mybest
Bass

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist]
  • 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist] 1
  • 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist] 2
  • 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist] 3
  • 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist] 4
  • 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist] 5

10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist]

Bass adalah instrumen petik dengan suara yang unik. Bass harus dihubungkan dengan amplifier yang membutuhkan daya listrik agar suaranya terdengar jelas. Umumnya orang yang bermain bass bisa bermain gitar. Meski demikian, Anda juga dapat belajar bermain bass dari nol tanpa harus bisa bermain gitar lebih dahulu.

 

Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih bass untuk pemula. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek bass terbaik, seperti Yamaha, Ibanez, dan Fender. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer sekaligus bassist kami, Dennis Novriandi. Dilanjutkan membacanya, yuk!
Diperbaharui 12/02/2024
Dennis Novriandi
Pakar
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bass untuk pemula

Gitar bass adalah instrumen musik yang perlu dipilih dengan saksama, apalagi jika Anda masih pemula. Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan pada Anda poin apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli bass.
1

Pertimbangkan untuk membeli gitar bass saja atau dalam bentuk set

Pertimbangkan untuk membeli gitar bass saja atau dalam bentuk set

Ketika Anda akan membeli gitar bass, ada dua pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Pilihan tersebut adalah membeli single item atau dalam bentuk set. Di bawah ini kami akan menjelaskan keunggulan dari tiap-tiap pilihannya untuk Anda.


  • Single item

Hanya membeli gitar bass direkomendasikan untuk Anda yang berhati-hati saat memilih perlengkapan yang sesuai. Hal ini akan sangat sulit dilakukan apabila Anda baru saja mengenal gitar bass. Memilih perlengkapan untuk gitar bass akan memakan waktu lama, tetapi Anda dapat memilihnya berdasarkan keinginan Anda.


  • Set

Membeli set gitar bass sesuai untuk Anda yang sama sekali tidak tahu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Anda dapat langsung berlatih setelah membeli set gitar bass. Satu set biasanya terdiri dari gitar bass, tali strap, tuner, amplifier, cover gitar, stand gitar, soft case, dan lainnya. Namun, set setiap pabrikan tentu berbeda. 


Ada yang amplifier-nya hanya menghasilkan suara kecil, ada juga gitar bass yang terlalu mudah dimainkan. Hal ini tentu membuat Anda yang sudah sering memainkan gitar bass merasa kurang nyaman. Jadi, apabila Anda sangat memedulikan kualitas, kami sarankan Anda untuk membeli gitar bass saja.


Tidak banyak produk set yang dijual di marketplace Indonesia. Selain terlalu banyak barang yang akan dipaketkan saat membeli online, pemain musik di Indonesia cenderung membeli secara offline. Bagi Anda yang benar-benar awam dengan perlengkapan bass, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada penjual.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Ada beberapa merek yang mengeluarkan pilihan untuk bundle yang terdiri ampli, softcase, dan bass-nya sendiri. Hal yang terpenting adalah bass-nya. Untuk amplifier, carilah yang tipe combo amp atau ampli yang sudah terintegrasi antara head amplifier dan cabinet.

2

Carilah jazz bass apabila Anda benar-benar pemula

Carilah jazz bass apabila Anda benar-benar pemula

Dua jenis gitar bass yang sering digunakan adalah jazz bass dan precision bass. Selain itu, ada juga bass dengan bentuk yang spesial. Akan tetapi, bass dengan bentuk spesial mungkin akan sedikit susah dimainkan pemula yang belum pernah bermain bass.


Dari jenis-jenis bass yang kami sebutkan di atas, kami merekomendasikan gitar jazz bass untuk pemula. Agar mendapat yang pas, berikut kami akan menerangkan perbedaan jazz bass dan precision bass.


  • Jazz bass

Jazz bass memiliki dua pickup, bagian gitar yang berfungsi mengubah getaran dari senar menjadi sinyal elektrik. Sekalipun diberi nama jazz, bass ini dapat digunakan untuk bermain musik pop ataupun rock.


Bass ini memiliki nada yang bening dan bersih sehingga cocok untuk berbagai lagu dan bersahabat untuk pemula. Leher gitarnya pun cukup tebal dan mudah untuk Anda genggam.


  • Precision bass

Precision bass hanya memiliki satu pickup sehingga menghasilkan suara yang tebal dan cocok untuk musik rock. Bass ini sesuai untuk Anda yang sudah mahir dan sudah bisa mempertunjukkan kemampuan permainan bass Anda. Jadi, berhati-hatilah apabila Anda memilih bass ini sebagai pemula.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Dua tipe bass ini sangat mudah ditemukan karena semua merek bass mempunyai keduanya. Range harganya bervariasi dari yang termurah satu jutaan sampai puluhan juta. Spesifikasinya bermacam-macam mulai dari pilihan pickup, kayu, dan hardware, semua tercakup tergantung tipe dan harganya.


Pilihan sound untuk pickup jazz bass juga bervariasi. Kita bisa menggunakan sound pickup bridge, sound neck, atau kombinasi keduanya.

3

Sesuaikan bass dengan postur dan gaya bermain Anda

Pemula juga bisa cepat mahir jika memilih bass yang sesuai dengan bentuk tubuh dan cara bermain. Anda dapat menyesuaikannya dengan postur dan tangan dominan Anda. 

Skala pendek, untuk wanita dan orang dengan tubuh kecil

Skala pendek, untuk wanita dan orang dengan tubuh kecil

Bass dengan skala pendek direkomendasikan untuk wanita dan Anda yang memiliki tubuh kecil. Skala adalah ukuran bass dari ujung bodi hingga ujung kepala gitar. Jadi, bass ini berukuran lebih kecil dari ukuran standar. Karena skalanya kecil, Anda yang memiliki tangan kecil juga dapat memainkannya tanpa kesulitan.


Ukuran bass skala kecil juga tidak jauh berbeda dengan gitar akustik atau gitar rhythm. Oleh karena itu, produknya direkomendasikan untuk Anda yang baru mulai bermain bass sambil tetap bermain gitar.


Sebagai panduan, ukuran standar bass adalah 86 cm untuk 4 senar dan 89 cm untuk 5 senar. Jika Anda memiliki postur tubuh yang kecil, pilihlah bass dengan ukuran di bawahnya, ya.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Hal penting mengenai bass skala pendek adalah string tension-nya lebih ringan dibandingkan skala penuh. Hal ini membuat bass skala pendek mudah untuk dimainkan bahkan dengan teknik bending (mengangkat senar dengan ujung jari)


Jarak antar fret yang lebih dekat satu sama lain membuat bass skala pendek sangat mudah dimainkan daripada skala penuh. Bass ini cocok terutama untuk pemain yang lebih muda atau tangan yang tidak bisa meregang terlalu jauh. 


Akan tetapi, ada beberapa pemain bass profesional yang menggunakan bass tipe ini untuk playability dan mengejar sound yang dihasilkan. Sound tipe bass ini lebih tebal atau boomy dibanding full scale


Ada dua tipe untuk bass skala pendek, yaitu 26,5 inci atau disebut juga dengan baritone guitar dan 30,5 inci. Bassist profesional yang menggunakan skala pendek adalah Paul McCartney yang juga seorang vokalis dari band legendaris The Beatles.

Model lefty, untuk Anda yang kidal

Model lefty, untuk Anda yang kidal

Apabila Anda lebih dominan menggunakan tangan kiri, pilihlah bass dengan model lefty. Model ini didesain khusus untuk pemain yang kidal. Jadi, Anda dapat memainkan bass secara nyaman dengan tangan kiri.


Bass untuk tangan kanan sebenarnya juga bisa digunakan oleh pemain yang kidal. Namun, Anda harus membaliknya sehingga cara memainkannya memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Dennis Novriandi
Sound engineer & music producer
Dennis Novriandi

Untuk saat ini model lefty sangat mudah ditemukan. Semua merek bass mengeluarkan tipe ini untuk spesifikasi dan harga yang sama dengan tipe model kanan. Jadi, jangan khawatir kalau Anda pemain kidal. Namun, untuk mengejar experience permainan yang unik dan berbeda, Anda bisa menggunakan bass tipe kanan seperti Wayman Tisdale.

4

Perhatikan jumlah senar bass yang cocok untuk pemula

Perhatikan jumlah senar bass yang cocok untuk pemula

Dilihat dari jumlah senarnya, ada beberapa pilihan bass yang tersedia, mulai dari bass empat senar hingga delapan senar. Makin banyak senar pada bass, makin rumit juga memainkannya. Maka dari itu, untuk pemula, pilihlah bass dengan empat atau lima senar saja. Berikut adalah perbedaan keduanya.


  • Bass empat senar
Bass empat senar menggunakan setelan E, A, D, dan G. Jumlah senar ini cocok untuk memainkan genre pop atau rock. Kedua jenis musik tersebut memiliki tempo yang tidak terlalu cepat dengan bass yang mengikuti ketukan drum. Variasi fingerstyle musik ini juga tidak terlalu rumit.

  • Bass lima senar
Bass lima senar menggunakan setelah yang mirip dengan bass empat senar. Namun, bass ini memiliki tambahan satu senar di atasnya (B, E, A, D, dan G). Bass ini pas untuk Anda yang hendak bermain musik metal, jazz, dan blues. Makin banyak senarnya, makin besar juga range nada yang disediakan. Dengan begitu, Anda bisa mengeksplorasi teknik fingerstyle atau latihan untuk solo.
5

Kenali karakteristik produk berdasarkan merek bass

Dengan banyaknya merek bass, menemukan produk yang sesuai bisa membingungkan bagi siapa pun, terutama untuk pemula. Maka dari itu, kami akan memperkenalkan beberapa merek bass terbaik yang cocok untuk dipertimbangkan oleh para pemula.

Yamaha, harga terjangkau dengan banyak tipe pilihan

Yamaha, harga terjangkau dengan banyak tipe pilihan
Sumber: id.yamaha.com

Yamaha merupakan salah satu merek peralatan musik yang populer dengan kualitas yang terjamin. Tidak hanya itu, Yamaha memiliki banyak varian untuk alat musiknya, tidak terkecuali bass.


Range harga yang ditawarkan pun beragam. Ada yang terjangkau untuk pemula, ada juga yang cocok untuk kebutuhan profesional. Anda dapat menyesuaikannya dengan bujet yang sudah disiapkan.

Ibanez, tuning senar lebih stabil dan bobotnya ringan

Ibanez, tuning senar lebih stabil dan bobotnya ringan
Sumber: ibanez.com

Ibanez adalah merek asal Jepang yang memproduksi alat musik petik, seperti gitar akustik, gitar elektrik, dan bass. Karena spesifik memproduksi jenis alat musik tertentu, kualitas yang diberikan Ibanez pun tidak main-main.

 
Bass Ibanez memiliki tuning yang solid. Nada yang disetel bisa tetap presisi meski sudah digunakan dalam waktu yang lama. Ada juga bass yang menggunakan jenis kayu yang ringan sehingga Anda tetap nyaman memainkannya dalam waktu yang lama.

Fender: playability baik dan cocok untuk beragam genre

Fender: playability baik dan cocok untuk beragam genre
Sumber: fender.com

Sebagai merek ternama, Fender memproduksi bass dengan playability yang sangat baik. Ada beragam jenis bentuk neck yang dikeluarkan oleh Fender. Salah satunya adalah bass dengan neck berdesain C-shaped yang cocok digunakan untuk berlatih.


Pickup yang digunakan pada bass ini juga memiliki tone dengan range yang luas. Bass Fender pun dapat digunakan untuk memainkan banyak jenis genre musik.


Kami juga telah mengulas produk bass dari merek lainnya untuk Anda, lho. Silakan kunjungi artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Bass untuk Pemula Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Bass untuk Pemula terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber (diperbarui tanggal 12 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Skala bass
Scale length
Model lefty
Jumlah senar
Material body
Material neck
Material fretboard
Set
Isi set
Jumlah pickup
Pilihan motif
1

Yamaha

Gitar BassTRBX174

Yamaha Gitar Bass 1

Rp3.477.000

Menengah

Desain vintage style-nya membuat tampilan makin nyentrik

Jazz bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

4

Mahogany

Maple

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos

2

StingeR

Electric Bass SJB580

StingeR  Electric Bass  1

Rp1.385.000

Agak Murah

Sudah sepaket dengan kabel dan strap

Jazz bass

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Basswood

Maple

Rosewood

Bass, strap, kabel, kunci L, tas (tas khusus paket komplet, untuk paket standar tidak mendapatkan tas)

2

Polos, pola kayu, gradasi warna kayu

3

Cort

Action Bass Plus

Cort Action Bass Plus 1

Rp2.552.000

Agak Murah

Opsi pickup PJ-nya cocok untuk genre rock, jazz, hingga pop

Jazz bass

Standar

864 mm

4

Poplar

Hard Maple

Jatoba

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos, pola kayu

4

Yamaha

Bass Elektrik BB434M

Yamaha  Bass Elektrik  1

Rp5.135.000

Agak Mahal

Kombinasi neck dan pickup kualitas tinggi untuk clarity optimal

Jazz bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

4

Alder

Maple/mahogany

Maple

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos, gradasi warna tembakau

5

Yamaha

Bass Elektrik BB235

Yamaha  Bass Elektrik  1

Rp4.279.000

Menengah

Bass 5 senar Yamaha dengan playability jempolan

Jazz bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

5

Alder

Maple

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos, pola kayu

6

Fender

Squier Affinity Series™ Precision Bass® PJ

Fender Squier Affinity Series™ Precision Bass® PJ 1

Rp4.750.000

Agak Mahal

Lebih nyaman digenggam dengan neck berdesain C-shaped

Precision bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

4

Poplar

Maple

Indian Laurel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos

7

Ibanez

Talman BassTMB100M

Ibanez Talman Bass 1

Rp3.256.000

Menengah

Tuning tetap stabil dan solid berkat bridge B10

Jazz bass

Standar

864 mm

Tidak diketahui

4

Poplar

Maple

Jatoba

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Polos/pola kayu, polos

8

JGS

Bass Akustik BS-01NA

JGS  Bass Akustik  1

Rp850.000

Lebih Murah

Saatnya latihan bass tanpa menggunakan amplifier

Bass akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Meranti

Maple

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Polos, pola kayu

9

Cort Bass C5 Plus ZBMH

null Cort Bass C5 Plus ZBMH 1

Rp5.032.000

Agak Mahal

Dilengkapi equalizer dan pickup high-end untuk menemani pertumbuhan skill Anda

Jazz bass

Standar

864 mm

Tidak diketahui

5

Maple dan mahogany

Hard maple

Jatoba

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Pola kayu

10

Bacchus

WJB5-BP

Bacchus  WJB5-BP 1

Rp6.850.000

Lebih Mahal

Desainnya menarik dengan pola yang unik

Jazz bass

Standar

863,6 mm

Tidak diketahui

5

Mahogany

Maple/Rosewood 5P

Rosewood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Pola abstrak

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

YamahaGitar BassTRBX174

Gitar Bass 1
Harga referensi
Rp3.477.000
Menengah
Harga referensi
Rp3.477.000
Menengah

Desain vintage style-nya membuat tampilan makin nyentrik

Anda mencari gitar bass yang stylish untuk manggung? Jangan lewatkan produk ini! Gitar bass seri TRBX174 ini merupakan gitar Yamaha dengan model terbaru. Seri ini memiliki perubahan pada permukaan body yang dibuat mengilap sehingga tampilan manggung Anda makin keren. Tidak hanya itu, desain gitar ini makin menarik dengan banyaknya pilihan warna yang ditawarkan. Anda bisa memilih warna hitam, red metallic, blue metallic, dan old violin sunburst.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyMahogany
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

StingeR Electric Bass SJB580

Harga referensi
Rp1.385.000
Agak Murah

Sudah sepaket dengan kabel dan strap

Bass buatan StingeR ini sudah sepaket dengan kabel dan strap. Anda pun bisa langsung mencolokkannya ke amplifier untuk memainkan lagu yang diinginkan. Anda bahkan bisa langsung memperoleh tas bila memilih varian paket komplet. Bagi Anda yang tidak mau repot membeli perlengkapan bass tambahan, produk ini patut diperhitungkan.

JenisJazz bass
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model lefty
Jumlah senar4
Material bodyBasswood
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
Set
Isi setBass, strap, kabel, kunci L, tas (tas khusus paket komplet, untuk paket standar tidak mendapatkan tas)
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos, pola kayu, gradasi warna kayu
View all
No.3

CortAction Bass Plus

Harga referensi
Rp2.552.000
Agak Murah

Opsi pickup PJ-nya cocok untuk genre rock, jazz, hingga pop

Tak perlu mencari bass termahal jika ada yang murah dan berkualitas. Harga produk ini bisa dibilang terjangkau, tetapi memiliki bahan, komponen, dan pengerjaan yang berkualitas. Bass ini sangat cocok digunakan oleh calon pemain bass dengan opsi pickup PJ yang disematkan pada produk.


Pickup bass tipe P sangat ideal untuk genre hard rock dan classic rock. Sementara itu, pickup tipe J sangat cocok untuk genre jazz dan pop. Kombinasi tersebut membuat bass memiliki kekayaan suara yang menjangkau lebih banyak genre musik.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length864 mm
Model lefty
Jumlah senar4
Material bodyPoplar
Material neckHard Maple
Material fretboardJatoba
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos, pola kayu
View all
No.4

Yamaha Bass Elektrik BB434M

Harga referensi
Rp5.135.000
Agak Mahal

Kombinasi neck dan pickup kualitas tinggi untuk clarity optimal

Untuk mendengar suara jernih permainan bass Anda di panggung, jazz bass buatan Yamaha ini patut dijadikan opsi. Neck dengan baut miter memungkinkan nada yang dihasilkan bass ini terdengar begitu presisi. Pickup custom-wound yang digunakan juga mampu menangkap sinyal dengan sangat baik dan bisa memberikan suara dengan clarity mumpuni.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyAlder
Material neckMaple/mahogany
Material fretboardMaple
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos, gradasi warna tembakau
View all
No.5

Yamaha Bass Elektrik BB235

Harga referensi
Rp4.279.000
Menengah

Bass 5 senar Yamaha dengan playability jempolan

Tuner bass ini ringan sekaligus mudah diputar sehingga bass ini terasa balance untuk Anda mainkan sembari berdiri. Tidak hanya itu, neck-nya pun cukup tipis. Hal ini akan memudahkan tangan Anda untuk menggenggam dan memindahkan jari ke fret mana pun. Apabila Anda ingin belajar memainkan bass 5 senar tanpa mengorbankan kecepatan berpindah fret, pilihlah produk ini.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar5
Material bodyAlder
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos, pola kayu
View all
No.6

FenderSquier Affinity Series™ Precision Bass® PJ

Harga referensi
Rp4.750.000
Agak Mahal

Lebih nyaman digenggam dengan neck berdesain C-shaped

Squier Affinity Series™ Precision Bass® PJ diberi neck dengan desain C-shape yang ramping. Desain C-shaped neck ini dibuat supaya tangan Anda bisa lebih nyaman menggenggam bass. Jadi, Anda tidak akan merasa cepat lelah meskipun memainkan bass ini berjam-jam. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang ingin berlatih main bass dalam waktu yang lama.

JenisPrecision bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyPoplar
Material neckMaple
Material fretboardIndian Laurel
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos
View all
No.7

IbanezTalman BassTMB100M

Harga referensi
Rp3.256.000
Menengah

Tuning tetap stabil dan solid berkat bridge B10

Untuk Anda yang belum mahir menyetel nada, bass yang satu ini dapat menjadi pilihan. Bass ini dilengkapi dengan bridge B10 atau penyangga senar yang membuatnya stabil ketika di-tune. Selain itu, nada yang dihasilkan juga sangat seimbang antara bass dan treble. Jadi, Anda yang masih pemula akan mudah mengenali nada dan bisa memainkan bass tanpa overpitch.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length864 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyPoplar
Material neckMaple
Material fretboardJatoba
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPolos/pola kayu, polos
View all
No.8

JGS Bass Akustik BS-01NA

Bass Akustik  1
Sumber: shopee.co.id
Bass Akustik  2
Sumber: shopee.co.id
Bass Akustik  3
Sumber: shopee.co.id
Bass Akustik  4
Sumber: shopee.co.id
Bass Akustik  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp850.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp850.000
Lebih Murah

Saatnya latihan bass tanpa menggunakan amplifier

Jika Anda ingin latihan bass tanpa menimbulkan suara bising berlebihan, produk ini tepat dijadikan partner. Bisa dimainkan tanpa membutuhkan amplifier, produk ini cocok dijadikan teman latihan di kosan, apartemen, atau rumah petak yang padat penduduk. Neck-nya pun presisi dan mudah digenggam. Alhasil, Anda bisa makin cepat berpindah fret kapan pun diinginkan.

JenisBass akustik
Skala bassTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar4
Material bodyMeranti
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
Set
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickupTidak diketahui
Pilihan motifPolos, pola kayu
View all
No.9

Cort Bass C5 Plus ZBMH

Harga referensi
Rp5.032.000
Agak Mahal

Dilengkapi equalizer dan pickup high-end untuk menemani pertumbuhan skill Anda

Markbass 3-Band equalizer pada bass ini memungkinkan Anda untuk menikmati suara bass natural dan sesuai preferensi Anda saat latihan. Pickup Bartolini® MK-1 juga berperan penting menghasilkan nada bass indah yang akan memuaskan telinga Anda. Stabil dan punchy dimainkan, bass ini cocok dipilih oleh para pemula yang ingin mengembangkan skill ke level lebih tinggi.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length864 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar5
Material bodyMaple dan mahogany
Material neckHard maple
Material fretboardJatoba
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPola kayu
View all
No.10

Bacchus WJB5-BP

Harga referensi
Rp6.850.000
Lebih Mahal

Desainnya menarik dengan pola yang unik

Produk ini pas bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi bass senar lima yang cocok untuk pemula. Produk ini bahkan memiliki tampilan yang menarik. Sebagian besar bass memiliki desain polos dengan corak yang minim, tetapi tidak demikian halnya dengan Bacchus WJB5-BP.


Pada bagian bodi bass ini, ada pola abstrak yang membuat tampilannya jadi makin gagah. Pilihan warna yang ditawarkan pun beragam, seperti blue burst, red burst, black burst, dan blonde burst. Pilih saja warna yang sesuai dengan karakter Anda.

JenisJazz bass
Skala bassStandar
Scale length863,6 mm
Model leftyTidak diketahui
Jumlah senar5
Material bodyMahogany
Material neckMaple/Rosewood 5P
Material fretboardRosewood
SetTidak diketahui
Isi setTidak diketahui
Jumlah pickup2
Pilihan motifPola abstrak
View all

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Tips agar bisa bermain bass secara efektif yang pertama adalah fingering menggunakan lagu yang kita suka. Jika belum bisa mengulik dengan telinga, Anda bisa menggunakan tablature yang tersedia di situs online


Setelah itu, belajar mengenai skala dan mode akan meningkatkan variasi permainan Anda. Latihlah teori yang Anda pelajari dengan backing track genre yang Anda suka. Anda bisa memeriksanya di YouTube. Untuk sound bass, pilihlah salah satu bass heroes Anda dan pelajari setiap gear yang ia pakai.

5 Rekomendasi Bass untuk Pemula terbaik

No. 1: YamahaGitar BassTRBX174

No. 2: StingeR Electric Bass SJB580

No. 3: CortAction Bass Plus

No. 4: Yamaha Bass Elektrik BB434M

No. 5: Yamaha Bass Elektrik BB235

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Bass untuk Pemula Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Bassist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.