10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kalkulator ilmiah, atau yang juga dikenal dengan scientific calculator, adalah alat hitung yang biasa dipakai untuk kebutuhan berbagai bidang ilmu, seperti sipil, elektronika, arsitektur, dan lainnya, serta bagi para pelajar jurusan sains. Beberapa produsen kalkulator ilmiah terkenal, seperti Sharp, Casio, dan Joyko, banyak mengeluarkan kalkulator yang berguna untuk menghitung beragam perhitungan matematika ini.

Kalkulator ilmiah tersedia dalam berbagai tipe, ada yang memungkinkan Anda memprogram fungsi-fungsi di dalamnya, ada juga yang mampu melakukan perhitungan statistik. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kalkulator ilmiah beserta rekomendasi produk yang diambil dari berbagai situs belanja online. Yuk, mari kita simak!

Daftar isi

Cara memilih kalkulator ilmiah

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih kalkulator ilmiah? Mari kita simak poin-poinnya di bawah ini.

Pilih tipenya sesuai kebutuhan Anda

Kalkulator ilmiah sendiri terdiri atas tiga tipe, yaitu dari tipe standar, tipe grafik, dan tipe yang bisa diprogram. Silakan pilih sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan.

Tipe standar: memiliki banyak fungsi hitungan, cocok untuk digunakan di kelas

Tipe standar: memiliki banyak fungsi hitungan, cocok untuk digunakan di kelas

Tipe ini adalah kalkulator ilmiah standar yang bisa menghitung beberapa fungsi matematika, seperti logaritma, trigonometri, pecahan, dan perhitungan kalkulus. Meski tiap jenis perangkat bisa memiliki jumlah fungsi yang berbeda, tipe ini pas untuk pelajar di sekolah atau universitas karena sebagian besar menyediakan fungsi matematika dasar.

Tipe grafik: berguna untuk menggambar grafik dan perhitungan statistik

Tipe grafik: berguna untuk menggambar grafik dan perhitungan statistik

Pada dasarnya, tipe ini merupakan kalkulator fungsi standar yang ditambahkan fitur untuk menggambar grafik. Grafik yang bisa Anda gambar meliputi diagram pencar atau scatter plot, diagram batang, ataupun menyalin hasil hitungan statistik ke dalam grafik. Sebuah produk yang sangat diminati karena keberagaman fungsinya.

Perkembangan tipe ini bisa dibilang cukup pesat karena belakangan ini sudah mulai banyak variasi dari tipe ini di pasaran. Ada yang dilengkapi LCD berwarna, dan ada juga yang bisa menghitung simulasi berdasarkan gambar yang sudah diinstal terlebih dahulu pada perangkat.

Tipe yang bisa diprogram: untuk pemrograman sederhana dan penghitungan yang rumit

Tipe yang bisa diprogram: untuk pemrograman sederhana dan penghitungan yang rumit

Secara sederhana, tipe ini adalah kalkulator ilmiah biasa yang ditambah dengan fungsi pemrograman di dalamnya. Walau masih jauh jika dibandingkan dengan personal computer, tipe ini dapat diandalkan untuk melakukan programming dasar. Cukup dengan memprogram fungsi yang dibutuhkan, penggunaan kalkulator ilmiah akan membuat penghitungan menjadi lebih praktis.

Kalkulator ini dapat melakukan perhitungan iteratif yang mungkin sulit dikerjakan dengan menggunakan kalkulator standar. Selain itu, kalkulator ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fungsi untuk memberikan beragam perintah yang kompleks menjadi lebih mudah.

Pilih sesuai bidang ilmu pemakaian

Pilih sesuai bidang ilmu pemakaian

Kebutuhan kalkulator ilmiah dapat berubah sesuai dengan bidangnya, entah itu elektronika, fisika, arsitektur, farmasi, atau lainnya. Tergantung pada jenis perangkatnya, ada kalkulator yang hanya memuat sekitar 100 fungsi, dan ada juga tipe yang berspesifikasi tinggi dengan lebih dari 700 fungsi.

Rata-rata jumlah fungsi yang dimuat pada kalkulator dengan harga standar berkisar 400 fungsi. Anda bisa menjadikan angka ini sebagai acuan untuk memastikan fungsi yang dibutuhkan sebelum membeli suatu produk.

Untuk bidang arsitektur, fungsi yang umumnya digunakan adalah fungsi dasar yang biasanya sudah terdapat pada kalkulator yang harganya lebih murah. Sedangkan untuk penggunaan pada bidang elektronika, biasanya dibutuhkan penghitungan trigonometri, logaritma, nilai pangkat, dan lainnya yang membutuhkan fungsi lebih rumit. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah kalkulator yang akan Anda beli memiliki jumlah fungsi yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah berdasarkan metode inputnya

Pada umumnya, terdapat dua metode input pada kalkulator ilmiah, yaitu “standard input” dan “natural display” yang memberikan tampilan di layar langsung sesuai inputnya. Berikutnya kami akan memaparkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing tipe. Setelah itu, pilihlah yang cocok untuk Anda.

Standard input, untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator ilmiah

Standard input untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator ilmiah

Pada tipe kalkulator yang menggunakan metode standard input, diperlukan cara dan tampilan khusus untuk menampilkan fungsi penghitungan kalkulus. Produk dengan metode inpu semacam ini cukup populer hingga tahun 2010. Tipe ini tentu lebih mudah digunakan oleh Anda yang sudah terbiasa menggunakan kalkulator ilmiah dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, produk ini tidak cocok untuk para pemula karena adanya risiko kesalahan dalam input dan penghitungan. Untuk para pemula, sebaiknya pilihlah tipe dengan metode input natural display yang akan dijelaskan berikut ini.

Natural display, mudah digunakan bahkan oleh pemula

Natural display, mudah digunakan bahkan oleh pemula

Selanjutnya adalah tipe natural display yang memiliki keunggulan mampu menampilkan formula dan angka-angka sesuai dengan yang tertulis pada buku teks atau dari persamaan matematika yang ingin Anda masukkan, baik itu dalam bentuk pecahan atau lainnya. Tipe ini sangat mudah dan simpel untuk para pemula.

Karena tipe ini memungkinkan Anda memasukkan tampilan penghitungan sebagaimana yang tertera, Anda akan terhindar dari risiko kesalahan input dan perhitungan. Selain itu, baru-baru ini juga muncul kalkulator yang memungkinkan Anda memilih dan mengganti pemakaian antara dua metode yang tersedia, apakah itu natural display atau line display (tampilan satu baris).

Perhatikan sisi portabilitas, tampilan layar, tombol, dan kemudahan penggunaan

Perhatikan sisi portabilitas, tampilan layar, tombol, dan kemudahan penggunaan

Dalam memilih kalkulator ilmiah, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari bentuk, ukuran, apakah tampilan layarnya mudah dilihat, hingga kemudahan dalam menekan tombolnya. Untuk Anda yang mengutamakan portabilitas, pilihlah kalkulator yang bentuknya ringkas dan mudah dibawa. Kalkulator dengan ukuran panjang kurang dari 15 cm, dan lebar kurang dari 10 cm akan lebih praktis untuk dimasukkan bahkan ke dalam kantong baju di dada. Lalu, untuk Anda yang mengutamakan visibilitas suatu produk, pilihlah kalkulator dengan layar yang cukup besar.

Selain itu, untuk Anda yang menginginkan kalkulator yang mudah dioperasikan saat melakukan input, perhatikanlah ukuran tombol dan kemudahan dalam menekannya. Setelah memutuskan fitur apa yang akan lebih diutamakan, Anda bisa mencoba langsung ke toko elektronik sebelum memilih produk yang akan Anda beli.

Perhatikan sumber dayanya! Gunakan tipe daya ganda agar lebih aman

Perhatikan sumber dayanya! Gunakan tipe daya ganda agar lebih aman

Walaupun pada umumnya terdapat dua jenis sumber energi untuk kalkulator, yaitu tenaga surya dan baterai, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang menggunakan daya ganda (dual type). Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko baterai habis saat digunakan ketika ada ujian atau pekerjaan di luar ruangan.

Produk yang menggunakan sumber daya dual type tetap bisa digunakan dengan bantuan tenaga surya bahkan ketika baterainya habis. Jika Anda ragu-ragu dalam memilih beberapa produk yang memiliki fungsi serupa, pilihlah kalkulator yang menawarkan sumber daya ganda semacam ini.

10 Rekomendasi kalkulator ilmiah terbaik

Setelah mengetahui segala sesuatu mengenai kalkulator ilmiah, sekarang saatnya kami memberi rekomendasi sepuluh kalkulator ilmiah terbaik yang sekiranya cocok dengan dan bermanfaat untuk Anda.

10. Casio fx-350ES PLUS

10. Casio fx-350ES PLUS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 135.000

Menggunakan input natural display dan dilengkapi fitur yang memadai

Produk ini merupakan salah satu kalkulator ilmiah yang cukup sederhana dari Casio yang mampu menghitung hingga 252 fungsi. Selain trigonometri dan fungsi pecahan, produk ini juga dapat digunakan untuk menghitung fungsi statistika, serta mengedit dan mengelompokkan data. Fungsi statistika yang bisa Anda hitung contohnya adalah standar deviasi dan analisis regresi.

Natural display pada produk ini memungkinkan Anda menampilkan persamaan matematika sebagaimana yang tertera pada buku teks sehingga Anda bisa lebih mudah melakukan penghitungan dan memeriksa input persamaan. Sangat cocok untuk Anda yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa dan harus mengerjakan banyak penghitungan matematika.

9. Casio fx-991ID PLUS

9. Casio fx-991ID PLUS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 190.000

Kalkulator ilmiah yang sudah disesuaikan dengan kurikulum di Indonesia

Masih dari Casio, kali ini hadir seri fx-991ID PLUS yang dikemas dalam perpaduan warna putih abu-abu dan ungu yang menghadirkan kesan unik. Produk ini menggunakan daya dual-type dengan tenaga surya sebagai sumber utama saat berada di luar ruangan, dan akan langsung berganti menjadi tenaga baterai saat di dalam ruangan.

Casio fx-991ID PLUS yang fiturnya sudah disesuaikan dengan kurikulum di Indonesia ini mampu menghitung 451 fungsi, serta dapat digunakan untuk menghitung hingga 40 konversi matriks. Fungsi lain yang dapat dihitung antara lain adalah standar deviasi, diferensial, integral, logaritma, dan sebagainya, yang penting untuk pelajaran di sekolah maupun universitas.

8. Sharp EL-501X

8. Sharp EL-501X

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 75.000

Dilengkapi fitur penghitungan berantai yang praktis

Salah satu produsen elektronik terkemuka dari Jepang, Sharp, juga tidak mau ketinggalan dalam memproduksi kalkulator ilmiah. Salah satu produk mereka yang cukup banyak digunakan adalah seri EL-501 X. Produk ini dilengkapi dengan satu buah memori, serta mampu menghitung hingga 131 fungsi.

Keunggulan lainnya dari produk ini terletak pada kesederhanaan desainnya. Selain fungsi standar, seperti trigonometri, logaritma, dan statistik, produk ini juga mudah digunakan untuk menghitung secara berantai di mana hasil perhitungan yang satu disimpan sebagai konstan untuk digunakan pada perhitungan berikutnya. Fitur yang praktis untuk Anda yang masih pelajar!

7. Casio fx-82MS

7. Casio fx-82MS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 125.000

Simpel, ringan, dan mudah dibawa ke mana-mana

Kalkulator seri fx-82MS dari Casio ini bisa dikatakan merupakan jenis kalkulator ilmiah paling umum dan sering dijumpai di sekitar kita. Dilengkapi dengan berbagai fungsi statistik (analisis regresi, standar deviasi, analisis STAT-data), pecahan, permutasi, dan sembilan memori variabel, produk ini cukup lengkap untuk digunakan oleh para mahasiswa dan pelajar.

Meskipun bentuknya simpel, produk ini memiliki tampilan dua baris pada layarnya sehingga cukup memudahkan dalam memasukkan persamaan yang ingin dihitung. Dengan ukuran standar dan berat hanya 120 gram, kalkulator ini mudah dibawa ke mana-mana, baik dimasukkan ke saku celana maupun ke dalam tas. Pilihan tepat untuk Anda yang aktif dan menginginkan kalkulator yang portabel!

6. Casio fx-82ES PLUS

6. Casio fx-82ES PLUS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 135.000

Versi upgrade dari seri sebelumnya dengan input natural display

Masih dari seri fx-82, kali ini Casio mengeluarkan tipe baru, fx-82ES PLUS, yang merupakan upgrade dari seri sebelumnya. Perbedaan paling mendasar terletak pada tipe layar yang ditampilkan dalam mode natural display, serta penambahan fungsi dan memori variabel di dalamnya untuk memungkinkan Anda melakukan perhitungan yang lebih rumit.

Selain itu, pada tipe ini Anda juga dapat menghitung integral, faktorisasi bilangan prima, perhitungan trigonometri, baik yang normal ataupun inverse, analisis regresi, dan lainnya. Total fungsi yang dapat dihitung oleh produk ini sebanyak 252 fungsi dan pengoperasiannya pun dirancang agar mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

5. Deli D82ES PLUS

5. Deli D82ES PLUS

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 100.000

Simpel, praktis, dan ekonomis!

Produk selanjutnya yang akan kami rekomendasikan adalah dari Deli. Seakan tidak ingin tertinggal oleh Jepang, produsen asal Tiongkok ini juga mengeluarkan kalkulator ilmiah. Produk ini secara keseluruhan tidak terlalu berbeda dengan kalkulator ilmiah pada umumnya, hanya saja produk ini memiliki harga yang lebih terjangkau untuk kategori produk yang menggunakan metode input natural display.

Produk ini dapat menghitung sebanyak 252 fungsi, termasuk beberapa fungsi standar seperti, matriks, statistik, dan trigonometri. Dengan dua pilihan warna hitam dan putih, Anda bisa memilih sesuai selera Anda. Produk ini juga dilengkapi fitur auto power off jika tertutup cover pelindungnya sehingga Anda tidak perlu khawatir akan pemborosan baterai jika lupa mematikan kalkulator ini sebelum menutupnya.

4. Joyko Calculator CC-23

4. Joyko Calculator CC-23

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 54.000

Tidak semua yang berkualitas itu harus mahal

Sama halnya dengan Deli, kalkulator ilmiah keluaran Joyko ini juga lebih mengedepankan harga yang ekonomis. Kualitasnya sendiri terbilang baik dan tahan lama dan telah dilengkapi fitur yang memungkinkannya mampu menghitung beberapa fungsi dasar matematika pada umumnya, seperti trigonometri dan logaritma.

Produk ini tersedia dalam tampilan dua baris dan mampu menghitung hingga 240 fungsi. Meski mungkin secara karakteristik mirip dengan produk keluaran Casio, produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari kalkulator berkualitas setara, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Casio fx-991EX

3. Casio fx-991EX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 295.000

Model ClassWiz dengan inovasi terbaru dan performa tinggi!

Sebagai produsen kalkulator ilmiah terkemuka, Casio tak pernah berhenti menginovasikan produknya. Kali ini Casio hadir dengan seri fx-991EX yang masuk dalam kategori model ClassWiz dengan layar LCD resolusi tinggi dan pengoperasian yang interaktif untuk memudahkan Anda melakukan penghitungan dengan cepat.

Teknologi baru dalam produk ini juga memungkinkan Anda melakukan penghitungan matematika yang kompleks sekalipun, seperti fungsi Riemann, atau hitungan statistik hingga 170 data! Anda juga bisa dengan mudah mengunggah dan berbagi data dengan bantuan kode QR. Sangat cocok untuk para akademisi dalam menyampaikan penjelasan secara lebih detail.

2. Casio fx-5800P

2. Casio fx-5800P

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 690.000

Dilengkapi banyak fungsi dan dapat diprogram sesuai kebutuhan penghitungan

Casio seri fx-5800P adalah jenis kalkulator ilmiah yang ditujukan untuk mahasiswa bidang teknik yang membutuhkan berbagai penghitungan rumit. Kemampuannya untuk menyimpan program merupakan satu keunggulan dari produk ini yang memungkinkan Anda memodifikasi atau bahkan memprogram rumus sendiri ke dalam memorinya.

Kelebihan lainnya adalah produk ini mampu menjalankan fungsi ‘IF’ selayaknya Microsoft Excel. Anda juga bisa memanfaatkan multi-replay function untuk kembali ke hasil perhitungan sebelumnya ketika dibutuhkan. Produk ini dilengkapi dengan 128 jenis rumus yang tertanam di dalamnya dan dapat menjalankan penghitungan untuk 664 fungsi! Sangat lengkap, bukan?

1. Casio fx-9860GII SD

1. Casio fx-9860GII SD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 1.575.000

Kalkulator grafik dengan paket lengkap dan mampu ditampilkan dengan proyektor

Kalkulator grafik dari Casio ini merupakan paket lengkap dengan performa tinggi yang mampu menghitung berbagai operasi matematika, seperti persamaan linear, kalkulus, aljabar, dan berbagai fungsi matematika lainnya. Selain itu, produk ini juga dapat menghitung berbagai fungsi statistik yang lebih rumit serta menggambar hampir semua jenis grafik!

Keistimewaan lainnya dari produk ini terletak pada kemampuannya untuk disambungkan ke proyektor dengan kabel USB sehingga memungkinkan Anda mempresentasikan hasil penghitungan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan backlight yang terintegrasi di dalamnya untuk tampilan yang lebih mudah dan nyaman dilihat.

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi kalkulator ilmiah dari kami. Apakah ada produk yang membuat Anda tertarik?

Harga dari kalkulator ilmiah dipengaruhi oleh spesifikasinya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan terlebih dahulu jenis kalkulator ilmiah yang akan Anda beli. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda? Apakah bisa menghitung banyak fungsi, dan hal lainnya? Selamat memilih sambil mempertimbangkan referensi dari kami, ya!