10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Keistimewaan dari pulpen gel adalah tidak mudah luntur. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek dan tipe pulpen gel, termasuk juga pulpen frixion. Ditambah lagi, Anda juga harus memilih tingkat ketebalan ujung pena dan warna tinta yang sesuai dengan kebutuhan. Anda mungkin akan bingung dalam memilih yang terbaik.

Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih pulpen gel terbaik. Setelahnya, kami juga memberi rekomendasi pulpen gel yang dapat Anda beli di toko online Indonesia. Terdapat beberapa merek yang dapat Anda pilih, antara lain Pilot, Kenko, Zebra, dan Pentel. Semoga Anda dapat menemukan produk yang memenuhi kebutuhan dan selera Anda. Mari kita mulai!

Daftar isi

Cara memilih pulpen gel

Kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih pulpen gel terbaik.

Jenis tinta yang berbeda akan memiliki fungsi dan fitur yang juga berbeda

Terdapat dua jenis tinta pada pulpen gel, yaitu tinta dye dan tinta pigmen. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih berdasarkan kebutuhan pemakaian.

Tinta dye: mudah digunakan, bahkan meskipun berwarna

Tinta dye: mudah digunakan, bahkan meskipun berwarna

Keunggulan pulpen gel tipe dye adalah banyaknya pilihan warna, serta memberikan goresan tulisan yang rapi. Pulpen tipe ini memiliki tingkat ketebalan yang rendah sehingga lebih mudah untuk digunakan menulis, bahkan jika bagian ujungnya sangat tipis. Kami menyarankan tipe ini bagi Anda yang memiliki tulisan cenderung kecil.

Namun, tinta dye mudah larut dalam air. Dengan demikian, ada kemungkinan tulisan yang ditulis dengan menggunakan tinta dye akan mudah pudar dan rusak.

Tinta pigmen: tahan lama, sangat tepat untuk digunakan menulis dokumen penting

Tinta pigmen: tahan lama, sangat tepat untuk digunakan menulis dokumen penting

Karakteristik terbaik dari pulpen gel tipe pigmen adalah tahan lama. Hasil tulisan yang ditulis dengan pulpen tipe pigmen tidak mudah mengalami kerusakan. Dengan demikian, tipe ini cocok untuk menulis dokumen penting yang akan digunakan dalam waktu yang lama. Sama seperti pulpen dengan tinta berbahan dasar minyak, pulpen tipe ini dapat Anda gunakan untuk menandai atau menulis dokumen-dokumen resmi.

Kelemahan dari tipe pigmen adalah tintanya cenderung mudah tersumbat karena memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan tipe dye.

Gunakan pulpen yang diameter ujungnya maksimal 0.5 mm untuk hasil tulisan yang tipis, dan 1.0 mm untuk tulisan yang lebih tebal

Gunakan pulpen yang diameter ujungnya maksimal 0.5 mm untuk hasil tulisan yang tipis, dan 1.0 mm untuk tulisan yang lebih tebal

Pada saat memilih ukuran ujung pena, perhatikan juga jenis tulisan Anda. Apabila hendak menulis di buku kecil dengan area yang tidak luas, akan lebih baik jika Anda menggunakan ukuran maksimal 0.5 milimeter. Sebaliknya, untuk menulis bagian-bagian yang butuh terlihat besar, seperti misalnya alamat, Anda sebaiknya menggunakan ukuran 1.0 milimeter. Selanjutnya, jika Anda tidak mempunyai tujuan khusus dalam menulis, ukuran 0.7 milimeter akan menjadi ukuran pulpen yang tepat untuk digunakan.

Jangan lupa mencoba pulpen terlebih dahulu untuk mengetahui kualitasnya

Jangan lupa mencoba pulpen terlebih dahulu untuk mengetahui kualitasnya

Sangat wajar jika Anda mencoba alat tulis terlebih dahulu sebelum membelinya. Terdapat banyak jenis pulpen gel yang terasa nyaman pada saat digunakan. Selain nyaman, beberapa merek juga mudah digunakan.

Untuk menemukan pulpen yang cocok dengan diri sendiri, pertimbangkan juga besarnya tekanan tulisan Anda. Pulpen gel akan lebih cocok digunakan oleh orang dengan tekanan tulisan yang lebih lemah. Sebaliknya, orang yang memiliki tekanan tulisan yang kuat akan merasa kesulitan menulis dengan pulpen gel karena terasa licin. Akibatnya, hasil tulisan menjadi kurang rapi.

Oleh karena itu, pada saat mencoba pulpen yang hendak Anda beli di suatu toko, bandingkan besarnya tekanan tulisan Anda dengan tingkat kelicinan pulpen. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan menemukan pulpen gel yang cocok.

Pulpen frixion: tulisan Anda bahkan dapat dihapus

Pulpen frixion: tulisan Anda bahkan dapat dihapus

Pulpen frixion memberi Anda kesempatan untuk dapat menghilangkan bagian yang salah dari tulisan. Tulisan Anda bukan dihapus, melainkan digosok hingga pudar. Jadi, Anda dapat dengan mudah memperbaiki tulisan yang salah.

Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pulpen ini untuk menulis di dokumen-dokumen resmi agar terhindar dari risiko hilangnya tulisan asli di dokumen.

Perhatikan aspek harga dan kemudahan dalam pemakaian

Pulpen adalah alat tulis yang dapat Anda peroleh dengan mudah. Apabila Anda telah menemukan pulpen yang disukai, perhatikan juga mengenai harga dan kecocokan dengan beragam jenis tinta isi ulang.

Untuk pemakaian dengan frekuensi yang tinggi, pertimbangkan aspek harga tinta isi ulang

Untuk pemakaian dengan frekuensi yang tinggi, pertimbangkan aspek harga tinta isi ulang

Pulpen gel memberi banyak manfaat karena tahan air dan terasa lancar pada saat menulis. Akan tetapi, tinta pulpen ini cenderung mudah habis. Untuk pemakaian yang sangat sering, tinta dapat habis hanya waktu dalam beberapa hari. Oleh karena itu, jika Anda hendak menggunakan pulpen gel dengan frekuensi yang tinggi, sebaiknya Anda menyiapkan stok tinta isi ulang.

Dengan alasan demikian, akan lebih baik jika Anda memilih pulpen gel yang tinta isi ulangnya telah banyak dijual. Penggunaan tinta isi ulang akan dapat mengurangi pengeluaran Anda.

Pilihlah produk yang dapat cocok dengan beragam tinta isi ulang

Pilihlah produk yang dapat cocok dengan beragam tinta isi ulang

Banyak pulpen gel yang tidak kompatibel dengan tinta isi ulang dari merek yang berbeda. Produk-produk tersebut juga biasanya memiliki tinta isi ulang yang tidak dapat digunakan oleh pulpen merek lain.

Tinta isi ulang tipe 4c adalah tipe standar yang banyak dijual dengan beragam pilihan warna. Tinta ini memiliki panjang 67 milimeter dan diameternya 2.3 milimeter. Apabila Anda memilih pulpen yang membutuhkan tinta tipe 4c, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan tinta isi ulang. Terkadang memang terdapat sedikit selisih ukuran, tetapi tidak akan mengganggu kinerja pulpen. Perlu diingat bahwa penggunaan tinta isi ulang yang tidak sesuai dengan tipe pulpen dalam jangka waktu yang lama akan dapat merusak pulpen. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memperhatikan hal tersebut.

10 Rekomendasi pulpen gel terbaik

Sekarang, kami akan memberi rekomendasi pulpen gel terbaik. Tetaplah memilih dengan mengacu pada cara memilih yang telah kami tulis di atas. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

10. Pilot Gel-Pen Pop’Lol 0.5 mm

10. Pilot Gel-Pen Pop'Lol 0.5 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.000

Pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan banyak variasi warna dalam menulis

Apakah Anda mahasiswa yang gemar menghias catatan kuliah dengan tulisan berwarna-warni? Jika ya, pulpen ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. Produk ini memiliki 31 varian warna yang dapat dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Catatan kuliah Anda tidak akan terlihat membosankan sehingga kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan.

Selain itu, catatan kuliah Anda akan tetap dapat terbaca untuk jangka waktu yang lama karena pulpen gel produksi Pilot ini diisi dengan tinta tipe pigmen. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai tulisan yang luntur. Apabila ingin menghasilkan tulisan yang lebih tebal, pulpen ini juga memiliki jenis ujung pena dengan diameter 0.7 mm.

9. Zebra GelPen Kokoro Gel Ink 0.5 mm

9. Zebra GelPen Kokoro Gel Ink 0.5 mm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.800

Nyaman digenggam berkat desain yang ergonomis

Terkadang, jari dan tangan seseorang menjadi terasa pegal setelah lama menulis. Oleh sebab itu, Zebra memproduksi GelPen Kokoro. Pulpen dengan tinta tipe pigmen ini memiliki desain yang ergonomis sehingga terasa nyaman bagi Anda. Bagian grip pulpen dibuat mengecil agar lebih mudah digenggam.

Bukan itu saja, terdapat ulir yang membuat genggaman tangan pada pulpen menjadi lebih mantap. Keunggulan lain produk ini terletak pada kualitas tintanya. Tinta pulpen ini memiliki kualitas yang setara dengan produk Jepang. Ditambah lagi, terdapat cukup banyak varian warna yang akan membuat catatan Anda menjadi lebih dinamis.

8. Kenko Gel Pen Hi-Tech-H 0.28 mm

8. Kenko Gel Pen Hi-Tech-H 0.28 mm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.000

Dapatkan bentuk tulisan yang lebih presisi dengan ujung pena yang kecil

Apabila Anda memiliki bentuk tulisan yang relatif kecil, pulpen gel dari Kenko ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan diameter ujung pena berukuran 0.28 mm, Anda dapat memiliki hasil tulisan yang lebih presisi. Akibatnya, tulisan Anda tidak akan terlihat berantakan.

Meskipun memiliki ukuran ujung pena yang tipis, produk ini tetap terasa licin dan tidak akan menggesek kertas pada saat digunakan. Anda dapat menulis dengan nyaman. Harga yang tertulis di atas adalah harga per lusin. Dapat dikatakan bahwa harga produk ini relatif lebih murah dibandingkan produk sejenisnya.

7. Muji Gel Ink Ballpoint Pen 0.38 mm

7. Muji Gel Ink Ballpoint Pen 0.38 mm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Memiliki rancangan yang dapat mencegah kebocoran tinta

Pulpen yang diproduksi oleh Muji ini terlihat simpel, tetapi memiliki rancangan yang tepat guna. Desain luarnya tampak konvensional dengan pembungkus berwarna putih dan masih menggunakan penutup. Model tersebut tentu cocok bagi Anda yang lebih suka tampil simpel tanpa banyak pernak-pernik.

Meskipun simpel, produk ini dibuat dengan sistem yang membuat tintanya tidak mudah bocor. Tinta akan keluar dengan tepat sesuai dengan gerakan tangan yang Anda buat. Anda tidak akan mendapati titik-titik tinta berlebih pada tulisan Anda. Kertas Anda pun terbebas dari noda tinta yang menembus hingga halaman belakang.

6. Pilot Juice Up 0.4 mm Needle-Tip Gel Pen Basic Series

6. Pilot Juice Up 0.4 mm Needle-Tip Gel Pen Basic Series

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.740

Nikmatilah desain yang stylish plus ujung pena yang kuat pada produk ini

Kekuatan ujung pena dari suatu pulpen tentu akan memengaruhi kekuatan pulpen itu sendiri. Pulpen gel ini memiliki ujung pena yang kuat sehingga Anda tidak akan sering mengalami kerusakan pulpen. Akibatnya, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti pulpen yang rusak. Di samping itu, pulpen ini dirancang agar nyaman dan mudah untuk dikendalikan.

Tidak hanya kuat dan mudah digunakan, produk ini juga memiliki tampilan desain yang simpel, tetapi menarik. Dominasi warna hitam dipadukan dengan aksen warna lain membuat pulpen ini terlihat stylish dan elegan. Pilot Juice Up akan membuat suasana meja kerja Anda di kantor terlihat lebih keren sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja.

5. Uni Mitsubishi Pencil Uni Style Fit Slim Gel Pen 0.28 mm

5. Uni Mitsubishi Pencil Uni Style Fit Slim Gel Pen 0.28 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Anda bahkan dapat mengisinya dengan komponen pensil mekanik

Selain dapat diisi dengan tinta isi ulang, pulpen ini juga dapat Anda isi dengan komponen pensil mekanik yang kompatibel. Sungguh merupakan produk yang multifungsi! Di samping serbaguna, pulpen ini juga memiliki bentuk yang ramping sehingga tetap terasa nyaman meskipun disimpan di dalam saku atau dompet Anda.

Desain pulpen ini juga terlihat trendi dengan kombinasi warna silver dan warna-warna yang menarik. Produk ini akan cocok digunakan dalam berbagai kegiatan, baik untuk bekerja maupun untuk menulis agenda pribadi. Apabila Anda membutuhkan ujung pena yang lebih besar, terdapat ukuran diameter 0.38 mm dan 0.5 mm.

4. Pilot Frixion Ball Clicker 05 BLRTFR5B

4. Pilot Frixion Ball Clicker 05 BLRTFR5B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 21.533

Sekarang, tidak perlu lagi khawatir salah menulis

Sebagai tipe pulpen frixion, maka produk ini memiliki penghapus khusus di bagian atas. Dengan begitu, kapan pun Anda ingin memperbaiki tulisan, Anda dapat menghapusnya dan menulis kembali. Hal tersebut tentu merupakan fitur yang berguna bagi Anda yang menginginkan hasil tulisan sempurna tanpa kesalahan apa pun.

Apabila Anda sering terlibat dalam aktivitas yang mengharuskan Anda menulis dengan tepat, seperti misalnya menjadi notulis, pulpen ini akan sangat bermanfaat. Untuk memenuhi selera Anda, pulpen ini diproduksi dengan berbagai pilihan warna. Pilihlah yang paling Anda suka agar aktivitas harian Anda terasa lebih menyenangkan.

3. Zebra Sarasa Gel Retractable Pen – Rapid Dry Ink Technology! 0.7 mm

3. Zebra Sarasa Gel Retractable Pen – Rapid Dry Ink Technology! 0.7 mm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 12.600

Sangat cepat kering! Nyaman bagi Anda yang menulis dengan tangan kiri

Bagi Anda yang terbiasa menulis dengan tangan kiri, salah satu kendala ketika menulis dengan pulpen gel adalah tulisan tergesek oleh tangan sebelum tintanya mengering. Hal tersebut tentu sangat mengganggu karena membuat tulisan Anda menjadi berantakan. Nah, teknologi Evolutionary Rapid Dry Ink pada produk ini dapat menjadi solusi atas masalah tersebut.

Dengan teknologi tersebut, tinta di tulisan Anda akan kering dalam waktu kurang dari satu detik. Jadi, gesekan dari tangan Anda tidak akan membuat tulisan menjadi berantakan. Aktivitas menulis akan terasa lebih mudah dan tidak merepotkan. Buku catatan Anda pun terbebas dari noda-noda gesekan tulisan.

2. Pentel EnerGel-X RollerGel Pen 0.7 mm

2. Pentel EnerGel-X RollerGel Pen 0.7 mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Menulis semakin mudah berkat kombinasi tinta cair dan gel

Hasil kombinasi tinta cair dan gel pada pulpen produksi Pentel ini akan membuat tangan Anda terasa lebih nyaman ketika sedang menulis. Pulpen ini membuat Anda dapat menulis dengan lebih mudah, mampu memberikan hasil tulisan yang mudah kering. Catatan-catatan Anda akan tampak lebih rapi dan menyenangkan untuk dibaca.

Di samping itu, grip atau pegangan pulpen ini terbuat dari bahan yang bebas lateks yang terasa mudah untuk dikendalikan. Dengan demikian, rasa pegal di tangan pun dapat berkurang. Akan tetapi, pulpen ini hanya dapat diisi ulang dengan tinta merek Pentel EnerGel. Untuk itu, kami harap Anda turut memperhitungkan aspek tersebut.

1. Uni Mitsubishi Pencil Uni-ball Signo 207 Gel Rollerball – UMN-207

1. Uni Mitsubishi Pencil Uni-ball Signo 207 Gel Rollerball - UMN-207

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Dengan kualitas tinta tingkat tinggi! Hasil tulisan akan awet untuk jangka waktu sangat lama

Produk ini dapat menghasilkan tulisan yang akan bertahan dalam jangka waktu sangat lama. Tentunya akan cocok bagi Anda yang berkecimpung di lingkungan kerja yang banyak berkaitan dengan dokumen penting, seperti di bidang hukum. Tanda tangan yang Anda buat tidak akan mudah luntur. Begitu juga dengan coretan-coretan revisi kontrak, akan tercatat dengan baik di atas kertas dokumen Anda.

Di samping awet, tinta pulpen ini juga tidak mudah bocor sehingga dapat menghasilkan tulisan yang rapi. Ditambah lagi, grip pulpen dirancang agar tidak membuat pegal ketika digunakan. Anda juga akan diuntungkan dengan warna transparan pada pulpen ini. Anda jadi lebih mudah untuk segera menyiapkan isi ulang jika tinta di dalam pulpennya sudah nyaris habis.

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi pulpen gel terbaik dari kami, apakah Anda telah menetapkan pilihan? Pada saat ini, pulpen gel semakin banyak digunakan karena nyaman dan memberikan hasil tulisan yang bagus. Oleh karenanya, semakin banyak juga produsen pulpen yang mengeluarkan produk tersebut.

Dengan banyaknya pilihan, kami harap Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan, selera, dan panduan cara memilih yang telah kami ulas. Semoga Anda menemukan produk favorit!