1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pulpen gel adalah alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.


Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih pulpen gel

Anda bisa menemukan banyak pulpen gel di pasaran. Meski begitu, pulpen mana yang cocok untuk Anda gunakan? Setidaknya ada empat poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pulpen gel. Ikuti penjelasannya di bawah ini.

① Pilih pulpen dengan pegangan yang pas di genggaman

Pilih pulpen dengan pegangan yang pas di genggaman
Sumber: uniball.com

Apabila pulpen memiliki pegangan yang pas, Anda tidak akan merasa lelah meski menggunakannya dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ada empat hal yang perlu Anda periksa untuk memastikan kenyamanan pulpen saat digenggam. 


  • Pertama, pastikan Anda bisa meletakkan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah pada posisi yang tepat. 
  • Kedua, pastikan bentuk produk yang Anda pilih tidak menyulitkan Anda ketika menggenggam. 
  • Ketiga, pilih produk yang bahannya tidak licin sekalipun tangan Anda berkeringat. 
  • Terakhir, pastikan pulpen terbuat dari material dengan tingkat kekerasan yang nyaman di tangan. Anda bisa memilih pulpen yang dilengkapi dengan bantalan di bagian grip-nya.

Di samping itu, Anda juga bisa mempertimbangkan besarnya pulpen yang Anda pilih. Jika Anda cenderung menulis dengan menekan kuat-kuat, pilihlah pulpen dengan diameter yang tebal. Sebaliknya, pilihlah pulpen dengan diameter kecil jika Anda menulis dengan tekanan yang lemah.

② Pastikan kualitas tinta pulpen gel

Apa pun alat tulis yang Anda pilih, faktor kenyamanan adalah poin pemilihan yang penting untuk diperhatikan. Anda dapat menilai kenyamanan sebuah pulpen gel melalui dua hal, yaitu hasil tulisannya jelas dan tahan luntur.

Pigmen dengan hasil tulisan jelas dan mudah dibaca

Pigmen dengan hasil tulisan jelas dan mudah dibaca
Sumber: joyko.co.id

Kualitas tinta sebuah pulpen gel juga tak boleh Anda lewatkan. Kualitas tinta gel yang baik akan menghasilkan warna yang lebih nyata di atas kertas.


Namun, Anda tidak dapat mengetahui hal ini sebelum mencobanya secara langsung. Sebisa mungkin cobalah menulis nama Anda, huruf, dan lain-lain. Lalu, periksa hasil tulisannya sebelum membeli. Hal ini dapat Anda lakukan saat membeli pulpen di toko buku.


Apabila Anda membeli secara online, mencoba pulpen tentu saja tak mungkin Anda lakukan. Anda dapat mempertimbangkan komentar dari pembeli lainnya. Beberapa pembeli bahkan memotret hasil tulisan menggunakan pulpen tersebut.

Dua macam tinta gel sesuai kebutuhan Anda

Dua macam tinta gel sesuai kebutuhan Anda

Pulpen gel yang cepat kering dan tidak mudah luntur pasti akan berguna di semua aplikasi dan tujuan penggunaan. Untuk Anda ketahui, ada dua jenis tinta pulpen gel, yaitu tinta pigment dan tinta dye.


Tinta pigment bersifat tahan lama dan tahan air. Jenis tinta gel ini sangat pas digunakan untuk menandatangani dokumen penting atau kebutuhan profesional lainnya. Sebaliknya, tinta dye memiliki keunggulan dalam hal variasi warnanya yang luas. Silakan Anda pilih sesuai dengan tujuan penggunaan dan berdasarkan karakteristik masing-masing.

③ Sesuaikan diameter mata pulpen dengan tujuan penggunaan

Sama seperti pulpen biasa, pulpen gel memiliki ukuran mata pulpen yang berbeda-beda. Kami merekomendasikan Anda menggunakan ketebalan mata pulpen sesuai dengan tujuan penggunaan pulpen. Ukuran diameter mata pulpen akan menentukan tebal tipisnya tulisan Anda.


  • Pilih diameter mata pulpen 0,4 mm atau kurang untuk menulis di area sempit, seperti buku catatan. Ukuran mata pulpen ini akan menghasilkan tulisan yang lebih tipis.

  • Gunakan pulpen berdiameter 0,7 mm atau lebih untuk menulis karakter agak besar, seperti penulisan alamat. Anda akan mendapatkan goresan tulisan yang tebal saat menggunakan pulpen berdiameter 0,7 mm.

  • Gunakan pulpen dengan diameter sekitar 0,5 mm untuk menulis hal-hal umum yang tidak memerlukan penjelasan detail. Diameter pulpen ini lebih banyak dijual di pasaran. 

10 Rekomendasi pulpen gel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pulpen gel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Zebra

GelPen Kokoro

Zebra GelPen Kokoro 1枚目

Nyaman digenggam berkat desain yang ergonomis

2

Joyko

Color Gel Pen

Joyko Color Gel Pen 1枚目

Pulpen gel warna-warni dalam kemasan pack

3

Pilot

Frixion Clicker 0,5 mm

Pilot  Frixion Clicker 0,5 mm 1枚目

Bisa dihapus, Anda tak perlu lagi khawatir salah menulis

4

Sakura

Gelly Roll White

Sakura Gelly Roll White 1枚目

Pulpen gel putih untuk setiap karya kreatif Anda

5

Kenko

Gel Pen Hi-Tech-H 0,28 mm

Kenko Gel Pen Hi-Tech-H 0,28 mm 1枚目

Bentuk tulisan yang lebih presisi dengan ujung pena yang kecil

6

Pipo Pen

Disney Set Ballpoint Gel

Pipo Pen Disney Set Ballpoint Gel 1枚目

Pulpen gel dengan karakter Disney yang menggemaskan

7

Faber Castell

Super True Gel Pen

Faber Castell Super True Gel Pen 1枚目

Cushion tip membuat setiap goresannya lebih nyaman

8

Deli

Gel Pen

Deli Gel Pen 1枚目

Tampilannya elegan dan cocok untuk kebutuhan profesional

9

Uniball

Gel Impact

Uniball Gel Impact 1枚目

Super Ink untuk tanda tangan waterproof yang tidak akan pudar

10

Pentel

Energel Clena

Pentel Energel Clena 1枚目

Desainnya stylish, tintanya juga cepat kering

Perincian produk
Close
No.1

Nyaman digenggam berkat desain yang ergonomis

Pulpen Kokoro dari Zebra adalah salah satu pulpen gel yang populer di kalangan pelajar. Kokoro memiliki bentuk mengecil di bagian grip-nya. Bagian tersebut didesain lebih ergonomis di genggaman Anda.

Desain pulpen Kokoro sangat pas untuk Anda yang menggunakan pulpen dalam jangka waktu lama. Dengan demikian, tangan Anda tidak terasa pegal setelah menulis. Selain itu, banyaknya varian warna yang ditawarkan akan membuat catatan Anda lebih dinamis.

No.2

JoykoColor Gel PenGPC-309S

Mulai dari Rp21.400,00

Pulpen gel warna-warni dalam kemasan pack

Tak perlu repot-repot membeli pulpen gel warna-warni satu per satu. Anda dapat membeli pulpen gel warna-warni dari Joyko. Di dalam satu paknya terdapat delapan pilihan warna yang menarik. Ujung pulpennya membuat tulisan Anda lebih smooth.


Untuk Anda yang gemar menulis catatan, satu pak pulpen ini adalah produk yang menarik. Delapan warna di dalam pak tersebut dapat membuat catatan Anda makin berwarna. Di sisi lain, pulpen ini memiliki ukuran badan yang ramping.

No.3

Pilot Frixion Clicker 0,5 mmBLRTFR5B

Mulai dari Rp21.500,00

Bisa dihapus, Anda tak perlu lagi khawatir salah menulis

Produk ini memiliki penghapus khusus di bagian atasnya. Dengan begitu, kapan pun Anda ingin memperbaiki tulisan, Anda dapat menghapus dan menulis kembali. Penghapus tersebut tentu sangat berguna jika Anda menginginkan hasil tulisan sempurna tanpa kesalahan apa pun. Di samping itu, untuk memenuhi selera Anda, pulpen ini diproduksi dengan berbagai pilihan warna.

No.4

SakuraGelly Roll White

Mulai dari Rp12.000,00

Pulpen gel putih untuk setiap karya kreatif Anda

Spesial untuk Anda yang senang journaling atau membuat karya seni, pulpen gel warna putih ini patut Anda pertimbangkan. Teknologi Gelly Roll menghasilkan goresan yang smooth. Warnanya sangat nyata di atas kertas berwarna gelap dan dapat menjadi highlight di karya ilustrasi Anda. Gunakan pilihan tebal dari pen ini untuk membuat detail yang unik.

No.5

KenkoGel Pen Hi-Tech-H 0,28 mm

Mulai dari Rp5.700,00

Bentuk tulisan yang lebih presisi dengan ujung pena yang kecil

Apabila Anda memiliki bentuk tulisan yang relatif kecil, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan diameter ujung pena berukuran 0,28 mm, Anda dapat memiliki hasil tulisan yang lebih presisi. Alhasil, tulisan Anda tidak akan terlihat berantakan. Meskipun mata pulpen ini ukurannya kecil, ia tidak akan menggesek kertas saat digunakan.

No.6

Pipo PenDisney Set Ballpoint Gel

Mulai dari Rp54.000,00

Pulpen gel dengan karakter Disney yang menggemaskan

Siapa yang tidak kenal dengan karakter Disney? Pulpen dari Pipo memiliki gambar karakter Disney, yaitu Minnie, Mickey, Donald, dan Daisy. Pulpen gel dari Pipo dijual dalam kemasan pak yang berisi dua belas buah pulpen. Produk ini sangat cocok Anda pilih sebagai stok pulpen anak. Jadi, Anda sudah memiliki stok pulpen untuk anak bersekolah.

No.7

Faber CastellSuper True Gel Pen

Mulai dari Rp12.500,00

Cushion tip membuat setiap goresannya lebih nyaman

Super True Gel Pen dari Faber Castell memiliki cushion tip untuk memberikan kenyamanan saat menulis. Pulpen ini cocok sekali digunakan oleh Anda yang mengutamakan kenyamanan. Hasil tulisan Anda juga tidak akan pudar selama bertahun-tahun. Warna yang dihasilkan pun lebih cerah. Selain itu, ukuran ujung penanya pas untuk tulisan berukuran besar.

No.8

Tampilannya elegan dan cocok untuk kebutuhan profesional

Apabila Anda membutuhkan pulpen gel untuk kebutuhan pekerjaan, kami merekomendasikan pulpen gel dari Deli. Pulpen gel ini dibuat dengan selongsong berbahan aluminium. Anda dapat memilih warna selongsong hitam ataupun putih. Tampilannya lebih elegan dan mewah untuk kebutuhan bisnis. Meski begitu, harganya masih tetap pas di kantong Anda, lho. 

No.9

UniballGel ImpactUMN-152-10S

Mulai dari Rp33.000,00

Super Ink untuk tanda tangan waterproof yang tidak akan pudar

Pulpen Uniball yang satu ini sudah dilengkapi dengan Super Ink. Tinta tersebut akan mengikat selulosa pada kertas dan bersifat permanen. Lalu, tintanya pun bersifat waterproof dan tidak pudar. Dengan demikian, pulpen gel ini cocok sekali digunakan untuk menandatangani berkas penting. Tanda tangan Anda tidak akan hilang.

No.10

Desainnya stylish, tintanya juga cepat kering

Energel Clena adalah pulpen gel dari Pentel dengan desain yang modis. Pulpen gel ini pas sekali untuk Anda yang mengutamakan desain. Tak hanya sekadar stylish, tintanya juga tak kalah berkualitas. Tintanya cepat kering sehingga Anda tidak perlu khawatir tulisan Anda berantakan setelahnya. Lalu, karetnya juga membuat genggaman Anda makin mantap saat menulis.

Tips agar pulpen gel tidak macet

Tips agar pulpen gel tidak macet

Salah satu permasalahan saat menggunakan pulpen adalah tinta yang macet. Eits, jangan terburu-buru membuang pulpen saat tintanya macet. Kami punya beberapa tips untuk mengatasi pulpen yang macet.


  • Anda dapat mengetukkan ujung pulpen ke permukaan yang keras, seperti meja. Sebelumnya, alasi permukaan tersebut dengan kertas agar tinta tidak mengotori permukaan meja.


  • Panaskan ujung pulpen yang terbuat dari besi ke arah api kecil. Namun, jangan sampai terlalu lama, ya, karena panas yang berlebih dapat merusak ujung pulpen meleleh.


  • Goreskan ujung pulpen ke atas kaca ataupun benda dengan permukaan licin dan keras. Goreskan sampai tinta pulpen keluar kembali.


  • Jika tinta pulpen Anda kering, goreskan pulpen ke spidol permanen. Pelarut pada spidol permanen dapat memancing tinta pulpen agar kembali lancar.


  • Penghapus juga dapat menjadi salah satu barang yang dapat Anda gunakan. Goreskan pulpen Anda ke penghapus ataupun benda karet lainnya.


Ikuti tips dari kami agar tinta pulpen Anda kembali lancar. Jika pulpen Anda tetap macet, barulah ganti isi tintanya atau membeli pulpen gel baru.

Baca juga rekomendasi pulpen lainnya di sini

Meski kini sudah ada gadget, menulis manual di atas kertas tetap tak tergantikan. Selain pulpen gel, masih ada pulpen lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menulis. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai produk pulpen terbaik yang dapat Anda pilih. 

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh rekomendasi pulpen gel terbaik yang mudah Anda dapatkan secara online. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari? Jika belum, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih.


Pulpen gel banyak digunakan karena warnanya yang bervariasi. Meski ada begitu banyak pilihan, kami harap Anda tetap memilih produk berdasarkan kebutuhan. Selamat memilih dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer