1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2023)

Bass adalah instrumen petik dengan suara yang unik. Bass harus dihubungkan dengan amplifier yang membutuhkan daya listrik agar suaranya terdengar jelas. Umumnya orang yang bermain bass bisa bermain gitar. Meski demikian, Anda juga dapat belajar bermain bass dari nol tanpa harus bisa bermain gitar lebih dahulu.

 

Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih bass untuk pemula. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek bass terbaik, seperti Yamaha, Ibanez, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer sekaligus bassist kami, Dennis Novriandi. Dilanjutkan membacanya, yuk!
Diperbaharui 04-22-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bass untuk pemula

Gitar bass adalah instrumen musik yang perlu dipilih dengan saksama, apalagi jika Anda masih pemula. Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan pada Anda poin apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli bass.

① Pertimbangkan untuk membeli gitar bass saja atau dalam bentuk set

Pertimbangkan untuk membeli gitar bass saja atau dalam bentuk set

Ketika Anda akan membeli gitar bass, ada dua pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Pilihan tersebut adalah membeli single item atau dalam bentuk set. Di bawah ini kami akan menjelaskan keunggulan dari tiap-tiap pilihannya untuk Anda.


  • Single item

Hanya membeli gitar bass direkomendasikan untuk Anda yang berhati-hati saat memilih perlengkapan yang sesuai. Hal ini akan sangat sulit dilakukan apabila Anda baru saja mengenal gitar bass. Memilih perlengkapan untuk gitar bass akan memakan waktu lama, tetapi Anda dapat memilihnya berdasarkan keinginan Anda.


  • Set

Membeli set gitar bass sesuai untuk Anda yang sama sekali tidak tahu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Anda dapat langsung berlatih setelah membeli set gitar bass. Satu set biasanya terdiri dari gitar bass, tali strap, tuner, amplifier, cover gitar, stand gitar, soft case, dan lainnya. Namun, set setiap pabrikan tentu berbeda. 


Ada yang amplifier-nya hanya menghasilkan suara kecil, ada juga gitar bass yang terlalu mudah dimainkan. Hal ini tentu membuat Anda yang sudah sering memainkan gitar bass merasa kurang nyaman. Jadi, apabila Anda sangat memedulikan kualitas, kami sarankan Anda untuk membeli gitar bass saja.


Tidak banyak produk set yang dijual di marketplace Indonesia. Selain terlalu banyak barang yang akan dipaketkan saat membeli online, pemain musik di Indonesia cenderung membeli secara offline. Bagi Anda yang benar-benar awam dengan perlengkapan bass, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada penjual.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada beberapa merek yang mengeluarkan pilihan untuk bundle yang terdiri ampli, softcase, dan bass-nya sendiri. Hal yang terpenting adalah bass-nya. Untuk amplifier, carilah yang tipe combo amp atau ampli yang sudah terintegrasi antara head amplifier dan cabinet.

② Carilah jazz bass apabila Anda benar-benar pemula

Carilah jazz bass apabila Anda benar-benar pemula

Dua jenis gitar bass yang sering digunakan adalah jazz bass dan precision bass. Selain itu, ada juga bass dengan bentuk yang spesial. Akan tetapi, bass dengan bentuk spesial mungkin akan sedikit susah dimainkan pemula yang belum pernah bermain bass.


Dari jenis-jenis bass yang kami sebutkan di atas, kami merekomendasikan gitar jazz bass untuk pemula. Agar mendapat yang pas, berikut kami akan menerangkan perbedaan jazz bass dan precision bass.


  • Jazz bass

Jazz bass memiliki dua pickup, bagian gitar yang berfungsi mengubah getaran dari senar menjadi sinyal elektrik. Sekalipun diberi nama jazz, bass ini dapat digunakan untuk bermain musik pop ataupun rock.


Bass ini memiliki nada yang bening dan bersih sehingga cocok untuk berbagai lagu dan bersahabat untuk pemula. Leher gitarnya pun cukup tebal dan mudah untuk Anda genggam.


  • Precision bass

Precision bass hanya memiliki satu pickup sehingga menghasilkan suara yang tebal dan cocok untuk musik rock. Bass ini sesuai untuk Anda yang sudah mahir dan sudah bisa mempertunjukkan kemampuan permainan bass Anda. Jadi, berhati-hatilah apabila Anda memilih bass ini sebagai pemula.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dua tipe bass ini sangat mudah ditemukan karena semua merek bass mempunyai keduanya. Range harganya bervariasi dari yang termurah satu jutaan sampai puluhan juta. Spesifikasinya bermacam-macam mulai dari pilihan pickup, kayu, dan hardware, semua tercakup tergantung tipe dan harganya.


Pilihan sound untuk pickup jazz bass juga bervariasi. Kita bisa menggunakan sound pickup bridge, sound neck, atau kombinasi keduanya.

③ Sesuaikan bass dengan postur dan gaya bermain Anda

Pemula juga bisa cepat mahir jika memilih bass yang sesuai dengan bentuk tubuh dan cara bermain. Anda dapat menyesuaikannya dengan postur dan tangan dominan Anda. 

Skala pendek, untuk wanita dan orang dengan tubuh kecil

Skala pendek, untuk wanita dan orang dengan tubuh kecil

Bass dengan skala pendek direkomendasikan untuk wanita dan Anda yang memiliki tubuh kecil. Skala adalah ukuran bass dari ujung bodi hingga ujung kepala gitar. Jadi, bass ini berukuran lebih kecil dari ukuran standar. Karena skalanya kecil, Anda yang memiliki tangan kecil juga dapat memainkannya tanpa kesulitan.


Ukuran bass skala kecil juga tidak jauh berbeda dengan gitar akustik atau gitar rhythm. Oleh karena itu, produknya direkomendasikan untuk Anda yang baru mulai bermain bass sambil tetap bermain gitar.


Sebagai panduan, ukuran standar bass adalah 86 cm untuk 4 senar dan 89 cm untuk 5 senar. Jika Anda memiliki postur tubuh yang kecil, pilihlah bass dengan ukuran di bawahnya, ya.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Hal penting mengenai bass skala pendek adalah string tension-nya lebih ringan dibandingkan skala penuh. Hal ini membuat bass skala pendek mudah untuk dimainkan bahkan dengan teknik bending (mengangkat senar dengan ujung jari)


Jarak antar fret yang lebih dekat satu sama lain membuat bass skala pendek sangat mudah dimainkan daripada skala penuh. Bass ini cocok terutama untuk pemain yang lebih muda atau tangan yang tidak bisa meregang terlalu jauh. 


Akan tetapi, ada beberapa pemain bass profesional yang menggunakan bass tipe ini untuk playability dan mengejar sound yang dihasilkan. Sound tipe bass ini lebih tebal atau boomy dibanding full scale


Ada dua tipe untuk bass skala pendek, yaitu 26,5 inci atau disebut juga dengan baritone guitar dan 30,5 inci. Bassist profesional yang menggunakan skala pendek adalah Paul McCartney yang juga seorang vokalis dari band legendaris The Beatles.

Model lefty, untuk Anda yang kidal

Model lefty, untuk Anda yang kidal

Apabila Anda lebih dominan menggunakan tangan kiri, pilihlah bass dengan model lefty. Model ini didesain khusus untuk pemain yang kidal. Jadi, Anda dapat memainkan bass secara nyaman dengan tangan kiri.


Bass untuk tangan kanan sebenarnya juga bisa digunakan oleh pemain yang kidal. Namun, Anda harus membaliknya sehingga cara memainkannya memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Untuk saat ini model lefty sangat mudah ditemukan. Semua merek bass mengeluarkan tipe ini untuk spesifikasi dan harga yang sama dengan tipe model kanan. Jadi, jangan khawatir kalau Anda pemain kidal. Namun, untuk mengejar experience permainan yang unik dan berbeda, Anda bisa menggunakan bass tipe kanan seperti Wayman Tisdale.

④ Perhatikan jumlah senar bass yang cocok untuk pemula

Perhatikan jumlah senar bass yang cocok untuk pemula

Dilihat dari jumlah senarnya, ada beberapa pilihan bass yang tersedia, mulai dari bass empat senar hingga delapan senar. Makin banyak senar pada bass, makin rumit juga memainkannya. Maka dari itu, untuk pemula, pilihlah bass dengan empat atau lima senar saja. Berikut adalah perbedaan keduanya.


  • Bass empat senar
Bass empat senar menggunakan setelan E, A, D, dan G. Jumlah senar ini cocok untuk memainkan genre pop atau rock. Kedua jenis musik tersebut memiliki tempo yang tidak terlalu cepat dengan bass yang mengikuti ketukan drum. Variasi fingerstyle musik ini juga tidak terlalu rumit.

  • Bass lima senar
Bass lima senar menggunakan setelah yang mirip dengan bass empat senar. Namun, bass ini memiliki tambahan satu senar di atasnya (B, E, A, D, dan G). Bass ini pas untuk Anda yang hendak bermain musik metal, jazz, dan blues. Makin banyak senarnya, makin besar juga range nada yang disediakan. Dengan begitu, Anda bisa mengeksplorasi teknik fingerstyle atau latihan untuk solo.

⑤ Kenali karakteristik produk berdasarkan merek bass

Dengan banyaknya merek bass, menemukan produk yang sesuai bisa membingungkan bagi siapa pun, terutama untuk pemula. Maka dari itu, kami akan memperkenalkan beberapa merek bass terbaik yang cocok untuk dipertimbangkan oleh para pemula.

Yamaha, harga terjangkau dengan banyak tipe pilihan

Yamaha merupakan salah satu merek peralatan musik yang populer dengan kualitas yang terjamin. Tidak hanya itu, Yamaha memiliki banyak varian untuk alat musiknya, tidak terkecuali bass.


Range harga yang ditawarkan pun beragam. Ada yang terjangkau untuk pemula, ada juga yang cocok untuk kebutuhan profesional. Anda dapat menyesuaikannya dengan bujet yang sudah disiapkan.

Ibanez, tuning senar lebih stabil dan bobotnya ringan

Ibanez, tuning senar lebih stabil dan bobotnya ringan
Sumber: ibanez.com

Ibanez adalah merek asal Jepang yang memproduksi alat musik petik, seperti gitar akustik, gitar elektrik, dan bass. Karena spesifik memproduksi jenis alat musik tertentu, kualitas yang diberikan Ibanez pun tidak main-main.

 
Bass Ibanez memiliki tuning yang solid. Nada yang disetel bisa tetap presisi meski sudah digunakan dalam waktu yang lama. Ada juga bass yang menggunakan jenis kayu yang ringan sehingga Anda tetap nyaman memainkannya dalam waktu yang lama.

Fender: playability baik dan cocok untuk beragam genre

Fender: playability baik dan cocok untuk beragam genre
Sumber: fender.com

Sebagai merek ternama, Fender memproduksi bass dengan playability yang sangat baik. Ada beragam jenis bentuk neck yang dikeluarkan oleh Fender. Salah satunya adalah bass dengan neck berdesain C-shaped yang cocok digunakan untuk berlatih.


Pickup yang digunakan pada bass ini juga memiliki tone dengan range yang luas. Bass Fender pun dapat digunakan untuk memainkan banyak jenis genre musik.


Kami juga telah mengulas produk bass dari merek lainnya untuk Anda, lho. Silakan kunjungi artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami!

10 Rekomendasi bass terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bass terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

TRBX174

Yamaha TRBX174 1枚目

Desain ergonomis yang pas sebagai bass pertama Anda!

2

Cort

Action Bass Plus

Cort Action Bass Plus 1枚目

Harganya terjangkau untuk kebebasan yang ditawarkan

3

Ibanez

SRMD200

Ibanez SRMD200 1枚目

Bodi mini dan ringan untuk wanita maupun pria yang bertubuh kecil

4

Bacchus

WJB5-BP

Bacchus  WJB5-BP 1枚目

Desainnya menarik dengan pola yang unik

5

Fender

Squier Affinity Precision Bass PJ

Fender Squier Affinity Precision Bass PJ 1枚目

Lebih nyaman digenggam dengan neck berdesain C-shaped

6

Ibanez

Talman TMB100M

Ibanez Talman TMB100M 1枚目

Tuning tetap stabil dan solid berkat bridge B10

7

Gretsch

G2220 Electromatic Junior Jet Bass II Short-Scale

Gretsch G2220 Electromatic Junior Jet Bass II Short-Scale 1枚目

Neck lebih pendek agar nyaman untuk anak-anak

8

Sterling by Music Man

Stingray Ray4

Sterling by Music Man Stingray Ray4 1枚目

Bermain bass makin nyaman dengan jarak senar yang dapat dikonfigurasi

9

Cort

AB-850F

Cort  AB-850F 1枚目

Tidak perlu banyak persiapan dengan gitar bass akustik yang praktis dan simpel

10

Clarity

Jazz Bass Elektrik 4 Strings

Clarity  Jazz Bass Elektrik 4 Strings 1枚目

Lebih hemat untuk belajar dengan bass satu jutaan

Perincian produk
Close
No.1

Desain ergonomis yang pas sebagai bass pertama Anda!

Anda sedang mencari bass pertama? Kenyamanan menjadi faktor yang penting dalam hal ini. Sebab itu, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda. Yamaha TRBX174 memiliki desain ergonomis dengan handling dan jarak fret yang friendly untuk jari-jari orang Asia. Dengan demikian, bass untuk pemula ini punya playability yang baik.


Keunggulan lainnya, bass ini memiliki bobot yang cukup ringan sehingga tak jadi masalah memainkannya dengan berdiri atau duduk. Perpaduan bobot ringan dan playability yang baik membuat pemula tidak cepat lelah memainkan bass ini dalam waktu yang lama. Produk yang bersahabat untuk pemula, bukan?

No.2

CortAction Bass Plus

Mulai dari Rp2.312.000,00

Harganya terjangkau untuk kebebasan yang ditawarkan

Bass yang versatile biasanya memang tidak murah. Namun, Anda tetap dapat memilikinya dengan harga yang bersahabat, lho. Produk ini dilengkapi set pickup PJ sehingga Anda bisa bebas mengeksplorasi beragam genre musik. Maka dari itu, produk ini cocok untuk Anda yang ingin serius berlatih meski berbujet minim.


Cort Action Bass Plus merupakan salah satu bass terbaik untuk bereksperimen dengan gaya Anda. Pickup P cocok untuk memainkan musik bergenre hard rock dan rock klasik. Sementara itu, pickup J menghasilkan suara dengan karakter yang pop dan jazzy. Dengan begitu, suara bass terasa lebih nendang apa pun genrenya.

No.3

Bodi mini dan ringan untuk wanita maupun pria yang bertubuh kecil

Jika Anda sedang mencari rekomendasi bass dengan ukuran lebih kecil, produk ini bisa menjadi pilihan. Ibanez SRMD200 memiliki scale length 2 inci lebih kecil dari ukuran bass standar. 


Bobot produk ini juga juga lebih ringan. Dengan ukuran dan bobotnya, bass ini dapat nyaman dimainkan oleh wanita maupun pria dengan tubuh yang kecil. 

No.4

Bacchus WJB5-BP

Mulai dari Rp6.850.000,00

Desainnya menarik dengan pola yang unik

Produk ini pas bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi bass senar lima yang cocok untuk pemula. Produk ini bahkan memiliki tampilan yang menarik. Sebagian besar bass memiliki desain polos dengan corak yang minim, tetapi tidak demikian halnya dengan Bacchus WJB5-BP.


Pada bagian bodi bass ini, ada pola abstrak yang membuat tampilannya jadi makin gagah. Pilihan warna yang ditawarkan pun beragam, seperti blue burst, red burst, black burst, dan blonde burst. Pilih saja warna yang sesuai dengan karakter Anda.

No.5

FenderSquier Affinity Precision Bass PJ0378553506

Mulai dari Rp4.750.000,00

Lebih nyaman digenggam dengan neck berdesain C-shaped

Fender Squier Affinity Precision Bass PJ diberi neck dengan desain C-shape yang ramping. Desain C-shaped neck ini dibuat dengan tujuan agar tangan Anda dapat lebih nyaman menggenggam bass.


Anda tidak akan merasa cepat lelah meskipun memainkan bass ini berjam-jam. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin berlatih main bass dalam waktu yang lama.

No.6

Tuning tetap stabil dan solid berkat bridge B10

Untuk Anda yang belum mahir menyetel nada, bass yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Bass ini dilengkapi bridge B10 atau penyangga senar yang membuatnya stabil ketika di-tune. Selain itu, nada yang dihasilkan juga sangat seimbang antara bass dan treble. Jadi, Anda yang masih pemula akan mudah mengenali nada dan bisa memainkan bass tanpa overpitch.

No.7

GretschG2220 Electromatic Junior Jet Bass II Short-Scale2514730552

Mulai dari Rp3.300.000,00

Neck lebih pendek agar nyaman untuk anak-anak

Postur tubuh anak-anak yang masih kecil tentu membuat bermain bass menjadi lebih sulit. Untuk mengatasi hal tersebut, Gretsch G2220 Junior Jet Electric Bass bisa Anda pertimbangkan. Produk ini didesain khusus untuk para junior yang akan berlatih bass.


Karena didesain untuk anak-anak, bass ini memiliki neck yang lebih pendek dari electric bass pada umumnya. Maka dari itu, bass ini dapat dijangkau dengan mudah oleh tangan anak-anak. Anak Anda bisa makin nyaman saat belajar dengan bass untuk pemula ini.

No.8

Sterling by Music ManStingray Ray4

Mulai dari Rp4.709.000,00

Bermain bass makin nyaman dengan jarak senar yang dapat dikonfigurasi

Salah satu keunggulan Stingray Ray4 adalah memiliki bridge yang dapat disesuaikan. Dengan demikian, Anda bisa mengatur sendiri jarak senar dengan fretboard yang ideal untuk Anda mainkan. Berkat adanya fitur ini, Anda dapat berlatih berbagai jenis petikan bass dengan lebih mudah. 


Bass ini memiliki bodi swamp ash dengan pickup H1 Ceramic Humbucker yang mampu menghasilkan tone range yang bervariasi. Mengubah tone suaranya juga lebih mudah karena menggunakan satu pickup saja. Keunggulan lainnya, produk Sterling by Music Man ini juga tersedia dalam model lefty! Jika Anda kidal, pertimbangkanlah produk ini.

No.9

Tidak perlu banyak persiapan dengan gitar bass akustik yang praktis dan simpel

Gitar akustik juga memiliki jenis bass-nya, lho! Gitar ini direkomendasikan untuk Anda yang tidak ingin ribet menyalakan ampli dan pengaturan lainnya saat hendak belajar.


Tanpa harus dihubungkan dengan amplifier, bass ini sudah bersuara nyaring di dalam ruangan. Meski demikian, kualitas suara yang dihasilkan sangatlah mumpuni. Alhasil, produk ini cocok bagi Anda yang mencari rekomendasi bass akustik untuk tampil live.

No.10

Clarity Jazz Bass Elektrik 4 Strings

Mulai dari Rp1.999.000,00

Lebih hemat untuk belajar dengan bass satu jutaan

Jazz bass elektrik dari Clarity ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari bass dengan harga terjangkau. Produk ini merupakan bass untuk pemula yang harganya satu jutaan saja.


Anda tidak perlu menyiapkan bujet yang besar untuk mendapatkan bass untuk belajar. Bass satu jutaan ini memiliki satu kenop volume dan dua kenop tone. Dengan begitu, Anda lebih mudah mencari karakter suara yang diinginkan.

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Tips dari sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Tips agar bisa bermain bass secara efektif yang pertama adalah fingering menggunakan lagu yang kita suka. Jika belum bisa mengulik dengan telinga, Anda bisa menggunakan tablature yang tersedia di situs online


Setelah itu, belajar mengenai skala dan mode akan meningkatkan variasi permainan Anda. Latihlah teori yang Anda pelajari dengan backing track genre yang Anda suka. Anda bisa memeriksanya di YouTube. Untuk sound bass, pilihlah salah satu bass heroes Anda dan pelajari setiap gear yang ia pakai.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan bass di sini

Bila Anda memilih untuk membeli bass saja, akan ada banyak perlengkapan lainnya yang harus dimiliki. Lengkapilah dengan tuner, tas gitar, hingga pick gitar. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel-artikel berikut. Disimak, yuk!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan ulasan cara memilih bass untuk pemula. Tidak hanya itu, ada juga beberapa produk yang kami rekomendasikan untuk Anda pertimbangkan. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling pas?

Ketika Anda memilih bass, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Tidak hanya dari sisi harganya, tetapi juga kenyamanan saat Anda memainkan bass. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan bass terbaik untuk pemula!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer