1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kompor gas saat ini hadir dalam beragam pilihan model dan fitur. Dari modelnya Anda pasti sudah akrab dengan kompor meja dan kompor gas tanam. Namun, kini telah hadir juga kompor gas oven, kompor portable, dan kompor gas infrared. Beragam kompor gas ini hadir dalam pilihan satu tungku, dua tungku, hingga empat tungku. 


Apabila Anda bingung menentukan kompor yang bagus, mari ikuti ulasan kami. Kami akan mengulas merek kompor gas terbaik, seperti Rinnai, Quantum, dan Modena. Anda juga akan mendapatkan tips memilih kompor gas yang tepat. Jadi, simak terus, ya!

Diperbaharui 08-15-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih kompor gas

Bagaimana cara menemukan kompor gas yang bagus? Berikut ini kami punya panduannya untuk Anda.

① Ketahui jenis-jenis kompor gas

Secara garis besar, kompor gas dibagi menjadi empat tipe dengan keunggulannya masing-masing. Simak penjelasannya berikut ini.

Kompor meja, harga ekonomis dan banyak varian

Kompor meja, harga ekonomis dan banyak varian
Sumber: sanken.co.id

Sesuai dengan namanya, kompor meja digunakan dengan meletakkan kompor di atas meja dapur. Umumnya kompor ini memiliki jumlah tungku sebanyak 2–3 tungku. Keunggulan jenis ini terletak pada bobotnya yang ringan dan mudah dipindahkan. Harganya pun tergolong ekonomis dengan desain cukup beragam.

Kompor tanam, berikan tampilan lebih estetis

Kompor tanam, berikan tampilan lebih estetis

Kompor tanam dipasang dengan cara menanamkannya pada meja dapur. Kesan yang ditampilkan adalah minimalis dan estetis sehingga jenis ini sedang banyak digemari. Di samping itu, tidak adanya celah antara meja dapur dan kompor membuat tampilan dapur lebih rapi dan modern. Meski begitu, pemasangan permanen seperti ini membuat Anda sulit untuk memindahkan posisi kompor saat dibutuhkan.

Kompor freestanding, makin praktis dengan adanya oven

Kompor freestanding, makin praktis dengan adanya oven

Bagi Anda yang suka memasak beberapa jenis makanan sekaligus, kompor freestanding akan lebih cocok melengkapi dapur Anda. Jumlah tungkunya lebih banyak, antara 4–6 tungku, serta memiliki oven yang menyatu dengan bodi kompor. Memanggang makanan atau membuat kue akan terasa lebih praktis. Anda pun mudah meletakkannya di mana saja selama tersedia area yang cukup.


Kompor freestanding sendiri umumnya sudah dilengkapi berbagai fitur yang menarik, misalnya timer atau automatic ignition. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda memasak. Meski begitu, tentu dana yang perlu dikeluarkan akan menjadi lebih besar.

Kompor portabel, ukuran kecil dan mudah dipindahkan

Kompor portabel, ukuran kecil dan mudah dipindahkan

Kompor portabel mudah dipindahkan karena berukuran kecil dan memiliki bobot paling ringan dibanding dengan jenis kompor lainnya. Oleh karena itu, jenis ini banyak digunakan juga saat berkemah atau memasak BBQ di luar ruangan.


Jenis kompor ini umumnya menggunakan dua jenis gas, yaitu butana (gas kaleng) atau LPG. Agar tidak salah memilih, sebaiknya Anda memastikan hal ini terlebih dahulu sebelum membeli.

② Temukan kompor yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kompor adalah kebutuhan memasak Anda. Pilihlah kompor dengan jumlah tungku atau pemanggang sesuai dengan keperluan Anda. 

Tungku: Makin sering memasak, makin banyak yang dibutuhkan

Tungku: Makin sering memasak, makin banyak yang dibutuhkan

Jumlah tungku yang dibutuhkan akan berbeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya. Berikut panduan singkatnya.


  • Satu tungku: Cocok dimiliki jika ukuran dapur Anda sempit atau Anda hanya memasak sesekali.
  • Dua tungku: Jumlah tungku ini sangat ideal digunakan, baik untuk Anda yang tinggal sendiri maupun yang sudah berkeluarga.
  • Tiga tungku: Pas untuk Anda yang memiliki anggota keluarga cukup banyak atau Anda terbiasa memasak beberapa jenis makanan sekaligus.

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis kompor dengan tungku lebih dari dua biasanya menghasilkan panas yang berbeda-beda. Sebelum memilih kompor yang diinginkan, periksalah dahulu hal tersebut. Cermati tungku mana yang menghasilkan api besar dan api kecil. Hal ini penting sebab Anda perlu meletakkan tungku api besar jauh dari dinding dapur untuk menghindarkan risiko terbakar.

Pemanggang: Beda kebutuhan, beda jenisnya

Pemanggang: Beda kebutuhan, beda jenisnya

Beberapa merek kompor gas dilengkapi dengan panggangan. Panggangan pada kompor ini ada dua jenis, yaitu panggangan yang bekerja dengan menambahkan air dan tanpa air. Panggangan yang tidak membutuhkan air lebih mudah dibersihkan ketimbang panggangan yang membutuhkan air. 


  • Bagi Anda yang sering memanggang, kami menyarankan kompor dengan panggangan dua sisi. Anda jadi bisa memanggang makanan dengan cepat tanpa perlu membalik makanan tersebut. Terlebih, jika panggangan tersebut tidak membutuhkan tambahan air, Anda bisa dengan mudah menggunakannya untuk memanggang roti.

  • Jika Anda jarang menggunakan panggangan, ada baiknya Anda memilih panggangan satu sisi saja. Harga kompor seperti ini bisa lebih terjangkau, tetapi sepadan dengan waktu yang Anda perlukan.

Akan tetapi, jika Anda terbilang sangat jarang menggunakan panggangan, Anda bisa memanfaatkan teflon. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan panggangan lagi. Tanpa panggangan, tentunya ukuran kompor Anda jadi lebih ringkas dan compact.

③ Sesuaikan ukuran kompor dengan ruang dapur Anda

Sesuaikan ukuran kompor dengan ruang dapur Anda

Sebelum membeli sebuah kompor gas, penting bagi Anda untuk menyesuaikan ukurannya dengan ruang dapur. Pastikan kompor gas terpasang dengan rapi pada kitchen set Anda tanpa meninggalkan celah yang lebar. 


Apabila ada celah antara kompor gas dengan meja dapur, pastikan ukurannya mudah dijangkau untuk dibersihkan. Selain lebar dan panjang kompor gas, jangan lupa untuk mengukur tinggi kompor Anda, ya. Tinggi kompor gas yang tepat akan terasa lebih nyaman digunakan.

④ Periksa cara pengoperasiannya

Periksa cara pengoperasiannya

Kompor gas memiliki metode pengoperasian yang berbeda-beda. Akan tetapi, umumnya ada dua macam pengoperasian yang bisa Anda temui, yaitu tombol dan knob. Kedua metode ini punya keunggulan yang berbeda-beda.


  • Tombol memiliki penggunaan yang sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol pada kompor gas untuk menyalakan dan mengatur api kompor gas Anda. Anda bisa dengan mudah mengatur panas yang dibutuhkan, bahkan untuk memasak dengan mode tertentu.

  • Knob adalah metode pengaturan yang agak sulit dioperasikan. Meski begitu, penggunaan knob justru direkomendasikan untuk Anda yang memiliki anak-anak. Tanpa menekan dan memutar knob bersamaan, kompor gas Anda tidak akan menyala.

⑤ Utamakan material bodi yang mudah dibersihkan

Utamakan material bodi yang mudah dibersihkan

Hal yang tak kalah penting saat memilih kompor gas adalah mempertimbangkan material bodinya. Pastikan Anda memilih kompor dengan material glass, stainless steel, atau besi ber-coatingKetiga material tersebut punya sifat yang awet dan mudah dibersihkan. 


  • Material glass berisiko pecah akibat beban berlebihan. Namun, glass lebih baik dalam menghalau radiasi panas sehingga permukaan sekitar tungku tidak mudah panas atau terbakar. Glass juga membuat tampilan kompor gas ini juga lebih mewah dan modern.

  • Jika Anda mempertimbangkan kompor gas yang harganya lebih terjangkau, Anda bisa memilih kompor gas berbahan enamel. Lapisan enamel ini mudah dibersihkan bila terkena minyak atau noda gosong. 

  • Anda juga bisa mempertimbangkan kompor gas berbodi fluor. Fluor termasuk material yang mudah dibersihkan. Namun, lapisan catnya lebih mudah terkelupas bila digosok. Kompor semacam ini cocok untuk Anda yang cukup rajin membersihkan peralatan dapur. 

⑥ Cek fitur-fitur yang ditawarkan

Kompor gas saat ini hadir dengan beragam fitur. Mari pilih fitur yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

Timer, atur waktu untuk memasak lebih efisien

Timer, atur waktu untuk memasak lebih efisien

Keberadaan timer bisa sangat membantu Anda dan membuat aktivitas memasak makin terasa praktis. Hanya saja, fitur timer semacam ini biasanya hanya terdapat pada kompor gas high-end yang mahal harganya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyesuaikan fitur dengan anggaran Anda saat berbelanja.

Fitur keamanan, cegah kecelakaan di dapur

Fitur keamanan, cegah kecelakaan di dapur

Beberapa kompor gas tertentu dilengkapi dengan sistem pengamanan ganda. Ada sistem keamanan yang mampu mendeteksi suhu panas berlebih dan memadamkan api secara otomatis. Pastikan kompor gas Anda dilengkapi dengan fitur keamanan semacam ini, ya.


Untuk keluarga yang memiliki anak kecil, Anda juga perlu mencermati fitur child lock. Dengan fitur ini, kompor Anda tidak akan menyala meski disentuh anak-anak. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi saat berada di dapur dengan anak Anda.

⑦ Pilih berdasarkan jenis gas yang digunakan

Pilih berdasarkan jenis gas yang digunakan

Varian kompor gas tidak hanya terbatas pada modelnya saja. Namun, ada dua jenis kompor gas yang dapat dilihat dari sumber gasnya, yaitu LPG dan gas alam. Gas alam umumnya disediakan oleh PGN atau Perusahaan Gas Negara.


Kompor gas yang digunakan untuk gas alam biasanya akan diberi label khusus "kompor gas khusus gas alam". Untuk itu, Anda perlu cermat dalam membaca spesifikasi kompor gas pilihan Anda. Meski memiliki model yang sama, sambungan pipa gas yang digunakan akan sangat berbeda.

10 Rekomendasi kompor gas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kompor gas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rinnai

Kompor Gas

Rinnai Kompor Gas 1枚目

Maksimalkan ruang dapur yang sempit dengan kompor compact ini

2

Miyako

Kompor Gas

Miyako Kompor Gas 1枚目

Bobotnya ringan, sering dipindah pun tidak akan menyulitkan

3

SUGGO

Infrared Gas Stove

SUGGO Infrared Gas Stove  1枚目

Lebih hemat gas dan tidak membuat panci hitam

4

SANKEN

Kompor Gas Kaca 2 Tungku

SANKEN Kompor Gas Kaca 2 Tungku 1枚目

Penggunaan bodi kaca hadirkan tampilan elegan

5

Quantum

Kompor 2 Tungku Khusus Gas Alam

Quantum Kompor 2 Tungku Khusus Gas Alam 1枚目

Merek andalan untuk pengguna gas alam

6

Winn Gas

FREE STANDING STOVE + OVEN

Winn Gas FREE STANDING STOVE + OVEN  1枚目

Kompor standing dengan harga bersahabat

7

MODENA

Crista

MODENA Crista 1枚目

Makin aman dengan adanya fitur gas safety technology

8

MODENA

Freestanding Cooker

MODENA Freestanding Cooker 1枚目

Kreasikan masakan Anda dengan oven sebesar 62 liter

9

ARISTON

Kompor Tanam 76 Cm

ARISTON Kompor Tanam 76 Cm  1枚目

Fitur keamanan yang matikan api secara otomatis

10

Tecnogas

Azalea Kompor Tanam

Tecnogas Azalea Kompor Tanam 1枚目

Bodi tempered glass yang kuat dan mudah dibersihkan

Perincian produk
Close
No.1

RinnaiKompor GasRI-301S

Mulai dari Rp193.200,00

Maksimalkan ruang dapur yang sempit dengan kompor compact ini

Kelebihan:

  • Berukuran kecil, pas untuk dapur minimalis
  • Api didesain bermodel sun burner sehingga makanan lebih cepat matang

Kekurangan:

  • Hanya bisa memasak satu jenis makanan per sekali memasak

Untuk Anda yang memiliki dapur dengan luas terbatas, tentu harus pintar-pintar memilih perabot berukuran compact, salah satunya kompor. Nah, kompor ini memiliki ukuran tidak lebih dari satu keramik berukuran 40 cm, tentu sangat hemat tempat. Selain itu, kompor ini sudah didesain antilengket sehingga Anda mudah membersihkan sisa makanan dan percikan minyak sehabis memasak.

No.2

MiyakoKompor GasKG-101 C

Mulai dari Rp144.900,00

Bobotnya ringan, sering dipindah pun tidak akan menyulitkan

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan, hanya 2 kg
  • Harga paling ekonomis, pas untuk anak kos

Kekurangan:

  • Hanya bisa memasak satu jenis makanan per sekali memasak

Anak kos mungkin akan sering berpindah-pindah tempat kos sehingga semua perabot yang dimiliki sebaiknya berbobot ringan. Produk ini hadir untuk melengkapi kebutuhan tersebut. 


Dengan bobot hanya 2 kg, Anda tidak akan terbebani ketika harus memindahkan kompor ini. Dibawa saat sedang mengadakan acara outdoor bersama teman-teman juga bisa! Tenang saja karena harganya sangat ramah untuk kantong mahasiswa, kok.

No.3

SUGGOInfrared Gas Stove SG-301

Mulai dari Rp704.000,00

Lebih hemat gas dan tidak membuat panci hitam

Kelebihan:

  • Memiliki burner infrared, lebih cepat panas dan hemat gas

Kekurangan:

  • Ada review menyebutkan dudukan burner kurang pas

Bisa menemukan kompor yang dapat menghemat pemakaian gas tentu sangat menyenangkan. Nah, bila Anda membutuhkan kompor gas yang hemat dan sehat, kami merekomendasikan kompor berikut ini. Ini merupakan kompor gas tiga tungku dengan satu burner infrared.


Kompor gas infrared dikenal mampu menghemat konsumsi gas hingga 40% dan menghasilkan panas lebih cepat. Hebatnya lagi, kompor ini tidak akan menimbulkan noda hitam pada panci atau menghasilkan gas sisa pembakaran berbahaya. Benar-benar kompor multiguna yang hemat, ya!

No.4

SANKENKompor Gas Kaca 2 TungkuSG-369 DX2

Mulai dari Rp1.433.000,00

Penggunaan bodi kaca hadirkan tampilan elegan

Kelebihan:

  • Terdapat fitur blue whirl jet untuk menghasilkan panas lebih tinggi dan cepat

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur child lock

Kompor dengan bodi kaca memang memberikan kesan yang elegan dan mewah. Sayangnya, kebanyakan bodi kaca hanya terdapat pada kompor tanam saja. Namun, saat ini telah tersedia kompor meja dengan material kaca dari Sanken. 


Tak cuma memesona dengan desainnya, kompor gas ini juga punya fitur yang menarik. Anda bisa mendapatkan api bertemperatur tinggi dan cepat dengan fitur blue whirl jet. Anda juga bisa menghangatkan masakan dalam wadah kecil dengan mudah berkat api lilin dan pentavet-nya. 

No.5

QuantumKompor 2 Tungku Khusus Gas AlamQGC 201 DMPC

Mulai dari Rp485.000,00

Merek andalan untuk pengguna gas alam

Kelebihan:

  • Diklaim bisa menghemat pemakaian gas hingga 30,7%

Kekurangan:

  • Desain kurang menarik untuk Anda yang mengutamakan estetika

Merek yang satu ini pasti tidak asing di telinga Anda. Selain menyediakan beragam model kompor gas, Quantum juga menyediakan kompor gas untuk pengguna gas alam, lho.


Dengan kompor gas Quantum, Anda bisa menghemat pemakaian gas hingga 30,7%. Anda juga akan mendapatkan burner kuningan yang mampu menyebarkan panas lebih stabil dan merata. Kompor ini juga lebih awet dan tahan lengkung karena dibuat dengan bodi tanpa sambungan.

No.6

Winn GasFREE STANDING STOVE + OVEN W-5060A

Mulai dari Rp3.999.000,00

Kompor standing dengan harga bersahabat

Kelebihan:

  • Harga lebih ekonomis dibandingkan kompor freestanding lainnya

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan terdapat burner yang harus menggunakan pemantik manual agar bisa menyala

Apabila Anda sedang mencari kompor gas oven atau freestanding dengan harga yang bersahabat, kami merekomendasikan Winn Gas. Kompor gas freestanding ini punya empat tungku yang pastinya akan memudahkan Anda saat memasak berbagai jenis makanan. Burner cap dari kompor ini juga menggunakan bahan kuningan sehingga makin awet digunakan.

No.7

MODENACristaBH 1735

Mulai dari Rp3.179.900,00

Makin aman dengan adanya fitur gas safety technology

Kelebihan:

  • Gas safety technology akan memutus aliran gas saat api padam sehingga makin aman
  • Penggunaan tempered crystal membuat tampilannya makin elegan dan mewah

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur child lock

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan tiga macam pengapian, yaitu besar, sedang, dan kecil. Kompor gas ini juga makin aman digunakan berkat adanya fitur gas safety technology. Dengan begitu, aliran gas akan langsung dihentikan ketika api dipadamkan. Apabila Anda ingin keamanan saat menggunakan kompor lebih maksimal, Anda bisa mempertimbangkan memilih produk ini.

No.8

MODENAFreestanding CookerFC 9642 S

Mulai dari Rp6.620.000,00

Kreasikan masakan Anda dengan oven sebesar 62 liter

Kelebihan:

  • Kapasitas ovennya cukup besar hingga 62 liter
  • Pembelian sudah termasuk grill rack dan turnspit untuk memanggang ayam

Kekurangan:

  • Belum ada fitur child lock

Kompor freestanding ini memiliki kapasitas oven sebesar 62 liter, pastinya pas untuk Anda yang gemar memasak. Anda bisa membuat ayam dan daging panggang, kue, pizza, dan berbagai jenis makanan lainnya. Di samping itu, kompor ini memiliki empat tungku yang akan memudahkan Anda membuat berbagai masakan sekaligus. Di bawah oven bekerja, di atasnya pun kegiatan memasak tetap jalan terus!

No.9

ARISTONKompor Tanam 76 Cm DD7622W/A(BK)I

Mulai dari Rp8.900.000,00

Fitur keamanan yang matikan api secara otomatis

Kelebihan:

  • Menggunakan burner dari SABAF yang terkenal akan efisiensi dan kualitas apinya

Kekurangan:

  • Harga tergolong pricey dibanding dengan produk kompor tanam dua tungku lainnya

Untuk Anda yang mengutamakan keamanan dapur, kami merekomendasikan kompor tanam Ariston berikut ini. Kompor tanam Ariston telah dilengkapi dengan gas security valve yang dapat mematikan aliran gas setelah 30 detik api mati mendadak.


Selain aman, Anda juga akan mendapatkan pan dan wok support yang terbuat dari besi cor. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi meragukan kekuatan kompor tanam ini, ya.

No.10

TecnogasAzalea Kompor TanamAGCN732B

Mulai dari Rp3.195.000,00

Bodi tempered glass yang kuat dan mudah dibersihkan

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan dengan permukaan kompor berbahan tempered glass

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan memasak beberapa makanan sekaligus karena hanya terdapat dua tungku

Dapur yang bersih membuat kegiatan memasak jadi lebih semangat dan menyenangkan. Untuk itu, penting bagi Anda menemukan kompor dengan bodi yang tidak mudah kotor, seperti produk berikut ini. 


Kompor Azalea ini dibuat dengan bodi berbahan tempered glass. Tempered glass memiliki kelebihan tidak mudah rusak, kuat, dan yang terpenting adalah mudah dibersihkan. Noda minyak dan masakan yang membandel dapat dibersihkan segera dengan mudah. Dapur Anda akan jadi bersih dan higienis selalu.

Baca juga rekomendasi produk lain pelengkap kompor di sini

Selain beragam jenis kompor gas yang sudah kami ulas, kami juga masih punya artikel mengenai selang gas dan regulator gas. Jika tertarik, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kompor gas saat ini telah hadir dengan berbagai pilihan. Untuk menemukan kompor gas yang tepat, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan aktivitas dapur Anda. Cermatilah jumlah tungku, fitur, material, serta ukuran dapur Anda.


Jangan lupa juga untuk mengecek ulasan produk kompor gas terbaik yang telah kami sediakan. Kompor yang tepat akan membuat aktivitas memasak Anda jauh lebih menyenangkan. Semoga ulasan kami membantu Anda menemukan produk terbaik, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer