang diraut serta kuantitas putaran saat memilih kapasitas kotak penampung sisa rautan.

Apabila ukuran wadah penampung sisa rautan terlalu kecil, kotak akan cepat penuh sehingga harus lebih sering dibersihkan. Namun, kotak penampung yang kecil biasanya terpasang pada rautan elektrik berukuran kecil pula. Hal tersebut tentu menjadi nilai plus saat dibawa bepergian.


Sebaliknya, jika Anda sering menggunakan rautan otomatis di meja kerja, pilihlah produk dengan kotak penampung sisa rautan yang berkapasitas besar. Dengan begitu, Anda tidak perlu berulang kali membersihkan wadah penampungan.

10 Rekomendasi rautan pensil otomatis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rautan pensil otomatis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Joyko

Serutan

Joyko Serutan  1枚目

Terlihat profesional dengan desain yang tampak kokoh

2

Tenwin

Double Hole Electric Pencil Sharpener

Tenwin Double Hole Electric Pencil Sharpener 1枚目

Dapat meraut dua ukuran pensil sekaligus!

3

Rautan Pensil Otomatis

 Rautan Pensil Otomatis 1枚目

Hasilkan pensil dengan tajam yang pas untuk anak-anak

4

Electric Pencil Sharpener Battery Powered

 Electric Pencil Sharpener Battery Powered 1枚目

Daya tahan mata pisaunya luar biasa meski telah diasah seribu kali

5

Deli

Electric Pencil Sharpener

Deli Electric Pencil Sharpener 1枚目

Secara otomatis mencegah kerusakan mesin akibat panas

6

Rautan Pensil Otomatis Karakter Kartun

 Rautan Pensil Otomatis Karakter Kartun 1枚目

Desain imutnya pasti disukai anak-anak

7

SDI

2Way Xchanger

SDI 2Way Xchanger 1枚目

Unik, dapat digunakan sebagai rautan elektrik dan rautan manual

8

ELM

Electric Pencil Sharpener

ELM Electric Pencil Sharpener  1枚目

Tampilannya dinamis serta tidak memakan banyak ruang di meja

9

Westcott

iPoint Evolution Electric Pencil Sharpener

Westcott iPoint Evolution Electric Pencil Sharpener 1枚目

Ketajaman pisau lebih terjaga dalam jangka panjang

10

Smiggle

Auto Light Up Sharpener

Smiggle Auto Light Up Sharpener 1枚目

Lampu menyala sebagai indikator keamanan saat digunakan

Perincian produk
Close
No.1

Terlihat profesional dengan desain yang tampak kokoh

Kelebihan:

  • Desainnya kokoh dan berat sehingga tampak profesional
  • Terdapat label untuk memudahkan penggantian pisau rautan
  • Sampah rautan mudah dikeluarkan

Kekurangan:

  • Baterai yang digunakan untuk beroperasi tergolong banyak

Rautan pensil otomatis umumnya memiliki desain yang fun sehingga kurang cocok digunakan oleh orang dewasa. Namun, tidak begitu dengan produk ini! Rautan pensil putar Joyko ini didesain cukup berat dan kokoh sehingga tampak profesional saat diletakkan di meja. Bagi Anda yang berencana membeli rautan pensil yang bagus untuk di kantor, pertimbangkanlah produk ini.

No.2

TenwinDouble Hole Electric Pencil Sharpener8004

Mulai dari Rp56.000,00

Dapat meraut dua ukuran pensil sekaligus!

Kelebihan:

  • Dilengkapi dua lubang rautan dengan ukuran yang berbeda
  • Dilengkapi safety cover

Kekurangan:

  • Pengoperasiannya membutuhkan empat buah baterai

Pensil yang beredar di pasaran umumnya memiliki beberapa ukuran diameter yang berbeda. Beda ukuran pensil, tentu berbeda pula jenis rautan yang diperlukan. Sering kali Anda terpaksa harus membeli dua rautan dengan ukuran berbeda.


Tidak usah pusing lagi! Anda yang menggunakan beragam ukuran pensil bisa memilih rautan pensil otomatis dengan dua ukuran lubang ini. Uniknya lagi, produk ini dilengkapi safety cover pada lubang yang besar agar si kecil tidak memasukkan jari ke dalamnya. Lebih praktis sekaligus aman, bukan?

No.3

Hasilkan pensil dengan tajam yang pas untuk anak-anak

Kelebihan:

  • Desainnya lucu dan menarik
  • Ketajaman pensil yang diserut pas untuk anak-anak

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa rautan ini tergolong ringkih

Saat si kecil baru mulai belajar memegang pensil, tentunya tidak dibutuhkan pensil yang terlalu tajam. Oleh sebab itu, pemilihan serutan pensil otomatis dengan bentuk karakter boneka beruang ini adalah langkah yang tepat. Produk ini mampu menyerut pensil dengan ketajaman yang tidak terlalu runcing. Dengan begitu, pensil bisa lebih aman digunakan oleh anak-anak.

No.4

Electric Pencil Sharpener Battery Powered

Mulai dari Rp150.000,00

Daya tahan mata pisaunya luar biasa meski telah diasah seribu kali

Kelebihan:
  • Mata pisaunya terbuat dari stainless steel yang kuat dan tahan lama
  • Desainnya imut dan lucu

Kekurangan:

  • Bahan bodinya tergolong ringkih

Keunikan dari alat untuk menajamkan pensil ini terletak pada mata pisaunya yang terbuat dari stainless steel yang kuat. Karena itu, mata pisaunya diklaim dapat tetap tajam meski telah diasah hingga seribu kali. 


Dengan begitu, Anda tak perlu kebingungan saat mata pisau dari rautan pensil otomatis ini tiba-tiba terasa tumpul. Cukup asah dan gunakan kembali! Produk yang pas untuk Anda yang tidak ingin repot harus mengganti bilah pisau, ya.

No.5

DeliElectric Pencil Sharpener71204

Mulai dari Rp119.000,00

Secara otomatis mencegah kerusakan mesin akibat panas

Kelebihan:

  • Dapat berhenti otomatis saat mesin terlalu panas
  • Menggunakan sumber daya ganda

Kekurangan:

  • Perlu diberi jeda 5–10 menit setiap 30 kali pemakaian

Ketika dipakai secara terus-menerus, biasanya mesin rautan pensil akan memanas sehingga berpotensi terjadi korsleting. Akibatnya, mesin rautan akan mudah rusak. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada rautan pensil listrik yang satu ini.


Deli Electric Pencil Sharpener dilengkapi dengan fitur pencegah panas berlebih. Dengan begitu, mesin akan berhenti secara otomatis ketika dirasa terlalu panas. Keberadaan fitur tersebut tentu akan sangat membantu bagi Anda yang menggunakan rautan pensil otomatis bersama banyak orang.

No.6

Rautan Pensil Otomatis Karakter Kartun

Mulai dari Rp60.000,00

Desain imutnya pasti disukai anak-anak

Kelebihan:

  • Mudah dilepas pasang
  • Dilengkapi antiselip

Kekurangan:

  • Kepala bonekanya berpotensi untuk rusak

Anda berencana membelikan rautan pensil otomatis untuk si kecil? Jatuhkanlah pilihan pada rautan pensil otomatis motif karakter hewan ini. Model produk ini sangat unik karena kepala bonekanya juga menjadi lubang rautan. 


Selain itu, produk ini dilengkapi dengan antiselip di bagian bawahnya sehingga dapat menempel pada permukaan meja. Tak perlu takut akan terjatuh dan rusak saat tak sengaja tersenggol oleh si kecil.

No.7

SDI2Way Xchanger0174B

Mulai dari Rp202.000,00

Unik, dapat digunakan sebagai rautan elektrik dan rautan manual

Kelebihan:

  • Dapat digunakan sebagai rautan elektrik dan manual

Kekurangan:

  • Wadah sampahnya cenderung kecil

Penggunaan rautan pensil otomatis memang sangat memudahkan. Namun, pernahkah Anda berpikir bagaimana bila listrik padam atau baterai habis saat Anda harus meraut? Jika Anda ingin menghindari terjadinya hal tersebut, rautan pensil ini adalah solusinya.


Produk ini dapat digunakan dalam dua cara, yakni otomatis dan manual. Jadi, saat baterainya habis, Anda tak perlu panik. Gunakan saja produk ini untuk meraut pensil secara manual. Unik, ya!

No.8

ELMElectric Pencil Sharpener V-3

Mulai dari Rp369.800,00

Tampilannya dinamis serta tidak memakan banyak ruang di meja

Kelebihan:

  • Tidak memakan banyak ruang penyimpanan
  • Mesin akan berhenti bekerja saat wadah pembuangan dibuka

Kekurangan:

  • Harganya kurang ramah di kantong

Mesin rautan pensil otomatis umumnya memiliki desain yang bulky. Namun, tidak begitu dengan produk ini. Rautan pensil otomatis ini memiliki ukuran yang tidak begitu lebar sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang di meja belajar. Karena itu, produk ini pas untuk Anda yang memiliki meja belajar dengan ukuran terbatas.


Selain itu, rautan berdesain modern ini berbentuk membulat pada kedua ujungnya sehingga menampilkan kesan dinamis. Karena visualnya tersebut, produk ini bisa dijadikan hiasan yang fungsional di meja Anda.

No.9

WestcottiPoint Evolution Electric Pencil Sharpener16869

Mulai dari Rp199.900,00

Ketajaman pisau lebih terjaga dalam jangka panjang

Kelebihan:

  • Ketajaman pisaunya lebih tahan lama
  • Dilengkapi fungsi auto-stop

Kekurangan:

  • Wadah penampungnya kurang praktis untuk dibersihkan

Salah satu kendala saat menggunakan rautan elektrik adalah ketajaman pisaunya yang mudah menurun, terlebih bila sering digunakan. Nah, jika Anda memiliki frekuensi menyerut pensil yang tergolong tinggi, pastikan untuk memilih rautan pensil terbaik ini.


Pisau dari produk ini dibuat menggunakan teknologi Titanium Bonded yang diklaim mampu menjaga ketajaman bilahnya dalam jangka panjang. Anda pun tak perlu berulang kali mengganti pisau pada peruncing pensil otomatis ini.

No.10

SmiggleAuto Light Up Sharpener

Mulai dari Rp270.000,00

Lampu menyala sebagai indikator keamanan saat digunakan

Kelebihan:

  • Dilengkapi lampu yang menyala saat beroperasi
  • Dilengkapi antiselip di bagian alasnya

Kekurangan:

  • Harganya tergolong premium

Keunikan rautan pensil elektrik merek Smiggle ini terletak pada keberadaan lampu yang akan menyala secara otomatis saat mesin bekerja. Lampu yang menyala ini tentu bisa menjadi indikator keamanan tambahan. Hal tersebut akan sangat menguntungkan, terutama bagi Anda yang sering terburu-buru harus meraut pensil patah tanpa sempat memeriksa rautan.

Baca juga rekomendasi alat tulis lainnya di sini

Selain rautan pensil otomatis, masih ada banyak produk lain yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tulis-menulis dengan efisien. Untuk membantu Anda memilih, kami telah merangkumnya di dalam artikel di bawah ini. Silakan klik link di bawah untuk membaca artikel selanjutnya!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda rautan otomatis yang telah kami rekomendasikan di atas? Sudahkah Anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan? Rautan pensil otomatis merupakan produk yang dapat digunakan untuk jangka waktu lama. Karena itu, desain dan fungsi merupakan hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. 


Perhatikan juga ukuran serta tempat yang tersedia untuk menggunakan dan meletakkan rautan otomatis ini. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara efektif, tanpa ada penyesalan setelah membelinya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer