10 Rekomendasi Alat Pelembap Udara (Humidifier) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Pelembap Udara (Humidifier) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara yang biasanya dipakai pada musim kemarau yang kering. Selain untuk melembapkan ruangan, humidifier juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, karena humidifier memiliki berbagai macam bentuk, aroma, dan beraneka macam fitur, banyak orang tidak mengerti bagaimana cara memilih yang terbaik.

Kami akan memberikan tips cara memilih humidifier terbaik dan memberikan beberapa rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Mari temukan satu unit humidifier yang sempurna dan nyaman untuk menjaga kelembapan ruangan, serta yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Daftar isi

Manfaat menggunakan humidifier

Manfaat menggunakan humidifier

Sebelum memilih humidifier, pertama-tama kami akan menjelaskan manfaat menggunakan humidifier untuk ruangan Anda. Saat udara di dalam ruangan menjadi terlalu kering karena terkena pendingin ruangan, virus dan bakteri menjadi lebih aktif bekerja. Hal tersebut menyebabkan selaput lendir pada tenggorokan dan hidung menjadi lemah sehingga Anda menjadi lebih mudah terserang pilek atau influenza.

Untuk mencegah hal tersebut, digunakanlah humidifier agar udara dalam ruangan tetap terjaga kelembapannya. Selain menjaga kelembapan udara, humidifier juga dapat mencegah agar kulit Anda tidak menjadi kering di ruangan ber-AC atau bersuhu dingin. Namun, menggunakan humidifier secara berlebihan dapat membuat ruangan menjadi sangat lembap dan menyebabkan tumbuhnya jamur pada dinding. Jadi, perhatikan juga tingkat kelembapan humidifier yang akan Anda gunakan.

Cara memilih alat pelembap udara (humidifier)

Setelah mengetahui fungsi humidifier, berikutnya kami akan memberikan tips cara memilih humidifier yang baik. Hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan sebelum membelinya? Fungsi dan fitur apa sajakah yang sesuai untuk ruangan Anda? Berikut ini akan kami berikan poin-poin cara memilihnya.

Di antara banyaknya fitur, pilih humidifier yang sesuai dengan lifestyle Anda

Dalam memilih humidifier, pilihlah yang sesuai untuk Anda. Pertimbangkanlah waktu penggunaan, ukuran ruangan, kemudahan pembersihan, kapasitas, desain, dan lain sebagainya. Agar penggunaan humidifier lebih efektif, mari kita lihat jenis-jenis produk apa saja yang Anda butuhkan.

Steam humidifier: untuk efek sterilisasi dan membuat ruangan menjadi hangat

Steam humidifier: untuk efek sterilisasi dan membuat ruangan menjadi hangat

Sesuai dengan namanya, humidifier tipe ini bekerja dengan cara memanaskan air di dalam tangki untuk kemudian menghasilkan uap. Karena uap yang dikeluarkan panas, humidifier ini mampu membuat ruangan menjadi hangat. Berdasarkan suhu panasnya, ada juga humidifier tipe steam yang dapat membuat air di dalamnya menjadi steril setelah dipanaskan. Air yang steril akan menghasilkan uap yang bersih dan nyaman untuk Anda hirup.

Namun, karena menghasilkan uap yang panas, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan humidifier ini, terutama jika memiliki anak kecil di rumah. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya letakkanlah alat ini jauh dari jangkauan anak-anak atau pilihlah humidifier tipe lain yang lebih aman. Sementara itu, karena humidifier ini memiliki kelembapan yang sangat tinggi, perhatikan juga suhu yang terpasang agar ruangan tidak menjadi terlalu lembap.

Evaporative humidifier: lebih menghemat listrik dan tidak menghasilkan uap panas

Evaporative humidifier: lebih menghemat listrik dan tidak menghasilkan uap panas

Tipe vaporisasi merupakan humidifier yang menggunakan kipas untuk meniupkan angin melewati filter penyaring yang telah teresap air. Karena uap yang dihasilkan tidak terlalu panas, daya listrik yang digunakan juga tidak terlalu besar sehingga lebih menghemat biaya. Tipe humidifier ini juga lebih aman dipakai di rumah tanpa khawatir risiko terbakar karena panas.

Akan tetapi, karena humidifier ini tidak terlalu panas. Daya humidifikasinya juga menjadi lebih rendah sehingga dibutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk melembapkan udara di ruangan. Selain itu, karena kipas pada alat ini mengeluarkan suara berisik, sebaiknya tidak digunakan di ruang tidur atau kamar bayi. Akan lebih baik apabila alat pelembap udara ini diletakkan di ruang tamu atau ruang kerja Anda.

Ultrasonic humidifier: menghasilkan uap tanpa pemanasan dengan suara pengoperasian yang tenang

Ultrasonic humidifier: menghasilkan uap tanpa pemanasan dengan suara pengoperasian yang tenang

Jenis ini merupakan tipe humidifier yang mengubah air menjadi uap yang menghasilkan gelombang elektronik. Ultrasonic humidifier dapat melembapkan ruangan dengan uap hangat tanpa mengeluarkan bunyi mesin. Karena lebih menghemat listrik dan lebih tenang, alat pelembap udara ini dapat diletakkan di tempat relaksasi, seperti di kamar tidur atau ruang belajar. Di sisi lain, tipe ultrasonik ini juga memiliki banyak desain yang unik sehingga cocok juga untuk dipakai sebagai item dekorasi interior.

Akan tetapi, karena tidak menghasilkan uap panas, air di dalam tangki tidak dapat menjadi steril secara otomatis. Jika air di dalam tangki menjadi kotor, bakteri dapat tersebar ke udara dengan mudah. Untuk menghindari hal tersebut, air di dalam tangki perlu diganti dan dibersihkan secara teratur.

Hybrid humidifier: membuat ruangan lebih higienis dengan daya humidifikasi yang rendah

Hybrid humidifier: membuat ruangan lebih higienis dengan daya humidifikasi yang rendah

Tipe hybrid ini adalah jenis humidifier yang meng-cover kekurangan dari ketiga tipe humidifier lainnya di atas. Karena pada tipe ini air dipanaskan dan menjadi steril, uap yang dikeluarkan dapat menjadi lebih higienis. Meskipun demikian, humidifier ini tidak mengeluarkan uap panas sehingga aman dipakai tanpa khawatir akan risiko terkena luka bakar.

Tipe humidifier ini banyak ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan tipe lainnya. Akan tetapi, karena kualitasnya juga sangat bagus, untuk Anda yang lebih mementingkan kualitas daripada harga, gunakanlah humidifier tipe ini.

Pilihlah sesuai dengan tempat meletakkan humidifier, tipe dekstop atau tipe stasionery

Secara garis besar, humidifier dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe dekstop untuk diletakkan di atas meja dan tipe stasioner untuk diletakkan dengan cara digantung. Jadi, pilihlah humidifer yang sesuai dengan tempat di mana Anda ingin meletakkannya.

Untuk dipakai di ruang sempit, pilih humidifier tipe dekstop

Untuk dipakai di ruang sempit, pilih humidifier tipe dekstop 

Apabila Anda membutuhkan humidifier yang praktis untuk dipindah tempat atau dibawa bepergian, humidifier tipe dekstop merupakan pilihan yang tepat. Humidifier tipe dekstop ini memiliki bobot ringan sehingga memungkinkan juga untuk dipakai di luar ruangan, seperti di dalam mobil misalnya.

Akan tetapi, karena daya humidifikasinya tidak terlalu besar, tipe ini mungkin tidak bisa dipakai untuk melembapkan seluruh ruangan yang luas. Di sisi lain, desain yang compact dan bergaya merupakan daya tarik dari humidifier tipe desktop ini.

Untuk dipakai di ruangan yang luas, pilih humidifier tipe stationary

Untuk dipakai di ruangan yang luas, pilih humidifier tipe stationary

Sebaliknya, humidifier tipe ini cocok untuk dipakai di ruangan yang besar, seperti ruang tamu atau kamar tidur misalnya. Selain proses humidifikasi, humidifier ini juga memiliki beragam fitur di dalamnya. Seperti fitur plus ion, fitur untuk menambahkan aromaterapi, dan lain sebagainya.

Namun, karena ukuran humidifier ini cukup besar, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk meletakkannya di rumah. Dibandingkan  tipe dekstop, humidifier ini ditawarkan dengan harga yang lebih mahal. Akan tetapi, jika Anda perlu melembapkan ruangan yang besar, memilih humidifier tipe stationary merupakan langkah yang tepat.

Periksalah tingkat kelembapan berdasarkan luas ruangan

Periksalah tingkat kelembapan berdasarkan luas ruangan 

Semakin besar ruangan yang akan dilembapkan, semakin besar juga tingkat kelembapan atau daya humidifikasi yang harus dimiliki oleh humidifier. Dengan kata lain, daya humidifikasi mengacu pada berapa banyak air yang mampu diuapkan oleh humidifier per jamnya.

Apabila daya humidifikasi terlalu besar, sedangkan ruangan yang dilembapkan berukuran kecil, ruangan akan menjadi terlalu lembap. Ruangan yang terlalu lembap akan menjadi tidak nyaman dan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur di dinding. Sebaliknya, apabila ruangan yang dilembapkan melebihi daya humidifikasi, humidifier menjadi tidak efektif digunakan. Oleh sebab itu, periksalah daya humidifikasi pada humidifier dan sesuaikan dengan luas ruangan Anda.

Lebih praktis dengan fungsi tambahan seperti aromaterapi atau timer

Lebih praktis dengan fungsi tambahan seperti aromaterapi atau timer

Apakah humidifier tersebut mudah digunakan? Fungsi tambahan apa saja yang terdapat di dalamnya selain humidifikasi? Jawaban dari dua pertanyaan tersebut merupakan poin penting berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli humidifier. Dewasa ini, selain proses sterilisasi air, banyak juga diproduksi humidifier dengan berbagai macam fitur. Misalnya seperti fitur lampu LED, fungsi aromaterapi untuk relaksasi, dan fungsi timer yang membuat alat otomatis mati dalam rentang waktu tertentu.

Periksalah fungsi tambahan yang nyaman untuk Anda pakai. Selanjutnya, periksalah juga kapasitas tangki air yang terdapat di dalam humidifier. Apabila kapasitas tangki terlalu sedikit, dibutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk berulang kali mengisi air. Agar humidifier dapat bekerja untuk jangka waktu yang lama, pilihlah humidifier yang memiliki kapasitas tangki yang besar. Jika Anda sudah menentukan fitur apa yang diinginkan, Anda akan lebih mudah menemukan humidifier yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah yang mudah dibersihkan

Pilihlah yang mudah dibersihkan

Poin yang terakhir, periksalah juga apakah humidifier tersebut mudah dibersihkan atau tidak. Karena humidifier bekerja dengan cara menguapkan air dari dalam tangki ke udara, apabila tangki tempat airnya kotor, uap yang dihasilkan juga menjadi tidak bersih. Agar lebih mudah dibersihkan, sebaiknya pilihlah humidifier dengan saluran pipa yang besar dan mudah dicuci sampai bersih.

10 Rekomendasi alat pelembap udara (humidifier) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh humidifier berkualitas terbaik yang dapat Anda beli dengan mudah di online shop. Pilihlah humidifier yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak menyesal karena telah membeli humidifier yang salah.

10. Boneco Steam Humidifier S250

10. Boneco Steam Humidifier S250

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.862.000

Steam humidifier yang menghangatkan ruangan sekaligus solusi untuk kulit kering Anda

Boneco Steam Humidifier S250 dilengkapi dengan touch screen digital display yang memudahkan Anda untuk mengatur suhu kelembapan sesuai kebutuhan. Terdapat pula pendingin kipas yang unik di dalamnya sehingga uap yang dihasilkan menjadi aman untuk kulit. Canggihnya lagi, teknologi auto cleaning pada produk ini dapat secara otomatis membersihkan tangki di dalamnya sehingga lebih praktis digunakan!

Selain melembapkan ruangan, uap hangat yang keluar dari alat ini juga mampu melembapkan kulit Anda yang kering dan kasar. Agar lebih nyaman, gunakanlah produk ini bersamaan dengan pendingin ruangan dan rasakan sensasi dingin, hangat, dan lembap secara bersamaan. Ditambah lagi, pada lubang uapnya terdapat wadah untuk essential oil yang dapat dipakai jika Anda ingin mengharumkan ruangan.

9. Boneco Ultrasonic Humidifier U350

9. Boneco Ultrasonic Humidifier U350

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 4.365.000

Suka uap yang hangat atau dingin? Bisa diatur sesuka hati dengan humidifier ini, lho!

Jika Anda membutuhkan humidifier yang kelembapan dan uap yang dapat diatur sesuai kebutuhan, produk ini patut Anda coba. Produk ini dilengkapi dengan LED display dengan tombol panel yang membuat Anda dapat mengatur kelembapan udara dengan lebih mudah. Terdapat pula teknologi auto mode yang memudahkan Anda untuk menyalakan dan mematikan mesin humidifier ini secara otomatis.

Canggihnya lagi, humidifier ini mampu menghasilkan uap hangat dan uap dingin sehingga dapat Anda pakai pada segala macam cuaca. Selanjutnya, desain mulut tangki yang lebar pada produk ini membuat Anda dapat mengisi atau mengganti air dengan lebih mudah. Karena memiliki kapasitas humidifikasi yang tinggi, alat ini cocok untuk dipakai di ruang tamu atau ruang keluarga Anda.

8. USB Ultrasonic Mist Car Humidifier Aroma Diffuser

8. USB Ultrasonic Mist Car Humidifier Aroma Diffuser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 200.000

Mampu menjaga kelembapan udara sekaligus dapat difungsikan sebagai pewangi mobil

Bagi Anda yang membutuhkan humidifier untuk dipakai di dalam mobil, produk ini bisa dicoba. Humidifier portabel yang berbentuk seperti gelas ini memiliki bobot ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Produk ini dilengkapi pula dengan colokan yang dapat ditancapkan ke dalam alat pemantik mobil. Dengan demikian, Anda dapat mengisi baterainya kapan pun saat sedang menyetir.

Selain untuk melembapkan udara, humidifier ini juga dapat difungsikan sebagai parfum mobil. Coba saja gunakan aromaterapi favorit Anda dan rasakan sensasi menyetir yang nyaman karena udara bersih dan wangi.  Produk ini didesain dengan tiga macam pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

7. H20 Wooden Humidifier Aroma Diffuser 7 Color LED Light – Brown

7. H20 Wooden Humidifier Aroma Diffuser 7 Color LED Light - Brown

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 364.000

Alat pelembap udara berbahan kayu yang elegan, mampu memberikan nilai estetika untuk ruangan Anda

Dipersembahkan untuk Anda yang mencari humidifier yang sekaligus dapat digunakan untuk mempercantik interior ruangan. Lapisan kayunya yang elegan membuat produk ini dapat menghiasi meja kantor atau ruang meeting Anda dengan sempurna. Uniknya lagi, terdapat tujuh mode warna lampu LED pada humidifier ini yang dapat disesuaikan dengan mood harian Anda.

Agar ruangan Anda menjadi lebih lembap dan harum, cobalah untuk memakai aroma essential oil pada produk ini. Aroma yang wangi dan udara yang segar pastilah mampu menurunkan stres Anda di tempat bekerja. Udara menjadi bersih, hati senang, pekerjaan pun lancar! Segera miliki hybrid humidifier  berdesain elegan ini!

6. Crane Curtis The Cow

6. Crane Curtis The Cow

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 880.888

Antimicrobial-nya ampuh membunuh bakteri dan meringankan berbagai macam sakit pernapasan Anda

Mampu menghasilkan antimicrobial yang dapat membunuh bakteri sampai dengan 99,68% merupakan salah satu keunggulan dari humidifier ini. Humidifier ini dapat meringankan gejala batuk, pilek, hidung gatal, dan permasalahan pernapasan lainnya. Selain itu, produk ini juga telah memiliki sertifikasi Food and Drug Administration (FDA) yang diakui di Amerika Serikat sehingga aman untuk digunakan.

Teknologi ultrasonik di dalamnya menghasilkan suara yang halus sehingga tidak mengganggu tidur lelap Anda. Karena bentuk desainnya yang lucu dan produknya yang aman, humidifier ini cocok juga untuk diletakkan di kamar anak Anda. Selain itu, produk ini memiliki kapasitas air hingga 3,8 liter yang dapat menyala hingga 24 jam lamanya sehingga aman dipakai seharian.

5. Eternal Flower Essential Oil Diffuser

5. Eternal Flower Essential Oil Diffuser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 293.000

Bulat, imut, ringan. Fleksibel untuk dipakai di dalam mobil atau di rumah!

Untuk Anda yang sedang mencari produk humidifier yang praktis dan fleksibel untuk dipakai kapan pun dan di mana pun, produk ini cocok untuk Anda. Bobotnya yang ringan membuat humidifier ini praktis untuk dipindah-pindah. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan produk ini baik untuk di rumah maupun di dalam mobil.

Dengan daya yang terisi penuh, produk ini dapat menyala hingga enam jam nonstop. Dilengkapi dengan tujuh macam warna lampu, humidifier ini pasti akan sangat cantik ketika diletakkan di meja samping tempat tidur Anda pada malam hari. Didesain dengan bentuk yang imut dan keren membuat produk ini cocok untuk dihadiahkan sebagai kado ulang tahun bagi kekasih atau teman Anda.

4. Boneco Humidifier Evaporator E2441A

4. Boneco Humidifier Evaporator E2441A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 3.465.000

Pemenang Red Dot Design Award! Efisien, praktis, dengan suara mesin yang halus

Jika biasanya evaporative humidifier mengeluarkan suara mesin yang berisik, lain halnya dengan produk yang satu ini. Produk pemenang penghargaan ini memiliki suara mesin yang halus sehingga dapat Anda pakai dengan nyaman di kamar tidur. Karena hanya memakan daya 20 watt untuk pengoperasiannya, humidifier ini lebih hemat energi dibandingkan produk lainnya. Memasukkan air pun sangat mudah dari bagian atasnya.

Tambahan lagi, terdapat ionic silver stick pada produk ini yang memudahkan Anda untuk mengecek tingkat higienis air di dalamnya. Hal tersebut berguna untuk memudahkan Anda melakukan maintenance kebersihan air pada alat pelembap udara ini. Pada humidifier ini terdapat pula indikator lampu yang akan menyala apabila air akan habis sehingga memudahkan Anda untuk mengisi ulang airnya.

3. X01 Big Mist Noozle Humidifier 360 Degree Mist Air Purifier

3. X01 Big Mist Noozle Humidifier 360 Degree Mist Air Purifier

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 385.000

Lebih aman dengan fitur auto off, mesin otomatis mati ketika air habis

Produk ini didesain dengan tangki yang tembus pandang sehingga memudahkan Anda untuk melihat volume air di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah untuk mengisi air atau mengamati air yang tersisa pada humidifier ini. Ditambah lagi, karena tangki yang lebar, produk ini menjadi lebih mudah dibersihkan.

Humidifier ini memiliki output single dengan dual mist yang memudahkan Anda mengatur arah uap dan tingkat kelembapannya. Humidifier ini juga dilengkapi dengan fitur auto off yang membuat mesin otomatis mati ketika air di dalamnya nyaris habis. Hal tersebut dapat mencegah agar mesin tidak terbakar sehingga produk ini sangat aman dipakai.

2. Sharp KC-F30Y-W Air Purifier with Humidifying Series

2. Sharp KC-F30Y-W Air Purifier with Humidifying Series

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 2.091.388

Membunuh kuman dan bakteri yang mengganggu, udara bersih, penyakit pun menjauh

Sharp merupakan pabrik elektronik terkenal yang memproduksi berbagai macam barang elektronik berkualitas seperti kulkas, AC, televisi dan lain sebagainya. Salah satu produknya yang akan kami rekomendasikan adalah air purifier yang dilengkapi pula dengan humidifier. Teknologi plasmacluster generator-nya bekerja melepaskan ion positif dan ion negatif ke udara untuk melumpuhkan bakteri dan virus di ruangan.

Selain membuat udara ruangan menjadi bersih, produk ini dilengkapi dengan tenaga powerful humidifiying yang mampu menjaga kelembapan udara stabil di angka 60%. Terdapat pula tiga filter, yaitu HEPA, deodorizing, dan prefilter yang berfungsi untuk menyaring debu yang mengandung zat allergen. Dengan demikian, Anda dapat menghirup udara yang bersih dan segar setiap hari jika memakai produk ini.

1. Boneco Ultrasonic Humidifier U650

1. Boneco Ultrasonic Humidifier U650

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga: Rp 4.842.000

Aneka macam fitur canggih dan kapasitas tangki hingga 5,5 liter! Pilihan tepat untuk Anda yang membutuhkan humidifier setiap hari

Apabila Anda sering mengalami hidung gatal atau bersin-bersin karena suhu udara yang terlalu kering, ada baiknya Anda menggunakan humidifier setiap hari. Boneco Ultrasonic Humidifier U650 memiliki kapasitas penampungan air hingga 5,5 liter. Karena kapasitas airnya besar, daya humidifikasinya juga besar sehingga proses pelembapan di ruangan Anda menjadi lebih cepat dan efisien.

Tidak hanya itu, humidifier ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang membuatnya semakin praktis dan memudahkan Anda dalam mengoperasikannya. Mulai dari fitur auto sleep untuk mematikan mesin otomatis, fitur uap panas atau dingin yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, sampai indikator pengingat waktu maintenance tangki air. Untuk Anda yang ingin memiliki humidifier yang canggih dan praktis, silakan membeli produk ini.

Gunakan asam sitrat untuk membersihkan humidifier secara maksimal

Gunakan asam sitrat untuk membersihkan humidifier secara maksimal

Untuk humidifier yang tidak panas seperti tipe ultrasonik, kuman dapat tersebar ke udara apabila tangki di dalamnya menjadi kotor. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memerhatikan kebersihan tangki humidifier. Akan tetapi, bagaimanapun Anda membersihkannya, biasanya akan tetap ada noda plak putih yang menempel di dalam tangki.

Plak tersebut bukanlah jamur ataupun virus, melainkan kalsium yang terkandung di dalam air ledeng. Namun, apabila plak tersebut tidak sengaja tercampur ke dalam air, plak tersebut dapat membuat air menjadi berbau tidak sedap. Oleh karena itu, zat yang paling ampuh untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan asam sitrat. Asam sitrat juga merupakan zat aditif yang biasa digunakan untuk makanan sehingga aman apabila masuk ke dalam tubuh.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya tinggal melarutkan asam sitrat ke dalam air humidifier dan menyimpannya semalaman. Setelah itu, plak akan dengan mudah dibersihkan keesokan harinya. Sama halnya ketika akan membersihkan bagian filter humidifier. Anda hanya tinggal merendam filter tersebut ke dalam air yang telah dicampur dengan asam sitrat. Agar lebih awet, marilah merawat humidifier dengan cara membersihkannya dengan asam sitrat setiap dua minggu sekali.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan humidifier yang sesuai untuk Anda? Selain berfungsi sebagai pelembap, humidifier juga memiliki beragam fitur, seperti diffuser aroma, air purifier (mensterilkan udara), atau lampu LED. Agar lebih mudah menemukan humidifier yang tepat, pilihlah humidifier berdasarkan tempat dan waktu Anda menggunakannya. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli humidifier