10 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

Kutu air atau kaki atlet merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang biasanya menyerang kulit kaki. Kulit akan terasa gatal, perih, menyengat, melepuh yang tentu saja mengganggu aktivitas. Anda dapat membeli obat untuk membasmi kutu air pengganggu tersebut dengan mudah dari apotek atau toko-toko online.

Beragam merek obat kutu air, seperti Kalpanax, Daktarin, dan Fungiderm akan kami ulas di sini. Apabila Anda tidak tahu obat kutu air seperti apa yang paling ampuh membersihkan jamur penyebab kutu air, tips-tips cara memilih produk yang terbaik pun juga akan kami bagikan kepada Anda. Temukan informasi selengkapnya di bawah ini.

Daftar isi

Cara memilih obat kutu air

Mungkin sebagian besar masyarakat kita tahu bahwa obat kutu air yang umum hanyalah berbentuk salep. Jenis dan bentuk obat kutu air yang dijual bermacam-macam. Ketahuilah jenis-jenisnya dengan membaca ulasan kami ini.

Pilih obat kutu air berdasarkan jenisnya

Berdasarkan gejala kutu air yang terjadi pada setiap orang, obat kutu air dibagi menjadi empat jenis, yaitu bentuk cair, krim, salep, dan semprot. Yuk, baca selengkapnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap jenis tersebut.

Jenis cair: sangat nyaman untuk kutu air tipe kering

Jenis cair: sangat nyaman untuk kutu air jenis kering

Obat kutu air jenis cair merupakan obat yang diaplikasikan dengan membasahi bagian yang terkena kutu air tanpa perlu membuat tangan kotor. Karena memiliki daya serap yang baik serta mudah digunakan, rasa tidak nyaman pada kulit akan hilang setelah digunakan. Obat kutu air jenis cair sangat nyaman dan cocok digunakan untuk Anda yang mengalami kutu air tipe kering.

Namun, karena kebanyakan obat jenis cair ini mengandung alkohol, kami tidak merekomendasikan jenis ini bagi Anda yang mengalami kutu air dengan kondisi pecah-pecah dan mengelupas. Dikhawatirkan obat akan meresap ke dalam luka sehingga menyebabkan peradangan.

Jenis krim: cocok untuk kondisi kulit yang melepuh dan mengelupas

Jenis krim: cocok untuk kondisi kulit yang melepuh dan mengelupas

Biasanya, obat kutu air jenis krim ini merupakan jenis yang dapat digunakan untuk mengobati gejala kutu air yang umum. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa jenis ini terasa sangat lengket di kulit. Akan tetapi, setelah digunakan jenis krim ini dapat merata dengan baik dan tidak lengket sama sekali. Jenis ini direkomendasikan khusus bagi orang yang mengalami kutu air dengan kondisi kulit yang melepuh, bahkan mengelupas.

Namun, apabila setelah digunakan kulit terasa lembap dan semakin meradang, atau kulit menjadi pecah-pecah dan semakin parah, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian obat ini.

Jenis salep: memberikan perlindungan ekstra terhadap kulit

Jenis salep: memberikan perlindungan ekstra terhadap kulit

Obat salep jenis salep ini memang paling umum digunakan penderita kutu air. Salep ini menggunakan bahan dasar petroleum jelly yang merupakan bahan yang juga dimanfaatkan untuk melembapkan kulit. Obat kutu air jenis salep ini adalah jenis yang memiliki perlindungan tinggi terhadap kulit. Jenis ini sangat cocok untuk kondisi kutu air dengan gejala kulit merah mengelupas, gatal, dan terasa sakit. Namun, karena jenis salep mengandung minyak, setelah dioleskan ke kulit tangan akan terasa lengket dan tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan poin tersebut.

Jenis semprot: tangan tetap bersih dan tidak lengket di kulit

Jenis semprot: tangan tetap bersih dan tidak lengket di kulit

Jenis ini merupakan jenis obat yang memungkinkan Anda mengobati kutu air tanpa menyentuh area yang sakit. Kelebihan lainnya adalah ketika disemprot ke area yang terkena bakteri atau jamur kutu air, kulit akan terasa lembut serta tidak lengket. Jenis ini direkomendasikan bagi penderita kutu air dengan tipe yang memiliki kelembapan tinggi. Kekurangannya adalah karena berbentuk semprot, Anda mungkin kesulitan ketika ingin mengobati area-area yang membutuhkan ketelitian.

Perhatikan kandungan antifungi yang digunakan

Perhatikan kandungan antifungi yang digunakan

Kandungan antifungi atau antijamur yang terkandung dalam obat kutu, antara lain terbinafine, butenafine hydrochloride, oxiconazole nitrate, dan miconazole nitrate. Semua kandungan antijamur ini memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk membunuh jamur penyebab kutu air.

Namun, kecocokan dari tiap-tiap kandungan tersebut tergantung pada kulit dan kondisi kutu air pada masing-masing orang. Jadi, bagi Anda yang alergi atau merasa obat tidak berefek apa pun pada kulit yang sakit, sebaiknya mengganti obat dengan kandungan lain yang cocok untuk Anda. Misalnya, karena miconazole nitrate merupakan pembasmi bakteri jamur yang sedikit lemah dibandingkan antijamur yang lain, sebaiknya Anda menggantinya dengan obat yang mengandung terbinafine atau butenafine hydrochloride yang lebih kuat dari miconazole nitrate.

Jika kandungan antijamur terbinafine membuat kulit Anda terasa gatal tak tertahankan, sebaiknya memilih obat dengan kandungan miconazole nitrate. Miconazole nitrate merupakan antijamur yang mengandung bahan-bahan penghilang rasa gatal yang sangat efektif.

Cek kandungan lain yang dapat meredakan kutu air

Cek kandungan lain yang dapat meredakan kutu air

Menyembuhkan kutu air memang tidak bisa secara langsung. Agar bisa sembuh seluruhnya, diperlukan pengobatan yang berkelanjutan. Agar cepat sembuh, Anda harus melalui proses dan melihat kondisi sakit yang Anda alami. Misalnya, Anda perlu mengecek kandungan dalam obat kutu air yang dapat mengurangi rasa gatal, mampu mensterilkan kulit dari bakteri jamur penyebab kutu air, serta mengobati peradangan. Jika Anda ingin mengurangi gatal, Anda bisa memilih obat yang mengandung lidocaine, crotamiton, menthol, dan dibucaine hydrochloride. Jika Anda ingin mensterilkan bakteri jamur, pilih obat dengan kandungan isopropyl methylphenol. Selain itu, bagi Anda yang ingin mengobati kutu air yang meradang, sebaiknya memilih obat dengan kandungan glycyrrhetinic acid yang termasuk anti-inflamasi.

Pilih yang memberikan sensasi sejuk di kulit

Pilih yang memberikan sensasi sejuk di kulit

Saat memilih obat kutu air, penting bagi Anda untuk memperhatikan kandungan antijamur dan yang lainnya. Namun, salah satu poin yang juga harus Anda perhatikan adalah ada tidaknya kandungan yang memberikan efek kesejukan di kulit. Gejala kutu air yang umum adalah rasa gatal yang tidak tertahankan pada area yang terinfeksi jamur. Jika terasa gatal, tangan ingin segera menggaruk hingga hilang rasanya. Meskipun Anda tahu area tersebut tidak boleh digaruk, tetapi tangan Anda kalah dari rasa gatal tersebut.

Bagi Anda yang merasakan hal tersebut, kami merekomendasikan obat kutu air yang memiliki kandungan menthol yang segar dan menyejukkan kulit. Menthol yang terkandung dalam obat kutu air ini mampu secara efektif menghilangkan rasa gatal yang Anda rasakan. Jadi, karena sudah tidak terasa gatal lagi, Anda pun akan berhenti menggaruk sehingga mengurangi kulit Anda dari kerusakan. Menggaruk area yang terinfeksi dikhawatirkan malah akan memperparah kondisi kulit Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk dengan kandungan menthol yang akan memberikan sensasi sejuk dan menyegarkan.

10 Rekomendasi obat kutu air terbaik

Kami telah memilih sepuluh produk obat kutu air terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Tentukan obat kutu air yang akan Anda beli dengan mempertimbangkan poin-poin cara memilih yang telah kami ulas di atas.

10. Body Bio Spray

10. Body Bio Spray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 115.000

Tak perlu menyentuh kulit yang sakit, cukup disemprot!

Jika Anda termasuk orang yang jijik menyentuh kulit Anda yang terkena bakteri dan jamur, janganlah memakai obat jenis salep atau krim. Gunakanlah obat berbentuk cair ini yang pengaplikasiannya dengan cara disemprot. Semprot produk ini ke bagian kulit yang sakit dan tangan Anda pun akan terjaga kebersihannya.

Produk ini merupakan antiseptik yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya dan ekstrak bunga mawar. Bahan-bahan alami tentu lebih aman di kulit Anda. Selain untuk membasmi jamur kutu air, produk ini dapat juga digunakan untuk mengatasi bau badan. Harganya cukup mahal, tetapi untuk tubuh yang sehat tentu tidak masalah, bukan?

9. Meccaya Pharmaceutical Ointment – Salep Kulit 88

9. Meccaya Pharmaceutical Ointment - Salep Kulit 88

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 8.000

Si mungil berkhasiat yang sudah jadi sahabat masyarakat Indonesia

Pasti Anda sudah familier dengan salep yang satu ini. Produk yang dibuat oleh produsen dari tahun 1982 ini sudah dipasarkan ke seluruh pelosok Indonesia dan menjadi sahabat masyarakat. Produk ini dibuat dari bahan dasar potreleum jelly yang mengandung perpaduan tiga bahan aktif, yaitu salicyclic acid, benzoid acid, dan sulfur praecipitatum.

Ketiga bahan aktif ini diketahui bukan hanya bersifat antijamur, tetapi juga bersifat antibakteri yang ketika dipadukan akan menjadikan salep sangat berkhasiat. Tidak masalah jika setelah mengoleskan salep, kulit Anda terasa seperti terbakar. Akan tetapi, Anda boleh menghentikan pemakaian jika kondisinya semakin parah. Salep ini cocok bagi Anda pencinta produk lokal.

8. Kimia Farma Antifungals Dermatologicl Miconazole 2% Krim

8. Kimia Farma Antifungals Dermatologicl Miconazole 2% Krim

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 4.500

Harga lebih murah! Tinggal oles, jamur hilang

Bagi Anda yang mengeluh karena harga krim kutu air harganya mahal, janganlah Anda melewatkan produk yang satu ini. Dengan harga yang tidak sampai lima ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan krim dengan berat 10 gram. Hal yang membuat produk ini sangat ekonomis adalah karena merupakan jenis obat generik yang bukan obat paten dengan merek.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh memandang sebelah mata kualitas dari produk ini. Sama seperti produk lain, produk ini juga mengandung bahan antijamur yang tinggi yaitu sebesar 2%. Kandungan miconazole nitrate di dalam krim kutu air ini siap membasmi jamur di kulit Anda. Tidak perlu pergi ke apotek, cukup membelinya secara online.

7. Ferron Par Pharmaceuticals Termisil Dermatology

7. Ferron Par Pharmaceuticals Termisil Dermatology

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 45.000

Mengandung terbinafine HCL yang lebih kuat membunuh jamur

Bagi Anda yang merasa kutu air Anda tidak kunjung sembuh, cobalah untuk menggunakan obat dengan kandungan antifungi lain yaitu terbinafine HCL. Tidak seperti produk lain yang biasa menggunakan kandungan miconazole nitrate, produk ini menggunakan bahan terbinafine HCL sebesar 1%.

Terbinafine hydrochloride atau HCL bekerja dengan cara menghambat epoxidase sehingga sel jamur menjadi kekurangan ergosterol yang menyebabkan kematian sel jamur. Tidak semua orang dapat menggunakan produk yang harus didapat setelah mendapatkan resep dokter ini. Penggunanya dibatasi yaitu orang dewasa dan remaja berusia enam belas tahun ke atas.

6. Kalbe Farma Kalpanax Cair

6. Kalbe Farma Kalpanax Cair

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 20.000

Teksturnya cair seperti air, cepat keringnya!

Apabila Anda sudah mencoba mengobati gejala kutu air pada kulit Anda dengan krim dan semakin parah, tidak ada salahnya Anda mencoba produk satu ini. Kalpanax memiliki tekstur cair menyerupai air. Karena cair, produk ini cepat meresap ke kulit, sangat pas untuk Anda yang mengalami gejala kutu air kering dan pecah-pecah.

Basahilah kapas dengan Kalpanax cair ini, kemudian usapkan tipis-tipis ke kulit. Jangan menggosoknya agar kulit tidak iritasi. Produk ini memiliki kandungan yang lengkap, yaitu salicylic acid, benzic acid, dan povidone iodone yang tidak menyebabkan kulit terasa panas atau perih. Perhatikanlah karena produk ini dikemas dalam botol kecil, mungkin akan cepat habis jika Anda memakainya terlalu banyak.

5. Kimia Farma Hydrocortisone 2,5 % Krim

5. Kimia Farma Hydrocortisone 2,5 % Krim

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 6.850

Jangan biarkan kutu air Anda semakin meradang!

Bagi Anda yang menderita kutu air yang rasanya sakit dan sudah benar-benar parah, segeralah pergi ke dokter agar mendapatkan obat anti-inflamasi atau peradangan. Salah satu obat untuk mengurangi iritasi dan peradangan tersebut adalah Hydrocotisone. Obat generik ini merupakan salah satu jenis obat kortikosteroid yang memiliki efek antiradang yang sangat kuat.

Harus diingat bahwa Anda hanya boleh membeli produk ini setelah mendapatkan resep dari dokter. Karena jika dosis pemakaiannya terlalu berlebihan, dapat membahayakan kesehatan. Pastikan juga Anda membaca cara penggunaan yang tercantum pada kemasan. Dapatkan segera produk ini dari apotek terdekat atau membelinya secara online.

4. Janssen Daktarin Cream

4. Janssen Daktarin Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 22.400

Bangkitkan rasa percaya diri Anda lagi dengan obat yang sudah digunakan di berbagai negara!

Selain rasanya menyiksa, gejala kutu air di kulit pasti juga membuat Anda tidak percaya diri. Produk Daktarin yang sudah terkenal di berbagai negara ini merupakan salah satu produk yang wajib Anda coba karena pasti kualitasnya juga tak perlu diragukan. Jamur dan bakteri penyebab kutu air akan hilang dengan obat berbentuk krim ini.

Proses penyembuhan setelah mengoleskan produk ini secara rutin adalah sepuluh hari. Meskipun sedikit membaik, tetapi agar sembuh secara total, jangan menghentikan pengobatan sebelum sepuluh hari. Namun, harganya terbilang cukup mahal dibandingkan produk lain. Dengan harga lebih dari dua puluh ribu, Anda hanya akan mendapatkan krim dengan berat 5 gram saja.

3. Afiat Pagoda Salep Extra

3. Afiat Pagoda Salep Extra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 4.800

Kecil-kecil begini bikin adem kulit Anda. Buktikan!

Apakah salep kutu air yang Anda gunakan tidak dapat meredakan gatal yang menyiksa kulit Anda? Kami harap gatal Anda reda dengan memakai produk ini. Salep ini sekilas sama seperti produk lain, tetapi yang membedakannya adalah adanya kandungan menthol 22 mg di dalamnya yang pasti memberikan rasa dingin dan nyaman sehingga gatal di kulit Anda tidak terasa lagi.

Selain itu, gejala kutu air di kulit Anda akan sembuh lebih cepat dengan memakai salep ini. Pasalnya, kadar asam salisilat produk ini telah ditingkatkan menjadi 12% yang dijamin lebih efektif dalam menyembuhkan kutu air atau penyakit kulit lainnya. Dua kombinasi kandungan tersebut sangat pas untuk meredakan kutu air yang disertai rasa gatal.

2. Kalbe Farma Kalpanax Krim 5 gr – Tube

2. Kalbe Farma Kalpanax Krim 5 gr - Tube

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Oles-oles aja, enggak perlu takut lengket di tangan

Untuk Anda yang selama ini menganggap krim kutu air selalu terasa lengket di tangan, Anda perlu membuat pengecualian untuk produk ini. Memang tampaknya sama, tetapi setelah mengoleskan krim ke luka, tangan Anda tidak akan terasa lengket dan tidak nyaman. Tekstur produk ini memang dibuat tidak lengket. Anda tetap bisa enjoy mengoleskan krim ini pada area yang sakit.

Produk dari Kalbe ini mengandung micronazole nitrate sebanyak 2% yang akan membantu membasmi jamur-jamur penyebab kutu air. Selain itu, gejala gatal yang Anda rasakan akan teratasi dengan menggunakan produk ini. Oleskan krim ini ini pada area yang sakit dua kali dalam sehari secara bertahap, niscaya kutu air Anda akan sembuh.

1. Konimex Fungiderm Clotrimazole

1. Konimex Fungiderm Clotrimazole

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 22.957

Berbahan aktif clotrimazole, si pembasmi tuntas jamur!

Selain menderita kutu air di kaki, apakah bagian tubuh Anda lainnya juga terasa gatal akibat panu atau kurap? Tidak perlu membeli banyak obat, belilah produk ini yang senantiasa mampu mengatasi semua gangguan jamur di kulit Anda tersebut. Kandungan clotrimazole sejumlah 1% di dalamnya merupakan bahan aktif pembasmi jamur yang sangat efektif.

Berbagai jenis jamur, seperti kapang, dermatofitosis, dan candida dapat dibasmi oleh obat kutu air jenis krim ini. Oleh karena itu, infeksi jamur pada vagina, tenggorokan, lipatan paha, kulit kepala, bahkan seriawan dapat sembuh berkat adanya bahan aktif clotrimazole. Jika Anda seorang ibu, beli dan lindungi keluarga Anda dari jamur dengan produk ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi obat kutu air yang dapat kami jabarkan, Anda pasti sudah menemukan produk yang Anda inginkan, bukan? Setelah pengobatan dengan obat kutu air di atas, hindari terlalu sering berinteraksi dengan air apalagi air yang keruh dan kotor.

Obati kutu air sampai tuntas ke akarnya dengan pemberian secara rutin. Jika dalam waktu satu atau dua minggu masih belum memberikan dampak yang besar bagi kesembuhan kutu air Anda, segera konsultasikan dengan dokter kulit yang tepercaya. Semoga cepat sembuh, ya!