• 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kalkulator ilmiah, atau yang juga dikenal dengan scientific calculator, adalah alat hitung yang biasa dipakai untuk kebutuhan berbagai bidang ilmu, seperti sipil, elektronika, arsitektur, dan lainnya, serta bagi para pelajar jurusan sains. Beberapa produsen kalkulator ilmiah terkenal, seperti Sharp, Casio, dan Joyko, banyak mengeluarkan kalkulator yang berguna untuk menghitung beragam perhitungan matematika ini.

Kalkulator ilmiah tersedia dalam berbagai tipe, ada yang memungkinkan Anda memprogram fungsi-fungsi di dalamnya, ada juga yang mampu melakukan perhitungan statistik. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kalkulator ilmiah beserta rekomendasi produk yang diambil dari berbagai situs belanja online. Yuk, mari kita simak!
  • Pembaharuan terakhir: 17 Februari 2020
  • 14.397 Views
Daftar isi

Cara memilih kalkulator ilmiah

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih kalkulator ilmiah? Mari kita simak poin-poinnya di bawah ini.

Pilih tipenya sesuai kebutuhan Anda

Kalkulator ilmiah sendiri terdiri atas tiga tipe, yaitu dari tipe standar, tipe grafik, dan tipe yang bisa diprogram. Silakan pilih sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan.

Tipe standar: memiliki banyak fungsi hitungan, cocok untuk digunakan di kelas

Tipe standar: memiliki banyak fungsi hitungan, cocok untuk digunakan di kelas
Tipe ini adalah kalkulator ilmiah standar yang bisa menghitung beberapa fungsi matematika, seperti logaritma, trigonometri, pecahan, dan perhitungan kalkulus. Meski tiap jenis perangkat bisa memiliki jumlah fungsi yang berbeda, tipe ini pas untuk pelajar di sekolah atau universitas karena sebagian besar menyediakan fungsi matematika dasar.

Tipe grafik: berguna untuk menggambar grafik dan perhitungan statistik

Pada dasarnya, tipe ini merupakan kalkulator fungsi standar yang ditambahkan fitur untuk menggambar grafik. Grafik yang bisa Anda gambar meliputi diagram pencar atau scatter plot, diagram batang, ataupun menyalin hasil hitungan statistik ke dalam grafik. Sebuah produk yang sangat diminati karena keberagaman fungsinya.
Perkembangan tipe ini bisa dibilang cukup pesat karena belakangan ini sudah mulai banyak variasi dari tipe ini di pasaran. Ada yang dilengkapi LCD berwarna, dan ada juga yang bisa menghitung simulasi berdasarkan gambar yang sudah diinstal terlebih dahulu pada perangkat.

Tipe yang bisa diprogram: untuk pemrograman sederhana dan penghitungan yang rumit

Tipe yang bisa diprogram: untuk pemrograman sederhana dan penghitungan yang rumit
Secara sederhana, tipe ini adalah kalkulator ilmiah biasa yang ditambah dengan fungsi pemrograman di dalamnya. Walau masih jauh jika dibandingkan dengan personal computer, tipe ini dapat diandalkan untuk melakukan programming dasar. Cukup dengan memprogram fungsi yang dibutuhkan, penggunaan kalkulator ilmiah akan membuat penghitungan menjadi lebih praktis.
Kalkulator ini dapat melakukan perhitungan iteratif yang mungkin sulit dikerjakan dengan menggunakan kalkulator standar. Selain itu, kalkulator ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fungsi untuk memberikan beragam perintah yang kompleks menjadi lebih mudah.

Pilih sesuai bidang ilmu pemakaian

Pilih sesuai bidang ilmu pemakaian
Kebutuhan kalkulator ilmiah dapat berubah sesuai dengan bidangnya, entah itu elektronika, fisika, arsitektur, farmasi, atau lainnya. Tergantung pada jenis perangkatnya, ada kalkulator yang hanya memuat sekitar 100 fungsi, dan ada juga tipe yang berspesifikasi tinggi dengan lebih dari 700 fungsi.
Rata-rata jumlah fungsi yang dimuat pada kalkulator dengan harga standar berkisar 400 fungsi. Anda bisa menjadikan angka ini sebagai acuan untuk memastikan fungsi yang dibutuhkan sebelum membeli suatu produk.
Untuk bidang arsitektur, fungsi yang umumnya digunakan adalah fungsi dasar yang biasanya sudah terdapat pada kalkulator yang harganya lebih murah. Sedangkan untuk penggunaan pada bidang elektronika, biasanya dibutuhkan penghitungan trigonometri, logaritma, nilai pangkat, dan lainnya yang membutuhkan fungsi lebih rumit. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah kalkulator yang akan Anda beli memiliki jumlah fungsi yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah berdasarkan metode inputnya

Pada umumnya, terdapat dua metode input pada kalkulator ilmiah, yaitu “standard input” dan “natural display” yang memberikan tampilan di layar langsung sesuai inputnya. Berikutnya kami akan memaparkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing tipe. Setelah itu, pilihlah yang cocok untuk Anda.

Standard input, untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator ilmiah

Standard input, untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator ilmiah
Pada tipe kalkulator yang menggunakan metode standard input, diperlukan cara dan tampilan khusus untuk menampilkan fungsi penghitungan kalkulus. Produk dengan metode inpu semacam ini cukup populer hingga tahun 2010. Tipe ini tentu lebih mudah digunakan oleh Anda yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator ilmiah dalam jangka waktu yang lama.
Akan tetapi, produk ini tidak cocok untuk para pemula karena adanya risiko kesalahan dalam input dan penghitungan. Untuk para pemula, sebaiknya pilihlah tipe dengan metode input natural display yang akan dijelaskan berikut ini.

Natural display, mudah digunakan bahkan oleh pemula

Natural display, mudah digunakan bahkan oleh pemula
Selanjutnya adalah tipe natural display yang memiliki keunggulan mampu menampilkan formula dan angka-angka sesuai dengan yang tertulis pada buku teks atau dari persamaan matematika yang ingin Anda masukkan, baik itu dalam bentuk pecahan atau lainnya. Tipe ini sangat mudah dan simpel untuk para pemula.
Karena tipe ini memungkinkan Anda memasukkan tampilan penghitungan sebagaimana yang tertera, Anda akan terhindar dari risiko kesalahan input dan perhitungan. Selain itu, baru-baru ini juga muncul kalkulator yang memungkinkan Anda memilih dan mengganti pemakaian antara dua metode yang tersedia, apakah itu natural display atau line display (tampilan satu baris).

Perhatikan sisi portabilitas, tampilan layar, tombol, dan kemudahan penggunaan

Perhatikan sisi portabilitas, tampilan layar, tombol, dan kemudahan penggunaan
Dalam memilih kalkulator ilmiah, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari bentuk, ukuran, apakah tampilan layarnya mudah dilihat, hingga kemudahan dalam menekan tombolnya. Untuk Anda yang mengutamakan portabilitas, pilihlah kalkulator yang bentuknya ringkas dan mudah dibawa. Kalkulator dengan ukuran panjang kurang dari 15 cm, dan lebar kurang dari 10 cm akan lebih praktis untuk dimasukkan bahkan ke dalam kantong baju di dada. Lalu, untuk Anda yang mengutamakan visibilitas suatu produk, pilihlah kalkulator dengan layar yang cukup besar.
Selain itu, untuk Anda yang menginginkan kalkulator yang mudah dioperasikan saat melakukan input, perhatikanlah ukuran tombol dan kemudahan dalam menekannya. Setelah memutuskan fitur apa yang akan lebih diutamakan, Anda bisa mencoba langsung ke toko elektronik sebelum memilih produk yang akan Anda beli.

Perhatikan sumber dayanya! Gunakan tipe daya ganda agar lebih aman

Perhatikan sumber dayanya! Gunakan tipe daya ganda agar lebih aman
Walaupun pada umumnya terdapat dua jenis sumber energi untuk kalkulator, yaitu tenaga surya dan baterai, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang menggunakan daya ganda (dual type). Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko baterai habis saat digunakan ketika ada ujian atau pekerjaan di luar ruangan.
Produk yang menggunakan sumber daya dual type tetap bisa digunakan dengan bantuan tenaga surya bahkan ketika baterainya habis. Jika Anda ragu-ragu dalam memilih beberapa produk yang memiliki fungsi serupa, pilihlah kalkulator yang menawarkan sumber daya ganda semacam ini.

10 Rekomendasi kalkulator ilmiah terbaik

Setelah mengetahui segala sesuatu mengenai kalkulator ilmiah, sekarang saatnya kami memberi rekomendasi sepuluh kalkulator ilmiah terbaik yang sekiranya cocok dengan dan bermanfaat untuk Anda.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk kalkulator ilmiah terbaik

Gambar produk
1
Casio fx-9860GII SD 1

Casio

2
Casio fx-5800P 1

Casio

3
Casio fx-991EX 1

Casio

4
Joyko Calculator CC-23 1

Joyko

5
Deli D82ES PLUS 1

Deli

6
Casio fx-82ES PLUS 1

Casio

7
Casio fx-82MS 1

Casio

8
Sharp EL-501X 1

Sharp

9
Casio fx-991ID PLUS 1

Casio

10
Casio fx-350ES PLUS 1

Casio

Nama produk

fx-9860GII SD

fx-5800P

fx-991EX

Calculator CC-23

D82ES PLUS

fx-82ES PLUS

fx-82MS

EL-501X

fx-991ID PLUS

fx-350ES PLUS

KeunggulanKalkulator grafik dengan pa...Dilengkapi banyak fungsi da...Model ClassWiz dengan inova...Tidak semua yang berkualita...Simpel, praktis, dan ekonomis!Versi upgrade dari seri seb...Simpel, ringan, dan mudah d...Dilengkapi fitur penghitung...Kalkulator ilmiah yang suda...Menggunakan input natural d...
HargaRp 1.575.000,00Rp 690.000,00Rp 295.000,00Rp 54.000,00Rp 100.000,00Rp 135.000,00Rp 125.000,00Rp 75.000,00Rp 190.000,00Rp 135.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi kalkulator ilmiah dari kami. Apakah ada produk yang membuat Anda tertarik?
Harga dari kalkulator ilmiah dipengaruhi oleh spesifikasinya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan terlebih dahulu jenis kalkulator ilmiah yang akan Anda beli. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda? Apakah bisa menghitung banyak fungsi, dan hal lainnya? Selamat memilih sambil mempertimbangkan referensi dari kami, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    137.072 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang menggeluti seni rupa atau mau mulai belajar melukis, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Berbagai jenis kertas sketchbook, seperti kent paper, drawing paper, watercolor paper, charcoal paper, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih mana yang bagus berdasarkan kebutuhan Anda untuk sekadar menekuni hobi, belajar, atau bekerja.Setelah memahami jenis-jenis kertas sketchbook, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    24.905 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Beberapa produsen buku catatan seperti Kikki dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif cover yang berbeda.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    18.337 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    15.834 Views
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun piranti elektronik semacam handphone dan komputer sudah dilengkapi dengan aplikasi perhitungan, kalkulator konvensional masih dibutuhkan untuk aktivitas yang berhubungan dengan berhitung seperti pada pembukuan, perakuntanan, maupun jual beli.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk kalkulator yang cocok digunakan untuk pembukuan dan akuntansi kepada Anda. Kami juga akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih alat bantuan hitung tersebut. Simak artikel berikut sampai habis.
    Buku & alat tulis
    9.003 Views
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Anda dapat menggunakannya sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, untuk menyampaikan pesan, dan sebagainya. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.Agar bisa memilih sticky notes yang sesuai kebutuhan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di artikel ini, kami akan menjelaskannya bagi Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi sticky notes terbaik pilihan kami, antara lain merek Post-it, Joyko, BIG, dan lainnya. Tetap disimak, ya!
    Buku & alat tulis
    6.106 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Harian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang lahir sebelum era digital pasti sangat akrab dengan kata “dear diary”, bukan? Menulis buku harian merupakan hal yang biasa dilakukan orang-orang karena memberikan efek lega setelah menulis. Selain itu, Anda dapat menyimpan memori Anda, baik yang menyenangkan maupun yang tidak.Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi buku harian terbaik. Anda akan menemukan buku harian berkualitas keluaran Peekmybook, Ponybrown, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!
    Buku & alat tulis
    4.934 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori