• 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. 

Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
Suria Riza (Echa)
Wintercat
  • Pembaharuan terakhir: 03 Maret 2021
  • 372.381 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter hewan drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

Berkolaborasi dengan dokter hewan drh. Tito Suprayoga, M.Sc.

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Sejak 2017 hingga saat ini, pemilik akun Instagram @titosuprayoga ini bekerja dan mendalami bidang praktisi hewan kesayangan. Pria yang pernah menjadi asisten dosen Patologi Anatomi ini juga menekuni bidang genetik molekuler hewan. 

Cara memilih makanan kucing

Kucing memiliki selera makan dan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Bagaimana sih, cara memilih makanan kucing yang bagus? Yuk, simak tips di bawah ini agar Anda tidak bingung lagi.

Pilihlah berdasarkan tipe makanan

Makanan kucing dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu pakan kering dan pakan basah. Kedua jenis pakan ini memiliki keunggulan masing-masing. Untuk mengetahui perbedaannya, simaklah penjelasan berikut.

Pakan kering: Praktis dan awet, cocok dijadikan sebagai makanan utama

Pakan kering: Praktis dan awet, cocok dijadikan sebagai makanan utama

Makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama karena sifatnya yang tahan lama dan harganya yang bersahabat. Selain itu, makanan kering membantu kucing untuk melatih gigi mereka serta berperan untuk mencegah akumulasi plak.


Pemberian makanan kering pun praktis karena Anda dapat menggunakan dispenser makanan kucing yang berkapasitas besar. Jika kucing Anda lebih menyukai pakan basah, Anda bisa menambahkan sedikit air ke makanan keringnya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Pakan kering untuk kucing bisa diberikan pada kucing berusia minimal 2 bulan atau dengan seizin dokter hewan yang memeriksa. Hal ini tentunya dilakukan dengan memperhatikan kondisi kesehatan dan jenis pakan yang diberikan. 


Pakan kering diberikan dalam jumlah gram per hari yang direkomendasikan oleh produsen atau sesuai informasi pada label kemasan. Hal yang perlu diingat, kelebihan atau kekurangan pakan per hari ini dapat berdampak pada kesehatan kucing.

Makanan basah: Ramah bagi kucing dengan daya gigit yang lemah

Makanan basah: Ramah bagi kucing dengan daya gigit yang lemah

Jika Anda memiliki kucing yang telah melemah daya gigitnya, berilah makanan basah. Selain memiliki lebih kandungan air, makanan basah memiliki lebih banyak varian rasa dibanding makanan kering. Alhasil, makanan jenis ini bisa diberikan ke kucing yang sedang tidak nafsu makan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pakan basah cenderung lebih mahal daripada pakan kering dan tidak tahan lama.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing dapat menghasilkan urine yang lebih pekat daripada anjing dan memiliki kebutuhan air yang lebih rendah. Beberapa penelitian mengatakan bahwa pakan kering dikaitkan dengan asupan air yang lebih sedikit dan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, pakan kering juga dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih lainnya. 


Beberapa penelitian menemukan kucing minum lebih sedikit air saat makan pakan kering. Namun, ada penelitian lain yang bertentangan dengan penemuan ini. Penelitian tersebut mengidentifikasi bahwa tidak ada perbedaan kadar air pada tubuh kucing yang diberi makanan kering dan makanan basah.


Ada banyak faktor yang memengaruhi asupan air pada kucing selain dari bentuk makanannya. Beberapa faktor tersebut antara lain kandungan protein dan mineral serta kepadatan energinya. Oleh karena itu, memberi makan makanan basah saja tidak dijamin akan meningkatkan asupan air pada tubuh hewan. Anda juga harus menyertainya dengan asupan minum yang mencukupi kebutuhan hariannya.

Gabungkan kedua jenis pakan agar kucing tidak bosan

Gabungkan kedua jenis pakan agar kucing tidak bosan

Tidak hanya manusia, kucing juga akan bosan jika makan itu-itu saja. Agar nafsu makannya tetap bagus, kombinasikan makanan kering dan basah. Contohnya, jika Anda telah memberi makanan kering dari salmon, beri juga makanan basah dari ayam. Sebaiknya, pilih kandungan utama yang berbeda supaya nutrisinya terpenuhi.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing merupakan hewan neophiliac atau hewan yang mau mencoba hal-hal baru. Kucing mungkin bosan makan makanan yang sama dengan cara yang sama setiap hari. Mencampur makanan kucing basah dan kering adalah cara yang baik untuk memberinya variasi. Selain itu, Anda juga bisa memberinya makanan terpisah pada jam makannya. 

Lengkapi nutrisinya dengan snack

Lengkapi nutrisinya dengan snack
Pemberian snack sangat dianjurkan saat kucing sedang kurang nafsu makan. Selain disajikan terpisah, Anda juga bisa menjadikan snack sebagai topping di makanan utamanya. Kucing yang sedang diet pun bisa dilengkapi nutrisinya lewat snack

Anda bisa memberikan snack kering atau basah dengan beragam bentuk, seperti potongan daging, pasta, dan lainnya. Selain itu, snack juga bisa menjadi reward yang lezat saat Anda melatihnya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Snack bisa Anda berikan pada kucing. Namun, ingat, snack tidak boleh menyumbang lebih dari 10% asupan energi kucing. Tidak seperti pakan kering atau basah, snack kucing tidak bernutrisi secara lengkap dan seimbang.


Terlalu banyak snack akan mengganggu keseimbangan nutrisi dan nafsu makan kucing terhadap pakan yang biasa diberikan. Tidak hanya itu, kucing Anda bisa berpotensi menjadi kucing yang picky eater atau pilih-pilih makanan. Terlalu banyak snack juga berkontribusi signifikan pada kemungkinan kelebihan berat badan dan obesitas.


Karena itu, pemilik harus paham asupan nutrisi yang ada pada snack sebelum memberikannya pada kucing. Anda juga bisa membatasi jumlah snack yang diberikan. Sebagai contoh, berilah snack hanya seminggu sekali sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Sesuaikan dengan kondisi kesehatan kucing Anda

Kucing yang sedang sakit memerlukan nutrisi tambahan. Jadi, pilihlah makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk kondisi tubuh tertentu agar asupan gizinya terpenuhi. Untuk mengetahui jenis-jenis pakan kucing dengan formula khusus yang tersedia di pasaran, simaklah penjelasan di bawah ini.

Berikan makanan yang tinggi protein dan bernutrisi untuk kucing pasca sterilisasi

Berikan makanan yang tinggi protein dan bernutrisi untuk kucing pasca sterilisasi

Sterilisasi adalah meniadakan fungsi reproduksi pada kucing dengan menghilangkan alat reproduksinya. Setelah disteril, metabolisme kucing akan menurun dan mudah gemuk. Namun, bukan berarti ia harus diberi makanan diet. Berikan makanan tinggi protein, bebas biji-bijian, dan tanpa zat aditif. Makanan berkualitas membuat cepat kenyang sehingga mencegah obesitas.


Sebagian besar kucing tidak bernafsu makan setelah puasa pasca operasinya lewat. Jadi, pilihlah makanan yang dapat melengkapi nutrisinya meski dalam porsi kecil. Anda juga dapat memberikan makanan yang diformulasikan khusus untuk kucing yang telah menjalani operasi.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing dengan luka jahitan operasi sterilisasi berada dalam keadaan katabolik. Tanpa asupan nutrisi yang tepat, kucing akan berada dalam keseimbangan nitrogen negatif. Keadaan ini bisa menyebabkan waktu penyembuhan luka lebih lambat atau bahkan gagal untuk sembuh. 


Protein dan glukosa adalah nutrisi utama untuk penyembuhan luka. Protein membantu mencegah edema, sedangkan glukosa menyediakan energi untuk leukosit dan fibroblas. Leukosit dan fibroblas merupakan komponen penting dalam pembentukan kolagen dan kekuatan kesembuhan luka. 


Oleh karena itu, asupan makanan yang tidak memadai dari dua nutrisi ini bisa menunda penyembuhan. Selain itu, kekurangan nutrisi tersebut berkontribusi pada perkembangan kesembuhan luka yang tidak efektif.

Pilihlah formula khusus untuk melindungi kucing dari penyakit atau masalah berat badan

Pilihlah formula khusus untuk melindungi kucing dari penyakit atau masalah berat badan

Kini telah hadir berbagai ragam pakan kucing dengan kandungan yang disesuaikan untuk beberapa kondisi khusus. Sebagai contoh, ada pakan kucing tipe indoor yang dibuat untuk kucing yang senang berada di dalam rumah. Ada juga pakan kucing berkalori rendah untuk kucing yang sedang diet karena obesitas.


Beberapa produk juga dibuat khusus untuk menjaga kesehatan bulu kucing Anda dan mengatasi masalah hairball. Apabila kucing Anda memiliki penyakit seperti diabetes atau gangguan saluran kemih, jangan khawatir. Makanan kucing untuk kondisi tersebut pun tersedia di pasaran.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Kucing bisa terkena penyakit tertentu atau berada dalam status nutrisi abnormal seperti obesitas atau malnutrisi. Saat seperti itu, kucing membutuhkan asupan dan komponen nutrisi yang berbeda dengan kucing sehat.


Sebagai contoh, kucing dengan penyakit perkencingan akibat kristal membutuhkan pakan khusus perkencingan. Pakan ini diformulasikan untuk membuat urine kucing sedikit asam sehingga mencegah pembentukan kristal kembali. Dengan demikian, pakan bisa membantu proses penyembuhan dan mencegah penyakit yang sama terulang.

Periksa pakan kucing untuk bahan yang dapat menyebabkan alergi

Periksa pakan kucing untuk bahan yang dapat menyebabkan alergi

Makanan yang paling sering menyebabkan alergi pada kucing adalah telur, ikan, ayam, susu, dan daging sapi. Faktanya, mayoritas pakan kucing menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai komposisi utamanya. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu apakah kucing kesayangan Anda memiliki alergi sebelum memilih pakan untuknya. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, periksakan kucing Anda ke dokter hewan.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Istilah alergi makanan digunakan untuk menggambarkan reaksi immune-mediated abnormal terhadap antigen makanan. Dengan kata lain, alergi makanan mengacu pada reaksi yang disebabkan oleh sistem kekebalan terhadap protein tertentu pada makanan.


Dokter hewan memahami mekanisme terjadinya alergi makanan. Namun, dokter hewan tidak bisa langsung mengidentifikasi mengapa beberapa kucing menunjukkan reaksi alergi makanan dan lainnya tidak.


Reaksi alergi akibat pakan pada kucing bermacam-macam dan untuk mengetahuinya perlu dilakukan pemeriksaan mendalam. Reaksi alergi yang mungkin timbul pada kucing adalah gatal-gatal yang kronis dan peradangan pada kulit. Rasa gatal ini biasanya menyerang wajah, telinga, perut, selangkangan, ketiak, dan kaki. 


Kucing yang merasa sangat gatal akan sering menggaruk-garuk dirinya. Hal ini bisa menyebabkan trauma yang signifikan, seperti luka, lecet, dan rambut rontok. Beberapa kucing juga menunjukkan reaksi alergi dengan gejala muntah dan/atau diare yang bersamaan dengan reaksi alergi pada kulit.


Hal yang harus dilakukan terkait alergi di atas adalah mengonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat. Hal ini karena gatal pada kulit tidak selalu disebabkan oleh alergi pakan. Kerja sama antara pemilik dan dokter hewan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah alergi pakan pada kucing.

Pilihlah sesuai tahapan perkembangan kucing

Pilihlah sesuai tahapan perkembangan kucing

Kucing memerlukan asupan gizi yang berbeda di setiap tahapan perkembangannya. Berikan makanan yang kaya protein dan kalsium untuk anak kucing berusia kurang dari satu tahun. Kandungan tersebut penting bagi pertumbuhan otot dan tulangnya. Makanan yang sama juga bisa Anda berikan ke induk kucing sebagai nutrisi tambahan selama menyusui. Selain itu, anak kucing umumnya belajar makan dengan cara meniru induknya.


Untuk kucing dewasa berumur 1–6 tahun, berikan pakan kucing dengan gizi yang lengkap agar mereka tetap sehat. Sementara itu, kucing senior berumur lebih dari tujuh tahun sebaiknya diberi makanan yang rendah kalori. Anda juga dapat pertimbangkan pakan dengan formulasi khusus karena kucing senior rentan terkena gangguan ginjal.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Nutrisi pada awal pertumbuhan memegang peranan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing saat dewasa. Kebutuhan nutrisi bagi kucing berbeda pada setiap tahapan usianya. Karena itu, Anda perlu memperhatikan dan memberikan pakan kucing sesuai tahap perkembangan usianya.

Sesuaikan makanan dengan ras kucing

Sesuaikan makanan dengan ras kucing

Produk pakan yang disesuaikan berdasarkan ras kucing juga banyak dijual di pasaran. Anda dapat memilih dengan mudah karena makanan tersebut dibuat khusus berdasarkan karakteristik masing-masing ras, seperti bulu.


Beberapa merek menyediakan makanan khusus untuk kucing ras Angora, American Shorthair, Maine Coon, Persia, dan lainnya, lho. Jika Anda menemukan makanan yang pas dengan ras kucing kesayangan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

Selain kebutuhan nutrisi yang berbeda pada tiap tahapan usia, setiap ras kucing memiliki keunikan dan kebutuhan nutrisi masing-masing. Hal ini yang menyebabkan kebutuhan komposisi nutrisi pakan pada setiap ras berbeda-beda.


Banyak produsen pakan kucing yang mendalami dan melakukan penelitian tentang kebutuhan tiap-tiap ras. Pemilik hanya perlu memilih dan menyesuaikan pakan sesuai kebutuhan masing-masing peliharaan. Jika terjadi reaksi alergi atau ketidakcocokan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi makanan kucing terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi makanan kucing yang bisa Anda pilih. Semoga Anda menemukan yang cocok, ya!

10

MARSTemptations Tasty Chicken Cat Treats

Mulai dari Rp 27.000,00

Tipe pakanKering
Cocok untukSnack
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuAyam by-product-meal, jagung giling, lemak hewani, brewer’s rice, tepung terigu, daging by-product yang dikeringkan, taurin, tokoferol campuran (bahan pengawet), perasa alami, keju kering, dll
Isi85 g
Tempat produksiAmerika Serikat
9

Inaba Pet FoodsCiao Chu Ru Tuna for Kitten

Mulai dari Rp 103.500,00

Tipe pakanBasah
Cocok untukSnack
Tahapan usiaAnak kucing (di bawah 1 tahun)
Bahan bakuTuna, ekstrak tuna, protein hidrolisat, gula (oligosakarida, dll), lemak dan minyak nabati, kitosan, vitamin, pewarna koji merah, ekstrak matcha, taurin, dll
Isi280 gr
Tempat produksiJepang
8

Hill’s Prescription Diet w/d Feline

Mulai dari Rp 239.496,00

Tipe pakanKering
Cocok untukKucing indoor dan obesitas
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuGluten jagung meal, ayam meal, gluten gandum, selulosa bubuk, ayam, bulir utuh jagung, bulir utuh gandum, perasa babi, lemak babi, perasa hati ayam, dll
Isi1,5 kg
Tempat produksiAmerika Serikat
7

PURINAPRO PLAN Adult Sterilised/Weight Loss with OPTIRENAL

Mulai dari Rp 244.444,00

Tipe pakanKering
Cocok untukKucing steril dan obesitas
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuSalmon dan tuna (salmon & tuna terdehidrasi, salmon & tuna), gandum utuh, protein jagung, daging ayam terdehidrasi, serat alami (bubur bit, selulosa, dan serat bran), lemak hewani dengan tokoferol, barli dan gandum, protein legum, protein gandum, minyak ikan dan/atau minyak nabati, dll
Isi2,5 kg
Tempat produksiAmerika Serikat
6

Perfect CompanionMe-O Dry Food (Adult)

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe pakanKering
Cocok untukMenjaga kesehatan bulu kucing, mengatasi hairball
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuBulir utuh sereal (jagung dan beras), tepung ayam olahan, protein nabati (kedelai dan jagung), tepung ikan, singkong, lemak ayam, ikan cincang, tepung udang, tepung cumi olahan, taurin, dll
Isi200 gr, 450 gr, 1,2 kg, 7 kg
Tempat produksiThailand
5

PURINAPRO PLAN Adult Derma Plus with OPTIDERMA

Mulai dari Rp 271.900,00

Tipe pakanKering
Cocok untukMengurangi kerontokan bulu
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuSalmon dan tuna (salmon & tuna terdehidrasi, salmon & tuna), gandum utuh, protein jagung, daging ayam terdehidrasi, serat alami (bubur bit, selulosa, serat gandum dan serat beras), lemak hewani dengan tokoferol, mineral, asam amino, chicory, minyak ikan dan/atau minyak nabati, dll
Isi2,5 kg
Tempat produksiAustralia
4
Tipe pakanBasah
Cocok untukNutrisi saat masa penyembuhan, menambah berat badan
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuDaging dan turunan hewani, sereal, turunan nabati, minyak dan lemak, susu dan turunannya, mineral, telur dan turunannya, ragi, gula
Isi195 gr
Tempat produksiEropa
3
Tipe pakanKering
Cocok untukAnak kucing, kucing hamil dan menyusui
Tahapan usiaSemua umur
Bahan bakuDaging ayam, daging kalkun, telur utuh, hati ayam, ikan flounder utuh, lentil merah utuh, kacang hijau utuh, serat lentil, buah saskatoon utuh, akar kunyit, dll
Isi340 gr, 1,8 kg, 5,4 kg
Tempat produksiKanada
2
Tipe pakanKering
Cocok untukMenambahkan berat badan kucing
Tahapan usiaKucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuAyam meal, ayam, telur terdehidrasi, ikan laut meal, taurin, brokoli, ekstrak yucca schidigera, produk kering hasil fermentasi lactobacillus acidophilus, produk kering hasil fermentasi enterococcus faecium, dll
Isi1,3 kg, 2,7 kg, 5,4 kg
Tempat produksiAmerika Serikat
1

BLACKWOODKitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Mulai dari Rp 168.000,00

Tipe pakanKering
Cocok untukAnak kucing, kucing hamil dan menyusui
Tahapan usiaSemua umur
Bahan bakuAyam meal, turunan telur, whitefish meal, ekstrak yucca schidigera, bayam terdehidrasi, taurin, rumput laut kering meal, produk kering hasil fermentasi lactobacillus casei, produk kering hasil fermentasi bifidobacterium animalis, dll
Isi1,8 kg, 6 kg
Tempat produksiAmerika Serikat

Tabel perbandingan produk makanan kucing terbaik

Gambar produk
1
BLACKWOOD Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe 1

BLACKWOOD

2
Solid Gold Indigo Moon 1

Solid Gold

3
Orijen  Cat & Kitten 1

Orijen

4
ROYAL CANIN Recovery Can 1

ROYAL CANIN

5
PURINA PRO PLAN Adult Derma Plus with OPTIDERMA 1

PURINA

6
Perfect Companion Me-O Dry Food (Adult) 1

Perfect Companion

7
PURINA PRO PLAN Adult Sterilised/Weight Loss with OPTIRENAL 1

PURINA

8
Hill’s  Prescription Diet w/d Feline 1

Hill’s

9
Inaba Pet Foods Ciao Chu Ru Tuna for Kitten 1

Inaba Pet Foods

10
MARS Temptations Tasty Chicken Cat Treats 1

MARS

Nama produk

Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Indigo Moon

Cat & Kitten

Recovery Can

PRO PLAN Adult Derma Plus with OPTIDERMA

Me-O Dry Food (Adult)

PRO PLAN Adult Sterilised/Weight Loss with OPTIRENAL

Prescription Diet w/d Feline

Ciao Chu Ru Tuna for Kitten

Temptations Tasty Chicken Cat Treats

Keunggulan

Pakan yang aman bagi pencernaan untuk mencegah diare pada kucing

No grain, no pengawet, no bau kotoran menyengat, paket lengkap!

Nutrisinya lengkap, kucing akan tetap sehat hingga masa senja

Dukungan nutrisi untuk mempercepat penyembuhan

Bulu kucing lebih lebat, kuat, dan sehat, bye-bye bulu rontok!

Siapa bilang pakan kucing berkualitas pasti mahal?

Kandungan terbaik untuk kucing pascasteril dan kegemukan

Pencernaan sehat, daya tahan tubuh kucing pun meningkat

Camilan lembut dan bernutrisi untuk kucing kecil Anda

Snack kucing berkalori rendah dengan rasa berlimpah

Harga mulai dariRp 168.000,00Rp 850.000,00Rp 1.225.000,00Rp 34.000,00Rp 271.900,00Rp 45.000,00Rp 244.444,00Rp 239.496,00Rp 103.500,00Rp 27.000,00
Tipe pakanKeringKeringKeringBasahKeringKeringKeringKeringBasahKering
Cocok untukAnak kucing, kucing hamil dan menyusuiMenambahkan berat badan kucingAnak kucing, kucing hamil dan menyusuiNutrisi saat masa penyembuhan, menambah berat badanMengurangi kerontokan buluMenjaga kesehatan bulu kucing, mengatasi hairballKucing steril dan obesitasKucing indoor dan obesitasSnackSnack
Tahapan usiaSemua umurKucing dewasa (1 tahun ke atas)Semua umurKucing dewasa (1 tahun ke atas)Kucing dewasa (1 tahun ke atas)Kucing dewasa (1 tahun ke atas)Kucing dewasa (1 tahun ke atas)Kucing dewasa (1 tahun ke atas)Anak kucing (di bawah 1 tahun)Kucing dewasa (1 tahun ke atas)
Bahan bakuAyam meal, turunan telur, whitefish meal, ekstrak yucca schidigera, bayam terdehidrasi, taurin, rumput laut kering meal, produk kering hasil fermentasi lactobacillus casei, produk kering hasil fermentasi bifidobacterium animalis, dllAyam meal, ayam, telur terdehidrasi, ikan laut meal, taurin, brokoli, ekstrak yucca schidigera, produk kering hasil fermentasi lactobacillus acidophilus, produk kering hasil fermentasi enterococcus faecium, dllDaging ayam, daging kalkun, telur utuh, hati ayam, ikan flounder utuh, lentil merah utuh, kacang hijau utuh, serat lentil, buah saskatoon utuh, akar kunyit, dllDaging dan turunan hewani, sereal, turunan nabati, minyak dan lemak, susu dan turunannya, mineral, telur dan turunannya, ragi, gulaSalmon dan tuna (salmon & tuna terdehidrasi, salmon & tuna), gandum utuh, protein jagung, daging ayam terdehidrasi, serat alami (bubur bit, selulosa, serat gandum dan serat beras), lemak hewani dengan tokoferol, mineral, asam amino, chicory, minyak ikan dan/atau minyak nabati, dllBulir utuh sereal (jagung dan beras), tepung ayam olahan, protein nabati (kedelai dan jagung), tepung ikan, singkong, lemak ayam, ikan cincang, tepung udang, tepung cumi olahan, taurin, dllSalmon dan tuna (salmon & tuna terdehidrasi, salmon & tuna), gandum utuh, protein jagung, daging ayam terdehidrasi, serat alami (bubur bit, selulosa, dan serat bran), lemak hewani dengan tokoferol, barli dan gandum, protein legum, protein gandum, minyak ikan dan/atau minyak nabati, dllGluten jagung meal, ayam meal, gluten gandum, selulosa bubuk, ayam, bulir utuh jagung, bulir utuh gandum, perasa babi, lemak babi, perasa hati ayam, dll Tuna, ekstrak tuna, protein hidrolisat, gula (oligosakarida, dll), lemak dan minyak nabati, kitosan, vitamin, pewarna koji merah, ekstrak matcha, taurin, dllAyam by-product-meal, jagung giling, lemak hewani, brewer’s rice, tepung terigu, daging by-product yang dikeringkan, taurin, tokoferol campuran (bahan pengawet), perasa alami, keju kering, dll
Isi1,8 kg, 6 kg1,3 kg, 2,7 kg, 5,4 kg340 gr, 1,8 kg, 5,4 kg195 gr2,5 kg200 gr, 450 gr, 1,2 kg, 7 kg2,5 kg1,5 kg280 gr85 g
Tempat produksiAmerika SerikatAmerika SerikatKanadaEropaAustraliaThailandAmerika SerikatAmerika SerikatJepangAmerika Serikat
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk makanan dan perawatan kucing lainnya di sini

Kini Anda tahu bagaimana cara memilih makanan kucing yang terbaik. Di bawah ini, kami telah menyiapkan kompilasi produk makanan dan perawatan kucing lainnya untuk pertimbangan Anda. Jangan lupa untuk mengecek artikel dispenser makanan kucing agar Anda tidak lupa untuk memberi makan kucing Anda. Silakan membaca!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling pas dari rekomendasi kami di atas? Selalu ingat untuk memilih ayam atau ikan sebagai bahan baku utama. Lalu, pastikan produk yang Anda pilih mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang.


Kenali jenis makanan yang disukai kucing Anda. Setelah itu, barulah Anda sesuaikan dengan umur, ras, dan kondisi kesehatan kucing Anda. Jangan lupa untuk memberikan cemilan juga, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2021)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Makanan hewan
    178.282 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    237.433 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    169.853 Views
  • 10 Rekomendasi Pakan Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pakan Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merk seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Silakan Anda baca satu per satu dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan!
    Makanan hewan
    26.416 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    95.562 Views
  • 10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Snack kucing merupakan makanan ringan untuk kucing yang dikonsumsi disela-sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack ini juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kucing kesayangan Anda. Disamping memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian snack juga sebagai selingan agar kucing tidak bosan dengan makan utamanya.Snack kucing saat ini hadir dengan beragam rasa dan manfaat. Bila Anda tengah bingung memilih snack yang tepat, mari ikuti ulasan kami ini. Kami akan memberi tips serta ulasan snack kucing terbaik, seperti Friskies, MeO, dan lainnya. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan hewan
    74.142 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori