1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Casing HP Sony Xperia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sony Xperia merupakan brand smartphone dengan desain yang terus diperbaharui di setiap seri terbarunya. Supaya HP kesayangan Anda terlindungi, tak ada salahnya menggunakan casing HP Sony Xperia dengan desain lucu atau elegan. Di pasaran, terdapat banyak casing HP untuk beragam seri, mulai dari Sony Xperia Z5, Sony Xperia XZ1, dan lain-lain.


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih casing HP untuk Sony Xperia kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun turut membahas rekomendasi produk terbaik, seperti produk dari Spigen, Nillkin, Ringke, dan sebagainya. Yuk, simak terus artikel ini!

Diperbaharui 05-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih casing HP untuk Sony Xperia

Sony Xperia dikenal akan produknya yang memiliki desain kelas atas dan CPU berperforma tinggi. Jika Anda berhasil menemukan casing HP yang tepat, tampilan Sony Xperia Anda pun menjadi kian atraktif. Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli casing HP untuk Sony Xperia. 

① Ketahui karakteristik tiap tipe dan bahan casing

Terdapat berbagai tipe dan bahan pembuat casing HP. Tentunya, manfaat yang dihasilkan tiap casing HP akan berbeda-beda tergantung dari kombinasi tipe dan bahan casing tersebut. 

Dengan mengetahui kombinasi bahan serta keunggulan yang dihasilkan, Anda dapat menentukan casing yang sesuai dengan kebutuhan secara mudah. Misalnya, Anda jadi bisa tahu casing tipe apa yang mampu meredam benturan, casing yang memiliki desain menarik, dan sebagainya. 

Tipe hardcase: Terbuat dari material polikarbonat dan memiliki beragam desain menarik

Tipe hardcase: Terbuat dari material polikarbonat dan memiliki beragam desain menarik
Casing dengan tipe ini sering ditemui dengan harga yang relatif murah. Bahannya cenderung tipis sehingga HP Anda dapat terlindungi sambil tetap mempertahankan tampilan bentuk aslinya. Saat ini, sudah banyak casing tipe hardcase dengan bermacam desain yang bisa Anda pilih. Bahkan, ada juga casing dengan custom design yang bisa Anda tentukan sendiri. Anda juga bisa membeli casing polos dan menghiasnya dengan desain yang diinginkan.


Kebanyakan casing hardcase yang dijual di pasaran terbuat dari material polikarbonat dengan tekstur keras tanpa bantalan apa pun. Karenanya, casing hardcase menjadi kurang bisa berfungsi sebagai penyerap dan peredam benturan. Casing ini juga dapat terkelupas dan pecah dengan mudah, apalagi jika HP terjatuh pada permukaan yang sangat keras, seperti aspal. Di samping itu, bahan ini juga kurang dapat menghantarkan panas yang ditimbulkan oleh HP sehingga baterai akan cepat habis.  

Tipe softcase: Harga yang bersahabat dengan bahan TPU

Tipe softcase: Harga yang bersahabat dengan bahan TPU
Berbeda dari tipe sebelumnya, casing tipe softcase terbuat dari bahan resin sintetis yang lunak. Resin sintetis adalah thermoplastic polyurethane atau TPU yang bersifat lentur sehingga memiliki kemampuan meredam benturan dengan baik. Performa casing tipe softcase dalam melindungi HP dari benturan jauh lebih baik jika dibandingkan tipe hardcase. Ditambah lagi, sebagian produk casing tipe ini harganya cukup terjangkau.

Namun, karena terbuat dari bahan alami, bahan ini menjadi kurang resisten terhadap panas. Akibatnya, casing tipe ini lebih rentan saat terkena suhu panas. Bahkan, bisa meleleh apabila disimpan di tempat bersuhu tinggi, seperti di dalam mobil pada saat siang hari. Sama seperti tipe hardcase, tipe softcase ini juga kurang baik dalam menghantarkan panas dan bisa mengakibatkan baterai HP cepat habis. 

Tipe silikon: Berbahan silikon yang mampu meredam benturan dengan baik

Tipe silikon: Berbahan silikon yang mampu meredam benturan dengan baik
Casing berbahan silikon memiliki karakteristik yang lembut, tetapi cukup kuat dalam meredam benturan. Selain itu, tekstur permukaannya pun tidak licin saat digenggam. Alhasil, casing silikon memberikan perlindungan yang paling optimal.

Kekurangan casing ini ialah desainnya yang menutupi keseluruhan bagian belakang HP sehingga tidak efektif menghantarkan panas. Panas dari HP akan terperangkap dan berpengaruh buruk pada daya tahan baterai HP. Di samping itu, silikon memiliki tekstur yang mirip dengan karet sehingga debu mudah menempel.

Tipe flip case: Melindungi bodi HP secara menyeluruh

Tipe flip case: Melindungi bodi HP secara menyeluruh
Ciri casing HP tipe flip adalah adanya penutup yang berfungsi melindungi layar HP tanpa perlu menggunakan lapisan pelindung layar. Biasanya, pada bagian dalam penutup terdapat cermin atau slot untuk menyimpan kartu. Selain fungsional, tipe ini juga tersedia dalam beragam bahan dan desain yang menarik, baik untuk pria maupun wanita. 

Meski fungsional, casing ini cenderung lebih merepotkan untuk digunakan, apalagi jika Anda belum terbiasa. Casing tipe ini umumnya lebih besar dan berat dibandingkan dengan tipe lainnya sehingga agak sulit digenggam, terutama saat digunakan menelepon.

Tipe bumper: Melindungi bagian sisi saja agar baterai HP lebih awet

Tipe bumper: Melindungi bagian sisi saja agar baterai HP lebih awet
Casing bumper dikenal dengan karakteristiknya yang memberikan perlindungan hanya pada bagian samping HP. Casing ini tidak menutupi bagian belakang sehingga HP tidak mudah panas. Dengan begitu, daya tahan baterai pun lebih terjaga. Material logam seperti aluminium biasanya menjadi material yang direkomendasikan untuk casing tipe ini. Meski harganya lebih tinggi dibanding bahan lainnya, material tersebut akan awet. 

Saat Anda membeli casing tipe ini, Anda harus ingat bahwa bagian layar dan sudut HP juga tidak terlindungi. Untuk itu, Anda harus memberi perlindungan khususu pada bagian tersebut, misalnya menggunakan lapisan pelindung. Selain itu, ada beberapa casing bumper yang memiliki sekrup di bagian ujungnya. Hal ini membuat casing tidak mudah terlepas dari HP. Sebelum membeli casing bumper, periksalah ada tidaknya sekrup pada casing tersebut.

Tipe kantong: Tahan air dan debu, pas untuk aktivitas atau kegiatan outdoor

Tipe kantong: Tahan air dan debu, pas untuk aktivitas atau kegiatan outdoor
Casing HP tipe ini menutupi seluruh bagian HP sehingga dapat melindunginya dari debu dan air. Tipe seperti ini sangat berguna apabila digunakan untuk aktivitas di luar ruangan karena dapat melindungi HP secara menyeluruh. Namun, karena HP dimasukkan ke dalam kantong dan seluruh bagiannya tertutup, casing ini kurang cocok untuk dipakai harian. Selain kurang nyaman digunakan, Anda akan kerepotan saat ingin mengisi ulang baterai HP.

② Pilih casing sesuai dengan tujuan penggunaan dan fungsi yang diinginkan

Setelah mengenal tipe dan material dari casing HP, Anda tentunya sudah memiliki gambaran mengenai casing yang Anda inginkan. Apabila belum, simaklah beberapa informasi tambahan yang telah kami rangkum agar Anda makin bijak dalam menentukan pilihan. 

Pertimbangkan fungsi dari casing-nya

Pertimbangkan fungsi dari casing-nya
HP bisa digunakan di mana saja, seperti di rumah, di tempat kerja, bahkan saat sedang berada di luar ruangan. Apabila Anda termasuk orang yang sering bepergian hanya membawa HP saja, pertimbangkanlah casing HP tipe flip case dengan slot penyimpanan. 

Lalu, casing tipe bumper dapat dipilih jika Anda ingin mencegah HP Anda cepat panas dan baterainya cepat habis saat bermain game. Sedangkan casing tipe kantong yang tahan air dan debu dapat dipilih saat Anda hendak melakukan kegiatan outdoor

Pastikan casing tidak mudah rusak dan awet

Pastikan casing tidak mudah rusak dan awet
Ada banyak orang yang mementingkan daya tahan atau lama penggunaan sebuah casing HP, Casing tipe softcase, silikon, dan flip case dapat dipilih jika Anda ingin perlindungan yang lebih baik pada HP Anda. Hal itu karena casing-casing tersebut dapat meredam benturan sehingga mampu menjaga HP saat tidak sengaja terjatuh. 


Casing-casing ini juga cocok dipilih apabila Anda mencari casing yang awet dan tidak mudah rusak. Lalu, jika Anda memprioritaskan kemudahan penggunaan atau ingin sering bergonta-ganti casing dalam waktu singkat, tipe silikon dan hardcase bisa dipilih. 

Cari yang desainnya menarik

Cari yang desainnya menarik
Desain casing HP merupakan hal yang tidak boleh Anda abaikan. Bagi Anda yang ingin menonjolkan desain asli dari Sony Xperia, pilihlah casing tipe hardcase atau softcase. Lalu, jika Anda menginginkan desain yang beragam dan menarik, pilihlah casing tipe hardcase dan flip case. Kemudian, apabila Anda ingin menentukan sendiri desain casing sesuai keinginan, tipe hardcase adalah pilihan yang tepat.

10 Rekomendasi casing HP terbaik untuk Sony Xperia

Setelah mengulas cara memilih casing HP Sony Xperia, kami juga telah menyiapkan bahasan mengenai sepuluh produk terbaik  Seperti apa sih casing yang kami rekomendasikan? Langsung simak ulasannya di bawah ini!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rearth

Ringke FUSION for Sony Xperia

Rearth Ringke FUSION for Sony Xperia 1枚目

Teknologi fusion yang melindungi Sony Xperia Anda secara optimal

2

X-Phase Leather Flip Cover Case for Sony Xperia

 X-Phase Leather Flip Cover Case for Sony Xperia 1枚目

Lebih praktis dengan casing sekaligus dompet

3

Auto Focus

Carbon Leather Case for Sony Xperia XZ1

Auto Focus Carbon Leather Case for Sony Xperia XZ1  1枚目

Dirancang tahan guncangan, melindungi kamera, layar, serta badan HP sekaligus

4

Nillkin

Frosted Shield Case for Sony Xperia XA1 Plus / XA1 Plus Dual

Nillkin Frosted Shield Case for Sony Xperia XA1 Plus / XA1 Plus Dual 1枚目

Bahannya tidak licin, casing pun bebas bekas fingerprint

5

DiCAPac

Waterproof Case for Smartphone up to 5,7"

DiCAPac  Waterproof Case for Smartphone up to 5,7" 1枚目

Perlindungan maksimal dari casing waterproof antibocor

6

Spigen

Dazzle Rugged Armor Kick Stand Case for Sony XA1

Spigen Dazzle Rugged Armor Kick Stand Case for Sony XA1 1枚目

Melindungi sekaligus bisa sebagai sandaran HP saat menonton video

7

Imak

Ruiyi Back Leather Case for Sony Xperia Z5/Z5 Dual

Imak Ruiyi Back Leather Case for Sony Xperia Z5/Z5 Dual 1枚目

Tampil elegan dengan balutan casing berbahan kulit

8

Slide On Metal Bumper Case for Sony Xperia XZ Premium

 Slide On Metal Bumper Case for Sony Xperia XZ Premium 1枚目

Desainnya minimalis, tetap menarik meski tanpa hiasan berlebihan

9

Nillkin

Nature Series TPU Case for Sony Xperia XZ1

Nillkin  Nature Series TPU Case for Sony Xperia XZ1 1枚目

Melindungi dengan tetap mempertahankan desain keren HP Anda

10

Fabitoo

Soft Case for Sony Xperia M4

Fabitoo  Soft Case for Sony Xperia M4 1枚目

Tak hanya tampilannya yang imut, tetapi juga fungsional!

Perincian produk
Close
No.1

RearthRingke FUSION for Sony Xperia

Mulai dari Rp150.000,00

Teknologi fusion yang melindungi Sony Xperia Anda secara optimal

Ringke menggabungkan konsep casing tipe softcase dan hardcase di dalam satu produk sekaligus. Mengakali kekurangan polikarbonat, bagian samping casing terbuat dari TPU sehingga lebih optimal menahan benturan. Sementara itu, bagian belakangnya berbahan polikarbonat yang antigores. 

Teknologi fusion ini mengambil segala keunggulan dari material casing untuk melindungi HP. Di samping itu, gabungan material ini membuat casing lebih kuat dan tidak mudah pecah ketika terjatuh. Jika Anda membutuhkan casing untuk perlindungan optimal bagi Sony Xperia Anda, ini dia pilihannya.

No.2

X-Phase Leather Flip Cover Case for Sony Xperia

Mulai dari Rp58.800,00

Lebih praktis dengan casing sekaligus dompet

Apakah Anda merasa repot jika harus membawa dompet dan HP untuk sekadar keluar rumah dalam waktu singkat? Jika iya, segera masukkan produk berikut ke dalam wishlist Anda. Flip case ini menjadikan bawaan Anda lebih ringkas karena Anda bisa menyimpan HP, uang, dan kartu ATM di dalamnya. Anda pun tak perlu lagi membawa dompet dan HP secara terpisah. Sangat praktis!

No.3

Auto FocusCarbon Leather Case for Sony Xperia XZ1

Mulai dari Rp39.000,00

Dirancang tahan guncangan, melindungi kamera, layar, serta badan HP sekaligus

Casing ini terbuat dari bahan silikon berkualitas dengan tekstur empuk dan fleksibel. Produk ini adalah pilihan tepat jika Anda tidak hanya mencari desain simpel, tetapi juga mengutamakan keamanan layar dan kamera HP. 

Selain lentur dan mampu meredam benturan, casing ini juga memiliki bagian kamera serta sisi samping layar yang dibuat meninggi. Akibatnya, ketika HP terjatuh, bagian ujung case tersebut akan terbentur lebih dahulu sehingga kamera dan layar HP terlindungi. HP Anda pun tetap awet meski beberapa kali terjatuh atau terbentur.
No.4

NillkinFrosted Shield Case for Sony Xperia XA1 Plus / XA1 Plus Dual

Mulai dari Rp80.000,00

Bahannya tidak licin, casing pun bebas bekas fingerprint

Casing dari Nillkin ini didesain dengan teknologi UV (ultraviolet) painting yang menghasilkan polesan yang tidak licin dan nyaman digenggam. Alhasil, genggaman Anda pun bisa lebih mantap dan HP tak mudah tergelincir. Tidak hanya itu, sidik jari Anda juga tidak akan menempel dan mengotori casing. Hal ini tentu menyenangkan bagi Anda yang selalu ingin menjaga kebersihan casing.
No.5

DiCAPac Waterproof Case for Smartphone up to 5,7"WP-C2

Mulai dari Rp225.000,00

Perlindungan maksimal dari casing waterproof antibocor

Beberapa casing tipe kantong sering kali tidak nyaman digunakan karena kurang sensitif terhadap sentuhan atau bahannya kurang jernih. Namun, hal itu tidak terjadi pada casing yang satu ini. Casing dari DiCAPac ini memiliki sensitivitas layar sentuh yang baik. Lapisan kantong di bagian layar dan kamera belakangnya begitu jernih sehingga tidak akan mengganggu penggunaan HP. 


Casing ini juga merupakan case universal yang bisa digunakan pada semua smartphone berukuran hingga 5,7 inci. Bagi Anda yang kerap melakukan kegiatan outdoor atau memiliki lebih dari satu HP dengan merek berbeda, milikilah casing ini!

No.6

SpigenDazzle Rugged Armor Kick Stand Case for Sony XA1

Mulai dari Rp30.000,00

Melindungi sekaligus bisa sebagai sandaran HP saat menonton video

Produk kali ini pas untuk Anda yang tak ingin repot memegang HP, terutama ketika menonton video. Selain berfungsi sebagai pelindung, produk ini dapat dijadikan stand untuk menyandarkan HP. Menonton drama Korea atau tayangan favorit di waktu senggang pun jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Cukup buka bagian stand-nya dan kedua tangan Anda tak perlu memeganginya lagi.

No.7

ImakRuiyi Back Leather Case for Sony Xperia Z5/Z5 Dual

Mulai dari Rp168.000,00

Tampil elegan dengan balutan casing berbahan kulit

Apabila Anda menginginkan tampilan casing yang elegan, case berbahan kulit dengan desain simpel ini layak Anda pertimbangkan. Produk Imak ini termasuk tipe hardcase yang membuatnya kukuh dan ramping. 

Kelebihan lain dari case ini ialah bagian luarnya dibalut dengan bahan kulit sehingga tampil mewah dan timeless. Selain elegan, adanya bahan kulit ini juga menambah performa casing dalam melindungi HP dari benturan. Casing pun dapat lebih tahan lama dan tidak mudah pecah. 

No.8

Slide On Metal Bumper Case for Sony Xperia XZ Premium

Mulai dari Rp180.000,00

Desainnya minimalis, tetap menarik meski tanpa hiasan berlebihan

Apabila Anda menginginkan case berdesain minimalis, bumper case ini layak Anda pertimbangkan. Case ini memberi penampilan yang sederhana dengan menghiasi hanya bagian sisi HP Anda saja. Meski begitu, bagian belakang HP Anda pun tetap terlindungi dengan cover berwarna transparan. Casing ini juga mudah digunakan karena bagian belakangnya bisa dibuka tutup cukup dengan slide ke bawah.
No.9

Nillkin Nature Series TPU Case for Sony Xperia XZ1

Mulai dari Rp69.000,00

Melindungi dengan tetap mempertahankan desain keren HP Anda

Seperti namanya, Nature Series, casing Nillkin ini mampu melindungi sekaligus tetap menonjolkan desain asli dari Sony Xperia XZ1 Anda. Hal ini karena karakteristiknya yang tipis dan transparan. Karena itulah produk ini cocok dipilih apabila Anda tetap ingin mempertahankan dan menikmati desain asli HP Anda. Produk ini tersedia dalam dua pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan style Anda.
No.10

Fabitoo Soft Case for Sony Xperia M4

Mulai dari Rp159.000,00

Tak hanya tampilannya yang imut, tetapi juga fungsional!

Desain casing yang kaku atau terlalu polos dapat membuat Anda cepat bosan. Nah, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada casing tipe ini. Desainnya yang lucu dan imut ini tentunya lebih menarik hati. Meski bentuknya imut, bukan berarti casing ini tidak fungsional. 

Di samping materialnya yang empuk dan fleksibel, case ini dilengkapi dengan tali yang sudah terpasang di bagian belakangnya. Tali ini bisa Anda gunakan untuk menggantung HP di pergelangan agar tidak terjatuh saat tak sengaja terlepas dari genggaman Anda.

Baca juga rekomendasi case/casing lainnya di sini!

Selain casing HP untuk Sony Xperia, mungkin Anda juga sedang mencari casing untuk perangkat Anda yang lain. Karena itu, kami sudah menyiapkan artikel tentang casing beragam gawai, mulai dari tablet, Kindle Fire, iPad, hingga iPhone. Simak informasi selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan kami? Teryata ada bermacam casing HP untuk Sony Xperia, mulai dari tipe hardcase, softcase, silikon, flip case, bumper, hingga kantong. Pastikan Anda memilih yang paling sesuai berdasarkan pada fungsi, desain, dan tujuan penggunaannya.

Semoga produk yang telah kami ulas dapat memberikan gambaran untuk Anda. Silakan jadikanlah artikel kami sebagai referensi dalam memilih casing HP Sony Xperia kesayangan Anda. Selamat berbelanja! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer