• 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kompor gas saat ini hadir dalam beragam pilihan model dan fitur. Dari modelnya, Anda pasti sudah akrab dengan kompor meja dan kompor tanam. Akan tetapi, saat ini telah hadir juga kompor gas open dan kompor gas infrared. Beragam kompor gas ini hadir dalam pilihan satu tungku hingga lima tungku. 


Bila Anda sedang bingung menentukan kompor yang bagus, mari ikuti ulasan kami. Kami akan mengulas merk kompor gas terbaik, seperti Rinnai, Quantum, dan Modena. Anda juga akan mendapatkan tips memilih kompor gas yang tepat. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Murtiyarini
Melly Feyadin
Risalah Husna
  • Pembaharuan terakhir: 28 Maret 2021
  • 118.537 Views
Daftar isi

Cara memilih kompor gas

Bagaimana cara menemukan kompor gas yang bagus? Berikut ini, kami punya panduannya untuk Anda.

Temukan kompor yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kompor adalah kebutuhan memasak Anda. Pilihlah kompor dengan jumlah tungku atau pemanggang sesuai dengan keperluan Anda. 

Tungku, makin sering memasak, makin banyak yang dibutuhkan

Tungku, makin sering memasak, makin banyak yang dibutuhkan

Kompor gas yang beredar di pasaran pada umumnya memiliki dua tungku. Jumlah tungku ini sangat ideal digunakan, baik untuk Anda yang tinggal sendiri maupun yang sudah berkeluarga. Bila anggota keluarga Anda cukup banyak, kompor dengan tiga tungku atau lebih bisa menjadi pilihan yang tepat. 


Namun, bila Anda jarang memasak dan memiliki dapur kecil, kompor satu tungku juga pilihan yang baik. Intinya, makin banyak aktivitas memasak Anda, makin banyak tungku yang Anda butuhkan.


Beberapa jenis kompor dengan tungku lebih dari dua biasanya menghasilkan panas yang berbeda-beda. Sebelum memilih kompor yang Anda inginkan, ada baiknya Anda mengecek hal tersebut. Cermati terlebih dahulu tungku mana yang menghasilkan api besar dan api kecil. Hal ini penting sebab Anda perlu meletakkan tungku api besar jauh dari dinding dapur Anda. Dengan begitu, dinding Anda juga jauh dari risiko rusak atau terbakar.

Pemanggang, beda kebutuhan, beda jenisnya

Pemanggang, beda kebutuhan, beda jenisnya

Beberapa merek kompor gas dilengkapi dengan panggangan. Panggangan pada kompor ini ada dua jenis, yaitu panggangan yang bekerja dengan menambahkan air dan tanpa air. Panggangan yang tidak membutuhkan air lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan panggangan yang membutuhkan air. 


Bagi Anda yang sering memanggangg, kami menyarankan kompor dengan panggangan dua sisi. Dengan sistem panggangan dua sisi, Anda bisa memanggang makanan dengan cepat tanpa perlu membalik makanan tersebut. 


Terlebih, jika panggangan tersebut tidak membutuhkan tambahan air, maka Anda bisa dengan mudah menggunakannya untuk memanggang roti. Sementara itu, jika Anda jarang menggunakan panggangan, ada baiknya Anda memilih panggangan satu sisi saja. Harga kompor seperti ini bisa lebih terjangkau, tetapi sepadan dengan waktu yang Anda perlukan, ya.


Akan tetapi, jika Anda terbilang sangat jarang menggunakan panggangan, Anda bisa memanfaatkan teflon, lho. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan panggangan lagi. Tanpa panggangan, tentunya ukuran kompor Anda jadi lebih ringkas dan compact.

Sesuaikan ukuran kompor dengan ruang dapur Anda

Sesuaikan ukuran kompor dengan ruang dapur Anda

Sebelum membeli sebuah kompor gas, penting bagi Anda untuk menyesuaikan ukurannya dengan ruang dapur Anda. Pastikan kompor gas terpasang dengan rapi pada kitchen set Anda tanpa meninggalkan celah yang lebar. 


Bila ada celah antara kompor gas dengan meja dapur Anda, pastikan ukurannya mudah dijangkau untuk dibersihkan. Selain lebar dan panjang kompor gas, jangan lupa untuk mengukur tinggi kompor Anda, ya. Tinggi kompor gas yang tepat akan terasa lebih nyaman digunakan.

Periksa cara pengoperasiannya

Periksa cara pengoperasiannya

Kompor gas memiliki metode pengoperasian yang berbeda-beda. Akan tetapi, umumnya ada dua macam pengoperasian yang bisa Anda temui, yaitu tombol dan knob. Kedua metode ini punya keunggulan yang berbeda-beda.


Tombol memiliki penggunaan yang sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol pada kompor gas untuk menyalakan dan mengatur api kompor gas Anda. Anda bisa dengan mudah mengatur panas yang dibutuhkan, bahkan untuk memasak dengan mode tertentu.


Sementara knob adalah metode pengaturan yang agak sulit dioperasikan. Meski begitu, penggunaan knob justru direkomendasikan untuk Anda yang memiliki anak-anak. Tanpa menekan dan memutar knob bersamaan, kompor gas Anda tidak akan menyala.

Utamakan material bodi yang mudah dibersihkan

Utamakan material bodi yang mudah dibersihkan

Hal yang tak kalah penting saat memilih kompor gas adalah mempertimbangkan material bodinya. Pastikan Anda memilih kompor, seperti material glass, stainless steel, dan material besi dengan coating. Ketiga material tersebut punya sifat yang awet dan mudah dibersihkan. 


Material glass berisiko pecah akibat beban berlebihan. Namun, glass lebih baik dalam menghalau radiasi panas sehingga permukaan sekitar tungku tidak mudah panas atau terbakar. Glass juga membuat tampilan kompor gas ini juga lebih mewah dan modern.


Jika Anda mempertimbangkan kompor gas yang harganya lebih terjangkau, Anda bisa memilih kompor gas berbahan enamel. Lapisan enamel ini mudah dibersihkan bila terkena minyak atau noda gosong. 


Anda juga bisa mempertimbangkan kompor gas berbodi fluor. Fluor termasuk material yang mudah dibersihkan. Namun, lapisan catnya lebih mudah terkelupas bila digosok. Kompor semacam ini cocok untuk Anda yang cukup rajin membersihkan peralatan dapur. 

Cek fitur-fitur yang ditawarkan

Kompor gas saat ini hadir dengan beragam fitur. Mari pilih fitur yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

Timer, atur waktu untuk memasak lebih efisien

Timer, atur waktu untuk memasak lebih efisien

Keberadaan timer bisa sangat membantu Anda saat beraktivitas di dapur. Pernahkah Anda membayangkan kompor yang dapat mematikan api secara otomatis atau memiliki alarm


Dengan timer, aktivitas memasak pasti terasa sangat praktis. Hanya saja, fitur timer semacam ini biasanya hanya terdapat pada kompor gas high-end yang mahal harganya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyesuaikan fitur dengan anggaran Anda saat berbelanja, ya.

Fitur keamanan, cegah kecelakaan di dapur

Fitur keamanan, cegah kecelakaan di dapur

Beberapa kompor gas tertentu dilengkapi dengan sistem pengamanan ganda. Pertama, sistem keamanan yang mampu mendeteksi suhu panas berlebih dan memadamkan api secara otomatis. Pastikan kompor gas Anda dilengkapi dengan fitur keamanan semacam ini, ya.


Untuk keluarga yang memiliki anak kecil, Anda juga perlu mencermati fitur child lock. Dengan fitur ini, kompor Anda tidak akan menyala meski disentuh anak-anak. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi saat berada di dapur dengan anak Anda.

Pilih berdasarkan jenis gas yang digunakan

Pilih berdasarkan jenis gas yang digunakan

Varian kompor gas tidak hanya terbatas pada modelnya saja. Namun, ada dua jenis kompor gas yang dapat dilihat dari sumber gasnya, yaitu LPG dan gas alam. Gas alam umumnya disediakan oleh PGN atau Perusahaan Gas Negara.


Kompor gas yang digunakan untuk gas alam biasanya akan diberi label khusus "kompor gas khusus gas alam".  Untuk itu, Anda perlu cermat dalam membaca spesifikasi kompor gas pilihan Anda. Meski memiliki model yang sama, sambungan pipa gas yang digunakan akan sangat berbeda. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

ElectroluxGas Hob Ganar 78cm dengan 2 Tungku

EHG7230BE

Mulai dari Rp 3.282.700,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

QuantumQGC101R Kompor Gas 1 Tungku

Mulai dari Rp 111.000,00

10 Rekomendasi kompor gas terbaik

Kini saatnya Anda beranjak ke ulasan kami. Di bawah ini, kami telah menyediakan sepuluh merek kompor gas terbaik. Yuk, pilih yang cocok dengan kebutuhan Anda!

10

SUGGOInfrared Gas Stove

SG-301

Mulai dari Rp 1.100.000,00

Jenis komporKompor gas infrared & kompor tanam
Jenis gasLPG
Material plateTempered glass
FiturBurner api besar & api kecil
Ukuran-
9
Jenis komporKompor tanam
Jenis gasLPG
Material plateTempered glass
Fitur-
Ukuran73 cm × 41 cm × 8 cm
8
Jenis komporKompor tanam
Jenis gasLPG
Material plateBreak resistance glass
FiturPemantik elektrik
Ukuran30 cm × 42 cm × 14 cm
7

QuantumKompor 2 Tungku Khusus Gas Alam

QGC 201 DMPC

Mulai dari Rp 326.000,00

Jenis komporKompor meja
Jenis gasPGN
Material plateDeep drawing powder white
FiturPemantik mekanik, burner kuningan, efisiensi gas hingga 30,7%, bodi tanpa sambungan
Ukuran73 cm × 42,5 cm × 15,5 cm
6

SANKENKompor Gas Kaca 2 Tungku

SG-369 DX2

Mulai dari Rp 1.064.000,00

Jenis komporKompor meja
Jenis gasLPG
Material plateTampered glass & stainless steel
FiturApi blue whirl jet, api lilin, pan suport, pentavet
Ukuran73 cm × 41 cm × 11,6 cm
5

ARISTONKompor Tanam 76 Cm

DD7622W/A(BK)I

Mulai dari Rp 7.900.000,00

Jenis komporKompor tanam
Jenis gasLPG
Material plateSchott Ceran® Glass
FiturGas security valve, cast iron pan & wok supports
Ukuran-
4

Winn GasFREE STANDING STOVE + OVEN

W-5050A

Mulai dari Rp 2.990.000,00

Jenis komporFreestanding
Jenis gasLPG
Material platePlat SPCC
FiturOne push automatic piezo electrical, top glass tempered, trivet berlapis powder coating tahan bakar, kaki karet, burner cap kuningan
Ukuran62 cm × 57 cm × 93 cm
3
Jenis komporKompor tanam & meja
Jenis gasLPG & PGN
Material plateTempered glass
FiturLarge burner, medium burner, gas safety technology, wok adaptor, feet
Ukuran73 cm × 42 cm × 12 cm
2

ElectroluxFree Standing Kompor Gas 60cm dengan 4 Tungku dan Oven

EKG61107OX

Mulai dari Rp 12.999.000,00

Jenis komporFreestanding
Jenis gasLPG
Material plateBesi tahan karat
FiturOven gas 2-in-1, 3 lapis pintu kaca pengaman, timer, safety technology, trivet wajan, aerated dual-jet technology, blue power fire
Ukuran85 cm × 60 cm × 60 cm
1
Jenis komporKompor tanam
Jenis gasLPG
Material plateTempered glass (Schott Glass)
FiturChild lock safety device, heavy duty cast iron pan support, sealed double ring burner, brass die cast burner head, aluminium & brass die cast burner body, wok & pan adaptor, flexible hose end
Ukuran88 cm × 52 cm × 13,6 cm

Tabel perbandingan produk kompor gas terbaik

Gambar produk
1
Rinnai Kompor tanam 1

Rinnai

2
Electrolux Free Standing Kompor Gas 60cm dengan 4 Tungku dan Oven  1

Electrolux

3
MODENA Crista 1

MODENA

4
Winn Gas FREE STANDING STOVE + OVEN  1

Winn Gas

5
ARISTON Kompor Tanam 76 Cm  1

ARISTON

6
SANKEN Kompor Gas Kaca 2 Tungku 1

SANKEN

7
Quantum Kompor 2 Tungku Khusus Gas Alam 1

Quantum

8
Diamante Built In Hob  1

Diamante

9
Tecnogas Azalea Kompor Tanam 1

Tecnogas

10
SUGGO Infrared Gas Stove  1

SUGGO

Nama produk

Kompor tanam

Free Standing Kompor Gas 60cm dengan 4 Tungku dan Oven

Crista

FREE STANDING STOVE + OVEN

Kompor Tanam 76 Cm

Kompor Gas Kaca 2 Tungku

Kompor 2 Tungku Khusus Gas Alam

Built In Hob

Azalea Kompor Tanam

Infrared Gas Stove

Keunggulan

Kompor untuk memasak supercepat!

Kompor dengan fungsi oven 2-in-1

Kompor tanam multifungsi!

Kompor standing dengan harga bersahabat

Fitur keamanan yang matikan api secara otomatis

Bodi kaca untuk tampilan elegan

Merk andalan untuk pengguna gas alam

Desain vertikal untuk dapur kecil Anda

Bodi tempered glass yang kuat dan mudah dibersihkan

Lebih hemat gas dan tidak membuat panci hitam

Harga mulai dariRp 4.471.500,00Rp 12.999.000,00Rp 3.750.000,00Rp 2.990.000,00Rp 7.900.000,00Rp 1.064.000,00Rp 326.000,00Rp 1.630.000,00Rp 3.000.000,00Rp 1.100.000,00
Jenis komporKompor tanamFreestandingKompor tanam & mejaFreestandingKompor tanamKompor mejaKompor mejaKompor tanamKompor tanamKompor gas infrared & kompor tanam
Jenis gasLPGLPGLPG & PGNLPGLPGLPGPGNLPGLPGLPG
Material plateTempered glass (Schott Glass)Besi tahan karatTempered glassPlat SPCCSchott Ceran® GlassTampered glass & stainless steelDeep drawing powder whiteBreak resistance glassTempered glassTempered glass
FiturChild lock safety device, heavy duty cast iron pan support, sealed double ring burner, brass die cast burner head, aluminium & brass die cast burner body, wok & pan adaptor, flexible hose endOven gas 2-in-1, 3 lapis pintu kaca pengaman, timer, safety technology, trivet wajan, aerated dual-jet technology, blue power fireLarge burner, medium burner, gas safety technology, wok adaptor, feetOne push automatic piezo electrical, top glass tempered, trivet berlapis powder coating tahan bakar, kaki karet, burner cap kuninganGas security valve, cast iron pan & wok supportsApi blue whirl jet, api lilin, pan suport, pentavetPemantik mekanik, burner kuningan, efisiensi gas hingga 30,7%, bodi tanpa sambunganPemantik elektrik-Burner api besar & api kecil
Ukuran88 cm × 52 cm × 13,6 cm 85 cm × 60 cm × 60 cm 73 cm × 42 cm × 12 cm62 cm × 57 cm × 93 cm-73 cm × 41 cm × 11,6 cm 73 cm × 42,5 cm × 15,5 cm 30 cm × 42 cm × 14 cm73 cm × 41 cm × 8 cm-
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kompor lainnya di sini!

Selain beragam jenis kompor gas yang sudah kami ulas, kami juga masih punya artikel menarik lainnya. Silakan klik link di bawah ini untuk ulasan dan tips memilih kompor yang tepat, ya!

Kesimpulan

Kompor gas saat ini telah hadir dengan berbagai pilihan. Untuk menemukan kompor gas yang tepat, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan aktivitas dapur Anda saja. Cermati hal-hal, seperti jumlah tungku, fitur, material, serta ukuran dapur Anda.


Jangan lupa juga untuk mengecek ulasan produk kompor gas terbaik yang telah kami sediakan. Kompor yang tepat akan membuat aktivitas memasak Anda jauh lebih menyenangkan. Semoga ulasan kami membantu Anda menemukan produk terbaik, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti Maxim, Yoshikawa, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    108.545 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor gas portable memiliki bentuk mini sehingga penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya gas meledak.   Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih kompor gas portable terbaik sebagai panduan memilih. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik kompor gas portable, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Produk-produk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilh. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda!
    Peralatan masak
    111.379 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    315.732 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan penggorengan terbuat dari bahan yang beragam, baik yang dilengkapi lapisan antilengket maupun yang noncoating. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan wajan antilengket seperti teflon, serta wajan noncoating, seperti cast iron dan stainless steel. Apa keunggulan dari setiap bahan tersebut? Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Kami juga akan mengulas rekomendasi wajan dari merk ternama, seperti Tefal, IKEA, Maxim, dan Oxone. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus. Temukanlah wajan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    236.163 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak yaitu mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Namun, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilih food chopper yang bagus. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih food chopper. Kami juga akan mengulas food chopper yang banyak diminati dari merk Baby Safe, Tupperware, Slap Chop, freemir, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
    96.546 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila Anda hobi memasak, memiliki satu set frying pan mungkin akan menjadi kepuasan tersendiri. Selain mempercantik interior dapur dengan peralatan masak yang seragam, frying pan set bisa disimpan dengan lebih rapi dan ringkas. Namun, banyaknya produk set frying pan yang bagus mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Supaya Anda tidak bingung, kami akan mengulas cara memilih frying pan set. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada produk set dari MINKA, Maxim, Oxone, Supra, dan sebagainya, lho.
    Peralatan masak
    153.946 Views
  • 10 Rekomendasi Pemanggang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pemanggang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Alat pemanggang membuat Anda bisa memanggang ikan, daging, ayam, atau sosis tanpa khawatir menimbulkan asap. Saat ini, ada banyak tipe pemanggang yang mudah dijumpai, seperti tipe listrik, gas, hingga inframerah yang memiliki karakteristik masing-masing. Merek pemanggang yang bagus pun cukup beragam, mulai dari Philips, Zujirushi, hingga Lock & Lock.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih pemanggang atau alat barbeque. Ada juga sepuluh rekomendasi pemanggang terbaik yang telah kami siapkan untuk Anda. Sudah siapkah Anda untuk memilih?
    Peralatan masak
    100.011 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori