10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bass Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Berbicara mengenai instrumen musik, maka yang umum terlintas di kepala adalah alat-alat musik seperti gitar listrik, drum serta bass gitar. Khususnya untuk bass gitar, alat musik ini memiliki kriteria pemilihan yang lebih kompleks dibandingkan alat musik lain.Untuk pemula, ada beberapa kriteria dalam memilih bass yang baik, tetapi banyak orang belum mengetahuinya.

Maka dari itu, kali ini kami akan memulai dengan menjelaskan cara memilih bass untuk Anda yang masih awam mengenai bass. Kemudian, kami akan merekomendasikan 10 bass terbaik yang disarankan untuk pemula. Mari mainkan lagu favorit Anda dengan menemukan bass yang tepat!

Daftar isi

Cara memilih bass untuk pemula

Sebelum membeli bass, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai bass dan cara memilihnya, terutama bagi Anda yang masih pemula. Sayang sekali jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bass dan asal membeli saja karena harganya cukup mahal. Untuk memulai latihan dasar bass yang baik dan membeli produk yang terbaik, sebaiknya Anda mempelajari tentang bass terlebih dahulu.

Perbedaan klasifikasi bass

Bass memiliki banyak jenis dan klasifikasi. Kami akan memperkenalkan kepada Anda secara luas apa saja jenis dan klasifikasinya. Untuk pemula, kami akan memfokuskan kepada electric bass. Pertama-tama kami akan memperkenalkan jazz bass atau yang lebih sering disebut jazz. Meskipun namanya jazz, tetapi suara yang dihasilkan oleh bass jenis ini juga cocok untuk lagu pop atau rock. Bass jenis ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena cocok dengan berbagai genre musik.

Jenis bass berikutnya adalah precision bass atau biasa disebut preview. Bass jenis ini tampilannya sangat mirip dengan jazz bass yang sering dimainkan para Jazzbo (orang yang menggemari jazz atau musisi jazz). Ada beberapa bagian yang membedakan precision bass dengan jazz bass, seperti pada bagian pickup dan leher yang lebih tebal. Jangan salah pilih ya, harus teliti dalam membedakan precision bass dan jazz bass.

Selain itu, ada juga short scale bass. Skala pada bass ini merupakan jarak antara bagian bridge dan nut. Umumnya jarak skala bass adalah 860 mm, tetapi pada short scale bass jaraknya 820 mm. Bass jenis ini cocok untuk Anda yang berukuran tubuh kecil atau pemain bass yang masih berusia muda. Kemudian ada juga acoustic bass, tetapi karena terlalu rumit dan biasanya dimainkan oleh pemain bass yang sudah mahir, kali ini kami tidak akan membahasnya terlalu dalam. Jadi bass jenis apa yang cocok untuk pemula?

Bagi pemula yang pertama kali bermain bass, direkomendasikan tipe jazz bass yang serbaguna!

Bagi pemula yang pertama kali bermain bass, direkomendasikan tipe jazz bass yang serbaguna!

Tipe jazz bass merupakan tipe yang sangat kami rekomendasikan untuk pemula yang baru mulai belajar bass. Ada beberapa alasan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat memilih tipe ini karena cocok dengan berbagai genre musik. Jazz bass hanya memiliki satu pickup yang presisi, sedangkan bass lainnya memiliki dua jenis pickups.

Dengan jazz bass, Anda dapat memainkan jenis lagu yang lebih bervariasi untuk berlatih sehingga kemampuan Anda lebih cepat meningkat. Hal yang perlu diperhatikan dari bass jenis ini adalah tingkat ketebalan dari leher bass. Untuk pemula, leher yang tipis lebih memudahkan saat memainkan lagu dibandingkan dengan precision bass. Oleh karena itu, sangat disarankan agar para pemula memilih jazz bass.

Precision bass yang berguna untuk meningkatkan performa

Precision bass yang berguna untuk meningkatkan performa

Lalu, apakah itu berarti precision bass tidak cocok untuk pemula sama sekali? Tentu saja tidak benar. Meskipun pasti lebih sulit dari tipe jazz, ada manfaat tersembunyi dari jenis bass ini. Oleh karena precision bass sedikit lebih sulit dimainkan bagi pemula, Anda menjadi harus lebih rajin mengulik bass Anda jika ingin berkembang. Namun, ketika Anda berhasil memainkan precision bass dengan benar, kemampuan Anda akan meningkat jauh. Sesungguhnya perbedaan ketebalan leher antara precision bass dan jazz bass tidak begitu besar sehingga masih cocok bagi para pemula.

Sulit atau tidaknya bermain bass ditentukan juga oleh gaya dan cara bermain Anda, tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh perbedaan leher antar jenis bass. Meskipun tentu saja perbedaan ukuran leher tersebut juga mempengaruhi. Ada precision bass yang memang tidak direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki ukuran tubuh dan tangan berukuran mungil. Namun, bukan berarti semua pemula tidak bisa memainkan precision bass. Hal ini dikarenakan gaya bermain setiap orang berbeda. Mungkin saja bass dari Sid Vicious, bassist Sex Pistols yang terkenal itu, cocok untuk Anda gunakan sebagai bass pertama Anda.

Model bass untuk wanita atau untuk pemain bass yang kidal juga ada

Model bass untuk wanita atau untuk pemain bass yang kidal juga ada

Untuk Anda para wanita yang memiliki tubuh mungil maupun Anda yang bertangan kidal, akan lebih baik untuk memilih bass yang sesuai dengan diri Anda sejak awal bermain bass. Misalnya, untuk Anda para wanita, Anda dapat menggunakan tipe bass kecil dengan skala pendek. Namun, karena bass skala pendek memiliki jumlah pilihan produk yang masih sedikit, hal ini mungkin akan sedikit menyulitkan Anda untuk menemukan bass yang Anda sukai. Alternatif lainnya adalah Anda bisa memilih bass modern dengan bentuk bodi yang kecil. Sama-sama mudah digunakan seperti bass skala pendek, tetapi dengan pilihan produk yang lebih beragam. Bass jenis ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang mau memulai bermain bass.

Bagi Anda yang bertangan kidal, Anda bisa memilih bass model khusus untuk orang kidal. Namun, jika Anda sudah terbiasa, Anda dapat bermain dengan baik bahkan dengan bass tangan kanan sehingga Anda tidak perlu memodifikasi bass yang ada. Sayangnya, bass jenis khusus untuk bassist tangan kidal juga memiliki beberapa kekurangan lainnya.

Oleh karena partitur musik dibuat untuk bass tangan kanan, maka pemain bass kidal perlu menyesuaikan partiturnya terlebih dahulu. Selain itu, bass untuk bassist bertangan kidal biasanya lebih mahal sehingga terkadang sedikit menyulitkan bagi pemula dari segi ekonomi. Kesimpulannya, wanita sebaiknya memilih bass modern dengan ukuran yang kecil atau yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Sedangkan pemain bass bertangan kidal bisa juga memakai bass untuk tangan kanan, hanya saja perlu membiasakan diri terlebih dahulu.

Awali latihan bass Anda dengan hebat menggunakan set pemula

Awali latihan bass Anda dengan hebat menggunakan set pemula

Jika Anda serius ingin belajar bermain bass, sebaiknya Anda memberikan usaha yang total, misalnya membeli perlengkapan bermain bass yang lengkap satu set untuk pemula. Beberapa alat penunjang yang termasuk set untuk pemula adalah string, picks, dan stand gitar. Jika Anda sudah memiliki perlengkapan tersebut, Anda sudah siap untuk berlatih! Sebelumnya, mari kita lihat alat tambahan apa saja yang harus Anda siapkan sebelum mulai berlatih.

Amplifier

Instrumen musik seperti gitar listrik dan bass memiliki kesan dimainkan dengan volume yang keras. Namun, sebenarnya suara yang keras tersebut dihasilkan melalui amplifier. Jika tidak ada amplifier, gitar listrik maupun bass hampir tidak mengeluarkan suara sama sekali. Jadi sebaiknya, meskipun Anda berlatih di malam hari, tetap harus ada amplifier untuk menunjang permainan Anda. Mungkin Anda harus menyiapkan satu ruangan khusus yang bisa meredam suara untuk berlatih. Belum bisa dibilang berlatih jika Anda tidak bisa mendengarkan hasil permainan Anda sendiri!

• Kabel penghubung

Terdapat kabel yang menghubungkan bass dengan amplifier. Kira-kira panjangnya sekitar 3 m. Ada yang menyebutkan dengan kabel yang lebih mahal, maka kualitas suaranya lebih baik. Namun, jangan khawatir, umumnya pada set bagi pemula sudah terdapat kualitas yang mumpuni untuk menghasilkan suara yang bagus.

Cross Eyeglass

Ini adalah kain lembut seperti lap yang digunakan untuk menyeka instrumen. Merawat instrumen sangat penting, itu sangat mempengaruhi daya tahan dari bass dan mempertahankan kesan mewahnya. Jadi Anda harus memperlakukannya dengan hati-hati.

10 Rekomendasi bass terbaik untuk pemula

Berdasarkan penjelasan di atas, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi bass terbaik untuk pemula dengan berbagai keunggulanya masing-masing. Jadi, temukanlah produk yang paling sesuai dengan kriteria Anda!

10. Music Man StingRay5 Classic

10. Music Man Classic StingRay 5

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 1.200.000

Bass berbahan kayu maple dan mahoni dengan harga yang ekonomis

Berbeda dari jenis-jenis lain, keunggulan utama pada tipe Music Man Classic Stringray 5 terletak di harga yang sangat terjangkau. Sebagai pemula, tentunya selain melihat kualitas dari bass yang akan dipilih, harga yang sesuai dengan kantong juga perlu diperhatikan untuk memilih bass yang sesuai.

Meskipun harganya ekonomis, tone dan feel saat memainkan bass ini tetap berkualitas. Desainnya terbuat dari kayu maple pada bagian neck dan mahoni pada body dapat menggambarkan kekuatan dan kulitas tone yang akan dikeluarkan. Murah meriah dan berkualitas!

9. Yamaha Bass 400 Series BB434

9. Yamaha Bass 400 Series BB434

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.339.000

Asah kemampuan bermain bass Anda dengan BB series yang legendaris

Bagi Anda yang ingin memulai latihan bermain bass, Yamaha Bass Elektrik BB400 Series Maple dapat menjadi salah satu opsi terbaik. Dikenal dengan instrumen BB yang legendaris dan desain yang indah, produk ini menggunakan material soft maple pada bagian neck. Bass ini menciptakan nuansa yang smooth dan balance ketika dimainkan.

Harganya bisa dibilang tidak terlalu tinggi untuk ukuran bass sehingga menjadi keuntungan bagi Anda yang baru memulai belajar bass. Dengan harga terjangkau tersebut, Anda sudah dapat mencoba memainkan bass seri BB dengan teknologi 6-Bolt Miter yang selain memperkokoh, bisa menjaga resonansi pada body dan neck menjadi presisi. Bass andalan para pemula!

8. Cort Electric Bass Action Bass V Plus

8. Cort Electric Bass Action Bass V Plus

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.790.000

Desain ergonomis dan ringan cocok untuk digunakan berlatih dalam waktu yang lama

Bagi pemula yang ingin belajar bermain bass pastinya belum terbiasa berlatih dalam waktu yang lama. Cort Electric Bass versi Action Bass V Plus ini memiliki keunggulan di bagian desainnya, yakni gabungan antara classic dan modern. Desain ergonomis ini berguna saat Anda memainkan bass dalam waktu yang lama karena bisa mengurangi rasa lelah dan meningkatkan permainan Anda.

Bass yang terbuat dari campuran kayu Canadian Hard Maple di bagian leher dan rosewood di bagian fret ini juga sangat ringan. Desain dan bobotnya benar-benar memanjakan Anda yang baru mulai belajar bass sehingga bisa berlatih lebih maksimal dalam waktu yang lama. Harga juga masih terjangkau lho!

7. Yamaha Bass 300 Series TRBX 305

7. Yamaha Bass Elektrik TRBX 305

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.184.000

Rasakan permainan bass dengan perpaduan 3 jenis kayu untuk suara yang smooth!

Dalam memilih bass, material kayu yang digunakan memang sangat menentukan bunyi yang akan dikeluarkan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan suara terbaik ketika memulai latihan bass, tipe Yamaha Bass Elektrik TRBX 305 dapat menjadi jawaban. Dengan kombinasi material kayu maple pada bagian neck, rosewood pada fingerboard, dan solid mahogany pada body memberikan kualitas suara yang tak perlu diragukan lagi.

Selain suara, material tersebut menjadikan bobot bass gitar ini lebih ringan sehingga cocok bagi Anda para pemula. Tak ketinggalan desain yang simpel memberikan Anda kesan cool saat memainkannya. Anda juga tidak perlu khawatir masalah warna karena bass jenis ini tersedia dalam 5 warna pilihan.

6. Gretsch G2220 Electromatic Junior Jet Bass

6. Gretsch G2220 Junior Jet Electric Bass Guitar II

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.695.000

Desain neck yang pendek sangat pas untuk Anda yang berpostur kecil

Dalam memilih bass yang cocok untuk digunakan, anatomi tubuh sangatlah berperan penting terutama bagian badan dan tangan kita. Bagi Anda yang berpostur kecil, jenis Gretsch G2220 Junior Jet Electric Bass ini sangatlah cocok untuk Anda.

Desain pada jenis ini memiliki panjang bagian neck yang lebih pendek dari electric bass pada umumnya sehingga akan membantu kenyamanan Anda dalam memainkanya. Selain itu, body yang ramping juga memberikan berat yang lebih ringan untuk membantu Anda bermain dengan lebih baik.

5. Savannah Lightning Bass STB-700

5. Savannah Lightning Bass STB-700

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.673.000

Tampil lebih percaya diri dengan gaya vintage yang stylish

Keunikan utama dari produk bass Savannah STB-700F adalah dapat terlihat dari desainnya yang unik dan vintage. Tidak seperti elektrik bass pada umumnya yang memiliki body ramping, pada desain produk ini justru menampilkan body yang lebih lebar dan kesan vintage yang sangat kental.

Bass jenis ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai gaya zaman dulu dan berkiblat pada musik-musik tahun 70-80-an. Namun, kesan vintage yang ditimbulkan juga menyebabkan ukuran neck pada produk ini lebih panjang dari ukuran umumnya sehingga bagi Anda yang masih pemula perlu memperhatikan apakah genggaman dari produk ini nyaman di tangan Anda atau tidak.

4. Ibanez SRH500 Electric Bass

4. Ibanez SRH500 Electric Bass

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 20.260.000

Seri Ibanez yang paling pas untuk genre jazz

Ibanez merupakan merek penghasil jenis jazz bass yang sangat baik di dunia. Apabila Anda pemula dan ingin bermain pada genre jazz sangat disarankan untuk mencoba tipe ini. Tidak seperti hollow body basses lainnya, SRH500 menawarkan konsep unik, yakni integrasi antara bagian hollow body dengan key features yang menghasilkan nuansa otentik beda dari bass pada umumnya.

Ibanez seri SR ini sudah terbukti selama 30 tahun lebih memberikan pilihan bass dengan jenis modern kepada pencinta bass di seluruh dunia. Keunikannya tentu pada desain yang elegan, serta neck yang tipis dan ringan pada bagian body-nya. Ada harga ada kualitas!

3. Fender Standard Jazz Bass – Left Hand

3. Fender Standard Jazz Bass - Left Hand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 17.831.000

Bass dengan desain standard classic pilihan terbaik bagi Anda yang bertangan kidal

Bukan menjadi rahasia bahwa bassist yang bertangan kidal kerap mendapat masalah, terutama dari segi kenyamanan ketika harus bermain dengan bass yang didesain untuk tangan kanan. Fender Standard Jazz Bass-Left Hand ini merupakan jawaban terbaik bagi Anda, pemula bertangan kidal yang ingin bermain bass.

Bass ini cocok untuk Anda yang ingin tampil dengan gaya klasik dan elegan karena bassist tipe ini lebih mengutamakan kualitas suara dan performanya dibandingkan dengan gaya. Bass dengan desain standard classic ini cocok untuk dimainkan pada level permainan manapun, mulai dari sekadar jamming ataupun konser besar.

2. ESP LTD Tom Araya 334 Electric Bass Guitar

2. ESP Bass Elektrik LTD Tom Araya 334 Electric Bass Guitar

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.900.000

Bentuk elegan dengan finishing warna hitam yang elegan

Apabila diperhatikan sekilas, jenis bass ESP Bass Elektrik Ltd/TA334 ini memang salah satu yang paling mendukung penampilan Anda dalam hal bergaya. Desain yang elegan dengan warna hitam solid menciptakan kesan stylish yang tak diragukan.

Body bass LTD ini terbuat dari basswood yang sangat ringan. Pada bagian neck menggunakan material maple bolt-on dengan skala 35 inci, dan fingerboard yang berisi 24 fret bisa menghasilkan suara yang sangat mengesankan. Bagi Anda yang menyukai barang premium seperti ini, maka tak salah jika mencoba kualitas dari barang ini meskipun Anda baru belajar. Penampilan nomor satu!

1. Fender American Deluxe Precision Bass

1. Fender American Deluxe Precision Bass

Lihat produk ini di Bibli

Harga : Rp 26.500.000

Fender! Raja dari semua merek bass dunia

Sebagai merek pionir lahirnya electric bass, kualitas dan kredibilitas merek Fender tidak perlu diragukan lagi. Meskipun harga menjadi poin utama dalam mempertimbangkan jenis bass ini, tetapi bagi Anda yang menghargai kemewahan dan kualitas nomor satu, rasanya jenis ini adalah pilihan terbaik bagi Anda untuk memulai permainan bass Anda.

Tipe Fender Deluxe ini merupakan salah satu seri terbaik dari Fender yang sudah ada sejak awal tahun 1960-an. Keunggulannya adalah desain yang powerful, bisa menghasilkan tone yang bervariasi, serta saat dimainkan terasa smooth bagi penggunanya. Cocok untuk Anda yang ingin memainkan genre musik yang bervariasi. Teman terbaik saat perform maupun saat latihan di studio!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan penjelasan mengenai cara memilih bass untuk pemula dan beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah menemukan yang paling pas untuk Anda?

Perlu diperhatikan sebelum memilih produk yang sesuai dengan keinginan. Anda perlu mempertimbangkan kembali material produk, harga, dan kesesuaian dengan postur tubuh Anda saat membeli. Selamat mencoba!