10 Rekomendasi Ukulele Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Ukulele Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2019)

Ukulele adalah salah satu alat musik petik yang relatif mudah dipelajari. Jika Anda baru memulai belajar memainkan alat musik, ukulele adalah salah satu pilihannya. Ukulele mudah didapatkan dan tidak sulit untuk dimainkan karena ukurannya yang kecil.

Anda mungkin bingung mencari ukulele untuk pemula karena ada beberapa jenis ukulele yang bagus, seperti Enya, Fender, dan Ibanez. Selain itu, material dan kelengkapan paket juga merupakan hal yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih ukulele. Artikel ini akan membantu Anda agar bisa memilih ukulele terbaik untuk pemula.

Daftar isi

Cara memilih ukulele untuk pemula

Ada beberapa karakter yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih ukulele. Di antaranya adalah ukuran, jenis tuning peg, bahan, harga, dan kelengkapannya.

Pilih ukuran yang tepat agar mudah dimainkan

Pilih ukuran yang tepat agar mudah dimainkan

Ukulele memiliki empat tipe ukuran, yaitu sopran, concert, tenor, dan baritone. Biasanya pemain ukulele pemula disarankan untuk menggunakan ukulele tipe concert. Ukulele tersebut memiliki bentuk sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, serta memiliki rentang titinada yang bagus untuk bermain solo.

Ukulele sopran juga cocok untuk pemain pemula karena ukurannya yang kecil dan suaranya yang khas. Ukuran ukulele sopran dan concert adalah yang paling direkomendasikan untuk para pemain ukulele pemula. Anda bisa memilih salah satu ukulele tersebut sebagai ukulele pertama Anda.

Jika Anda memiliki perawakan yang besar, mungkin ukulele tenor atau baritone akan cocok untuk Anda. Keduanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dua ukulele di atas. Untuk memastikan ukuran yang sesuai dengan Anda, sebaiknya mencoba ukulele di toko alat musik sehingga Anda bisa mendapatkan ukuran terbaik.

Pilih yang tuning peg-nya mudah disetem

Pilih yang tuning peg-nya mudah disetem

Ukulele disetem dengan menyesuaikan tuning peg yang berada di bagian kepalanya. Ada dua tipe tuning peg yaitu tipe straight dan tipe gear. Tuning peg tipe gear dianjurkan untuk pemain pemula karena cara menyetemnya yang mudah. Bentuk tuning peg tipe gear ini sama dengan tuning peg pada gitar dan bas.

Dibandingkan tuning peg tipe straight, tipe gear lebih mudah disetem dan tidak perlu mengencangkan sekrup seperti pada tipe straight. Pemain ukulele pemula pun bisa dengan mudah menyetem ukulelenya. Meskipun tipe straight kelihatannya bisa disetem lebih cepat, tipe gear cenderung lebih mudah disetem. Ukulele dengan tuning peg tipe straight ini sayangnya masih cukup sulit ditemukan di toko online Indonesia.

Pilih material dengan suara dan tampilan yang Anda sukai

Banyak bahan kayu yang digunakan untuk membuat ukulele. Dalam artikel ini, kami akan membahas empat di antaranya yang umum digunakan sebagai bahan ukulele.

Hawaiian core untuk ukulele klasik

Hawaiian core untuk ukulele klasik

Bahan ini adalah material klasik untuk ukulele dan mampu menghasilkan suara yang terdengar cerah, renyah, dan penuh keceriaan. Hawaiian core memiliki corak kayu yang tidak beraturan sehingga tidak ada ukulele yang bercorak serupa. Corak unik ini pun memengaruhi harga ukulele. Tampilannya sangat indah, berwarna cokelat atau cokelat kemerahan yang banyak disukai orang.

Kayu mahoni untuk suara dan rentang nada yang tinggi

Kayu mahoni untuk suara dan rentang nada yang tinggi

Seperti hawaiian core, kayu mahoni juga merupakan bahan klasik dan populer untuk dijadikan ukulele. Alat musik ini menghasilkan suara indah berfrekuensi tinggi dan secara umum suaranya pun terdengar mantap. Harga ukulele dari kayu mahoni beragam, mulai dari yang murah hingga mahal, tergantung corak kayu dan lokasi pembuatannya. Ukulele kayu mahoni menghasilkan suara yang manis, cocok untuk Anda gunakan bermain musik jazz atau genre musik lainnya.

Kayu mangga untuk suara lembut dan manis

Kayu mangga untuk suara lembut dan manis

Kayu mangga memiliki warna yang tidak teratur sehingga Anda tidak akan menemukan ukulele yang serupa. Jika Anda ingin memilih ukulele dari kayu mangga, sebaiknya Anda membelinya di toko sehingga bisa melihat coraknya secara langsung. Suara yang dihasilkannya lebih lembut dan manis dibandingkan ukulele berbahan hawaiian core atau kayu mahoni. Jika Anda ingin memainkan musik lembut, ukulele dengan material ini adalah alat musik yang sesuai.

Kayu maple untuk tampilan feminin dan suara yang renyah

Kayu maple untuk tampilan feminin dan suara yang renyah

Kayu maple berwarna abu-abu muda hingga putih dan berbahan sangat keras. Suara yang dihasilkan ukulele kayu maple keras dan renyah. Kayu maple sering digunakan sebagai bahan gitar listrik. Warnanya yang pucat membuat ukulele ini tampak cantik dan feminin. Bahan ini mungkin akan sesuai dengan selera jika Anda mencari ukulele yang berbeda dari yang lain.

Produk dengan harga di atas Rp 1 juta lebih asyik digunakan

Produk dengan harga di atas Rp 1 juta lebih asyik digunakan

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli alat musik, mungkin Anda akan ragu membeli ukulele dengan harga terlalu mahal. Banyak ukulele yang dijual di bawah harga satu juta rupiah. Akan tetapi, ukulele dalam rentang harga tersebut mungkin terasa kurang nyaman saat digunakan, disetem, atau memiliki suara yang kurang merdu. Untuk para pemula yang memiliki dana lebih, kami sarankan menggunakan ukulele dengan harga di atas satu juta rupiah karena akan memberikan kenyamanan berlatih dan kestabilan suara.

Periksalah kelengkapan paket ukulele saat membeli

Periksalah kelengkapan paket ukulele saat membeli

Tidak banyak peralatan yang Anda butuhkan untuk mulai memainkan ukulele. Di antaranya adalah tuner, kain pembersih, tas penyimpanan, dan buku instruksi bagi pemula. Anda bisa memilih ukulele yang dijual dalam paket lengkap yang berisi peralatan tersebut. Hal ini merupakan kelebihan yang akan memudahkan Anda dalam memainkan dan merawat ukulele.

10 Rekomendasi ukulele terbaik untuk pemula

Di bawah ini kami telah memilih beberapa rekomendasi ukulele untuk pemula. Berbagai jenis ukulele bisa Anda gunakan sebagai pemula, mulai ukulele sopran, concert, tenor, dan baritone. Yuk, lihat selengkapnya dan pilih sesuai kebutuhan Anda!

10. Cowboy Ukulele Tenor

10. Cowboy Ukulele Tenor

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Dengan harga lebih ekonomis, dapatkan bodi yang lebih besar

Cowboy merupakan salah satu merek ukulele yang menjadi rekomendasi bagi para pemula. Jika Anda berpikir ukulele tenor ini berharga mahal, Anda keliru. Harganya termasuk salah satu yang ekonomis di antara jajaran ukulele rekomendasi kami. Namun, kualitas suaranya cukup mumpuni karena terbuat dari kayu mahoni terbaik.

Sesuai dengan tipenya, Cowboy Ukulele Tenor memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan tipe sopran dan concert. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki perawakan yang besar, produk yang satu ini akan pas dalam genggaman tangan Anda.

Material Kayu mahoni
Ukuran Tenor
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan (soft case), tuner, kain pembersih, buku instruksi

9. Ukulele Kayu Mangga

9. Ukulele Kayu Mangga

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 520.000

Tropical sound mendayu dari ukulele yang tiada duanya di dunia

Di Indonesia, kayu mangga biasanya dijadikan bahan baku untuk membuat furnitur. Namun, kayu jenis ini juga cocok dijadikan sebagai bahan pembuat ukulele. Berbeda dengan bahan kayu mahoni atau maple, suara yang dihasilkan kayu jenis ini lembut dan manis, khas suara daerah khatulistiwa.

Anda menginginkan ukulele yang berbeda dari orang lain? Bahan ini sangat cocok untuk Anda! Dengan warna bodi yang terang dan pola yang unik membuat ukulele yang Anda pilih tidak ada kembarannya di dunia. Mantap, bukan?!

Material Kayu mangga
Ukuran Tidak ada keterangan
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan (soft case)

8. Maple Basswood Soprano Ukulele

8. Maple Basswood Soprano Ukulele

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 286.000

Harganya tidak bikin kantong bolong

Ukulele sopran ini tersedia dalam dua warna yang menarik yaitu hitam dan merah muda. Terbuat dari kayu maple, ukulele dengan empat senar nilon ini menghasilkan suara yang renyah dan keras, tetapi merdu seperti ukulele klasik lainnya. Meski kayu maple memberi kesan feminin, tetapi ukulele ini unisex sehingga cocok digunakan siapa pun.

Dengan tuning peg tipe gear, senar-senar pada ukulele ini tidak sulit untuk disetem, bahkan oleh pemula. Selain itu, ukurannya tidaklah besar sehingga semakin mudah untuk Anda mainkan. Apabila Anda memiliki dana terbatas, tetapi membutuhkan ukulele berkualitas, tentunya produk ini adalah solusi tepat.

Material Kayu maple
Ukuran Sopran
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan (soft case), straptuner, senar, picks

7. Mahalo U-Smile Series – Soprano

7. Mahalo U-Smile Series - Soprano

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 490.000

Bikin suasana makin ceria dengan desain smiley!

Apabila Anda ingin menciptakan suasana ceria sambil memainkan ukulele, produk ini adalah partner yang pas. Desain smiley membuat ukulele ini terlihat khas dan nuansa keceriaan pun semakin kentara. Apalagi, ukulele ini dibuat dari perpaduan kayu sengon, jabon, dan mahoni sehingga mampu menghasilkan suara yang tinggi.

Tidak hanya itu, nada yang dihasilkan senar Aquilla Nylgut-nya pun cerah, nyaring, dan jelas. Alat musik ini juga sudah hadir satu paket dengan tas dan aksesori lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung saat hendak menyimpan, membawa, dan memainkannya.

Material Kayu mahoni
Ukuran Sopran
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan (soft case), tuner, senar, pick, buku instruksi, stiker

6. Aklot Solid Mahogany Concert Ukulele Starter Kit

6. Aklot Solid Mahogany Concert Ukulele Starter Kit

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.499.900

Ukulele dengan starter kit yang esensial. Tidak buat tangan sakit saat dimainkan

Ketika membeli produk ini, Anda tidak hanya memperoleh ukulele concert saja, tetapi juga starter kit yang cukup komplet. Oleh sebab itu, jika Anda mencari ukulele yang sudah satu paket dengan berbagai peralatan tambahan fungsional, produk ini layak dipertimbangkan.

Terbuat dari kayu mahoni, ukulele ini mampu menghasilkan suara yang renyah saat Anda gunakan. Selain itu, produk ini memiliki fretboard yang sangat mulus sehingga tidak akan menggesek tangan Anda saat belajar memainkan ukulele. Leher ukulele diperkuat di bagian dalamnya. Ukulele pun kokoh, tidak mudah retak atau patah.

Material Kayu mahoni
Ukuran Concert
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan (soft case), tunerpicks, senar, kain pembersih, buku instruksi, gift card

5. Kmise Mahogany Baritone Ukulele

5. Kmise Mahogany Baritone Ukulele

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.099.900

Ukulele besar untuk Anda dengan rentang tangan panjang

Ukulele baritone memiliki ukuran terbesar dengan panjang 30 inci. Mungkin agak sulit untuk dijadikan ukulele bagi Anda yang bertangan kecil. Namun, alat musik ini akan cocok bagi Anda yang memiliki rentang tangan yang panjang. Ukulele ini juga memiliki empat senar Aquila yang menghasilkan suara merdu dengan nyaring dan mantap.

Tidak hanya itu, penggunaan neck berbahan rosewood memungkinkan produk ini untuk menghasilkan nada yang terdengar bulat dan warm. Tuning peg-nya menggunakan tipe closed gear sehingga tidak hanya mudah disetem, tetapi juga membuat ukelele terlihat lebih rapi dan cantik.

Material Kayu mahoni
Ukuran Baritone
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket ×

4. Enya X1C Travel HPL Koa & Mahogany Cutway

4. Enya X1C Travel HPL Koa & Mahogany Cutway

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.766.800

Genjrang ukulele trendi bersama dengan marakas. Meriah!

Model cut out ukulele ini tidak hanya membuatnya terlihat trendi, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memainkan nada-nada tertinggi di bagian ujung fret-nya. Bagian bridge-nya juga sudah dikustomisasi sehingga mampu menghasilkan nada-nada indah secara stabil saat dimainkan.

Apabila Anda menginginkan ukulele berdesain keren dengan banyak bonus, produk ini sudah pasti merupakan pilihan tepat! Saat Anda membeli produk ini, Anda tidak hanya memperoleh senar cadangan dan pick saja, tetapi juga marakas plus capo, lho!

Material Kayu mahoni, kayu koa (Hawaiian core)
Ukuran Concert/Tenor
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan, pickcapo, rideo cableshoulder strap, marakas, senar, kain pembersih, buku instruksi

3. Mahalo Laser Engraving Series Pineapple

3. Mahalo Laser Engraving Series Pineapple

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 742.500

Bentuk nanas yang unik dan menarik membuat permainan semakin asyik

Alat musik dari Hawaii ini menghasilkan suara manis dan merdu, serasa berada di Hawaii saat mendengarkannya. Salah satu produk dari Mahalo ini memiliki bentuk yang menyerupai buah nanas, lengkap dengan motif laser print. Sangat unik dan menghibur untuk dilihat, ukulele ini sangat sesuai bagi Anda yang mencari produk berdesain lucu.

Produk lucu yang satu ini terbuat dari kombinasi kayu teak dan mahoni. Kombinasi tersebut membuat ukulele kuat, tahan lama, dan juga memiliki kualitas tinggi baik dalam performa dan suaranya. Dilengkapi dengan senar Aquilla Nylgut, Anda sebagai pemula akan merasa puas belajar dengan ukulele ini.

Material Kayu mahoni
Ukuran Sopran
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan

2. Ibanez UKC10

2. Ibanez UKC10

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.080.000

Nikmati nada mid-high yang memesona

Ukulele ini dilengkapi dengan tas yang memudahkan Anda untuk membawanya ke mana pun Anda berlatih atau tampil. Lalu, tuning peg-nya mudah disetem karena menggunakan tipe gear dan terlihat menarik dengan krom di permukaannya. Bahan kayu mahoni sapele membuat suara ukulele ini terdengar tegas dan bulat.

Perpaduan kayu mahoni sapele dengan kayu purpleheart pilihan di bagian fretboard dan bridge-nya memungkinkan ukulele ini untuk menghasilkan nada-nada mid-high yang renyah dan nyaring. Jika Anda senang memainkan ukulele pada rentang nada mid-high, tentu produk ini wajib Anda miliki.

Material Kayu mahoni sapele
Ukuran Concert
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket Tas penyimpanan (soft case)

1. Fender Venice Soprano Ukulele

1. Fender Venice Soprano Ukulele

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 885.000

Dengan bridge model pull-through bridge, mengganti senar kini tidak perlu repot lagi

Ukulele yang terinspirasi dari daerah Venice di California ini memiliki bentuk ringkas dan bobot yang ringan, mudah dibawa ke mana pun saat ingin berlatih. Suaranya ringan, jelas, dan renyah, klasik khas ukulele. Headstock-nya memiliki bentuk seperti yang terdapat pada gitar terkenal Fender Telecaster, menonjolkan ciri khas Fender.

Dibuat dengan bentuk leher yang ramping berbentuk C, ukulele ini semakin nyaman dipegang dan dimainkan. Selain itu, dengan bridge model pull-through, Anda semakin mudah mengganti senar saat diperlukan. Jika Anda menyukai kepraktisan, produk ini sangat layak dipertimbangkan.

Material Maple (baswood), hardwood
Ukuran Sopran
Tuning peg Gear
Kelengkapan paket ×

Baca juga rekomendasi ukulele dan aksesori musik lainnya di sini!

Selain ukulele untuk pemula yang telah dibahas dalam artikel ini, ada juga produk ukulele dan aksesori musik lainnya yang dapat membuat kegiatan bermusik Anda semakin komplet. Simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menentukan pilihan ukulele apa yang akan Anda gunakan? Tentu saja sebagai pemula, Anda tidak ingin salah dalam memilih ukulele. Jika Anda memiliki budget yang besar Anda tidak perlu bingung saat memilih. Namun, jika Anda memiliki budget terbatas Anda bisa menimbang dan memilih ukulele yang sesuai dengan selera Anda. Selamat memilih!