mybest
Makanan kucing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Makanan hewan
  4. 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. 

Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.

Diperbaharui 14/07/2023
drh. Tito Suprayoga
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan kucing

Kucing memiliki selera makan dan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Bagaimana sih, cara memilih makanan kucing yang bagus? Yuk, simak tips di bawah ini agar Anda tidak bingung lagi.

1

Pilih berdasarkan tipe makanannya

Makanan kucing dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu pakan kering dan pakan basah. Kedua jenis pakan ini memiliki keunggulan masing-masing. Untuk mengetahui perbedaannya, simaklah penjelasan berikut.

Pakan kering: Praktis dan awet, cocok dijadikan sebagai makanan utama

Pakan kering: Praktis dan awet, cocok dijadikan sebagai makanan utama

Makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama karena sifatnya yang tahan lama dan memiliki harga bersahabat. Selain itu, makanan kering membantu kucing untuk melatih gigi mereka serta berperan untuk mencegah akumulasi plak.


Pemberian makanan kering pun praktis karena Anda dapat menggunakan dispenser makanan kucing yang berkapasitas besar. Jika kucing Anda lebih menyukai pakan basah, Anda bisa menambahkan sedikit air ke makanan keringnya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pakan kering untuk kucing bisa diberikan pada kucing berusia minimal 2 bulan atau dengan seizin dokter hewan yang memeriksa. Hal ini tentunya dilakukan dengan memperhatikan kondisi kesehatan dan jenis pakan yang diberikan. 


Pakan kering diberikan dalam jumlah gram per hari yang direkomendasikan oleh produsen atau sesuai informasi pada label kemasan. Hal yang perlu diingat, kelebihan atau kekurangan pakan per hari ini dapat berdampak pada kesehatan kucing.

Makanan basah: Ramah bagi kucing dengan daya gigit yang lemah

Makanan basah: Ramah bagi kucing dengan daya gigit yang lemah

Jika Anda memiliki kucing yang telah melemah daya gigitnya, berilah makanan basah. Selain memiliki lebih kandungan air, makanan basah memiliki lebih banyak varian rasa dibanding makanan kering. Alhasil, makanan jenis ini bisa diberikan ke kucing yang sedang tidak nafsu makan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pakan basah cenderung lebih mahal daripada pakan kering dan tidak tahan lama.


Jika Anda sedang mencari wet food lainnya untuk kucing, Anda bisa menyimak tautan berikut. Kami sudah merangkum berbagai wet food berkualitas untuk si kucing.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing dapat menghasilkan urine yang lebih pekat daripada anjing dan memiliki kebutuhan air yang lebih rendah. Beberapa penelitian mengatakan bahwa pakan kering dikaitkan dengan asupan air yang lebih sedikit dan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, pakan kering juga dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih lainnya. 


Beberapa penelitian menemukan kucing minum lebih sedikit air saat makan pakan kering. Namun, ada penelitian lain yang bertentangan dengan penemuan ini. Penelitian tersebut mengidentifikasi bahwa tidak ada perbedaan kadar air pada tubuh kucing yang diberi makanan kering dan makanan basah.


Ada banyak faktor yang memengaruhi asupan air pada kucing selain dari bentuk makanannya. Beberapa faktor tersebut antara lain kandungan protein dan mineral serta kepadatan energinya. Oleh karena itu, memberi makan makanan basah saja tidak dijamin akan meningkatkan asupan air pada tubuh hewan. Anda juga harus menyertainya dengan asupan minum yang mencukupi kebutuhan hariannya.

Gabungkan kedua jenis pakan agar kucing tidak bosan

Gabungkan kedua jenis pakan agar kucing tidak bosan

Tidak hanya manusia, kucing juga akan bosan jika makan itu-itu saja. Agar nafsu makannya tetap bagus, kombinasikan makanan kering dan basah. Contohnya, jika Anda telah memberi makanan kering dari salmon, beri juga makanan basah dari ayam. Sebaiknya, pilih kandungan utama yang berbeda supaya nutrisinya terpenuhi.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing merupakan hewan neophiliac atau hewan yang mau mencoba hal-hal baru. Kucing mungkin bosan makan makanan yang sama dengan cara yang sama setiap hari. Mencampur makanan kucing basah dan kering adalah cara yang baik untuk memberinya variasi. Selain itu, Anda juga bisa memberinya makanan terpisah pada jam makannya. 

Lengkapi nutrisinya dengan snack

Lengkapi nutrisinya dengan snack
Pemberian snack sangat dianjurkan saat kucing sedang kurang nafsu makan. Selain disajikan terpisah, Anda juga bisa menjadikan snack sebagai topping di makanan utamanya. Kucing yang sedang diet pun bisa dilengkapi nutrisinya lewat snack

Anda bisa memberikan snack kering atau basah dengan beragam bentuk, seperti potongan daging, pasta, dan lainnya. Selain itu, snack juga bisa menjadi reward yang lezat saat Anda melatihnya. Jika Anda khusus mencari snack kucing, simak tautan di bawah, ya!

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Snack bisa Anda berikan pada kucing. Namun, ingat, snack tidak boleh menyumbang lebih dari 10% asupan energi kucing. Tidak seperti pakan kering atau basah, snack kucing tidak bernutrisi secara lengkap dan seimbang.


Terlalu banyak snack akan mengganggu keseimbangan nutrisi dan nafsu makan kucing terhadap pakan yang biasa diberikan. Tidak hanya itu, kucing Anda bisa berpotensi menjadi kucing yang picky eater atau pilih-pilih makanan. Terlalu banyak snack juga berkontribusi signifikan pada kemungkinan kelebihan berat badan dan obesitas.


Karena itu, pemilik harus paham asupan nutrisi yang ada pada snack sebelum memberikannya pada kucing. Anda juga bisa membatasi jumlah snack yang diberikan. Sebagai contoh, berilah snack hanya seminggu sekali sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

2

Sesuaikan dengan kondisi kesehatan kucing Anda

Kucing yang sedang sakit memerlukan nutrisi tambahan. Jadi, pilihlah makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk kondisi tubuh tertentu agar asupan gizinya terpenuhi. Untuk mengetahui jenis-jenis pakan kucing dengan formula khusus yang tersedia di pasaran, simaklah penjelasan di bawah ini.

Berikan makanan tinggi protein dan bernutrisi untuk kucing pasca sterilisasi

Berikan makanan tinggi protein dan bernutrisi untuk kucing pasca sterilisasi

Sterilisasi adalah meniadakan fungsi reproduksi pada kucing dengan menghilangkan alat reproduksinya. Setelah disteril, metabolisme kucing akan menurun dan mudah gemuk. Namun, bukan berarti ia harus diberi makanan diet. Berikan makanan tinggi protein, bebas biji-bijian, dan tanpa zat aditif. Makanan berkualitas membuat cepat kenyang sehingga mencegah obesitas.


Sebagian besar kucing tidak bernafsu makan setelah puasa pasca operasinya lewat. Jadi, pilihlah makanan yang dapat melengkapi nutrisinya meski dalam porsi kecil. Anda juga dapat memberikan makanan yang diformulasikan khusus untuk kucing yang telah menjalani operasi.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing dengan luka jahitan operasi sterilisasi berada dalam keadaan katabolik. Tanpa asupan nutrisi yang tepat, kucing akan berada dalam keseimbangan nitrogen negatif. Keadaan ini bisa menyebabkan waktu penyembuhan luka lebih lambat atau bahkan gagal untuk sembuh. 


Protein dan glukosa adalah nutrisi utama untuk penyembuhan luka. Protein membantu mencegah edema, sedangkan glukosa menyediakan energi untuk leukosit dan fibroblas. Leukosit dan fibroblas merupakan komponen penting dalam pembentukan kolagen dan kekuatan kesembuhan luka. 


Oleh karena itu, asupan makanan yang tidak memadai dari dua nutrisi ini bisa menunda penyembuhan. Selain itu, kekurangan nutrisi tersebut berkontribusi pada perkembangan kesembuhan luka yang tidak efektif.

Pilihlah formula khusus untuk melindungi kucing dari penyakit atau masalah berat badan

Pilihlah formula khusus untuk melindungi kucing dari penyakit atau masalah berat badan

Kini telah hadir berbagai ragam pakan kucing dengan kandungan yang disesuaikan untuk beberapa kondisi khusus. Sebagai contoh, ada pakan kucing tipe indoor yang dibuat untuk kucing yang senang berada di dalam rumah. Ada juga pakan kucing berkalori rendah untuk kucing yang sedang diet karena obesitas.


Beberapa produk juga dibuat khusus untuk menjaga kesehatan bulu kucing dan mengatasi masalah hairball. Apabila kucing Anda memiliki penyakit seperti diabetes atau gangguan saluran kemih, jangan khawatir. Makanan kucing untuk kondisi tersebut pun tersedia di pasaran.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing bisa terkena penyakit tertentu atau berada dalam status nutrisi abnormal seperti obesitas atau malnutrisi. Saat seperti itu, kucing membutuhkan asupan dan komponen nutrisi yang berbeda dengan kucing sehat.


Sebagai contoh, kucing dengan penyakit perkencingan akibat kristal membutuhkan pakan khusus perkencingan. Pakan ini diformulasikan untuk membuat urine kucing sedikit asam sehingga mencegah pembentukan kristal kembali. Dengan demikian, pakan bisa membantu proses penyembuhan dan mencegah penyakit yang sama terulang.

3

Periksa pakan kucing untuk bahan yang dapat menyebabkan alergi

Periksa pakan kucing untuk bahan yang dapat menyebabkan alergi

Makanan yang paling sering menyebabkan alergi pada kucing adalah telur, ikan, ayam, susu, dan daging sapi. Faktanya, mayoritas pakan kucing menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai komposisi utamanya. Maka dari itu, cek terlebih dahulu apakah kucing kesayangan Anda memiliki alergi sebelum memilih pakan untuknya. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, periksakan kucing Anda ke dokter hewan.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Istilah alergi makanan digunakan untuk menggambarkan reaksi immune-mediated abnormal terhadap antigen makanan. Dengan kata lain, alergi makanan mengacu pada reaksi yang disebabkan oleh sistem kekebalan terhadap protein tertentu pada makanan.


Dokter hewan memahami mekanisme terjadinya alergi makanan. Namun, dokter hewan tidak bisa langsung mengidentifikasi mengapa beberapa kucing menunjukkan reaksi alergi makanan dan lainnya tidak.


Reaksi alergi akibat pakan pada kucing bermacam-macam dan untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemeriksaan mendalam. Reaksi alergi yang mungkin timbul pada kucing adalah gatal-gatal yang kronis dan peradangan pada kulit. Rasa gatal ini biasanya menyerang wajah, telinga, perut, selangkangan, ketiak, dan kaki. 


Kucing yang merasa sangat gatal akan sering menggaruk-garuk dirinya. Hal ini bisa menyebabkan trauma yang signifikan, seperti luka, lecet, dan rambut rontok. Beberapa kucing juga menunjukkan reaksi alergi dengan gejala muntah dan/atau diare yang bersamaan dengan reaksi alergi pada kulit.


Hal yang harus dilakukan terkait alergi di atas adalah mengonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat. Hal ini karena gatal pada kulit tidak selalu disebabkan oleh alergi pakan. Kerja sama antara pemilik dan dokter hewan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah alergi pakan pada kucing.

4

Pilihlah sesuai tahapan perkembangan kucing

Pilihlah sesuai tahapan perkembangan kucing

Kucing memerlukan asupan gizi yang berbeda di setiap tahapan perkembangannya. Berikan makanan yang kaya protein dan kalsium untuk anak kucing berusia kurang dari satu tahun. Kandungan tersebut penting bagi pertumbuhan otot dan tulangnya. 


Makanan yang sama juga bisa Anda berikan ke induk kucing sebagai nutrisi tambahan selama menyusui. Selain itu, anak kucing umumnya belajar makan dengan cara meniru induknya.


Untuk kucing dewasa berumur 1–6 tahun, berikan pakan kucing bergizi lengkap agar mereka tetap sehat. Sementara itu, kucing senior berumur lebih dari tujuh tahun sebaiknya diberi makanan yang rendah kalori. Anda juga dapat pertimbangkan pakan dengan formulasi khusus karena kucing senior rentan terkena gangguan ginjal.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Nutrisi pada awal pertumbuhan memegang peranan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing saat dewasa. Kebutuhan nutrisi bagi kucing berbeda pada setiap tahapan usianya. Karena itu, Anda perlu memperhatikan dan memberikan pakan kucing sesuai tahap perkembangan usianya.

5

Pertimbangkan makanan sesuai ras kucing

Pertimbangkan makanan sesuai ras kucing

Produk pakan yang disesuaikan berdasarkan ras kucing juga banyak dijual di pasaran. Anda dapat memilih dengan mudah karena makanan tersebut dibuat khusus berdasarkan karakteristik masing-masing ras, seperti bulu.


Beberapa merek menyediakan makanan khusus untuk kucing ras Angora, American Shorthair, Maine Coon, Persia, dan lainnya, lho. Jika Anda menemukan makanan yang pas dengan ras kucing kesayangan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Selain kebutuhan nutrisi yang berbeda pada tiap tahapan usia, setiap ras kucing memiliki keunikan dan kebutuhan nutrisi masing-masing. Hal ini yang menyebabkan kebutuhan komposisi nutrisi pakan pada setiap ras berbeda-beda.


Banyak produsen pakan kucing yang mendalami dan melakukan penelitian tentang kebutuhan tiap-tiap ras. Pemilik hanya perlu memilih dan menyesuaikan pakan sesuai kebutuhan masing-masing peliharaan. Jika terjadi reaksi alergi atau ketidakcocokan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi makanan kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Perfect Companion

Cat Choize Adult

Perfect Companion Cat Choize Adult 1

Mulai dari Rp19.000,00

Agak Murah

Tanpa pewarna, aman untuk kucing ras seperti anggora, persia, hingga kucing kampung

2

Matahari Sakti

Felibite

Matahari Sakti Felibite 1

Mulai dari Rp11.500,00

Lebih Murah

Pakan kucing dengan harga murah dan bagus, tersedia kemasan kecil untuk menjajal

3

Happy Cat

Minkas Urinary Care

Happy Cat Minkas Urinary Care 1

Mulai dari Rp73.900,00

Agak Mahal

Cegah risiko penyakit saluran kemih

4

ROYAL CANIN

Recovery Can

ROYAL CANIN Recovery Can 1

Mulai dari Rp34.000,00

Menengah

Dukungan nutrisi tepat untuk mempercepat penyembuhan

5

Perfect Companion

Me-O Dry Food (Adult)

Perfect Companion Me-O Dry Food (Adult) 1

Mulai dari Rp51.000,00

Menengah

Siapa bilang pakan kucing berkualitas pasti mahal?

6

MARS

Sheba

MARS Sheba 1

Mulai dari Rp17.600,00

Agak Murah

Potongan dagingnya menggoda si anabul dan tinggi protein

7

Nestlé

PURINA Pro Plan Wet Derma Plus

Nestlé PURINA Pro Plan Wet Derma Plus 1

Mulai dari Rp15.300,00

Agak Murah

Makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus, terjamin nutrisi di dalamnya

8

CP Petindo

Kitchen Flavor Grain Free Beauty For All Life Stages

CP Petindo Kitchen Flavor Grain Free Beauty For All Life Stages 1

Mulai dari Rp154.000,00

Agak Mahal

Bebas biji-bijian, gluten, dan susu, makanan kucing yang tidak bikin mencret

9

MARS

Temptations Tasty Chicken Cat Treats

MARS Temptations Tasty Chicken Cat Treats 1

Mulai dari Rp26.500,00

Menengah

Snack kucing berkalori rendah dengan rasa berlimpah

10

Orijen

Original Cat

Orijen  Original Cat 1

Mulai dari Rp1.360.000,00

Lebih Mahal

Nutrisinya lengkap, kucing akan tetap sehat hingga masa senja

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Perfect CompanionCat Choize Adult

Cat Choize Adult 1
Sumber: perfectcompanion.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp19.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp19.000,00
Agak Murah

Tanpa pewarna, aman untuk kucing ras seperti anggora, persia, hingga kucing kampung

Zat aditif tidak hanya terdapat pada makanan manusia saja, tetapi juga makanan hewan seperti kucing. Cat Choize mengklaim produknya tanpa pewarna buatan. Dengan ini, Anda dapat memberikannya untuk semua ras kucing, dari mulai anggora, persia, domestik, dan lainnya.


Produk ini juga memiliki bentuk kible yang sesuai untuk kucing dewasa. Selain tidak akan membuat kucing kesulitan mengunyah, pakan kucing ini juga dapat mengurangi pertumbuhan karang gigi. Tak hanya itu saja, Cat Choize juga memiliki harga yang murah sehingga hemat di kantung. Namun, perhatikan kembali selera kucing Anda agar kucing tetap lahap makan. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Matahari SaktiFelibite

Felibite 1
Sumber: shopee.co.id
Felibite 2
Sumber: shopee.co.id
Felibite 3
Sumber: shopee.co.id
Felibite 4
Sumber: shopee.co.id
Felibite 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp11.500,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp11.500,00
Lebih Murah

Pakan kucing dengan harga murah dan bagus, tersedia kemasan kecil untuk menjajal

Produk ini termasuk salah satu makanan kucing yang paling banyak dicari. Pasalnya, Felibite merupakan makanan kucing dengan harga ekonomis dan berkualitas. Terlebih lagi, produk ini memiliki kemasan fresh pack berukuran 500 gram. 

Kemasan ini cocok untuk Anda yang ingin menjajal produk baru untuk kucing kesayangan. Selain itu, pakan kucing ini juga mengandung ekstrak Yucca schidigera yang dapat membantu mengurangi bau pada kotoran kucing.

No.3

Happy CatMinkas Urinary Care

Minkas Urinary Care 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp73.900,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp73.900,00
Agak Mahal

Cegah risiko penyakit saluran kemih

Apakah kucing Anda pernah mengalami susah kencing? Bisa jadi hal ini karena permasalahan pada saluran kemih. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya komposisi pakan kucing yang tidak seimbang. Namun, produk dari Happy Cat ini memiliki kandungan yang mendukung untuk menjaga pH urin yang ideal. 


Selain itu, Minkas Urinary Care ini termasuk makanan kucing berprotein tinggi dan dilengkapi asam amino. Komposisi di dalamnya sudah diperhitungkan sedemikian rupa untuk mencegah ataupun sebagai makanan kucing dalam penyembuhan saluran kemih.

No.4

ROYAL CANINRecovery Can

Harga referensi
Mulai dari Rp34.000,00
Menengah

Dukungan nutrisi tepat untuk mempercepat penyembuhan

Pakan kucing yang satu ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan kucing. Jika kucing Anda sedang dalam proses pengobatan, berikan pakan ini agar ia cepat sembuh. Bertekstur seperti daging cincang dengan warna daging, aromanya sangat menyengat untuk menarik perhatian si kucing. Selain lezat, produk ini juga sangat mudah dicerna.
No.5

Perfect CompanionMe-O Dry Food (Adult)

Harga referensi
Mulai dari Rp51.000,00
Menengah

Siapa bilang pakan kucing berkualitas pasti mahal?

Apabila Anda mencari pakan kucing bernutrisi tinggi dengan harga bersahabat, produk ini layak dilirik. Kandungan gizinya lengkap untuk menunjang kesehatan tubuh, gigi, tulang, dan meningkatkan penglihatan si kucing.


Me-O juga bagus untuk kucing dengan masalah hairball. Produk ini tersedia dalam berbagai macam rasa, seperti tuna, salmon, ayam, seafood, dan sapi. Jadi, Anda bisa memberikan varian rasa berbeda ketika kucing mulai bosan.

No.6

MARSSheba

Sheba 1
Sumber: shopee.co.id
Sheba 2
Sumber: shopee.co.id
Sheba 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp17.600,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp17.600,00
Agak Murah

Potongan dagingnya menggoda si anabul dan tinggi protein

Beberapa kucing kerap kali memilih-milih makanan yang hendak dimakan. Jika Anda mulai bingung saat si kucing beraksi demikian, cobalah produk ini. Sheba memiliki berbagai varian rasa dengan bahan dasar daging, seperti tuna, salmon, ayam, atau kakap. 


Tekstur daging di dalamnya berbentuk serpihan-serpihan yang sedikit kasar, tampak seperti daging segar. Hal ini karena komposisi daging pada Sheba lebih banyak dibanding campuran lainnya. Kucing pun dijamin lahap! Keunggulan lainnya adalah kandungan proteinnya cukup tinggi dibanding lemak dan karbohidratnya. Tidak perlu khawatir kucing kurang nutrisi.

No.7

NestléPURINA Pro Plan Wet Derma Plus

Harga referensi
Mulai dari Rp15.300,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp15.300,00
Agak Murah

Makanan kucing yang bikin gemuk dan bulu bagus, terjamin nutrisi di dalamnya

Capek membersihkan bulu kucing yang rontok dan tersebar di mana-mana? Atau kucing banyak makan, tetapi tidak kunjung gemuk? Ada kemungkinan kucing Anda belum mendapatkan nutrisi lengkap. Beralih saja ke produk ini! Produk Pro Plan memiliki komposisi nutrisi yang sangat lengkap dan bagus.


Kadar proteinnya yang tinggi bermanfaat untuk merawat keindahan dan kekuatan bulu kucing. Kucing pun lebih cepat gemuk karena kandungan mineral dan vitamin yang berkualitas. Dilengkapi formulasi Derma Plus, produk ini dapat melancarkan proses pembentukan dan pengeluaran hairball juga, lho!

No.8

CP PetindoKitchen Flavor Grain Free Beauty For All Life Stages

Harga referensi
Mulai dari Rp154.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp154.000,00
Agak Mahal

Bebas biji-bijian, gluten, dan susu, makanan kucing yang tidak bikin mencret

Beberapa kucing ada yang tidak cocok dengan bij-bijian sehingga mengakibatkan alergi dan diare. Namun, tenang saja karena pakan ini tidak mengandung biji-bijian. Pakan kucing ini juga bebas gluten dan kandungan susu. Jika kucing Anda cukup sensitif terhadap makanan, pilih saja produk ini. 


Selain itu, produk ini mampu membuat kotoran kucing tidak terlalu bau berkat komposisi di dalamnya. Kandungan omega 3 dan omega 6 dipercaya dapat menambah kilau bulu. Adanya karoten pada ubi jalar juga bermanfaat untuk memelihara mata dan menambah kejernihan penglihatan di malam hari. 

No.9

MARSTemptations Tasty Chicken Cat Treats

Harga referensi
Mulai dari Rp26.500,00
Menengah

Snack kucing berkalori rendah dengan rasa berlimpah

Camilan ini mengombinasikan tipe pakan basah dan kering untuk menghasilkan snack yang renyah di luar dan lembut di dalam! Snack Temptations kaya akan vitamin dan mineral agar kucing Anda mendapatkan gizi yang lengkap dan seimbang.


Varian rasanya pun banyak, lho. Ada rasa ayam, salmon, susu, dan lainnya. Terlebih lagi, kalori per buahnya bahkan tidak sampai 2 kalori. Snack ini cocok sekali dijadikan sebagai reward untuk kucing indoor dan obesitas. Tempting sekali, ya!

No.10

Orijen Original Cat

Original Cat 1
Sumber: orijen.ca
Original Cat 3
Sumber: orijen.ca
Harga referensi
Mulai dari Rp1.360.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.360.000,00
Lebih Mahal

Nutrisinya lengkap, kucing akan tetap sehat hingga masa senja

Bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kucing dengan beragam tahapan usia, cobalah produk ini. Bahan bakunya diambil dari alam liar sehingga kandungan nutrisinya terjaga dengan baik. Kandungan proteinnya yang lebih dari 40% membuat kucing Anda makan lebih sedikit sehingga mengurangi risiko terkena obesitas.


Kucing senior yang mulai malas bergerak dan terancam obesitas bisa diberi pakan ini. Kualitas protein premiumnya akan membuat kucing cepat kenyang sehingga nafsu makannya pun terkontrol. Meski harganya relatif tinggi, kualitasnya tak akan mengecewakan.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Di bawah ini, kami telah menyiapkan berbagai produk perawatan kucing lainnya. Jangan lupa untuk mengecek artikel dispenser makanan kucing agar Anda tidak lupa untuk memberi makan kucing Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling pas dari rekomendasi kami di atas? Selalu ingat untuk memilih ayam atau ikan sebagai bahan baku utama. Lalu, pastikan produk yang Anda pilih mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang.


Kenali jenis makanan yang disukai kucing Anda. Setelah itu, barulah Anda sesuaikan dengan umur, ras, dan kondisi kesehatan kucing Anda. Jangan lupa untuk memberikan camilan juga, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

5 Rekomendasi Makanan Kucing terbaik

No. 1: Perfect CompanionCat Choize Adult

No. 2: Matahari SaktiFelibite

No. 3: Happy CatMinkas Urinary Care

No. 4: ROYAL CANINRecovery Can

No. 5: Perfect CompanionMe-O Dry Food (Adult)

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Makanan hewan
  4. 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.