10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!

Daftar isi

Cara memilih kompor gas

Meskipun kompor gas sangat umum dimiliki orang-orang, tetapi tetap saja sebagian besar orang kesulitan saat ingin memilih kompor gas. Untuk itu, mari simak terlebih dahulu poin-poin yang harus diperhatikan dalam membeli kompor gas.

Periksa ukuran kompor gas adalah hal yang penting!

Ukuran kompor gas sangat penting untuk diperhatikan dengan detail karena berkaitan dengan tempat instalasinya. Jangan sampai ketika kompor gas sudah dibeli, ruangan instalasinya tidak mencukupi untuk meletakkan kompor tersebut. Karena itu, periksalah lebar dan tinggi kompor gas Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan membelinya.

Memeriksa ukuran kompor merupakan hal yang penting

Untuk lebar umumnya terdapat dua jenis, yakni 59 cm dan 56 cm

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengecek ukuran kompornya terlebih dahulu. Di negara lain seperti Jepang, umumnya kompor memiliki lebar 59 atau 56 cm. Namun, kompor yang beredar di Indonesia memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menyesuaikan ukuran kompor yang Anda ingin beli dengan tempat yang tersedia di rumah Anda.

Jika Anda memilih kompor gas dengan lebar yang pas dengan tempat instalasinya, Anda dapat memasang kompor gas dengan lebih presisi dan tanpa celah sehingga kotoran hampir tidak akan jatuh di sudut. Hal ini akan memberikan kesan rapi di dapur Anda. Sedangkan, jika Anda memilih kompor gas yang berukuran jauh lebih kecil daripada tempat instalasinya, Anda akan memiliki ruang kosong di bagian sudut. Anda dapat memasang pelapis tambahan untuk mencegah kotoran menempel di dinding. Jadi, pilihlah tipe yang terbaik sesuai preferensi Anda.

Sebelum memilih, ukurlah ketinggian kompor gas dan tempat instalasinya

Sebelum memilih, ukurlah ketinggian kompor gas dan tempat instalasinya

Ketinggian setiap kompor gas umumnya bervariasi antar masing-masing produsen. Agar tinggi kompor gas pilihan Anda pas dengan tempat instalasinya, Anda harus mengukur terlebih dahulu keduanya. Sebab, jika tinggi kompor gas melebihi tempat instalasinya, tentu akan mengganggu tampilan dapur Anda.

Rata-rata ketinggian kompor gas adalah 18 cm sehingga walaupun ada perbedaan, kemungkinan hanya berbeda sedikit saja antara satu kompor gas dengan kompor gas lainnya.

Pilih panggangan berdasarkan kegunaannya

Alat panggang menjadi poin penting dalam memilih kompor gas. Umumnya panggangan digunakan untuk memasak ikan dan daging, tetapi ada juga berbagai jenis panggangan yang dapat memberikan hal lebih.

Panggangan tanpa air, lebih menghemat tenaga

Panggangan tanpa air, lebih menghemat tenaga

Dulu, umumnya panggangan memerlukan air untuk bisa digunakan memanggang. Namun, seiring perkembangan zaman, kompor gas dengan sistem waterless drill kini sudah banyak ditemukan.

Dengan adanya panggangan jenis waterless drill ini, Anda tidak perlu repot-repot membersihkan air sisa panggangan. Tentunya selain merepotkan, bisa berbahaya jika terkena tangan Anda. Panggangan tanpa air ini juga akan menghasilkan masakan yang lebih renyah dibanding panggangan yang menggunakan air.

Jenis panggangan dua sisi, untuk Anda yang sering memasak ikan

Jenis panggangan dua sisi, untuk Anda yang sering memasak ikan

Salah satu faktor yang sering membuat orang sulit memilih adalah jenis panggangan satu sisi atau jenis dua sisi. Perbedaan antara keduanya adalah makanan yang Anda masak harus dibolak-balik atau tidak. Jika Anda sering memanggang ikan, sebaiknya Anda memilih panggangan dua sisi agar Anda tidak perlu repot membolak-balikkan ikan. Selain lebih merepotkan, ikan mudah hancur jika sering dibolak-balik. Panggangan dua sisi ini juga akan mempersingkat waktu memanggang.

Selain ikan, dengan panggangan dua sisi Anda juga bisa membuat pizza atau roti panggang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih panggangan dua sisi.

Pilih berdasarkan fungsi lain yang dimiliki kompor

Pilih berdasarkan fungsi lain yang dimiliki kompor

Kini kompor gas telah dilengkapi berbagai fitur yang lebih modern, seperti fungsi pengaturan suhu otomatis yang cocok digunakan saat menggoreng, fungsi timer untuk mendidihkan air, mode memasak yang dapat menyesuaikan api secara otomatis, serta fungsi mematikan kompor secara otomatis.

Tentu saja, semakin lengkap fiturnya, semakin mahal juga harganya. Namun, dengan adanya fitur beragam seperti itu tentu kegiatan Anda memasak akan terasa lebih menyenangkan. Ketika Anda bingung dalam memilih kompor gas, sebaiknya pikirkan dahulu apa saja fungsi kompor gas yang Anda butuhkan sehari-hari.

Periksa juga fungsi keamanannya

Periksa juga fungsi keamanannya

Fitur keamanan kompor gas sangat penting untuk Anda perhatikan karena berkaitan erat dengan api yang dapat memicu kebakaran. Umumnya, kompor gas yang dijual memiliki dua fitur keamanan, yakni fungsi pencegahan overheating dan fungsi pemadaman api untuk keamanan yang kebanyakan sudah diatur dalam hukum di suatu negara. Jika Anda memiliki dua fungsi ini, Anda dapat dengan aman menggunakan kompor gas. Namun, jika Anda kurang puas dengan kedua hal tersebut, Anda dapat memilih kompor gas yang memiliki fungsi keamanan tambahan.

Sensor Si yang telah diadopsi oleh banyak produsen kompor gas keluaran Jepang memiliki fungsi superior untuk mendeteksi keberadaan pot di atas tungku dan secara otomatis mematikan api yang belum dimatikan. Anda bisa memilih produk dengan fitur yang sejenis. Selain itu, untuk Anda yang memiliki anak kecil sebaiknya memperhatikan ada tidaknya child safety lock. Pertimbangkan terlebih dahulu faktor keamanannya ya!

Pilih kompor gas dengan top plate yang mudah dibersihkan

Top plate kompor yang mudah dibersihkan juga patut menjadi pertimbangan Anda saat memilih kompor gas. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa kesal dan stres akibat kesulitan membersihkan kompor. Jadi, ingat selalu untuk memperhatikan hal ini saat hendak memilih kompor gas.

Top plate kaca, cantik dan mudah dibersihkan

Top plate kaca, cantik dan mudah dibersihkan

Kompor gas dengan top plate kaca yang dilengkapi IH cooking heater tidak hanya cantik penampilannya, tetapi juga terkenal mudah dibersihkan. Produsen-produsen terkenal biasanya menggunakan kaca, bahkan beberapa di antaranya menggunakan model yang cukup mahal. Jika Anda mementingkan penampilan dan kemudahan dibersihkannya, sebaiknya memilih kompor dengan top plate berbahan kaca.

Top plate enamel atau fluorine coat, untuk harga yang ekonomis

Top plate enamel atau fluorine coat, untuk harga yang ekonomis

Bahan enamel atau fluorine coat ini tidak mengilap seperti kaca, tetapi sama-sama populer karena harganya yang lebih ekonomis. Bahan material enamel yang dilapisi fluorine akan sangat mudah dibersihkan meskipun kotor sekali. Masing-masing produsen juga memiliki perbedaan bahan lapisan yang digunakan, jadi sesuaikan dengan budget Anda, ya!

Perhatikan juga area di sekitar burner dan top plate

Perhatikan juga area di sekitar burner dan top plate

Bahan top plate kompor gas memang penting, tetapi Anda juga perlu mengecek seberapa mudah area tersebut dibersihkan. Baru-baru ini, kompor gas dengan top plate datar dan kisi burner yang mudah dilepas-pasang semakin populer karena membuat kompor tersebut semakin mudah dibersihkan. Apalagi, saat ini kebanyakan top plate kompor sudah dirancang sedemikian rupa sehingga kotoran tidak mudah menempel dan mudah dibersihkan. Dengan mengecek top plate dan area di sekitar burner, Anda akan merasakan sendiri perbedaan kemudahan yang cukup signifikan saat hendak membersihkannya.

Pilih produk dengan metode pengapian yang aman dan mudah digunakan

Kemudahan penggunaan kompor gas salah satunya dipengaruhi oleh kemudahan menyalakan dan mengatur api sesuai kebutuhan Anda. Umumnya terdapat dua tipe, yakni tipe tombol yang ditekan (pushing type) atau tombol yang diputar (turning type). Cari tahu perbedaan keduanya untuk mengurangi kesalahan dalam memilih kompor gas.

Tipe switch, mudah dioperasikan

Tipe switch, mudah dioperasikan

Api pada kompor gas tipe ini mudah dinyalakan karena switch-nya berukuran besar. Adanya kenop tambahan di atas switch tersebut pun tidak hanya memudahkan Anda untuk mengontrol besar kecil api, tetapi juga mencegah risiko terjadinya kebakaran akibat api kecil yang terkadang lupa dimatikan. Untuk orang yang sudah lanjut usia, jenis ini lebih dianjurkan. Namun, sayangnya di Indonesia produk ini masih tergolong cukup langka.

Tipe tombol, sangat fungsional

Tipe tombol, sangat fungsional

Adanya berbagai tombol fungsional pada kompor gas tipe tombol memungkinkan Anda untuk membuat berbagai jenis masakan menggunakan satu kompor saja, menarik, bukan? Sistem pengapiannya mirip dengan tipe switch, tetapi sistem pengaturannya dilakukan melalui tombol-tombol yang tersedia. Untuk mencegah kompor ini dimainkan oleh anak kecil di rumah, Anda bisa memilih produk yang sudah dilengkapi fitur child lock. Seperti kompor jenis switch, kompor ini juga masih jarang dijual di pasar Indonesia.

Tipe knop, sulit dimainkan oleh anak-anak

Tipe knop, sulit dimainkan oleh anak-anak

Api pada kompor tipe ini baru akan muncul bila Anda menekan sambil memutar knopnya sehingga dibanding kedua tipe lainnya, tipe ini mungkin terasa kurang praktis. Akan tetapi, mekanisme tersebut membuat kompor ini sulit untuk dimainkan oleh anak-anak dan menjadi lebih aman digunakan. Meksipun tipe ini biasanya digunakan pada kompor gas tipe lama, tetapi masih banyak orang yang menggunakan tipe ini karena keunggulan tersebut.

Pilih berdasarkan posisi burner berapi besar

Pilih berdasarkan posisi burner berapi besar

Bila Anda hendak membeli kompor gas dengan 2 tungku atau lebih, Anda juga perlu mengetahui posisi burner yang mampu menghasilkan api besar. Bahkan dengan model yang sama, Anda bisa memilih kompor dengan burner berapi besar pada sisi kiri atau kanan.

Biasanya, burner berapi besar diletakkan berlawanan dengan dinding pembatas tempat Anda meletakkan kompor Anda. Jika di sebelah kiri kompor Anda ada dinding, taruhlah burner berapi besar di arah sebaliknya. Namun, jika kompor Anda tidak diapit oleh dinding, hal ini tidak perlu diperhatikan.

Pilih berdasarkan jenis gas yang digunakan

Pilih berdasarkan jenis gas yang digunakan

Kompor gas banyak Anda temukan di pusat perbelanjaan elektronik atau bisa juga Anda beli di internet. Anda perlu memperhatikan jenis gas yang digunakan pada kompor gas tersebut. Biasanya kompor gas menggunakan gas alam atau gas propana. Anda harus memilih kompor gas sesuai dengan jenis gas yang akan Anda gunakan.

Apalagi, di Indonesia Anda harus menggunakan kompor khusus gas alam untuk bisa menggunakan gas alam. Pilihlah kompor gas sesuai gas yang Anda gunakan agar dana yang sudah Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia, ya!

10 Rekomendasi kompor gas terbaik

Berikut ini adalah sepuluh produk kompor gas terbaik yang kami rekomendasikan. Semoga Anda bisa menjadikannya referensi dalam memilih kompor gas berdasarkan kualitas, fitur, dan harga.

10. Winn Gas Executive Stove W-999

10. Winn Gas Executive Stove W-999

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.050.000

Desain kompor modern yang hemat energi

Win Gas W999 merupakan kompor dengan 2 tungku besar dan 1 tungku kecil yang dibuat dengan sentuhan desain modern. Kompor ini termasuk kompor tanam dengan ukuran yang cukup besar, yakni 79 x 46 x 16,5 cm. Untuk membuatnya semakin terlihat modern, kompor ini dilengkapi pemantik api otomatis yang bisa digunakan hanya dengan sekali tekan.

Bagian top plate-nya menggunakan bahan antikarat yang dilapisi tempered glass sehingga membuat tampilannya semakin cantik. Meskipun memiliki 2 tungku double jet, kompor ini termasuk hemat gas sehingga Anda bisa menekan biaya bulanan. Kompor ini cocok untuk Anda yang mengutamakan kompor dengan pemakaian gas yang irit.

9. Sanken SG-533FS

9. Sanken SG-533FS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 950.000

Kompor gas super ramping dan hemat tempat!

Dapur Anda tidak terlalu besar dan ingin membeli kompor yang hemat tempat? Sanken SG-533FS bisa jadi solusi untuk Anda. Kompor ini dibuat dengan desain yang sangat ramping untuk ukuran kompor-kompor di Indonesia, yakni 72 x 42 x 12,7 cm. Dengan memilih kompor ini, Anda jadi lebih hemat tempat dan lebih mudah saat memindahkannya.

Soal kualitas pun tidak perlu khawatir! Kompor ini dilengkapi fitur Blue Lotus yang bisa menghasilkan api yang cepat panas sehingga menghemat waktu memasak dan juga pemakaian gas. Selain itu, tempat meletakkan wadahnya berbentuk pentavet sehingga Anda bisa meletakkan wadah yang kecil tanpa takut tumpah. Sangat memudahkan Anda tentunya!

8. Blue Gaz Korina Xentro Glassio

8. Blue Gaz Korina Xentro Glassio

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.539.000

Fitur Gas Flow Safety Device memastikan Anda bisa memasak dengan aman!

Ketika produsen lain sibuk memproduksi kompor gas tanam, Blue Gaz justru berani mengeluarkan kompor gas model klasik yang didesain dengan modern dan menarik. Kompor dua tungku ini memiliki keunikan pada nyala apinya yang memusat dan saling bersilangan sehingga suhu lebih cepat naik.

Dari segi keamanan, kompor ini cukup baik karena menggunakan Gas Flow Safety Device yang membuat gas otomatis berhenti mengalir jika api tidak menyala. Fitur ini mengurangi risiko gas bocor dan membuat kompor meledak ketika dinyalakan. Cocok untuk Anda yang mengutamakan keamanan dalam memilih kompor!

7. Modena Crista BH 1725

7. Modena Crista BH 1725

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.127.000

Kompor dengan teknologi Eco Gas System untuk api biru yang stabil

Kualitas kompor gas merek Modena sudah teruji dalam memproduksi kompor gas yang efisien dan berkualitas tinggi. Salah satunya adalah Modena Crista BH 1725 dengan teknologi Eco Gas System yang dapat menghasilkan api biru stabil dan memperlancar sirkulasi oksigen pada setiap tungku sehingga membuat masakan Anda matang dengan merata.

Selain teknologi tersebut, kompor tanam Crista 1725 juga dilengkapi dengan fitur Cast Iron Grid, mampu menghantarkan panas lebih sempurna. Ditambah dengan desain elegan dengan permukaan kaca antigores, tentu akan menambah kualitas dan poin plus dari produk ini. Sangat pas untuk Anda yang menginginkan masakan matang dengan lebih merata.

6. Winn Gas Free Standing Gas Stove + Oven W5060A

6. Winn Gas Free Standing Gas Stove + Oven W5060A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.000.000

Kompor gas sekaligus oven dengan harga yang terjangkau!

Anda bingung ingin membeli oven atau kompor terlebih dahulu karena budget terbatas? Beli saja keduanya! Kompor gas yang dilengkapi oven atau biasa disebut freestanding oven biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, Winn Gass W5060A memiliki kisaran harga yang masih cukup terjangkau untuk ukuran freestanding oven.

Produk ini terdiri dari 4 tungku di bagian atas dan oven besar di bagian bawahnya dan diatur menggunakan 5 knop jenis putar yang sangat mudah digunakan. Tenang saja, meskipun berharga ekonomis, produk ini tidak mudah rusak sebab material pembuatnya dari bahan plat berlapis kaca yang tahan lama. Beli oven dan kompor dalam satu paket agar lebih hemat!

5. Electrolux Kompor Portabel – EGG9637EK

5. Electrolux Kompor Portabel - EGG9637EK

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.575.000

Menggunakan teknologi Aerated Dual Jet untuk panas yang maksimal dan efisien

Kompor gas Electrolux banyak digemari masyarakat karena desainnya yang elegan dan performanya yang bisa diandalkan. Kali ini Electrolux EGG9637EK hadir dengan teknologi Aerated Dual Jet yang bisa menghasilkan panas efisien dan maksimal. Dengan begitu, masakan Anda lebih cepat matang dan hemat gas.

Selain itu, api biru yang dihasilkan kompor ini membuat peralatan masak Anda tidak cepat rusak atau gosong. Kompor ini juga mudah dibersihkan karena menggunakan top plate berbahan tempered glass yang keras dan tahan lama. Electrolux EGG9637EK cocok untuk Anda yang ingin memasak dengan cepat.

4. Rinnai RB-3SS-C(GB)

4. Rinnai RB-3SS-C(GB)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.972.000

Posisi burner yang unik membuat Anda lebih leluasa saat memasak!

Rinnai RB-3SS-C(GB) merupakan produk kompor gas 3 tungku yang dibuat dengan desain burner menarik. Dua burner berdekatan, sedangkan yang satunya sedikit terpisah dan akan membuat Anda lebih leluasa saat memasak. Burner yang terpisah sendiri bisa Anda gunakan untuk memasak dengan alat besar, seperti frying pan.

Dua lainnya bisa Anda gunakan untuk merebus dengan panci atau alat-alat kecil lainnya. Dengan kelebihannya itu, tentu kompor ini cocok untuk Anda yang menginginkan fleksibilitas lebih saat memasak. Kualitas kompor ini juga akan semakin ditunjang dengan top plate berbahan Schott glass yang sudah terkenal berkualitas tinggi.

3. Modena CT 7640 G

3. Modena CT 7640 G

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500.000

Wow! Kompor gas ini bisa menggunakan LPG dan NG

Kompor di Indonesia umumnya masih menggunakan LPG, tetapi di kompor Modena CT 7640 G ini kompatibel dengan gas LPG maupun NG. Hal tersebut membuat produk ini pas untuk Anda yang sering memasak dan tidak ingin direpotkan dengan ketersediaan gas di tempat tinggal Anda. Anda pun tidak perlu khawatir jika salah satunya sedang susah dicari.

Kompor dengan 4 tungku ini juga akan membuat Anda lebih cepat dalam memasak beberapa menu sekaligus. Tentunya akan lebih hemat waktu dan tenaga pula, bukan? Selain itu, meskipun memiliki 4 tungku, knop untuk menyalakan kompornya sangat aman untuk orang dewasa atau pun anak-anak.

2. Modena Prima – FC 7943 W

2. Modena Prima FC 7943 W

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 8.451.125

Kompor dengan Oven Freestanding untuk dapur yang elegan

Kompor pilihan kami selanjutnya pasti akan disukai oleh Anda yang menginginkan kompor dengan oven freestanding berkapasitas besar. Dengan kapasitas oven hingga 52 liter serta dilengkapi dengan lampu oven, tentu akan semakin memudahkan Anda dalam membuat berbagai jenis makanan.

Kompor ini juga cocok digunakan di restoran untuk mempercepat proses memasak pesanan yang masuk. Dengan material stainless steel yang mewah dan tahan lama, kompor ini dapat memberikan kesan elegan pada dapur Anda tanpa harus repot memikirkan cara membersihkannya. Jangan lupa perhatikan ukurannya karena produk ini cukup besar!

1. Domo DG 9406

1. Domo DG 9406

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 5.893.000

Freestanding cooker yang dilengkapi dengan timer dan termostat

Produk ini bisa dibilang cukup lengkap dan memanjakan Anda dalam memasak. Selain terdiri dari kompor gas 4 tungku dan oven di bagian bawahnya, produk ini juga didesain sangat mudah dalam penggunaannya. Bagian oven-nya dilengkapi oleh timer dan termostat untuk mengukur suhu dan waktu yang Anda butuhkan.

Selain itu, desainnya juga sangat kokoh dan tahan lama, serta bagian top plate terbuat dari bahan kristal sehingga lebih menarik. Selain dari segi fungsi, freestanding cooker berukuran 90 x 55 x 85 cm ini juga memberikan kesan mewah bagi dapur Anda. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendesain rumah Anda dengan serba mewah!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai cara memilih kompor gas dan rekomendasi produk dari kami? Kompor gas adalah salah satu produk yang digunakan setiap hari, jadi diperlukan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari Anda.

Selain desain yang menarik, pilihlah kompor gas dengan bahan yang berkualitas, aman, dan sesuai dengan ukuran ruangan yang tersedia. Pilihlah kompor gas dengan cermat dan mulailah memasak masakan favorit Anda dan keluarga.