10 Rekomendasi Casing HP Terbaik untuk Sony Xperia (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Casing HP Terbaik untuk Sony Xperia (Terbaru Tahun 2018)

Casing atau cover merupakan salah satu aksesoris HP (handphone) yang berfungsi melindungi perangkat tersebut dari benturan, debu, air, dan sebagainya. Kini pun casing tak hanya dapat digunakan sebagai pelindung. Seiring dengan perkembangan ponsel yang semakin canggih, fitur dan fungsi casing pun semakin bertambah.

Bagi Anda pengguna Sony Experia, terdapat berbagai tipe casing yang dapat menjadi pilihan, seperti hardcase, softcase, dompet, bumper, dan kantung. Produsen ternama seperti Nillkin, Spigen, dan sebagainya, sudah banyak yang mengembangkan fungsi dari casing. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih casing untuk Sony Xperia dan juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan kami.

Daftar isi

Cara memilih casing HP untuk Sony Xperia

Sony Xperia merupakan merek ponsel pintar berbasis android yang tak asing lagi di Indonesia. Merek ini dikenal dengan produknya yang berdesain kelas atas dan berperforma tinggi.

Banyak jenis casing HP untuk Sony Xperia yang dapat Anda pilih, mulai dari yang fungsional sampai yang memiliki desain menarik. Lantas, bagaimana menentukan pilihan yang tepat? Berikut pembahasannya.

Ketahui ragam casing HP untuk Sony Xperia berdasar material dan tipe

Casing HP dapat terbuat dari beberapa material yang berbeda. Biasanya, tipe casing juga menentukan material yang digunakan. Tentunya, kombinasi keduanya akan menentukan performa casing dalam melindungi HP. Dengan mengetahui kombinasi ini serta keunggulan yang dihasilkan, Anda akan dapat dengan mudah menentukan casing yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe hardcase yang terbuat dari material polikarbonat

Tipe hardcase yang terbuat dari material polikarbonat

Casing dengan tipe ini sering ditemui dengan harga yang relatif murah. Karena tipis, HP Anda dapat terlindungi sambil tetap mempertahankan tampilan bentuk aslinya. Saat ini sudah banyak casing tipe hardcase dengan custom design yang bisa Anda tentukan sendiri. Anda bisa mencetak desain atau gambar yang Anda sukai pada bagian belakang casing.

Seperti sebutannya, hardcasecasing tipe ini terbuat dari material polikarbonat yang bertekstur keras. Tekstur yang keras ini menjadi salah satu kekurangan dari casing tipe ini karena casing menjadi kurang bisa berfungsi sebagai penyerap benturan ketika HP terjatuh atau terbentur benda keras. Casing dapat dengan mudah pecah apalagi jika HP terjatuh pada permukaan yang sangat keras, seperti aspal. Di samping itu, material ini juga kurang dapat menghantarkan panas yang ditimbulkan dari mesin HP. Alhasil, panas akan terperangkap di antara casing dan HP yang dapat menyebabkan baterai HP cepat habis.

Tipe softcase yang terbuat dari material thermoplastic polyurethane

Tipe softcase yang terbuat dari material thermoplastic polyurethane

Berbeda dari tipe sebelumnya, casing tipe softcase terbuat dari material resin sintetis yang lunak. Resin sintetis ini adalah thermoplastic polyurethane atau TPU. Material TPU bersifat lentur sehingga memiliki kemampuan menyerap benturan dengan baik. Maka dari itu, casing tipe softcase lebih baik dalam melindungi HP dari benturan bila dibandingkan dengan tipe hardcase. Ditambah lagi, sebagian produk casing tipe ini juga dapat Anda temui dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan dari material ini adalah kurang resisten terhadap panas. Akibatnya, casing tipe ini sering dikhawatirkan rusak bahkan meleleh apabila disimpan di tempat bersuhu tinggi, seperti di dalam mobil pada saat siang hari. Karena kekurangan ini juga, casing tipe softcase memiliki kemampuan yang kurang baik dalam menghantarkan panas dan dapat berakibat pada baterai HP yang cepat habis.

Tipe softcase yang terbuat dari material silikon

Tipe softcase yang terbuat dari material silikon

Walaupun sama-sama bertipe softcasecasing berbahan silikon memiliki karakteristik yang berbeda dengan casing berbahanTPU. Casing ini lebih lembut, tetapi lebih kuat dalam menyerap benturan. Selain itu, tekstur permukaannya pun tidak licin digenggam. Alhasil, casing silikon memberikan perlindungan yang paling optimal.

Kekurangan casing ini sama-sama terletak pada karakteristiknya yang kurang mampu menghantar panas. Panas dari HP akan terperangkap dan berpengaruh buruk pada daya tahan baterai HP. Di samping itu, silikon memiliki tekstur yang mirip dengan karet sehingga debu mudah menempel.

Tipe dompet yang multifungsi

Tipe dompet yang multifungsi

Casing ini memiliki bentuk seperti dompet dengan bagian yang dapat dibuka dan ditutup. Dengan adanya penutup ini, layar HP dapat terlindungi walaupun tanpa menggunakan lapisan film pelindung layar. Biasanya pada bagian dalam penutup terdapat sekat-sekat yang memungkinkan Anda untuk menyimpan kartu. Selain sekat, beberapa casing tipe dompet juga memiliki cermin pada bagian dalamnya. Sangat fungsional dibandingkan dengan casing tipe lainnya.

Casing tipe dompet dapat terbuat dari berbagai material, seperti kain, kulit, dan sebagainya. Selain itu, casing ini juga memiliki desain yang beragam. Karena itu, Anda lebih memiliki banyak pilihan, seperti desain yang terkesan netral, maskulin, dan feminin.

Walaupun lebih fungsional, casing ini cenderung lebih merepotkan untuk digunakan bila Anda belum terbiasa. Casing tipe ini umumnya lebih besar dan berat dibandingkan dengan tipe lainnya. Selain itu, Anda pun harus membuka penutupnya untuk dapat mengakses HP Anda dan kemudian menutupnya kembali.

Tipe bumper agar baterai HP lebih awet

Tipe bumper agar baterai HP lebih awet

Casing bumper dikenal dengan karakteristiknya yang memberikan perlindungan hanya pada bagian samping HP. Casing ini tidak menutupi bagian belakang HP sehingga tidak akan merusak bagian tersebut. Selain itu, karena bagian belakangnya tidak tertutup, panas dari HP dapat tersirkulasi dengan lancar. Dengan begitu, daya tahan baterai pun lebih terjaga. Umumnya, material logam, seperti aluminium merupakan material yang direkomendasikan untuk casing tipe ini. Material aluminium memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan lainnya, seperti plastik.

Hal yang perlu diperhatikan apabila Anda memilih casing ini adalah casing bumper tidak melindungi bagian layar dan sudut HP. Anda pun harus memberikan perlindungan khusus pada bagian lain, seperti lapisan pelindung. Selain itu, sebagian casing memiliki desain dengan sekrup pada bagian ujungnya. Bagian ini dapat mengakibatkan casing sulit terlepas dari HP. Maka dari itu, sebelum membeli casing bumper, Anda harus memastikan dahulu kemudahan casing untuk dilepas dan dipasang.

Tipe kantung yang cocok untuk aktivitas atau kegiatan outdoor

Tipe kantung yang cocok untuk aktivitas atau kegiatan outdoor

Seperti halnya kantung, casing HP tipe ini menutupi seluruh bagian HP sehingga dapat melindunginya dari debu bahkan air. Tipe seperti ini biasanya sangat berguna bila digunakan untuk aktivitas di luar ruangan, seperti olahraga. Namun, karena HP dimasukkan ke dalam kantung dan seluruh bagiannya tertutup, casing ini kurang sesuai untuk dipakai sehari-hari. Selain kurang nyaman digunakan, Anda akan kerepotan saat ingin mengisi ulang baterai HP.

Pilihlah casing dengan karakteristik yang diinginkan

Setelah mengenal tipe dan material dari casing HP, Anda tentunya sudah memiliki gambaran mengenai karakteristik casing yang Anda inginkan. Bila belum, simaklah informasi yang telah kami rangkum untuk Anda.

Pemilihan casing berdasarkan fungsinya

Pemilihan casing berdasarkan fungsinya

Apakah Anda tipe yang selalu menggunakan HP di mana pun, seperti rumah, tempat kerja, atau ketika bepergian? Tentunya Anda memiliki fitur-fitur fungsional spesifik yang Anda inginkan. Berikut kami rangkumkan untuk Anda.

  • Tipe dompet atau kantung yang multifungsi untuk Anda yang tidak ingin repot membawa banyak barang ketika pergi keluar rumah
  • Tipe bumper untuk Anda yang ingin baterai HP tetap awet. Tipe ini juga lebih nyaman digunakan untuk Anda yang senang bermain game dengan HP Anda
  • Tipe kantung untuk Anda yang senang melakukan kegiatan outdoor atau olahraga.

Pemilihan casing berdasarkan daya tahan atau lama penggunaan

Pemilihan casing berdasarkan daya tahan atau lama penggunaan

Untuk Anda yang mementingkan daya tahan atau ingin memiliki casing yang tahan lama, ada beberapa tipe casing yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut pilihannya:

  • Tipe softcase berbahan silikon atau dompet merupakan tipe casing yang kami rekomendasikan bila Anda sering menjatuhkan HP Anda. Tipe casing tersebut dapat memberikan perlindungan yang lebih optimal dibandingkan dengan tipe lain.
  • Tipe softcase atau dompet juga merupakan tipe casing yang dapat digunakan untuk jangka waktu lama. Casing tipe softcase dan dompet tidak mudah pecah bila terjatuh.
  • Tipe softcase berbahan silikon dan hardcase yang murah bila Anda ingin sering mengganti casing HP.

Pemilihan casing berdasarkan tampilan atau desain

Pemilihan casing berdasarkan tampilan atau desain

Casing HP tentunya tidak hanya berfungsi sebagai pelindung. Anda juga dapat menggunakannya sebagai aksesoris penunjang penampilan Anda. Anda bisa memilih untuk menonjolkan desain HP atau casing. Berikut rangkuman tipe casing yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Tipe hardcasesoftcase, atau bumper bila Anda ingin menonjolkan desain asli dari HP Sony Xperia Anda.
  • Tipe hardcase atau dompet dapat Anda jadikan pilihan bila Anda menginginkan pilihan desain yang beragam dan menarik.
  • Tipe hardcase untuk pilihan desain yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

10 Rekomendasi casing HP terbaik untuk Sony Xperia

Selain membahas cara memilih casing, kami juga telah menyiapkan bahasan mengenai sepuluh produk terbaik versi kami. Seperti apa sih casing yang kami rekomendasikan? Langsung saja simak ulasannya!

10. Fabitoo Soft Case Silicone for Sony Xperia M4

10. Fabitoo Soft Case Silicone for Sony Xperia M4

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 159.000

Tak hanya tampilannya yang imut, tetapi juga fungsional

Apakah Anda bosan dengan casing yang itu-itu saja? Desain casing yang kaku atau terlalu polos dapat membuat Anda cepat bosan. Nah, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada casing tipe softcase ini. Desainnya yang lucu dan imut tentunya lebih menarik hati. Terlebih lagi, casing yang cocok untuk Sony Xperia tipe M4 ini tersedia dalam beberapa pilihan warna pastel yang ciamik.

Bentuknya yang imut bukan berarti casing tidak fungsional. Materialnya yang berupa silikon merupakan bantalan yang baik untuk menahan benturan ketika HP terjatuh. Di samping itu, casing juga dilengkapi dengan tali yang terpasang pada bagian belakangnya. Tali ini bisa Anda gunakan untuk menggantung HP. Anda tak perlu khawatir kehilangan HP. Kalungkan, saja!

9. Nillkin Nature TPU Silicone Case for Sony Xperia XZ1 Compact (4.6)

9. Nillkin Nature TPU Silicone Case for Sony Xperia XZ1 Compact (4.6)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 70.000

Melindungi dengan tetap mempertahankan desain keren HP Anda

Produk yang kami rekomendasikan ini adalah jenis softcase bertekstur lentur. Kelenturannya ini berkat bahan penyusunnya yang berupa TPU. Seperti namanya, casing Nillkin Nature ini tetap menonjolkan desain asli dari Sony Xperia XZ1 Compact. Hal ini karena karakteristiknya yang tipis dan transparan. Produk ini cocok bila Anda tetap ingin mempertahankan desain asli HP Anda.

Walaupun demikian, Anda tak perlu khawatir dengan kemampuan casing dalam melindungi HP Anda. Sudah pasti HP Anda akan terlindung dari benturan dan goresan. Selain melindungi HP, bentuknya yang tertutup pun akan melindungi tombol kontrol pada bagian samping HP tanpa menyulitkan penggunaan. Tersedia dalam 2 pilihan warna, Anda bisa sesuaikan dengan style Anda.

8. Luphie Aluminum Metal Bumper Case for Sony XZ

8. Luphie Aluminum Metal Bumper Case for Sony XZ

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Tak mudah lepas, sekrupnya memaksimalkan proteksi

Bila Anda lebih menyukai casing tipe bumper tetapi ragu dengan perlindungannya, produk ini bisa menjadi pilihan tepat. Salah satu masalah pada casing tipe bumper adalah mudah terlepas dari HP. Akibatnya, ketika terjatuh, HP bisa jadi tidak terlindungi. Lain halnya dengan casing dari Luphie ini. Dilengkapi sekrup, casing akan kuat terpasang dan tidak mudah lepas.

Tak hanya itu, casing ini juga terbuat dari material aluminium yang tentunya juga tangguh dalam melindungi HP. Material ini jugalah yang membuat produk lebih awet digunakan. Luphie merancang produknya dengan karakter yang tipis sehingga dapat membuat Anda semakin nyaman dalam menggunakan HP. HP tetap tampil ramping, tetapi terlindung dengan optimal.

7. Imak Mobile Shell Imak Ruiyi Series Case for Sony Xperia Z5

7. Imak Mobile Shell Imak Ruiyi Series Case for Sony Xperia Z5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 69.000

Tampil elegan tetapi simpel dengan balutan casing berbahan kulit

Bila Anda menginginkan tampilan elegan casing berbahan kulit yang berpadu dengan desain simpel, jatuhkanlah pilihan pada casing ini. Produk Imak ini termasuk ke dalam tipe hardcase dengan material dasar polikarbonat. Namun, Imak menambahkan balutan bahan kulit pada lapisan luarnya. Hasilnya dapat Anda lihat, yaitu berupa casing kokoh dengan desain simpel nan elegan.

Selain elegan, adanya bahan kulit ini juga menambah performa casing dalam melindungi HP dari benturan. Casing pun dapat lebih tahan lama dan tidak mudah pecah. Lantas, apakah bahan kulitnya akan menyulitkan penggunaan? Tentu tidak. Casing Ruiyi Series ini memiliki lubang pada tombol samping HP sehingga Anda mudah mengakses setiap tombolnya tanpa halangan.

6. DiCAPac WP-C2

6. DiCAPac WP-C2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 265.000

Perlindungan 4 sudut yang hasilkan casing waterproof  antibocor

Banyaknya jenis casing kantung bisa membuat Anda tidak percaya diri ketika harus memilih salah satunya. Bila Anda bingung, Anda perlu mengenal produk dari DiCAPac ini. Terutama seri WP-C2, produk ini cocok melengkapi kegiatan outdoor Anda. 4 sudut dari casing kantung ini didesain dengan tambahan segel yang meningkatkan kapasitas antiair hingga kedalaman 10 meter.

Merupakan casing universal, DiCAPac mengklaim casing WP-C2 ini dapat digunakan untuk HP Sony Xperia Z, Z2, dan Z3. Produk ini terbuat dari 3 bahan, yaitu plastik PVC (polivinil klorida), TPU, dan polikarbonat. Material polikarbonat yang tahan gores pada bagian kamera memungkinkan Anda mengambil gambar dengan hasil yang baik meskipun HP ada di dalam kantung.

5. Nillkin Super Frosted Shield Case for Sony Xperia XA1 Plus (5.5)

5. Nillkin Super Frosted Shield Case for Sony Xperia XA1 Plus (5.5)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 80.000

Tidak licin, bagian belakang casing pun bebas bekas fingerprint

Terbuat dari material polikarbonat, casing dari Nillkin ini memiliki desain yang kokoh untuk melindungi HP Xperia XA1 Plus kesayangan Anda. Bukan hanya kokoh, casing ini didesain dengan teknologi UV (ultraviolet) painting yang menghasilkan polesan yang tidak licin dan nyaman digenggam. Alhasil, genggaman Anda pun bisa lebih mantap dan HP tak mudah tergelincir.

Pernahkah Anda merasa kesal karena banyak noda atau jejak jari pada casing? Bagian belakang casing tipe hardcase ini bersifat anti-fingerprint dan mudah dibersihkan. Fitur yang tepat untuk Anda yang selalu ingin menjaga kebersihan casing. Jenis material polikarbonat yang digunakan juga tidak mudah pecah ketika jatuh sehingga HP mendapatkan perlindungan optimal.

4. X-Level FIBCOLOR Flip PU Leather Case for Sony Xperia Z Ultra

4. X-Level FIBCOLOR Flip PU Leather Case for Sony Xperia Z Ultra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Bisa sebagai sandaran, tak lelah pegangi HP saat menonton video

Seperti yang sudah dibahas, casing dompet memiliki keunggulan, yaitu multifungsi. Produk kali ini pas untuk Anda yang tak ingin repot memegang HP, terutama ketika menonton video. Selain sebagai pelindung, produk ini dapat dijadikan stand untuk menyandarkan HP. Menonton video jadi lebih nyaman dan menyenangkan karena kedua tangan Anda lebih leluasa bergerak.

Bagaimana dengan kapasitas perlindungannya? Berbahan plastik TPU dan PU (poliuretana), casing ini dapat melindungi HP Sony Xperia Z Ultra Anda dari goresan. Adanya bagian penutup juga akan melindungi layar HP Anda. Terlebih lagi, produk ini dirancang untuk dapat meminimalisir panas yang terperangkap pada bagian belakang HP. Daya baterai HP pun bisa lebih tahan lama.

3. Rearth Xperia Z5 Compact RINGKE FUSION

3. Rearth Xperia Z5 Compact RINGKE FUSION

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Teknologi fusion yang melindungi HP Anda secara optimal

Rearth menggabungkan konsep casing tipe softcase dan hardcase di dalam produk ini. Mengakali kekurangan polikarbonat, bagian samping casing terbuat dari TPU sehingga lebih optimal menahan benturan. Sementara itu, bagian belakangnya berbahan polikarbonat yang antigores. Teknologi fusion mengambil segala keunggulan dari material casing untuk melindungi HP.

Di samping itu, gabungan material ini membuat casing lebih kuat dan tidak mudah pecah ketika terjatuh. Memiliki bentuk yang tipis, produk ini pas dengan tipe Xperia Z5 Compact. Bentuknya memudahkan Anda mengakses tombol kontrol pada bagian samping. Alhasil, casing ini merupakan produk ideal untuk Anda yang ingin casing tipis tetapi optimal melindungi HP.

2. Krusell Kalmar Walletcase Sony Xperia T3

 2. Krusell Kalmar Walletcase Sony Xperia T3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Casing sekaligus dompet yang praktis, lebih multifungsi

Apakah Anda merasa repot jika harus membawa dompet dan HP untuk sekadar keluar rumah dalam waktu singkat? Bila ya, segera masukkan produk berbahan genuine leather ini ke dalam wishlist Anda! Dengan casing tipe dompet ini, Anda tak perlu repot lagi. Cukup bawa HP dengan casing ini, Anda sudah bisa membawa segala barang yang biasanya Anda simpan di dalam dompet.

Casing berwarna cokelat untuk Sony Xperia T3 ini memiliki 2 bagian, yaitu slot untuk menyimpan HP dan bagian bersekat yang terletak di belakangnya. Bagian ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan beberapa kartu dan uang tunai. Bagian penutup yang melindungi layar pun memiliki sekat yang bisa digunakan untuk menyimpan kartu komuter bus atau kereta. Praktis!

1. Spigen Sony Xperia XZ1 Case Rugged Armor

1. Spigen Sony Xperia XZ1 Case Rugged Armor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp : 90.000

Dirancang tahan guncangan, melindungi kamera, layar, serta badan HP sekaligus

Spigen Case Rugged Armor merupakan casing bertekstur empuk yang bermaterial TPU. Dengan warna hitam yang trendi, softcase ini pun tergolong slim. Produk ini adalah pilihan casing Xperia XZ1 yang tepat bila Anda sering tak sengaja menjatuhkan HP Anda. Material TPU yang lentur inilah yang membuat casing menjadi tahan terhadap benturan dan guncangan.

Selain material yang tepat, casing juga memiliki ujung yang dibuat meninggi. Akibatnya, ketika HP terjatuh, bagian ujung akan terbentur lebih dahulu sehingga kamera dan layar HP terlindungi. Perpaduan material yang kuat dan teknologi desainnya akan membuat HP Anda tahan banting. HP Anda pun dapat berumur lebih lama karena selamat dari benturan akibat sering terjatuh.

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan kami? Ternyata terdapat banyak macam casing HP yang beredar di pasaran. Mulai dari tipe hardcase, softcase, dompet, bumper hingga kantung. Tentunya, pemilihan casing harus Anda pertimbangkan dari segi kapasitas perlindungan, kenyamanan, serta kebutuhan.

Berbagai produk telah kami ulas dengan harapan dapat memberikan Anda gambaran. Walaupun hanya untuk beberapa tipe Sony Xperia, kami harap ulasan produk-produk terbaik pada artikel ini dapat menginspirasi Anda agar Anda dapat memilih produk yang tepat. Jangan lupa juga menyesuaikannya dengan budget Anda, ya.