• 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?

Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
  • Pembaharuan terakhir: 10 Desember 2019
  • 145.289 Views
Daftar isi

Cara memilih makanan kucing

Makanan seperti apa yang sebaiknya diberikan ke kucing kesayangan Anda? Berikut kami berikan beberapa tip untuk memilihnya.

Pilihlah yang bergizi seimbang

Makanan kucing ada berbagai jenisnya, dari snack hingga makanan utama. Berikan kucing Anda makanan yang mengandung gizi dan nutrisi sesuai dengan jenis dan kebutuhan mereka.

Pilih pakan kering bernutrisi sebagai makanan utamanya

Pilih pakan kering bernutrisi sebagai makanan utamanya
Ada 2 tipe makanan dasar kucing, yaitu makanan basah dan kering. Namun, makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama karena sifatnya yang tahan lama dan harganya yang bersahabat. Selain itu, makanan kering juga membuat kucing melatih gigi mereka serta membantu mencegah plak karena tidak menyisakan kotoran pada gigi kucing.

Berikan makanan basah apabila kucing Anda butuh banyak asupan air atau saat daya gigitnya melemah

Berikan makanan basah apabila kucing Anda butuh banyak asupan air atau saat daya gigitnya melemah
Untuk Anda yang khawatir dengan asupan air atau memiliki kucing yang telah melemah daya gigitnya (anak kucing maupun kucing tua), cobalah beri makanan basah. Selain kadar airnya cukup tinggi, makanan basah memiliki lebih banyak varian rasa dibanding makanan kering sehingga lebih efektif bila diberikan ke kucing yang sedang tidak nafsu makan.
Tidak hanya manusia, kucing juga akan bosan jika makan itu-itu saja. Kombinasikan makanan kering dan basah. Contohnya, jika Anda telah memberi makanan kering dari salmon, beri juga makanan basah dari ayam. Pilih kandungan utama yang berbeda supaya nutrisinya terpenuhi.

Lengkapi nutrisinya dengan snack

Lengkapi nutrisinya dengan snack
Untuk kucing yang sedang tidak nafsu makan, memberi snack atau makanan pendamping sangatlah dianjurkan. Snack juga bisa disajikan sebagai topping di makanan utamanya, lho. Selain itu, cocok juga untuk kucing yang sedang diet karena snack bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya.
Disamping itu, Anda dapat menggunakan snack sebagai hadiah saat melatihnya. Jenisnya ada bermacam-macam, ada yang berbentuk potongan daging, snack kering, pasta, dan lainnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan snack di rumah Anda, ya.

Selalu pilih makanan yang aman

Memilih makanan yang aman adalah syarat utama. Carilah yang berkualitas untuk melindungi kesehatan kucing kesayangan Anda.

Makanan yang mengandung protein hewani tinggi serta berkualitas merupakan yang terbaik

Makanan yang mengandung protein hewani tinggi serta berkualitas merupakan yang terbaik
Makanan yang mengandung protein hewani tinggi serta berkualitas merupakan yang terbaik
Makanan yang mengandung protein hewani tinggi serta berkualitas merupakan yang terbaik
Sterilisasi adalah meniadakan fungsi reproduksi pada kucing dengan menghilangkan alat reproduksinya. Sterilisasi dapat dilakukan saat kucing berusia 6-10 bulan. Setelah disteril, metabolisme kucing akan menurun dan mudah gemuk, tetapi bukan berarti harus diberi makanan diet. Dianjurkan untuk tetap memberi makanan bernutrisi selama proses penyembuhan.
Berikan makanan tinggi protein berkualitas, bebas biji-bijian, dan tanpa zat aditif. Makanan berkualitas membuat cepat kenyang sehingga mencegah obesitas. Sebagian besar kucing tidak bernafsu makan setelah puasa pasca operasinya lewat. Jadi, pilihlah makanan yang dapat melengkapi nutrisinya meski dalam porsi kecil.

Taurine dan asam amino esensial untuk mencegah gangguan penglihatan

Taurine dan asam amino esensial untuk mencegah gangguan penglihatan
Sama seperti manusia, penglihatan kucing pun menurun seiring bertambahnya usia. Taurine dan asam amino esensial dipercaya dapat mencegah dan mengobati gangguan penglihatan. Makanan kucing bernutrisi sudah memasukkan taurine dan asam amino esensial dalam formulasi mereka.
Namun, tetap penting untuk memeriksa label bahan baku karena makanan berkualitas rendah masih banyak dijual. Pilihlah makanan berbahan baku protein hewani seperti tuna, daging ayam, dan ikan bonito (katsuo). Daging tersebut kaya akan taurine yang dapat mencegah gangguan penglihatan mata seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi retina pada kucing.

Berikan oral care food untuk mencegah karang gigi pada kucing Anda

Berikan oral care food untuk mencegah karang gigi pada kucing Anda
Kucing bisa terkena penyakit periodontal seperti karang gigi, bau mulut, luka pada gusi, dan sebagainya. Kami merekomendasikan untuk memberikan oral care food sebagai pencegahannya karena produk tersebut mengandung antibakteri dengan formula yang sama dengan pasta gigi. Bisa juga Anda memberi pakan dengan makanan kering yang butirannya besar -besar.
Sebisa mungkin, sikatlah gigi kucing Anda secara rutin. Namun, jangan pernah memaksa kucing yang memberontak saat disikat giginya karena itu hanya akan menghasilkan luka. Maka dari itu, mulailah perhatikan kesehatan gigi kucing kesayangan Anda, dimulai dari makanan yang tepat.

Sesuaikan makanan dengan ras kucing

Sesuaikan makanan dengan ras kucing
Produk pakan yang disesuaikan berdasarkan ras kucing juga banyak dijual di pasaran. Anda dapat memilih dengan mudah karena makanan tersebut dibuat khusus berdasarkan karakteristik masing-masing ras seperti bulu atau ciri-ciri tubuh.
Beberapa merek menyediakan makanan khusus untuk kucing ras Ragdoll, American Shorthair, Maine Coon, Chinchilla, Himalaya, British Shorthair, Persian, dan lainnya, lho. Jika Anda menemukan makanan yang pas dengan ras kucing kesayangan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Pertimbangkan frekuensi pembelian dan lokasi penyimpanan sebelum membeli

Pertimbangkan frekuensi pembelian dan lokasi penyimpanan sebelum membeli
Penting untuk menyesuaikan jenis makanan dengan frekuensi pembelian dan lokasi penyimpanan makanan. Terutama untuk makanan basah yang cepat kadaluwarsa. Kemudahan membeli, kesibukan pemilik, dan efisiensi bisa menjadi hal yang patut dipertimbangkan sebelum memutuskan pakan apa yang akan Anda beli.

10 Rekomendasi makanan kering kucing terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi makanan kucing yang bisa Anda pilih. Pilihan yang kami berikan ini telah kami pertimbangkan berdasarkan bahan baku dan kualitasnya. Semoga Anda menemukan yang cocok, ya!
10
9

Pro Plan Adult Sterilised/Weight Loss with Optirenal

Rp 217.000,00

8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk makanan kucing terbaik

Gambar produk
1
Orijen  Cat & Kitten 1

Orijen

2
Merrick  Purrfect Bistro Grain Free Morsels Tuna Nicoise 1

Merrick

3
Kit Cat  Premium Cat Canned Food 1

Kit Cat

4
Blackwood  Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe 1

Blackwood

5
Vitakraft  Liquid-Snack 1

Vitakraft

6
Hill’s  Prescription Diet i/d Feline 1

Hill’s

7
Royal Canin  Veterinary Diet Recovery 1

Royal Canin

8
Royal Canin  Hair and Skin Care 1

Royal Canin

9
Pro Plan  Adult Sterilised/Weight Loss with Optirenal 1

Pro Plan

10
Equilibrio  Adult Cats 1

Equilibrio

Nama produk

Cat & Kitten

Purrfect Bistro Grain Free Morsels Tuna Nicoise

Premium Cat Canned Food

Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Liquid-Snack

Prescription Diet i/d Feline

Veterinary Diet Recovery

Hair and Skin Care

Adult Sterilised/Weight Loss with Optirenal

Adult Cats

KeunggulanNutrisinya lengkap, kucing ...No grain, no zat aditif, no...Produk grain-free dengan pH...Baik dikonsumsi oleh kitten...Snack rendah kalori untuk m...Pencernaan sehat, daya taha...Kucing kesayangan sembuh, k...Menghindarkan masalah keron...Kandungan terbaik untuk kuc...Mengandung ekstrak yucca sc...
HargaRp 1.219.900,00Rp 25.000,00Rp 14.850,00Rp 469.000,00Rp 40.000,00Rp 35.000,00Rp 33.000,00Rp 215.000,00Rp 217.000,00Rp 115.000,00
Tautan produk

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan kucing

Apa saja yang perlu diperhatikan saat Anda memilih makanan kucing? Meskipun Anda merasa sudah mengerti, coba dibaca lagi yuk!

Berapa usia dan kebutuhan kalorinya?

Berapa usia dan kebutuhan kalorinya?
Hal pertama yang harus dicek adalah seberapa banyak makanan yang harus Anda berikan per hari. Sesuaikan dengan usia, berat badan, serta intensitas aktivitas kucing Anda. Rumusnya adalah sebagai berikut:
Berat badan x kalori (sesuai usia) = jumlah kebutuhan asupan kalori per hari.
Contoh kalori sesuai usia adalah 200 kcal untuk anak kucing, 70 kcal untuk kucing dewasa yang jarang bergerak, dan 80 kcal untuk kucing dewasa aktif.
Jumlah kebutuhan asupan per hari akan diketahui dari nilai hasil perhitungan rumus di atas dan kalori makanan kucing per 100 gram. Misalnya, kucing dewasa aktif berbobot 3 kg makan pakan yang berkalori 300 kcal/ 100 gram. Apabila dihitung dengan rumus akan menjadi:
3 (kg) x 80 (kcal) = 240 kcal.
Dalam 1 hari kucing makan 3 kali. Jadi, banyaknya makanan yang diberikan sekali makan adalah 80 gram. Cobalah untuk selalu mengingat supaya kucing Anda tidak kegemukan.

Bahan makanan yang harus dihindari

Sebagai pemilik, Anda tentu wajib mengingat makanan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh kucing Anda. Jangan sampai salah karena akan membahayakan kesehatan kucing Anda.

Bahan makanan yang tidak boleh dimakan

Bahan makanan yang tidak boleh dimakan
Adapun jenis makanan paling berbahaya adalah makanan yang dianggap beracun bagi kucing, seperti berbagai jenis bawang, bahkan hanya ekstraknya sekalipun. Berbagai jenis cokelat, anggur, alpokat, xylitol, dan kacang macadamia juga dapat membahayakan nyawanya.
Selain itu, kerang laut, cumi-cumi, gurita, ikan mentah, daging babi mentah, kafein, dan telur mentah juga tidak diperbolehkan. Makanan tersebut tidak dianjurkan pula diberikan untuk anjing. Tetapi, anjing berbeda dari kucing yang menyukai tempat tinggi. Jadi, Anda tetap harus hati-hati untuk tidak menaruh makanan tersebut di atas meja atau di tempat yang mudah dijangkau kucing.

Jangan memberikan kucing makanan anjing!

Jangan memberikan kucing makanan anjing!
Anjing adalah hewan omnivora, sedangkan kucing adalah hewan karnivora. Meskipun mirip, nutrisi yang terkandung dalam makanan anjing dengan makanan kucing tetaplah berbeda. Kalau sudah terlanjur dan hanya sedikit tidak masalah, tapi jika terus menerus diberi makanan anjing akan berbahaya.
Kucing akan mengalami kebutaan apabila kekurangan taurine yang merupakan nutrisi wajibnya. Selain itu, kalsium yang terkandung pada makanan anjing akan membuat kucing menderita penyakit kemih. Maka dari itu, jangan sampai kucing Anda diberi makanan anjing, ya!

Kesimpulan

Berikan makanan terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling pas dari rekomendasi kami di atas?
Selalu ingat untuk memilih ayam atau ikan sebagai bahan baku utama. Lalu, hindari biji-bijian. Begitupun zat aditif seperti bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Setelah itu, barulah Anda sesuaikan dengan umur, ciri, dan kondisi kesehatan kucing Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan kita. Selain itu, tergantung usia kucing, Anda perlu memperhatikan susu yang diberikan.Pabrik makanan hewan Whiskas, Hartz, Beaphar, Zeal, Royal Canin, dan PetAg KMR telah memproduksi susu baik cair maupun bubuk yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sepuluh susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    84.995 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    51.832 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    68.667 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    58.471 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memelihara anjing atau kucing, tentunya Anda wajib membasmi kutunya. Tidak hanya bagi hewan, kutu adalah parasit yang merepotkan bagi manusia. Apabila didiamkan, kutu dapat berkembang biak semakin banyak. Selain dengan obat kutu yang diproduksi oleh rumah sakit hewan, ada juga obat yang dijual secara massal di pasaran. Manakah yang terbaik?Sebelum membeli, Anda harus mencari tahu dahulu produk apa yang sesuai dengan hewan peliharaan. Kali ini kami akan merekomendasikan produk pembasmi kutu dari merek ternama, seperti Hartz, Frontline, dan Revolution yang dapat dibeli di online shop. Kami akan menjelaskan pula cara memilih dan membahas kegunaan tiap produk. Mari basmi kutu di tubuh hewan kesayangan Anda secara menyeluruh!
    Perawatan hewan
    51.942 Views
  • 10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Snack Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Snack atau camilan kucing merupakan barang wajib tersedia bagi Anda yang memelihara kucing di rumah. Tidak hanya sebagai makanan pelengkap, snack juga dapat digunakan untuk melatih kucing. Berbagai merek seperti Friskies, Eureka, dan sebagainya menghadirkan snack kucing lezat untuk kucing kesayangan Anda.Bentuk stik, pasta, atau potongan daging, mana yang terbaik untuk kucing Anda? Pada artikel ini, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih snack kucing akan dibahas. Di samping itu, kami sudah mengurutkan 10 produk rekomendasi dan tips cara memberikan snack yang tepat.
    Perawatan hewan
    23.050 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori